97422743-Hav.docx

6
Morfologi Ciri-ciri khas virus hepatitis A : HAV merupakan anggota famili pikornaviradae. HAV merupakan partikel membulat berukuran 27 hingga 32-nm dan mempunyai simetri kubik, tidak mempunyai selubung serta tahan terhadap panas dan asam. Partikel ini mempunyai genom RNA beruntai tunggal dan linear dengan ukuran 7,8 kb, sehingga cukup jelas virus ini menjadi genus pikornavirus yang baru, Heparnavirus. Hepatitis A mempunyai pravelansi yang tinggi Siklus hidup virus hepatitis A : HAV mula-mula diidentifikasi dari tinja dan sediaan hati. Penambahan antiserum hepatitis A spesifik dari penderita yang hampir sembuh (konvalesen) pada tinja penderita diawal masa inkubasi penyakitnya, sebelum timbul ikterus, memungkinkan pemekatan dan terlihatnya partikel virus melalui pembentukan agregat antigenantibodi. Asai serologic yang lebih peka, seperti asai mikrotiter imunoradiometri fase-padat dan pelekatan imun, telah memungkinkan deteksi HAV didalam tinja, homogenate hati, dan empedu, serta pengukuran antibody spesifik di dalam serum. Sifat-sifat umum virus hepatitis A :

Transcript of 97422743-Hav.docx

Morfologi

Ciri-ciri khas virus hepatitis A :

HAV merupakan anggota famili pikornaviradae. HAV merupakan partikel membulat berukuran 27 hingga 32-nm dan mempunyai simetri kubik, tidak mempunyai selubung serta tahan terhadap panas dan asam. Partikel ini mempunyai genom RNA beruntai tunggal dan linear dengan ukuran 7,8 kb, sehingga cukup jelas virus ini menjadi genus pikornavirus yang baru, Heparnavirus. Hepatitis A mempunyai pravelansi yang tinggi

Siklus hidup virus hepatitis A :

HAV mula-mula diidentifikasi dari tinja dan sediaan hati. Penambahan antiserum hepatitis A spesifik dari penderita yang hampir sembuh (konvalesen) pada tinja penderita diawal masa inkubasi penyakitnya, sebelum timbul ikterus, memungkinkan pemekatan dan terlihatnya partikel virus melalui pembentukan agregat antigenantibodi. Asai serologic yang lebih peka, seperti asai mikrotiter imunoradiometri fase-padat dan pelekatan imun, telah memungkinkan deteksi HAV didalam tinja, homogenate hati, dan empedu, serta pengukuran antibody spesifik di dalam serum.

Sifat-sifat umum virus hepatitis A :

Virus ini dapat dirusak dengan di otoklaf (121oC selama 20 menit), dengan dididihkan dalam air selama 5 menit, dengan penyinaran ultra ungu (1 menit pada 1,1 watt), dengan panas kering (180oC selama 1 jam), selama 3 hari pada 37oC atau dengan khlorin (10-15 ppm selama 30 menit). Resistensi relative hepatitis virus A terhadap cara-cara disinfeksi menunjukkan perlunya diambil tindakan-tindakan pencegahan istimewa dalam menangani penderita hepatitis beserta produk-produk tubuhnya.

Klasifikasi

Kingdom : Virus Filum : Pikarnavrides Kelas : Pikarnavrides Famili : Pikornavridae Ordo: Pikornavridales Genus : Heparnavirus

HEPATITIS AHepatitis A merupakan infeksi pada hati yag dikarenakan oleh hepatitis A virus (HAV). Virus ini menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi kotoran yang mengandung HAV. Tranmisi ini disebut sebagai faecal-oral. Penyakit ini berhubungan erat dengan kurang nya kebersihan sanitasi lingkungan dan jeleknya hygienisasi seseoang. Tidak seperti hepatitis B dan C, hepatitis A tidak menyebabkan infeksi yang kronis dan jarang berakibat fatal.Hepatitis A sering menjadi kejadian yang sporadis dan epidemik di dunia luas, dengan kejadian yang terus terulang di setiap negara. WHO mencatat stidaknya 1.4 miliar jiwa yang terinfeksi HAV. SymptomsGejala Hepatitis A Demam Lemas Diare Mual Abdominal discomfort Urin berwarna gelap Kulit ikterik Tidak semua orang menimbulkan gejala klinis yang serupa, bahkna kecenderungan orang dewasa biasanya lebih menimbulkan gejala klinis dibandngkan dengan anak-anak. Moratality rate pun pada dewasa lebih tinggi di bandingkan dengan anak-anak. Pada anak dibawah umur 6 tahun biasanya tidak selalu menimbulkan gejala, hanya sekitar 10% yang berkembang menjadi jaundice. Faktor resiko Tidak ada riwayat vaksin sebelumnya Orang yang tinggal di lingkungan yang buruk sanitasinya Bisa juga akibat jarum suntik (jarang) Tinggal dengan orang yang menderita Hepatitis A Melalui hubungan seksualTransmissionHAV biasanya menular dari manusia ke manusia akibat makanan yang terkontaminasi HAV. HAV ini juga bisa menular melalui darah (bloodborne) namun ini sangat jarang terjadi. Biasanya penyebaran melalui waterborne bisa menjadi wabah disuatu daerah.TreatmentTidak ada terapi spesifik untuk HAV. Perbaikan pada penyakit ini biasanya berjalan lambat, bisa beberapa minggu banhkan bulan. Terapi di tujukan terhadap gejala simptomatis dan gizi yang adekuat, termasuk pemberian terapi cairan yang hilang karena muntah dan diare.

PreventionPerbaikan sanitasi dan penggunaan vaksin sangat efektif dalam pencegahan HAVPemberian makanan dan minuman yang bersih serta didukung dengan higienisasi individu seperti membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan akan menurunkan angka kejadian HAVVaksin Hepatitis A telah tersedia secara internasional. Semuanya sama dalam memproteksi tubuh terhadap HAV dan juga efek samping nya. Tidak ada vaksin yang dianjurkan untuk anak < 1 tahunHampir 100% orang akan terproteksi tubuhnya bila dia telah menggunakan vaksin HAV dan ini akan bertahan 5-8 tahun kedepan. Bagi orang yang telah terpapar dengan HAV vaksin bisa digunakan bila kurang dari 2 minggu pasca paparan.Immunization effortsPlanning for large-scale immunization programmes should involve careful economic evaluations and consider alternative or additional prevention methods, such as better sanitation and health education for improved hygiene.Whether or not to include the vaccine in routine childhood immunizations depends on the local context, including the level of risk for children . Several countries, including Argentina, China, Israel and the United States have introduced the vaccine in routine childhood immunizations. Other countries recommend the vaccine for persons at increased risk of hepatitis A, including travellers to countries where the virus is endemic, men who have sex with men, or persons with chronic liver disease (because of their increased risk of serious complications if they acquire HAV infection).Recommendations for hepatitis A vaccination in outbreaks should also be site-specific, including the feasibility of rapidly implementing a widespread immunization campaign. Vaccination to control community-wide outbreaks is most successful in small communities, when the campaign is started early and when high coverage of multiple age groups is achieved. Vaccination efforts should be supplemented by health education to improve sanitation and hygiene practices.