87888983-Fy-Dan-Diameter-Baja-Tulangan.pdf

5
AGU 13 Posted by sanggapramana Category Archives: Besi dan Baja Kekuatan Baja Tulangan Jenis Baja Tulangan Menurut SNI 03-2847-2002, tulangan yang dapat digunakan pada elemen beton bertulang di batasi hanya pada Baja Tulangan dan Kawwat Baja saja. Belum ada peraturan yang mengatur penggunaan tulangan lain, selain dari baja tulangan atau kawat baja tersebut. Baja Tulangan yang tersedia di pasaran ada 2 jenis, yaitu 1. Baja Tulangan Polos (BJTP) 2. Baja Tulangan Ulir atau Deform (BJTD) Tulangan Polos biasanya digunakan untuk tulangan geser/begel/sengkang, dan mempunyai tegangan leleh (fy) minimal sebesar 240 MPa (disebut BJTP-24), dengan ukuran Ø6, Ø8, Ø10, Ø12, Ø14 dan Ø16 (dengan Ø menyatakan simbol diameter polos). Tulangan Ulir/deform digunakan untuk untuk tulangan longitudinal atau tulangan memanjang, dan mempunyai tegangan leleh (fy) minimal 300 MPa (disebut BJTD-30). Ukuran diameter nominal tulangan ulir yang umumnya tersedia di pasaran dapat dilihat di bawah : SEGALA PUJA PUJI BAGI DAN RASUL-NYA SANGGA PW "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." (Nabi Muhammad Saw.,diriwayatkan Tirmidzi). KUMULATIF KUNJUNGAN I SLAMIC C IVIL E NGINEER BERANDA Ikuti Page 1 of 5 Besi dan Baja « Islamic Civil Engineer 3/18/2012 http://sanggapramana.wordpress.com/category/besi-dan-baja/

Transcript of 87888983-Fy-Dan-Diameter-Baja-Tulangan.pdf

  • AGU 13 Posted by sanggapramana

    Category Archives: Besi dan BajaKekuatan BajaTulangan

    Jenis Baja Tulangan

    Menurut SNI 03-2847-2002, tulangan yang dapat digunakan pada elemen beton bertulang dibatasi hanya pada Baja Tulangan dan Kawwat Baja saja. Belum ada peraturan yang mengaturpenggunaan tulangan lain, selain dari baja tulangan atau kawat baja tersebut.

    Baja Tulangan yang tersedia di pasaran ada 2 jenis, yaitu

    1. Baja Tulangan Polos (BJTP)2. Baja Tulangan Ulir atau Deform (BJTD)

    Tulangan Polos biasanya digunakan untuk tulangan geser/begel/sengkang, dan mempunyaitegangan leleh (fy) minimal sebesar 240 MPa (disebut BJTP-24), dengan ukuran 6, 8, 10,12, 14 dan 16 (dengan menyatakan simbol diameter polos).

    Tulangan Ulir/deform digunakan untuk untuk tulangan longitudinal atau tulangan memanjang,dan mempunyai tegangan leleh (fy) minimal 300 MPa (disebut BJTD-30). Ukuran diameternominal tulangan ulir yang umumnya tersedia di pasaran dapat dilihat di bawah :

    SEGALA PUJA PUJI BAGI

    DAN RASUL-NYA

    SANGGA PW

    "Sebaik-baik manusia adalah yang palingbermanfaat bagi manusia lainnya." (NabiMuhammad Saw.,diriwayatkan Tirmidzi).

    KUMULATIF KUNJUNGAN

    ISLAMIC CIVIL ENGINEERBERANDA

    Ikuti

    Page1 of 5Besi dan Baja Islamic Civil Engineer

    3/18/2012http://sanggapramana.wordpress.com/category/besi-dan-baja/

  • 7 Komentar

    JUL 18 Posted by sanggapramana

    Kuat tarik Baja Tulangan

    Mesikpun baja tulangan mempunyai sifat tahan terhadap beban tekan, tetapi karena harganyayang mahal maka baja tulangan ini hanya diutamakan untuk menahan beban tarik pada strukturbeton bertulang, sedangkan beban tekan yang bekerja cukup ditahan oleh betonnya.

    Hubungan antara tegangan dan regangan tarik baja dilukiskan pada gambar di bawah :

    Modulus Elastisitas Baja Tulangan

    Dari hubungan tegangan-regangan tarik baja tulangan, terlihat sudut (alpha), yaitu antaragaris lurus kurva yang ditarik dari kondisi tegangan nol sampai tegangan leleh (fy) dan garisregangan (s). Modulus elastisitas baja tulangan (Es) merupakan tangens dari sudut (alpha)tersebut. Menurut Pasal 10.5.2 SNI 03-2847-2002, modulus elastisitas baja tulangan nonpratekan Es dapat diambil sebesar 20000 MPa

    Ditulis dalam Besi dan Baja

    TULANGANGESER

    materi mengenai tulangan geser dapat didownload dengan ketik huruf dibawah ini

    250,504 ppl (since July 2010)

    TULIS APA YANG KAMU CARI !

    PANDUAN

    Sekedar panduan dapat dilihat ada 5 icondibawah,dimana icon berbentuk arsip untukmelihat semua posting saya dalam suatu kategoritertentu, sedang untuk icon jam itu posting sayaberdasarkan waktu,icon bintang itu adalah postingsaya yang paling sering dilihat, dan icon bubble ituadalah komentar terbaru.

    TULISAN BARU !

    T beamDesignmateriterakhirmateriAS4

    sanggapramana@ari : untuk pekerjaan yang bersifat

    private, siup dan tdp saja sudah cukup kok.tp kalo ada yang hu

    ari wahyumas ,saya sudah membuat sebuah cv.

    siup dan npwp nya sudah turun,, nah sayabingung harus melangkah

    sanggapramana@dwi : Waalaikumsalam, boleh saja

    pak,. itu tugas baja diatas di download sajapak, ada kok yang bap

    sanggapramana@Jumaidi : maaf tidak bisa mas,

    banyak kok kontraktor2 khusungpemancangan

    dwi cahyonoAss,.. mas Sanggaprama, bs minta

    tolong infonya ttg perhitungan strukturbaja,. referensi saya (cata

    Jumadibisa gag saya minta dukungan alat

    pancang untuk perusahaan saya ??

    sanggapramana@supazrin : karena momen nya pak,

    pada saat ditumpuan momen yang bekerjaadalah negatif alias memerl

    supazrinpak, kenapa jumlah tulangan untuk

    balok di daerah tumpuan lebih banyak dibagian atas balok sedangka

    Ikuti

    Page2 of 5Besi dan Baja Islamic Civil Engineer

    3/18/2012http://sanggapramana.wordpress.com/category/besi-dan-baja/

  • Tinggalkan sebuah Komentar

    JUL 17 Posted by sanggapramana

    TULANGAN GESER

    Ditulis dalam Besi dan Baja

    Sifat Besi danBaja

    BESI DAN BAJA

    A. BIJIH BESI (IRON ORE)

    Bijih besi adalah bahan baku utama untuk pembuatan besi kasar, sedangkan besi kasartersebut adalah bahan baku untuk pembuatan besi tempa, besi tuang dan baja.

    Bijih besi didapat dari hasil penambangan bijih besi. Sedangkan bahan-bahan lain yangbercampur dengan bijih tersebut selain kotoran yang merugikan antara lain belerang ,posporsilika , tanah liat juga ada kotoran yang menguntungkan antara lain emas, platina, perak.

    Adapun yang termasuk bijih besi tersebut antara lain:

    1. HAEMATITE ( Fe2O3 )

    Bijih besi jenis ini, mempunyai kandungan besi sekitar 65 70 %

    Sedangkan warnanya adalah: merah tua sampai hitam.Berat Jenis : sekitar 4,5 s/d 5,3Bijih besi ini banyak terdapat di negara: India ,Brasilia, Rusia, Spanyol , AS dan Afrika sertaJerman.

    2. MAGNETITE ( Fe3 O4)Kandungan besinya sekitar 70 % s/d 73% ,Bijih besi ini merupakan bijih besi yang terbanyakmengandung kadar besi, sedangkan warnanya :hitam atau abu-abu ,Berat jenisnya berkisar: 4,9s/d 5,2 ,Bijih besi ini sangat kuat dan keras.Bijih besi ini banyak terdapat di Negara: India, Swedia, Rusia, A S, Norwegia dan Kanada.

    3. PYRITIES (FeS2 )Bijih besi ini termasuk besi sulpat, dengan kandungan besinya berkisar 45 s/d 47 %, sedangkanwarnanya kuning sampai coklat

    Berat Jenis berkisar : 4,8 s/d 5,1Bijih besi ini banyak terdapat di negara: India, AS, Rusia dan Kanada.

    4. LIMONITE (2Fe2O3.3H2O )Bijih besi ini disebut juga sebagai Hydratited-Haematite, warnanya dari kuning sampai hitam,dan kandungan Fe nya sekitar 60 %, sedang kadar air sekitar 14,5 %,Berat jenisnya berkisar: 3,6s/d 4 . Bijih besi ini terdapat di negara: India, Jerman dan AS.

    5. SIDERITES (FeCO3).Kandungan besinya sekitar 40 s/d 48 % ,sedangkan Berat jenisnya berkisar: 3,7 s/d 3,9Warnanya kuning sampai coklat. Terdapat di negara: Rusia dan Inggris.

    B. PIG IRON (BESI KASAR)

    Besi kasar adalah hasil pemurnian tingkat pertama dari pada bijih besi. Kandungan besinyaberkisar: 92 s/d 95% dan kadar karbonnya sekitar 3 s/d 4% ,selain itu masih ada sedikitkandungan belerang, pospor dan mangaan.

    Besi kasar adalah bahan utama pembuatan

    1. Besi tuang ( cast iron )

    materi pelabuhanlanjutanMateri pondasi(ke-2)

    TSALATSATUL USHUL

    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan MahaPenyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkanrahmat-Nya kepada anda. Ketahuilah bahwa wajibbagi kita untuk mendalami 4 (empat) masalah,yaitu1) ILMU, ialah mengenal Allah, mengenal Nabi-Nyadan mengenal agama ISLAM berdasarkan dalil-dalil.2) AMAL, ialah menerapkan ilmu ini.3) DAKWAH, ialah mengajak orang lain kepadailmu ini.4) SABAR, ialah tabah dan tangguh menghadapisegala rintangan dalam menuntut ilmu,mengamalkannya dan berda'wah kepadanya.Dan Imam AL-Bukhari Rahimahullah Ta'ala,mengatakan : "Bab ilmu didahulukan sebelumperkataan dan perbuatan".secuplik renungan, dikutip dari oleh Imam :Muhammad bin Abdul Wahab Rahimahulah

    JOIN ME !

    Masukkan alamat surel Anda untuk gabung denganblog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

    Gabung!!!

    MY UNIVERSITY

    CIVIL ENGINEERING PROJECT

    Ikuti

    Page3 of 5Besi dan Baja Islamic Civil Engineer

    3/18/2012http://sanggapramana.wordpress.com/category/besi-dan-baja/

  • 2. Besi tempa (wrought iron )

    3. Baja (steel )

    Proses Pembuatan Besi Kasar.

    Ada beberapa tahapan untuk pengolahan bijih besi menjadi besi kasar, antara lain :

    Dressing of iron ores (proses pencucian )

    Calcination and roasting (proses pemangganganSmelting (proses peleburan ) .

    BAJAB. PENGUJIAN BAJA BAJA TULANG.Sesuai dengan PBI 71 N I .2 pasal 3.7 maka setiap baja tulangan maupun baja yang dihasilkanoleh pabrik-pabrik baja ,yang terkenal dapat dipakai. Pada umumnya setiap pabrik bajatulangan mempunyai standard mutu dan jenis baja sesuai dengan yang berlaku di negara yangbersangkutan. Pada umumnya baja tulangan yang terdapat di pasaran Indonesia dapat dibagidalam mutu,lihat tab

    Mutu Sebutan Tegangan leleh karakteristik atautegangan karakteristik yangmemberikan regangan tetap 0,2 %

    U-22U-24

    U-32

    U-39

    U-48

    Baja lnkBaja lnk

    Baja Sdg

    Baja Krs

    Baja Krs

    22002400

    3200

    3900

    4800

    Keterangan:Yang dimaksud dengan tegangan leleh karakteristik dan tegangan karakteristik yangmemberikan regangan 0,2% adalah tegangan yang bersangkutan ,dimana dari sejumlah besarhasil-hasil pemeriksaan kemungkinan adanya tegangan yang kurang dari tegangantersebut ,terbatas sampai 5 % saja.Apabila baja tulangan dengan mutu yang meragukan (yang dikeluarkan oleh pabrik yang kurangdikenal), maka baja tulangan tersebut harus diperiksa oleh lembaga pemeriksaan bahan yangtelah diakui.

    Baja Tulangan Ada dua Jenis, Yaitu:1. Baja tulangan polos (BJTP)2. Baja tulangan deform (BJTD), yaitu baja tulangan yang diprofilkan.Pengujian Tarik Baja Tulangan.Pengujian Tarik Baja Tulangan adalah suatu pengujian yang bertujuan untuk mencari nilai-nilaitegangan leleh, tegangan maksimum, regangan leleh, regangan maksimum , modulud elastisitasbaja tulangan.Dari hasli pengujian tersebut akan diketahui kekuatan dan mutu dari baja tulangan tersebut.

    Pengujian Lengkung

    Percobaan lengkung adalah pengujian mekanis secara statis dengan maksud untuk mengetahuisifat mampu lengkung dari logam yang digunakan sebagai bahan uji.

    Pengujian Pukulan (impact Loading Test).

    Maksud dari percobaan ini adalah untuk mengetahui sifat bahan logam yang mengalami bebanbentur atau kejut pada berbagai temperatur.

    from : http://mrans.wordpress.com

    Ditulis dalam Besi dan BajaIkuti

    Page4 of 5Besi dan Baja Islamic Civil Engineer

    3/18/2012http://sanggapramana.wordpress.com/category/besi-dan-baja/

  • Tinggalkan sebuah Komentar

    Blog pada WordPress.com. Theme: Mystique by digitalnature.

    Ikuti

    Page5 of 5Besi dan Baja Islamic Civil Engineer

    3/18/2012http://sanggapramana.wordpress.com/category/besi-dan-baja/