54111410-Drainase

12
 DRAINASE Drainase di bawah tanah kota Sydney di New South Wales, Australia Drainase adalah lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawah tanah, bai k yang ter bentuk secara natural maupun dibuat ole h manusi a. Dalam bahasa Indonesia , drainase bisa meru juk pada got  di permukaan tanah atau gorong-gorong di bawah tanah. Drainase penting untuk mengatur suplai air demi pencegahan banjir. [1]

Transcript of 54111410-Drainase

Page 1: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 1/12

 

DRAINASE

Drainase di bawah tanah kota Sydney di New South Wales, Australia

Drainase adalah lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawahtanah, baik yang terbentuk secara natural maupun dibuat oleh manusia.

Dalam bahasa Indonesia, drainase bisa merujuk pada got  di permukaantanah atau gorong-gorong di bawah tanah. Drainase penting untuk mengatursuplai air demi pencegahan banjir.[1]

Page 2: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 2/12

 

  Jenis dan Permasalahanya

1.Drainase yang meliputi jenis, system, dan permasalahannya:

Drainase merupakan salah satu factor pengembangan irigasi yangberkaitan dalam pengolahan banjir (float protection), sedangkan irigasibertujuan untuk memberikan suplai air pada tanaman . Drainase dapat juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalamkaitannya dengan salinitas.

a) Jenis – jenis drainase :

• Menurut sejarah terbentuknya :

1. Drainase alamiah (natural drainage)

 Terbentuk secara alamiah , tidak terdapat bangunan penunjang

2. Drainase buatan (artificial drainage)

Dibuat dengan tujuan tertentu, memerlukan bangunan khusus

• Menurut letak bangunan :

1. Drainase permukaan tanah (surface drainage).

Suatu system pembuangan air untuk menyalurkan air dipermukaan tanah.Hal ini berguna untuk mencegah adanya genangan.

2. Drainase bawah permukaan tanah (subsurface drainage).

Suatu sistem pembuangan untuk mengalirkan kelebihan air dibawahtanah.

Pada jenis tanaman tertentu drainase juga bermanfaat untuk mengurangiketinggian muka air tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

• Menurut fungsi :

1. Single purpose

Suatu jenis air buangan : air hujan, limbah domestic, limbah industri dll

Page 3: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 3/12

 

2. Multi purpose

Beberapa jenis air buangan tercampur

• Menurut kontruksi :

1. Saluran terbuka

2. Saluran tertutup

Untuk air kotor disaluran yang terbentuk di tengah kota.

b) Sistem dan permasalahan drainase

Sistem drainase dibagi menjadi:

1. tersier drainage

2. secondary drainage

3. main drainage

4. sea drainage

Permasalahan drainase:

Permasalah drainase perkotaan bukanlah hal yang sederhana. Banyakfaktor yang mempengaruhi dan pertimbangan yang matang dalamperencanaan, antara lain :

1. Peningkatan debit

Manajemen sampah yang kurang baik memberi kontribusi percepatanpendangkalan /penyempitan saluran dan sungai. Kapasitas sungai dansaluran drainase menjadi berkurang, sehingga tidak mampu menampungdebit yang terjadi, air meluap dan terjadilah genangan.

2. Peningkatan jumlah penduduk 

Meningkatnya jumlah penduduk perkotaan yang sangat cepat, akibat daripertumbuhan maupun urbanisasi. Peningkayan jumlah penduduk selaludiikuti oleh penambahn infrastruktur perkotaan, disamping itu peningkatnpenduduk juga selalu diikuti oleh peningkatan limbah, baik limbah cairmaupun pada sampah.

3. Amblesan tanah

Page 4: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 4/12

 

Disebabkan oleh pengambilan air tanah yang berlebihan, mengakibatkanbeberapa bagian kota berada dibawah muka air laut pasang.

4. Penyempitan dan pendangkalan saluran

5. Reklamasi

6. Limbah sampah dan pasang surut

c) Penanganan drainase perkotaan :

1. Diadakan penyuluhan akan pentingnya kesadaran membuang sampah

2. Dibuat bak pengontrol serta saringan agar sampah yang masuk kedrainase dapa

dibuang dengan cepat agar tidak mengendap

3. Pemberian sanksi kepada siapapun yang melanggar aturan terutamapembuangan

sampah sembarangan agar masyarakat mengetahui pentingnyamelanggar

drainase.

4. Peningkatan daya guna air, meminimalkan kerugian serta memperbaikikonservasi

lingkungn.

5. Mengelola limpasan dengan cara mengembangkan fasilitas untukmenahan air

hujan, menyimpan air hujan maupun pembuatan fasilitas resapan.

2 a. Drainase Jalan Raya

Drainase jalan raya dibedakan untuk perkotaan dan luar kota.Umumnya diperkotaan dan luar perkotaan,drainase jalan raya selalu mempergunakandrainase muka tanah (Surface drainage). Di perkotaan saluran mukatanah selalu ditutup sebagai bahu jalan atau trotoar. Walaupun jugasebagaiman diluar perkotaan, ada juga saluran drainase muka tanah tidaktertutup (terbuka lebar), dengan sisi atas saluran rata dengan muka jalansehingga air dapat masuk dengan bebas. Drainase jalan raya pi perkotaanelevasi sisi atas selalu lebih tinggi dari sisi atas muka jalan .Air masuk kesaluran melalui inflet. Inflet yang ada dapat berupa inflet tegak ataupun

Page 5: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 5/12

 

inflet horizontal. Untuk jalan raya yang lurus, kemungkinan letak saluranpada sisi kiri dan sisi kanan jalan. Jika jalan ke arah lebar miring ke arahtepi, maka saluran akan terdapat pada sisi tepi jalan atau pada bahu  jalan, sedangkan jika kemiringan arah lebar jalan kea rah median jalanmaka saluran akan terdapat pada median jalan tersebut. Jika jalan tidaklurus ,menikung, maka kemiringan jalan satu arah , tidak dua arah seperti  jalan yang lurus. Kemiringan satu arah pada jalan menikung ini

menyebabkan saluran hanya pada satu sisi jalan yaitu sisi yang rendah.Untuk menyalurkan air pada saluran ini pada jarak tertentu,direncanakanadanya pipa nol yang diposisikan dibawah badan jalan untuk mengalirkanair dari saluran.

 

b. Drainase Lapangan Terbang

Drainase lapangan terbang pembahasannya difokuskan pada draibase

area run way dan shoulder karena runway dan shoulder merupakan areayang sulit diresapi , maka analisis kapasitas / debit hujanmemepergunakan formola drainase muka tanah atau surface drainage.

Kemiringan keadan melintang untuk runway umumnya lebih kecil atausamadengan 1,50 % , kemiringan shoulder ditentukan antara 2,50 %sampai 5 %.Kemiringan kea rah memanjang ditentukan sebesar lebih kecilatau sama dengan 0,10 % ,ketentuan dari FAA. Amerika Serikat ,genangan air di permukaan runway maksimum 14 cm, dan harus segeradialirkan.

Di sekeliling pelabuhan udara terutama di sekeliling runway dan shoulder ,harus ada saluran terbuka untuk drainase mengalirkan air (Interceptionditch) dari sis luar lapangan terbang.

c. Drainase Lapangan Olahraga

Drainase lapangan olahraga direncanakan berdasarkan infiltrasi atauresapan air hujan pada lapisan tanah, tidak run of pada muka tanah (subsurface drainage) tidak boleh terjadi genangan dan tidak bolehtererosi.Kemiringan lapangan harus lebih kecil atau sama dengan 0,007.

Rumput di lapangan sepakbola harus tumbuh dan terpelihara denganbaik. Batas antara keliling lapangan sepakbola dengan lapangan jaluratletik harus ada collector drain.

Page 6: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 6/12

 

Pemahaman Umum Drainase

Drainase yang berasal dari kata to (drain) yang berarti mengeringkan ataumengalirkan air drainase, merupakan suatu sistem pembuangan air bersihdan air limbah dari daerah pemukiman, industri, pertanian, badan jalan danpermukaan perkerasan lainnya, serta berupa penyaluran kelebihan air padaumumnya, baik berupa air hujan, air limbah maupun air kotor lainnya yang

keluar dari kawasan yang bersangkutan baik di atas maupun di bawahpermukaan tanah ke badan air atau ke bangunan resapan buatan.

Pemahaman secara umum mengenai drainase perkotaan adalah suatu ilmudari drainase yang mengkhususkan pengkajian pada kawasan perkotaan,yaitu merupakan suatu sistem pengeringan dan pengaliran air dari wilayahperkotaan yang meliputi pemukiman, kawasan industri dan perdagangan,sekolah, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan parkir, instalasi militer,instalasi listrik dan telekomunikasi, pelabuhan udara, pelabuhan laut, sertatempat-tempat lainnya yang merupakan bagian dari sarana kota yangberfungsi mengendalikan kelebihan air permukaan, sehingga menimbulkan

dampak negatif dan dapat memberikan manfaat bagi kegiatan kehidupanmanusia.

Untuk mendapatkan pemahaman tentang drainase secara umum, maka kitaperlu mengetahui latar belakang diperlukannya suatu drainase, tujuan danmanfaat dari pembuatan drainase tersebut, jenis drainase yang umumdigunakan, sejarah perkembangan, prinsip-prinsip sistem drainase dankebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah berhubungan denganpencapaian lingkungan yang baik, asri dan nyaman bagi masyarakat.

Siklus keberadaan air di suatu lokasi dimana manusia bermukim, pada masa

tertentu akan mengalami keadaan berlebih, sehingga dapat mengganggukehidupan manusia. Selain itu semakin kompleksnya kegiatan manusia dapatmenghasilkan limbah berupa air buangan yang dapat mengganggukelangsungan hidupnya, dan dengan adanya keinginan untuk meningkatkankenyamanan dan kesejahteraan hidup maka manusia mulai berusaha untukmengatur lingkungannya dengan cara melindungi daerah pemukimannyadari air berlebih dan air buangan.

Didalam daerah yang belum berkembang/pedesaan, drainase terjadi secara

Page 7: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 7/12

 

alamiah sebagai bagian dari siklus hidrologi. Drainase alami ini berlangsungtidak secara statis melainkan terus berubah secara konstan menurutkeadaan fisik lingkungan sekitar. Seiring dengan berkembangnya kawasanperkotaan yang ditandai dengan banyak didirikannya bangunan-bangunanyang dapat menunjang kehidupan dan kenyamanan masyarakat kota, makasejalan dengan itu diperlukan pula suatu sistem pengeringan dan pengaliranair yang baik untuk menjaga kenyamanan masyarakat kota. Sehingga

drainase perkotaan harus saling padu dengan sampah, sanitasi danpengendalian banjir perkotaan.

Drainase perkotaan bertujuan untuk mengalirkan air lebih dari suatukawasan yang berasal dari air hujan maupun air buangan, agar tidak terjadigenangan yang berlebihan pada suatu kawasan tertentu. Karena suatu kotaterbagi-bagi menjadi beberapa kawasan, maka drainase di masing-masingkawasan merupakan komponen yang saling terkait dalam suatu jaringandrainase perkotaan dan membentuk satu sistem drainase perkotaan.

Dengan adanya suatu sistem drainase di perkotaan maka akan diperoleh

banyak manfaat pada kawasan perkotaan yang bersangkutan, yaitu akansemakin meningkatnya kesehatan, kenyamanan dan keasrian daerahpemukiman khususnya dan daerah perkotaan pada umumnya, dan dengantidak adanya genangan air, banjir dan pembuangan limbah yang tidakteratur, maka kualitas hidup penduduk di wilayah bersangkutan akanmenjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan danketentraman seluruh masyarakat.

Page 8: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 8/12

 

Apakah arti dari drainase?

Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistemguna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen pentingdalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya). Berikut

beberapa pengertian drainase :Menurut Dr. Ir. Suripin, M.Eng. (2004;7) drainase mempunyai artimengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum,drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsiuntuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasanatau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Drainase jugadiartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannyadengan salinitas.Drainase yaitu suatu cara pembuangan kelebihan air yang tidak diinginkanpada suatu daerah, serta cara-cara penangggulangan akibat yangditimbulkan oleh kelebihan air tersebut. (Suhardjono 1948:1)

Dari sudut pandang yang lain, drainase adalah salah satu unsur dariprasarana umum yang dibutuhkan masyarakat kota dalam rangka menujukehidupan kota yang aman, nyaman, bersih, dan sehat. Prasarana drainasedisini berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke badan air (sumber airpermukaan dan bawah permkaan tanah) dan atau bangunan resapan. Selainitu juga berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan dengantindakan untuk memperbaiki daerah becek, genangan air dan banjir.Kegunaan dengan adanya saluran drainase ini antara lain :Mengeringkan daerah becek dan genangan air sehingga tidak ada akumulasiair tanah.Menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal.

Mengendalikan erosi tanah, kerusakan jalan dan bangunan yang ada.Mengendalikan air hujan yang berlebihan sehingga tidak terjadi bencanabanjir.Sebagai salah satu sistem dalam perencanaan perkotaan, maka sistemdrainase yang ada dikenal dengan istilah sistem drainase perkotaan

Kementerian Pekerjaan Umum menilai masalah buruknya drainase yangmenyebabkan banjir parah di ibukota merupakan tanggung jawabPemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun Kementerian PU siap memenuhi

Page 9: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 9/12

 

undangan Dewan Perwakilan Rakyat untuk menjelaskan masalah macet danbanjir lokal di DKI Jakarta.

"Kalau memang diundang oleh DPR, itu baik sekali," ujar Direktur JenderalCipta Karya Kementerian PU Budi Yuwono saat ditemui di GedungKementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (28/10/2010).

Budi menjelaskan dalam sistem pengendalian air di lingkungan DKI adapembagian antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemprov DKI. Namun,lanjut Budi, melihat peristiwa banjir lokal tersebut bukan tanggung jawabKementerian PU. Pasalnya, tugas Kementerian PU hanya dalam halpengaturan sungai.

"Jadi kalau air membludak dari sungai, itu menteri PU yangbertanggungjawab. Kalau drainase, itu urusan Gubernur," ujarnya.

Budi menyatakan Kementerian PU tidak menghitung berapa kerugian atasbanjir lokal karena hujan kemarin. Alasannya, banjir kemarin sifatnya lokal

dan bukan disebabkan oleh meluapnya sungai yang mengalir di tubuhprovinsi DKI ini.

"Karena kemarin kan hujan lalu tergenang itu rasanya Gubernur yang cocok(menjawab berapa kerugian)," pungkasnya.

Seperti diketahui, DPR RI berniat untuk mengundang Gubernur DKI FauziBowo guna melakukan penyelesaian atas banjir yang sempat melumpuhkan Jakarta itu. Namun, Fauzi Bowo akan datang jika Menteri PU turut hadir.

Mengurangi Masuknya Sampah, Semua Drainase AkanDitutup

Sabtu, 24 Juli 2010 (05:36)

Makassar, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar diminta memulaipenutupan semua drainase, khususnya yang ada di pinggiran jalan. Langkahpenutupan ini bertujuan mengurangi pembuangan sampah di drainase, yangkadang menimbulkan penyumbatan saat musim hujan.“Saya minta Dinas PUmengukur kemiringan pembangunan drainase itu dengan baik agar tidak adagenangan.” ”Mulai sekarang, drainase harus ditutup.

Sebab kalau tidak, mulai sekarang tentu dampaknya akan semakin besar,”

ujar Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, saat melakukan konferensipers, terkait rencana kunjungannya di pertemuan lingkungan di ShanghaiChina, 28–30 Juli, di Ruang Pola Wali Kota kemarin. Di samping itu,mantananggota DPRD Sulsel ini juga meminta Dinas Tata Ruang Kota tidakmemberikan izin bangunan, baik kepada warga maupun perusahaan yangingin membangun. “Kami tidak mau lagi ada pohon yang dikorbankan. Harusmengalah kalau memang ingin membangun.Kecuali bila kondisinya sangatmendesak, baru bisa dilakukan,” tandas Ilham,yang didampingi Wakil WaliKota Makassar Supomo Guntur.

Page 10: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 10/12

 

Sementara itu, Supomo, yang baru kembali dari pertemuan Kota Sehat diAustralia,menambahkan, penutupan drainase harus dilakukan karenaefektivitasnya sudah terasa di kota-kota yang menerapkannya, seperti diAustralia. Menurut dia, hasil pertemuannya di Negara Kanguru tersebut,sekaligus dimanfaatkan mempelajari pembuatan jalan dan drainase agartidak terjadi penyumbatan.

“Pada drainase yang ditutup itu tetap ada ruang untuk memperlancar bilasewaktu-waktu terjadi penyumbatan. Khusus jalanan, itu tidak rata seperti jalanan kita.Akan tetapi, agak tinggi bagian tengahnya. Maka, kalau hujan itutidak ada genangan karena langsung masuk ke drainase,”paparnya yangmemaparkan hasil kunjungannya di Australia. Selain itu, kesadaranmasyarakat sangat menunjang keberhasilan berbagai program yangberkaitan dengan kebersihan.

Seperti tidak adanya lagi warga yang membuang sampah di drainase dan

sungai-sungai. “Sebenarnya kami sudah melakukan uji coba denganmenempatkan tempat-tempat sampah di Jalan Ratulangi, Sudirman, danPantai Losari.Ternyata itu aman. Begitu pun warga, frekuensi membuangsampahnya di bukan tempatnya perlahan mulai berubah,” tuturnya.

  Terkait hasil pertemuan Kota Sehat yang berlangsung mulai 12–17 Juli,Supomo mengaku, banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran dan bukan tidakmungkin bisa diadopsi di Makassar pada masa-masa yang akan datang.Seperti konsep salah satu sungai di Brisbane Australia, yang menjadi kawasanpariwisata dan tempat penyeberangan, yang bisa diterapkan di Sungai Tallo.

Namun, hal pertama yang harus dilakukan adalah tidak mengotori sungai.Sementara itu,Staf Ahli Bidang Lingkungan Pemkot Prof DR Nur Bachry yangikut di pertemuan tersebut menyatakan, untuk mengadopsi penataan kotasehat, seperti di Australia, semua pihak harus saling mendukung.

“Kota sehat bukan tanggung jawab satuan kerja perangkat daerah (SKPD)yang terkait saja, tapi seluruh komponen SKPD dam warga juga harusmendukung,” pungkasnya, saat mempresentasikan hasil pertemuan dan studibandingnya di empat kota di Australia. Sekadar diketahui, delegasi Makassardi pertemuan Kota Sehat itu dipimpin langsung Supomo Guntur, yangrombongannya terdiri atas Kepala Infokom,Kadis PU, Kadis Kesehatan,

Bapedalda, dan tiga staf ahli. (arif saleh-sin)

Drainase Kota tidak Berfungsi, 12 Titik Kota Sumbawa Tergenang Air 

Sumbawa Besar, sumbawanews.com.- Untuk meraih Adi Pura Kencana tahunini, nampaknya pemda Sumbawa perlu berbenah diri, terutama dalammemperbaiki system drainase kota yang cenderung tanpa perencanaan

Page 11: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 11/12

 

  jangka panjang. Hujan yang mengguyur Sumbawa Senin (8/2) Dini Hari,menyebabkan air menggenangi pemukiman masyarakat serta perkantorandi 12 titik. Hal ini akibat dari tidak berfungsinya drainase perkotaan.

Sebanyak 3 sekolah, perkantoran dijalan Sernu Raya, Pemukimanmasyarakat Labuhan Sumbawa, serta wilayah Raberas, ujar ketua Komisi III,tergenang akibat curah hujan yang cukup tinggi serta banyaknya drainase

yang tidak berfungsi. “wilayah Raberas perlu penanganan segera, begitu  juga dengan kondisi tiga sekolah yang terpaksa diliburkan karenatergenang,”ujar Jamaluddin Afifi, kepada wartawan, kemarin.

Sementara untuk wilayah sernu dan Labuhan Sumbawa ujarnya, elevasi nyacukup rendah sehingga dinas tehnis perlu mencarikan solusinya. Jika melihatdari penyebab terjadinya genangan tersebut seperti drainase yang tidakberfunsi serta tingkat elevasi topografi wilayah yang rendah sangat tidakmemungkinkan untuk membuat saluran ataupun kanal. Karena sangat tidakmungkin untuk mengaliri air tersebut ke wilayah laut yang elevasinya cukuptinggi. “kemungkinan aka nada kajian di beberapa daerah yang

menggunakan system sumur resapan seperti diwilayah Sleman Yogyakarta,”.

Sementara Itu anggota Komisi III dari Partai Amanat Nasional (PAN) M.Irwan,SH menyebutkan, perencanaan terhadap drainase kota yang ada diSumbawa dibuat tanpa mengkaji untuk jangka panjang, sifatnya hanyainsedentil saja, artinya, dimana ada genangan disitu di perbaiki. Seharusnyasebut Arma, untuk drainase perkotaan, pengkajiannya maksimal sehinggabisa difungsikan untuk jangka waktu 5-10 tahun mendatang. “ini hanyamemperbaiki dimana terjadi genangan, sehingga belum menjawab persoalanyang ada,”ujarnya. “bahkan dibeberapa wilayah yang digenangi air huja

tersebut seakan menjadi rutinitas,”timpalnya. (loek)

Drainase Buruk Penyebab Banjir

KOTA JAMBI - Musibah banjir yang dialami oleh warga Kota Jambi, Senin(27/12) menjadi perhatian Walikota Jambi, dr H Bambang Priyanto danmelakukan kunjungan ke lokasi-lokasi yang mengalami banjir.

Walikota Jambi, dr H Bambang Priyanto mengatakan, musibah banjir adalah

masalah curah hujan yang begitu deras. Kemudian ditambah drainase yangkurang bagus atau drainase yang tertutup. ''Apabila drainase tertutup, makaair akan mengalir susah. Tentunya akan mencari tempat yang lebih rendah.Dan oleh sebab itu saya akan berjalan meninjau bersama Dinas PU, danmeminta kepada pengembang jangan mencari keuntungan saja, tapiperhatikan juga keselamatan warga, ''pinta walikota.

Selain itu, ucap Walikota lagi masih banyak permasalahan di developer. ''Jadikedepan akan dipelajari dulu, dan meminta jangan hanya dipelajari saja,

Page 12: 54111410-Drainase

5/12/2018 54111410-Drainase - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/54111410-drainase 12/12

 

tetapi dilakukan secepatnya, ''ucap Walikota melalui Kabag Humas SetdaKota Jambi, Subhi.

Sementara itu DPRD Kota Jambi segera memanggil Dinas Pekerjaan Umum(PU) setempat untuk mempertanyakan tata kelola drainase kota terkait banjirbandang di sebagian besar wilayah Kecamatan Kota Baru, Senin, akibathujan deras beberapa jam.

Anggota DPRD Kota Jambi, dari PAN, Edy Syam setelah meninjau lokasi banjirbandang yang merendam hampir seratusan rumah warga tersebut, berjanjiakan minta pimpinan dewan untuk segera memanggil Dinas PU Kota Jambiuntuk mempertanyakan masalah tata kelola drainase yang ada saat ini.

Dia mengatakan, jika melihat hasil pantauan di lokasi banjir pada beberapaperumahan yang ada di Kota Jambi terungkap permasalahan ini, danmasalah tersebut harus bisa diselesaikan jika tidak ingin bencana banjirlainnya mengancam perumahan lainnya di kota.

Dewan akan mengkaji bersama dinas PU, apa yang menjadi permasalahanutama dalam terjadinya banjir beberapa belakangan ini di Kota Jambi yangterus mengancam kota.

Banjir yang kerap melanda kota bila terjadi hujan mungkin ada kaitannyadengan tata ruang dan kawasan resapan air saat ini yang sudah banyakberubah fungsi, selain izin bangunan yang perlu ditinjau ulang.

Pihak PU juga perlu memperhatikan tata kelola drainase kota yang sudah adasaat ini, dan dewan akan mempertanyakannya kepada intansi terkait soal

pembangunan drainase di Kota Jambi.

Hasil pantauan di lapangan, hujan yang terjadi satu malam mengguyur Kota  Jambi menyebabkan beberapa kawasan peruamahan dalam kota kembalidilanda banjir.

Seratusan rumah warga di kawasan Kecamatan Kota Baru Jambi, terendamair hingga ketinggian mencapai lebih dari satu meter, sehingga wargaterlihat memindahkan barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Beberapa lokasi perumahan yang dilanda banjir tersebut adalah di

perumahan Garuda 3, Kota Baru Indah, Kenbar Lestari dan PerumahanAurduri adalah kawasan yang paling parah dilanda banjir. (ded/ant)