44937735-KLASIFIKASI-GARDU-INDUK

5

Click here to load reader

Transcript of 44937735-KLASIFIKASI-GARDU-INDUK

Page 1: 44937735-KLASIFIKASI-GARDU-INDUK

Gardu Induk (GI)150 KV

Gardu Induk adalah suatu instalasi yang terdiri dari peralatan listrik yang berfungsi untuk:

menaikan dan menurunkan tegangan sistem

pengukuran ,pengawasan operasi serta pengaturan pengamanan dari sistem tenaga listrik

mengatur penyaluran daya ke gardu induk lain melalui jaringan transmisi.

Klasifikasi Gardu Listrik

Klasifikasi Gardu Listrik dibedakan menurut dua hal :

1. Menurut lokasinya

Didalam sistem tenaga listrik,fungsi dan tegangannya (Extra tinggi,tinggi,menengah dan rendah)maka gardu listrik dapat dibagi:

a. Gardu IndukGardu Induk dapat dibagi menjadi : Gardu Induk Tegangan Ekstra tinggi ( GITET )

Yaitu Gardu listrik yang mendapat daya dari saluran Transmisi Tegangan Ekstra Tinggi atau Saluran Udara tegangan Tinggi untuk kemudian menyalurkannya ke GITET atau GITT lain melalui SUTET atau SUTT lain.

Gardu Induk Tegangan Tinggi ( GITT )yaitu Gardu Listrik yang mendapat daya dari Saluran Transmisi Tegangan Ekstra Tinggi,saluran Transmisi Tegangan Tinggi untuk kemudian menyalurkannya ke daerah beban melalui penyaluran distribusi.

Page 2: 44937735-KLASIFIKASI-GARDU-INDUK

b. Gardu DistribusiAdalah Gardu Listrik yang mendapat daya dari Saluran Distribusi Primer (penyulang untuk kemudian menyalurkannya ke saluran tegangan rendah).

2. Menurut penempatan peralatannya.Menurut penempatan peralatannya gardu Listrik dapat dibagi sebagai berikut:

a. Gardu Induk Pasangan DalamYaitu gardu listrik dimana semua peralatannya (switchgear,isolator,dsb)dipasang didalam gedung/ruangan tertutup.

b. Gardu Induk Pasangan Luaryaitu gardu listrik dimana semua/sebagian besar peralatannya ditempatkan diluar/ruang terbuka.

Fungsi dan peralatan Gardu Induk.

Lighting ArresterBerfungsi untuk mengamankan instalasi (peralatan listrik pada instalasi)dari gangguan tegangan lebih yang diakibatkan oleh sambaran petir atau surja hubung.

Spark Rodberfungsi sebagai pengaman peralatan terhadap tegangan lebih.

Pemisah (PMS)Berfungsi untuk memutuskan hubungan listrik dalam keadaan tidak berbeban.

Pemutus Tenaga (PMT)berfungsi untuk memutuskan hubungan listrik dalam keadaan gangguan maupun dalam keadaan berbeban dan proses ini harus dilakukan dengan cepat.

Transformator TeganganBerfungsi untuk menurunkan tegangan tinggi menjadi tegangan rendah yang diperlukan untuk alat-alat ukur (pengukuran)dan alat pengaman (proteksi).

Transformator ArusBerfungsi untuk menurunkan arus besar pada tegangan tinggi menjadi arus kecil pada tegangan rendah untuk keperluan pengukuran dan pengamanan.

Busbar (Rill)berfungsi sebagai titik pertemuan/hubungan transformator tenaga,jaringan transmisi,dan peralatan listrik lainnyauntuk menyalurkan,menerima daya/tenaga listrik.

Page 3: 44937735-KLASIFIKASI-GARDU-INDUK

Transformator TenagaBerfungsi untuk menyalurkan tenaga/daya dari tegangan tinggi ke tegangan menengah atau sebaliknya (menstransformasikan tegangan).

Panel KontrolBerfungsi untuk mengontrol peralatan-peralatan yang bekerja pada suatu gardu induk.Panel Kontrol dapat dibagi lagi menjadi:

a. Panel Kontrol Utamab. Panel relai

KLASIFIKASI GARDU INDUK

TEKNIK TENAGA LISTRIK

Page 4: 44937735-KLASIFIKASI-GARDU-INDUK

OLEH :

RIZKY SEPTI MAULIDA

0909035050

FAKULTAS TEKNIK

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

UNIVERSITAS MULAWARMAN

SAMARINDA

2010