270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

9
Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 1 Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/ Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE 1. Sekilas tentang Netbean IDE The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan - sebuah tools untuk programmer menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan. (dikutip dari : www.netbean.org ) NetBeans mengacu pada dua hal, yakni platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang disebut ‘modul’. Sebuah modul adalah suatu arsip Java (Java archive) yang memuat kelas-kelas Java untuk berinteraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul. Aplikasi yang dibangun dengan modul-modul dapat dikembangkan dengan menambahkan modul-modul baru. Karena modul dapat dikembangkan secara independen, aplikasi berbasis platform NetBeans dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga secara mudah dan powerful. Pengembangan NetBeans diawali dari Xelfi, sebuah proyek mahasiswa tahun 1997 di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika Universitas Charles, Praha. Sebuah perusahaan kemudian dibentuk untuk proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystem pada tahun 1999. Sun kemudian menjadikan NetBeans open source pada bulan Juni tahun 2000. Sejak itu komunitas NetBeans terus berkembang. 2. Pengenalan IDE (Integrated Development Environtment) Netbean Lingkungan Pengembangan yang terintegrasi pada netbean IDE, memudahkan pengguna untuk membuat beragam aplikasi dengan mudah.

description

belajar java yahh

Transcript of 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Page 1: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 1

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE

1. Sekilas tentang Netbean IDE

The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan - sebuah tools untuk programmer menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan. (dikutip dari : www.netbean.org )

NetBeans mengacu pada dua hal, yakni platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang disebut ‘modul’. Sebuah modul adalah suatu arsip Java (Java archive) yang memuat kelas-kelas Java untuk berinteraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul. Aplikasi yang dibangun dengan modul-modul dapat dikembangkan dengan menambahkan modul-modul baru. Karena modul dapat dikembangkan secara independen, aplikasi berbasis platform NetBeans dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga secara mudah dan powerful. Pengembangan NetBeans diawali dari Xelfi, sebuah proyek mahasiswa tahun 1997 di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika Universitas Charles, Praha. Sebuah perusahaan kemudian dibentuk untuk proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystem pada tahun 1999. Sun kemudian menjadikan NetBeans open source pada bulan Juni tahun 2000. Sejak itu komunitas NetBeans terus berkembang.

2. Pengenalan IDE (Integrated Development Environtment) Netbean

Lingkungan Pengembangan yang terintegrasi pada netbean IDE, memudahkan pengguna untuk membuat beragam aplikasi dengan mudah.

Page 2: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 2

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

Gambar 1. IDE Netbean

Keterangan Gambar : 1. Menu Bar 2. Toolbar 3. Project Explorer 4. Daftar Komponen yang digunakan 5. Jendela Utama 6. Kontrol Komponen 7. Jendela Properties 8. Jendela keluaran (debugging)

1

2

3

4

5

6

7

8

Page 3: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 3

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

Membuat Aplikasi dengan Netbean Untuk membuat program/aplikasi dengan Netbean, langkah-langkahnya sbb: 1. Dari menu File, pilih dan Klik New Project…

Gambar 2. Menu New Project Akan ditampilkan jendela New Project seperti Gambar dibawah ini :

Gambar 3. Tampilan pilihan New Project

2. Selanjutnya, pada bagian Categories pilih Java (pilihan untuk membuat aplikasi

desktop). Kemudian pada bagian Projects pilih Java Application. Untuk membuat program desktop yang lengkap dengan menu bar pilihlah Java Desktop Application. Setelah terpilih selanjutnya klik Next untuk melanjutkan.

Page 4: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 4

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

3. Pada langkah kedua (Gambar 4), tentukan nama project-nya pada bagian Project Name serta lokasi penyimpanan file (default-nya disimpan pada folder yang sama dengan nama project-nya). � Untuk contoh program/aplikasi ini, kita akan membuat program untuk melakukan

konversi suhu dari Celcius (C) ke Fahrenheit (F), dengan rumus konversi sbb: F = C * 1.8 + 32

Hilangkan tanda ceklis pada Create Main Class (karena kita tidak membuat class utama). Pada bagian set as Main Project, ceklislah untuk menjadikan project utama, sehingga setiap melakukan kompilasi menuju project yang sedang dibuat. Setelah disesuaikan, klik Finish.

Gambar 4. Penentuan Nama Project dan Lokasi

4. Setelah langkah kedua dilakukan, selanjutnya tampilan pada Netbean akan terlihat

seperti Gambar 1.

5. Sampai dengan ini, project telah dibuat tetapi kita belum menempatkan komponen apapun didalamya, untuk menempatkan komponen-komponen java terlebih dahulu diperlukan komponen utama sebagai landasan (penempatan) komponen lain yaitu : JFrame Form. Untuk menempatkan JFrame kedalam project, lakukan Klik Kanan pada subfolder Source Package (dibawah project) pilih New, kemudian pilih dan klik JFrame Form.

Page 5: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 5

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

Gambar 5. Menambahkan JFrame Form kedalam Project

6. Pilihan penambahan JFrame diatas, akan menampilkan jendela New JFrame Form

sebagai berikut;

Page 6: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 6

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

Gambar 6. Menambahkan JFrame

7. Pada jendela New JFrame diatas, lakukan perubahan nama JFrame jika diperlukan.

Untuk latihan kali ini, biarkan saja Class Name seperti itu. Klik Finish.

8. Untuk menambahkan komponen lainnya kedalam JFrame, klik komponen yang ingin digunakan kemudian klik pada JFrame (sesuaikan posisinya)

Gambar 7. Menambahkan komponen lainnya kedalam JFrame

Page 7: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 7

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

9. Buatlah seperti gambar dibawah ini :

10. Lakukan perubahan pada properties komponen, sehingga tampilan akhirnya menjadi

sebagai berikut :

11. Untuk merubahnya, klik kanan pada jendela Daftar Komponen (No. 4 pada Gambar 1) atau pada komponennya pilih Edit Text (untuk merubah tulisannya) dan Change Variabel Name (untuk mengganti nama komponennya).

Page 8: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 8

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

Nama Komponen Properties Nilai

JFrame Title Konversi Celcius

JTextField1 Text - (kosongkan)

Variabel Name TextCelcius

JLabel1 Text Celcius

JLabel2 Text Fahrenheit

JButton1 Text Convert

12. Setelah semua komponennya disesuaikan propertiesnya, tinggal membuat kode untuk melakukan fungsinya yaitu melakukan konversi suhu celcius ke fahrenheit. Caranya : a. Dobel klik pada JButton1 (tombol Convert), sehingga tampil jendela Source

b. Tulislah kode program berikut ini, pada area jButton1ActionPerformed : String cel = TextCelcius.getText();

double celAngka = Double.parseDouble(cel);

double hasil = (celAngka*1.8)+32;

jLabel2.setText(hasil + " Fahrenheit");

c. Setelah selesai, jalankan program dengan mengklik tombol (Run) d. Lihat Hasilnya.

Page 9: 270610 Arm Pemrograman JAVA Dengan Netbean IDE

Pemrograman JAVA dengan Netbean IDE – Hal 9

Asep Ramdhani Mahbub http://www.arm.web.id/

13. Keterangan Kode Program a. String cel = TextCelcius.getText();

Mendeklarasikan sebuah variabel cel untuk menangkap/mengambil text dari

jTextField (Fungsi INPUT)

b. double celAngka = Double.parseDouble(cel);

text yang diterima pada kode sebelumnya, masih berupa String. Untuk dapat dikalkulasi harus dikonversi terlebih dahulu menjadi Angka, hasil konversi disimpan dlm variabel celAngka

c. double hasil = (celAngka*1.8)+32;

rumus untuk mengkonversi celcius menjadi fahrenheit, hasil konversi disimpan

dalam variabel hasil (fungsi PROSES)

d. jLabel2.setText(hasil + " Fahrenheit");

hasil konversi yang disimpan dalam variabel hasil, ditampilkan melalui komponen Jlabel2 (Fungsi OUTPUT)

14. Sebagai latihan lainnya, cobalah untuk membuat program kalkulator dengan dua buah masukan Nilai1 dan Nilai2 (JTextField) dengan 4 buah JButton (KALI, BAGI, KURANG dan TAMBAH) serta sebuah Keluaran (JLabel)

---000 Selesai 000---