2705 - Copy

6
Nama Kelompok : 1. Afdhal 2. Emma Shofia Putri 3. Intan 4. Riza GOOD GOVERNANCE DAN OTONOMI DAERAH

description

qms

Transcript of 2705 - Copy

  • Nama Kelompok :1. Afdhal2. Emma Shofia Putri3. Intan4. Riza

    GOOD GOVERNANCE DAN OTONOMI DAERAH

  • PENGERTIAN GOOD GOVERNANCE DAN OTONOMI DAERAHGood governance : Tata pemerintahan yang baik dan atau menjalankan fungsi pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa.Otonom daerah Hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

  • Upaya Penegakkan Good Governance dalam Otonomi daerahEfisiensi, efektifitas, dan berkesinambungan suatu organisasi Legitimasi organisasi yang dikelola dengan terbuka, adil, dan dapat dipertanggungjawabkan Mengakui dan melindungi hak dan kewajiban para stakeholders. Pendekatan yang terpadu berdasarkan kaidah-kaidah demokrasi, pengelolaan dan partisipasi organisasi secara legitimate.

  • Dampak Otonomi Daerah

    Dampak PositifDampak positif otonomi daerah adalah bahwa dengan otonomi daerah makapemerintah daerah akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan identitas lokalyang ada di masyarakat. Berkurangnya wewenang dan kendali pemerintah pusat mendapatkan respon tinggi dari pemerintah daerah dalam menghadapi masalah yang berada di daerahnya sendiri.Dan dana yang diperoleh lebih banyak daripada yang didapatkan melalui jalur birokrasi dari pemerintah pusat. Dana tersebut memungkinkanpemerintah lokal mendorong pembangunan daerah serta membangun program promosikebudayaan dan juga pariwisata.

  • Dampak NegatifAdanya kesempatan bagioknum-oknum di pemerintah daerah untuk melakukan tindakan yang dapat merugikaNegara dan rakyat seperti korupsi, kolusi dan nepotisme. Selain itu terkadang ada kebijakan-kebijakan daerah yang tidak sesuai dengan konstitusi Negara yang dapat menimbulkan pertentangan antar daerah satu dengan daerah tetangganya, atau bahkandaerah dengan Negara, seperti contoh pelaksanaan Undang-undang Anti Pornografi ditingkat daerah. Hal tersebut dikarenakan dengan system otonomi daerah maka pemerintah pusat akan lebih susah mengawasi jalannya pemerintahan di daerah, selain itu karena memang dengan sistem otonomi daerah membuat peranan pemeritah pusat tidak begitu berarti.

  • Masalah yang timbul dalam otonomi daerah apabila tidak disertai good governance yang baik

    Beberapa modus pejabat nakal dalam melakukan korupsi dengan APBD :Korupsi Pengadaan Barang Modus : a. Penggelembungan (mark up) nilai barang dan jasa dari harga pasar. b. Kolusi dengan kontraktor dalam proses tender.2) Penghapusan barang inventaris dan aset negara (tanah)Modus :a. Memboyong inventaris kantor untuk kepentingan pribadi. b. Menjual inventaris kantor untuk kepentingan pribadi.