2222222

9
7/21/2019 2222222 http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 1/9 hmad bin Hanbal Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Gaya penulisan artikel atau bagian ini tidak atau kurang cocok untuk Wikipedia. Silakan lihat halaman pembicaraan. Lihat juga panduan menulis artikel yang lebih baik. Artikel ini membutuhkan lebih banyak catatan kaki untuk pemastian. Silakan bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan catatan kaki dari sumber yang terpercaya. Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. Setelah dirapikan, tolong hapus pesan ini. Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad bin Idris Lahir !" M Mary, #urkmenistan Meninggal !$$ M %agdad, Irak Era &aman keemasan Islam Aliran Sunni 'ambali Minat utama (i)h Gagasan penting *+olusi (i)h Ahmad bin Hanbal !" - !$$ M, /0 - 10 2'3 45  2rab 6789 :; <=9> 3 adalah seorang ahli hadits dan teologi Islam. Ia lahir di Marw saat ini bernama Mary di #urkmenistan , utara 2fganistan dan utara Iran3 di kota %aghdad, Irak. ?unyahnya 2bu 2bdillah lengkapnya@ Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad Al Marwazi Al aghdadi! Ahmad bin Muhammad bin Hanbal dikenal juga sebagai Imam Hambali. "a#tar isi %iografi o . 2wal mula Menuntut Ilmu o .1 ?eadaan fisik o .A ?eluarga o .0 ?ecerdasan o .$ Bujian Clama o ./ ?euhudannya

description

tugas

Transcript of 2222222

Page 1: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 1/9

hmad bin Hanbal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gaya penulisan artikel atau bagian ini tidak atau kurang cocok untuk Wikipedia.Silakan lihat halaman pembicaraan. Lihat juga  panduan menulis artikel yang lebih baik .

Artikel ini membutuhkan lebih banyak catatan kaki untuk pemastian.Silakan bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan catatan kaki dari sumber yang terpercaya.

Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar WikipediaMerapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. Setelahdirapikan, tolong hapus pesan ini.

Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin

Hilal bin Asad bin Idris

Lahir!" M

Mary, #urkmenistanMeninggal

!$$ M%agdad, Irak 

Era &aman keemasan IslamAliran Sunni 'ambaliMinat utama (i)hGagasan penting *+olusi (i)h

Ahmad bin Hanbal !" - !$$ M, /0 - 10 2'345 2rab 6789 :; <=9> 3 adalah seorang ahlihadits dan teologi Islam. Ia lahir di Marw saat ini bernama Mary di #urkmenistan, utara2fganistan dan utara Iran3 di kota %aghdad, Irak . ?unyahnya 2bu 2bdillah lengkapnya@ Ahmad

bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad Al Marwazi Al aghdadi! Ahmad binMuhammad bin Hanbal dikenal juga sebagai Imam Hambali.

"a#tar isi

• %iografi 

o . 2wal mula Menuntut Ilmu

o .1 ?eadaan fisik 

o .A ?eluarga

o .0 ?ecerdasan

o .$ Bujian Clama

o ./ ?euhudannya

Page 2: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 2/9

o . WaraE dan menjaga harga diri

o .! #awadhuE dengan kebaikannya

o .F Sabar dalam menuntut ilmu

o ." 'ati-hati dalam berfatwa

o . ?elurusan a)idahnya sebagai standar kebenaran

o .1 Masa (itnah

o .A 2hli hadits sekaligus juga 2hli (i)ih

o .0 Guru

• 1 Murid-murid 2hmad bin 'anbal

• A 2khir 'ayat

• 0 ?arya tulis 

o 0. ?arya-?arya Imam 2hmad bin 'anbal rahimahullah

o 0.1 Menurut Imam Hadim, kitab berikut ini juga merupakan tulisan Imam 2hmad bin 'anbal

• $ eferensi

• / Lihat pula

• Branala luar 

iogra#i

Awal mula Menuntut Ilmu

Ilmu yang pertama kali dikuasai adalah 2l JurKan hingga ia hafal pada usia $ tahun, ia jugamahir baca-tulis dengan sempurna hingga dikenal sebagai orang yang terindah tulisannya. Lalu,ia mulai konsentrasi belajar ilmu hadits di awal umur $ tahun itu pula.

Ia telah mempelajari 'adits sejak kecil dan untuk mempelajari 'adits ini ia pernah pindah ataumerantau ke Syam Syiria3, 'ija, aman dan negara-negara lainnya sehingga ia akhirnyamenjadi tokoh ulama yang bertakwa, saleh, dan uhud. 2bu &urKah mengatakan bahwa kitabnya

Page 3: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 3/9

yang sebanyak 1 buah sudah dihafalnya di luar kepala. Ia menghafal sampai sejuta hadits. ImamSyafiKi mengatakan tentang diri Imam 2hmad, Setelah saya keluar dari Baghdad, tidak ada

orang yang saya tinggalkan di sana yang lebih terpuji, lebih shaleh dan yang lebih berilmudaripada Ahmad bin Hambal . 2bdur oa) %in 'ammam yang juga salah seorang guru dia pernah berkata, Saya tidak pernah melihat orang se-faqih dan se-wara' Ahmad Bin Hanbal 415

$eadaan #isik 

Muhammad bin N2bbas 2n-Hahwi bercerita, Saya pernah melihat Imam 2hmad bin 'ambal,ternyata %adan dia tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu pendek, wajahnya tampan, di jenggotnyamasih ada yang hitam. Ia senang berpakaian tebal, berwarna putih dan bersorban serta memakaikain. ang lain mengatakan, O?ulitnya berwarna coklat sawo matang3P

$eluarga

Dia menikah pada umur 0" tahun dan mendapatkan keberkahan yang melimpah. Ia melahirkan

dari istri-istrinya anak-anak yang shalih, yang mewarisi ilmunya, seperti 2bdullah dan Shalih.%ahkan keduanya sangat banyak meriwayatkan ilmu dari bapaknya.

$ecerdasan

Butranya yang bernama Shalih mengatakan, ayahku pernah bercerita, O'usyaim meninggal duniasaat saya berusia dua puluh tahun, kala itu saya telah hafal apa yang kudengar darinyaP.

2bdullah, putranya yang lain mengatakan, 2yahku pernah menyuruhku, O2mbillah kitabmushannaf WakiE mana saja yang kamu kehendaki, lalu tanyakanlah yang kamu mau tentangmatan nanti kuberitahu sanadnya, atau sebaliknya, kamu tanya tentang sanadnya nanti kuberitahu

matannyaP.

2bu &urEah pernah ditanya, OWahai 2bu &urEah, siapakah yang lebih kuat hafalannyaQ 2ndaatau Imam 2hmad bin 'ambalQP Dia menjawab, O2hmadP. Ia masih ditanya, O%agaimana 2ndatahuQP dia menjawab, OSaya mendapati di bagian depan kitabnya tidak tercantum nama-nama perawi, karena dia hafal nama-nama perawi tersebut, sedangkan saya tidak mampumelakukannyaP. 2bu &urEah mengatakan, OImam 2hmad bin 'ambal hafal satu juta haditsP.

%u&ian 'lama

2bu RaEfar berkata, O2hmad bin 'ambal manusia yang sangat pemalu, sangat mulia dan sangat

 baik pergaulannya serta adabnya, banyak berfikir, tidak terdengar darinya kecuali mudakarahhadits dan menyebut orang-orang shalih dengan penuh hormat dan tenang serta dengan ungkapanyang indah. %ila berjumpa dengan manusia, maka ia sangat ceria dan menghadapkan wajahnyakepadanya. Ia sangat rendah hati terhadap guru-gurunya serta menghormatinya.P

Imam 2sy-SyafiEi berkata, O2hmad bin 'ambal imam dalam delapan hal, Imam dalam hadits,Imam dalam (i)ih, Imam dalam bahasa, Imam dalam 2l JurEan, Imam dalam kefa)iran, Imamdalam keuhudan, Imam dalam waraE dan Imam dalam SunnahP.

Page 4: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 4/9

Ibrahim 2l 'arbi berkata, OSaya melihat 2bu 2bdillah 2hmad bin 'ambal seolah 2llahgabungkan padanya ilmu orang-orang terdahulu dan orang-orang belakangan dari berbagaidisiplin ilmuP.

2bdullah bin al-Maimuni berkata, #idak ada yang lebih mulia yang pernah dilihat oleh mataku,

selain Imam 2hmad bin 'ambal. #idak ada seorangpun dari ahli hadits yang palingmengagungkan larangan-larangan 2llah dan Sunnah Habi Shalallahu Kalaihi wassalam jika benarmenurutnya, dan tidak ada seseorangpun yang lebih kuat dalam mengikutinya selain dari2hmad.

2bu %akar as-Sijistani berkata, 2ku pernah bertemu dengan 1"" guru-guru ilmu, tidak adasatupun yang menyerupai Imam 2hmad bin 'ambal. Dia betul-betul menyelami ilmu, dan jikadisebutkan suatu ilmu, dia ahlinya.

2bdul Wahhab 2l-Warra) berkata, 2bu 2bdullah adalah pemimpin kami, dia adalah orang yangmatang dalam ilmu. Rika aku berada dihadapan 2llah kelak, dan aku ditanya, Siapa orang yang

kamu ikutiQ aku akan katakan, 2ku mengikuti 2hmad bin 'ambal. Sungguh Imam 2hmad bin 'ambal telah teruji keilmuannya selama " tahun tentang Islam.

$ezuhudannya

Dia memakai peci yang dijahit sendiri. Dan kadang dia keluar ke tempat kerja membawa kampak untuk bekerja dengan tangannya. ?adang juga dia pergi ke warung membeli seikat kayu bakardan barang lainnya lalu membawa dengan tangannya sendiri. 2l Maimuni pernah berujar,Oumah 2bu 2bdillah 2hmad bin 'ambal sempit dan kecilP.

Wara( dan men&aga harga diri

2bu IsmaEil 2t-#irmidi mengatakan, ODatang seorang lelaki membawa uang sebanyak sepuluhribu dirham3 untuk dia, namun dia menolaknyaP. 2da juga yang mengatakan, O2da seseorangmemberikan lima ratus dinar kepada Imam 2hmad namun dia tidak mau menerimanyaP. Ruga pernah ada yang memberi tiga ribu dinar, namun dia juga tidak mau menerimanya.

)awadhu( dengan kebaikannya

ahya bin MaEin berkata, OSaya tidak pernah melihat orang yang seperti Imam 2hmad bin'ambal, saya berteman dengannya selama lima puluh tahun dan tidak pernah menjumpai diamembanggakan sedikitpun kebaikan yang ada padanya kepada kamiP.

Dia Imam 2hmad3 mengatakan, OSaya ingin bersembunyi di lembah Makkah hingga saya tidakdikenal, saya diuji dengan popularitasP.

2l Marrudi berkata, OSaya belum pernah melihat orang fakir di suatu majlis yang lebih muliakecuali di majlis Imam 2hmad, dia perhatian terhadap orang fakir dan agak kurang perhatiannyaterhadap ahli dunia orang kaya3, dia bijak dan tidak tergesa-gesa terhadap orang fakir. Ia sangatrendah hati, begitu tinggi ketenangannya dan sangat memuka kharismanyaP.

Page 5: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 5/9

Page 6: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 6/9

agar selamat dari segala siksaan dan penderitaan, namun dia menjawab, O%agaimana kalianmenyikapi hadits OSesungguhnya orang-orang sebelum ?habbab, yaitu sabda Habi Muhammadada yang digergaji kepalanya namun tidak membuatnya berpaling dari agamanyaP. '. %ukhari1T1!. lalu dia menegaskan, OSaya tidak peduli dengan kurungan penjara, penjara dan rumahkusama sajaP.

?etegaran dan ketabahan dia dalam menghadapi cobaan yang menderanya digambarkan olehIsha) bin Ibrahim, OSaya belum pernah melihat seorang yang masuk ke penguasa lebih tegar dariImam 2hmad bin 'ambal, kami saat itu di mata penguasa hanya seperti lalatP.

Di saat menghadapi terpaan fitnah yang sangat dahsyat dan deraan siksaan yang luar biasa, diamasih berpikir jernih dan tidak emosi, tetap mengambil pelajaran meski datang dari orang yanglebih rendah ilmunya. Ia mengatakan, OSemenjak terjadinya fitnah saya belum pernahmendengar suatu kalimat yang lebih mengesankan dari kalimat yang diucapkan oleh seorang2rab %adui kepadaku, OWahai 2hmad, jika anda terbunuh karena kebenaran maka anda matisyahid, dan jika anda selamat maka anda hidup muliaP. Maka hatiku bertambah kuatP.

Ahli hadits sekaligus &uga Ahli -i,ih

Ibnu N2)il berkata, OSaya pernah mendengar hal yang sangat aneh dari orang-orang bodoh yangmengatakan, O2hmad bukan ahli fi)ih, tetapi hanya ahli hadits saja. Ini adalah puncaknyakebodohan, karena Imam 2hmad memiliki pendapat-pendapat yang didasarkan pada hadits yangtidak diketahui oleh kebanyakan manusia, bahkan dia lebih unggul dari seniornyaP.

%ahkan Imam 2d-Dahabi berkata, ODemi 2llah, dia dalam fi)ih sampai derajat Laits, Malikdan 2sy-SyafiEi serta 2bu usuf. Dalam uhud dan waraE dia menyamai (udhail dan Ibrahim bin2dham, dalam hafalan dia setara dengan SyuEbah, ahya 2l Jaththan dan Ibnul Madini. #etapi

orang bodoh tidak mengetahui kadar dirinya, bagaimana mungkin dia mengetahui kadar oranglain

Guru

Imam 2hmad bin 'ambal berguru kepada banyak ulama, jumlahnya lebih dari dua ratus delapan puluh yang tersebar di berbagai negeri, seperti di Makkah, ?ufah, %ashrah, %aghdad, aman dannegeri lainnya. Di antara mereka adalah@

. Ismail bin RaEfar 

1. 2bbad bin 2bbad 2l-2taky

A. Cmari bin 2bdillah bin ?halid

0. 'usyaim bin %asyir bin Jasim bin Dinar 2s-Sulami

$. Imam SyafiKi

Page 7: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 7/9

/. WakiE bin Rarrah

. Ismail bin Clayyah

!. Sufyan bin NCyainah

F. 2bdurraa)

". Ibrahim bin MaE)il

Murid+murid Ahmad bin Hanbal

. Butranya, Shalih bin Imam 2hmad bin 'ambal

1. Butranya, 2bdullah bin Imam 2hmad bin 'ambal

A. ?eponakannya, 'ambal bin Isha)

Akhir Hayat

Imam 2hmad bin 'ambal mulai sakit pada malam abu, dua hari dari bulan abiKul 2wwaltahun 10 'ijriyyah, ia sakit selama sembilan hari. #atkala penyakitnya mulai parah dan wargasekitar mulai mengetahuinya, maka mereka menjenguknya siang dan malam.

Benyakitnya kian hari kian parah, pada hari ?amis dan sebelum wafat ia memberikan isyarat pada keluarganya agar ia diwudhukan, kemudian mereka pun mewudhukannya. ?etika

 berwudhu, Imam 2hmad sambil berikir dan memberikan isyarat kepada mereka agar menyela-nyela jarinya. Dia menghembuskan napas terakhirnya di pagi hari RumEat bertepatan dengantanggal 1 abiEul 2wwal 10 ' pada umur tahun di kota %aghdad. Ia dimakamkan di pemakaman al-'arb, jenaah dia dihadiri delapan ratus ribu pelayat lelaki dan enam puluh ribu pelayat perempuan.

$arya tulis

2hmad bin 'anbal menulis kitab al-Musnad al-?abir  yang termasuk sebesar-besarnya kitabMusnad dan sebaik baik karangan dia dan sebaik baik penelitian 'adits. Ia tidak memasukkandalam kitabnya selain yang dibutuhkan sebagai hujjah. ?itab Musnad ini berisi lebih dari 1$."""

hadits.

Di antara karya Imam 2hmad adalah ensiklopedia hadits atau Musnad, disusun oleh anaknyadari ceramah kajian-kajian3 - kumpulan lebih dari 0" ribu hadits juga ?itab ash-Salat dan ?itabas-Sunnah.

$arya+$arya Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah

Page 8: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 8/9

. ?itab 2l Musnad, karya yang paling menakjubkan karena kitab ini memuat lebih dari dua puluh tujuh ribu hadits.

1. ?itab at-#afsir, namun 2d-Dahabi mengatakan, O?itab ini telah hilangP.

A. ?itab an-Hasikh wa al-Mansukh

0. ?itab at-#arikh

$. ?itab 'adits SyuKbah

/. ?itab al-Mu)addam wa al-MuKakkhar fi al-JurUan

. ?itab Rawabah al-JurUan

!. ?itab al-Manasik al-?abir 

F. ?itab al-Manasik as-Saghir 

Menurut Imam adim/ kitab berikut ini &uga merupakan tulisan Imam Ahmad

bin Hanbal

. ?itab al-KIlal

1. ?itab al-Manasik 

A. ?itab a-&uhd

0. ?itab al-Iman

$. ?itab al-MasaKil

/. ?itab al-2syribah 6V

. ?itab al-(adhaKil

!. ?itab #haKah ar-asul

F. ?itab al-(araKidh

". ?itab ar-add ala al-Rahmiyyah

0e#erensi

. Disadur dari %iografi singkat para KClama ahli hadist 2bu ayyan

Page 9: 2222222

7/21/2019 2222222

http://slidepdf.com/reader/full/2222222-56d9beb50da9f 9/9

1. #arikhi Dawat-o-2imat. ?arya Maulana Sayyid 2bul 'asan 2li Hadwi

A. 'ayatul 2amam. ?arya Syaikh Muhammad 'asan 2l-Ramal

. 1 [email protected]

1. 1 Mana)ib Imam 2hmad bin 'anbal, oleh Ibnul Rawy, diteliti oleh Dr.K2bdullah%in K2bdul Muhsin 2t #urky, ektor Cni+ersitas Muhammad %in SuKud 2l Islamiyyah di2rab Saudi