22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

download 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

of 77

Transcript of 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    1/77

    BAB IPENDAHULUAN

    1.1 Latar BelakangSejak beberapa tahun terakhir, kita dikenalkan dengan pendekatanbaru dalam manajemen sekolah yang lebih dikenal dengan manajemen

    berbasis sekolah (school based management) atau disingkat MBS.1Adapun secara umum, gagasan penerapan pendekatan ini muncul sejalandengan pelaksanaan otonomi daerah sebagai paradigma baru dalampengoperasian sekolah. Selama ini sekolah hanyalah kepanjangan tanganbirokrasi pemerintah pusat untuk menyelenggarakan urusan politikpendidikan.

    Anggaran pendidikan mengalir dari pusat ke daerah menelusurisaluran birokrasi dengan begitu banyak simpul yang masing-masingmenginginkan bagian. Tidak heran jika nilai akhir yang diterima di tingkatpaling operasional telah menyusut. Kita khawatir, jangan-jangan selamaini lebih dari separuh dana pendidikan sebenarnya dipakai untuk hal-hal

    yang sama sekali tidak berhubungan dengan proses pembelajaran di levelyang paling operasional, yaitu sekolah.

    1Munculnya gagasan MBS ini disebabkan oleh ketidakpuasan para pengelola pendidikanpada level operasional atas keterbatasan wewenang yang mereka miliki untuk dapatmengelola sekolah secara mandiri (Jahja 2004:59).

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    2/77

    Sekolah sebagai bentuk organisasi diartikan sebagai wadah darikumpulan manusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentuyakni tujuan pendidikan, dengan memanfaatkan manusia itu sendirisebagai sumber daya, di samping yang ada di luar dirinya, seperti uang,material, dan waktu. Agar kerja sama itu berjalan dengan baik, maka perluada aturan.2 Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar

    mengajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu siswa, kurikulum,tenaga kependidikan, dana, prasarana dan sarana, dan faktor lingkunganlainnya. Apabila faktor tersebut bermutu, dan proses belajar bermutu padagilirannya akan menghasilkan lulusan yang bermutu pula.

    Guru merupakan salah satu pelaku dalam kegiatan sekolah. Olehkarena itu, ia dituntut untuk mengenal tempat bekerjanya itu. Pemahamantentang apa yang terjadi sekolah akan banyak membantu merekamemperlancar tugasnya sebagai pengelola langsung proses belajarmengajar. Guru perlu memahami faktor-faktor yang langsung dan tidaklangsung menunjang proses belajar mengajar.

    Prasarana dan sarana diibaratkan sebagi motor penggerak yangdapat berjalan dengan kecepatan sesuai dengan keinginan olehpenggeraknya. Begitu pula dengan pendidikan, sarana dan prasaranasangat penting karena dibutuhkan. Sarana dan prasarana pendidikandapat berguna untuk menunjang penyelenggaraan proses belajar2 Orang yang bekerja sama dalam situasi kerja sama itu berbeda dari satu tempatketempat yang lain, maka terjadi suasana yang berlainan antara satuan kerja sama yangsatu dengan yang lain (Suryosubroto 2004:27).

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    3/77

    mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam suatulembaga dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

    Prasarana dan sarana pendidikan adalah salah satu sumber dayayang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terusmenerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

    yang cukup canggih. Manajemen prasarana dan sarana sangat diperlukandalam menunjang tujuan pendidikan yang sekaligus menunjangpembangunan nasional, oleh karena itu diperlukan pengetahuan danpemahaman konseptual yang jelas agar dalam implementasinya tidaksalah arah.

    Bagi guru3, pemahaman tentang pengelolaan prasarana dansarana akan membantu memperluas wawasan tentang bagaimana iadapat berperan dalam merencanakan, menggunakan, dan mengevaluasiprasarana dan sarana yang ada sehingga prasarana dan sarana tersebutdapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan.

    3 Pemahaman tentang administrasi pengembangan kurikulum akan sangat membantudalam menerjemahkan kurikulum menjadi pengalaman belajar siswa; pemahamantentang administrasi kesiswaan akan sangat membantu mereka dalam menjalankantugas memproses siswa tersebut menjadi lulusan yang bermutu tinggi; pemahamantentang pengelolaan personel atau pegawai akan membantu upaya pengembanganpribadi dan profesionalnya; pemahaman tentang seluk-beluk administrasi keuanganakanmembantu guru dalam menetapkan prioritas pelaksanaan tugasnya, karena padaakhirnya dana untuk menunjang kegiatannya juga terbatas; pemahaman tentanghubungan sekolah dengan masyarakat akan membantu guru dalam usaha mereka dalammenjadikan sekolah bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat, sehingga terjalin kerjasama yang baik di antara keduanya (Soetjipto dan Kosasi 2004:146).

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    4/77

    Manajemen ditambah administrasi prasarana dan saranamemegang peranan penting dalam menunjang pembangunan. Dengandiberlakukan otonomi daerah berarti pemerintah memberikan kesempatankepada sekolah untuk berinisiatif dan berkarya sesuai dengankemampuan lembaga pendidikan/sekolah masing-masing termasuk dalampengembangan prasarana dan sarana. Oleh karena itu perlu adanya

    manajemen prasarana dan sarana pendidikan.

    1.2 Rumusan dan Batasan PembahasanDalam makalah ini hanya akan dibahas tentang manajemenprasarana dan sarana serta peran guru dalam mengoptimalkan prasaranadan sarana tersebut. Hal lain seperti manajemen dan administrasikurikulum, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, dan hubunganmasyarakat tidak dibahas dalam makalah ini.

    Hal ini bukan berarti melebihkan yang satu daripada yang lain ataumengunggulkan yang satu, di lain pihak menyepelekan yang lain. Tentuhal ini beralasan agar pembahasan dalam makalah ini fokus pada satu

    sisi, selain itu memberi peluang kepada khalayak untuk melengkapikekurangan (apa yang tidak dibahas) dalam makalah ini.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    5/77

    1.3 Tujuan Penulisan dan Manfaat PenulisanBerdasarkan latar belakang dan batasan pembahasan di atas,maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan sistemadministrasi prasarana dan sarana di sekolah dan merumuskan peranguru dalam mengupayakan sistem admnistrasi prasarana dan saranasekolah yang baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

    Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat dalammemberi gambaran tentang sistem administrasi prasarana dan saranasekolah. Sebagai masukan kepada pihak-pihak terkait dalam penulisan,seperti pendidik, siswa, dan pemerintah serta masyarakat pada umumnya,serta dapat menjadi referensi bagi pihak-pihak yang khususnya inginmendalami masalah yang kami angkat dalam makalah ini.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    6/77

    BAB IIADMINISTRASI DAN MANAJEMENSARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

    Secara Etimologis (bahasa) prasarana berarti alat tidak langsung

    untuk mencapai tujuan dalam pendidikan . misalnya : lokasi/tempat,bangunan sekolah, lapangan olahraga, uang dsb.

    Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuanpendidikan. Misalnya ; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dsb.

    Dengan demikian dapat di tarik suatau kesimpulan bahwaAdministrasi sarana dan prasarana pendidikan itu adalah semuakomponen yang secara langsung maupun tidak langsung menunjangjalannya proses pendidikan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan itusendiri.

    Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, saranapendididkan terdiri dari 3 kelompok besar yaitu :

    a.Bangunan dan perabot sekolahb.Alat pelajaran yang terdiri dari pembukuan , alat-alat peraga danlaboratorium.c.Media pendidikan yang dapat di kelompokkan menjadi audiovisualyang menggunakan alat penampil dan media yang tidakmenggunaakan alat penampil.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    7/77

    Secara micro (sempit) kepala sekolahlah yang bertanggung jawabatas pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang di perlukan disebuah sekolah.

    Sedangkan administrasi sarana dan prasarana itu sendirimempunyai peranan yang sangat penting bagi terlaksananya proses

    pembelajaran di sekolah serta menunjang tercapainya tujuan pendidikandi sebuah sekolah baik tujuan secara khusus maupun tujuan secaraumum. Terdapat beberapa pemahaman mengenai administrasi saranadan prasarana di antaranya adalah :

    a.Berdasarkan konsepsi lama dan modernMenurut konsepsi lama administrasi sarana dan prasarana itu diartikan sebagai sebuah sistem yang mengatur ketertiban peralatanyang ada di sekolah . Menurut konsepsi modern administrasi saranadan prasarana itu adalah suatu proses seleksi dalam penggunaansarana dan prasarana yang ada di sekolah . Guru menurut konsepsi

    lama bertugas untuk mengatur ketertiban penggunaan sarana sekolah,menurut konsepsi modern guru bertugas sebagai administrator danbertanggung jawab kepada kepala sekolah.b.Berdasarkan pandangan pendekatan operasional tertentuSeperangkat kegiatan dalam mempertahankan ketertibanpenggunaan sarana dan prasarana di sekolah melalui penggunaandi siplin (pendekatan otoriter )

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    8/77

    Seperangkat kegiatan untuk mempertahankan ketertiban saranadan prasarana sekolah dengan melalui pendekatan intimidasiSeperangkat kegiatan untuk memaksimalkan penggunaan saranadan prasarana sekolah dalam proses pembelajaran (pendekatan

    permisif)Seperangkat kegiatan untuk mengefektifkan penggunaan saranadan prasarana sekolah sesuai dengan program pembelajaran(pendekatan intruksional)Seperangkat kegiatan untuk mengembangkan sarana danprasarana sekolahSeperangkat kegiatan untuk mempertahankan keutuhan dankeamanan dari sarana dan prasarana yang ada di sekolah.Pengertian lain dari administrasi sarana dan prasarana adalah

    suatu usaha yang di arahkan untuk mewujudkan suasana belajarmengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswauntuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kelengkapansarana yang ada.

    Dengan demikian adminitrasi sarana dan prasarana itu merupakanusaha untuk mengupayakan sarana dan alat peraga yang di butuhkanpada proses pembelajaran demi lancarnya dan tercapainya tujuanpendidikan.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    9/77

    2.1PERENCANAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

    1.Hakikat Perencanaan Sarana dan Prasarana PendidikanPerencanaan dapat diartikan sebagai keseluruhan prosesperkiraan dan penetuan secara matang hal-hal yang akan

    dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaiantujuan yang telah ditentukan (Sondang P. Siagian). Menurut Roger

    A. Kauffman seperti yang dikutip oleh Nanang Fatah, perencanaanadalah proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapaidan menetapkan jalan dan sumber-sumber yang diperlukan untukmencapai tujuan itu seefisien dan seefektif mungkin.Perencanaan adalah pola perbuatan menggambarkandimuka hal-hal yang akan dikerjakan kemiduan. Dengan kata lain,planning adalah memikirkan sekarang untuk tindakan yang akandatang. Perencanaan yang dimaksud adalah merinci rancanganpembelian, pengadaan, rehabilitasi, distribusi sewa atau

    pembuatan peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengankebutuhan.

    Perencanaan saran dan prasarana dapat diartikan sebagaikeseluruhan proses perkiraan secara matang rancanganpembelian, pengadaan, rehabilitasi, distribusi sewa ataupembuatan peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengankebutuhan.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    10/77

    Perencanaan kebutuhan merupakan rincian fungsiperencanaan yang mempertimbangkan suatu faktor kebutuhanyang harus dipenuhi. Dalam menentukan kebutuhan diperlukanbeberapa data diantaranya adalah distribusi dan komposisi, jenis,jumlah, dan kondisi (kualitas) sehingga berhasil guna, tepat guna,dan berdaya guna dan kebutuhan dikaji lebih lanjut untuk

    disesuaikan dengan besaran pembiayaan dari dana yang tersedia.

    2. Tujuan Perencanaan Sarana dan Prasarana PendidikanAdalah demi menghindari terjadinya kesalahan dankegagalan yang tidak diinginkan dan untuk meningkatkanefektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaannya. Perencanaanpengadaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukanberdasarkan analisis kebutuhan dan penentuan skala prioritaskegiatan untuk dilaksanakan yang disesuaikan dengan tersedianyadana dan tingkat kepentingan.

    3. Manfaat Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

    Manfaat perencanaan yaitu dapat membantu dalammenentukan tujuan, meletakkan dasar-dasar dan menetapkanlangkah-langkah, menghilangkan ketidakpastian, dapat dijadikansebagai suatu pedoman atau dasar untuk melakukan pengawasan,pengendalian dan bahkan juga penilaian agar nantinya kegiatanberjalan dengan efektif dan efisien.

    4. Karakteristik Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    11/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    12/77

    (How)Bagaimana cara melaksanakan kegiatan ke arahtercapainya tujuan?Yang diackup oleh pertanyaan ini menyangkut sistemkerja, standar yang harus dipenuhi, cara pembuatandan penyampaian laporan, cara menyimpan dan

    mengolah dokumen-dokumen yang timbul sebagaiakhir pelaksanaan.

    (Who)Pertanyaan siapa? Berarti diketemukannya jawabantentang personalia, tentang pembagian tugas,wewenang dan tanggung jawab.

    (Why)Secara filosofis, pertanyaan yang terpenting diantararangkaian pertanyaan ini ialah Mengapa karenapertanyaan ini ditujukan kepada kelima pertanyaan

    yang mendahuluinya.

    6.Persyaratan yang harus diperhatikan dalam Perencanaan Saranadan Prasarana Pendidikana.Perencanaan pengadaan barang harus dipandang sebagaibagian integral dari usaha peningkatan kulaitas proses belajarmengajar.b.Perencanaan harus jelas. Kejelasan suatu rencana dapat dilihatpada :1) Tujuan dan sasaran atau target yang harus dicapai.

    2) Jenis dan bentuk tindakan/kegiatan yang akan dilaksanakan.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    13/77

    3) Petugas pelaksanaan, misal guru, karyawan.

    4) Bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

    5) Kapan dan dimana kegiatan dilaksanakan.

    6) Dapat dilaksanakan dengan jelas, terprogram, sistematis,

    sederhana, luwes, fleksibel.

    c.Rencana harus sistematis dan terpadu.d.Rencana harus menunjukkan unsur-unsur insani yang baikataupun non-insani sebagai komponen yang berhubungan satusama lainnya bekerja sama mencapai tujuan, target, kesesuaianyang telah ditetapkan sebelumnya.e.

    Memiliki struktur berdasarkan analisis.f.Berdasarkan atas kesepakatan dan keputusan bersama pihakperencana.g.Fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan keadaan, perubahansituasi dan kondisi yang tidak disangka-sangka.h.Dapat dilaksanakan dan berkelanjutan.i.Menunjukkan skala prioritas.j.Mengadakan sarana pendidikan yang disesusaikan dengan

    plafon anggaran.k.Mengacu dan berpedoman pada kebutuhan dan tujuan yanglogis.l.Dapat dilaksanakan pada jangka pendek (1 tahun), jangkamenengah (4-5 tahun), jangka panjang (10-15 tahun).

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    14/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    15/77

    b) Mengadakan survei tentang adanya fasilitas sekolahseperti: jalan, listrik, air, telepon, transportasi, dansebagainya.

    c) Mengadakan survei harga tanah.d) Menyusun rencana anggaran biaya bangunan.

    2) Bangunana) Menyusun rencana bangunan yang akan didirikanberdasarkan analisis kebutuhan secara lengkap dan teliti.

    b) Mengadakan survei terhadap tanah dimana bangunanakan didirikan, hal luasnya, kondisi, situasi, status,perizinan, dan sebagainya.

    c) Menyusun rencana kontruksi dan arsitektur bangunansesuai pesanan.d) Menyusun rencana anggaran biaya sesuai dengan hargastandar.

    e) Menyusun pertahapan rencana anggaran secara teknikdan memperhatikan skala prioritas yang telah ditetapkanberdasarkan kebijakan pemerintah.

    9. Master plan fisik sekolah berfungsiMaster plan fisik sekolah berfungsi untuk mengendalikanperencanaan dan pembangunan fisik komplek sekolah. Master plansangat bermanfaat bagi pengadaan bangunan sekolah yangpelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Di dalam master plan

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    16/77

    perlu disebutkan informasi mengenai jenis bangunan yang sudahada dan direncanakan pengembangannya. Di dalam master planfisik sekolah hendaknya dicantumkan informasi, antara lain:

    a.Pagar betis setapak

    b.Garis sepadan bangunanc.Pintu gerbang sekolahd.Papan nama sekolahe.Denah keseluruhan ruangf.Selasar penghubung antar ruang dan bangunang.Jalan setapak, jalan dan parkirkendaraan di dalam komplek

    h.Lapangan olahraga dan lapangan upacarai.Tiang benderaj.Pertamanank.Sistem jaringan listrikl.Sistem jaringan air bersih, air kotor/limbah, air hujanm. Terletak di daerah pemukimann.Adanya sumber daya manusia (siswa)

    o.Mudah dicapai dari jarak dan kondisi pencapaian maupuntransportasip.Adanya jalan masuk dan jalan raya/sungai ke lokasiq.Memiliki sumber air bersihr.Terjangkau jaringan listriks.Bebas dari gangguan bencana alam, keramaian, bau.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    17/77

    10.Perencanaan, pemeliharaan, dan pengembanganDalam menghadapi tugas ini disarankan menempuhlangkah-langkah sebagai berikut:

    a.Masalah dasar-dasar pengajaran dan penentuan jenis program

    pengajaran dan perencanaan fasilitas bangunannya.b.Membentuk panitia untuk mempelajari kebutuhan-kebutuhankhusus yang bertalian dengan bangunan dan perlengkapanyang diusulkan.c.Mengatur kunjungan sekolah-sekolah yang dipergunakansebagai contoh.d.Mempelajari gambar-gambar contoh bangunan sekolah danperlengkapannya.Ada beberapa aspek yang bertalian dengan perencanaan

    dan pemeliaharaan bangunan sekolah dan perlengkapan:

    a.Perluasan bangunan yang sudah adab.Rencana rehabilitasic.Meningkatkan mutu keindahan ruang belajard.Memilih perabot dan perlengkapane.Memperhatikan kondisi sanitasif.

    Perencanaan tempat penyimpanan slst-slstg.Mengatur dan memelihara ruang belajar

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    18/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    19/77

    kepada guru-guru yang bersangkutan dan menginventarisasikanalat/sarana tersebut pada akhir tahun pelajaran.

    Guru-guru dan para orang tua murid juga diikutsertakandalam melakukan perencanaan mengenai penambahanpenambahandan perombakan bangunan yang sudah ada atau

    merencanakan bangunan baru dan saran-saran yang merekakemukakan ditampung dan dipertimbangkan. Apabila ada hal yangdiperlukan untuk dapat disampaikan sebagai rekomendasi yangtepat dan masuk akal dapat disampaikan kepada pemerintahmaupun kepada masyarakat.

    Sebagai pelaksana tugas pendidikan, guru mempunyai andildalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Dalam hal ini,guru lebih banyak berhubungan dengan sarana penajaran yaitu alatperaga, alat pelajaran, dan media pengajaran lainnya. Perananguru tidak hanya dalam perencanaan pendidikan tetapi dimulai dariperencanaan, pemanfaatan, pemeliharaan, serta pengawasan

    penggunaan sarana dan prasarana. Keterlibatan guru dalamperencanaan karena semua barang yang digunakan dalamprosesbelajar mengajar disesuaikan dengan rancangan kegiatan belajarmengajar.

    2.2PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

    1. Hakikat pengadaan sarana dan prasarana pendidikan

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    20/77

    Pengadaan adalah segala kegiatan untuk menyediakan

    semua keperluan barang bagi keperluan pelaksanaan tugas untuk

    mencapai tujuan pendidikan. Dalam pengadaan barang

    sebenarnya tidak terlepas dari perencanaan pengadaan yang telah

    dibuat sebelumnya baik mengenai jumlah maupun jenisnya.

    Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan adalah keseluruhan

    kegiatan yang dilakukan dengan cara menghadirkan atau dari tidak

    ada menjadi ada sarana dan prasarana pendidikan berdasarkan

    hasil perencanaan.

    Dalam konteks persekolahan, pengadaan merupakan segalakegiatan yang dilakukan dengan cara menyediakan semuakeperluan barang atau jasa berdasarkan hasil dari perencanaan,yakni untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar berjalansecara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

    Persediaan yang kurang dan tidak memadai akanmenghambat proses belajar mengajar. Demikian pulaadministrasinya apabila tidak ditangani secara profesional akanmengurangi kegunaan alat-alat dan perlengkapan pengajaran itu.Pengadaan sarana dan prasarana di suatu sekolah haruslahdisesuaikan dengan kebutuhan anak didik serta kegunaan danmempertimbangkan hasilnya di masa-masa mendatang.

    2. Fungsi pengadaan

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    21/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    22/77

    Pengadaan barang di sekolah umumnya melalui

    prosedur yang meliputi:

    1)Menganalisis kebutuhan dan fungsi barang

    2)Mengklasifikasikan

    3)Membuat proposal pengadaan barang yang ditunjukkan

    kepada pemerintah bagi sekolah negeri dan pihak yayasanbagi sekolah swasta.4) Bila disetujui maka akan ditinjau dan dinilai kelayakannyauntuk mendapat persetujuan dari pihak yang dituju.

    5)Setelah dikunjungi dan disetujui maka barang akan dikirimke sekolah yang mengajukan permohonan pengadaanbarang tersebut.

    c.Tanggung jawab kepala sekolah dan guru dalam pengadaansarana dan prasarana pendidikanJenis sarana yang disediakan di sekolah dan cara-carapengadministrasiannya mempunyai pengaruh besar terhadapprogram pembelajaran. Tanggung jawab kepala sekolahberkaitan dengan pengadaan sarana dan prasarana,penyimpanan, pemeliaharaan, dan pendistribusian. Sebagai

    pelaksana tugas pendidikan, guru mempunyai andil dalampengadaan sarana pendidikan mengingat bahwa guru lebihbanyak berhubungan dengan sarana pengajaran. Pengadaanbarang kadang memerlukan keterlibatan guru karena semua

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    23/77

    barang yang dipergunakan dalam pembelajaran harus sesuaidengan rancangan kegiatan belajar mengajar dan gurulah yangmengetahui prioritas pengadaan barang yang dibutuhkan.Pengadaan barang yang menuntut keterlibatan dan mediapengajaran.

    5. Pengadaan tanahPengadaan tanah dapat dilakukan oleh pemerintah danswasta, baik untuk pengadaan instansi/kantor maupun sekolah.Untuk pengadaan tanah bagi instansi pemerintah perlu mengikutitata cara yang berlaku.

    Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelumnya melakukanpengadaan tanah adalah :

    a.Menyusun rencana pengadaan tanah yang lokasi dan luasnyasesuai dengan keperluan.

    b.Mengadakan survey untuk menentukan lokasi tanah yang baiksesuai dengan maksud serta memperhatikan perencanaan tatabangunan.c.Mengadakan survei terhadap adanya sarana jalan, listrik,telepon, air, dan alat pengangkutan.d.Mengadakan survei harga tanah di lokasi yang telah ditentukanuntuk bahan pengajuan rencana anggaran dari hasil survei.e.Mengajukan rencana anggaran kepada kantor denganmelampirkan data yang disusun.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    24/77

    a. Tata cara pembelian tanahUntuk membeli tanah bagi instansi pemerintah perlu

    mengikuti tata cara yang berlaku, yaitu:

    1) Penyelesaian pembelian tanah yang terdiri dari beberapa

    kegiatan penting

    2) Menyusun panitia pembelian yang beranggotakan pejabat

    fungsional dari Depdiknas, Pemda, Dinas Agraria dan Dinas

    PU

    3) Menetapkan tugas-tugas panitia antara lain:

    a) Menetapkan kriteria/syarat (lokasi, luas, dan lain-lain)

    b) Meneliti surat-surat tanah yang akan dibeli

    c) Memperoleh penawaran harga

    d) Memperhatikan perencanaan tata kota

    e) Mendapat syarat bukti pembebasan tanah

    f) Menyaksikan pembayaran langsung kepada pembelinya

    4) Memeperhatikan persyaratan bagi tanah yang akan dibeli:

    a) Daerah bebas banjir ataupun malapetaka lainnya

    b) Terletak daerah yang terjangkau

    c) Tidak akan tergusur

    d) Terjangkau fasilitas listrik, telepon, air

    e) Harga terjangkau

    5) Mencari tanah yang akan dibeli dengan observasi6) Melakukan pembebasan tanah yang akan dibeli dengan cara

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    25/77

    a) Membentuk panitia pembebasan tanah yang terdiri dari 7instansi (Agraria, Pemda, Ipeda, Ireda, P.U., Camat,Kepala Desa, Depdiknas).

    b) Adanya pemberian honorarium sesuai dengan ketentuanc) Melakukan pembayaran dan penadatanganan Akta Jual

    beli Tanah di depan Notaris/PPAT.

    d) Melakukan pembayaran dan penandatanganan akte jualbeli yang dilakukan lewat kantor Perbendaharaan Negara(KPN).

    e) Mengurus sertifikat.

    b. Tata cara penerimaan hibahHal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukanhibah (penghibahan), yaitu:1) Status barang yang akan dihibahkan

    2) Wewenang penghibahan3) Spesifikasi barang dan cara menerima hibah tanah, yaitu:

    Tanah yang diterima secara hibah dapat berasal daripemerintah atau pihak swasta melalui proses penyerahanatau akta serah terima hibah yang dibuat oleh Notaris/PPATatau camat setempat, apabila telah selesai pembuatannyamaka dapat diproses lebih lanjut menjadi sertifikat.

    c. Tata cara menerima hak pakai

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    26/77

    Penukaran tanah dari suatu pihak atas dasar hak pakai harusdisertai dokumen serah terima dari pihak yang memberikan hakpakai. Penerimaan hak pakai dari pemerintah harus disertaisurat keputusan dari pemerintah yang bersangkutan serta beritaacara serah terima dari pihak swasta yang bersangkutan dandiketahui oleh pejabat setempat serendahnya camat.

    d.Tata cara penukaran tanahPenukaran tanah dapat terjadi antara satu pihak dengan pihaklain yang memerlukan izin terlebih dahulu dari pihak yangmengurus tata cara penukaran tanah dan seizin MenteriKeuangan dan sesuai Keppres tentang pelaksanaan APBN.Tanah berikut bangunan yang tidak memenuhi fungsinya dapatdiusulkan untuk ditukarkan dengan tanah/bangunan milik pihaklain yang sudah jadi atau masih akan dibangun di lokasi lain.Usul tersebut diajukan kepada pihak terkait dengan dilampiri:1) Alasan penukaran

    2) Penaksiran sementara harga tanah/bangunan baru3) Surat-surat pemilikan tanah/bangunan lama4) Gambar situasi/denah dari tanah/bangunan lama dan baruMembentuk panitia penaksir untuk menetapkanpenaksiran harga tanah/bangunan yang lama dan baru. Apabilapenaksiran harga itu sudah disepakati maka selanjutnyadiselesaikan surat perjanjian penukaran di depan Notaris/PPAT.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    27/77

    Penyerahan tanah/bangunan lama baru dilakukan setelahtanah/bangunan penggantinya dapat diterima dengan baik olehpihak yang bersangkutan. Akibat penukaran harusmenguntungkan negara/pemerintah. Selanjutnya penyelesaianbalik nama sertifikat tanah dan diselesaikan pula penghapusantanah lama dari daftar inventaris dengan surat keputusan

    lembaga yang bersangkutan yaitu Mendiknas.

    6.Pengadaan bangunanFaktor-faktor dalam pengadaan bangunan adalah:a.Lokasi bangunan hendaknya sesuai dengan tujuan organisasiyang bersangkutanb.Perkembangan bangunan di masa mendatangc.Perkembangan wilayah sekitarnya di masa mendatang

    d.Struktur dan tata ruang7.Pengadaan perabotPerabot adalah barang-barang yang berfungsi sebagaitempat duduk, menulis, istirahat, tempat menyimpan alat-alatseperti meja, kursi, lemari, rak, filoling, dan sebagainya. Saranayang dapat dipindahkan dan dipergunakan secara tidak langsungdalam kegiatan belajar mengajar, contoh meja, kursi, lemari, rak,papan tulis, dan sebagainya.Dalam pengadaan perabot sekolah, harus mempertimbangkansegi:

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    28/77

    a.AntropometriPerabot telah memperhitungkan tinggi badan atau ukuranpenggal-penggal tubuh pemakai.b.Ergonomi

    Perabot dengan memperhatikan segi kenyamanan, kesehatan,dan keamanan pemakai.c.EstetikaPerabot menyenangkan untuk dipakai karena bentuk danwarnanya menarik.d.EkonomisPerabot bukan hanya berkaitan dengan harganya tetapimerupakan transformasi wujud efisiensi dan efektivitas dalampengadaan dan pendayagunaannya.Contoh: Format Daftar Usul Pengadaan Barang

    No. Nama Barang Jumlah yang Diperlukan Keterangan /Alasan Angka Huruf1 Komputer 22 Lemari kepala sekolah 33 Mesin ketik 24 Meja kepala sekolah 15 Lemari guru 126 Bangku murid 4867 Papan tulis kelas 88 Papan absen 89 Meja guru 810 Bangku guru 8

    11 Filling kabinet 2

    Tata cara yang dapat dilakukan dalam pengadaan perabot, antaralain:

    a.Pembelian

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    29/77

    Agar pembelian barang dapat dilaksanakan sesuai dengankebutuhan dan dapat dipertanggungjawabkan maka perluadanya suatu pedoman, yaitu meliputi:1) Rencana kebutuhan telah disetujui berdasarkan penelitian

    dan hitungan yang mendalam.

    2) Peraturan tentang pembelian, baik pembelian langsungmaupun oleh tim pembelian.

    3) Perabot yang akan dibeli dapat berbentuk yang sudah jadiataupun belum jadi.

    4) Tentang pembelian perabot yang sudah jadi, kepalasekolah/proyek perlu membuat rencana kebutuhan sesuaidengan syarat yang diperlukan.

    5)

    Pembelian perabot dapat dilakukan dengan lelang,penunjukkan langsung dan penawaran.

    b.Membuat sendiriPengadaan perabot dengan membuat sendiri hanya berlakubagi lembaga pendidikan dalam rangka praktik, dan dapatdilaksanakan sesuai dengan kemampuan: biaya yang tersedia,tenaga ahli yang diperlukan, peralatan yang dibutuhkan,pelaksanaan tugas yang dibebankan.c.Penerimaan bantuanMenerima bantuan dilaksanakan atas perjanjian dan

    persetujuan dari kedua belah pihak dan bantuan itu dapat

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    30/77

    berasal dari lembaga pemerintah, swasta, maupun perorangan.Pengadaan perabot dengan cara menerima bantuandiantaranya:1) Instansi pemerintah di luar Depdiknas2) Badan swasta3) Masyarakat

    4) Perorangan5) Proses pelaksanaan penerimaan bantuan diselenggarakan

    atas perjanjian dan persetujuan kedua belah pihak.

    Contoh : Daftar Perabot/Pembelian Perabot

    No.TanggalDariNamaBarang

    Banyaknya HargaDipakaiTanggalMulaiUntukKet. Terima Beli

    8.Pengadaan alat kantor/pendidikana.Tujuan pembakuan perabot sekolahAgar dalam perancangan dan pengadaan perabot sekolahmempunyai keragaman jenis, ukuran, maupun pemilihan bahan

    yang tepat sehingga menghasilkan perabot yang sesuai denganfungsi kegunaan, konstruksi, maupun kualitas serta memenuhisyarat-syarat kesehatan.b.Dasar-dasar pembakuan perabot sekolah

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    31/77

    Kurikulum merupakan salah satu faktor yang digunakan sebagaidasar dalam menentukan pembakuan perabot sekolah sehinggadapat ditentukan jenis ruang dan kegiatan apa saja yangdilaksanakan pada ruang tersebut.Pertimbangan lain yang dipakai adalah kebijaksanaanpengelolaan sekolah, struktur organisasi kerja dan peraturanperaturan

    yang relevan dengan pembangunan fisik sekolah.Jenis perabot tiap ruang dapat ditentukan jenis, jumlah, ukuran,persyaratan, dan spesifikasi perabot sekolah dengan analisissebagai berikut:Jenis perabot tiap ruang ditentukan apabila kita telahmengetahui kegiatan yang telah dilakukan di tiap ruangtersebut, fungsi kegunaan perabot dan oleh siapa perabottersebut digunakan. Untuk menghindari adanya jenis perabotyang terlalu banyak, maka diusahakan agar dapatmerencanakan jenis perabot yang dapat digunakan untukbermacam-macam fungsi sehingga dapat menghemat ruangmaupun biaya.

    c.Penentuan jumlah perabotPenentuan jumlah perabot tiap jenis ruang tergantung pada:1) Jenis kegiatan yang dilakukan dalam ruang yangbersangkutan selama waktu yang ditentukan.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    32/77

    2) Jamulah pemakai perabot untuk satu ruang dalam waktuyang bersamaan, khususnya ruang belajar tergantung darijumlah siswa dalam satu kelompok belajar dan juga metodeyang digunakan dalam proses belajar.

    3) Jenis dan jumlah alat peraga/praktik yang digunakan dalam

    ruang yang bersangkutan.4) Luas ruang yang bersangkutan.5) Dasar pertimbangan yang terebut pada butir a dan b

    mempunyai ketergantungan satu sama lainnya sehinggatimbul beberapa alternatif untuk dapat ditentukan alternatifyang paling sesuai, luwes dalam pengaturan dan ekonomisdalam pengadaannya.

    9. Pengadaan alat kantor/pendidikanAlat kantor adalah alat-alat yang digunakan di kantor seperti

    mesin tulis, mesin hitung, mesin stensil, alat-alat pembersih, dansebagainya. Alat pendidikan adalah alat-alat yang secarafungsional digunakan dalam proses belajar mengajar. Alatpendidikan adalah salah satu sarana pendidikan yang sangatpenting karena tanpa alat akan menyulitkan siswa untuk dapatmencapai tujuan pembelajaran.

    10.Pengadaan buku

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    33/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    34/77

    1.Hakikat penyimpanan sarana dan prasaranaPenyimpanan adalah kegiatan yang dilakukan untukmenampung hasil pengadaan dan umumnya barang tersebutadalah milik negara pada wadah/tempat yang telah disediakan.Penyimpanan sarana dan prasarana pendidikan adalah kegiatan

    menyimpan suatu barang baik berupa perabot, alat tulis kantor,surat-surat maupun barang elektronik dalam keadaan baru ataupunsudah rusak yang dapat dilakukan oleh seorang beberapa orangyang ditunjuk atau ditugaskan pada lembaga pendidikan. Aspekyang perlu diperhatikan dalam penyimpanan adalah aspek fisik danaspek administratif. Aspek fisik dalam penyimpanan adalah wadahyang diperlukan untuk menampung barang milik negara berasaldari pengadaan. Aspek ini biasa disebut gudang, yang dapatdibedakan menjadi:

    a.Gudang pusat, yaitu gudang yang diperlukan untuk menampung

    barang hasil pengadaan yang terletak pada unit. Biasanyagudang pusat juga digunakan untuk menyimpan barang yangakan dijadikan stok/persediaan.b.Gudang penyalur, yaitu gudang yang digunakan untukmenyimpan barang sementara sebelum disalurkan ke unit atausatuan kerja yang membutuhkan.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    35/77

    c.Gudang transit, yaitu gudang yang digunakan untuk menyimpanbarang sementara sebelum disalurkan ke unit atau satuan kerjayang membutuhkan.d.Gudang pemakai, yaitu gudang yang digunakan untuk

    meyimpan barang-barang yang akan dan telah digunakandalam pelaksanaan kegiatan.Aspek administratif adalah hal-hal yang diperlukan untukmendukung pelaksanaan kegiatan dalam penyimpanan seperti:bendaharawan kepala gudang, urusan tata usaha, urusanpenerimaan, urusan penyimpanan, dan pemeliharaan, urusanpengeluaran.

    Struktur organisasi penyimpanan.

    BendaharawanKepala

    Urusan Tata UsahaUrusan Penerima Urusan Penyimpandan PemeliharaanUrusanPengeluaran2.Prosedur dan tata cara penyimpanan baranga.Penerimaan, hal-hal yang dilakukan dalam penerimaan barangantara lain:

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    36/77

    1) Menerima pemberitahuan pengiriman barang dari pihakyang menerima barang.

    2) Mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalampenerimaan dan pemeriksaan barang.

    3) Memeriksa barang yang diterima baik fisik maupunkelengkapan administrasi seperti surat kepemilikan.

    4) Membuat berita acara penerimaan dan hasil pemeriksaanbarang.

    b.Penyimpanan barang dan kegiatan-kegiatan yang dilakukandalam hal ini adalah:1) Meneliti barang-barang yang akan disimpan2) Menyiapkan barang-barang tersebut berdasarkanpengelompokkan-pengelompokkan tertentu/harga

    3) Mencatat barang tersebut ke dalam buku penerimaan, kartubarang dan kartu stok.4) Membuat denah lokasi barang-barang yang disimpan agardapat dikeluarkan secara tepat.5) Pengeluaran barang dilakukan berdasarkan surat perintahmengeluarkan barang (SPMB).

    c.Penyimpanan sarana dapat dikatakan suatu kegiatan simpanmenyimpan suatu barang baik berupa perabot, alat tulis kantor,surat-surat maupun barang elektronik dalam keadaan baru

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    37/77

    maupun rusak dapat dilakukan oleh seorang beberapa orangyang ditunjuk pada suatu sekolah.

    d. Penyimpanan barang dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatansebagai beikut:1) Barang-barang yang sudah diterima, dicatat, digudangkan,

    diatur, dirawat, dan dijaga secara tertib, rapi dan aman.2) Menyelenggarakan administrasi penyimpanan danpenggunaan atas semua barang yang ada dalam ruang ataugudang.3) Secara berkala atau insidental diadakan pengontrolan danperhitungan barang persediaan agar diketahui apakahmemenuhi kebutuhan.

    4) Laporantentang keadaan penyimpanan dibuat sesuaidengan ketentuan yang berlaku.

    e.Kegiatan penyimpanan meliputi menerima, menyimpan, danmengeluarkan barang di gudang. Gudang dibedakan menurutbentuknya menjadi:1) Gudang terbuka adalah gudang yang tidak berdinding dantidak beratap, tetapi berlantai dan harus dikeraskan sesuaidengan berat barang-barang yang akan disimpan.2) Gudang tertutup adalah gudang berdinding dan beratapyang konstruksinya disesuaikan dengan fungsi gudang itu.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    38/77

    f.Dalam mengatur penyimpanan barang hendaknya diperhatikansifat-sifat barang sehingga niloai guna barang tidak susutsebelum barang itu dipakai.3.Prinsip penyimpanan

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpananbarang dengan menggunakan prinsip 5W+1H, yaitu:

    a.What: apa saja barang yang disimpan?Jenis barang disimpan adalah barang-barang yang terbuat dari:1) Kertas2) Kayu3) Plastik4) Besi5) Lain-lain, misalnya alat tulis seperti pensil, pulpen, spidol,penghapus, penggaris, globe, alat peraga matematika, dan

    sebagainya.

    b.Why: mengapa barang-barang perlu disimpan?Hal ini berkaitan dengan tujuan penyimpanan, yaitu:1) Memelihara agar barang-barang yang disimpan tidak cepatrusak.2) Dapat digunakan dengan cepat dan mudah jika diperlukan.3) Menjaga kebersihan barang dari debu dan kotoran.4) Menjaga keamanan barang dari kehilangan.

    c.Where: dimana barang-barang harus disimpan?

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    39/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    40/77

    3)Barang yang mudah rusak dimasukan ke dalam pelindung(lemari).

    4) Barang-barang yang kecil seperti barang ATK disimpandalam sebuah wadah yang mudah dijangkau dan ditemukan.

    5) Barang-barang yang besar ditempatkan dengan aman dannyaman.

    6) Barang elektronik sebaiknya disimpan di ruangan yang lebihaman seperti besi teralis.

    7) Barang yang terbuat dari kertas diusahakan jauh dari tempatbasah, lembab, dan air.

    8) Barang yang disimpan dalam lemari sebaiknya sering dibukauntuk menghindari penjamuran bila lembab.

    9) Semua alat-alat dan perlengkapan harus disimpan di tempatyang bebas dari faktor perusak seperti panas, lembab, danlapuk.

    10)Mudah ditemukan bila sewaktu-waktu diperlukan.

    11)Semua penyimpanan harus diadministrasikan menurutketentuan bahwa persediaan lama harus lebih duludigunakan (metode FIFO).

    12)Harus diadakan inventarisasi secara berkala.

    13) Sebaiknya dilakukan kontrol atau service terhadapbarang-barang tertentu agar tidak mudah rusak.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    41/77

    14)Laporan tentang keadaan penyimpanan dibuat sesuaidengan ketentuan yang berlaku.

    4.Tugas dan tanggung jawab dalam penyimpanan danpendistribusian

    Tanggung jawab untuk pelaksanaan yang tepat untukpenyimpanan harus dirumuskan secara terperinci dan dipahamidengan jelas oleh semua pihak yang berkepentingan.Pendistribusian perlatan dan perlengkapan pengajaran harusberada dalam tanggung jawab salah satu anggota staf yangditunjuk karena pelaksanaan tanggung jawab ini hanya bersifatketatausahaan, maka kurang tepat jika kepala sekolah atau gurusendiri yang langsung melaksanakannya, yang paling tepat adalahpegawai tata usaha.

    Administrasi peralatan dan perlengkapan pengajaran harussenantiasa ditinjau dari segi pelayanan untuk turut memperlancar

    pelaksanaan program pengajaran. Kondisi di atas akan terpenuhijika administrator mengikutsertakan semua guru dalamperencanaan seleksi distribusi dan penggunaan, penyimpanan,serta pengawasan peralatan dan perlengkapan pengajaran yangsemuanya mendorong mereka untuk memikirkan proses palingtepat dalam melayani kebutuhan-kebutuhan mereka.

    2.4INVENTARIS SARANA PENDIDIKAN

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    42/77

    1.Pengertian inventanrisasiInventarisasi adalah kegiatan melaksanakan pengurusanpenyelenggaraan, pengaturan, dan pencatatan barang-barang,menyusun daftar barang yang menjadi milik sekolah yangbersangkutan ke dalam suatu daftar inventaris barang secara

    teratur dan menurut ketentuan yang berlaku.

    2.Tujuan inventarisasia.Tujuan umumInventarisasi dilakukan dalam rangka usaha penyempurnaanpengurusan dan pengawasan yang efektif terhadap barangbarangmilik negara atau swasta.b.Tujuan khusus1) Untuk menjaga dan menciptakan tertib administrasi barang

    milik negara yang dimiliki oleh suatu organisasi.2) Untuk menghemat keuangan negara baik dalam pengadaanmaupun pemeliharaan dan penghapusan barang.3) Bahan/pedoman untuk menghitung kekayaan negara dalambentuk materiil yang dapat dinilai dengan uang.4) Untuk memudahkan pengawasan dan pengendalian barang.

    3.Fungsi inventarisasiInventarisasi juga memberikan masukan yang sangatberharga, analisis kebutuhan, pengadaan, penyimpanan,pengeluaran, pemeliharaan, rehabilitasi, dan penghapusan. Daftar

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    43/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    44/77

    1)Buku induk barang inventaris yaitu buku yang digunakanuntuk mencatat semua data barang inventaris yang dimilikinegara berdasarkan urutan tanggal penerimaan barangdengan berpedoman pada ketentuan dan aturan yangberlaku.

    2)Buku golongan barang inventaris yaitu buku pembantu yangdigunakan untuk mencatat barang-barang inventarismenurut golongan barang sesuai dengan klasifikasi dansandi yang telah ditetapkan.

    3)Buku catatan barang non inventaris yaitu buku yangdigunakan untuk mencatat semua barang non inventarisatau barang habis pakai pada suatu organisasi berdasarkanpenggolongan yang telah ditetapkan.

    c.Daftar catatan yang lengkap, teratur, dan berkelanjutan dapatmembantu sekolah dalam melaksanakan:1) Pendaftaran, pengendalian, dan pengawasan barang.2) Pemanfaatan setiap barang secara maksimal sesuai dengantujuan dan fungsi masing-masing.3) Tertib administrasi dan tertib barang.4) Menunjang pelaksanakan penyelenggarakan pendidikan.

    d.Dalam usaha tertib administrasi pengelolaan barang di sekolah,diperlukan pencatatan dengan menggunakan kartu buku

    sebagai berikut:

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    45/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    46/77

    Pemeliharaan adalah kegiatan pengurusan dan pengaturanagar semua barang selalu dalam keadaan baik dan siap untukdigunakan secara berdaya guna dan berhasil guna. Pemeliharaanmerupakan kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakansuatu barang sehingga barang tersebut kondisinya baik dan siapdigunakan. Pemeliaharaan mencakup segala daya upaya yang

    terus menerus untuk mengusahakan agar barang tersebut dalamkeadaan baik. Pemeliharaan yang bersifat khusus harus dilakukanoleh petugas yang mempunyai keahlian sesuai dengan jenisbarang yang dimaksud.

    2.Tujuan dan manfaat pemeliharaana.Tujuan pemeliharaan:1) Untuk memperpanjang usia kegunaan aset.2) Untuk menjamin ketersediaan optimum peralatan yangdipasang untuk produksi atau jasa.

    3) Untuk menjamin kesiapan operasional daru seluruhperalatan yang diperlukan dalam keadaan darurat setiapwaktu.

    4) Untuk menjamin keselamatan orang yang menggunakannya.

    b.Manfaat pemeliharaan1) Manfaat bagi negara:

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    47/77

    a) Jika perlatan terpelihara baik umumnya akan awet yangberarti tidak perlu mengadakan penggantian dalam waktuyang singkat.

    b)Pemeliharaan yang baik mengakibatkan jarang terjadi

    kerusakan yang berarti biaya perbaikan dapat ditekanseminim mungkin.

    c) Dengan adanya pemeliharaan yang baik, akan lebihterkontrol sehingga menghindari kehilangan.d) Dengan adanya pemeliharaan yang baik akan dilihat dandipandang.e) Pemeliharaan yang baik memberikan hasil pekerjaanyang baik.2) Manfaat bagi pegawai yaitu memudahkan pekerjaan yangdibebankan kepadanya.

    c.Macam-macam pemeliharaan1) Pemeliharaan darurat adalah pemeliharaan yang tidakterencana karena mengabaikan pemeliharaan pencegahan.2) Pemeliharaan korektif dimana dilakukan sesuai dengan usiabarang.3) Pemeliharaan pencegahan/terencana.4) Perawatan yang dilakukan secara berkala atau terus

    menerus.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    48/77

    5)Penggantian ringan yang dilakukan karena adanyakerusakan kecil.

    3.Proses pemeliharaan

    Pemeliharaan dilakukan khusus terhadap barang inventarisyang sedang dalam pemakaian tanpa mengubah atau mengurangibentuk kontruksi asli.Pemeliharaan dibagi menjadi:

    a.Berdasarkan kurun waktu:1)Pemeliharaan harianPemeliharaan ini dapat dilakukan setiap hari. Dilaksanakanoleh pegawai yang menggunakan barang tersebut danbertanggung jawab atas barang itu.

    2) Pemeliharaan berkalaPemeliharaan ini dapat dilakukan secara berkala atau dalamjangka waktu tertentu sesuai petunjuk penggunaan.

    b.Umur penggunaan barang pada instansi dapat dilihat dari duaaspek:1) Usia barang secara fisikSetiap barang terutama barang elektronik atau mesinmempunyai batas waktu tertentu dalam penggunaannya.

    2) Usia barang secara administratif

    Dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari jarang ditemuibarang yang keadaanya secara fisik telah 0%, sebabkalau

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    49/77

    terjadi hal yang demikian jelas telah mengganggukelancaran kegiatan dalam organisasi, oleh karena itubiasanya barang dalam kondisi yang kapasitasnya lebihkurang dari 50% sudah diusulkan untuk dihapuskan karenahanya akan mempersempit ruangan saja dan biayaperawatannya juga akan lebih besar.

    3) Pemeliharaan dalam aspek hukumDitujukan untuk memperjelas kepemlikian barang sehinggatidak dapat diganggu oleh pihak lain. Pemeliharaan ini dapatberbentuk:a) Pengurusan sertifikat kepemilikan tanahb) Surat izin mendirikan dan penggunaan bangunanc) Pengurusan STNK dan BPKB pada kendaraan bermotor

    dan surat-surat lainnya.

    c.

    Pemeliharaan dari segi penggunaanBarang yang digunakan harus sesuai dengan fungsinyasehingga dapat mengurangi kerusakan pada barang tersebut.Penggunaan barang umumnya dibedakan menjadi dua hal,yaitu memperlakukan dan menjalankan. Istilah-istilah ini dalamkegiatan sehari-hari kadang kala dicampuradukkanpengertiannya karena dalam kenyataannya alat-alat yang tidakpernah dijalankan tetapi digunakan seperti penggaris, papantulis, pensil, dan lain-lain. Menggunakan adalah pengertian

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    50/77

    secara umum untuk memanfaatkan suatu barang,memperlakukan adalah pengertian secara khusus dalammenerapkan suatu metode untuk menggunakan barang secaralangsung atau tidak yang dipengaruhi oleh selera pribadipemakai barang. Sedangkan menjalankan adalah pengertiansecara khusus yang diterapkan pada barang yang struktur

    intern fisiknya ada yang bergerak atau barang itu seluruhnyabergerak.

    d.Pemeliharaan menurut keadaan barangPemeliharaan yang dilakukan menurut keadaan barangdilakukan terhadap barang habis pakai dan barang tak habispakai.4.Penggolongan pekerjaan pemeliharaanPekerjaan pemeliharaan dapat dibedakan menjadi:a.

    Perawatan terus menerus1) Pembersihan saluran drainase dari sampah dan kotoran2) Pembersihan ruangan-ruangan dan halaman dari sampahdan kotoran3) Pembersihan terhadap kaca, jendela, kursi, meja, lemari,

    dan lain-lain.

    4) Pembabatan rumput dan tanaman semak yang tidak teratur.

    5) Pembersihan dan penyiraman kamar mandi/WC untuk

    menjaga kesehatan.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    51/77

    b.Perawatan berkala1) Perbaikan atau pengecatan kusen-kusen, pintu, tembok, dankomponen bangunan lainnya yang terlihat kusam.2) Perbaikan mebeulair serta pengecatan ulang.3) Pengecatan terhadap keamanan sarana bermain atau

    tempat upacara.4) Perbaikan genteng rusak/pecah sehingga terjadi kebocoran.5) Pelapisan plesteran pada tembok yang retak atau

    terkelupas.6) Pembersihan dan pengeringan lantai halaman atau selasaryang terkena air hujan/air tergenang.

    c.Perbaikan darurat1)

    Dilakukan terhadapa kerusakan yang tidak terdugasebelumnya dan berbahaya/merugikan apabila tidakdiantisipasi secepatnya.

    2) Perbaikan bersifat sementara harus cepat selesai sehinggakerusakan tidak bertambah parah, kegiatan belajar mengajartidak terganggu

    3) Dilaksanakan secara swakelola.4) Harus segera dilaksanakan perbaikan permanen.

    d.

    Perawatan preventifPerawatan preventif adalah peawatan yang dilakukan padaselang waktu tertentu dan pelaksanaannya dilakukan secara

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    52/77

    rutin dengan beberapa kriteria yang ditentukan sebelunya.Tujuannya adalah untuk mencegah atau mengurangikemungkinan sarana dan prasarana tidak bekerja dengannormal dan membantu agar sarana dan prasarana dapat aktifbekerja sesuai dengan fungsinya. Pekerjaan yang tergolongperawatan adalah melihat, mengecek, menyetel, mengkalibrasi,

    meminyaki, penggantian suku cadang, dan sebagainya.Program perawatan preventif adalah tindakan perawatan yangdilakukan secara periodik dan terencana untuk merawat fasilitasfisik sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja,memperpanjang usia pakai, menurunkan biaya perbaikan,membantu ketersediaan sarana dan prasarana yang diperlukan,terjalin keselamatan SDM yang menggunakan sarana danprasarana tersebut.

    e.Pelaksanaan program perawatan preventif1) Memberikan arahan kepada tim pelaksana perawatan

    preventif dan adakan kaji ulang terhadap program yang telahdilaksanakan secara teratur.

    2)Mengupayakan pemantauan bulanan ke lokasi tempatsarana dan prasarana untuk mengevaluasi aktivitaspelaksanaan berdasarkan jadwal yang telah direncanakan.

    2.6PENATAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    53/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    54/77

    Barang habis pakai adalah barang yang tidak tahan lama, cepatsusut, dan habis setelah digunakan atau dipakai, contoh kertas,karbon, kapur, spidol, dan lain-lain.

    d.Penataan barang barang tidak habis pakai

    Yaitu dengan cara mengatur barang yang ada denganmemberikan nomor dan kode pada barang tersebut sesuaidengan sandi yang berlaku. Hal ini dilakukan agar petugas danpemakai lebih mudah memakai dan mengawasi pemakaiannya.2.Pengaturan penggunaan sarana dan prasarana pendidikanSetelah kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan dapatterpenuhi dan tertata sesuai dengan pemakaiannya maka perludiadakan pengaturan bagi pengguna sarana dan prasaranatersebut yaitu dengan cara:

    a.

    Alat pelajaran diangkut ke kelas yang membutuhkan dan saatdikembalikan jumlah harus sama.b.Alat pelajaran disimpan di suatu tempat, bila siswa inginmenggunakan, siswa mengajak guru yang mengajar untukmembawa barang tersebut.Untuk menjamin kelancaran pengaturan sarana danprasarana pendidikan maka sangat penting dipenuhi beberapa hal:

    a.Sekolah mempunyai guru yang betul-betul konsern terhadapkeberadaan barang yang ada di sekolahnya demi kemajuanpendidikan.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    55/77

    b.Pihak sekolah benar-benar taat azas dan disiplin dalammelaksanakan ketentuan manajemen sarana dan prasarana,hal ini diharapkan dapat menekan sekecil mungkin kesalahan.c.Kepala sekolah hendaknya selalu mengecek keberadaan

    barang inventaris dan memberikan tanggung jawab penuhpengawasan keberadaan barang yang berada dalam ruangantersebut pada guru yang bersangkutan.d.Kepala sekolah hendaknya memberikan pembagian tugasselain pengurus barang, hendaknya ada petugas khusus yangbertanggung jawab atas ruangan-ruangan khusus.e.Untuk mengatasi apabila tidak ada gudang, maka kepalasekolah dapat menugaskan kepada penjaga sekolah untukmembuatkan ruang sementara yang dapat digunakan untukmenyimpan barang-barang.

    2.7 PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN SARANA DANPRASARANA PENDIDIKAN1.Pengertian pengawasanPengawasan adalah suatu proses dimana pimpinan inginmengetahui apakah hasil pelaksanaan pekerjaan yang dilakukanoleh bawahannya sesuai dengan rencana, perintah, tujuan ataukebijaksanaan yang telah ditentukan. Pengawasan bukan hanya

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    56/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    57/77

    ditetapkan sehingga dapat mengakibatkan produktivitas kerjatinggi. Metode-metode tersebut terdiri dari:

    a.Pengawasan langsung, yaitu pengawasan yang dilakukansecara langsung pada tempat pelaksanaan pekerjaan baik

    dengan sistem inspektif, verifikatif, maupun dengan sisteminvestigative sesuai dengan rencana kegiatan dan peraturanperundangan yang berlaku.b.Pengawasan tidak langsung, yaitu pengawasan yang secaraformal dilakukan oleh aparat pengawasan yang bertindak atasnama pimpinan organisasinya.c.Pengawasan informal, yaitu pengawasan yang tidak melaluisaluran formal atau prosedur yang telah ditentukan.d.Pengawasan administratif, yaitu pengawasan yang meliputi

    bidang keuangan, kepegawaian, dan material.e.Pengawasan teknis, yaitu pengawasan terhadap hal-hal yangbersifat fisik.5.Sasaran pengawasana.Unit satuan kerjab.Bidang yang meliputi:1) Bidang organisasi2) Bidang kepegawaian3) Bidang keuangan

    4) Bidang proyek pembangunan

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    58/77

    5) Bidang pendidikan dasar dan menengah6) Bidang pendidikan tinggi7) Bidang pendidikan luar sekolah8) Bidang kebudayaan

    6.Prinsip pengawasanPrinsip pengawasan adalah landasan atau acuan dalammelakukan kegiatan pengawasan agar pengawasan tersebut dapatterarah sesuai dengan yang diharapkan. Pelaksanaan pengawasanmenggunakan prinsip-prinsip pengawasan diantaranya mencakup:

    a.Pengawasan berpedoman pada kebijakan yang berlakuUntuk dapat mengetahui dan menilai ada tidaknya kesalahankesalahandan penyimpangan, pengawasan harus berpangkaltolak dari keputusan pimpinan yang tercantum dalam tujuan,

    sasaran, pedoman, dan yang telah ditetapkan.b.Pengawasan bukan tujuan utamaPengawasan hendaknya tidak dijadikan tujuan utama, tetapisarana untuk menjamin dan meningkatkan efisiensi danefektivitas pencapaian tujuan organisasi.c.Prinsip organisasiFungsi pengawasan adalah untuk memudahkan jalannyaorganisasi oleh karena itu pengawasan ada pada setiappimpinan atau satuan kerja dan atasan manurut fungsi masingmasing.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    59/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    60/77

    Kegiatan pengawasan berfungsi sebagai sarana hubunganantara pusat dan daerah, antara pimpinan dengan bawahansehingga tercapai pendekatan secara pribadi untuk memupukhubungan kerja yang lebih baik.

    j.

    Prinsip pemahamanKegiatan pengawasan hendaknya dipahami oleh semua pihakbaik oleh pemerintah, lembaga pendidikan maupun masyarakat.k.Prinsip obyektivitasKegiatan pengawasan harus berdasarkan kepribadian yangdilandasi unsur jujur, nurani, bijaksana, dan tanggung jawabsehingga menimbulkan kepercayaan dan rasa hormat.l.Prinsip koordinasiKegiatan pengawasan harus dapat melaksanakan pengaturankerjasama yang baik sehingga dapat mewujudkan kegiatan

    yang terpadu dan selaras.m. Prinsip protektifKegiatan pengawasan harus berusaha menghindarkantimbulnya kerugian pada pihak yang ternyata tidak bersalah.n.Prinsip efektif dan efisienKegiatan pengawasan harus berusaha menghindarkan secaratepat sasaran dan sesuai dengan tujuan pengawasan bukanjustru menghambat efisiensi pelaksanaan tetapi untuk hemat

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    61/77

    tenaga, waktu dan biaya sehingga hasil pengawasan dapattepat guna dan berhasil guna.

    7.Prosedur pengawasana.

    ObservasiDigunakan untuk mengadakan penilaian atau evaluasi baikterhadap pimpinan atau bawahannya. Digunakan untuk auditdan review terhadap apa yang telah dilakukan.b.Pemberian contohApa yang dikerjakan oleh pimpinan seharusnya juga dikerjakanpula oleh bawahannya dan sebaliknya pimpinan akan seganmenindak terhadap bawahannya kalau ia sendiri tidak dapatmengerjakannya.c.Pencatatan pelaporan

    Suatu alat pembuktian, dapat berupa catatan atau laporan.d.Pembatasan wewenangUntuk menjaga agar seseorang tidak melakukan hal yangmelebihi wewenangnya serta untuk menghindari penyimpangan.e.Menentukan peraturan perintah prosedur1)Peraturan pada umumnya melarang bentuk tingkah lakuyang khusus atau jika diizinkan akan dapat menggangguusaha-usaha serta membahayakan organisasi.

    2)

    Prosedur mengatur kegiatan yang harus dilakukan yangmerupakan suatu rangkaian kegiatan melalui anggota

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    62/77

    anggota suatu organisasi untuk melayani dan menerimadalam suatu situasi tertentu.

    f.SensorTindakan pengamanan agar kesalahan-kesalahan yang akan

    timbul segera dapat dicegah atau diperbaiki dan tindakanpembetulan sebelum terlambat.g.AnggaranAlat dari pimpinan agar dilaksanakan. Suatu petunjuk untukmengembangkan dan memajukan organisasi, penilai suksesnyasuatu rencana.8.Syarat umum pengawasana.Menentukan standar pengawasan yang baik dan tepatdilaksanakan.

    b.Menghindarkan adanya tekanan, paksaan yang menyebabkanpenyimpangan dari tujuan pengawasan itu sendiri.c.Melaksanakan koreksi rencana yang dapat digunakan untukmengadakan perbaikan serta penyempurnaan rencana yangakan datang.9.Peranan pimpinan dalam proses pengawasanPeranan pimpinan dalam proses pengawasan merupakanbagian yang fundamental. Hal tersebut bukan berarti mendominasibawahannya, tetapi dalam arti memberikan bimbingan danpengawasan terhadap usaha-usaha dari bawahannya untuk

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    63/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    64/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    65/77

    Pengawasan terhadap setiap unsur atau instansi di lingkungandepartemen yang dipandang perlu meliputi bidang administrasiumum, administrasi keuangan, hasil-hasil fisik dari pelaksanaanproyek-proyek pembangunan, dan lain-lain.

    c.

    Inspektorat Wilayah ProvinsiAdalah perangkat pengawasan umum yang langsung berada dibawah dan bertanggung jawab kepada gubernur kepala daerahtingkat I dalam kedudukannya selaku kepala wilayah provinsi.d.Pengawasan oleh Kekuasaan KehakimanPengawasan tersebut akan selalu berbentuk pengawasan yangbersifat represif, maksudnya pengawasan tersebut dilakukansetelah ada perbuatan konkrit dari aparat pemerintah yangdianggap merugikan pihak lawan berbuat.e.Tindak Lanjut

    Hasil temuan pengawasan harus diikuti dengan tindak lanjutsebagai bahan pertimbangan dalam langkah-langkah yangdipandang perlu, baik untuk penyempurnaan dan penerbitan.12.Pengendalian sarana dan prasarana pendidkan

    a.Hakikat pengendalianPengendalian adalah mengatur, melaksanakan,mengembangkan, membimbing untuk mencapai tujuan.Pengendalian sarana dan prasarana pendidikan adalah proses

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    66/77

    mengatur, melaksanakan, mengembangkan sarana danprasarana pendidikan sehingga tercapai tujuan pendidikan.

    b. Unsur-unsur pengendalian sarana dan prasarana pendidikan1) Perencanaan pengadaan barangYaitu kegiatan administrasi yang dilaksanakan demi

    menghindari terjadinya kesalahan dan kegagalan yang tidakdiinginkan. Perencanaan pengadaan barang ini berdasarkananalisis kebutuhan dan penentuan skala prioritas bagikegiatan-kegiatan untuk dilaksanakan yang disesuaikandengan tersedianya dana dan tingkat kepentingan.

    2)Prakualifikasi rekananPrakualifikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untukmengetahui kemampuan dasar perusahaan baik yangberbentuk badan hukum maupun tidak yang kegiatanpokoknya melakukan pekerjaan borongan, konsultasi, dan

    pengadaan barang atau jasa.Rekanan adalah Badan usaha yang telah lulus prakualifikasiuntuk melakukan pekerjaan jasa pemborong konsultasi danpengadaan barang /jasa.Prakualifikasi rekanan adalah tindak lanjut dari pelaksanaanDIP/DIK dilakukan dengan sistem tender/lelang yang diikutioleh para rekanan untuk menghindari spekulasi,memanipulasi, dan penyalahgunaan. Sedangkan untuk

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    67/77

    memperoleh rekanan yang bonafid dilakukan prakualifikasi.Adapaun tujuannya adalah untuk memperoleh rekanan yangbonafide dan agar suatu perusahaan yang kegiatannyamelakukan kegiatan baik borongan, konsultan ataupengadaan barang atau jasa melalui sistem tender ataulelang tidak terjadi Perngadaan Biro Perlengkapan.

    3) Pengadaan barangSeperti telah diuraikan pada bab sebelumnya tentangpengadaan barang, pengadaan barang dapat diadakansesuai ketentuan yang berlaku untuk jumlah besar melaluitender untuk jumlah kecil dapat dibeli melalui dana taktis.

    4)PenyimpananSetelah pengadaan barang, kegiatan selanjutnya adalahmenampung barang demi kemanan. Kegiatan penyimpananmeliputi:

    a.Penerimaan barangb.Penyimpanan barangc.Pengeluaran barang5) InventarisasiInventarisasi dilakukan untuk penyempurnaan pengurusandan pengawasan yang efektif. Pelaksanaan inventarisasiadalah:

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    68/77

    a.Pencatatan di dalam buku induk inventaris dan di bukugolongan inventaris.b.Memberikan koding.c.

    Membuat laporan triwulan tentang mutasi barang.d.Membuat daftar isisan inventaris.e.Membuat daftar rekapitulasi tahunan.6) PenyaluranPenyaluran merupakan kegiatan pemindahan barang dantanggung jawab dari instansi satu ke instansi lain. Dalampenyerahan barang, jangan sampai lupa mengisi suratpengantar, faktur, tanda terima penyerahan barang.Contoh Daftar penyaluran barang/Alat-alat Pakai

    NO. TanggalNamaBarangBanyaknyaDipergunakanUntukPemberi Penerima

    7) PemeliharaanPemeliharaan merupakan kegiatan terus menerus untukmengusahakan agar barang tetap dalam keadaan baik dansiap pakai. Maka barang-barang tersebut perlu dirawatsecara baik dan terus menerus untuk menghindarkan

    adanya unsur-unsur pengganggu/perusaknya. Dengandemikian kegiatan rutin untuk mengusahakan agar barang

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    69/77

    tetap dalam keadaan baik dan berfungsi baik pula disebutpemeliharaan atau perawatan.

    8) RehabilitasiBaik barang bergerak maupun tidak bergerak yangdipergunakan memang tidak ada yang abadi atau luput dari

    kerusakan, meskipun telah kita lakukan pemeliharaansecara baik. Kerusakan tersebut terjadi sebagai akibatkerusakan suku cadangnya karena gesekan, benturan, dansebagainya.Rehabilitasi merupakan kegiatan untuk memperbaiki barangdari kerusakan dengan tambal sulam atau penggantian sukucadangnya agar barang-barang tersebut dapat digunakanlagi sehingga mempunyai daya pakai yang lebih lama.

    9) PenghapusanBila biaya rehabilitasi lebih besar sedang daya pakai terlalusingkat, maka barang tersebut lebih baik dikeluarkan dari

    daftar inventaris (dihapus) dan harus berdasarkan UU yangberlaku. Unsur-unsur dalam pengendalian sarana danprasarana pendidikan tersebut tidak berjalan secara sendirisendiri.Dalam kegiatannya tidak dapat lepas dari monitoringpimpinan organisasi dan kemacetan dari seluruh kegiatanpengelolaan maka penjagaan dan pengecekan terhadap

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    70/77

    sarana dan prasarana harus senantiasa dilakukan agar tetapterawat.

    13.Tanggung jawab kepala sekolah dan guru dalam pengawasanKepala sekolah bertanggung jawab terhadap pengawasandan pengendalian sarana dan prasarana pendidikan, adapun salah

    satu tujuannya adalah untuk menghindari adanya penyelewengan.Tanggung jawab kepala sekolah untuk melakukan pengawasandan koreksi terhadap kondisi sarana dan prasarana termasukruangan sekolah dan terus menerus ruang lainnya dan halamanserta perlengkapannya harus dilaksanakan terus menerus danteratur. Dalam melaksanakan tugas tersebut perlu diadakanpertemuan dengan penjaga kebersihan sekolah mengenaimasalah-masalah dan kekurangan-kekurangan yang harus diatasi.Pengawasan harus dilaksanakan sedemikian rupa sehingga hal-halyang sekecil-kecilnya pun tidak lepas dari tanggung jawabnya.Salah satu tujuan yang akan dicapai dalam pengawasan adalahmenciptakan kondisi lingkungan yang sehat dan membudayakan

    bersih kepada murid-murid.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    71/77

    BAB IIIPENUTUP

    KESIMPULAN

    Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakanseluruh pross kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secarasengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secarakontinyu terhadap benda-benda pendidikan, agar senantiasa siappakai dalam proses belajar mengajar sehingga proses ini semakinefektif dan efisien guna membantu tercapainya tujuan pendidikanyang telah ditetapkan.

    Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan denganberbagai prosedur. Rincian fungsi perencanaanmempertimbangkan suatu faktor kebutuhan yang harus dipenuhi.

    Dalam menentukan kebutuhan diperlukan beberapa data dasar,diantaranya adalah distribusi dan komposisi, jenis, jumlah, dankondisi (kualitas) sehingga berhasil guna, tepat guna, dan berdayaguna. Kemudian kebutuhan tersebut dikaji lebih lanjut untukdisesuaikan dengan besarnya pembiayaan dari dana yang tersedia.

    Pengaadaan merupakan segala kegiatan yang dilakukandengan cara menyediaakn semua keperluan barang atau jasaberdasarkan hasil dari perencanaan untuk menunjang kegiatan

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    72/77

    agar berjalan secara efektif dan efisien sesuai tujuan yangdiinginkan. Berdasarkan jenisnya, pengadaan sarana danprasarana pada dasarnya meliputi empat macam, yaitu pengadaanbangunan, pengadaan tanah, pengadaan perabot, danpengadaaan alat kantor. Adapun cara pengadaan dapat dilakukan

    dengan membeli membuat sendiri, menerimabantuan/hibah/hadiah, daur ulang.Inventaris adalah kegiatan melaksanakan pengurusan

    penyelenggaraan, pengaturan, dan pencatatan barang-barang,menyusun daftar barang yang menjadi milik sekolah ke dalamsuatu daftar inventaris barang secara teratur dan menurutketentuan yang berlaku. Inventaris dilakukan dalam rangka usahapenyempurnaan pengurusan dan pengawaasan yang efektifterhadap barang-barang milik negara atau swasta. Inventarisbertujuan untuk menjaga dan menciptakan tertib administrasibarang milik negara yang dimiliki oleh suatu organisasi.

    Pemeliharaan sarana dan prasarana adlah usaha ataukegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkandaya guna dan hasil guna suatu barang sehingga barang tersebutselalu dalam keadaaan siap pakai. Pemeliharaan sangat eratkaitannya dengan pemakaian, apabila dalam pemakaian dipeliharadengan baik, maka kondisis barang tersebut akan bertahan lamasampai batas umurnya.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    73/77

    Untuk mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar disekolah, penataan sarana dan prasarana pendidikan memegangperanan penting. Sarana belajar yang kondusif, lingkungan sehatdan asri, dan didukung penataan yang indah sangat membantudalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Sebelum diadakanpenataan dan pengaturan kebutuhan, diperlukan perencanaan,

    pengadaan, dan penyimpanan serta penempatan barang, adabeberapa hal yang harus diperhatikan pada penempatandiantranya adalah mudah dijangkau (ada kendaraan umum), jauhdari keramaian, jauh dari tempat berbahaya, lingkungan yang amandan kondusif. Penataan sarana dan prasarana pendidikan meliputipenataan barang bergerak, barang tidak bergerak, barang bergerakhabis pakai, dan barang bergerak tidak habis pakai.

    Pengawasan harus dilakukan secara objektif, artinyapengawasasan itu harus didasarkan atas bukti-bukti yang ada.Apabila dari hasil pengawasan ternyata terdapat kekurangan, makakepala sekolah wajib melakukan tindakan perbaikan dan

    penyelenggarannya. Untuk pendokumentasian hasil pengawasan,perlu adanya buku pengawasan untuk diisi oleh pemeriksa.Pengawasan umum terhadap ketertiban penyelenggaraanpengelolaan barang yang dikuasai sekolah dilaksanakan olehaparat lainnya yang dilakukan sesuai dengan peraturan yangberlaku.

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    74/77

    SARAN

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    75/77

    DAFTAR PUSTAKA

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    76/77

  • 8/7/2019 22150786 Sarana Dan Prasarana Pendidikan

    77/77