140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

72
Bekerja dengan integritas Pedoman Perilaku Bisnis

description

-

Transcript of 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Page 1: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Bekerja dengan integritas Pedoman Perilaku Bisnis

Page 2: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton

Pesan dari CEO 1

Falsafah Perusahaan 1

1. Memahami dan menggunakan Pedoman Perilaku Bisnis 2

Tentang Pedoman Perilaku Bisnis 3

Pertanyaan dan kekhawatiran tentang perilaku bisnis 4

Uji Cepat Perilaku Bisnis BHP Billiton 5

Menggunakan Pedoman Perilaku Bisnis 6

Apa yang terjadi saat masalah perilaku bisnis dilaporkan? 7

Pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku Bisnis 8

2. Karyawan kita 9

Kesehatan dan keselamatan 10

Penggunaan alkohol, narkoba, dan tembakau 12

Kesetaraan dalam pekerjaan 14

Pelecehan dan ancaman (bullying) 16

Informasi pribadi dan privasi 18

3. Pemerintah dan masyarakat 20

Menghormati hak asasi manusia 21

Bekerja sama dengan pemerintah 23

Sumbangan dan kegiatan politik 25

Korupsi 27

Menjalin hubungan dengan masyarakat 29

Lingkungan 31

Isi

4. Hubungan pihak ketiga 33

Konflik kepentingan 34

Menerima hadiah, keramahtamahan, dan hiburan 36

Perjalanan bisnis 38

Persaingan usaha dan anti monopoli 40

Menjaga hubungan dengan pemasok 42

Penggunaan mitra usaha 44

Pengendalian perdagangan 46

5. Menggunakan Sumber Daya Perusahaan 48

Melindungi aset BHP Billiton 49

Akurasi data dan informasi 51

Keamanan dunia maya (cyber) 53

Perdagangan oleh orang dalam 55

Komunikasi eksternal 57

Hak kekayaan intelektual 59

Glosarium 61

Indeks 66

Page 3: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 1

Pesan dari CEO Beroperasi dengan integritas

Saya bangga bekerja sebagai bagian dari tim yang menetapkan dan menjunjung tinggi standar etika; tim yang tidak hanya memikirkan apa yang kita lakukan, namun juga cara kita melakukannya

Pedoman Perilaku Bisnis kita menegaskan bagaimana tindakan kita saat bekerja untuk, atau atas nama, BHP Billiton.

Pedoman ini merupakan dokumen utama yang menghidupkan nilai-nilai Falsafah Perusahaan dan akan membantu Anda di dalam menjaga kepercayaan serta membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat, pemerintah, pemasok, mitra usaha, pelanggan, dan tim Anda.

Mematuhi Pedoman Perilaku Bisnis ini mendukung budaya di mana kita menghormati satu sama lain, melakukan apa yang benar, serta melakukan apa yang kita katakan akan kita lakukan.

Saat Anda mempersiapkan sumber daya untuk masa depan, harap ingat tanggung jawab bersama Anda untuk menerapkan Pedoman Perilaku Bisnis ini secara konsisten. Selain itu, bicaralah dan beranikan diri Anda jika melihat potensi pelanggaran atau jika ada peluang bagi kita untuk meningkatkan bagaimana kita berperilaku.

Kita semua wajib mengikuti Pedoman Perilaku Bisnis ini, dan saya mengharapkan dukungan Anda dalam menjunjung tinggi reputasi BHP Billiton dan memastikan kesuksesan jangka panjang Perusahaan.

Andrew Mackenzie CEO

Falsafah PerusahaanKita adalah BHP Billiton, sebuah perusahaan sumber daya terkemuka di dunia.Tujuan kita adalah untuk menciptakan nilai jangka panjang kepada pemegang saham melalui penemuan, akusisi, pengembangan dan pemasaran sumber-sumber daya alam.Strategi kami adalah untuk memiliki dan mengoperasikan asset-aset hulu yang besar, berjangka hidup panjang, murah, dapat dikembangkan serta terdiversifikasi oleh komoditas, geografi dan pasar.

Nilai-nilai KamiKeberlanjutan Menempatkan kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas pertama, bertanggung jawab terhadap lingkungan dan mendukung masyarakat di sekitar kita.

Integritas Melakukan apa yang benar dan melakukan apa yang kita katakan akan kita lakukan.

Menghormati Merangkul keterbukaan, kepercayaan, kerja sama tim, keragaman dan hubungan yang saling menguntungkan.

Kinerja Mencapai hasil-hasil bisnis yang luar biasa melalui pengembangan kemampuan kita.

Kesederhanaan Memfokuskan usaha kita kepada hal yang paling penting.

Akuntabilitas Mendefinisikan dan menerima tanggung jawab dan melaksanakan komitmen kita.

Kita berhasil jika :Karyawan kita memulai setiap harinya dengan sebuah tujuan dan mengakhiri harinya dengan rasa keberhasilan.Masyarakat, pelanggan dan pemasok kita menghargai hubungan mereka dengan kita.Portofolio aset kita berkelas dunia dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan.Disiplin operasional dan kekuatan keuangan kita memungkinkan pertumbuhan masa depan kita.Pemegang saham mendapatkan pengembalian yang tinggi atas investasi mereka.

Andrew Mackenzie CEO Mei 2013

Page 4: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 2

Pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku Bisnis

Apa yang terjadi saat ada masalah perilaku bisnis dilaporkan?

Menggunakan Pedoman Perilaku Bisnis

Uji Cepat Perilaku Bisnis BHP Billiton

Pertanyaan dan kekhawatiran tentang perilaku bisnis

Tentang Pedoman Perilaku Bisnis

1. Memahami dan menggunakan Pedoman Perilaku Bisnis

Page 5: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 3

Pedoman Perilaku Bisnis ini membantu dalam memandu pekerjaan kita sehari-hari. Pedoman Perilaku Bisnis ini menunjukkan cara untuk menerapkan komitmen dan nilai-nilai yang disebutkan dalam Falsafah Perusahaan secara praktis serta mencerminkan sebagian besar dari Dokumen Tingkat Grup (GLD), standar, dan prosedur yang berlaku di BHP Billiton.

Sebagai perusahaan global, kita tunduk kepada peraturan perundang-undangan negara tempat kita beroperasi. Kita juga berkomitmen untuk menjunjung tinggi standar dan pedoman internasional tertentu. Hal ini mencakup prinsip-prinsip Global Compact PBB, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB, dan Prinsip-Prinsip Sukarela mengenai Keamanan dan Hak Asasi Manusia.

Pedoman Perilaku Bisnis ini tidak dapat menjelaskan atau mengantisipasi semua hukum atau contoh kasus, karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui ke mana harus mencari bantuan dan informasi lebih lanjut serta menggunakan akal sehat Anda.

Dalam banyak kasus, pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku Bisnis ini juga bisa merupakan pelanggaran terhadap hukum, misalnya penipuan. Penipuan adalah semua tindakan curang yang dilakukan dengan sengaja untuk keuntungan pribadi atau pihak ketiga dan dapat menimbulkan kerugian bagi BHP Billiton atau pihak lain. Contohnya antara lain adalah pernyataan yang tidak benar, upaya mendapatkan komisi pribadi karena telah memberikan pekerjaan, pemalsuan catatan atau permintaan penggantian biaya, penyalahgunaan informasi BHP Billiton, atau pencurian.

Semua tindakan ini bisa merupakan penipuan, yang tidak hanya menjadi alasan untuk pemecatan, tetapi pada sejumlah kasus dapat juga mengakibatkan tuntutan hukum. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami bahwa pelanggaran terhadap sejumlah ketentuan di dalam Pedoman Perilaku Bisnis ini merupakan tindakan penipuan dan tindakan tersebut adalah masalah yang serius.

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton (Pedoman) didasarkan pada nilai-nilai Falsafah Perusahaan. Pedoman Perilaku Bisnis ini menunjukkan komitmen kita untuk menjunjung tinggi praktik bisnis yang etis serta memenuhi atau melampaui ketentuan hukum yang berlaku. Kita percaya bahwa perilaku bisnis yang konsisten dan patut akan menciptakan kesetiaan dan kepercayaan dengan para pemegang saham kita serta satu sama lain.

Tentang Pedoman Perilaku Bisnis

Harapan kami kepada Anda

Semua karyawan, direktur, pejabat, kontraktor, dan pemasok (yang tengah terikat kewajiban kontrak), dan badan usaha terkontrol harus mematuhi Pedoman Perilaku Bisnis ini, tanpa memandang lokasi atau peran mereka. Usaha patungan tidak terkontrol serta pemilik saham minoritas dianjurkan untuk menerapkan prinsip dan standar yang sama.

Pastikan bahwa Anda memahami aturan yang berlaku bagi Anda dan pekerjaan Anda dan selalu terapkan aturan tersebut. Apabila ada perbedaan dikarenakan adat istiadat, norma, atau peraturan perundang-undangan setempat, Pedoman Perilaku Bisnis ini atau ketentuan setempat wajib diterapkan – mana saja yang menetapkan standar perilaku yang lebih tinggi.

Tidak ada toleransi terhadap penyerangan BHP Billiton melarang keras segala bentuk hukuman, tindakan disiplin, atau penyerangan terhadap siapa pun yang mengungkapkan atau membantu menangani masalah perilaku bisnis. Penyerangan merupakan alasan kuat untuk mengenakan tindakan disiplin, termasuk pemecatan.

Jika Anda menerima penyerangan karena mengungkapkan masalah, Anda harus segera melaporkannya.

Hukum yang mengatur kegiatan kita seringkali bersifat kompleks, namun ketidaktahuan tidak akan membebaskan Anda dari kewajiban mematuhi hukum. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan meminta bantuan.

Page 6: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 4

Pertanyaan dan kekhawatiran tentang perilaku bisnisMengungkapkan masalah perilaku bisnis akan melindungi BHP Billiton, rekan kerja, dan pemegang saham kita. Apabila Anda merasa bahwa sebuah keputusan atau tindakan tidak mencerminkan Pedoman dan nilai-nilai Falsafah Perusahaan, Anda berhak dan bertanggung jawab untuk mengungkapkan masalah tersebut. Anda tidak harus terkena dampak langsung dari suatu masalah untuk melaporkannya.

Jika Anda tidak yakin dalam menafsirkan Pedoman Perilaku Bisnis ini atau memiliki kekhawatiran tentang penerapannya, Anda dapat melaporkannya secara langsung, secara tertulis, atau melalui telepon 24 jam seminggu.

Nomor telepon EthicsPointAustralia/Asia

Australia Telepon bebas biaya 1800 423 473Tiongkok Telepon bebas biaya 1080 0610 0462

Telepon bebas biaya 1080 0261 1385

India Telepon bebas biaya 000 800 610 1130

Indonesia Telepon bebas biaya 001 803 61 159

Jepang Telepon bebas biaya 0034 800 40 1212

Malaysia Telepon bebas biaya 1800 817 565

Pakistan Telepon langsung 00 61 3 9639 1234

Singapura Telepon bebas biaya 800 616 7080

Inggris/Eropa

Swiss Telepon bebas biaya 0800 562 876

Inggris Raya Telepon bebas biaya 080 0001 5314

Secara langsungBicaralah kepada supervisor Anda, manajer Anda, atau perwakilan Sumberdaya Manusia

Faksimile+61 3 9611 1056

PosPerilaku Bisnis BHP Billiton, GPO Box 86 Melbourne, Victoria 3001, Australia

[email protected]

Hubungi EthicsPoint BHP BillitonEthicsPoint BHP Billiton merupakan layanan internasional dalam berbagai bahasa yang dirancang untuk memfasilitasi penyelesaian masalah perilaku bisnis yang tidak dilaporkan dan diselesaikan secara langsung. Anda dapat memilih untuk tetap anonim saat melaporkan masalah melalui EthicsPoint.

EthicsPoint onlinewww.BHPBbusinessconduct.ethicspoint.com

Afrika

Mozambik Telepon langsung 00 61 3 9639 1234

Afrika Selatan Telepon bebas biaya 0800 998 230

Guinea Telepon langsung 00 61 3 9639 1234

Liberia Telepon langsung 00 61 3 9639 1234

Amerika/Karibia

Kanada Telepon bebas biaya 1 844 297 4027

Chili Telepon bebas biaya 123 0020 1359

Kolombia Telepon bebas biaya 01 800 915 5860

Trinidad dan Tobago Telepon langsung 011 61 3 9639 1234

Amerika Serikat Telepon bebas biaya 1 844 801 7783

Brasil Telepon bebas biaya 0800 892 3110

Untuk lokasi yang tidak memiliki nomor telepon bebas biaya, telah disediakan nomor telepon langsung yang akan dikenakan biaya minimal untuk tersambung ke Australia. Sambungan biasanya memakan waktu satu atau dua menit. Panggilan tidak akan dikenakan biaya lagi setelah tersambung.

Page 7: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 5

Jika Anda ragu tentang apa yang harus Anda sampaikan, cobalah Uji Cepat Perilaku Bisnis.

Uji Cepat Perilaku Bisnis BHP Billiton

Keselamatan Apakah dapat secara langsung atau tidak langsung membahayakan seseorang atau menyebabkan cedera?

Nilai-nilai Apakah sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam Falsafah Perusahaan?

Hukum Apakah sah dan sejalan dengan kebijakan dan prosedur Perusahaan?

NuraniApakah sesuai dengan nilai-nilai pribadi saya?

Surat Kabar Jika kisah tersebut muncul di surat kabar, akankah saya merasa nyaman dengan keputusan tersebut?

KeluargaApa yang harus saya minta agar dilakukan oleh mitra, orang tua, atau anak saya?

Perasaan Apakah yang dikatakan oleh intuisi atau ‘insting’ saya? Jika rasanya buruk, maka mungkin memang buruk.

Perasaan tidak nyaman atau kesulitan saat menjawab salah satu pertanyaan dalam Uji Cepat Perilaku Bisnis menunjukkan bahwa Anda sebaiknya menyampaikan kekhawatiran Anda kepada seseorang.

Falsafah PerusahaanKita adalah BHP Billiton, sebuah perusahaan sumber daya terkemuka di dunia.Tujuan kita adalah untuk menciptakan nilai jangka panjang kepada pemegang saham melalui penemuan, akusisi, pengembangan dan pemasaran sumber-sumber daya alam.Strategi kami adalah untuk memiliki dan mengoperasikan asset-aset hulu yang besar, berjangka hidup panjang, murah, dapat dikembangkan serta terdiversifikasi oleh komoditas, geografi dan pasar.

Nilai-nilai KamiKeberlanjutan Menempatkan kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas pertama, bertanggung jawab terhadap lingkungan dan mendukung masyarakat di sekitar kita.

Integritas Melakukan apa yang benar dan melakukan apa yang kita katakan akan kita lakukan.

Menghormati Merangkul keterbukaan, kepercayaan, kerja sama tim, keragaman dan hubungan yang saling menguntungkan.

Kinerja Mencapai hasil-hasil bisnis yang luar biasa melalui pengembangan kemampuan kita.

Kesederhanaan Memfokuskan usaha kita kepada hal yang paling penting.

Akuntabilitas Mendefinisikan dan menerima tanggung jawab dan melaksanakan komitmen kita.

Kita berhasil jika :Karyawan kita memulai setiap harinya dengan sebuah tujuan dan mengakhiri harinya dengan rasa keberhasilan.Masyarakat, pelanggan dan pemasok kita menghargai hubungan mereka dengan kita.Portofolio aset kita berkelas dunia dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan.Disiplin operasional dan kekuatan keuangan kita memungkinkan pertumbuhan masa depan kita.Pemegang saham mendapatkan pengembalian yang tinggi atas investasi mereka.

Andrew Mackenzie CEO Mei 2013

Page 8: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 6

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

Menggunakan Pedoman Perilaku Bisnis

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

– GLD tentang Perilaku Bisnis

Setiap bagian dalam Pedoman ini menjelaskan mengapa topik tertentu penting untuk Perusahaan kita, harapan kami kepada Anda, dan tempat untuk mencari informasi atau bantuan lebih lanjut. Pedoman ini memberikan contoh sederhana tentang apa yang dapat diterima dan tidak dapat diterima, beserta skenario nyata untuk membantu Anda memahami cara menerapkan Pedoman ini secara praktis.

Apa pun peran, lokasi, atau tingkat keputusan yang Anda buat setiap hari, Anda akan menemukan panduan yang jelas tentang perilaku bisnis yang diharapkan dalam Pedoman ini. Kita semua bertanggung jawab untuk bekerja dengan integritas, rasa hormat, dan penilaian yang baik, serta sesuai dengan hukum.

Harapan kami kepada Anda

Ketika bekerja untuk BHP Billiton, Anda setuju untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Falsafah Perusahaan, Pedoman ini dan ketentuan-ketentuan, GLD, standar, serta prosedur terkait yang berlaku untuk pekerjaan Anda. Jika Anda ragu, silakan tanyakan.

Banyak tindakan yang tidak pantas yang terjadi karena karyawan tidak memiliki informasi yang lengkap, tidak memahami informasi tersebut, atau hanya ingin ‘menyelesaikan pekerjaannya’. Anda harus memahami Pedoman ini dan penerapannya bagi Anda. Anda:

– harus mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa orang lain yang melakukan bisnis atas nama BHP Billiton, termasuk kontraktor, agen, konsultan, dan mitra bisnis, melakukan hal yang sama;

– harus memahami dan memenuhi semua ketentuan dalam GLD, standar, serta prosedur Perusahaan yang berlaku untuk pekerjaan Anda;

– harus segera melaporkan semua pertanyaan dan kekhawatiran/masalah;

– tidak boleh mendorong, memperbolehkan, atau secara pribadi menunjukkan penyerangan terhadap seseorang yang melaporkan masalah;

– tidak boleh mengabaikan pelanggaran atau potensi pelanggaran terhadap Pedoman ini.

Chief Executive Officer (CEO) bertanggung jawab kepada Dewan Direksi BHP Billiton atas etika dan budaya Perusahaan kita. Kita semua bertanggung jawab untuk mendukung CEO dalam menjunjung tinggi standar perilaku bisnis yang tinggi yang dapat dibanggakan oleh kita semua.

Harapan kami kepada para supervisor

Jika Anda adalah supervisor atau manajer, Anda memiliki kewajiban tambahan untuk memahami tanggung jawab Anda dalam menangani masalah terkait dengan Pedoman Perilaku Bisnis. Para supervisor juga: – harus selalu menunjukkan perilaku yang bisa diteladani. – harus memelihara budaya inklusif yang membuat karyawan memahami tanggung jawabnya, merasa nyaman dan didukung untuk melaporkan kekhawatiran/masalah tanpa takut akan adanya penyerangan.

– harus mendorong dan menghargai karyawan karena telah menunjukkan nilai-nilai Falsafah Perusahaan.

– memastikan agar GLD, standar, dan prosedur Perusahaan dapat diakses dan dipahami.

– harus menanamkan Pedoman ini ke dalam proses yang ada, seperti PEP, kontrak kerja dan pasokan, orientasi pekerjaan, dan kesepakatan kerja.

– harus membantu karyawan dalam memahami penerapan praktis dari Pedoman ini.

– harus mengambil atau merekomendasikan tindakan yang tepat untuk menangani masalah perilaku bisnis.

– tidak boleh mengabaikan atau menghentikan masalah yang dilaporkan.

Sebagai karyawan BHP Billiton, Anda diharapkan untuk memahami Pedoman ini dan menerapkannya dalam pekerjaan Anda sehari-hari. Jika Anda tidak yakin dengan cara menerapkan panduan ini, silakan bicara dan tanyakan.

Page 9: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 7

Beberapa contoh

P Saya khawatir manajer saya akan mengetahui dan menghukum saya jika saya menghubungi EthicsPoint. Apakah saya benar?

J BHP Billiton melarang segala bentuk penyerangan atau viktimisasi yang dilakukan terhadap seseorang yang melaporkan masalah yang sebenarnya. Semua tuduhan penyerangan akan sepenuhnya diselidiki. Penyerangan merupakan alasan kuat untuk dikenakannya tindakan disiplin, termasuk pemecatan. Jika Anda memiliki kekhawatiran apa pun tentang pelaporan dan khawatir dengan adanya penyerangan, Anda harus berbicara dengan perwakilan Sumberdaya Manusia atau menghubungi EthicsPoint.

P Peter telah bekerja di kantor selama bertahun-tahun. Akhir-akhir ini, kami begitu sibuk berusaha mencapai target pemeliharaan kami, sehingga saya perhatikan kadang-kadang ia tidak segan-segan mengisolasi peralatan. Saya tidak ingat tepatnya kapan ia tidak melakukannya, tetapi saya bertanya-tanya apakah saya harus melaporkan masalah ini mengingat ini bisa menyebabkan kecelakaan. Apa yang harus saya lakukan karena saya tidak mengetahuinya secara pasti?

J Segala bentuk pelanggaran keselamatan harus selalu segera dilaporkan kepada supervisor atau manajer Anda untuk investigasi lebih lanjut. Dalam hal ini, Peter dapat membahayakan dirinya sendiri dan timnya. Berikan semua informasi yang Anda miliki kepada supervisor Anda, sehingga situasi tersebut dapat diketahui dan ditangani secepat mungkin. Kita semua bertanggung jawab untuk mengamankan tempat kerja kita.

Jika Anda melaporkan masalah kepada supervisor, manajer, perwakilan Sumberdaya Manusia, atau EthicsPoint, tindakan yang diambil akan tergantung pada sifat dan tingkat keseriusan masalah. Jika Anda merasa khawatir dengan keterlibatan Bisnis Anda, Anda dapat meminta agar masalah tersebut dirujuk ke bagian Sumberdaya Manusia Grup atau Hukum Grup secara langsung.

Jika Anda melaporkan masalah melalui EthicsPoint, Anda akan ditanya tentang Bisnis yang Anda geluti, sifat masalah, siapa yang terlibat, dan langkah apa saja yang telah Anda ambil sejauh ini untuk mengatasi masalah tersebut. Kerahasiaan Anda akan dijaga.

Dalam banyak kasus, saran, dukungan, dan bimbingan akan membuat Anda mampu memecahkan sendiri masalah tersebut. Jika tidak memungkinkan atau memerlukan rujukan, mediasi, atau investigasi, Anda akan diberi tahu tentang langkah selanjutnya, perkiraan jangka waktunya, serta proses untuk menerima umpan balik.

Apa yang terjadi saat masalah perilaku bisnis dilaporkan?

Harapan kami kepada Anda

Ketika Anda melaporkan masalah, berikanlah informasi sebanyak mungkin. Bersikaplah terbuka dan jujur karena hal ini akan membantu kami dalam memberikan tanggapan yang menyeluruh dan efektif.

Anda dapat memilih untuk tetap anonim saat melaporkan masalah melalui EthicsPoint. Anda sebaiknya memberikan nama dan detail kontak Anda jika dibutuhkan informasi, penilaian, dan investigasi lebih lanjut.

Kewajiban orang yang menanggapi kekhawatiranKaryawan yang menanggapi masalah wajib:

– memperlakukan semua masalah secara serius dan, jika memungkinkan, dengan sangat rahasia;

– menanggapi masalah yang dilaporkan dengan cepat dan profesional;

– memberikan informasi dan saran yang akurat yang sesuai dengan Pedoman, GLD, standar, serta prosedur Perusahaan, atau meminta saran dari para ahli yang memiliki pengetahuan dan objektivitas yang benar;

– mengetahui ke mana harus mencari dukungan atau saran lebih lanjut;

– melaporkan semua masalah kepada perwakilan Sumberdaya Manusianya untuk dicatat di EthicsPoint.

Semua pertanyaan tentang penafsiran dan penerapan Pedoman ini akan diperlakukan secara serius dan penuh hormat serta diputuskan tepat waktu.

Page 10: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 8

Beberapa contoh

P Saya melaporkan kekhawatiran di EthicsPoint bulan lalu, tapi tidak ada tindak lanjut. Saya benar-benar kecewa dengan hasilnya. Mengapa saya harus repot-repot melapor jika ada masalah di masa yang akan datang?

J Setiap masalah yang dilaporkan mengikuti proses analisis atas semua data yang tersedia. Beberapa kasus bisa memakan waktu investigasi yang lebih lama daripada kasus lain karena diperlukan pengumpulan data yang ekstensif. Karena alasan privasi, kami tidak bisa selalu memberi kabar terbaru kepada Anda tentang hasil pasti dari masalah yang dilaporkan. Jika menurut Anda masalah tersebut belum ditangani dengan tepat, Anda harus menghubungi EthicsPoint lagi untuk memastikan kemajuan masalah awal Anda.

P Teman saya dipecat karena pelanggaran keselamatan, tetapi kenalan saya yang lain hanya mendapat peringatan. Di manakah letak keadilannya?

J Pelanggaran keselamatan atau potensi pelanggaran selalu diperlakukan secara serius. Setiap kasus ditangani secara kasus per kasus, berdasarkan data yang tersedia, dan kinerja individu di masa lalu. Meskipun mungkin tidak tampak adil menurut perspektif Anda, semua informasi dalam setiap contoh dianggap menggunakan proses yang adil, menyeluruh, dan konsisten. Proses ini mencakup pertimbangan informasi yang bersifat rahasia atau belum diungkapkan kepada karyawan yang tidak terlibat secara langsung di dalam investigasi.

Para supervisor dan manajer kita bertanggung jawab atas perilaku mereka sendiri dan juga perilaku bisnis karyawannya.

Jika terjadi pelanggaran, sifat dari tindakan disiplin atau tindakan perbaikan akan ditentukan dengan berkonsultasi dengan para ahli yang sesuai, termasuk bagian Sumberdaya Manusia dan Hukum Grup.

Tindakan perbaikan tergantung pada tingkat keseriusan pelanggaran dan hal lain yang relevan.

Contoh tindakan disiplin meliputi:

– diskusi dengan supervisor atau manajer tentang perilaku yang diinginkan;

– peringatan lisan atau tertulis;

– skorsing;

– pemecatan.

Contoh tindakan hukum tersebut adalah keharusan untuk mengembalikan aset BHP Billiton.

Pelanggaran yang merupakan tindak pidana juga dapat mengakibatkan tuntutan pidana. Jika pelanggaran tersebut termasuk pelanggaran hukum, masalah tersebut dapat dibawa ke pihak penegak hukum yang sesuai.

Pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku Bisnis

Harapan kami kepada Anda

Selalu patuhi Pedoman ini, laporkan kekhawatiran/masalah dengan segera, dan sepenuhnya bekerja sama dengan investigasi perilaku bisnis.

Selain kelalaian mematuhi Pedoman ini secara langsung, penyimpangan yang dapat mengakibatkan tindakan disiplin meliputi:

– meminta orang lain untuk melanggar Pedoman ini atau nilai-nilai Falsafah Perusahaan;

– kelalaian untuk segera melaporkan pelanggaran yang diketahui atau dicurigai;

– kelalaian untuk bekerja sama dalam investigasi mengenai kemungkinan terjadinya pelanggaran;

– penyerangan terhadap orang lain karena telah melaporkan masalah perilaku bisnis;

– kelalaian dalam menunjukkan tindakan kepemimpinan dan kesungguhan untuk memastikan kepatuhan terhadap Pedoman ini, Falsafah Perusahaan, dan hukum.

Kelalaian mematuhi Pedoman ini dianggap sebagai masalah serius yang harus ditangani dan dapat menyebabkan tindakan disiplin, termasuk pemecatan, dan/atau tindakan hukum.

Page 11: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 9

2. Karyawan kita

Kesehatan dan keselamatan

Kesetaraan dalam pekerjaan

Informasi pribadi dan privasi

Penggunaan alkohol, narkoba, dan tembakau

Pelecehan dan ancaman (bullying)

Page 12: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 10

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Lingkungan

– GLD tentang Pengendalian Risiko Fatal

– GLD tentang Kesehatan

– Bacalah program HSE yang ada di tempat kerja Anda

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Kesehatan dan keselamatan

Operasi yang aman bergantung pada pabrik dan peralatan yang baik serta pada setiap karyawan yang bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya cedera dan penyakit yang berhubungan dengan tempat kerja.

Kita hanya akan berhasil bila setiap karyawan dan kontraktor pulang ke rumah dengan selamat dan sehat setiap hari dan hidup bebas dari penyakit yang disebabkan oleh paparan di tempat kerja.

BHP Billiton berkomitmen untuk mencapai praktik industri yang penting dalam aspek kesehatan dan keselamatan. Pada semua kasus, kita bertujuan untuk memenuhi atau melampaui ketentuan hukum maupun ketentuan lainnya yang berlaku karena kita percaya bahwa semua kecelakaan dan penyakit dan cedera yang berhubungan dengan pekerjaan dapat dicegah.

Target kesehatan dan keselamatan di seluruh perusahaan telah ditetapkan dan kinerja terhadap target ini terus dipantau, diukur, dan dilaporkan.

Harapan kami kepada Anda

Di seluruh organisasi, praktik kesehatan dan keselamatan diatur oleh GLD, standar, dan prosedur yang berlaku bagi semua karyawan.

Untuk tempat kerja yang aman yang dapat dinikmati oleh kita semua, harap perhatikan dan patuhi semua GLD, standar, dan prosedur yang terkait.

Para manajer bertanggung jawab untuk mengimplementasikan GLD, standar, dan prosedur ini, dan memastikan bahwa sistem-sistem pendukung berfungsi dengan baik.

Anda harus memahami dan mengikuti ketentuan tentang kesehatan dan keselamatan di lokasi dan Bisnis, serta segera melaporkan hal-hal yang berpotensi membahayakan keselamatan Anda atau karyawan lainnya.

Kesehatan dan keselamatan, tanggung jawab sosial dan keberlanjutan lingkungan adalah hal yang sangat penting untuk mempertahankan tempat kerja yang sangat baik serta izin sosial operasi kita.

Page 13: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 11

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Kesehatan dan keselamatan

P Supervisor saya memberi tahu bahwa kami harus mencapai target produksi dan hal itu hanya dapat dipenuhi dengan melanggar beberapa prosedur keselamatan Perusahaan. Apa yang harus saya lakukan?

J Semua prosedur keselamatan kita sangat penting dan tidak boleh dikompromikan. Anda harus mempertimbangkan untuk menyampaikan kekhawatiran kepada supervisor Anda terlebih dahulu. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak berhasil melakukan hal ini, Anda harus membahas hal tersebut dengan manajer dua tingkat di atas Anda atau dengan perwakilan Sumberdaya Manusia. Jika masalah tersebut belum selesai, hubungi EthicsPoint.

P Saya dihubungi untuk memperbaiki sebuah truk air yang rusak yang menurut saya butuh waktu beberapa jam untuk memperbaikinya. Dengan kondisi jalan angkut yang kering saat ini, daerah ini menjadi sangat berdebu dan mengandung silika. Saya tahu bahwa kebijakan Perusahaan mengharuskan untuk selalu mengenakan topeng gas pada kondisi seperti itu, akan tetapi truk saya kehabisan topeng gas. Supervisor saya mengatakan bahwa perbaikan itu sangat penting, dan tidak ada waktu untuk kembali ke pangkalan untuk mendapatkan topeng gas pengganti. Apa yang harus saya lakukan?

J Ini merupakan pelanggaran terhadap GLD, standar, dan proses keselamatan Perusahaan yang diberlakukan untuk melindungi Anda dari potensi risiko kesehatan dan keselamatan. Jelaskan kepada supervisor Anda bahwa Anda tidak dapat melakukan perjalanan dengan truk Anda saat ini karena tidak dilengkapi dengan topeng gas. Diskusikan pilihan alternatif bersama supervisor Anda. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut bersama supervisor Anda, hubungi manajer dua tingkat di atas Anda atau perwakilan HSE. Jika Anda tidak dapat menghubungi kedua pihak ini atau tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut, jangan lakukan perbaikan hingga Anda memiliki topeng gas.

– Memahami cara untuk menerapkan dan selalu mematuhi GLD, standar, dan prosedur kesehatan dan keselamatan Perusahaan dan membantu karyawan lain untuk melakukan hal yang sama.

– Mengidentifikasi, menilai, dan mengambil langkah untuk mengendalikan bahaya kesehatan dan keselamatan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

– Segera menghentikan semua pekerjaan yang tampak tidak aman.

– Menggunakan alat pelindung diri yang diperlukan untuk tugas yang tengah Anda kerjakan dan meminta karyawan lain untuk melakukan hal yang sama.

– Menangani dan membuang semua bahan dengan benar, aman, dan sesuai hukum.

– Memastikan bahwa Anda tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat dan bahwa para pengunjung memahami prosedur keadaan darurat.

– Melaporkan semua kecelakaan, cedera, penyakit, kondisi tidak aman atau tidak sehat, insiden, tumpahan bahan atau lepasnya bahan ke lingkungan kepada supervisor atau manajer Anda agar dapat segera diambil tindakan yang tepat.

– Memperhatikan semua keluhan atau peringatan.

– Melakukan pekerjaan Anda kecuali Anda terlatih, kompeten, sehat, dan cukup istirahat, serta awas untuk melakukannya.

– Melakukan pekerjaan Anda jika Anda di bawah pengaruh alkohol atau narkoba (ilegal, legal atau dengan resep).

– Menggunakan atau bertoleransi terhadap ancaman, intimidasi, pelecehan, tekanan (bullying) atau kekerasan di tempat kerja.

– Membawa senjata ke gedung kantor BHP Billiton, kecuali diizinkan dan dibenarkan secara hukum.

– Beranggapan bahwa orang lain akan melapor jika ada risiko atau kekhawatiran dan karenanya Anda tidak perlu melaporkannya.

Page 14: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 12

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

Penggunaan alkohol, narkoba, dan tembakau

Kita berkomitmen untuk memberikan lingkungan kerja yang aman dan sehat kepada karyawan, dan karena itu berharap agar seluruh karyawan, kontraktor, dan pengunjung di semua tempat kerja kita untuk dapat menjalankan tugasnya dengan tingkat kinerja yang dapat diterima dan tidak terpengaruh oleh alkohol serta obat-obatan legal ataupun ilegal.

Alkohol tidak boleh ditawarkan atau dikonsumsi di tempat kerja mana pun di BHP Billiton tanpa persetujuan sebelumnya. Persetujuan diperlukan untuk minum-minum di ‘kantin alkohol’ atau untuk menyediakan alkohol pada sebuah acara di tempat yang ditentukan. Kita juga melarang merokok di dalam gedung. Di tempat kerja tertentu, merokok diperbolehkan pada area merokok yang ditentukan.

Dilarang keras menyimpan atau menggunakan zat-zat terlarang di tempat kerja dan tempat tugas BHP Billiton, atau yang terkait dengan bisnis BHP Billiton.

BHP Billiton menganggap ketergantungan alkohol dan narkoba sebagai suatu penyakit. Karyawan yang mengalami ketergantungan narkoba atau alkohol harus diperlakukan dengan cara yang sama seperti karyawan yang mengidap penyakit lain.

Jika Anda membutuhkan dukungan untuk mengatasi ketergantungan alkohol atau narkoba atau jika Anda merasa khawatir dengan kondisi seorang rekan kerja, sampaikanlah kepada:

– Supervisor atau manajer

– Program Bantuan Karyawan

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– EthicsPoint

– GLD tentang Kesehatan

– Bacalah program narkoba dan alkohol yang ada di tempat kerja Anda

Harapan kami kepada Anda

Selalu ikuti Pedoman Perilaku Bisnis. Jika Anda mengkonsumsi alkohol di ‘kantin alkohol’ atau pada tempat yang telah ditentukan, atau di luar tempat kerja selama hari kerja atau periode kerja terjadwal, Anda tidak boleh kembali ke tempat kerja hingga hari kerja selanjutnya atau periode kerja terjadwal selanjutnya, atau jika Anda benar-benar sehat dan siap untuk bekerja.

Untuk mencegah merokok pasif dan mencegah masuknya asap rokok ke area kerja, maka area merokok yang ditentukan harus disebutkan secara jelas, ditutup dari area yang berdekatan, dan mendapatkan ventilasi yang cukup. Anda hanya boleh merokok di area ini.

Semua karyawan yang berada di tempat kerja harus bebas dari alkohol dan narkoba. Oleh karena itu, semua karyawan dan pengunjung tempat kerja BHP Billiton dapat dikenakan uji narkoba dan alkohol.

Jika Anda mengalami ketergantungan narkoba atau alkohol, Anda diharapkan untuk mencari bantuan dan menjalani program rehabilitasi yang sesuai.

Nilai-nilai Keberlanjutan dalam Falsafah Perusahaan menyatakan bahwa kita mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Oleh karena itu, semua tempat kerja BHP Billiton harus bebas dari penggunaan alkohol dan obat-obatan ilegal serta penyalahgunaan zat-zat lainnya.

Page 15: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 13

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Penggunaan alkohol, narkoba, dan tembakau

P Saya menerima pengobatan sesuai resep untuk masalah kesehatan pribadi yang sedang saya coba atasi. Setelah berbincang dengan dokter saya, ia mengatakan bahwa pengobatan tersebut tidak akan mempengaruhi pekerjaan saya. Apakah saya harus memberitahukan hal ini kepada supervisor saya?

J Anda harus memahami dan mematuhi program alkohol dan narkoba di Bisnis Anda. Jika Anda merasa bahwa kesehatan Anda untuk bekerja mungkin terganggu akibat masalah kesehatan pribadi atau pengobatan sesuai resep yang Anda terima, Anda wajib menyampaikannya kepada supervisor atau manajer Anda.

P Saya sangat menantikan acara perayaan Natal tahun ini bersama tim saya. Selama ini kami telah bekerja keras dan ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk bersenang-senang. Saya paham bahwa Perusahaan tidak memberikan toleransi terhadap alkohol di tempat kerja, namun saya berencana untuk mengadakan minum-minum karena perayaan ini bukan di tempat kerja. Apakah hal ini dibolehkan?

J Perayaan Natal adalah kesempatan yang baik bagi tim untuk merayakan pencapaiannya selama satu tahun. Jika Anda akan kembali ke tempat kerja atau kantor setelah perayaan tersebut, Anda tidak boleh mengkonsumsi alkohol. Jika Anda tidak kembali ke tempat kerja setelah acara tersebut, Anda boleh mengkonsumsi alkohol, namun berhati-hatilah agar Anda tiba di rumah dengan selamat. Anda wajib menunjukkan tingkat perilaku yang bertanggung jawab dan rasa hormat kepada orang lain. Selalu pertimbangkan reputasi pribadi Anda dan reputasi Perusahaan.

– Masuk kerja dalam keadaan sehat dan siap untuk melaksanakan tugas yang diberikan.

– Mengenali dan menindaklanjuti gejala awal kondisi ketergantungan pada diri Anda atau orang lain yang Anda awasi.

– Mengatasi masalah ketergantungan ini dengan rasa hormat dan rahasia. Sampaikan kekhawatiran Anda kepada supervisor, manajer, atau perwakilan Sumberdaya Manusia.

– Mengikuti ketentuan pemberitahuan program alkohol dan narkoba Bisnis Anda jika Anda mengonsumsi obat-obatan dengan resep dokter atau menerima perawatan medis atas ketergantungan Anda yang mungkin akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk bekerja dengan aman.

– Menyampaikan kepada supervisor atau manajer Anda jika Anda merasa ragu dengan kesehatan Anda untuk bekerja.

– Mematuhi program pemeriksaan narkoba BHP Billiton.

– Melakukan pekerjaan (termasuk mengemudi ke dan dari tempat kerja dan menjalankan tugas kerja) jika Anda di bawah pengaruh alkohol atau narkoba (ilegal, legal, atau dengan resep).

– Mengkonsumsi atau menawarkan alkohol kepada karyawan lain di tempat kerja atau kantor BHP Billiton kecuali di 'kantin alkohol’ atau pada acara yang disetujui.

– Memiliki, menggunakan, atau bertransaksi narkoba atau zat-zat terlarang di tempat kerja atau kantor BHP Billiton.

– Merokok di tempat kerja atau kantor BHP Billiton kecuali yang diperbolehkan di area merokok yang sudah ditentukan.

– Mengabaikan penyalahgunaan zat-zat terlarang.

Page 16: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 14

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Sumberdaya Manusia

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Harapan kami kepada Anda

Bersama-sama, Anda dan supervisor atau manajer Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda:

– mengetahui kewajiban kerja Anda;

– memiliki pembahasan kinerja yang terbuka dan konstruktif;

– didukung untuk mengembangkan kemampuan kerja Anda;

– diperlakukan secara adil, penuh rasa hormat dan bermartabat serta tanpa diskriminasi.

Pekerjaan, peluang pengembangan karier dan kenaikan jabatan di BHP Billiton ditawarkan dan diberikan berdasarkan prestasi.

Semua karyawan dan pelamar kerja akan diperlakukan dan dievaluasi berdasarkan kecakapan, kualifikasi dan kemampuan kerjanya. Keputusan berdasarkan atribut yang tidak berhubungan dengan kinerja, seperti ras, jenis kelamin, seksualitas, atau tanggung jawab keluarga, merupakan diskriminasi yang melanggar hukum dan sangat dilarang.

Di sejumlah negara kita harus memenuhi kewajiban hukum yang dirancang untuk memperbaiki masalah ketidaksetaraan dan ketidakadilan kerja. Misalnya, di Afrika Selatan, BHP Billiton beroperasi berdasarkan peraturan Black Economic Empowerment (Pemberdayaan Ekonomi Warga Kulit Hitam).

Apabila hukum setempat bertentangan dengan standar Perusahaan, maka manajer lokal diwajibkan untuk memberikan petunjuk yang jelas kepada karyawan mengenai perilaku yang diterima serta penerapan hukum. BHP Billiton akan berupaya untuk memenuhi standar Perusahaan dan juga kewajiban hukum. Apabila hal ini tidak memungkinkan, maka kewajiban hukumlah yang diutamakan.

Kesetaraan dalam pekerjaanKita berkomitmen untuk membangun dan menjaga tempat kerja yang beragam dan inklusif yang memperlakukan setiap karyawan dengan adil dan penuh rasa hormat, memiliki peluang untuk mewujudkan potensi maksimalnya, dan memberi kontribusi untuk kesuksesan Perusahaan.

Page 17: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 15

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Kesetaraan dalam pekerjaan

P Saya sedang merekrut karyawan untuk pekerjaan yang melibatkan banyak perjalanan. Salah satu kandidat berstatus orang tua tunggal dan meskipun memiliki pengalaman dan kualifikasi yang sangat baik, saya tidak yakin kandidat ini akan mampu menjalani semua perjalanan tersebut. Apakah saya sebaiknya mewawancarai kandidat tersebut hanya untuk formalitas atau menghapusnya dari daftar sekarang juga?

J Dengan membuat asumsi seperti ini, Anda melanggar Pedoman Perilaku Bisnis Perusahaan dan, di sebagian besar lokasi, mungkin melanggar hukum. Anda tidak boleh mendiskriminasi atau membuat asumsi tentang kandidat berdasarkan atribut pribadi seperti tanggung jawab keluarganya. Di BHP Billiton, semua orang diberi kesempatan kerja yang sama dan keputusan untuk merekrut didasarkan pada prestasi. Dalam hal ini, Anda harus memberikan informasi kepada semua kandidat mengenai kebutuhan perjalanan untuk jabatan tersebut. Keputusan mengenai apakah mereka dapat memenuhi persyaratan ini harus diambil oleh mereka sendiri.

P Jenny baru saja dipromosikan sebagai supervisor dalam tim kami dan saya cukup yakin bahwa ia mendapatkan jabatan itu karena kakaknya adalah seorang pengawas di tempat itu. Apakah adil bahwa ia mendapatkan jabatan tersebut padahal ada orang lain yang tampaknya lebih berpengalaman?

J Semua promosi didasarkan pada prestasi, termasuk keterampilan, kinerja, pengalaman, sikap dan perilaku yang ditunjukkan, serta didukung oleh perencanaan suksesi. Semua kandidat juga dapat meminta dan menerima umpan balik atas permohonan mereka. Setiap kekhawatiran tentang proses rekrutmen harus terlebih dahulu dilaporkan kepada perwakilan Sumberdaya Manusia di tempat Anda.

– Mentolerir diskriminasi apa pun yang melanggar hukum.

– Mengambil keputusan berdasarkan atribut yang tidak berhubungan dengan kemampuan atau kinerja.

– Menunjukkan keadilan dan rasa hormat dalam semua urusan Anda sesuai dengan Falsafah Perusahaan.

– Memastikan bahwa keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti rekruitmen, kenaikan pangkat, pelatihan dan pengembangan, kompensasi dan pemberhentian kerja, semata-mata didasarkan pada prestasi dan pertimbangan bisnis.

– Memahami dan bertindak sesuai dengan peraturan daerah dan pertimbangan budaya yang dapat memengaruhi keputusan dan tindakan di tempat kerja.

– Menghomati hak asasi manusia dari setiap karyawan, kontraktor, dan mitra bisnis kita.

– Menyampaikan kepada perwakilan Sumberdaya Manusia atau Hukum Grup jika Anda memiliki pertanyaan apa pun tentang penerapan hukum.

– Melaporkan bukti adanya pekerja anak atau pekerja paksa atau perlakuan yang tidak manusiawi terhadap karyawan dalam kegiatan operasi kita atau yang terkait dengan Perusahaan secara langsung ke supervisor, manajer, atau perwakilan Sumberdaya Manusia Anda.

Page 18: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 16

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Sumberdaya Manusia

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

– Program Bantuan Karyawan

Pelecehan adalah tindakan, sikap atau perilaku yang dipandang sebagai sesuatu yang tidak diinginkan, mempermalukan, mengintimidasi, atau menyinggung oleh penerimanya. Ancaman (bullying) adalah kekerasan lisan, fisik, sosial, atau psikologis yang berulang-ulang oleh seseorang atau sekelompok orang di tempat kerja.

Pelecehan dan ancaman (bullying) merupakan tindakan yang melanggar hukum di banyak negara dan dapat menyebabkan hukuman bagi individu dan bagi BHP Billiton.

Pelecehan dan ancaman (bullying) di tempat kerja tidak boleh dicampuradukkan dengan umpan balik yang membangun atau pembinaan untuk pengembangan atas prestasi kerja atau perilaku individu atau kelompok yang berhubungan dengan pekerjaan.

Pelecehan dan ancaman (bullying)

Harapan kami kepada Anda

Anda dilarang keras terlibat dalam tindakan atau perilaku yang melibatkan pelecehan atau ancaman (bullying).

Anda diharapkan untuk bersikap inklusif, kolaboratif, dan suportif. Anda sebaiknya mempertimbangkan implikasi dari perilaku Anda serta mendukung rekan-rekan Anda untuk berbicara dan menyampaikan kekhawatiran/masalah.

BHP Billiton diatur dan mematuhi peraturan perundang-undangan masing-masing negara terkait perlakuan yang adil dan pantas terhadap orang lain. Selalu mengingat pertimbangan budaya dan menunjukkan rasa hormat, terutama saat bepergian ke lokasi operasi atau negara yang berbeda.

BHP Billiton tidak memberikan toleransi terhadap segala bentuk pelecehan atau ancaman (bullying) di tempat kerja kita. Nilai-nilai Falsafah Perusahaan mendukung budaya yang memperlakukan orang dengan adil, penuh hormat, dan bermartabat.

Page 19: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 17

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Pelecehan dan ancaman (bullying)

P Pada pertemuan tim kemarin, seorang anggota tim saya, Dave, mengajukan pertanyaan dan bosnya menjawab dengan mengatakan bahwa pertanyaan tersebut adalah pertanyaan bodoh yang sudah ia duga akan ditanyakan oleh Dave. Kejadian seperti ini sudah berulang kali saya saksikan. Saya tidak tahu bagaimana perasaan Dave, tapi komentar tersebut membuat saya merasa tidak nyaman. Saya memberi tahu istri saya semalam, tapi ia mengatakan bahwa itu bukan urusan saya. Apa yang harus saya lakukan?

J Jika komentar dari bos Dave membuat Anda merasa tidak nyaman, maka ada kemungkinan bahwa komentar tersebut juga membuat Dave merasa tidak nyaman. Jika dirasa tepat, ajak Dave untuk berbicara dan tanyakan bagaimana perasaannya atas situasi tersebut, dengan mengatakan bahwa menurut Anda komentar tersebut merupakan perilaku yang tidak pantas. Doronglah Dave untuk berbicara kepada bosnya, manajer dua tingkat di atasnya, perwakilan Sumberdaya Manusia, atau menghubungi EthicsPoint. Anda juga bertanggung jawab untuk melaporkan hal tersebut. Anda juga harus berbicara kepada manajer dua tingkat di atas Anda, perwakilan Sumberdaya Manusia Anda atau menghubungi EthicsPoint. Kita semua bertanggung jawab untuk menjunjung tinggi Pedoman Perilaku Bisnis ini dan Anda tidak harus terkena dampak langsung untuk melaporkan apa yang Anda lihat.

P Manajer saya terus mengubah tenggat waktu untuk saya, sehingga saya terpaksa bekerja berjam-jam, berbicara kepada saya dengan cara yang merendahkan ketika tidak ada orang lain, dan biasanya mengabaikan masukan saya. Saya merasa sangat cemas. Apa yang harus saya lakukan?

J Karyawan kita adalah aset Perusahaan yang paling penting dan mereka harus merasa dihormati dan dilibatkan. Jika perilaku ini membuat Anda merasa cemas, pertimbangkanlah untuk menyampaikan kekhawatiran Anda kepada manajer Anda terlebih dahulu. Jika Anda merasa tidak nyaman untuk melakukan hal ini, atau membahas hal tersebut tidak menyelesaikan masalah, berbicaralah dengan manajer dua tingkat di atas Anda atau dengan perwakilan Sumberdaya Manusia. Anda juga dapat menghubungi Program Bantuan Karyawan (EAP) di tempat Anda untuk mendapatkan dukungan.

– Memperlakukan semua orang penuh hormat dan bermartabat sesuai dengan nilai-nilai Falsafah Perusahaan.

– Menyampaikan jika Anda merasa tidak nyaman atau kesal dengan komentar atau perilaku seseorang, dan sampaikan secara langsung.

– Menyiapkan diri untuk menyesuaikan perilaku Anda berdasarkan umpan balik yang Anda terima atau bila mempertimbangkan pertimbangan budaya di lokasi operasi atau negara lain.

– Tidak segan-segan untuk berbicara terus terang, meskipun perilaku tersebut tidak ditujukan langsung kepada Anda.

– Mendorong dan menekankan tempat kerja yang bebas dari pelecehan dan ancaman (bullying).

– Berperilaku dengan cara yang menyinggung, menghina, mengintimidasi, jahat, atau mempermalukan.

– Membuat lelucon atau komentar tentang ras, jenis kelamin, etnis, agama, preferensi seksual, usia, penampilan fisik, atau cacat seseorang.

– Berasumsi bahwa perilaku yang dapat diterima itu sama di setiap budaya.

– Terlibat dalam pelecehan seksual.

– Menyebarkan atau menampilkan materi ofensif, termasuk gambar atau kartun yang tidak pantas.

– Menggunakan sumber daya BHP Billiton untuk menyebarkan materi ofensif.

Page 20: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 18

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Layanan – Manajemen Informasi

– GLD tentang Keamanan – Manajemen Informasi

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Informasi pribadi dan privasi

BHP Billiton hanya akan mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan menyimpan informasi pribadi yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan bisnis, sebagaimana diizinkan oleh hukum di tempat-tempat yang menjadi lokasi operasional kita.

Informasi pribadi adalah informasi apa pun yang dapat mengidentifikasi individu, baik dari informasi itu sendiri atau perpaduan dengan informasi lain yang kemungkinan besar merupakan milik BHP Billiton.

Informasi pribadi akan dikumpulkan dengan cara yang wajar dan sesuai hukum serta dengan cara yang tidak mengganggu. Kita tidak akan menggunakan atau mengungkapkan informasi tersebut dengan cara yang tidak sesuai dengan tujuan pengumpulannya, kecuali bila diizinkan oleh hukum.

Jika diizinkan oleh hukum, BHP Billiton berhak memantau atau mengaudit penggunaan sistem informasi oleh karyawan dan mengakses komunikasi elektronik atau informasi yang tersimpan pada sistem, perangkat, atau peralatan untuk pemeliharaan, keperluan bisnis, atau untuk memenuhi ketentuan hukum atau kebijakan.

Harapan kami kepada Anda

Anda sebaiknya memahami standar dan prosedur Prosedur tentang informasi pribadi dan privasi.

Jika Anda ragu tentang cara menangani informasi pribadi, konsultasikanlah dengan perwakilan Hukum Grup Anda.

Informasi yang ada pada komputer dan email Perusahaan dapat diakses untuk alasan hukum atau lainnya. Jika Anda tidak ingin orang lain membaca suatu email, pertimbangkan ulang pengirimannya.

Selalu perlakukan informasi pribadi dan privasi orang lain dengan penuh hormat.

Kita menghormati informasi pribadi dan privasi Anda serta mengharapkan Anda untuk menghormati informasi pribadi dan privasi orang lain.

Page 21: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 19

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Informasi pribadi dan privasi

P Saya menerima telepon dari seseorang yang tidak saya kenal. Mereka mengatakan bahwa mereka pernah mengadakan pertemuan dengan seorang karyawan, tetapi mereka terlambat dan menanyakan apakah saya bisa memberikan detail kontak karyawan tersebut. Apa yang harus saya lakukan?

J Informasi kontak karyawan bersifat rahasia dan tidak boleh diberikan kepada pihak luar. Memberikan informasi ini dapat dianggap sebagai pelanggaran terhadap undang-undang privasi. Anda harus bertanya kepada penelepon apakah Anda bisa menyampaikan pesan kepada karyawan tersebut.

P Saya baru saja mengubah alamat dan nomor telepon saya, tetapi belum memberi tahu siapa pun di BHP Billiton. Apakah hal ini bisa menjadi masalah?

J BHP Billiton diwajibkan oleh hukum untuk menjaga keakuratan dan memperbarui informasi pribadi Anda guna memastikan bahwa Anda atau saudara terdekat Anda dapat dihubungi dalam keadaan darurat. Anda bertanggung jawab untuk segera memberi tahu kami tentang semua perubahan informasi pribadi Anda. Anda dapat melakukannya melalui Portal atau dengan memberikan informasi tersebut kepada supervisor atau manajer Anda.

– Mengakses informasi pribadi kecuali Anda memiliki izin dan kepentingan bisnis yang jelas.

– Memberikan informasi pribadi karyawan kepada siapa pun di dalam atau di luar BHP Billiton tanpa izin.

– Melakukan pemeriksaan referensi atau keamanan tanpa izin atau persetujuan dari individu yang bersangkutan.

– Memindahkan informasi pribadi antar berbagai badan hukum BHP Billiton atau di luar negara asal tanpa memeriksa proses yang benar. Bicaralah kepada perwakilan Hukum Grup jika Anda tidak yakin.

– Mengumpulkan informasi pribadi langsung dari individu yang bersangkutan bilamana wajar dan praktis.

– Mematuhi semua ketentuan hukum yang berlaku atas pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, dan penyimpanan informasi pribadi.

– Hanya mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan menyimpan informasi pribadi yang diperlukan untuk kegiatan dan fungsi yang sah.

– Menggunakan informasi pribadi dengan cara yang sejalan dan sesuai dengan tujuan pengumpulannya, kecuali disetujui oleh individu yang bersangkutan.

– Memanfaatkan pengamanan untuk membantu melindungi informasi pribadi terhadap berbagai risiko kehilangan atau kerusakan atau akses yang tidak sah, atau penggunaan, modifikasi atau pengungkapan informasi pribadi.

– Memastikan bahwa informasi pribadi tidak disimpan lebih lama dari yang diharuskan secara hukum atau diperlukan untuk memenuhi alasan bisnis pengumpulannya.

– Menjaga keakuratan informasi pribadi.

– Memeriksa ketentuan hukum yang berlaku terhadap informasi pribadi yang berlaku di wilayah Anda.

Page 22: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 20

LingkunganMenjalin hubungan dengan masyarakat

Sumbangan dan kegiatan politik

Korupsi

Bekerja sama dengan pemerintah

Menghormati hak asasi manusia

3. Pemerintah dan masyarakat

Page 23: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 21

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Manajemen Keamanan dan Darurat

– GLD tentang Lingkungan

– GLD tentang Masyarakat

– GLD tentang Sumberdaya Manusia

– GLD tentang Penyediaan S2C (Source to Contract)

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– Perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs)

– EthicsPoint

Menghormati hak asasi manusia

Kita percaya bahwa kontribusi kita terhadap pembangunan dan program kemasyarakatan dapat memberikan kontribusi lebih lanjut terhadap perwujudan hak asasi manusia.

Kita mengakui bahwa kegiatan kita berpotensi mengakibatkan dampak terhadap hak asasi manusia dan akan menyikapi hal ini melalui praktik bisnis utama kita. Hal ini mencakup lingkungan kerja, kegiatan tenaga kerja, relokasi dan program-program masyarakat setempat.

GLD Perusahaan tentang masyarakat didasarkan pada Garis-garis Besar PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia.

Kita bergaul dengan masyarakat dan berupaya memahami implikasi sosial, budaya, lingkungan dan ekonomi dari kegiatan kita sehingga kita dapat menjawab kekhawatiran, mengurangi dampak negatif, dan mengoptimalkan keuntungan bagi masyarakat setempat dan ekonomi secara keseluruhan.

Kita melakukan penilaian dampak hak asasi manusia pada aset Perusahaan untuk mengidentifikasi dan memahami potensi dampak yang ada dan mengimplementasikan program manajemen untuk mengurangi atau menghilangkan dampak tersebut. Kita juga memiliki saluran keluhan dan pengaduan lokal serta mengambil langkah perbaikan yang sesuai bila diperlukan.

Kita mengakui hak-hak tradisional masyarakat adat dan menerima hak mereka untuk mempertahankan budaya, identitas, tradisi, dan adat-istiadat mereka. Kita mendorong kepekaan budaya serta mengakui dan menghormati berbagai situs, tempat, bangunan, dan objek yang memiliki nilai budaya atau tradisi.

Komitmen kita

BHP Billiton mematuhi Pernyataan Posisi International Council of Mining and Metals (ICMM) mengenai Masyarakat Adat dan Pertambangan untuk terlibat dengan masyarakat Adat terkait dengan operasi baru atau proyek utama yang terletak di tanah tradisional yang dimiliki oleh, atau di bawah pengelolaan masyarakat Adat, dan berpotensi memiliki dampak buruk bagi masyarakat Adat.

Komitmen kita terwujud dengan penyelesaian proses-proses pemerintah setempat atau kepatuhan dengan hukum dalam negeri yang umumnya sesuai dengan prinsip-prinsip Pernyataan Posisi ICMM, termasuk yurisdiksi yang mengikuti Konvensi Organisasi Buruh Internasional No. 169.

Kita berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan keamanan operasi kita dengan cara yang menegakkan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Prosedur keamanan kita sejalan dengan komitmen kita terhadap Prinsip-Prinsip Sukarela mengenai Keamanan dan Hak Asasi Manusia.

Penyedia layanan keamanan swasta yang digunakan oleh BHP Billiton wajib menandatangani, atau memberikan persetujuan tertulis untuk mematuhi Pedoman Perilaku Internasional bagi Penyedia Layanan Keamanan Swasta. Pernyataan tertulis akan diberikan kepada penyedia layanan keamanan yang menjabarkan komitmen kita terhadap Prinsip-Prinsip Sukarela dan harapan kita kepada mereka.

Jika relokasi diperlukan, maka hal tersebut akan dilakukan sesuai dengan Standar Kinerja Korporasi Keuangan Internasional 5: Akuisisi Lahan dan Relokasi Paksa

Kita memiliki ketentuan tidak ada toleransi terkait hak asasi manusia untuk pemasok barang dan jasa, termasuk dalam hal tenaga kerja anak, perlakuan yang tidak manusiawi terhadap karyawan dan tenaga kerja paksa atau wajib.

BHP Billiton mendukung hak asasi manusia sesuai dengan Deklarasi Universal PBB mengenai Hak Asasi Manusia. Kita berupaya untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dan peluang untuk penyertaan serta untuk menghormati hak-hak karyawan dan individu yang dikontrak oleh Perusahaan, anggota masyarakat lokal kita serta pemangku kepentingan lain yang terkena dampak langsung oleh operasi kita.

Page 24: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 22

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Menghormati hak asasi manusia

P Saya memahami bahwa masyarakat Adat setempat memiliki hubungan yang kuat dengan lahan tempat kita beroperasi namun sepertinya belum ada keterlibatan aktif untuk memastikan bahwa lahan mereka diidentifikasi dan dikelola secara efektif. Saya mengungkapkan hal ini kepada tim saya dan mereka tampaknya berpikir bahwa mereka tidak perlu mengkhawatirkannya. Apakah hal ini benar?

J Semua aset kita harus mengimplementasikan kerangka kerja untuk mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mengelola aspek-aspek penting budaya. Anda harus mengungkapkan kekhawatiran Anda kepada supervisor atau manajer Anda atau hubungi EthicsPoint.

P Saya bekerja di suatu lokasi dengan orang yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Saya kadang-kadang mendengar istilah dan julukan yang mengejek yang ditujukan kepada orang-orang ini. Ketika saya menyampaikan hal ini kepada supervisor saya, mereka berkata bahwa hal tersebut hanya untuk bercanda dan saya bereaksi berlebihan. Apa yang harus saya lakukan?

J Jenis perilaku seperti ini tidak dapat diterima. Di BHP Billiton, kita menghargai keragaman dan penyertaan serta memperlakukan orang lain dengan penuh hormat. Setiap karyawan bertanggung jawab untuk selalu mempertimbangkan dampak dari perilakunya serta mengambil langkah korektif bila diperlukan. Anda harus mempertimbangkan untuk terlebih dahulu menyampaikan kekhawatiran Anda kepada supervisor Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak berhasil melakukan hal ini, Anda sebaiknya membahas hal tersebut dengan manajer dua tingkat di atas Anda atau dengan perwakilan Sumberdaya Manusia. Jika masalah tersebut belum selesai, hubungi EthicsPoint.

– Mempertimbangkan implikasi hak asasi manusia dari semua kegiatan Perusahaan kita.

– Bersiap untuk menyesuaikan perilaku Anda menurut perilaku, praktik, dan adat-istiadat setempat, selama hal tersebut tidak melanggar hak asasi manusia atau Falsafah Perusahaan.

– Melaporkan bukti pelanggaran hak asasi manusia kepada perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) atau Sumberdaya Manusia di tempat Anda.

– Menyelidiki kekhawatiran dan keluhan tentang hak asasi manusia serta melaporkan dampaknya kepada pemangku kepentingan terkait.

– Melakukan uji tuntas terhadap mitra dan kontraktor kita untuk menilai kesesuaiannya dengan hak asasi manusia.

– Menggunakan lembaga publik atau swasta untuk memberikan pengamanan terhadap lokasi kerja BHP Billiton tanpa memastikan kepatuhan mereka dengan ketentuan dan tujuan dari Prinsip-Prinsip Sukarela tentang Keamanan dan Hak Asasi Manusia.

Page 25: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 23

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– Supervisor atau manajer

– Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs)Grup

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

– GLD tentang Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs), Hubungan Investor dan Merek

– GLD tentang Anti Korupsi

– GLD tentang Masyarakat

Bekerja sama dengan pemerintah

Kita akan menjaga hubungan yang jujur dengan pemerintah dan lembaga, pejabat, serta personilnya.

Kemampuan kita untuk melakukan bisnis dipengaruhi secara langsung oleh pengambilan keputusan pemerintah, dan karena itu kita sebaiknya memiliki hubungan yang terbuka dan konstruktif dengan pemerintah.

BHP Billiton secara teratur menyampaikan informasi dan pendapat dengan pemerintah tentang hal-hal yang mempengaruhi operasi dan industri kita secara umum.

Pertukaran informasi dan pendapat seperti ini sangat penting untuk memudahkan pengambilan keputusan yang matang oleh pemerintah dan juga BHP Billiton.

Harapan kami kepada Anda

Jika Anda memberikan informasi kepada pemerintah atas nama BHP Billiton, Anda wajib memastikan bahwa semua informasi tersebut akurat dan sesuai dengan tujuan. Kesalahan atau kelalaian dalam memberikan informasi dapat merusak reputasi BHP Billiton dan bisa melanggar hukum.

Jika Anda diminta untuk membuat pernyataan atas nama BHP Billiton tentang masalah pemerintah dan dengan pejabat pemerintah, Anda wajib mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta menyampaikannya kepada Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) Grup.

BHP Billiton menghormati wewenang pemerintah di mana pun kita melakukan bisnis.

Page 26: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 24

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Bekerja sama dengan pemerintah

P Anda telah menerima beberapa tiket untuk perusahaan untuk menghadiri suatu acara olahraga penting. Anda juga sedang menunggu izin perpanjangan penting untuk salah satu kegiatan operasi kita dan mengetahui bahwa pejabat pemerintah yang terlibat dalam pemberian izin tersebut mendukung salah satu tim yang bertanding. Apakah Anda boleh mengundang pejabat tersebut?

J Anda tidak boleh menawarkan tiket kepada pejabat pemerintah tersebut selama periode ini, karena melakukan hal tersebut dapat menimbulkan konflik kepentingan bagi dirinya dan merupakan pelanggaran terhadap GLD Anti Korupsi kita. Pejabat pemerintah harus mengambil keputusan tentang izin tersebut dan tidak boleh dipengaruhi, atau dianggap telah dipengaruhi, oleh siapa pun yang berhubungan dengan organisasi kita.

P Saya menghadiri sebuah acara penggalangan dana untuk seorang kandidat politik pro-bisnis yang pada umumnya memiliki pandangan yang positif tentang BHP Billiton. Bolehkah saya meminta Perusahaan untuk mengganti pengeluaran ini?

J Anda tidak boleh meminta Perusahaan untuk mengganti pengeluaran tersebut. Pendekatan kita terhadap partisipasi perusahaan dalam kegiatan politik bersifat umum dan berlaku secara global: kita tidak akan memberikan sumbangan politik dalam bentuk uang atau barang di mana pun di dunia. Sebagai individu, Anda bebas untuk mendukung kandidat politik pilihan Anda, selama Anda mengerti bahwa Anda tidak mewakili BHP Billiton.

– Bersikap jujur, akurat, kooperatif dan santun saat berurusan dengan pejabat pemerintah.

– Mempertimbangkan potensi adanya risiko korupsi saat berurusan dengan pejabat pemerintah.

– Bersikap tegas terhadap potensi adanya korupsi.

– Menyetujui, menawarkan, memberikan, atau menjanjikan sesuatu yang bernilai baik secara langsung atau tidak langsung kepada pejabat pemerintah untuk mempengaruhi tindakan kedinasan mereka.

– Mencoba untuk mengganggu pengumpulan informasi, data, testimoni, atau catatan resmi oleh pejabat pemerintah yang berwenang atau menghalangi pemberian informasi tersebut oleh karyawan lain secara sah dan benar.

– Mengambil tindakan terhadap siapa pun yang secara sah dan benar bekerja sama dengan lembaga pemerintah.

– Menerima informasi tentang pemilihan pemasok secara kompetitif oleh pemerintah atau penawaran atau proposal pesaing (kecuali bila pemerintah secara khusus dan sah mengizinkan pengungkapan informasi tersebut).

Page 27: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 25

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs), Hubungan Investor dan Merek

– GLD tentang Anti Korupsi

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs)

– Perwakilan Kepatuhan Hukum Grup

– EthicsPoint

Sumbangan dan kegiatan politik

Kita tidak akan menyumbangkan dana ke partai politik, politisi, pejabat terpilih, atau kandidat jabatan publik di negara mana pun. BHP Billiton diperbolehkan untuk menyampaikan pandangan kita kepada pemerintah tentang hal-hal yang memengaruhi kepentingan dan kegiatan operasi Perusahaan. Hal ini harus dilakukan dengan cara yang menunjukkan standar etika yang tinggi dan mematuhi undang-undang.

Kegiatan yang memerlukan pendaftaran dan persetujuan sebelumnya meliputi:

– membayar meja di tempat kegiatan atau acara yang disponsori oleh atau berhubungan dengan partai politik, politisi, atau kandidat politik. Misalnya, program pengamat bisnis partai politik;

– mensponsori riset ‘tim pemikir’ yang berafiliasi atau terkait dengan partai politik;

– terlibat dalam acara apa pun yang berbayar yang diselenggarakan oleh atau atas nama sebuah partai politik.

Contoh kegiatan atau sumbangan politik yang dilarang adalah:

– mensponsori atau menyelenggarakan kegiatan atau acara yang dilaksanakan oleh atau berhubungan dengan partai politik, politisi, pejabat terpilih, atau kandidat jabatan publik dengan tujuan untuk menggalang dana;

– menggratiskan atau memberi diskon atas gedung atau peralatan BHP Billiton sebagai donasi bukan uang kepada partai politik;

– membayar upah atau gaji (termasuk biaya tambahan) karyawan BHP Billiton yang bekerja untuk sebuah partai politik atau kandidat pada jam kerja normal (namun tidak jika karyawan tersebut mengambil cuti dibayar untuk bekerja bagi partai atau kandidat tersebut).

Harapan kami kepada Anda

Anda boleh berpartisipasi sebagai individu dalam proses politik selama Anda memahami, dan mengerti bahwa Anda tidak mewakili BHP Billiton.

Anda juga boleh terlibat dalam acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh partai politik, politisi, pejabat terpilih atau kandidat jabatan publik selama:

– keterlibatan Anda hanya untuk tujuan bisnis;

– kegiatan tersebut terdaftar secara formal dan disetujui sebelumnya oleh perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) Anda dan persetujuan tersebut diperoleh sesuai dengan GLD Anti korupsi BHP Billiton.

Kita mengakui hak-hak karyawan dan menghormati pilihannya untuk berpartisipasi sebagai individu dalam proses politik. Anda wajib mengajukan cuti jika Anda melanjutkan jabatan atau melaksanakan tugas sebagai pejabat publik selama jam kerja normal.

Partisipasi seperti itu, termasuk sumbangan waktu dan uang, harus dilakukan oleh Anda sendiri dan pandangan politik Anda tidak boleh dianggap sebagai pandangan BHP Billiton.

Pendekatan BHP Billiton terhadap partisipasi perusahaan dalam kegiatan politik bersifat umum dan berlaku secara global: kita tidak akan memberikan sumbangan politik dalam bentuk uang atau barang di mana pun di dunia.

Page 28: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 26

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Sumbangan dan kegiatan politik

P Saya berada di suatu pesta dan orang-orang membahas tentang perubahan iklim serta bertanya kepada saya mengenai sikap BHP Billiton mengenai perubahan iklim. Apa yang harus saya lakukan?

J Meskipun Anda tidak boleh memberikan jawaban atas nama BHP Billiton, Anda dapat memintanya untuk mengunjungi situs web BHP Billiton untuk informasi selengkapnya tentang kebijakan iklim kita. Jika Anda memahami butir-butir utama dari kebijakan tersebut, Anda boleh menyoroti butir-butir tersebut – namun tetap memintanya untuk membuka situs web. Jika Anda memiliki pendapat pribadi tentang perubahan iklim, atau masalah kebijakan publik lainnya, Anda tentu saja boleh untuk mengungkapkannya – namun harus Anda pastikan bahwa pendapat ini adalah pendapat pribadi Anda, dan jangan mencoba untuk berbicara atas nama BHP Billiton.

P Ada acara barbekyu lokal untuk sebuah acara politik dan penyelenggaranya bertanya apakah bisa memasang tendanya pada sepetak lahan milik Perusahaan kita. Kita tidak akan mendukung acara tersebut dengan cara apa pun, hanya mengizinkan mereka untuk memasang tenda tersebut di lahan kita. Apakah hal ini dibolehkan?

J Pedoman ini dengan jelas menyatakan bahwa kita tidak boleh menggunakan aset atau sumber daya kita untuk kampanye politik atau kegiatan politik. Anda harus meminta mereka untuk mencari lokasi alternatif untuk acara tersebut.

– Melakukan transaksi bisnis atas nama BHP Billiton dengan partai politik, politisi, pejabat terpilih atau kandidat jabatan publik di negara mana pun sesuai dengan Pedoman ini dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berhubungan dengan anti korupsi dan partisipasi perusahaan dalam urusan publik.

– Meminta persetujuan yang tepat atas keterlibatan dalam semua acara atau kegiatan bisnis yang diselenggarakan oleh atau atas nama partai atau kandidat politik serta bersikap transparan saat melakukan kegiatan tersebut.

– Memperhatikan reputasi BHP Billiton dan bagaimana anggapan publik terhadap tindakan Anda saat berurusan dengan pejabat pemerintah.

– Menegaskan bahwa Anda berbicara atas nama Anda sendiri dan bukan atas nama BHP Billiton.

– Mendiskusikan dengan supervisor atau manajer Anda sebelumnya jika Anda berencana untuk mencari atau menerima peran sebagai pejabat publik. Jika hal ini dapat menimbulkan konflik kepentingan, Anda harus mendokumentasikannya secara tertulis.

– Memberikan sumbangan dalam bentuk uang atau barang atau mengganti pengeluaran biaya dengan menggunakan akun/rekening BHP Billiton untuk kampanye politik, partai politik, kandidat politik, pejabat terpilih, atau semua organisasi afiliasinya.

– Menggunakan atau mengizinkan orang lain untuk menggunakan aset atau sumber daya BHP Billiton untuk kampanye politik, partai politik, kandidat politik, pejabat terpilih, atau semua organisasi afiliasinya.

– Menggunakan sumbangan amal sebagai pengganti pembayaran politik.

– Menggunakan jabatan Anda di BHP Billiton untuk mencoba mempengaruhi orang lain untuk memberikan sumbangan politik atau memberikan dukungan kepada partai politik atau politisi mana pun.

Page 29: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 27

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Anti Korupsi

– GLD tentang Masyarakat

Setiap kekhawatiran terkait anti korupsi harus segera dilaporkan.

– Perwakilan Kepatuhan Hukum Grup

– EthicsPoint

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

Korupsi

Korupsi menyalahgunakan sumberdaya, memperburuk kemiskinan, melemahkan integritas pemerintah dan masyarakat untuk mengambil keputusan serta membuang peluang yang timbul dari pengembangan sumberdaya. Korupsi juga merupakan tindak kejahatan menurut undang-undang yang berlaku bagi BHP Billiton di seluruh dunia. Undang-undang ini juga melarang suap kepada individu yang memiliki wewenang seperti karyawan atau petugas dari pemasok dan pelanggan kita atau tokoh masyarakat.

Agar tetap sejalan dengan undang-undang antikorupsi lokal dan internasional, kita tidak mengizinkan, menawarkan, memberikan, atau menjanjikan sesuatu yang bernilai baik secara langsung atau tidak langsung (melalui pihak ketiga) kepada pejabat pemerintah untuk mempengaruhi tindakan kedinasan, atau kepada siapa pun untuk mendorong mereka melakukan pekerjaannya dengan tidak setia atau tidak benar.

Kita juga harus berhati-hati agar pihak ketiga yang bertindak atas nama kita tidak melanggar undang-undang anti korupsi, karena hal ini dapat menimbulkan tuntutan pidana bagi BHP Billiton.

Undang-undang anti-korupsi juga mewajibkan agar semua transaksi dicatat dengan benar dan rinci dalam pembukuan dan catatan BHP Billiton. Transaksi yang dicatat secara tidak akurat atau dengan cara yang menyembunyikan sifat asli dari transaksi tersebut tidak akan dapat dipantau dan dapat menimbulkan kecurigaan bahwa transaksi tersebut tidak sesuai.

BHP Billiton melarang pemberian uang pelicin sesuai dengan undang-undang anti korupsi sebagian besar negara. Permintaan uang pelicin harus segera dilaporkan kepada supervisor atau manajer Anda dan Bagian Kepatuhan Hukum Grup.

Kesehatan dan keselamatan karyawan adalah prioritas utama kita. Jika pembayaran tersebut harus dilakukan karena ada ancaman langsung atau terkait dengan kesehatan atau keamanan karyawan, agensi, kontraktor, atau petugas BHP Billiton, atau orang yang mendampinginya, hal tersebut harus segera dilaporkan kepada supervisor atau manajer dan perwakilan Bagian Kepatuhan Hukum Grup Anda.

Pelanggaran terhadap undang-undang anti korupsi merupakan pelanggaran serius, yang dapat mengakibatkan denda bagi BHP Billiton dan karyawan serta hukuman penjara bagi karyawan. Bahkan munculnya pelanggaran undang-undang ini dapat berdampak serius pada reputasi Perusahaan. Pelanggaran terhadap ketentuan anti korupsi Perusahaan juga dianggap sebagai pelanggaran serius yang dapat mengakibatkan tindakan disiplin, termasuk pemecatan.

Mematuhi undang-undang anti-korupsi sangat penting untuk melindungi reputasi BHP Billiton serta menjaga izin sosial operasi kita.

Page 30: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 28

Beberapa contoh

Jangan Pernah

Selalu

KorupsiP Saya dan manajer saya telah mengidentifikasi bahwa kita perlu membangun hubungan kerja yang lebih erat dengan para pejabat di kantor kementerian tambang setempat dan meningkatkan pemahaman mereka tentang operasi lokal kita. Para pejabat tersebut mengatakan bahwa mereka harus mengetahui orang-orang di perusahaan lain di daerah tersebut ketika pihak perusahaan menerbangkan mereka ke ibu kota untuk menghadiri acara olahraga, makan malam di sebuah restoran dan menginap di sebuah hotel yang bagus. Apakah hal ini dibolehkan?

J Memberikan tiket pesawat, akomodasi, dan hiburan dapat dianggap sebagai upaya untuk mempengaruhi pejabat dengan tidak pantas dan seharusnya tidak dilakukan dalam kasus seperti ini. Meningkatkan pemahaman para pejabat tentang operasi kita merupakan tujuan bisnis yang sah dan dapat dicapai dengan berkeliling lokasi di operasi lokal kita. Persetujuan di awal akan diminta sesuai dengan GLD Anti-korupsi kita dan perwakilan Kepatuhan Hukum Grup dapat memberitahu Anda tentang pengaturan apa saja yang sesuai.

P Saya sering berbincang dengan pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan yang akan mempengaruhi BHP Billiton. Setelah satu pertemuan, ia menarik saya ke samping dan menanyakan apakah saya bisa membantu anaknya masuk ke sekolah di Amerika Serikat. Ia membutuhkan surat dari BHP Billiton yang mengundang anaknya untuk mendapatkan pengalaman kerja di organisasi kita di Amerika Serikat, sehingga anaknya bisa mendapatkan visa. Ia menanyakan apakah saya bisa menggunakan rekening bank Amerika Serikat saya untuk membayar setoran ke sekolah tersebut dengan janji akan dikembalikan nanti. Saya ingin membantunya sebagai teman dan tidak berencana untuk meminta penggantian dana dari BHP Billiton. Apa yang harus saya lakukan?

J Jika Anda memberikan bantuan visa dan masuk sekolah, Anda menyediakan sesuatu yang bernilai kepada pejabat pemerintah tersebut. Mengingat pejabat tersebut saat ini tengah mengambil keputusan yang akan mempengaruhi BHP Billiton, hal ini dapat dianggap sebagai pelanggaran terhadap undang-undang anti korupsi dan tidak boleh terjadi dalam kasus seperti ini. Saran lebih lanjut dapat diperoleh dari Bagian Kepatuhan Hukum Grup.

– Mendapatkan izin terlebih dahulu sebagaimana diwajibkan sebelum menawarkan, menjanjikan, atau memberikan sesuatu yang bernilai, termasuk sponsor, sumbangan kemasyarakatan, dan proyek-proyek pengembangan masyarakat.

– Mendapatkan persetujuan di awal sebagaimana diwajibkan sebelum melibatkan mitra bisnis dan melakukan uji tuntas sebagaimana diperintahkan.

– Memastikan bahwa semua pengeluaran dicatat secara akurat dan dengan rinci dalam pembukuan dan catatan BHP Billiton.

– Melaporkan setiap masalah korupsi dengan segara, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat.

– Mengizinkan, menyanggupi, atau berpartisipasi dalam skema yang memberikan manfaat yang tidak pantas, suap, atau komisi rahasia kepada siapa pun.

– Menawarkan, menjanjikan, atau memberikan per diem (uang saku harian untuk biaya), pembayaran tunai atau setara tunai dalam bentuk apa pun kepada pejabat pemerintah, kecuali telah mendapatkan izin sebelumnya.

– Memberikan dana tersembunyi atau yang dicatat dengan tidak benar untuk pembayaran yang dilarang.

– Secara pribadi membayarkan hadiah, keramahtamahan, atau hal lain yang bernilai agar tidak harus mematuhi GLD, standar dan prosedur BHP Billiton.

Harapan kami kepada Anda

Pastikan Anda membaca dan memahami ketentuan anti-korupsi dan pentingnya ketentuan tersebut. Kebijakan dan prosedur kita mengharuskan adanya persetujuan di awal sebelum:

– menawarkan barang tertentu yang bernilai kepada pihak luar;

– melibatkan pemasok yang akan berinteraksi dengan orang lain atas nama kita;

– menawarkan untuk menyanggupi donasi atau proyek kemasyarakatan;

– menawarkan untuk memberikan sponsor pada suatu acara.

Ketika menawarkan atau memberikan sesuatu yang bernilai kepada pihak luar, semua kriteria berikut harus dipenuhi:

– Hal tersebut harus ditawarkan atau disediakan hanya untuk tujuan bisnis yang sah.

– Hal tersebut tidak boleh ditawarkan atau diberikan untuk mempengaruhi atau memberikan imbalan atas tindakan yang diambil oleh pejabat pemerintah atau kepada siapa pun untuk melakukan tugas pekerjaan secara tidak setia atau tidak benar, atau memberikan imbalan kepada orang tersebut karena telah melakukannya, dengan mempertimbangkan sesuatu yang bernilai lainnya yang diberikan kepada penerima pada enam bulan sebelumnya.

– Sesuatu tersebut harus dalam nilai dan sifat yang pantas dengan mempertimbangkan adat istiadat dan hukum setempat, jabatan penerima, dan keadaan lainnya.

– Hal tersebut tidak akan mempermalukan BHP Billiton jika dipublikasikan.

Setiap hal bernilai yang diusulkan juga harus sah menurut hukum setempat.

Page 31: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 29

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

Tempat mencari bantuan

Menjalin hubungan dengan masyarakat

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs)

– Perwakilan Kepatuhan Hukum Grup

– EthicsPoint

Kita menjalin hubungan dengan masyarakat dengan bersosialisasi secara teratur, terbuka, dan jujur dengan orang-orang yang terkena dampak operasi kita dan dengan mempertimbangkan pandangan serta kekhawatiran mereka dalam pengambilan keputusan kita.

Kita memahami bahwa bisnis kita dapat berdampak terhadap masyarakat setempat, baik secara positif maupun negatif, baik melalui kegiatan kita sendiri atau sebagai akibat dari hubungan bisnis kita dengan pihak lain. Kita berusaha untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait untuk mengidentifikasi dan menangani kekhawatiran dan harapan serta memaksimalkan potensi peluang dari Perusahaan kita.

Kita menghormati hak asasi manusia; ini artinya kita mengidentifikasi dan memahami setiap potensi dampak negatif atau dampak negatif yang sebenarnya dari operasi kita terhadap hak-hak orang lain serta berencana untuk menghilangkan atau menguranginya. Kita melakukan proses pencegahan, mitigasi dan remediasi jika diperlukan.

Kita membuka proses pengaduan dan keluhan masyarakat setempat untuk menerima, menyelidiki, serta mendokumentasikan kekhawatiran dan keluhan masyarakat.

Investasi masyarakatKegiatan dan program yang melibatkan masyarakat dilakukan pada berbagai tahap dari proyek kita. Kegiatan dan program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam komunitas tempat kita beroperasi secara berkelanjutan.

Meskipun sebagian besar proyek pengembangan masyarakat berada di negara-negara yang menjadi lokasi operasional kita, melaksanakan proyek pengembangan masyarakat di wilayah yang bukan merupakan lokasi operasional kita tetap diperbolehkan.

– GLD tentang Masyarakat

– GLD tentang Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs), Hubungan Investor dan Merek

– GLD tentang Anti Korupsi

– GLD tentang Penyediaan S2C (Source to Contract)

Dalam kasus seperti itu, implementasi proyek harus dilaksanakan secara hati-hati agar dapat terhindar dari dugaan pengaruh yang tidak pantas. Jika Anda tidak yakin, hubungi perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) dan perwakilan Kepatuhan Hukum Grup Anda untuk meminta bimbingan.

Dalam semua kasus, proyek pengembangan dan donasi kemasyarakatan harus disetujui sesuai dengan standar BHP Billiton yang berlaku dan dijalankan sesuai dengan prosedur yang telah didokumentasikan, disetujui, dan transparan.

Harapan kami kepada Anda

Jika Anda bertanggung jawab menangani proyek pengembangan atau sumbangan masyarakat, Anda perlu membaca dan memahami ketentuan GLD tentang masyarakat kita. Ketentuan ini termasuk pelaksanaan uji tuntas yang tepat sebelum melibatkan mitra atau agensi mana pun untuk melaksanakan sebuah program. Hal ini akan memastikan bahwa organisasi tersebut memiliki reputasi yang baik, mematuhi Pedoman ini serta memiliki proses tata kelola yang benar.

Ketika menerima tugas internasional, atau jika pekerjaan Anda melibatkan transaksi bisnis dengan negara-negara lain, Anda harus selalu mengetahui dan memahami norma, hukum, dan adat istiadat di negara-negara tersebut. Sebagai duta untuk BHP Billiton, Anda harus memastikan bahwa perilaku Anda selalu tercermin secara positif pada reputasi Anda dan BHP Billiton.

Karyawan dan kontraktor yang terlibat dengan masyarakat Adat dari masyarakat setempat diharuskan untuk menjalani pelatihan pemahaman dan kompetensi budaya yang dikembangkan dan disampaikan setelah berkonsultasi dengan masyarakat Adat.

Anda harus selalu meminta saran dari manajemen lokal terkait pertanyaan tentang tindakan, kata-kata, adat, dan praktik lokal tertentu.

Kemampuan kita untuk membangun hubungan serta bekerja secara kolaboratif dan transparan dengan masyarakat setempat sangat penting bagi keberhasilan jangka panjang kita. BHP Billiton bertujuan untuk dihargai dan dihormati oleh masyarakat tempat kita beroperasi.

Page 32: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 30

Selalu Jangan Pernah

Beberapa contoh

Jangan Pernah

Menjalin hubungan dengan masyarakatP Tim kemasyarakatan kita telah memutuskan untuk mendanai renovasi besar-besaran di satu pusat pengembangan keterampilan di sebuah komunitas Adat terpencil. Saya pernah melihat sebuah laporan media yang menunjukkan bahwa salah satu pemimpin adat yang waktu itu bernegosiasi dengan kita terkait hak akses ke tanah adat merupakan pemilik sebagian dari pusat pengembangan keterampilan tersebut. Saya tidak ingin ikut campur di wilayah mereka dan saya tidak yakin saya mempunyai dasar untuk mengatakan bahwa mereka melakukan sesuatu yang salah. Apa yang harus saya lakukan?

J Sayangnya, proyek-proyek kemasyarakatan yang bahkan memiliki niat baik kadang-kadang dapat memberikan keuntungan pribadi kepada pejabat pemerintah atau orang-orang dalam posisi kepercayaan (seperti pemimpin adat) untuk mempengaruhi tindakan mereka dalam peran-peran tersebut. Hal ini ilegal menurut undang-undang anti-korupsi. Dalam situasi semacam ini, kasus tersebut mungkin menjadi masalah atau tidak menjadi masalah, tetapi masalah tersebut harus dilaporkan dan ditinjau oleh Kepatuhan Hukum Grup atau dilaporkan di EthicsPoint.

P Aset saya mengusulkan untuk mendukung renovasi gereja setempat. Aset ini terletak di lingkungan yang sangat beragam budayanya dan sudah ada ketegangan di antara berbagai kelompok agama. Saya khawatir kalau dukungan kita terhadap renovasi tersebut bisa menciptakan masalah bagi Perusahaan dan karyawan kita dengan akan tampak mendukung salah satu agama atas agama lain. Apa yang harus saya lakukan?

J Pendekatan Perusahaan terhadap investasi kemasyarakatan secara khusus mengecualikan sumbangan pada organisasi keagamaan untuk tujuan keagamaan, karena hal ini dapat dianggap eksklusif menurut pandangan masyarakat. Anda harus mempertimbangkan untuk terlebih dahulu menyampaikan kekhawatiran Anda kepada supervisor Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak berhasil melakukan hal ini, Anda sebaiknya membahas hal tersebut dengan manajer dua tingkat di atas Anda atau dengan perwakilan Sumberdaya Manusia. Jika masalah tersebut belum selesai, hubungi EthicsPoint.

– Mengormati budaya dan berbagai kebiasaan bisnis masyarakat dan negara-negara yang menjadi lokasi operasional kita, asalkan tidak bertentangan dengan Pedoman ini atau hukum.

– Berusaha untuk mengidentifikasi dan mempertimbangkan kekhawatiran dan harapan semua pihak, terutama mereka yang paling terkena dampak oleh operasi kita dan mempertimbangkan pendapat mereka di dalam pengambilan keputusan.

– Menyelidiki kekhawatiran dan keluhan serta melaporkan dampaknya kepada pemangku kepentingan terkait.

– Ketika melaksanakan proyek atau donasi pengembangan masyarakat yang diperlukan untuk tanah sewa, pastikan:

• ada kewajiban yang jelas dan dapat dibedakan di dalam perjanjian sewa;

• ada pengaturan tata kelola yang sesuai dan perlindungan kontrak yang tersedia;

• kontribusi tidak menguntungkan pejabat pemerintah atau kerabat dekat pejabat pemerintah secara tidak tepat;

• Formulir Anti korupsi Proyek atau Donasi Pengembangan Masyarakat tersebut diotorisasi.

– Menawarkan, menjanjikan, atau berpartisipasi dalam proyek atau donasi pengembangan masyarakat untuk mempengaruhi siapa pun dengan tidak semestinya, termasuk pejabat pemerintah.

– Sengaja mendukung individu dari satu kelompok politik, etnis, atau agama berdasarkan keanggotaan mereka di kelompok tersebut. Ada pengecualian ketika tindakan tersebut mendukung program diskriminasi positif yang diharuskan secara hukum atau disetujui oleh BHP Billiton (misalnya, untuk membantu kelompok yang secara historis kurang beruntung di masyarakat).

– Menyumbang kepada organisasi keagamaan apa pun untuk tujuan keagamaan atas nama BHP Billiton.

– Memberikan sumbangan keuangan untuk individu/kelompok individu, kecuali untuk program beasiswa pendidikan yang telah disetujui oleh BHP Billiton.

– Melaksanakan proyek pengembangan masyarakat yang sengaja, atau kemungkinan akan menggantikan, mengambil alih, atau menggoyang otoritas setiap tingkat pemerintahan (berdasarkan penilaian keadaan pada saat keputusan untuk berinvestasi).

Page 33: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 31

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

Lingkungan

Pendekatan pengelolaan lingkungan kita didasarkan pada identifikasi, penilaian, dan pengendalian risiko pada semua tahap mulai dari eksplorasi hingga pengembangan, operasi, dan penutupan.

Kita bertujuan untuk menghindari atau meminimalkan dan merehabilitasi dampak lingkungan. Bilamana dampak tetap ada, kita akan menerapkan tindakan kompensasi untuk mengatasi dampak terhadap keanekaragaman hayati dan ekosistem. Selain tindakan langsung pengelolaan lingkungan, kita juga mengusahakan berbagai peluang seperti konservasi, untuk menghadirkan manfaat lingkungan yang berkelanjutan.

Kita setuju dengan kesimpulan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim bahwa pemanasan sistem iklim nyata terjadi, pengaruh manusia jelas, dan dampak fisik kini tidak terelakkan. Membatasi perubahan iklim akan membutuhkan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) yang substansial dan berkelanjutan. Kita menyadari tanggung jawab kita untuk mengambil tindakan dengan berfokus pada pengurangan emisi, membangun ketahanan terhadap dampak fisik iklim, berinvestasi pada teknologi emisi rendah, dan bekerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan tanggapan global terhadap perubahan iklim.

Harapan kami kepada Anda

Anda harus memahami potensi dampak lingkungan atas tugas yang Anda laksanakan dan mencari cara untuk menghindari dan meminimalkan dampak ini, termasuk emisi gas rumah kaca. Bila terjadi potensi insiden lingkungan atau kecelakaan lingkungan yang sebenarnya atau tumpahan, Anda harus melaporkannya, tanpa memandang tingkat keparahannya.

Jika Anda memiliki saran tentang bagaimana BHP Billiton dapat berkontribusi dalam mempertahankan manfaat lingkungan, bicarakanlah hal tersebut dengan supervisor atau manajer Anda.

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

– GLD tentang Lingkungan

– Laporan Keberlanjutan

Nilai-nilai Keberlanjutan Falsafah Perusahaan mengingatkan kita untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan, bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan mendukung masyarakat kita. Kita menunjukkan tanggung jawab lingkungan dengan meminimalkan dampak lingkungan dan memberikan manfaat jangka panjang terhadap keanekaragaman hayati, ekosistem, dan sumber daya lingkungan lainnya.

Page 34: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 32

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Lingkungan

P Kita menemukan adanya sedikit tumpahan di tanah yang ada di lokasi kita – hanya beberapa liter. Apakah saya harus melaporkannya?

J Semua tumpahan atau pelepasan hidrokarbon atau bahan kimia perlu dilaporkan kepada supervisor atau manajer Anda segera setelah Anda mengetahuinya. Hal ini akan memastikan insiden tersebut dilaporkan ke setiap badan hukum, sebagaimana diwajibkan, dan segera diselidiki untuk mengidentifikasi akar penyebab dan tindakan perbaikannya.

P Limbah kita dibuang di luar pabrik oleh fasilitas limbah berlisensi yang diaudit oleh pihak berwenang. Apakah saya harus meninjau kinerja mereka juga?

J Anda harus meninjau kinerja setiap vendor atau kontraktor untuk memastikan mereka mengelola kinerja lingkungan mereka secara tepat. Dampak lingkungan langsung, tidak langsung, dan kumulatif dan risiko yang terkait serta pengendalian perlu dinilai oleh BHP Billiton. Hal ini termasuk dampak lingkungan yang terkait dengan kegiatan operasional langsung kita, dampak dari pihak lain sebagai akibat dari kegiatan yang dipercayakan oleh operasi kita, dan dampak dari pihak lain yang dapat memperparah dampak yang kita timbulkan.

– Mematuhi GLD tentang Lingkungan BHP Billiton serta standar dan prosedur terkait.

– Mengdentifikasi, menilai, dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan dampak lingkungan yang terkait dengan pekerjaan Anda.

– Mengidentifikasi dan melaporkan berbagai peluang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, termasuk meningkatkan efisiensi energi.

– Segera menghentikan pekerjaan yang dapat menyebabkan insiden lingkungan atau kemasyarakatan yang signifikan.

– Melaporkan ke supervisor atau manajer setiap potensi dampak atau dampak sebenarnya terhadap lingkungan atau masyarakat mulai dari kecelakaan, insiden, tumpahan, atau pelepasan bahan, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk mencegah, memperbaiki dan/atau mengendalikan kondisi tersebut.

– Mendorong para pemasok, mitra usaha patungan, pelanggan, dan pihak ketiga lainnya untuk terlibat dalam praktik-praktik yang bertanggung jawab untuk meminimalkan dampak lingkungan mereka.

– Mengabaikan potensi insiden lingkungan atau insiden lingkungan yang sebenarnya atau menganggap bahwa orang lain akan melaporkannya.

– Melakukan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan dampak pada lingkungan kecuali Anda terlatih dan kompeten untuk melakukannya dan sudah ada pengendalian untuk meminimalkan dampak lingkungan tersebut.

– Melibatkan kontraktor, pemasok, atau mitra usaha patungan tanpa penilaian yang mempertimbangkan dampak lingkungan dan masyarakat, risiko, pengendalian, dan kinerja.

Page 35: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 33

Penggunaan mitra usaha

Menjaga hubungan dengan pemasok

Pengendalian perdagangan

Persaingan usaha dan anti monopoli

Perjalanan bisnis

Menerima hadiah, keramahtamahan dan hiburan

Konflik kepentingan

4. Hubungan dengan pihak ketiga

Page 36: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 34

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Sumberdaya Manusia

– GLD tentang Anti -korupsi

– GLD tentang Penyediaan S2C (Source to Contract)

– GLD tentang Perilaku Bisnis

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

BHP Billiton menghormati privasi dan pilihan karyawannya. Saat sedang bekerja atau dalam waktu luang Anda, apa pun yang Anda lakukan tidak boleh bertentangan dengan tanggung jawab Anda di BHP Billiton atau membahayakan kualitas kinerja, komitmen kerja, atau kemampuan Anda untuk mengambil keputusan bisnis yang objektif.

Konflik kepentingan terjadi ketika jabatan seorang karyawan di dalam Perusahaan atau pertimbangan atau kepentingan finansial atau pribadinya mempengaruhi, berpotensi mempengaruhi, atau dapat mempengaruhi penilaian, objektivitas, atau independensinya.

Contoh umum dari potensi atau yang dianggap sebagai konflik kepentingan adalah:

– mengupayakan, memberikan, atau menjaga peluang bisnis BHP Billiton untuk keuntungan pribadi atau keuntungan keluarga atau teman dekat;

– memiliki investasi baik secara langsung atau tidak langsung dalam bisnis atau aset yang dikontrakkan untuk melakukan bisnis untuk atau atas nama BHP Billiton;

– menerima uang, properti, atau jasa, atau bentuk keuntungan finansial pribadi lainnya baik secara langsung atau tidak langsung dari pemasok atau pihak ketiga lainnya yang melakukan, atau mengajukan bisnis dengan BHP Billiton;

– membahayakan atau memengaruhi hasil kegiatan penawaran atau tender;

Konflik kepentingan

– memiliki pekerjaan dan afiliasi di luar;

– menawarkan pekerjaan atau afiliasi kepada kerabat dekat;

– menawarkan atau menerima hadiah, keramahtamahan dan hiburan;

– menerima sponsor dari penyedia atau pihak ketiga yang terlibat di tempat kerja atau di area bisnis Anda.

Harapan kami kepada Anda

Anda harus menghindari transaksi bisnis dan hubungan pribadi yang menyebabkan atau dapat menyebabkan konflik kepentingan, atau menciptakan kesan konflik atau potensi konflik, terhadap hubungan Anda dengan BHP Billiton. Selalu lepaskan diri Anda dari semua proses pengambilan keputusan di mana Anda memiliki kepentingan yang mempengaruhi, atau mungkin dianggap mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengambil keputusan yang objektif serta memenuhi tanggung jawab Anda di Perusahaan.

Segera sampaikan secara tertulis kepada supervisor atau manajer Anda jika ada aktivitas, kepentingan finansial, atau hubungan di luar yang mungkin melibatkan Anda secara langsung atau tidak langsung di dalam konflik atau potensi konflik kepentingan.

Sebelum memberikan persetujuan, supervisor atau manajer Anda akan memastikan bahwa hal tersebut telah diperiksa dengan teliti. Hal ini mencakup apakah Anda dibenarkan untuk melanjutkan pembahasan atau kegiatan yang melibatkan konflik.

Penting untuk selalu mencermati semua hubungan atau asosiasi yang mungkin, atau tampak, memiliki konflik kepentingan dengan BHP Billiton.

Page 37: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 35

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Konflik kepentingan

P Mertua laki-laki saya adalah satu-satunya pemilik bengkel mobil di kota ini dan saya adalah manajer Supply yang mengambil keputusan tentang siapa yang kita pilih untuk memperbaiki armada mobil kita. Apakah ini akan menjadi masalah?

J Mengingat Anda memiliki potensi konflik kepentingan, maka Anda perlu melaporkan hal ini secara tertulis kepada manajer Anda. Manajer Anda akan memberikan konfirmasi konflik kepentingan yang Anda alami dan menunjuk orang lain untuk berurusan dengan bisnis mertua Anda.

P Saya bekerja shift sebagai teknisi listrik, dan saat tidak bekerja, saya membantu seorang teman melakukan pekerjaan rumah tangga untuk sementara. Apakah saya harus memberi tahu seseorang?

J Jika Anda bermaksud melakukan pekerjaan untuk pihak ketiga yang berada di luar pekerjaan purna waktu Anda di BHP Billiton, Anda harus mempertimbangkan apakah hal ini dapat menimbulkan konflik kepentingan dengan tanggung jawab Anda terhadap perusahaan. Hal ini termasuk memastikan bahwa Anda sehat untuk bekerja dan produktivitas serta kemampuan Anda untuk bekerja dengan aman tidak terganggu akibat kelelahan. Anda harus membahas komitmen pekerjaan Anda yang lainnya dengan supervisor Anda yang akan membantu untuk menilai apakah Anda memiliki konflik kepentingan atau potensi konflik kepentingan. Jika supervisor Anda merasa bahwa terdapat potensi konflik kepentingan, Anda harus menyampaikan hal ini secara tertulis dan supervisor Anda akan membalasnya secara tertulis untuk memberikan konfirmasi apakah Anda diperbolehkan untuk melanjutkan pekerjaan tersebut.

– Memiliki jabatan atau investasi (secara langsung atau tidak langsung) pada organisasi yang memiliki transaksi bisnis dengan BHP Billiton (seperti pesaing, pelanggan atau pemasok, atau bisnis Anda sendiri atau keluarga Anda) jika Anda dalam posisi untuk mempengaruhi transaksi atau jika hubungan itu sendiri menciptakan potensi, dugaan, atau konflik kepentingan aktual.

– Mempekerjakan, mempromosikan, atau secara langsung mengawasi seorang kerabat, kecuali bila hal ini telah mendapatkan izin khusus.

– Menawarkan hadiah, keramahtamahan atau hiburan atau menerimanya dari organisasi atau individu yang terlibat dalam kegiatan penawaran atau tender dengan BHP Billiton.

– Meminta hadiah, keramahtamahan, atau sesuatu yang bernilai secara pribadi dari pemasok, pelanggan, atau mitra. Hal ini mencakup permintaan langsung dan memberi kesan bahwa penawaran hadiah, keramahtamahan, atau barang yang bernilai dianggap benar atau diinginkan.

– Menyalahgunakan sumber daya BHP Billiton atau pengaruh jabatan Anda di BHP Billiton untuk mempromosikan atau membantu kegiatan atau pihak luar.

– Turut campur dalam pelaksanaan kegiatan penawaran dan tender yang adil dan transparan dengan cara yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan atau memberi kesan mempengaruhi proses pengambilan keputusan secara tidak pantas.

– Secara pribadi mencoba mengejar atau mengambil peluang apapun di mana BHP Billiton bisa memiliki kepentingan dan diketahui melalui penggunaan informasi, properti, atau sumberdaya BHP Billiton.

– Menerima diskon atau manfaat pribadi lainnya dari pemasok, penyedia layanan, pelanggan atau pihak ketiga lainnya karena hubungan Anda dengan BHP Billiton yang tidak diterima oleh masyarakat umum atau rekan kerja Anda, kecuali bila hal ini telah disetujui.

– Melakukan hubungan bisnis secara profesional, objektif, dan kompetitif.

– Menghindari transaksi bisnis dan hubungan pribadi yang menyebabkan atau dapat menyebabkan konflik kepentingan (aktual atau potensial) atau menciptakan kesan adanya konflik.

– Memberi tahu supervisor atau manajer Anda secara tertulis jika ada kegiatan, kepentingan finansial, atau kepentingan di luar yang dapat melibatkan Anda di dalam konflik kepentingan atau potensi konflik kepentingan.

– Mendapatkan persetujuan sebelum menerima jabatan petugas atau direktur pada perusahaan atau organisasi lain.

– Menggunakan penilaian yang baik saat memutuskan untuk menawarkan atau menerima hadiah, keramahtamahan dan hiburan dan mendapatkan persetujuan jika diperlukan.

– Melepaskan diri Anda dari semua proses pengambilan keputusan di mana Anda memiliki kepentingan yang mempengaruhi, atau dianggap mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengambil keputusan yang objektif, serta memenuhi tanggung jawab Anda di BHP Billiton.

– Menggunakan pertimbangan saat berinvestasi pada pesaing, pelanggan, mitra, atau pemasok BHP Billiton. Meskipun kegiatan tersebut tidak secara otomatis menciptakan konflik kepentingan, namun konflik dapat terjadi jika karyawan memiliki kepentingan finansial pada pemasok BHP Billiton serta memiliki wewenang untuk mempengaruhi kontrak BHP Billiton dengan pemasok tersebut.

Page 38: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 36

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Perilaku Bisnis

– GLD tentang Anti -korupsi

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Menerima hadiah, keramahtamahan atau hiburan bisa menjadi cara yang sah untuk membangun hubungan bisnis yang baik. Penting diperhatikan agar hal ini tidak pernah digunakan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan bisnis dengan tidak wajar atau menyebabkan pihak lain meyakini adanya pengaruh yang tidak pantas.

Harap terapkan kewaspadaan saat menerima hadiah, keramahtamahan, atau hiburan guna melindungi reputasi pihak ketiga dan reputasi BHP Billiton dari tuduhan perilaku yang tidak pantas, dan memastikan bahwa Anda tidak melanggar undang-undang anti korupsi.

Hadiah, keramahtamahan, atau hiburan hanya boleh diterima jika diberikan sesekali dan dalam nilai yang wajar. Menentukan apa yang dimaksud sesekali dan wajar adalah masalah pertimbangan dan ambang batas khusus untuk mendapatkan persetujuan telah disebutkan di dalam GLD Perilaku Bisnis kita. Hadiah, keramahtamahan, dan hiburan dalam bentuk apapun tidak boleh diminta dari siapa pun yang melakukan bisnis dengan BHP Billiton, termasuk pemasok, pelanggan, dan mitra usaha.

Pemberian hadiah, keramahtamahan, atau hiburan dimuat di dalam bab Korupsi.

Menerima hadiah, keramahtamahan, dan hiburan

Harapan kami kepada Anda

Anda dilarang keras menerima:

– diskon produk atau jasa yang tidak tersedia bagi semua karyawan, kecuali diatur oleh klub sosial yang disetujui oleh BHP Billiton;

– segala bentuk hadiah, bantuan atau keramahtamahan dan hiburan sebagai imbalan atas jasa atau informasi bisnis atau keuntungan bisnis;

– hadiah, keramahtamahan, atau hiburan dengan nilai yang tidak pantas (misalnya, berorientasi seksual) atau di tempat yang tidak pantas;

– hadiah, keramahtamahan, atau hiburan yang tidak dirancang untuk melanjutkan tujuan atau hubungan bisnis yang sah.

Secara umum, Anda harus menolak tawaran atau perjalanan dan akomodasi yang disponsori. Jika ada tujuan bisnis yang sah untuk menghadiri suatu acara atau tugas, BHP Billiton akan menanggung semua biaya perjalanan dan/atau akomodasinya. Penebusan poin penerbangan dari maskapai penerbangan tidak dianggap sebagai penawaran.

Perjalanan yang disponsori tidak ditujukan untuk dilakukan selama waktu cuti.

Menerima hadiah, keramahtamahan, atau hiburan harus selalu dilakukan sesuai dengan praktik hukum dan bisnis setempat.

Page 39: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 37

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

Menerima hadiah, keramahtamahan, dan hiburan

P Saya telah menerima undangan dari seorang kontraktor untuk menghadiri pertandingan sepak bola bersama suami saya. Harga salah satu tiket tersebut berada di bawah pagu persetujuan oleh manajer dua tingkat di atas. Apakah nilai hadiah yang saya terima juga mencakup biaya tiket suami saya?

J Mengingat undangan suami Anda adalah perpanjangan dari diri Anda sendiri, maka total nilai hadiah tersebut juga mencakup biaya tiketnya. Oleh karena itu, pagu persetujuan oleh manajer dua tingkat di atas ini berlaku bagi nilai kedua tiket.

P Seorang pemasok yang berbisnis dengan saya mengirimi saya sebuah bingkisan Natal. Apakah saya boleh menyimpannya?

J Mengingat Anda sering bekerja sama dengan pemasok ini, mereka seharusnya menyadari posisi kita dalam menerima hadiah, dan telah diberikan salinan Pedoman Perilaku Bisnis kita untuk memastikan mereka memahami harapan kita. Pastikan untuk mendaftarkan hadiah tersebut dan memberikan salinan terbaru dari Pedoman Perilaku Bisnis kita untuk menghindari situasi kikuk di tahun berikutnya. Lalu bahaslah hal tersebut bersama supervisor atau manajer Anda untuk menentukan apakah Anda sebaiknya menolak atau menerima bingkisan tersebut. Anda perlu mempertimbangkan nilai bingkisan tersebut dalam menentukan apakah akan menerima hadiah itu dan persetujuan yang diperlukan apabila hadiah tersebut diterima, sesuai dengan GLD Perilaku Bisnis kita.

– Menerima hadiah, keramahtamahan, hiburan, atau bantuan lain dari organisasi mana pun yang terlibat dalam kegiatan penawaran atau tender dengan BHP Billiton. Hal ini tidak mencakup makanan di tempat kerja yang disediakan oleh penasihat atau konsultan yang bertindak untuk Perusahaan.

– Meminta hadiah atau keramahtamahan atau hiburan dalam bentuk apapun dari pemasok, pelanggan, mitra, atau pihak lain yang berbisnis dengan BHP Billiton. Hal ini mencakup permintaan langsung dan memberi kesan bahwa penawaran hadiah atau keramahtamahan tersebut dianggap pantas atau diinginkan.

– Menyimpan hadiah atau menerima keramahtamahan atau hiburan di atas nilai yang wajar tanpa mendapatkan persetujuan.

– Mencatat semua hadiah, keramahtamahan, atau hiburan yang diterima, ditolak, atau dikembalikan.

– Hanya menerima hadiah, keramahtamahan, dan hiburan yang nilainya wajar dan sesuai dengan GLD dan standar BHP Billiton serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

– Menyampaikan ketentuan BHP Billiton dengan jelas saat menerima hadiah, keramahtamahan, dan hiburan pada awal hubungan bisnis yang baru, khususnya bila norma budaya mungkin berbeda dari yang dijabarkan dalam Pedoman ini.

– Menilai potensi konflik kepentingan saat menerima hadiah, keramahtamahan, atau hiburan.

– Siap untuk menolak dengan sopan semua penawaran yang tidak sejalan dengan standar Perusahaan.

– Menganggap hadiah, keramahtamahan, atau hiburan yang diterima melalui perantara sama dengan yang diberikan secara langsung.

Page 40: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 38

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Penerbangan

– GLD tentang Manajemen Perjalanan Bisnis dan Pengeluaran

– GLD tentang Anti -korupsi

– Formulir Siap Bepergian online dari International SOS

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– EthicsPoint

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang keamanan sebelum atau selama perjalanan, hubungi International SOS di nomor telepon +44 (0) 208 762 8395.

Perjalanan bisnis

Semua pemesanan penerbangan, akomodasi, dan transportasi darat untuk perjalanan bisnis kita (selain taksi) serta paspor/visa harus dilakukan melalui penyedia perjalanan yang dikontrak oleh BHP Billiton. Tergantung pada persetujuan, penerbangan charter atau layanan perjalanan lainnya dapat dipesan secara langsung jika penyedia layanan perjalanan tidak dapat memberikan layanan tersebut. Proses ini memastikan bahwa layanan tersebut hemat biaya, efisien dan memenuhi kriteria keamanan. Ini juga membantu BHP Billiton dalam keadaan darurat untuk mencari semua karyawan yang tengah melakukan perjalanan.

BHP Billiton akan mengganti semua biaya yang dikeluarkan karyawan yang berkaitan dengan perjalanan dan hiburan saat melakukan perjalanan atau hiburan bisnis yang dibuktikan dengan faktur atau dengan catatan yang sah. Kita tidak menyediakan biaya perjalanan harian (per diem) bagi karyawan saat melakukan perjalanan bisnis untuk BHP Billiton.

Harapan kami kepada Anda

Sebelum melakukan perjalanan, bacalah dan ikuti informasi keselamatan, keamanan, dan kesehatan pada catatan Panduan Perjalanan International SOS yang dikirim melalui email saat pemesanan dilakukan. Pastikan bahwa Anda mengikuti rekomendasi vaksinasi atau obat-obatan perjalanan lainnya (seperti tablet anti malaria) dan memperhatikan tingkat risiko keamanan dari semua tujuan yang direncanakan.

Untuk keselamatan Anda, saat melakukan perjalanan ke negara dengan tingkat risiko keamanan yang tinggi atau ekstrem, Anda wajib mengisi Formulir Siap Bepergian online dari International SOS. Jika Anda memiliki pertanyaan sebelum atau selama perjalanan, hubungi International SOS di nomor telepon +44 (0) 208 762 8395.

Semua perjalanan bisnis harus mendapatkan persetujuan dan dipesan sesuai dengan ketentuan BHP Billiton. Perjalanan bisnis dapat diperpanjang menjadi perjalanan pribadi, selama hal ini disetujui sebelumnya oleh manajer Anda. Perjalanan pribadi selain yang merupakan perpanjangan dari perjalanan bisnis, tidak boleh dipesan melalui penyedia layanan perjalanan yang ditunjuk oleh BHP Billiton atau ditagihkan ke kartu kredit BHP Billiton.

Keuntungan program poin penerbangan dapat digunakan oleh karyawan untuk perjalanan pribadi.

BHP Billiton berusaha untuk menyediakan karyawan yang melakukan perjalanan bisnis untuk Perusahaan dengan tingkat layanan dan kenyamanan yang hemat biaya dan memadai, serta melindungi kesehatan dan keselamatannya.

Page 41: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 39

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saya melakukan perjalanan selama dua minggu, namun karena komitmen kerja saya akan selesai pada hari Jumat akhir, saya bisa pulang Jumat malam. Saya ingin menginap di akhir pekan di lokasi kerja untuk jalan-jalan dan pulang pada Minggu malam. Apakah BHP Billiton akan menanggung biaya akomodasi dan makan saya selama akhir pekan? Apakah pengeluaran lain juga ditanggung selama akhir pekan tersebut?

J Jika komitmen kerja Anda telah selesai pada hari Jumat dan Anda dapat terbang pada Jumat malam maka Anda boleh memilih untuk memperpanjang kunjungan Anda di lokasi tersebut. BHP Billiton tidak akan menanggung biaya akomodasi dan hiburan tambahan yang dikeluarkan selama akhir pekan. Anda juga memerlukan izin terlebih dahulu dari supervisor atau manajer Anda untuk memperpanjang kunjungan dan memastikan bahwa biaya bisnis tidak meningkat akibat pilihan pribadi Anda, misalnya penerbangan yang lebih mahal. Anda juga perlu menunjukkan dengan jelas perbedaan antara pengeluaran bisnis dan pribadi Anda saat menyerahkan pengeluaran bulanan Anda untuk mendapatkan penggantian.

P Saya sedang menunggu untuk menumpang pesawat ke sebuah konferensi di luar negeri namun pesawat sudah penuh. Mereka menawarkan uang tunai kepada saya untuk penumpang pesawat lain yang dapat ditagihkan ke Amex saya. Saya akan tetap tiba tepat waktu di konferensi tersebut. Apa yang harus saya lakukan?

J Anda tidak boleh menerima tawaran tersebut untuk mengganti rencana perjalanan Anda. Kesehatan dan keselamatan karyawan adalah prioritas utama kita. Mengingat semua pemesanan internasional dilacak untuk memantau kesehatan dan keselamatan karyawan, mengganti penerbangan akan membahayakan proses ini dan kami tidak dapat melacak keberadaan Anda jika kami mencari Anda.

– Menerima penawaran perjalanan atau akomodasi yang disponsori. Jika ada tujuan bisnis yang sah untuk menghadiri sebuah acara, BHP Billiton akan membayar semua biaya perjalanan dan/atau akomodasi. Apabila media transportasi atau kedatangan alternatif dengan biaya BHP Billiton tidak tersedia, Anda hendaknya menyampaikan hal tersebut kepada manajer Anda untuk disetujui.

– Menunjukkan kelas perjalanan karyawan untuk membeli sebuah tiket bagi non-karyawan (misalnya anggota keluarga) dengan biaya BHP Billiton.

– Sukarela untuk menerima kompensasi perubahan tanggal dari pihak maskapai saat sedang melakukan perjalanan bisnis untuk BHP Billiton. Akan tetapi, apabila penundaan penerbangan selama semalam akibat kendala pada pihak maskapai, maka menerima penawaran akomodasi dan pemindahan dari pihak maskapai adalah hal yang wajar untuk mengganti keharusan menginap untuk terbang dengan pesawat berikutnya.

– Melakukan perjalanan jika Anda telah melewati tahap kehamilan selama 26 minggu, kecuali bila Anda telah mendapatkan izin dari dokter atau staf medis BHP Billiton.

– Menggunakan pengeluaran Anda sendiri atau pengeluaran seorang karyawan yang lebih senior daripada Anda, kecuali Anda diberikan delegasi kewenangan finansial.

– Mengizinkan beberapa orang karyawan yang penting di satu tempat kerja, kelompok kerja, atau tim proyek untuk bepergian dalam satu pesawat yang sama.

– Memastikan perjalanan Anda disetujui oleh orang yang tepat sebelum berangkat.

– Menggunakan penyedia layanan perjalanan yang dikontrak oleh BHP Billiton untuk semua pemesanan perjalanan bisnis.

– Menyiapkan diri untuk perjalanan internasional dengan mencari saran kesehatan dan keselamatan perjalanan berdasarkan tujuan, vaksinasi, serta kelengkapan perjalanan.

– Memastikan bahwa semua item yang diklaim merupakan pengeluaran bisnis yang sah, berhubungan dengan perjalanan bisnis atau kegiatan hiburan yang disetujui serta dibuktikan dengan dokumen asli, jika ada (tanda terima atau faktur pajak).

– Mematuhi peraturan imigrasi global saat melakukan perjalanan internasional, dan memastikan bahwa bawahan Anda juga mematuhinya.

– Memahami perilaku, praktik dan adat istiadat setempat, bersikap peka terhadap tindakan atau perilaku yang mungkin bisa diterima di satu budaya namun tidak di budaya lain.

Perjalanan bisnis

Page 42: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 40

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Persaingan Usaha

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

– Supervisor atau manajer

Persaingan usaha dan anti monopoli

Sebagian besar negara tempat operasi BHP Billiton telah mengembangkan undang-undang persaingan usaha yang juga dikenal sebagai undang-undang anti monopoli. Undang-undang ini dirancang untuk melarang sejumlah praktik yang mengekang perdagangan atau membatasi persaingan usaha yang bebas dan adil, seperti penetapan harga, pangsa pasar, manipulasi penawaran, atau penyalahgunaan posisi dominan.

BHP Billiton berkomitmen untuk sepenuhnya mematuhi undang-undang persaingan usaha; terlibat aktif dan bekerja sama dengan otoritas persaingan usaha; dan pemberlakuan undang-undang persaingan usaha kepada pihak ketiga yang bertindak secara anti-kompetitif terhadap BHP Billiton.

Harapan kami kepada Anda

Dalam semua transaksi dengan pesaing BHP Billiton (termasuk mitra usaha patungan yang bersaing), pelanggan, pemasok dan mitra usaha, Anda diwajibkan untuk berperilaku yang tidak melanggar undang-undang persaingan usaha.

Pelanggaran terhadap undang-undang persaingan usaha dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi BHP Billiton dan karyawan kita, termasuk denda dan hukuman penjara. BHP Billiton menyikapi semua pelanggaran terhadap undang-undang persaingan usaha sebagai penyimpangan yang dapat menyebabkan tindakan disiplin dan bahkan pemutusan hubungan kerja.

Dalam semua transaksi dengan pesaing, baik dalam suasana formal maupun informal, Anda harus memperhatikan persepsi dan pengaruh dari transaksi tersebut.

Apabila BHP Billiton adalah korban dari perilaku anti persaingan usaha, hal ini dapat menyebabkan biaya tambahan yang tidak perlu bagi Perusahaan (misalnya, dengan membayar harga yang lebih tinggi kepada pemasok yang telah terlibat dalam manipulasi tender) dan produktivitas yang menurun (misalnya, di mana pasokan produk yang digunakan oleh BHP Billiton dibatasi oleh pemasok kita secara kolektif).

Jika Anda mencurigai adanya perilaku anti persaingan usaha oleh karyawan, kontraktor, atau pihak ketiga BHP Billiton, Anda harus segera melaporkannya.

BHP Billiton berkomitmen untuk sepenuhnya mematuhi undang-undang persaingan usaha.

Page 43: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 41

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saya menghadiri sebuah konferensi industri. Seorang pesaing mendekati saya dan menyarankan agar kami saling bertukar perkiraan harga. Bolehkah saya berbagi informasi ini?

J Pertukaran informasi yang sangat sensitif, terutama informasi yang sangat diinginkan, seperti ramalan harga, akan melanggar undang-undang persaingan usaha di banyak negara. Anda harus berhati-hati dalam diskusi apa pun dengan pesaing, di mana pun Anda berdiskusi. Jika pesaing menyarankan perilaku yang tidak pantas atau memberikan atau meminta informasi yang sangat sensitif (misalnya harga, volume), Anda harus segera menghentikan pembicaraan tersebut dan mengatakan bahwa Anda merasa tidak nyaman untuk melanjutkan percakapan. Jika pesaing bersikeras, Anda harus segera pergi. Anda juga harus menyiapkan catatan diskusi dan melaporkan kejadian tersebut kepada bagian Hukum Grup.

P Saya telah dihubungi oleh pesaing yang mengusulkan studi pembandingan yang melibatkan kedua perusahaan. Studi tersebut akan difokuskan terutama pada ukuran produktivitas, seperti pemanfaatan truk. Mengingat biaya yang lebih tinggi, ia juga mengusulkan membahas ketentuan pengadaan barang dan jasa dari masing-masing perusahaan. Bolehkah saya memberikan informasi ini?

J Praktik Pembandingan yang menghasilkan peningkatan produktivitas dapat bermanfaat. Namun, jika hal tersebut melibatkan pertukaran informasi yang sangat sensitif, seperti biaya pemasok, dapat timbul masalah undang-undang persaingan usaha jika pertukaran tersebut tidak dikelola dengan baik. Jika Anda ingin terlibat dalam pembandingan yang mungkin melibatkan pertukaran informasi yang sangat sensitif, Anda harus terlebih dahulu berbicara dengan bagian Hukum Grup.

Persaingan usaha dan anti monopoli

– Berkolusi dengan pesaing dengan cara:

• menetapkan, menaikkan, menurunkan, atau menstabilkan harga barang yang dijual atau dibeli;

• menetapkan ketentuan persaingan usaha lainnya seperti rumusan harga, diskon, margin, rabat, komisi, atau ketentuan kredit;

• membatasi produksi atau menyetujui untuk mengurangi atau membatasi kapasitas produksi;

• memanipulasi tender atau mengkoordinasikan kegiatan penawaran atau tender secara ilegal;

• mengalokasikan pasar, pelanggan, pemasok, atau wilayah geografis;

• memboikot semua pelanggan atau pemasok.

– Menghalangi otoritas persaingan usaha dengan memberikan informasi palsu atau menyesatkan, menyembunyikan atau menghancurkan dokumen, atau memperingatkan pihak ketiga tentang fakta undang-undang persaingan usaha.

– Menuduh pihak ketiga atas perilaku anti persaingan usaha tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan perwakilan Hukum Grup.

– Mempertahankan independensi penilaian BHP Billiton dalam penetapan harga, pemasaran, dan penjualan produk apa pun.

– Mempertimbangkan kesan dan implikasi ketika berinteraksi dengan pesaing, baik dalam suasana bisnis atau pribadi. Menghindari tindakan apa pun yang bisa menyiratkan koordinasi ilegal dengan pesaing.

– Perwakilan Hukum Grup

• sebelum bertukar informasi yang sensitif dan rahasia, baik langsung atau tidak langsung, dengan pesaing;

• sebelum bergabung dengan asosiasi perdagangan yang melibatkan pesaing

• bila pesaing memulai kontak yang tidak pantas;

• ketika mempertimbangkan pengaturan kerja sama baru dengan pesaing, termasuk produksi bersama, pemasaran bersama, dan logistik bersama;

• ketika ada keluhan tentang perilaku persaingan usaha BHP Billiton;

• ketika Anda mencurigai bahwa pihak ketiga bertindak dengan cara anti persaingan usaha terhadap BHP Billiton.

– Mendapatkan persetujuan Hukum Grup sebelum mengirimkan informasi apa pun kepada otoritas persaingan usaha.

– Mematuhi protokol batasan usaha patungan.

Page 44: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 42

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Penyediaan S2C (Source to Contract)

– GLD tentang Penyediaan ‘Rencana untuk Membayar’

– GLD tentang Kontrak dan Komitmen

– GLD tentang Perilaku Bisnis

– GLD tentang Anti -korupsi

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Menjaga hubungan dengan pemasok

Hubungan dengan pemasok yang menyediakan barang atau jasa kepada BHP Billiton dapat sangat mempengaruhi keberhasilan Perusahaan.

Melalui tindakan mereka, pemasok dapat memberi dampak langsung terhadap kinerja keuangan dan profitabilitas BHP Billiton, serta berdampak terhadap reputasi kita.

Kita menaruh perhatian besar dalam menjalankan proses pengadaan yang adil dan merata. Tujuan proses seleksi kita adalah dengan jelas memberi tahu calon pemasok tentang harapan serta standar dan persyaratan kita yang berlaku untuk mereka.

Harapan kami kepada Anda

Carilah selalu pemasok yang sama-sama memiliki komitmen untuk:

– praktik bisnis yang sah yang dilakukan sesuai dengan standar perilaku bisnis yang tinggi;

– praktik manajemen yang menghormati hak-hak semua karyawan dan masyarakat setempat;

– meminimalkan dampak terhadap lingkungan;

– menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat.

Jika timbul keraguan atau kekhawatiran sehubungan dengan integritas atau kemampuan pemasok atau calon pemasok untuk melaksanakan kontrak tersebut, Anda harus memastikan bahwa masalah ini segera ditangani.

Semua keputusan pengadaan harus didasarkan pada nilai terbaik yang diterima, dengan mempertimbangkan keunggulan harga, kualitas, kinerja, riwayat, dan kesesuaian untuk memenuhi standar BHP Billiton.

Selalu memberikan akses ke edisi terbaru Pedoman Perilaku Bisnis kepada pemasok.

Tujuan kita adalah memiliki proses yang efektif dan efisien dengan pemasok dan mendorong pemasok menerapkan standar yang sama dengan BHP Billiton.

Page 45: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 43

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saya telah menggunakan pemasok selama bertahun-tahun dan pemasok ini benar-benar memahami bisnis kita. Akhir-akhir ini tagihan mereka tampaknya cukup mahal. Apakah hal ini hanya inflasi atau apakah saya perlu melakukan sesuatu?

J Semua penetapan harga pemasok harus disepakati dengan vendor, baik melalui penawaran atau kontrak, dan perintah pembelian (PO) harus dikeluarkan sebelum memulai pekerjaan apa pun. Apabila diperlukan, tim Supply Anda akan mencari beberapa penawaran untuk memastikan penetapan harga tersebut kompetitif. Semua klaim jasa untuk pekerjaan yang dilakukan harus diperiksa akurasi lingkup dan harganya, termasuk bukti pendukung, sebelum diterima untuk dilakukan pembayaran. Jika biaya meningkat secara tak terduga, Anda harus segera menghubungi tim Supply, sehingga mereka dapat menindaklanjuti hal ini dengan pemasok yang bersangkutan.

P Saya agak khawatir dengan perusahaan yang mengelola pembuangan limbah lingkungan kita. Kinerja perusahaan ini tampaknya baik-baik saja, tapi saya dengar bahwa perusahaan ini sedikit tidak peduli dalam memenuhi peraturan lingkungan hidup yang diwajibkan. Apa yang harus saya lakukan?

J BHP Billiton hanya bermitra dengan pemasok yang beroperasi dengan tingkat integritas yang sama seperti kita. Jika Anda memiliki kekhawatiran, Anda harus melaporkan hal ini kepada supervisor atau manajer Anda. Penting bagi kita untuk mengetahui bahwa limbah kita dibuang dengan cara yang berkelanjutan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kontrak dengan kontraktor limbah harus menetapkan ketentuan kinerja yang harus dipatuhi oleh kontraktor, termasuk kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika kita mengetahui informasi yang memerlukan tindak lanjut dengan kontraktor untuk memastikan bahwa mereka memenuhi ketentuan kinerja mereka, hal ini harus segera dilakukan.

– Menggunakan pemasok yang memasok produk atau jasa yang tidak aman atau tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan, melanggar hukum atau peraturan, menggunakan pekerja anak atau pekerja paksa, atau menggunakan hukuman fisik untuk mendisiplinkan karyawan, meski diizinkan oleh hukum setempat.

– Memberikan informasi bisnis yang bersifat rahasia kepada pemasok (misalnya, tarif yang diusulkan, informasi penawaran yang menang, dan sebagainya) baik secara langsung atau tidak langsung kepada pemasok lain.

Menjaga hubungan dengan pemasok

– Berusaha untuk mendapatkan tawaran yang kompetitif dalam kondisi yang sesuai.

– Memastikan bahwa sebelum menandatangani kontrak atau komitmen dengan pemasok, Anda telah mendapatkan hal-hal berikut ini:

• penilaian risiko dan tinjauan komersial yang sesuai, termasuk penilaian kesehatan, keamanan, kinerja lingkungan dan masyarakat, reputasi, perilaku, integritas, kualifikasi dan pengalaman, kelayakan kredit, dan kemampuan untuk memenuhi standar BHP Billiton yang berlaku dari calon pemasok;

• semua persetujuan internal yang sesuai, termasuk tinjauan hukum.

– Membantu pemasok kita dalam memahami ketentuan kepatuhan dan perilaku bisnis BHP Billiton.

– Memastikan bahwa perjanjian secara jelas menyatakan barang atau jasa yang akan disediakan, dasar untuk mendapatkan pembayaran dan tarif atau biaya yang berlaku.

– Secara berkala melakukan tinjauan terhadap hubungan dengan dan kinerja pemasok.

– Memverifikasi bahwa faktur secara jelas dan wajar menunjukkan barang dan jasa yang disediakan.

– Melakukan pembayaran hanya kepada orang atau organisasi yang benar-benar memberikan barang atau jasa. Pembayaran harus dilakukan di negara asal pemasok, tempat bisnis dilakukan atau tempat barang tersebut dijual atau jasa disediakan, kecuali mendapatkan izin untuk melakukannya dari perwakilan Kepatuhan Hukum Grup Anda.

– Waspadalah, dan laporkan kepada supervisor atau manajer Anda tentang kegiatan apa pun oleh pemasok yang tidak sesuai dengan ketentuan perilaku bisnis.

Page 46: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 44

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Anti -korupsi

– Ketentuan Penyediaan ‘Rencana untuk Membayar’

– Perwakilan Kepatuhan Hukum Grup

– EthicsPoint

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Supply

Penggunaan mitra usaha

Mitra usaha adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan mitra usaha patungan atau mitra investor, atau pihak ketiga yang berinteraksi dengan orang lain atas nama BHP Billiton atau perusahaan yang dikendalikan oleh BHP Billiton. Mitra usaha ini termasuk agen, broker, perantara, penasihat, konsultan, perwakilan, agen perjalanan, perusahaan pengangkutan, agen bea cukai atau visa, penasihat pajak, firma hukum, pencari, pelobi, dan akuntan.

Setiap perilaku bisnis yang tidak pantas oleh mitra usaha dapat merusak reputasi BHP Billiton dan berpotensi mengakibatkan Perusahaan dan tiap karyawan terkena tuntutan pidana atau perdata atau hukuman lain.

Usaha patunganDalam usaha patungan yang dikendalikan dan dioperasikan oleh BHP Billiton, kita akan secara langsung menerapkan GLD, standar, dan prosedur kita. Apabila kita tidak mengendalikan usaha patungan tersebut, kita akan berusaha untuk meminta usaha patungan tersebut agar menerapkan standar dan prosedur yang sama.

Harapan kami kepada Anda

Anda harus berhati-hati ketika memilih mitra usaha. Jangan melibatkan mitra usaha mana pun jika ada risiko mereka akan melanggar undang-undang anti korupsi saat bertindak atas nama BHP Billiton.

Anda harus selalu mendapatkan persetujuan di awal sebagaimana diharuskan dalam GLD Anti Korupsi kita. Sebagai bagian dari proses tersebut, Anda perlu memberikan semua informasi latar belakang yang diperlukan secara jujur dan berdasarkan pengetahuan terbaik Anda serta memastikan bahwa Anda melakukan uji tuntas khusus yang diamanatkan oleh prosedur Perusahaan.

Anda akan puas bila mitra usaha tersebut memiliki reputasi yang baik, kompeten, dan memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan yang ditetapkan kepadanya dan bahwa kompensasi yang diminta wajar.

Jika Anda melibatkan mitra usaha, Anda perlu mengambil berbagai langkah untuk memastikan bahwa kinerja mitra usaha tersebut dipantau dan dinilai. Hal ini memerlukan, sedikitnya, pemeriksaan faktur secara seksama dan pengajuan pertanyaan kepada mitra usaha mengenai biaya yang tidak jelas atau berlebihan.

Anda harus selalu berhati-hati ketika memilih mitra usaha dan mendorong mereka untuk menegakkan standar kita dan berkontribusi secara positif terhadap reputasi kita.

Page 47: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 45

Selalu Jangan Pernah

Beberapa contoh

P Konsultan lingkungan yang dikontrak untuk bekerja sama dengan kita dalam satu negosiasi dengan pejabat pemerintah daerah melakukan pekerjaannya dengan sangat memuaskan, tetapi imbalannya tampaknya lebih tinggi dari yang sudah saya perkirakan dan ia baru-baru ini meminta uang muka. Apa yang harus saya lakukan?

J Anda harus memahami kontrak tersebut dan memastikan bahwa imbalan konsultan lingkungan tersebut sesuai dengan ketentuan kontrak yang ada. Jika Anda mengetahui atau mencurigai perilaku yang tidak pantas, Anda harus berbicara kepada konsultan lingkungan tersebut dan menanyakan mengapa uang muka tersebut diperlukan. Pastikan bahwa konsultan lingkungan tersebut memahami ketentuan anti korupsi dari kontrak mereka beserta maksudnya. Anda harus berbicara dengan perwakilan Kepatuhan Hukum Grup Anda untuk mendapatkan saran lebih lanjut tentang apakah Anda harus membayar uang muka. Juga berkonsultasilah dengan tim Supply Anda untuk memastikan ketentuan kontrak bersifat kompetitif.

P Operasi kita telah mengontrak seorang konsultan untuk membantu menangani beberapa izin dan persetujuan lingkungan. Manajer saya mempekerjakan konsultan tersebut dan bekerja dengannya secara teratur. Saya melihat tagihan dari konsultan tersebut yang mencakup jumlah 'lain-lain' dan item yang dijelaskan sebagai ‘biaya khusus’. Operasi kita tengah menanti persetujuan lingkungan yang sangat penting dalam waktu singkat ini. Saya telah melaporkan beberapa kekhawatiran kepada manajer saya dan ia mengatakan bahwa saat ini adalah saat yang kurang tepat untuk mempertanyakannya karena akan menyinggung konsultan tersebut. Ia mengatakan pekerjaan konsultan ini sangat memuaskan dan kita harus menyerahkan semuanya kepadanya. Apa yang harus saya lakukan?

J Item yang tanpa penjelasan atau mencurigakan pada tagihan tersebut mungkin menunjukkan bahwa pemasok tersebut melakukan pembayaran yang tidak pantas. Mengabaikan tanda bahaya ini dapat mengakibatkan BHP Billiton melanggar undang-undang anti korupsi dan dapat menyebabkan kerusakan parah terhadap reputasi kita. Anda harus melaporkan kekhawatiran ini segera kepada manajer dua tingkat di atas Anda, berbicara dengan perwakilan Kepatuhan Hukum Grup, atau menghubungi EthicsPoint. Masalah ini akan diselidiki. Semua upaya akan dilakukan untuk tidak mengungkapkan identitas Anda dan Anda tidak akan menjadi target penyerangan.

– Mengabaikan tanda-tanda peringatan bahwa mitra usaha dapat terlibat dalam perilaku yang dilarang. Tanda-tanda peringatan meliputi klaim penggantian yang tidak biasa, remunerasi yang tidak proporsional, atau upaya oleh mitra usaha untuk menyembunyikan identitas atau tanda terima pembayaran mereka.

– Menggunakan atau terus menggunakan mitra usaha jika Anda mengetahui atau menduga adanya perilaku yang tidak pantas. Masalah apa pun harus diselidiki secara menyeluruh dan diselesaikan secara memuaskan dan penyelesaiannya didokumentasikan dengan baik jika pengaturan bisnis akan dilanjutkan.

Penggunaan mitra usaha

– Mendapatkan semua persetujuan di awal sesuai dengan GLD Anti Korupsi kita sebelum melibatkan mitra usaha (termasuk melakukan uji tuntas yang diamanatkan).

– Memantau perilaku mitra usaha termasuk memeriksa faktur dan mempertanyakan setiap jumlah yang tidak jelas atau mencurigakan.

– Melaporkan segala kekhawatiran atau kecurigaan tentang perilaku mitra usaha kepada Kepatuhan Hukum Grup atau EthicsPoint.

– Memastikan semua pembayaran yang dilakukan oleh mitra usaha atas nama kita telah sesuai.

Page 48: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 46

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Negara dan Risiko Sanksi

– Perwakilan Kepatuhan Hukum Grup

– EthicsPoint

– Supervisor atau manajer

Pengendalian perdagangan

Sanksi perdagangan merupakan hukum yang membatasi perdagangan dengan negara dan/atau individu tertentu. Misalnya, hukum sanksi perdagangan dapat melarang:

– ekspor ke negara yang terkena sanksi;

– impor atau transaksi properti yang berasal dari negara yang terkena sanksi;

– transaksi lainnya dengan pemerintah, individu, atau badan usaha yang terkena sanksi, seperti kelompok teroris yang sudah ditetapkan.

Pengendalian ekspor adalah hukum yang mengatur perpindahan barang tertentu melintasi perbatasan suatu negara. Misalnya, hukum pengendalian ekspor dapat mewajibkan adanya izin atau melarang:

– setiap ekspor barang-barang tertentu yang tercantum di berbagai 'daftar terkontrol' yang ditetapkan oleh Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Uni Eropa. Barang-barang ini seringkali dapat digunakan dalam bidang militer yang menjadi alasan mengapa ekspor tersebut dibatasi;

– pemindahan perangkat lunak, data teknis, atau teknologi yang dibatasi yang berkaitan dengan barang-barang yang dikendalikan oleh ekspor, termasuk melalui email dan sarana online atau fisik lainnya.

Hukum pengendalian perdagangan ini disiapkan untuk melaksanakan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional negara-negara tempat BHP Billiton beroperasi. Setiap keterlibatan BHP Billiton di dalam transaksi yang melanggar hukum ini dapat dianggap sebagai tindak pidana yang dilakukan oleh Perusahaan atau karyawan kita, melemahkan tujuan yang telah ditetapkan oleh negara tujuan, dan mempermalukan serta merusak reputasi Perusahaan.

Harapan kami kepada Anda

Untuk mematuhi hukum sanksi perdagangan, BHP Billiton menerapkan perangkat lunak yang memeriksa semua vendor dan pelanggan kita terhadap daftar pihak yang terkena sanksi pemerintah. Jika Anda terlibat dalam perdagangan internasional, Anda harus selalu mematuhi ketentuan pemeriksaan BHP Billiton.

Sanksi sering berubah. Selalu pastikan dengan perwakilan Kepatuhan Hukum Grup Anda jika Anda tidak yakin apakah transaksi tersebut akan melanggar hukum, peraturan, atau pembatasan yang ada.

Sebelum mengekspor peralatan melewati perbatasan negara, selalu pastikan kepada perwakilan Kepatuhan Hukum Grup Anda jika Anda tidak yakin apakah peralatan tersebut dapat dikenakan hukum pengendalian ekspor.

BHP Billiton mematuhi semua hukum nasional dan internasional, peraturan, dan pembatasan yang berlaku yang berkaitan dengan perdagangan barang, bahan, teknologi, perangkat lunak, dan jasa secara internasional, termasuk sanksi perdagangan dan pengendalian ekspor.

Page 49: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 47

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saya menerima permintaan dari pelanggan untuk mengirimkan barang BHP Billiton ke negara yang berdekatan dengan negara yang terkena sanksi. Namun pelanggan tersebut menyebutkan bahwa pembayaran akan datang dari badan usaha lepas pantai yang didirikan di negara yang memberikan perlindungan pajak dan telah menolak untuk memberikan informasi tentang tujuan akhir dari barang tersebut. Pelanggan tersebut siap membayar harga di atas pasar. Apa yang harus saya lakukan?

J Anda harus segera menghubungi perwakilan Kepatuhan Hukum Grup untuk meminta bantuan. Badan usaha yang terkena sanksi dan badan usaha yang berada di negara-negara yang terkena sanksi sering berusaha mendapatkan barang dengan menyembunyikan partisipasi mereka di dalam transaksi dan beroperasi melalui pihak ketiga. Pengaruh sanksi berarti pihak yang terkena sanksi sering siap untuk menawarkan harga di atas pasar. Jika Anda melanjutkan transaksi tersebut, Anda dan BHP Billiton bisa dianggap melakukan tindak pidana berdasarkan hukum sanksi perdagangan yang berlaku bagi BHP Billiton, terutama karena Anda mengetahui adanya tanda peringatan. Bagian Kepatuhan Hukum Grup dapat menyelidiki lebih lanjut dan memberi saran tentang hal ini.

P Saya memperhatikan bahwa seorang rekan berencana untuk mengirimkan informasi desain untuk teknologi pengeboran terarah melalui email kepada seseorang di negara lain. Apa yang harus saya lakukan?

J Beberapa teknologi yang terkait dengan pengeboran terarah tercantum di dalam daftar barang yang tunduk pada pengendalian ekspor oleh beberapa negara, karena teknologi tersebut dapat diterapkan di bidang militer. Anda harus memberi tahu karyawan tersebut agar meminta saran dari perwakilan Kepatuhan Hukum Grup Anda sebelum mengirim email. Jika Anda tidak berhasil, Anda harus melaporkan masalah ini kepada supervisor atau manajer Anda atau EthicsPoint.

– Terlibat dalam negosiasi, diskusi, atau transaksi apa pun dengan badan usaha di negara-negara yang terkena sanksi perdagangan berdasarkan hukum yang berlaku bagi BHP Billiton. Negara-negara ini termasuk Kuba, Iran, Suriah, Korea Utara, dan lain-lain dari waktu ke waktu. Jika tidak yakin, bicaralah dengan bagian Kepatuhan Hukum Grup sebelum memulai diskusi.

– Mengambil tindakan apa pun yang membahayakan integritas data vendor atau pelanggan dalam sistem kita. Hal ini dapat membahayakan pengoperasian perangkat lunak yang menyaring daftar pelanggan dan vendor untuk pihak yang terkena sanksi dan mencekal transaksi yang dapat berpotensi melanggar hukum pengendalian perdagangan.

– Melanjutkan ekspor atau transaksi bisnis lainnya jika ada keraguan mengenai apakah transaksi tersebut dapat melanggar hukum pengendalian perdagangan.

– Mengizinkan untuk melanjutkan transaksi dengan rekanan yang ditujukan untuk menyembunyikan identitas rekanan yang sebenarnya.

– Memastikan bahwa BHP Billiton dan agen-agennya memberikan informasi yang akurat dan lengkap kepada otoritas pemerintah, termasuk surat pernyataan impor dan ekspor yang akurat dan lengkap

– Memeriksa semua mitra usaha, pemasok, dan pihak lain yang terlibat dalam transaksi internasional terhadap daftar pengawasan terkonsolidasi sebagaimana diminta.

– Meminta kepastian, bersamaan dengan perwakilan dari Kepatuhan Hukum Grup Anda, dari pihak rekanan (termasuk informasi mengenai tujuan, penggunaan akhir atau pengguna akhir dari satu item/barang) jika Anda khawatir bahwa pihak rekanan tersebut mungkin akan menjualnya ke pihak yang terkena sanksi. Periksa dengan bagian Kepatuhan Hukum Grup jika Anda mengekspor peralatan melewati perbatasan negara dan tidak yakin apakah peralatan tersebut dikenakan undang-undang pengendalian ekspor.

– Meminta saran dari Kepatuhan Hukum Grup jika ragu.

Pengendalian perdagangan

Page 50: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 48

Hak kekayaan intelektual

Komunikasi eksternal

Perdagangan oleh orang dalam

Keamanan dunia maya (cyber)

Akurasi data dan informasi

Melindungi aset BHP Billiton

5. Menggunakan Sumber Daya Perusahaan

Page 51: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 49

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Keamanan – Manajemen Informasi

– GLD tentang Sumberdaya Manusia

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan SI

– EthicsPoint

Melindungi aset BHP Billiton

Aset BHP Billiton ada dalam berbagai bentuk dan termasuk properti fisik dan non fisik seperti fasilitas, peralatan, teknologi informasi inventaris, dana, hak kekayaan intelektual, dan informasi serta data Perusahaan.

Informasi kepemilikan yang sangat sensitif harus diperlakukan sebagai sebuah aset dan dilindungi dari penggunaan atau pengungkapan yang tidak sah. Hal ini bisa mencakup:

– rencana strategis dan pemasaran;

– informasi yang digunakan dalam aktivitas perdagangan;

– data operasional, seperti data produksi dan pemeliharaan, data induk dan data yang berkaitan dengan peralatan, sensor, serta sistem pengendalian proses Perusahaan;

– data riset dan data teknis lainnya.

Anda tidak boleh mengungkapkan jenis informasi ini kecuali diberi wewenang untuk melakukannya. Tanyakanlah kepada supervisor atau manajer Anda jika Anda tidak yakin dengan apa yang dapat Anda ungkapkan.

Aset BHP Billiton harus selalu digunakan sesuai dengan tujuan dan peruntukannya, serta menyimpan semua catatan dengan benar dan akurat.

Tindakan pencegahan yang sesuai harus ditempuh untuk mencegah adanya pencurian, penyelewengan, kerusakan atau penyalahgunaan terhadap aset BHP Billiton. Hal ini mencakup tidak membiarkan aset fisik dirusak, dibuang, dijual, dipinjamkan, atau didonasikan tanpa persetujuan. Aset non fisik juga tidak boleh diberikan kepada pihak luar tanpa persetujuan.

Harapan kami kepada Anda

Anda bertanggung jawab untuk menggunakan dan menjaga aset BHP Billiton dengan benar, baik aset fisik maupun non fisik.

Anda juga diminta untuk menghormati aset non fisik dan fisik pihak lain, dan tidak pernah merusak atau menyalahgunakan aset tersebut dengan sengaja.

Sebagai karyawan BHP Billiton, kita semua berkewajiban untuk melindungi aset Perusahaan dan menggunakannya untuk tujuan yang dimaksud.

Page 52: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 50

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saya membuka bisnis rumahan yang menjual karya seni. Saya menghabiskan sebagian besar pekerjaan ini di akhir pekan dan tentunya tidak menggangu pekerjaan saya di BHP Billiton, sebagaimana disetujui oleh manajer saya. Saya sering selesai makan siang lebih awal dan punya waktu luang untuk mengakses situs web saya di komputer kerja saya dan memproses pesanan. Pedoman ini menyebutkan bahwa penggunaan pribadi yang terbatas dibolehkan dan saya tidak menggunakan waktu BHP Billiton atau mengganggu produktivitas rekan kerja saya. Apakah penggunaan terbatas ini dibolehkan?

J Aset BHP Billiton, termasuk sistem informasi dan sumberdaya komunikasinya hanya boleh digunakan untuk tujuan bisnis Perusahaan dan penggunaan pribadi yang bersifat sedang. Anda tidak diperbolehkan untuk menjalankan bisnis ‘rumahan’ Anda dari kantor BHP Billiton atau menggunakan properti BHP Billiton, termasuk sistem informasinya untuk tujuan ini.

P Tumpukan sampah material di tempat kerja kita makin besar dan menumpuk, dan semuanya akan segera dihancurkan. Saya membawa beberapa item untuk dijual ke tempat penjualan barang bekas setempat, namun seorang rekan kerja mengatakan bahwa saya tidak boleh melakukan hal ini. Mengingat tidak ada uang yang dikeluarkan, apakah hal ini diperbolehkan?

J Walaupun barang tersebut merupakan produk buangan, namun tetap merupakan properti BHP Billiton dan tidak boleh dibawa keluar dari lokasi tanpa izin. Meskipun BHP Billiton tidak memilih untuk menjual kembali barang logam tersebut, dan jika Anda belum diberi izin untuk menjualnya atas nama perusahaan, maka hal tersebut dianggap sebagai pencurian. Jika Anda merasa yakin bahwa ada opsi yang dapat dilakukan untuk menjual produk buangan tersebut, ajukanlah solusi biaya lengkapnya kepada supervisor Anda untuk ditelusuri lebih lanjut.

– Menggunakan aset BHP Billiton untuk keuntungan pribadi.

– Melakukan transaksi penipuan atau ilegal yang melibatkan aset kita.

– Mengizinkan akses masuk tanpa izin ke lokasi atau kantor BHP Billiton atau akses ke teknologi informasi kita.

– Mengabaikan keluhan keamanan atau prosedur keamanan yang tidak memadai yang dapat menimbulkan ancaman baik terhadap karyawan maupun aset BHP Billiton. Laporkan semua kekhawatiran kepada supervisor atau manajer Anda.

– Mematuhi ketentuan Perusahaan dan undang-undang yang berlaku mengenai penggunaan aset Perusahaan.

– Menggunakan aset BHP Billiton sesuai dengan tujuannya.

– Melindungi aset kita dari pemborosan, kerusakan, penyalahguanaan, kerugian, penipuan atau pencurian.

– Melaporkan segala potensi pemborosan, kerusakan, penyalahgunaan, kerugian, penipuan atau pencurian terhadap aset kita.

– Memastikan agar pihak ketiga (seperti pemasok) mengikuti GLD, standar, serta prosedur yang ditetapkan saat berurusan dengan aset BHP Billiton.

– Mencegah personil yang tidak berkepentingan untuk mengakses fasilitas, informasi, data, atau aset kita bila memungkinkan, dan aman untuk dilakukan.

Melindungi aset BHP Billiton

Page 53: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 51

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Penafsiran Akuntansi

– GLD tentang Manajemen Catatan dan Dokumen

– GLD tentang Keamanan – Manajemen Informasi

– GLD tentang Pelaporan Kesehatan, Keselamatan, Lingkungan dan Komunitas

– GLD tentang Audit Internal

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang keabsahan suatu proses pelaporan atau kegiatan pembukuan, atau meyakini bahwa Anda diminta untuk membuat informasi yang palsu atau menyesatkan, Anda wajib melaporkannya dengan segera.

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Akurasi data dan informasi

Karyawan, kontraktor, dan mitra bisnis yang bekerja untuk BHP Billiton wajib mematuhi semua ketentuan finansial, hukum dan ketentuan pelaporan, hukum, dan peraturan lain yang berlaku di tiap yurisdiksi tempat kita beroperasi, serta ketentuan BHP Billiton sendiri.

Semua transaksi finansial harus dibuktikan dengan dokumen sumber yang sesuai, terjamin keabsahan dan akurasinya, mendapatkan izin yang sesuai, serta dicatat dengan akurat dan lengkap di akun dan catatan yang relevan sebagaimana diwajibkan oleh hukum dan ketentuan BHP Billiton. Hal ini berlaku bagi semua informasi finansial, termasuk perintah pembelian, dokumen yang diterima, faktur, catatan perjalanan dan pengeluaran, masukan jurnal, dan catatan pajak.

Setelah dibuat, data harus disimpan dengan benar, dilindungi, dan dibuang sesuai dengan ketentuan pengelolaan catatan dan dokumen BHP Billiton dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Harapan kami kepada Anda

Semua data yang dibuat dan disimpan oleh karyawan, kontraktor, dan mitra usaha harus secara akurat mencerminkan transaksi dan peristiwa yang sebenarnya. Memalsukan catatan atau memutarbalikkan fakta atau terlibat dalam perilaku curang lainnya tidak pernah dibenarkan. Memalsukan, menyembunyikan, mengubah, merusak atau mengutak-atik informasi, atau membuat informasi yang menyesatkan tidak akan ditoleransi oleh BHP Billiton.

Jika Anda bertanggung jawab untuk melaporkan informasi, baik finansial maupun non finansial, Anda wajib memastikan bahwa terdapat pengawasan internal yang memadai untuk mendapatkan laporan yang benar, akurat, lengkap, konsisten, tepat waktu, dan dapat dipahami.

Kita harus selalu memperlihatkan keakuratan data dan informasi BHP Billiton mengenai BHP Billiton atau kegiatan bisnisnya. Hal ini dapat mencakup informasi finansial, produksi, operasional, proyek, kesehatan, keselamatan, lingkungan, sumberdaya dan cadangan, catatan waktu, atau informasi lain dan dalam semua format.

Page 54: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 52

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Kami memeriksa kualitas udara di bengkel setiap minggunya, dan sejauh yang saya ingat hasil dari pemeriksaan ini selalu sama. Terkadang bila sangat sibuk, kami menggunakan hasil dari minggu sebelumnya, ini membantu kami dalam menangani beban kerja kami. Apakah tindakan ini keliru?

J Hal ini merupakan hal yang sangat serius dan bisa merupakan tindakan penipuan. Pemeriksaan harus dilakukan saat diperlukan dan laporannya harus secara akurat memuat hasil pemeriksaan yang benar, termasuk tanggal pemeriksaannya. Jika beban kerja Anda menyulitkan pemeriksaan yang tepat waktu, diskusikan hal ini bersama supervisor atau manajer Anda. Karyawan tidak berhak memutuskan apakah pemeriksaan tersebut tidak diperlukan atau membuat catatan yang tidak akurat.

P Saya bertanggung jawab mengelola semua aspek pelaporan untuk sebuah proyek dan perkembangan saat ini jauh tertinggal dari jadwal yang direncanakan. Saya diminta oleh direktur proyek untuk mengabaikan hal ini dan melaporkan bahwa jadwal dan biaya proyek sesuai dengan rencana. Alasannya karena kami menghindari tekanan untuk mencapai tenggat waktu yang ditentukan agar tidak tegang jika orang berpikir bahwa kami tidak akan berhasil melakukannya. Ada biaya tak terduga (contingency) untuk dimasukkan ke dalam anggaran. Apa yang harus saya lakukan, khususnya karena mengetahui bahwa bonus rekan kerja saya bisa terkena dampak?

J Semua pelaporan harus lengkap dan akurat dan pemalsuan hasil merupakan hal yang serius serta melanggar Pedoman ini. Anda wajib membahas kekhawatiran Anda bersama direktur proyek dan mencari cara lain untuk memastikan bahwa tim proyek tetap bekerja dan fokus dalam menyampaikan hasil laporan. Jika hal ini tidak memungkinkan atau tidak berhasil, sampaikan kekhawatiran Anda kepada manajer Anda, perwakilan Sumberdaya Manusia, atau EthicsPoint.

– Memalsukan catatan apa pun atau membuat masukan palsu atau menyesatkan (finansial atau non finansial), seperti menghilangkan informasi yang membuat masukan menjadi palsu atau menyesatkan dalam laporan, catatan, sistem, atau laporan pengeluaran.

– Menyembunyikan informasi dari auditor internal atau eksternal yang dapat berdampak pada hasil audit.

– Menghindari prosedur pemeriksaan dan persetujuan.

– Mempengaruhi atau mengizinkan orang lain untuk melakukan sesuatu yang membahayakan integritas dari catatan atau laporan BHP Billiton.

– Menyembunyikan atau mengutak-atik catatan atau dokumen Perusahaan.

– Mengungkap atau menyebarkan informasi yang rahasia atau sensitif secara komersial baik secara internal maupun eksternal tanpa izin terlebih dahulu.

– Membuang dokumen dan catatan tanpa mengetahui apa yang dibuang atau apakah dokumen/catatan tersebut harus disimpan untuk alasan hukum.

– Membantu auditor internal dan eksternal kita serta berikan semua informasi penting yang dapat berdampak pada hasil audit, baik suka maupun tidak suka.

– Melaporkan semua penyimpangan atau dugaan penyimpangan atau kelemahan yang berkaitan dengan masalah pengawasan internal, akuntansi, atau pelaporan (baik finansial atau non finansial).

– Segera melaporkan tindak penipuan atau dugaan penipuan serta penyimpangan.

– Menyimpan buku, catatan, akun, dokumentasi, dan laporan Perusahaan secara akurat, lengkap, dan benar sesuai dengan hukum, peraturan, GLD, standar, serta prosedur yang berlaku.

– Melindungi catatan BHP Billiton dari akses, perubahan, penyebaran, atau perusakan yang tidak sah.

– Mencatat waktu kerja yang berhubungan dengan BHP Billiton serta semua cuti yang diambil.

– Memastikan bahwa tidak ada akun, dana, atau aset rahasia atau tak tercatat yang diterima atau disimpan

– Menyerahkan dan menyetujui pengeluaran yang sah dan wajar jika dilengkapi dengan tanda terima dan faktur yang berlaku.

– Menyimpan dokumen dan catatan sesuai dengan hukum yang berlaku serta prosedur manajemen informasi Perusahaan.

– Mengembalikan atau memindahkan semua catatan bisnis yang Anda miliki jika Anda berganti pekerjaan di dalam Perusahaan atau jika Anda keluar dari BHP Billiton. Jangan menyimpan salinan pribadi.

Akurasi data dan informasi

Page 55: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 53

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Keamanan – Manajemen Informasi

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan SI

– Perwakilan Sumberdaya Manusia

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Keamanan dunia maya (cyber)

Perangkat keras, perangkat lunak serta data yang tersimpan pada teknologi informasi BHP Billiton, serta data BHP Billiton yang tersimpan pada perangkat pribadi, merupakan hak milik BHP Billiton. Menjaga teknologi informasi dan data ini merupakan tanggung jawab seluruh karyawan BHP Billiton.

Pengendalian keamanan diberlakukan dan diperiksa secara terus-menerus untuk mencegah ancaman dunia maya (cyber).

Kami menyediakan teknologi informasi kepada karyawan untuk melaksanakan pekerjaan bagi BHP Billiton. Hal ini harus digunakan secara aman dan bertanggung jawab dan cukup terlindungi dari kerusakan, kehilangan, pencurian, pengubahan atau akses yang tidak sah.

Penggunaan teknologi informasi atau data yang tidak benar dapat membahayakan Perusahaan, seperti serangan virus dan pembobolan keamanan terhadap teknologi informasi. Apabila teknologi informasi dan data BHP Billiton digunakan dengan tidak benar atau jika mengakses atau menyimpan materi yang tidak sesuai dengan menggunakan sistem Perusahaan, akan diambil tindakan disiplin termasuk pemecatan atau dilaporkan kepada pihak kepolisian.

BHP Billiton berhak untuk mengakses, memeriksa, dan mengungkap data yang tersimpan pada sistem BHP Billiton untuk tujuan pemeliharaan, kebutuhan bisnis, atau untuk memenuhi ketentuan atau kebijakan hukum.

Harapan kami kepada Anda

Kami memahami bahwa penggunaan teknologi informasi BHP Billiton secara wajar dan pribadi kadang diperlukan.

Harap diketahui bahwa penggunaan informasi teknologi Anda akan dipantau, dilaporkan, dan jika diperlukan akan diblokir untuk menghindari risiko serta mematuhi hukum, peraturan, dan GLD, serta standar BHP Billiton.

Penggunaan teknologi dan data yang tidak dibenarkan diantaranya adalah:

– menggunakannya untuk tujuan yang berkaitan dengan kejahatan dunia maya (cyber) (misalnya pencurian, pemerasan, atau penipuan yang dilakukan dengan menggunakan sistem informasi BHP Billiton);

– menggunakannya untuk menggandakan atau menjual perangkat lunak atau file media, seperti portofolio audio, video atau gambar elektronik;

– mempublikasikan data BHP Billiton tanpa izin;

– menggunakan teknologi informasi atau data BHP Billiton bukan untuk tujuan bisnis perusahaan BHP Billiton;

– menghapus data atau hak kekayaan intelektual BHP Billiton tanpa izin.

Materi yang tidak dibenarkan di antaranya adalah:

– gambar atau teks yang berbau pornografi atau seks;

– material yang menganjurkan kekerasan, kebencian, terorisme, atau intoleransi kepada pihak lain;

– semua material yang dianggap vulgar atau tidak sopan.

BHP Billiton berkomitmen terhadap keamanan pribadi dan perusahaan dengan meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dunia maya (cyber) karyawan dan mengambil langkah untuk melindungi sistem informasi dan data Perusahaan.

Page 56: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 54

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saya baru saja menerima panggilan telepon dari orang yang tidak dikenal yang menawarkan diri untuk membantu saya memasang perangkat lunak yang akan memperbaiki kinerja komputer saya. Apa yang harus saya lakukan?

J Anda tidak boleh menerima tawaran ini. Semua panggilan telepon yang tidak diminta atau mencurigakan harus diwaspadai. Satu-satunya orang yang berwenang untuk memasang perangkat lunak pada komputer BHP Billiton adalah penyedia layanan IS internal kita. Penjahat dunia maya (cyber) menggunakan teknik ini untuk mendapatkan kepercayaan dan bisa meminta Anda untuk membuka situs web untuk memasang perangkat lunak yang akan memberi mereka akses ke komputer Anda. Setelah melakukan hal ini, mereka akan mendapatkan akses ke sistem Anda dan BHP Billiton.

Apabila Anda menerima telepon atau email yang mencurigakan dari orang yang tidak dikenal yang meminta Anda untuk memberi akses ke komputer Anda, Anda wajib segera melaporkannya kepada perwakilan SI di tempat Anda. Jika Anda sempat, tulislah nomor telepon orang tersebut dan dapat ditampilkan pada telepon Anda, lalu berikan kepada perwakilan SI di tempat Anda.

P Saya baru saja menerima email dari seorang rekan kerja yang mengandung kesalahan penulisan dan tata bahasa dan meminta saya untuk mengklik tautan situs web. Email tersebut tampak mencurigakan. Apa yang harus saya lakukan?

J Penjahat dunia maya (cyber) mungkin sedang mencoba untuk meniru seseorang yang Anda kenal agar Anda membuka sebuah lampiran untuk mengakses informasi pribadi tentang Anda atau menginfeksi komputer Anda. Jika Anda menerima email yang mencurigakan dari orang yang Anda kenal, tanyakanlah kepada orang tersebut secara langsung sebelum membalas email. Jangan membalas email yang Anda terima. Jika email tersebut palsu, Anda harus menyampaikannya kepada perwakilan SI di tempat Anda.

– Memberikan atau membocorkan kata sandi Anda kepada siapa pun atau menggunakan ulang kata sandi di seluruh sistem.

– Meninggalkan perangkat teknologi informasi atau seluler tanpa terjaga di tempat umum saat bepergian.

– Terlibat dalam tindak penipuan atau kejahatan secara online.

– Memasang perangkat lunak atau menghubungkan perangkat keras tanpa lisensi dan izin.

– Sengaja mengakses, menyimpan, mengirim, memasang atau mempublikasikan materi yang tidak dibenarkan, atau mengabaikan orang lain yang melakukannya.

– Menyebarkan materi yang berpotensi menimbulkan gangguan, ketidaknyamanan, atau kegelisahan yang tidak perlu bagi rekan kerja Anda.

– Mengakses aplikasi atau sistem bisnis yang tidak memiliki justifikasi/pembenaran bisnis.

– Menyimpan, mengirim, memasang atau mempublikasikan informasi yang bersifat rahasia, sensitif secara komersial, atau merupakan hak milik BHP Billiton di luar sistem atau perangkat BHP Billiton tanpa izin terlebih dahulu.

– Menonaktifkan langkah keamanan BHP Billiton.

– Memastikan bahwa perangkat keras, perangkat lunak, dan data yang menjadi tanggung jawab Anda dilindungi dengan benar dan sampaikan kepada perwakilan SI di tempat Anda jika hilang atau dicuri.

– Mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah akses tidak sah terhadap data yang sangat sensitif.

– Berhati-hati ketika membuka lampiran email dan mengeklik tautan yang diterima dari pengirim tak dikenal atau alamat email yang tidak biasa.

– Menyampaikan kepada perwakilan SI di tempat Anda tentang materi yang tidak diminta, seperti email yang mencurigakan yang meminta Anda untuk membuka lampiran atau mengklik tautan situs web.

– Memperlakukan email dan bentuk komunikasi elektronik lainnya sebagai catatan resmi BHP Billiton.

Keamanan dunia maya (cyber)

Page 57: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 55

Tempat mencari bantuan

Alat dan sumberdaya

– GLD tentang Transaksi Sekuritas

– GLD tentang Perilaku Bisnis

– Perwakilan Sekretariat Perusahaan dan Tata Kelola Perusahaan Grup

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

– Supervisor atau manajer

Perdagangan oleh orang dalam

Informasi orang dalam adalah informasi tentang perusahaan yang tidak tersedia untuk publik. Baik informasi yang secara umum akan dianggap memengaruhi keputusan investor untuk berinvestasi di perusahaan atau tidak.

Contoh informasi dari dalam di antaranya adalah:

– kinerja keuangan BHP Billiton terhadap anggaran atau perkiraannya;

– penandatanganan atau penghentian kontrak penting;

– merger aktual atau merger yang diusulkan, akuisisi, serta usaha patungan;

– temuan aktual atau kemungkinan temuan atau penyesuaian yang signifikan terhadap badan bijih atau cadangan minyak.

Memiliki informasi dari dalam bukan merupakan pelanggaran. Namun di banyak negara, membeli, menjual, atau bertransaksi dalam sekuritas yang terkait saat Anda memiliki informasi dari dalam merupakan tindak kejahatan. Hal ini disebut perdagangan oleh orang dalam.

Mendorong untuk melakukan transaksi orang dalam atau mengungkapkan informasi dari dalam dengan maksud untuk menguntungkan pihak lain juga merupakan tindak kejahatan. Jika Anda memiliki pengetahuan dari dalam, Anda tidak boleh meminta atau mendorong orang lain (misalnya, anggota keluarga, teman atau perusahaan keluarga, atau wali amanat) untuk membeli, menjual atau mentransaksikan sekuritas terkait, atau meneruskan informasi tersebut kepada orang lain.

Mengungkap informasi juga bisa merupakan pelanggaran terhadap kewajiban Anda untuk menjaga kerahasiaan, tanpa mempedulikan apakah informasi tersebut digunakan untuk bertransaksi dalam sekuritas perusahaan yang terkait.

Kesalahpahaman yang sering terjadi adalah anggapan bahwa hanya direktur dan manajemen senior yang bisa bersalah atas perdagangan oleh orang dalam. Justru, semua orang – termasuk karyawan, kontraktor, keluarga, teman dan penasihat investasi – dapat melakukan tindakan seperti itu.

Harapan kami kepada Anda

Anda harus ekstra hati-hati jika Anda telah diberi tahu oleh Sekretariat Perusahaan dan Tata Kelola Perusahaan Grup (Group Corporate Governance and Company Secretariat) bahwa Anda telah dimasukkan ke dalam ‘daftar orang dalam’ dan harus mendapatkan izin dari petugas pemberi persetujuan yang ditunjuk sebelum terlibat dalam transaksi yang melibatkan sekuritas BHP Billiton.

Jika Anda adalah karyawan yang mengikuti program saham eksekutif, Anda tidak boleh membeli, menjual atau bertransaksi dalam sekuritas BHP Billiton selama periode tutup buku, meskipun Anda memiliki informasi dari dalam.

Berdagang pada perusahaan publik lainnyaInformasi dari dalam juga bisa tentang perusahaan lain yang diperdagangkan secara publik. Ini misalnya mencakup informasi yang Anda peroleh secara rahasia tentang perusahaan lain selama Anda bekerja.

Apabila BHP Billiton memiliki hubungan bisnis dengan perusahaan lain, Anda wajib menerapkan kewaspadaan jika hendak melakukan perdagangan pada saham perusahaan tersebut, mengingat aturan transaksi oleh orang dalam berlaku bagi semua saham jika Anda memiliki informasi dari dalam tentang perusahaan tersebut. Investasi seperti ini juga dapat menimbulkan potensi atau konflik kepentingan aktual.

Dalam pekerjaan Anda, Anda dapat mempelajari informasi tentang BHP Billiton atau perusahaan lain – misalnya pesaing, mitra usaha patungan, pelanggan, atau pemasok – sebelum diumumkan ke publik. Menggunakan informasi ini untuk keuntungan finansial Anda atau pihak lain atau menyampaikan informasi ini kepada pihak lain adalah perbuatan ilegal.

Page 58: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 56

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saya tidak sengaja mendengar manajer saya bercerita tentang penutupan besar-besaran dan tidak terencana pada sebuah lokasi kerja lain BHP Billiton. Saya belum pernah melihatnya dari berita atau mendengar orang lain membicarakannya di tempat kerja saya. Apakah saya boleh memberi tahu teman yang juga bekerja di BHP Billiton?

J Ini mungkin merupakan informasi dari dalam tentang BHP Billiton yang tersedia untuk publik dan tidak boleh disampaikan kepada teman-teman Anda. Jika Anda memberi tahu teman-teman Anda dan mereka menggunakan informasi ini untuk bertransaksi dalam sekuritas BHP Billiton, maka Anda dan teman Anda bisa dianggap bersalah telah melakukan perdagangan oleh orang dalam. Anda tidak boleh beranggapan bahwa teman-teman Anda telah mengetahui hal tersebut meskipun mereka juga bekerja di BHP Billiton, dan harus memberi tahu apa yang Anda dengar kepada manajer Anda.

P Saya diberi tahu bahwa saya dimasukkan dalam daftar orang dalam untuk sebuah proyek baru BHP Billiton. Seorang anggota keluarga yang tidak memiliki saham apa pun, namun memiliki teman yang memiliki saham, bertanya tentang apa yang selama ini saya lakukan di tempat kerja. Bagaimana menanggapinya?

J Karena Anda berada dalam daftar orang dalam, ini berarti bahwa Anda telah, atau mungkin telah, menerima informasi dari dalam tentang BHP Billiton yang bersifat sangat rahasia. Oleh karena itu, Anda tidak boleh membeberkan semua detail proyek BHP Billiton kepada siapapun, termasuk anggota keluarga Anda.

Keluarga Anda mungkin bermaksud baik bertanya tentang pekerjaan Anda, namun ada risiko bahwa mereka mungkin tidak sengaja menyampaikan informasi rahasia ini kepada orang lain yang bertransaksi dalam sekuritas BHP Billiton.

– Membeli atau menjual sekuritas BHP Billiton (atau perusahaan lain) baik secara langsung, melalui anggota keluarga, orang atau entitas lain saat Anda mengetahui adanya informasi dari dalam.

– Mengungkapkan informasi dari dalam kepada siapa pun di luar BHP Billiton, termasuk keluarga dan teman, kecuali diberi izin, didokumentasikan, dan diperlukan bagi kegiatan bisnis Perusahaan.

– Merekomendasikan atau menyarankan orang lain untuk membeli, menjual, atau bertransaksi dalam sekuritas perusahaan mana pun, termasuk BHP Billiton, jika Anda memiliki informasi dari dalam tentang perusahaan tersebut.

– Menyebarkan informasi palsu atau terlibat dalam kegiatan lain untuk memanipulasi harga sekuritas yang terdaftar secara publik.

– Melakukan perdagangan dalam saham perusahaan lain bila Anda memiliki akses terhadap informasi dari dalam yang, jika disampaikan ke publik, diperkirakan akan berdampak terhadap harga saham perusahaan tersebut.

– Mengungkap informasi dari dalam dengan tidak sengaja. Misalnya, hindarilah obrolan tentang informasi rahasia di dalam lift atau meninggalkan informasi rahasia di mesin fotokopi.

– Menjaga kerahasiaan informasi BHP Billiton.

– Melaporkan adanya kebocoran informasi BHP Billiton yang Anda sadari kepada supervisor atau manajer Anda atau melalui EthicsPoint.

– Meminta saran dar Sekretariat Perusahaan dan Tata Kelola Perusahaan Grup atau perwakilan Hukum Grup jika Anda hendak melakukan transaksi sekuritas dan memiliki keraguan.

– Mempertimbangkan dengan cermat informasi yang Anda ungkapkan tentang apa yang sedang Anda kerjakan, tempat yang Anda tuju dalam melaksanakan bisnis BHP Billiton, siapa yang berkunjung ke kantor atau tempat kerja, atau apa yang Anda perbincangkan dengan karyawan BHP Billiton lainnya.

Perdagangan oleh orang dalam

Page 59: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 57

Tempat mencari bantuanTempat mencari bantuan

Alat dan sumber daya

– GLD tentang Pengungkapan Pasar

– GLD tentang Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs), Hubungan Investor dan Merek

Jika Anda merasa memiliki, atau telah menyampaikan informasi materiil yang belum diungkap ke publik dan dapat berdampak pada harga saham BHP Billiton, Anda harus segera melaporkannya kepada bagian Hubungan Investor Grup, Pejabat Pengungkapan atau Sekretariat Perusahaan dan Tata Kelola Perusahaan Grup. Pejabat pengungkapan juga harus diingatkan tentang informasi yang mungkin memerlukan pengungkapan di bursa saham di masa mendatang. Daftar pejabat pengungkapan tersedia pada Sekretariat Perusahaan dan Tata Kelola Perusahaan Grup.

– Supervisor atau manajer

– Pejabat pengungkapan

– Perwakilan Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs)

– Hubungan Investor Grup

– Perwakilan Sekretariat Perusahaan dan Tata Kelola Perusahaan Grup

– EthicsPoint

Komunikasi eksternal

Pengungkapan publik hanya boleh dilakukan oleh juru bicara yang berwenang. Semua komunikasi publik tertulis atau lisan yang dapat dihubungkan dengan BHP Billiton atau dengan salah satu karyawan bisa merupakan pengungkapan publik. Komunikasi seperti itu mencakup:

– penyerahan dokumen yang diperlukan, seperti laporan tahunan, edaran pers, penjelasan tentang kinerja laba dan bisnis;

– wawancara, pidato, artikel, dan laporan;

– informasi yang ada pada situs web BHP Billiton dan jalur komunikasi lain seperti media sosial.

BHP Billiton akan langsung mengungkap semua informasi atau perkembangan utama yang oleh orang biasa dianggap akan memiliki efek materiil terhadap harga saham, atau yang akan digunakan oleh investor sebagai bagian dari dasar untuk mengambil keputusan investasi, kecuali jika ada pengecualian yang diatur oleh undang-undang yang berlaku.

Pengungkapan ini tidak boleh ditunda dan dilakukan sebelum informasi diberikan kepada pihak lain. Pengungkapan publik hanya boleh dilakukan oleh juru bicara yang berwenang dan sesuai dengan GLD Perusahaan tentang Pengungkapan Pasar.

Menentukan apakah suatu informasi atau acara bersifat materiil dan perlu diumumkan secara publik tidak selalu sederhana. Pada saat yang sama, kelalaian untuk menyampaikan kepada pasar tentang acara yang bersifat materiil yang dapat mempengaruhi harga saham bisa merupakan pelanggaran hukum. Tidak mengungkapkan informasi materiil atau mengungkapkan informasi yang tidak sesuai atau tidak konsisten juga berpotensi merusak reputasi kita.

Harapan kami kepada Anda

Anda sebaiknya merasa siap untuk berbicara secara positif tentang BHP Billiton saat ditanya oleh keluarga dan teman, serta teman Anda yang lain baik dalam kondisi formal maupun informal. Adalah hal yang lumrah untuk menyatakan kebanggaan terhadap warisan BHP Billiton dan kontribusi sosialnya yang luas.

Akan tetapi, dalam dunia yang terhubung 24/7 saat ini, kewaspadaan wajib diterapkan untuk memastikan bahwa Anda tidak berbicara atas nama BHP Billiton kecuali mendapatkan persetujuan dari perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) atau Hubungan Investor Grup, sesuai dengan panduan pengungkapan publik dan standar media Perusahaan. Secara umum, semua materi komunikasi eksternal harus disetujui oleh perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs)di tempat Anda.

Jika Anda menghubungkan diri Anda dengan, atau mungkin terhubung dengan, BHP Billiton saat melakukan komunikasi eksternal, maka berlaku Falsafah Perusahaan dan Pedoman Perilaku Bisnis ini, termasuk ketentuan yang berhubungan dengan pelecehan, privasi, teknologi informasi kita, perdagangan oleh orang dalam, hak kekayaan intelektual, dan bagian ini tentang komunikasi eksternal. Terapkanlah prinsip media yang sama ke media sosial, dan berikan tanggapan atas nama BHP Billiton jika Anda mendapatkan izin.

Anda juga wajib berperilaku sesuai dengan semua ketentuan hukum yang berlaku termasuk undang-undang spam dan semua ketentuan layanan media sosial (misalnya layanan jaringan sosial). Anda juga perlu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan pribadi Anda dan orang lain saat mengungkapkan rincian rencana perjalanan bisnis atau lokasi Anda saat ini di media sosial. Hal ini khususnya relevan bila Anda sedang mengerjakan proyek yang sensitif secara komersial atau melakukan perjalanan ke wilayah yang berisiko tinggi.

Sebagai perusahaan yang terdaftar secara publik, BHP Billiton diwajibkan untuk mengungkap informasi secara tepat waktu, akurat, konsisten, lengkap, dan adil agar investor dapat mengambil keputusan pasar yang matang dan teratur.

Page 60: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 58

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Seorang wartawan surat kabar lokal telah meminta saya untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang BHP Billiton. Saya pikir saya tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya. Apakah saya harus menjawabnya?

J Anda tidak boleh berbicara kepada media atas nama BHP Billiton kecuali Anda diberi wewenang khusus untuk melakukannya oleh Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs). Jika Anda mendapatkan panggilan telepon dari seorang wartawan, jelaskan bahwa Anda tidak berwenang untuk berkomentar, catat nama dan organisasi medianya dan berbicaralah kepada perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) di tempat Anda.

P Rekan satu tim saya mengambil foto yang sangat bagus tentang saya di lokasi kerja saya dengan tambang yang terbuka sebagai latar belakangnya. Saya memakai APD lengkap. Bolehkan saya memajangnya di Facebook?

J Untuk alasan keselamatan dan keamanan, hanya orang berwenang yang dapat menggunakan media sosial atas nama BHP Billiton. Postingan gambar atau komentar yang tidak pantas di Facebook terkait BHP Billiton atau rekan Anda dapat menjadi alasan untuk tindakan disiplin.

Selain itu, foto apa pun yang diambil di lokasi harus disahkan terlebih dahulu oleh perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) untuk memastikan foto tersebut meningkatkan dan melindungi reputasi kita.

– Mengungkapkan informasi kepada publik, termasuk media dan anggota komunitas investasi, kecuali Anda diberi izin khusus untuk melakukannya.

– Membocorkan apa yang mungkin dianggap sebagai informasi rahasia, baik secara internal maupun eksternal, kecuali Anda diberi izin khusus untuk melakukannya. Jika Anda tidak yakin dengan tingkat kerahasiaan yang ditetapkan atas informasi tersebut, hubungi manajer terkait.

– Menyembunyikan fakta atau menghilangkan informasi yang mungkin terkait dengan pengungkapan.

– Menggunakan merek dagang, merek BHP Billiton, atau identitas atau citra kolega dan orang lain dalam komunikasi eksternal, termasuk media sosial (dan tanda pagar atau hashtag), kecuali Anda diberi izin khusus untuk melakukannya, dan pastikan Anda menghormati undang-undang privasi.

– Memasang komentar tentang BHP Billiton atau foto lokasi kerja dan proses/kegiatan di situs-situs media sosial. Komentar tentang BHP Billiton hanya boleh dipublikasikan ke media sosial oleh mereka yang berwenang untuk melakukannya. Silakan menyukai atau membagikan cerita yang dipublikasikan oleh BHP Billiton di media sosial jika Anda mau.

– Membaca peraturan yang berkaitan dengan orang yang dapat mengeluarkan pernyataan publik atas nama BHP Billiton.

– Memastikan bahwa semua komunikasi publik lengkap, benar, akurat, tepat waktu, dan jelas.

– Mendapatkan semua persetujuan terkait sebelum menyampaikan materi secara publik.

– Segera melaporkan pertanyaan media dan investasi kepada perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) atau Hubungan Investor Grup Anda, dan mengambil nasihat mereka sebelum menanggapi pertanyaan tersebut.

– Segera melaporkan kehilangan atau pencurian informasi BHP Billiton (misalnya, komputer atau koper) kepada manajer Anda.

– Memberi tahu supervisor atau manajer Anda jika Anda menghadiri acara informal dengan pihak luar seperti pertemuan dagang atau jaringan profesional. Dalam semua kasus, berhati-hatilah untuk tidak mengatakan apa-apa yang dapat mengungkapkan informasi rahasia atau merusak reputasi BHP Billiton.

Komunikasi eksternal

Page 61: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 59

Tempat mencari bantuan

– Supervisor atau manajer

– Perwakilan Hukum Grup

– EthicsPoint

Hak kekayaan intelektual

Hak kekayaan intelektual (HKI) dapat berupa penemuan, merek dagang, desain asli, atau aplikasi praktis, atau ekspresi ide yang memiliki nilai komersial.

HKI merupakan properti BHP Billiton seperti halnya aset fisik BHP Billiton lainnya. HKI ini seringkali sangat berharga. Seiring dengan semakin kompetitifnya pasar saat ini, melindungi HKI Perusahaan menjadi sangat penting. Selain itu, karena HKI ini telah dikembangkan oleh BHP Billiton, HKI ini dapat dilindungi oleh undang-undang yang berhubungan dengan hak cipta, paten, merek dagang, dan sejenisnya.

Jenis HKI mencakup:

– paten untuk produk atau proses baru atau yang ditingkatkan;

– merek dagang dan merek jasa untuk huruf, kata, frasa, suara, bau, bentuk, logo, gambar, aspek kemasan, atau kombinasi dari semua hal ini untuk membedakan barang dan jasa dari satu pebisnis dengan pebisnis lain;

– desain untuk bentuk atau tampilan barang produksi;

– hak cipta untuk bahan asli dalam daftar pelanggan, laporan, interpretasi geologi, metode kerja, panduan internal, multimedia, dan program komputer;

– hak ekstraksi basis data (mengekspor data);

– rahasia atau 'rahasia dagang', termasuk keterampilan teknik dan informasi rahasia atau hak milik lainnya.

Harapan kami kepada Anda

Anda harus melindungi HKI BHP Billiton dengan hati-hati seperti halnya properti lain yang juga dilindungi dan jangan pernah mengungkap HKI BHP Billiton yang bersifat rahasia. Harapan ini berlaku di seluruh pekerjaan Anda dan terus berlanjut setelah masa kerja Anda berakhir.

Terkadang, mungkin perlu membagikan HKI kita dengan orang di luar BHP Billiton agar pihak ketiga dapat bekerja secara efektif dengan kita. Bahkan meskipun tampaknya ada alasan yang sah untuk melakukannya, Anda tidak boleh mengungkap informasi ini tanpa persetujuan dari supervisor atau manajer Anda dan berdasarkan perjanjian kerahasiaan tertulis.

Semua karyawan kita perlu menjaga hak kekayaan intelektual BHP Billiton dari penggunaan yang tidak sah oleh pihak luar. Kita juga mengharapkan karyawan kita untuk menghormati hak-hak kekayaan intelektual pihak lain.

Page 62: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 60

Selalu Jangan Pernah Beberapa contoh

P Saat saya meninggalkan BHP Billiton, bolehkah saya membawa serta semua pekerjaan saya?

J Secara umum, pekerjaan apa pun yang dilakukan selama atau di luar jam kerja yang berhubungan dengan bisnis atau usaha BHP Billiton dimiliki oleh BHP Billiton dan tidak boleh digunakan di luar Perusahaan. Namun, mungkin ada keadaan terbatas di mana BHP Billiton akan memperbolehkan Anda untuk menggunakan pekerjaan atau produk pekerjaan, tetapi hanya dengan izin tertulis dan setelah informasi atau informasi rahasia BHP Billiton dihilangkan. Anda harus membicarakan masalah tersebut secara menyeluruh bersama supervisor atau manajer Anda sebelum meninggalkan organisasi.

P Saya ingin menggunakan logo BHP Billiton di situs media sosial alumni yang akan didaftarkan atas nama pribadi saya. Apakah hal ini dibolehkan?

P BHP Billiton adalah pemilik logo tersebut dan diperlukan izin bagi pihak ketiga yang akan menggunakan logo tersebut karena adanya persetujuan atau hubungan yang tersirat. Merek Perusahaan adalah bagian penting dari reputasi Perusahaan dan perlu dilindungi. Jika Anda ingin menggunakan logo tersebut, sampaikanlah kepada perwakilan Bagian Masalah-masalah Perusahaan (Corporate Affairs) di tempat Anda untuk mendapatkan otorisasi.

– Memasukkan perangkat lunak yang tidak berlisensi pada perangkat BHP Billiton.

– Menerima atau menggunakan informasi rahasia orang lain, kecuali berdasarkan perjanjian yang seharusnya.

– Membawa informasi rahasia apa pun ke BHP Billiton, termasuk catatan komputer, dari perusahaan atau klien sebelumnya.

– Menggunakan materi berhak cipta atau merek dagang pihak ketiga (misalnya, bagian audio, video, dan rekaman offline atau tidak langsung) dalam materi yang Anda produksi, termasuk situs internet atau intranet, tanpa izin dari pemilik hak cipta atau merek dagang.

– Memakai atau menggunakan teknologi baru tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa Anda tidak melanggar HKI pihak ketiga.

– Memperhatikan informasi yang diperoleh dengan berpartisipasi dalam pengembangan proses atau produk untuk BHP Billiton, atau hasil pekerjaan tersebut, sebagai hak milik BHP Billiton, baik selama maupun setelah periode masa kerja Anda di BHP Billiton.

– Memberi tahu BHP Billiton tentang hasil semua pekerjaan yang diselesaikan selama atau di luar jam kerja yang berhubungan dengan Perusahaan. BHP Billiton berhak atas manfaat eksklusif dari suatu paten, hak cipta, dan HKI lainnya yang dihasilkan dari pekerjaan ini.

– Memastikan bahwa tidak ada HKI pihak ketiga yang dapat mencegah pemakaian teknologi atau proses baru tersebut.

Hak kekayaan intelektual

Page 63: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 61

GlosariumAncaman (Bullying) Perilaku berulang yang tidak wajar yang diarahkan terhadap

seorang atau sekelompok individu yang menimbulkan risiko bagi kesehatan atau keselamatannya.

Agen Seseorang yang berwenang untuk bertindak untuk atau mewakili seseorang atau organisasi.

Aset Terdiri atas pengelompokan satu Operasi atau lebih di satu negara yang dioperasikan oleh BHP Billiton.

aset Apa pun yang dimiliki seseorang, perusahaan, atau kelompok, termasuk uang, investasi dan properti, hak kekayaan intelektual termasuk data, atau apa pun yang berharga yang dapat dikonversi menjadi uang tunai.

Audit Satu proses yang sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif untuk mengidentifikasi area manajemen risiko, pengawasan, kepatuhan, dan proses tata kelola yang memerlukan perbaikan.

BHP Billiton Berlaku untuk semua Bisnis (termasuk Usaha Patungan), Fungsi Pemasaran, dan Grup.

Bisnis Sebuah bisnis global berbasis produk yang terdiri atas satu Aset atau lebih bagi BHP Billiton.

Catatan Informasi yang dicatat dalam bentuk apa pun atau media apa pun, dibuat atau diterima dan disimpan oleh BHP Billiton (karyawan, kontraktor, konsultan, atau pihak ketiga) sebagai bukti yang lengkap dan akurat atas keputusan, kegiatan, dan transaksi bisnis.

Direktur Seorang anggota dewan direksi yang mengendalikan urusan perusahaan. Dewan dapat terdiri atas direktur eksekutif yang mengelola perusahaan dan direktur non eksekutif yang hanya memberi saran.

Diskriminasi Perilaku yang, secara sengaja atau tidak sengaja, memperlakukan orang secara tidak adil karena ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, cacat, status perkawinan, atau asal-usul kebangsaan, atau faktor lain, seperti usia atau preferensi seksual.

EthicsPoint Nama untuk layanan BHP Billiton di seluruh dunia untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan penafsiran dan penerapan Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton dan melaporkan kekhawatiran kepatuhan secara anonim. EthicsPoint juga merupakan sistem manajemen kasus online untuk melaporkan dan mencatat kekhawatiran/masalah perilaku bisnis. Juga disebut sebagai BCAS dan BCCMS.

Entitas terkontrol Satu entitas di mana BHP Billiton memiliki atau mengendalikan, baik secara langsung maupun tidak langsung, lebih dari 50 persen suara, kepemilikan saham, penyertaan modal atau ekuitas; atau memiliki kapasitas untuk menentukan hasil keputusan terkait kebijakan keuangan dan operasional, termasuk (tanpa batasan) dengan mengendalikan dewan.

Falsafah Perusahaan Menetapkan tujuan, strategi, nilai-nilai, dan tindakan keberhasilan BHP Billiton.

Group Level Documents (GLD)/Dokumen Tingkat Grup

Dokumen yang memberlakukan ketentuan yang wajib dan disetujui di dalam BHP Billiton. Dokumen ini menjelaskan ketentuan kinerja dan tanggung jawab wajib dan minimum untuk kewajiban, proses, fungsi, dan kegiatan definitif di seluruh BHP Billiton.

Hak asasi manusia Standar perlakuan dasar yang menjadi hak semua orang, tanpa memandang kebangsaan, jenis kelamin, ras, status ekonomi, atau agama.

Hak kekayaan intelektual Setiap kreasi pikiran atau kecerdasan atau data bisnis yang memiliki potensi nilai komersial dan dapat memiliki hak untuk perlindungan berdasarkan hukum yang berkaitan dengan hak cipta, paten, merek dagang, dan sejenisnya.

HSE Kesehatan, keselamatan, dan lingkungan.

Page 64: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 62

GlosariumHukum persaingan usaha (anti monopoli)

Hukum persaingan usaha, anti monopoli, atau praktik perdagangan yang melarang kesepakatan, pemahaman, keputusan, dan praktik bersama (baik formal maupun informal, tertulis maupun tidak tertulis) yang mencegah, membatasi, atau merusak persaingan. Hukum ini juga mencakup aturan pengendalian merger yang harus mendapatkan persetujuan transaksi tertentu dari otoritas persaingan dan melarang perilaku oleh perusahaan yang (baik secara bersama-sama atau secara mandiri) berada dalam posisi dominan dalam pasar tertentu dan menyalahgunakan posisi tersebut. Hukum persaingan usaha dapat memiliki dampak ekstrateritorial – tindakan yang diambil di satu negara yang dapat melanggar hukum persaingan usaha negara-negara lain jika perilaku tersebut memiliki dampak anti persaingan di negara tersebut.

Informasi dari dalam Informasi yang tidak tersedia secara umum dan jika disediakan secara umum, kemungkinan besar akan memiliki pengaruh yang signifikan atau materiil terhadap harga atau nilai sekuritas BHP Billiton atau perusahaan lain (dinilai dengan apakah informasi tersebut akan mempengaruhi keputusan investasi investor). Informasi tersebut dapat berupa masalah anggapan, masalah yang kurang pasti terhadap jaminan yang dapat diakses secara umum, dan masalah yang berkaitan dengan niat atau kemungkinan niat seseorang.

Informasi pribadi Informasi apa pun yang dapat mengidentifikasi individu, baik dari informasi itu sendiri atau perpaduan dengan informasi lain yang kemungkinan besar merupakan milik BHP Billiton.

Investasi Sebuah komitmen sumberdaya (seringkali berkaitan dengan keuangan) dengan harapan akan memperoleh manfaat di masa depan. Investasi bersyarat mencakup transaksi dan proyek-proyek modal (dan meluas sampai ke sewa pembiayaan, penutupan proyek, rehabilitasi lokasi, proyek sistem bisnis, dan komitmen kontrak jangka panjang yang setara dengan investasi modal).

Izin untuk beroperasi Mengamankan dan menjaga kepercayaan dan keyakinan masyarakat dan regulator untuk mengatur dan melakukan bisnis.

Jasa Konsultasi Perilaku Bisnis

Jasa konsultasi di seluruh dunia untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan penafsiran dan penerapan Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton dan untuk melaporkan kekhawatiran/masalah terkait kepatuhan. Juga disebut sebagai EthicsPoint.

Ketentuan Dalam Pedoman ini, ketika kita menyebut ketentuan, kita mengacu pada ketentuan kinerja minimum wajib standar sebagaimana dituangkan dalam Dokumen Tingkat Grup (GLD) kita untuk memenuhi standar tata kelola dan komitmen pemangku kepentingan kita.

Kerabat dekat Kerabat dekat termasuk istri, pasangan, orang tua, orang tua tiri, anak, anak tiri, saudara, saudara tiri, keponakan, kemenakan, bibi, paman, kakek, cucu, dan pasangan dari semua ini.

Konflik kepentingan Situasi di mana posisi karyawan di dalam perusahaan atau pertimbangan atau kepentingan keuangan atau pribadi lainnya berpotensi mempengaruhi, atau kemungkinan tampak mempengaruhi, penilaian, objektivitas, atau independensi karyawan tersebut.

Konsultan Perjanjian konsultasi (atau kontrak jasa) yang ada antara BHP Billiton dengan perusahaan konsultan, dan orang tersebut menyediakan jasa spesialis yang biasanya tidak dilakukan oleh karyawan secara purna waktu. Pekerjaan ditetapkan untuk jangka waktu tertentu atas nama perusahaan konsultan yang digunakan oleh BHP Billiton.

Kontraktor agensi Seseorang yang dipekerjakan melalui organisasi eksternal dan memegang jabatan BHP Billiton dan di bawah arahan umum BHP Billiton. BHP Billiton tidak menggunakan pengaruh yang sama atas kontraktor agensi seperti yang digunakan atas karyawannya sendiri tetapi pengaruhnya relatif lebih banyak daripada kontraktor konsultan atau jasa.

Kontraktor Seorang individu, perusahaan, atau badan hukum lain yang melakukan pekerjaan atau menyediakan jasa untuk BHP Billiton berdasarkan kontrak jasa. Ini termasuk sub-kontraktor.

Page 65: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 63

GlosariumMakanan saat kerja Dalam kasus tertentu, makanan saat kerja (sarapan, makan siang,

atau makan malam) mungkin merupakan satu-satunya waktu untuk berkumpul dengan tujuan membahas bisnis BHP Billiton. Agar memenuhi syarat, makanan saat kerja harus diminta secara khusus dengan tujuan untuk membahas bisnis BHP Billiton.

Materi yang tidak pantas Materi yang tidak pantas termasuk gambar atau teks yang berbau pornografi atau secara eksplisit atau eksploitatif berbau seksual; materi yang menganjurkan kekerasan, kebencian, terorisme atau intoleransi terhadap orang lain, dan setiap materi yang cabul dan kasar.

Merek Suatu desain, tanda, simbol, atau perangkat lain yang membedakan satu lini atau jenis barang dengan barang-barang pesaing.

Mitra usaha Mitra usaha adalah mitra usaha patungan atau mitra investor, atau pihak ketiga yang berinteraksi dengan orang lain atas nama BHP Billiton atau entitas yang dikendalikan oleh BHP Billiton, seperti agen, broker, perantara, penasihat, konsultan, perwakilan, agen perjalanan, perusahaan pengangkutan, agen bea cukai atau visa, penasihat pajak, firma hukum, pencari, pelobi, dan akuntan.

Nilai sederhana Sebuah nilai yang ukuran atau ruang lingkupnya terbatas dan tidak bisa cukup dianggap sebagai terlalu memengaruhi penerima atau menimbulkan kewajiban bisnis bagi penerimanya, dengan syarat bahwa nilai sebenarnya adalah kurang dari: Hadiah:• Dari pemerintah atau pejabat pemerintah US$50.• Dari perseorangan US$50.Hiburan:• Dari pemerintah atau pejabat pemerintah US$125.• Dari perseorangan US$250.

Norma budaya Harapan tentang bagaimana seseorang atau beberapa orang akan berperilaku dalam situasi tertentu berdasarkan protokol lokal, aturan perilaku, atau praktik-praktik sosial yang dapat diterima.

Obat-obatan terlarang Obat-obatan yang ditetapkan sebagai terlarang dan/atau obat-obatan dengan resep yang dimiliki tanpa resep yang sah. Termasuk ganja, i, halusinogen lain, kokain, heroin, narkotika lainnya, amfetamin, barbiturat, atau obat penenang yang tidak di bawah anjuran dokter.

Operasional Sebuah entitas produksi tersendiri yang secara substansial dioperasikan oleh BHP Billiton dengan batas-batas yang ditetapkan dan tempat penyerahan yang disepakati untuk jasa dan/atau produk. Mencakup entitas seperti: tambang; pelabuhan; atau sekelompok fasilitas pengolahan atau produksi; lahan produksi.

Partai politik Sekelompok orang dengan ide-ide atau tujuan yang sama, beberapa di antara anggotanya mencalonkan diri sebagai kandidat pada pemilihan umum dengan harapan mereka akan terpilih untuk duduk di pemerintahan.

Paten Sebuah dokumen hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang memberikan hak eksklusif untuk produksi, penjualan, dan keuntungan dari penemuan produk atau proses selama jangka waktu tertentu. Paten juga memberikan hak untuk mencegah orang lain meniru penemuan tersebut.

Perdagangan oleh orang dalam

Penggunaan informasi orang dalam (Perusahaan) untuk mendapatkan keuntungan dari membeli dan menjual saham dan sekuritas perusahaan (atau mendorong orang lain untuk melakukannya).

Page 66: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 64

GlosariumPejabat pemerintah Termasuk:

• semua pejabat atau karyawan organisasi pemerintah atau internasional publik atau departemen atau instansi apapun atau badan usaha milik atau yang dikendalikan pemerintah (termasuk BUMN);

• semua orang yang bertindak dalam fungsi atau kapasitas resmi untuk organisasi pemerintah atau internasional publik;

• semua partai politik atau pejabat partai, atau kandidat pejabat politik;

• semua individu yang memiliki atau melakukan tugas-tugas janji temu, kantor, atau posisi yang dibuat oleh kebiasaan atau konvensi, termasuk, yang sangat mungkin, beberapa kepala suku dan anggota keluarga kerajaan;

• semua orang yang menyatakan dirinya sebagai perantara resmi dari pejabat pemerintah.

Pekerja anak Anak-anak yang berusia di bawah 15 tahun yang dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang secara fisik atau mental dapat membahayakan dan mengganggu pendidikan dan perkembangan sosial mereka.

Pekerja paksa Pekerjaan di bawah ancaman hukuman dan pekerja tidak mengerjakan pekerjaannya secara sukarela.

Pelanggaran Semua perilaku seseorang yang mengarah ke tindakan disiplin sehingga menghasilkan catatan dampak tersebut di dalam arsip kepersonaliaan mereka. Pelanggaran terhadap perilaku bisnis termasuk (namun tidak terbatas pada) kekhawatiran atas penipuan, pencurian, kegiatan bisnis yang tidak jujur, penyalahgunaan sumberdaya perusahaan, praktik kesehatan dan keselamatan yang tidak benar, konflik kepentingan, korupsi, pelecehan atau ancaman (bullying), atau perilaku yang tidak etis lainnya di tempat kerja.

Pelecehan Pelecehan adalah tindakan, sikap, atau perilaku yang oleh penerimanya dipandang sebagai sesuatu yang tidak diinginkan, mempermalukan, mengintimidasi, atau menyinggung.

Pelecehan seksual Semua ajakan seksual yang tidak diinginkan, permintaan untuk melayani kebutuhan seks, atau perilaku verbal, atau fisik lainnya yang bersifat seksual yang ditujukan kepada satu atau beberapa individu.

Pemasok Yaitu badan usaha yang menyediakan barang atau jasa kepada BHP Billiton.

Pembandingan Menilai produk, jasa, dan praktik suatu perusahaan terhadap produk, jasa, dan praktik peserta lain dalam satu industri.

Pemangku kepentingan Orang atau kelompok yang terkena dampak oleh atau dapat memengaruhi hasil proyek. Juga dapat mencakup mereka yang tertarik dengan hasilnya. Pemangku kepentingan dapat berupa individu, kelompok berkepentingan, instansi pemerintah, atau organisasi perusahaan.

Pengungkapan publik Materi yang dianggap diungkapkan dengan cara yang layak untuk menjamin ketersediaannya kepada masyarakat yang berinvestasi.

Penipuan Semua tindakan curang disengaja yang dilakukan untuk keuntungan pribadi atau pihak ketiga dan yang dapat mengakibatkan kerugian finansial atau non finansial bagi BHP Billiton.

Penyakit akibat kerja Penyakit yang timbul karena kerja.

Penyedia layanan perjalanan

Perusahaan ternominasi yang ditunjuk untuk melakukan dan mengelola semua pemesanan dan transaksi untuk perjalanan bisnis atas nama BHP Billiton.

PEP PEP adalah singkatan dari Performance Enhancement Process atau Proses Peningkatan Kinerja yang merupakan sistem karyawan kita.

Periode penutupan Periode 60 hari tepat sebelum pengumuman awal hasil setahun penuh BHP Billiton atau, jika lebih pendek, periode antara akhir tahun keuangan BHP Billiton dan pengumuman awal hasil setahun penuh; dan periode antara akhir setengah tahun BHP Billiton dan publikasi hasil setengah tahun BHP Billiton.

Page 67: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 65

GlosariumPerjalanan bersponsor Yakni transportasi, akomodasi, atau biaya hidup dibayarkan

untuk atau disediakan oleh orang lain selain BHP Billiton.

Perwakilan SI Perwakilan sistem informasi Anda adalah orang TI di tempat Anda.

Pornografi Materi lisan atau visual atau tindakan yang berisi kekerasan, paksaan, diskriminasi, kekerasan atau kekejaman pada wanita, pria, anak-anak atau hewan dalam bentuk tindakan seksual dan menunjukkannya dengan cara yang merendahkan.

Privasi Kemampuan individu atau kelompok untuk merahasiakan kehidupan dan urusan pribadi mereka dari pandangan publik, atau untuk mengendalikan arus informasi mengenai diri mereka.

Program poin penerbangan Sebuah jasa yang ditawarkan oleh banyak maskapai penerbangan untuk menghargai loyalitas pelanggan.

Risiko Kemungkinan terjadinya sesuatu yang akan berdampak terhadap sasaran. Catatan: Risiko sering disebut sebagai peristiwa atau keadaan dan konsekuensi yang dapat timbul dari hal tersebut. Risiko diukur dalam hal kombinasi tingkat keseriusan satu kejadian dan kemungkinannya. Risiko dapat memiliki dampak positif atau negatif.

Saham minoritas Entitas yang dimiliki atau dikendalikan oleh BHP Billiton, baik secara langsung maupun tidak langsung, 50 persen atau kurang dari suara, kepemilikan saham, penyertaan modal, ekuitas, dan tidak mengendalikan Dewan Direksi dan di mana BHP Billiton mungkin atau mungkin tidak memiliki perwakilan manajemen bersama dengan pemegang saham lainnya melalui jabatan Dewan atau berdasarkan perjanjian pemegang saham.

Sesuatu yang bernilai Hadiah, jamuan, hiburan, wisata, sponsor promosi, uang tunai dan setara tunai, per diem, bantuan, dan peluang bisnis.

Sistem Manajemen Kasus Perilaku Bisnis

Juga disebut sebagai EthicsPoint. Sistem online untuk melaporkan dan mencatat kekhawatiran/masalah terkait perilaku bisnis melalui EthicsPoint. EthicsPoint dapat diakses melalui Portal BHP Billiton dan www.bhpbilliton.com. Perwakilan Sumberdaya Manusia di tempat Anda akan mencatat kekhawatiran tersebut di EthicsPoint. Masalah perilaku bisnis dapat dilaporkan melalui EthicsPoint secara langsung atau melalui telepon, faksimili, atau email.

Standar dan prosedur Dalam Pedoman ini, standar dan prosedur mengacu pada standar dan prosedur Perusahaan, termasuk petunjuk kerja yang wajib dilakukan untuk memenuhi ketentuan dan pengawasan kinerja kita.

Sumbangan politik Sumbangan yang diberikan kepada politisi, kampanye politik, atau partai politik.

Teknologi informasi Sebuah sistem teknologi untuk mencatat, mengirim, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan informasi. Teknologi ini termasuk komputer, perangkat seluler, aplikasi, basis data, atau infrastruktur.

Tim pemikir Yaitu organisasi atau kelompok ahli yang meneliti dan memberi saran tentang masalah masyarakat, ilmu pengetahuan, atau bisnis.

Uang pelicin (dilarang oleh BHP Billiton)

Pembayaran atau sesuatu yang bernilai (biasanya bernilai rendah) yang diberikan kepada pejabat pemerintah untuk mempercepat atau mengamankan kinerja tindakan rutin pemerintah (tindakan yang biasanya dan sering dilakukan). Contohnya termasuk pembayaran untuk mempercepat penerbitan atau pemrosesan visa yang sah, penjadwalan inspeksi, atau sambungan telepon atau layanan utilitas lainnya. Tindakan rutin pemerintah tidak termasuk keputusan yang menjadi kewenangannya (termasuk untuk memberikan atau melanjutkan bisnis dengan pihak tertentu) oleh seorang pejabat pemerintah.

Undang-Undang Pemberdayaan Ekonomi Orang Kulit Hitam

Undang-undang yang diperkenalkan di Afrika Selatan untuk mengatasi kesenjangan historis, khususnya pengecualian orang kulit hitam dari kesertaan di dalam perekonomian negara.

Usaha patungan Sebuah asosiasi kontrak yang dibuat antara dua pihak atau lebih untuk melakukan bisnis tertentu secara bersama-sama.

Page 68: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 66

IndeksAAgen 6, 44, 47

Akses internet 18, 53

Alkohol 11, 12

Ancaman (Bullying) 11, 16

Ancaman 11, 27, 50, 53

Anggota keluarga dan konflik kepentingan 34 dan perjalanan bisnis 39 dan perdagangan oleh orang dalam 55

Anonimitas 7

Anti persaingan 40

Anti-korupsi 24, 25, 27, 30, 36, 44

Anti-monopoli 40

Arsip kepersonaliaan 18

Aset 8, 25, 49, 59

Asosiasi dagang 41

Auditor 52

BBantuan 36

Bicara terus terang 5, 6, 15, 16

Budaya dan adat istiadat setempat 3, 36

Bujukan 27

CCatatan yang akurat 49, 51

DDana aset dan properti perusahaan 49

Data pelanggan 47

Diskriminasi 14 agama 30 disabilitas 17 etnisitas 17, 30 gender 14, 17 penampilan 17 positif 30 ras 14, 17 seksualitas 14, 17 usia 17

EEmail 4, 18, 46, 54

Emisi gas rumah kaca (GRK) 31

EthicsPoint 4, 7

FFalsafah Perusahaan 1

HHadiah atau pembayaran berupa uang tunai 24, 25, 28, 39

Hadiah, keramahtamahan, dan hiburan 35, 36

Hak asasi manusia 3, 15, 21, 29

Hak Cipta 59

Hak kekayaan intelektual 49, 53, 57, 59

Hak masyarakat adat 21

Hiburan 34, 36, 38

Hiburan yang tidak senonoh atau berorientasi seksual 36

Hubungan investor 57

Hubungan masyarakat 29

Hubungan pribadi dan konflik kepentingan 34

Hukum persaingan usaha 40

Hukum/perdagangan internasional 46

IImpor dari negara-negara yang terkena sanksi 46

Informasi dari dalam 55

Informasi pribadi 18

Informasi rahasia dalam pengungkapan publik 57 dan perdagangan oleh orang dalam 55 data pribadi 18 informasi bisnis 49 peka secara komersial 52, 54, 57 sebagai hak kekayaan intelektual 59

Informasi sensitif harga 56

Informasi yang tersedia secara umum 55, 57

Intimidasi 11

Investasi masyarakat 29

Investasi dan konflik kepentingan 34 dan pengendalian perdagangan 46 dan perdagangan oleh orang dalam 55

JJabatan direktur 34

Jamuan 37 dan konsumsi alkohol 12

Jasa Konsultasi Perilaku Bisnis 61

KKantin alkohol 12

Kasus Perilaku Bisnis

Keamanan Dunia Maya (cyber) 53

Keamanan informasi 53

Keamanan data pribadi 19 individu 38, 50, 57 penyedia layanan 21 Perlengkapan TI dan data 53

Kecelakaan 10

Kegiatan luar 34

Kegiatan politik dan BHP Billiton 25

Kegiatan politik pribadi 25

Kekerasan 11 promosi 53

Kelayakan untuk kerja 12

Kepentingan keuangan dan konflik kepentingan 34

Kerabat dan konflik kepentingan 34

Keragaman 14, 22

Kerahasiaan karyawan 7, 18

Kerahasiaan dan melaporkan kekhawatiran/masalah

perilaku bisnis 7

Page 69: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 67

IndeksK lanjutan

Keramahtamahan menerima 36

Kesehatan 10, 12, 38, 43

Kesehatan dan keselamatan 10, 12, 27, 31, 38

Keselamatan 5, 10, 12, 21, 27, 31, 38, 43, 51, 57

Kesempatan yang sama dan pekerjaan 14

Keterlibatan bicara 57

Komunikasi eksternal 55, 57

Komunikasi eksternal 57

Konflik kepentingan 24, 26, 34, 37, 55

Konsultan 6, 37, 44

Kontraktor dan data 51 dan lingkungan 32 dan perdagangan oleh orang dalam 55 hak-hak 15, 22 keterlibatan 29 masyarakat adat 29 tanggung jawab 3, 6, 12

Korupsi 24, 25, 27, 30, 36, 44 dan hadiah keramahtamahan

dan hiburan 36

LLelucon 17

Lingkungan kerja 10, 12, 14, 16

MManajemen informasi 52

Manipulasi pasar 55

Masalah media 58

Materi ofensif 17, 53

Materi pornografi 53

Materi yang tidak pantas 53

Media sosial 57

Melaporkan kekhawatiran/masalah 6, 7, 8

Melindungi aset Perusahaan 49, 51, 53

Memalsukan informasi 52

Mencari jabatan publik 25

Menghancurkan catatan 41, 49, 51

Mengintimidasi 16

Merek dagang dan merek jasa 58, 59

Merokok 12

Mitra usaha 6, 40, 44, 47, 51 dan pembayaran yang tidak pantas 28 dan perjalanan bersponsor 36 pemeriksaan 44, 47 penggunaan 44

NNegara-negara yang dilarang 46

OObat-obatan 11, 12

PPaten 59

PBB Global Compact 3

Deklarasi Universal PBB mengenai Hak Asasi Manusia 3, 21

Pejabat pemerintah 23, 26, 30, 45 korupsi 27 hadiah, keramahtamahan, dan hiburan 24 kegiatan politik 26

Pekerja anak 15, 21, 43

Pekerja paksa 15, 21, 43

Pelanggan bekerja untuk 35 dan anti-persaingan 40 dan hak kekayaan intelektual 59 dan konflik kepentingan 35 dan korupsi 27 dan hadiah dan keramahtamahan 36 dan lingkungan 32 dan penawaran/tender kompetitif 41 dan perdagangan oleh orang dalam 55 dan pengendalian perdagangan 46

Pelanggaran terhadap Pedoman 3, 8

Pelantikan 6

Pelaporan

kecelakaan 11

pelanggaran terhadap Pedoman 8 jam yang dihabiskan untuk bekerja 52 keuangan 51

Pelatihan 15, 29

Pelatihan lintas budaya 16, 29

Pelecehan 11, 16, 57

Pelecehan seksual 17

Pelobian 44

Pemasok 21, 27, 32, 34, 36, 40, 42, 47, 50 dan konflik kepentingan 34

Pembatasan dan sanksi perdagangan 46

Pembayaran yang tidak pantas 44

Pemboikotan 41

Pembuangan aset Perusahaan 49

Pemecatan 3, 7, 8, 27, 53

Pemerintah 21, 23, 25, 27, 30, 31, 46

Pemerintah bekerja sama dengan 23

Penafsiran akuntansi 51

Pencurian 3, 53, 58 mencegah 49

Penetapan harga 40

Pengadaan 42

Pengajuan peraturan 57

Pengaruh yang tidak pantas 36

Pengendalian ekspor 46

Pengendalian impor 46

Pengendalian perdagangan 46

Penggunaan aset secara pribadi 49, 53

Penggunaan kendaraan Perusahaan 8, 26, 34, 49, 59

Penggunaan tembakau 12

Penghinaan 17

Penghinaan rasial 17

Pengungkapan 49, 57 data pribadi 18, 54 hadiah, keramahtamahan, dan hiburan 36 informasi hak milik 49, 54, 59 informasi rahasia 40, 55 konflik kepentingan 34

Page 70: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Pedoman Perilaku Bisnis BHP Billiton 68

IndeksP lanjutan

Pengungkapan publik 57

Penipuan 3, 50, 52, 53

Penyalahgunaan zat berbahaya/terlarang 12

Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan 12 aset Perusahaan 35, 49, 53 informasi Perusahaan 3, 49, 53 waktu Perusahaan 35, 49

Penyalahgunaan

penyalahgunaan zat berbahaya/terlarang 12, 30

Penyedia layanan 34, 42

Penyerangan 3, 6

Penyertaan 14, 21

Penyimpanan catatan 19, 53

Penyimpangan pembayaran 51

Penyuapan 27

Percakapan 31

Perdagangan oleh orang dalam 55, 57

Perekrutan karyawan 14

Perilaku berbahaya 17

Perilaku di luar pekerjaan 12, 34

Perilaku ofensif 16

Perilaku yang memalukan 16

Perilaku yang tidak pantas 36 dan mitra usaha 44

Peringatan lisan atau tertulis 8

Periode penyimpanan data 18, 51

Perjalanan 38 agen 44 disponsori 36, 39 pengeluaran 51

Perjalanan bisnis 38, 57

Perjanjian industri 6

Perlakuan yang adil 14, 16

Perlindungan data 24, 46, 47, 49, 53, 59

Permintaan penggantian biaya 38, 51, 52

Persaingan usaha 40

Pesaing bekerja untuk 35 dan hiburan 37 dan perdagangan oleh orang dalam 56

Pihak ketiga dan hadiah 34, 36 dan hak kekayaan intelektual 59, 60 dan kepatuhan terhadap Pedoman 44 dan korupsi 27, 44 dan lingkungan 32 dan perlindungan aset 50 dan persaingan usaha 40

Prinsip Sukarela mengenai Keamanan dan Hak Asasi Manusia 3, 21

Privasi 18, 34, 57

Program Bantuan Karyawan (EAP) 12, 16

Program kemasyarakatan 21, 29

Promosi karyawan 14

Proses Peningkatan Kinerja (PEP) 6

RRehabilitasi 31

SSanksi 46

Sekuritas 55

Senjata 11

Sistem Manajemen 61

Skorsing 8

Sponsor 25, 28, 34

Suap 28

Sumbangan nirlaba 25

Sumbangan politik 23, 25

Sumbangan amal 25

TTanggung jawab individu 3, 6, 7

Tanggung jawab lingkungan 31 dan pemasok 42

Tanggung jawab manajer dan supervisor 6, 7

Tanggung jawab para supervisor 6, 7

Tata kelola 29, 30

Tim pemikir 25

Tindakan pendisiplinan 3, 7, 8, 27, 40, 53, 58

Transaksi keuangan 51

Transparansi dan hadiah, keramahtamahan,

dan hiburan 34, 36 dan kegiatan politik 25 dan masyarakat kita 29

Tugas supervisor dan manajer 6, 7

Tumpahan dan pembuangan materi 10, 31

UUang pelicin 3, 27

Uji Cepat Perilaku Bisnis 5

Usaha patungan 61 dan kepatuhan terhadap Pedoman 3 dan korupsi 27 dan lingkungan 32 dan mitra usaha 44 dan perdagangan oleh orang dalam 55 persaingan usaha dan anti monopoli 40

WZat-zat terlarang 12

Page 71: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa
Page 72: 140000 BHPBillitonCodeofConduct Bahasa

Diterbitkan: Agustus 2014 bahasa

BHP Billiton Limited. ABN 49 004 028 077. Terdaftar di Australia. Kantor resmi: 171 Collins Street, Melbourne, Victoria, 3000, Australia.

BHP Billiton Plc. Nomor pendaftaran 3196209. Terdaftar di Inggris dan Wales. Kantor resmi: Neathouse Place, London, SW1V 1LH, UK.