1350825748PEMASARAN INTERNAS 2012

download 1350825748PEMASARAN INTERNAS 2012

of 110

Transcript of 1350825748PEMASARAN INTERNAS 2012

  • MPI-2012*MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONALOleh : Sahedhy Noor SK

    Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian I Bab 1 :

    Lingkup dan tantangan pemasaran global

    Definisi Pemasaran InternasionalAdalah kinerja aktivitas bisnis yang menuntun aliran barang dan jasa perusahaan kepada kastemer atau pemakai di lebih dari satu negara untuk tujuan profit.Tugas Pemasaran Internasional lebih rumit karena karena marketer harus berurusan dengan dua tingkat ketidak pastian : Faktor Lingklungan Domestik (tak terkendali) dan Faktor Lingkungan Manca negara (tak terkendali)Kebijakan Marketing, (terkendali).

    MPI-2012

  • MPI-2012*

    PRODUKHARGAPROMOSISALURANDISTRI-BUSILINGKKUNGAN. DOMESTIK(TAK TERKENDALI)STRUKTURPERSAINGANSITUASIEKONOMIKTEKANANHUKUM/POLITIKLINGKUNGANLUAR NEGRI - A(TAK TERKENDALI)TEKANANEKONOMITEKANANPERSAINGANTINGKATTEKNOLOGISTRUKTURDISTRIBUSIGEOGRAFIDANINFRASTRUKTURTEKANAN BUDAYATEKANANPOLITIK/HUKUMLINGKUNGANLUAR NEGRIBLINGKUNGANLUAR NEGRICTUGAS PEMASARAN INTERNASIONAL

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian 1 Bab 1Ancaman self reference criterion (src)Penggunaan referensi nilai (values), pengalaman, dan pengetahuan sendiri secara tidak sadar, sebagai basis pengambilan keputusan

    Ketika berhadapan dengan fakta-fakta dan problem budaya, secara spontan kita bereaksi berdasarkan SRC sebagai solusi.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian I Bab 1Mencegah pengaruh SRC Tentukan problem bisnis berkaitan dengan budaya, kebiasaan, dan norma-norma di dalam negriTentukan problem bisnis berkaitan dengan budaya, kebiasaan, dan norma-norma di negara tujuan. Jangan melakukan penilaian.Isolasi pengaruh SRC dalam problem dan cobalah secara hati-hati untuk melihat betapa rumitnya problem bisnisRedefinisikan problem tanpa pengaruh SRC dan tetapkan situasi tujuan bisnis internasinal.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian I Bab 1FASE FASE PEMASARAN INTERNASIONALNo Direct Foreign Marketing. Tak ada konsumen aktif di pasar luar negri, namun bisa jadi barang ada di pasar inbternasional karena sebab tertentu.Infrequent Foreign Marketing. Pemasaran ke luarnegri secara temporer karena kelebihan kapasitas produksiRegular Foreign Marketing. Malayani pasar negara negara tertentu secara reguler, menggunakan perantara asing atau domestik.International Marketing. Komitmen penuh melayani pasar internasionalGlobal marketing. Memperlakukan pasar di seluruh dunia sebagai pasar tunggal.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian I Bab 1KONSEP KONSEP PEMASARAN INTERNASIONALDomestic market extension concept. Perusahaan domestik mencari perluasan pasar luar negri untuk produk domestiknya.Multidomestic market concept. Perusahaan menyadari pentingnya perbedaan yang ada di pasar berbagai negaraGlobal marketing concept. Perusahaan global, aktivitas pemasarannya, pemasaran global.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian I Bab 1Memahami lingkungan bisnis globalMunculnya perdagangan dunia pasca perang dunia IIBalance of paymentHambatan :Tarrifs, Quotas, Voluntary Export Restraints (VER),Boycott, Monetary Barriers,StandardsMeringankan hambatan perdaganganGeneral Agreement on Tariffs and Trade (GATT).International Monetary Fund (IMF).

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian I bab 1keiretsu struktur bisnis masa depan?Bentuk unik organisasi bisnis yang menghubungkan perusahaan-perusahaan ke dalam grup industri di Jepang.Tiga tipe Keiretsu : (1) financial; (2) produksi; (3) penjualan distribusi.Contoh Keiretsu berbasis finansial :Dai-Ichi Kangin 47 perusahaan intiFuyo 29 perusahaan intiMitsui Group 24 perusahaan inti

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian I bab 1 (Lanjutan)Karakteristik KeiretsuAnggota grup saling memiliki saham (walau dalam jumlah kecil)Klub para pimpinanHubungan kuat antara pembeli dan pemasok, mereka sesama anggota keiretsuAda kecenderungan monopoli dengan pihak luar anggota, dan bersaing antar anggota grup.Manfaatnya, hubungan anggota stabil, merangsang investasi, Kritik : menghambat import ke Jepang, harga produk keiretsu jadi mahal.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 3Lingkungan Geografi, alam, dan pertumbuhan ekonomiTanggungjawab sosial dan Manajemen lingkunganPada Decade of the Environment (1990an) gerakan perlindungan lingkungan hidup menjadi bagian dari kompleksitas proses pelaksanaan bisnis.Eropa timur mengalami masalah polusi serius setelah mandiri.Eropa Barat, di daerah perkotaan, meski polusi terkendali, sungai-sungai terpolusi dan atmosfer juga tidak bersih lagi karena pengendalian limbah industri yang lemah.Sumberdaya alam. Ketersediaan mineral sebagai sumber energi, merupakan fondasi bagi tehnologi modern. Banyak negara yang awal pertumbuhan ekonomi memiliki sendari sumber energi, namun 25 tahun terakhir menggantungkan diri dari import energi dari negara lain.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 3 (lanjutan)Tren Populasi DuniaJumlah populasi sekarang, tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat usia, distribusi penduduk di desa dan kota buerhubungan eret dengan permintaan akan bermacam kategori produk.Tren lain Distribusi populasi (negara maju dan merkembang).Urbanisasi dari desa ke kota.Peningkatan pengangguran.Produksi pangan dunia.Pengendalian pertumbuhan pendudukPenurunan penduduk negara maju

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 3 (lanjutan)Rute Perdagangan DuniaRute perdagangan dunia mayoritas dirintis oleh negara-negara industri, seperti Eropa, Amerika, dan Jepang.Eropa ke Amerika mencapai 97,9 milyar dollar Amerika.Amerika ke Eropa mencapai 75,4 milyar dollar AmerikaEropa ke Jepang mencapai 23,4 milyar dollar AmerikaJepang ke Eropa mencapai 47,2 milyar dollar Amerika.Amerika ke Jepang mencapai 47,42 dollar Amerika.Jepang ke Amerika mencapai 105,3 milyar dollar Amerika.Awal rute perdagangan dunia dimulai dari antar daratan, kemudian jalur laut dan akhirnya melalui udara.Perdagangan dunia mencerminkan ketidakseimbangan potensi antar negara karena perbedaan geografi.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 3 (lanjutan)Perspektif Historis dalam Bisnis Global Sejarah politik isolasi Jepang sebelum datangnya Laksamana Perry (1835) memberikan pihak luar basis memahami sensitivitas budaya Jepang dan memahami perilaku kontemporernya.Sejarah penting untuk memahami sikap suatu negara. Namun demikian sejarah kadangkala bersifat subyektif tergantung penafsiran penulis sejarahnya. Ucapan Jendral Portifirio Diaz Poor Mexico, so far from God, so near the United States?, karena orang Meksiko menganggap Amerika sebagai ancaman kemerdekaan ekonomi dan budaya mereka.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 4dinamika budaya dalam menilai pasar globalUnsur-unsur BudayaBerdasarkan para ahli antropologi, unsur-unsur budaya :Budaya Material : Teknologi; EkonomiInstitusi Sosial : Organisasi Sosial; Pendidikan; Struktur politik.Sistem beliefs Manusia :agama, kepercayaan, takhayulEstetika : Seni dan kerajinan plastik dan grafis; musik, drama, dan tarian.Bahasa.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 5praktek dan kebiasaan bisnispada pemasaran globalAdaptasi merupakan konsep kunci dalam pemasaran internasional.10 kriteria yang memungkinkan untuk beradaptasi :Toleransi terbukaFleksibilitasKerendahan hatiJustice/fairnessPenyesuaian pada berbagai tempoIngin tahu/interestPengetahuan tentang negara tujuanSuka berjumpa orang lain (asing)Mampu mengendalikan respekMampu menyelaraskan diri dengan lingkungan

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 5 (lanjutan)Kebiasaan-kebiasaan bisnis dapat dikelompokkan menjadi :Imperative. Kebiasaan masyarakat yang harus disadari dan diikuti.Adhiapora. Kebiasaan dimana adaptasi merupakan opsional atau sukarela.Exclusives. Kebiasaan dimana pihak luar tidak perlu mengikutinya.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 6lingkungan politik: sebuah isu kritisBerbisnis di manca negara dipengaruhi oleh iklim politik negara tersebut, yang ditentukan oleh :Stabilitas berbagai kebijakan pemerintahPartai politikNasionalismeBerbagai kebijakan pemerintah :KonfiskasiExpropriasiDomestikasiBerbagai risiko lain.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 6 (lanjutan)Risiko ekonomisPengendalian aliran kapitalPeraturan muatan lokalPembatasan importPeraturan pajakPenetapan hargaMasalah ketenagakerjaanSanksi politikKekerasan politik (penculikan, penjarahan, terorisme).Penekanan politik antar negara

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 6 (lanjutan)Produk peka politikProduk subyek perdebatan politik : gula, garam, BBM, barang publik, obat-obatan, bahan pangan).Produk bahan baku industri negara tujuan (semen, mesin pembangkit tenaga listrik, mesin konstruksi, baja).Produk berdampak sekonomis dan sosial secara esensial (obat-obatan dasar, perlengkapan laboratorium, alat kedokteran).Produk yang dibutuhkan sektor pertanian (alat pertanian, benih, pupuk).Produk yang mempengaruhi kemampuan pertahanan nasional (transportasi, industri, komunikasi).Produk yang tidak menggunakan sumberdaya lokal (buruh, ketrampilan, bahan baku).Produk mempunyai pesain lokalProduk berkaitan dengan komunikasi massaProduk pelayanan primerProduk yang memerlukan syarat hukumProduk berbahaya (peledak, narkoba)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 6 (lanjutan)Menjadi Good Corporate citizenship Sebagai tamu disuatu negara, berlaku tertib.Profit buhan satu-satunya tujuan; kepentingan pekerja lokal dan ekonomi lokal juga mendapat keuntunganMemenangkan persaingan dengan cara paksa, tidak baik.Penguasaan bahasa lokal perlu untuk membina hubungan baik.Berusaha membantu proyek peningkatan kesejahteraan lokal.Melatih para eksekutif dan keluarganya untuk berlaku sesuai lingkungan lokal.Libatkan staf eksekutif lokal dan mengendalikannya dari homecountry.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 6 (lanjutan)Strategi mengurangi risiko politikPatungan (Joint Venture).Perluasan basis investasi (expanding the investment base).Pengendalian pemasaran dan distribusi (marketing and distribution).Lisensi (licencing).

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 7lingkungan hukum internasionalBasis sistem hukum internasionalHukum Islam dan sosialis. Basis syariah (hukum Islam) diturunkan dari Al-Quran. Ditujukan untuk tugas dan tanggungjawab keagamaan, terumasuk pengaturan dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.Hukumtertulis dan umum/tradisi (common and code law). Basisnya adalah tradisi, praktek masa lalu, dan keputusan pengadilan terhadap persoalan yang sama dengan menggunakan aturan masa lalu. Dalam code law, sistem hukum dibagi menjadi tiga hukum terpisah,yaitu:Hukum Komersial; Hukum Sipil; Hukum Kriminal.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 7 (lanjutanPenyelesaian hukum dalam perselisihan internasionalKonsiliasi. Mengatasi perselisihan bisnis melalui jalan musyawarah (friendly negotiation).Arbitrasi. Penyelesaian perselisihan bisnis internasional dengan melibatkan pihak ketiga yang dianggap netral. (misal : London court of Arbitration, The International Chamber of Commerce).Arbitrasi tertulis. Penyelesaian perselisihan bisnis internasional dengan melibatkan pihak ketiga yang netral, dan dilengkapi dengan dokumen tertulis tentang hasil kesepakatan.Litigasi. Penyelesaian perselisihan bisnis internasional dengan menggunakan jalur hukum atau lewat pengadilan (cara ini sangat mahal, lama dan bisa merusak citra perusahaan).

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 7 (lanjutan)Perlindungan Hak Cipta IntelektualMerek-merek produk terkenal milik Multi National Corporation (MNC) seperti Kodak, Coca-cola, Gucci normalnya dilindungi hukum dari pembajakan atau penjiplakan.Perlindungan yang tidak memadai dapat membawa kerugian, dalam bentuk kehilangan hak pakai merk secara hukum di pasar yang sebenarnya menguntungkanPengguna merk pertamakali atau terdaftar pertamakali di hostcountry. Di Amerika, hukum mengakui pengguna merk yang pertamakali, sementara beberapa negara lain mengakui hak pendaftar merk yang pertamakali secara hukum.Konvensi Internasional. Usaha beberapa negara membangun kesepakatan internasional dalam perlindungan hak cipta intelektual. Misal: Paris Convention, The Inter-American Convention, The Madrid Arrangement.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 7 (lanjutan)Undang-Undang Komersial di beberapa negaraUndang-Undang Pemasaran Misal: pelarangan memberikan harga premium (istimewa) di Austria, karena dianggam akan menimbulkan diskriminasi pelayanan. Sementara di irlandia, diatur secara terbatas. Legislasi Pemasaran hijau. (Green Marketing). Meningkatnya isu lingkungan hidup global, melahirkan green marketing law yang memfokuskan pada pengemasan produk, dan efeknya pada pencemaran lingkungan. Contoh: Jerman telah memiliki undang-undang pengelolaan daur ulang limbah kemasan barang.Antitrust. Undang-Undang Amerika dan Uni Eropa melarang adanya diskriminasi strategi pemasaran antar negara yang dilakukan oleh perusahaan, untuk mencegah monopoli.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 8Mengembangkan pasar dan perilaku pasarHubungan Marketing dan Perkembangan ekonomiTingkat perkembangan ekonomi di suatu negara menuntut kebutuhan penyesuaian tugas-tugas marketing.Pertumbuhan ekonomi mempengaruhi sikap terhadap permintaan akan barang, sistem distribusi, dan semua proses pemasaran.Pada ekonomi yang statis, pola konsumsi menjadi rigid, dalam ekonomi yang dinamis, pola konsumsi berubah secara cepat.Tahap Perkembangan EkonomiTraditional society(The precondition for take-offThe take-offThe drive to maturityThe age of high mass consumption.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 8 (lanjutan)Perkembangan pasarNegara-negara Amerika. Seiring dengan pemilihan presiden secara demokratis di Amerika Latin (1990). orientasi kebijakan tertutup bergeser ke sistem pasar terbuka dan kerjasama ekonomi.Eropa Timur dan negara Baltic.Merupakan negara negara yang lebih awal melakukan transisi menuju ekonomi berbasis pasar. Mereka akan sangat membutuhkan bantuan langsung dari Eropa, Amerika, dan Jepang disamping investasi dan joint venture dengan perusahaan multinasional.Asia. Merupakan pasar yang tumbuh sangat cepat tak ada tanda penurunan. Bersama Pasific Rim , Asia merupakan sumber penghasil prosuk dan teknologi baru, dan pasar yang luas merupakan awal langkah baru yang semakin meningkat dalam kehidupan ekonomi.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 8 (Lanjutan)Kategori konsumen di berbagai negaraStrivers (28 % dari rata-rata global). Materialistik, mencari kepuasan sesaatAchievers (22 %). Pemimpin opini, Style-setter, menerima mainstream-values dunia.Adapter (18 %). Menggunakan cara lama, tapi tidak terkejut dengan nilai-nilai baru.Traditional (16 %). Cara berfikir, makan, dan menjalani kehidupan berdasarkan cara lama yang mapan.Pressured (13 %). Gaya bhidup yang secara konstan akan digeser oleh waktu.Unassigned (3 %). Tak diketahui.Setiap negara memiliki enam kategori ini, hanya saja persentasenya berbeda-beda.Segmentasi pasar global lebih memandang pada kesamaan kebutuhan dan keinginan di berbagai pasar negara.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 9Mengembangkan pasar dan perilaku pasarPasar Regional. Pasar multinasional atau region diciptakan ketika masing-masing negara setuju mengambil langkah positif untuk mengurangi hambatan tarif dan perdagangan diantara mereka.Dibutuhkan kondisi yang mendukung dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan geografi, agar berhasil dalam membentuk pasar regional.Bentuk Pasar regionalKelompok Kerjasama RegionalArea Perdagangan BebasCustom UnionsPasar BersamaPolitical Unions

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 9 (lanjutan)Pasar Global dan Pasar Regional (Multinasional).Tren kerjasama ekonomi dan meningkatnya persaingan global akan membuat potensi pasar semakin dipandang secara regional, dan bukan sebagai negara-negara.Contoh konkret gejala ini adalah :European Community (EC), Asian Free Trade Area (AFTA).The Commonwealth of Independent States (CIS)United States-Canada Free-Trade AreaThe North American Free Trade Agreement (NAFTA)Latin-American Economic CooperationCarribean Community and Common Market (CARICOM)The United Nations Economic Commision for Africa (ECA)Economic Cooperation Organization (ECO)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian II bab 9 (lanjutan)Implikasi strategis adalah Peluang pasar yang semakin luas karena kerjasama regional.Meningkatnya barrier to entry kedalam wilayah pasar regionalResiprositas antara anggota dengan pasar regional dimana negara tersebut menjadi anggota.Seberapa jauh kekuatan bersaing ditentukan keterlibatan dan penguasaan operasi di setiap negara anggota.Penghematan biaya implementasi strategi pemasaran untuk setiap wilayah pasar regional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10:Manajemen Pemasaran Global Perencanaan & OrganisasiManajemen Pemasaran GlobalDidasari oleh konsep pemasaran global yang menganggap dunia sebagai satu pasar (Global Market Concept)..Berbasis pada kesamaan antar budaya, bukan perbedaannya.Manajemen Pemasaran InternasionalDidasarkan pada anggapan keragaman budaya pada setiap pasar luar negri (Multi Domestic Concept).Didasarkan pada anggapan bahwa masing-masing pasar luar negri memerlukan adaptasi strategi pemasaran.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Manfaat berorientasi globalProduksi pada tingkat skala ekonomis. Colgate-Palmolive memasarkan pasta gigi pengendali tar-tar di lebih dari 40 negara; Black & Decker Manufacturing Company menghemat biaya produksi setelah menggunakan strategi global.Transfer pengalaman dan know-how lintas negara melalui aktivitas pemasaran yang terkoordinasi dan terintegrasi. Unilever berhasil mengembangan dua merk global yang berasal dari dua cabang di Afrika dan Eropa.Uniform Global Image. Phillip Internasional sukses setelah mensponsori sepakbola piala dunia.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Kualitas dan Pemasaran kompetitifDi pasar global yang kompetitif dituntut produk yang selalu libih baik.Biaya dan kualitas menjadi pertimbangan utama dalam membeli suatu produk.Spesifikasi produk harus sesuai dengan kebutuhan pasar dan mampu memenuhi kebutuhan kastemer.Kualitas adalah apa yang dikatakan baik oleh kastemer.Total Quality Management (TQM) adalah strategi korporat yang memfokuskan seluruh upaya dalam menciptakan produk superior melalui penyempurnaan teknologi dan tidak boleh ada cacat (zero defect) guna memuaskan kastemer.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Penghematan biaya di pasar globalMeningkatnya persaingan global akan menekan perolehan marjin keuntungan (profit margin).Global sourching (pengadaan faktor produksi global) menjadi faktor penentu untuk meminimalkan biaya dan risiko.Global sourching dengan biaya dan risiko minimal, penting untuk menjaga suplai produk yang reliabel dan berkualitas, sebagai prasyarat bersaing di pasar global.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Salah satu tren untuk menjawab berbagai kelemahan memasuki area baru, teknologi baru, efisiensi biaya produksi dan pemasaran dan penambahan modal adalah Strategic International Alliances (SIA).SIA adalah hubungan bisnis yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahaan, melakukan kerjasama ssaling menguntungkan, berbagi risiko dan mencapai tujuan bersama.SIA memiliki implikasi : Terdapat tujuan bersama; Kelemahan satu perusahaan ditutup dengan kelebihan perusahaan partner;Mencapai tujuan sendirian terlalu mahal, lama, berisiko; Dengan beraliansi membuat segalanya menjadi mudah dilakukan.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Perencanaan StrategikMerupakan cara sistematis untuk mencapai masa depan.Mengelola efek eksternal, faktor tak terkendali kedalam kekuatan dan kelemahan, sasaran dan tujuan perusahaan sebagaimana yang diinginkan.Komitmen untuk menggunakan sumberdaya dalam melayani pasar negara tertentu, untuk mencapai tujuan spesifik.Dengan kata lain merencanakan pekerjaan agar sesuatu yang diharapkan bisa tercapai, dan yang tidak diharapkan tidak muncul.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Proses Perencanaan Internasional

    Fase 1Analisis pendahulunMencocokan kondisi perusahaandengan kebutuhan negaraFase 2PenyesuaianMarketing MixUntuk pasar sasaranFase 3MengembangkanRencanapemasaranFase 4ImplementasiDanKontrolKarakter perusahaanKendala Home countryKendala HostcountryProdukHargaPromosiDistribusiAnalisis situasiSasaran dan tujuanStrategi & TaktikAnggaranProgram AksiSasaranStandarTetapkan tanggungjawabUkur KinerjaPerbaikan kesalahan

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Alternatif Strategi memasuki pasar (1)EksporLangkah awal memasuki pasar internasional, dengan mengirim barang dari dalam negri ke luar negri.Lisensi. Memberikan hak paten, merk dagang, dan hak menggunakan teknologi tanpa investasi besar-besaran.Joint Venture.Kerjasama manajemen dengan satu atau lebih perusahaan untuk memasuki pasar internasional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Alternatif Strategi memasuki pasar (2)Waralaba.Salah satu bentuk Lisensi, Fransisor menentukan standar paket produk, sistem, pelayanan manajemen; francisee memiliki informasi pasar, modal dan keterlibatan personal dalam manajemen.Konsorsium.Patungan modal rame-rame.ManufacturingInvestasi pabrik di negara tujuan. Karena lebih hemat biaya produksi.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 10 (lanjutan)Skema rencana organisasi pemasaranMengkombinasikan pendekatan produk, geografis, dan fungsionalCompany PresidentVice President MarketingDirector:Passenger car marketingDirector:Truck marketingResearchResearchManagerNorth AmericandistributionManagerEuropeandistributionManagerAfricandistributionManagerNorth AmericandistributionManagerEuropeandistributionManagerAfricandistributionAdv.SalesAdv.Adv.Adv.Adv.Adv.SalesSalesSalesSalesSales

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 11riset pasar globalTiga tipe riset berdasarkan kebutuhan informasi :Informasi umun tentang negara, area, dan/atau pasarInformasi pasar spesifik untuk menetapkan advertensi, harga, distribusi, dan keputusan produk dan rencana pemasaranKebutuhan informasi untuk meramal kebutuhan marketing masadepan dengan cara mengantisipasi tren sosial, ekonomi, dan konsumen di dalam pasar atau negara tertentu.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III bab 11 (lanjutan)Kondisi lingkungan pasarEkonomiPertumbuhan, inflasi, tren siklus bisnis, dan analisis profitabilitas produk divisi.Iklim sosiologi dan politikTinjauan aspek non ekonomi secara umum, ekologi, keamanan, waktu santai, dan impak potensial bagi bisnis divisi.Kondisi segmen pasar.Analisis rinci kondisi pasar yang dihadapi divisi, berdasarkan segmentasi, termasuk segmen internasional.Lingkungan teknologiKecanggihan teknologi berkaitan dengan bisnis dividi dan penjabaran kedalam segmen produk secara hati-hati.Pesaing dan pangsa pasar, metode segmentasi pasar, produk, strategi yang digunakan pada lingkup internasional

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III ab 11 (lanjutan)Tentukan problem riset danTetapkan tujuan risetTentukan sumber informasiUntuk mencapai tujuan risetKumpulkan data relevan dariSumber sekunder / primerAnalisis, interpretasi, danPresentasikan hasil riset

    MPI-2012

  • MPI-2012*Problem data sekunder

    Ketersediaan data sekunderSulit mendapatkan data sekunder di berbagai pasar luar negri secara lengkap dan memenuhi kebutuhan riset.Reliabilitas data sekunderData statistik terkadang terlalu optimistik menggambarkan kebanggaan nasional daripada realitas nasional.Komparabilitas data sekunderSulit dilakukan perbandingan data di pasar satu negara dan negara lain, karena kondisi data yang bervariasi kelengkapannyaValiditas data sekunderValiditas beragam karena hasil dari riset dengan tujuan yang berbeda-beda.Bagian III Bab 11 (lanjutan)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 11 (lanjutan)Problem menggali data primerResponden tidak meresponSampling pada survey lapanganPenelitian lintas budayaBahasa dan komprehensi

    3 teknik mengatasi problemBack TranslationParallel TranslationDecentering

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 11 (lanjutan)Mengatasi problem analisis dataPeneliti harus memiliki pemahaman yang tinggi mengenai budaya di negara mana riset diadakanKecakapan kreatif mengadaptasi temuan risetPerilaku skeptis dalam menangani data sekunder dan primer.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 11 (lanjutan)Multinational Marketing Information SystemsDalam mengelola dan mengawasi dinamika pertumbuhan pasar yang berbeda-beda, perlu memberikan perhatian besar pada : sistem kontinyu yang didesain untuk menghasilkan, menyimpan, menyusun, dan menganalisis informasi dari sumber dalam maupun dari luar perusahaan untuk digunakan sebagai basis pengambilan keputusan yang berorientasi pada negara tujuan atau wilayah belahan dunia yang lain.Perusahaan membutuhkan - MMIS.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 11 (lanjutan)Multinational Marketing Information SystemCorporate MMISCountry (A) CMISCountry (B) CMISCountry (C) CMISINFORMATIOnINSTRUCTIOn

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12PENGEMBANGAN PRODUK KONSUMEN PASAR GLOBALMasa depan kompetisi produk konsumen pasar global akan lebih menuntut strategi standardisasi daripada diferensiasi.Sejalan dengan strategi produk terstandard, sangat perlu mengembangkan merek yang memiliki citra global, sama di seluruh dunia.Efisiensi biaya dalam mengembangkan produk dan merek global menjadi perhatian penting dalam memenangkan persaingan merebut konsumen pasar global.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12 (lanjutan)PRODUK DAN BUDAYAProduk adalah perpaduan antara kepuasan phisik dan kepuasan psikologis yang diperoleh pengguna (konsumen).Atribut psikologis dari produk bisa bervariasi diantara berbagai budaya, dan dapat diartikan positif atau negatif.Untuk mengoptimalkan nilai positif atau kepuasan yang dapat dicapai, besar kemungkinan diperlukan adaptasi fitur-fitur non phisik.Memahami kebaruan suatu produk di pasar internasional sangat penting, untuk menentukan tingkat inovasi dan adaptasi produk.. Produk mature da Amerika, bisa dianggap produk baru di negara lain (benua lain).

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12 (lanjutan)PROSES DIFUSI(Proses dimana inovasi menyebar ke seluruh dunia)

    Penting : Mencari cara komunikasi yang tepat untuk proses difusi yang paling singkat./pendek

    TerhadapSuatu sistemSosialtertentuDalam kurunWaktutertentuYang Dikomunikasi-Kan melalui salurantertentuSebuah inovasi

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12 (lanjutan)TINGKAT KEBARUAN PRODUKCongruenct Innovation ( sekedar perubahan fitur dan gaya, pola konsumsi tetap.. Mis.: gula pasir dan gula padat).A Continuous Innovation (bukan produk baru, tapi perubahan bentuk/fitur pada lini produk yang sama, sedikit merobah pola konsumsi.. Mis.: Rokok menthol).A dynamically continuous Innovation (penemuan produk baru pengembangan produk yang sudah ada, merubah pola konsumsi agak drastis.. Mis.: Sikat gigi elektrik)..A discontinuous Innovation (Produk baru belum pernah ada sebelumnya, menimbulkan pola konsumsi baru.. Mis.: Televisi, komputer, mobil)..

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12 (Lanjutan)ALTERNATIF PRODUKMenjual produk yang sama dengan yang dijual di dalam negri.(domestic market extension strategy).Mengadaptasi produk yang ada dengan citarasa dan kebutuhan spesifik negara tujuan (multidomestic market strategy)..Mengembangkan produk yang standard untuk semua negara.( global market strategy)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12 (Lanjutan)ANALISIS KARAKTERISTIK INOVASIPersepsi tambahan nilai produk baru dibanding produk lama.. > Relative advantage.Kompatibilitas terhadap nilai, norma dan perilaku yang diterima.. > Compatibility.Kompleksitas kegunaan produk.. > Complexity.Tingkat risiko ekonomi dan sosial berkaitan dengan kegunaan produk baru. > Trialability.Kemudahan mengkomunikasikan nilai manfaat produk.. > Observability.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12 (Lanjutan)ANALISIS KOMPONEN PRODUK

    KOMPONEN INTI :Produk fisikFitur desainFitur fungsionalLegalKOMPONENKEMASANTrademarkBrandnameLegalPriceQualityPackageStylingKOMPONENLAYANANPENUNJANGPerbaikan dan peme- liharaanInstalasiInstruksiLayanan terkait lainnyaPengantaranJaminanSuku cadangLegal

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 12 (Lanjutan)PEMASARAN HIJAU (GREEN MARKETING)Muncul karena kesadaran pentingnya menjaga lingkungan hidup. Abad 21 disebut sebagai abad kesadaran lingkungan.Di deklarasikan di Konferensi bumi (1992) di Rio de Janeiro.Semua produk dituntut untuk bersifat ramah lingkungan.Semua produk di jerman harus berlogo Blue-AngelSemua negara Eropa menerapkan Eco-label terhadap semua produk.Undang-undang di Jerman mengharuskan semua tahap distribusi produk dari pabrik sampai ke konsumen harus dapat di daur ulang

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 13 :PEMASARAN PRODUK INDUSTRI DAN JASA BISNISProduk industri merupakan produk yang dibeli untuk tujuan bisnis. Produk tersebut merupakan bagian dari suatu proses, memenuhi nilai pembeli, dapat tidaknya diandalkan, kualitas, kinerja dan biaya.Tingkat industrialisasi negara tujuan ikut memberi impak pada faktor-faktor tersebut.Mengingat keragaman situasi pada berbagai negara, membuat penonjolan faktor-faktor tersebut menjadi tidak muda bagi pemasar.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 13 (Lanjutan)Kondisi-kondisi negara tujuan yang mempengaruhi permintaan produk industri :Tingkat perkembangan ekonomiTingkat penggunaan TeknologiPerbedaan tersebut berdampak pada :Atribut kualitas produkSertifikasi ISO 9000Hubungan kualitas hargaDesain produkLayanan penggantian suku cadang

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 13 (lanjutan)PASAR PEMBELI UNTUK BARANG INDUSTRIPemasar industri menghadapi intensitas kompetisi yang sama dengan produk konsumen.Pasar untuk produk industri dideskripsikan sebagai pasar pembeliUntuk dapat dikenal, tidak ada jalan lain kecuali terjun ke arena persaingan sesama produsen, merebut pasar pembeli yang semakin sadar akan kualitas produk.Ukuran kualitas di berbagai negara bisa berbeda. Satu produk yang ditolak di pasar domestik, bisa diposisikan sebagai produk berkualitas di negara lain, tergantung ***

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 13 (lanjutan)PEMASARAN JASA GLOBALa. Karakteristik Jasa Produk intanjibel (intangible product)Tak dapat dipisah-pisahkan. (inseparably).Heterogen (heterogeneous).Tak dapat disimpan. (perishable)b. Memasuki pasar global :Client followers, melayani pelancong bisnis dan wisatawan yang datang. Market seekers, mencari konsumen keseluruh dunia secara aktif.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bag. III Bab. 13 (lanjutan)LINGKUNGAN PASAR UNTUK JASA BISNISProteksionisme. Pertumbuhan pesat jasa bisnis internasional pembuat pemerintah dan perusahaan domestik membangun proteksi.Aliran data lintas negara. Berbagai peraturan domestik yang mengganggu aliran data lintas negara , yang dilakukan perusahaan jasa komunikasi internasional.Kompetisi jasa. Munculnya perusahaan jasa bisni dari berbagai negara meningkatkan intensitas kompetisi jasa bisnis internasional.Perlindungan/proteksi hak cipta intelektual. Pembajakan merek, hak cipta, proses, desain dan berbagai properti menjadi ancaman serius dalam jasa bisnis internasional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14SISTEM DISTRIBUSI INTERNASIONALStruktur Saluran DistribusiStruktur Distribusi Berorientasi ImportProses distribusi dikendalikan oleh importir. Filosofinya, menjual sedikit barang dengan harga yang tinggi.Struktur Distribusi JepangDidominasi wholesalers, berhubungan dengan sedikit retailersKendali saluran ada pada manufacturerFilosofi bisnis dibentuk berdasarkan budaya yang unikHukum yang melindungi fondasi sistem, adalah sedikit retailer.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Trend-Dari Struktur saluran Tradisional ke Modern.Direct Marketing; Door-to-door Marketing; Hypermarkets; Discount houses; Shopping malls; Catalog-selling; Metode distribus lain yang efisien.Pola DistribusiPola-pola Umum (General Patterns) Pola-pola Ritel (Retail Patterns)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14 (Lanjutan)Pilihan Alternatif Perantara (Middleman)Home Country MiddlemanBerlokasi di negara yang sama dengan produsen, memberikan layanan pemasaran dari negara asal.Contoh: Perusahaan manajemen Ekspor; Perusahaan Trading; Pemasar Komplementer (perpanjangan)Agen Ekspor milik produsen; Broker Negara Asal; Kantor Belanja (untuk dijual kembali; Kelompok Penjual; Norazi Agent (pedagang pasar gelap); Export Merchant; Export Jobber.Foreign Country MiddlemanUntuk kontrol lebih baik di negara tujuan, lebih dekat dengan pasar.Contoh: Manufacturers Representatives; Distributors; Foreign Country Brokers; Managing Agent and Comradors; Dealers; Import Jobbers, Wholesalers, and Retailers.Government-Affiliated Middlemen: Kerjasama dengan negara.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14 (Lanjutan)Faktor pengaruh pemilihan saluran distribusi (5-C)Biaya (Cost) :Biaya Investasi SaluranBiaya Pemeliharaan SaluranPersyaratan Kapital (Capital Requirement) :Syarat kapital untuk Investasi saluranCash-flow selama penggunaan saluranKontrol terhadap distribusi (Control)Cakupan (Coverage) :Optimum Volume of Sales; Reasonable Market-share; Satisfactory Market PenetrationKarakter (Caracter) : Company & MarketsKelanjutan middlemen (Continuity)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14 (Lanjutan)Locating, Selecting, and Motivating Channel Members.Locating MiddlemenPencarian para Middlemen yang prospektif, dengan memperhatikan : Produktivitas; Kekuatan finansial; Stabilitas dan kapabilitas manajerial; reputasi bisnis.Selecting MiddlemenMemilih yang terbaik dan minim masalah.Motivating MiddlemenBerbagai upaya agar middlemen sangat berminat terhadap produk.Terminating MiddlemenMengakhiri hubungan jika hasilnya mengecewakanControlling MiddlemenPengendalian pada lapis pertama, dan lapis berikutnya.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 15MEKANIK DAN LOGISTIK PERDAGANGAN EKSPORPengaturan dan Pembatasan dalam Mengimpor dan MengeksporPengendalian Ekspor AmerikaDiatur melalui Export Administration Regulation, isinya Lisensi Ekspor ke luar negri.Perbaikan periodik oleh Current Export BulletinPembatasan-pembatasan ImporTarif; Exchange Permits; Quotas; Lisensi Impor; Boikot; Standardisasi; Voluntary Agreement

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 15 (Lanjutan)Customs-Privileged FacilitiesArea dalam negri untuk perdagangan bebas (dibuat pemerintah) untuk merangsang perdagangan luar negriZona Perdagangan Luar-negriOffshore Assembly (Maquiladoras)Dokumen EksporTerms of SalePacking and MarkingExport Shipping

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 15 (Lanjutan)Logistik (aktivitas aliran phisik dari . ke .)Aktivitas Distribusi Phisik-Interdependent, meliputi :Lokasi Pabrik; Gudang penyimpanan; Sarana transportasi; Jumlah inventori; Pengepakan.Efek Peraturan Negara trehadap Biaya Distribusi PhisikSangat beragam karena lain negara lain peraturannya.Manfaat Sistem Distribusi Phisik :Persediaan yang optimal; Kapasitas produksi optimal (dalam multiplant); Optimal delivery service to marketThe Foreign-Freight ForwarderDibentuk oleh Komisi Maritim untuk mengirim barang, lengkap dengan dokumen ekspor, bertindak sebagai agen dari eksportir.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16PROMOSI DAN ADVERTENSI GLOBALAdvertensi GlobalPola Advertensi-Perencanaan secara Global, Tindakan secara Lokal fungsi produk globalrasa kepuasan lokal (sesuai latar belakang budaya)Advertensi Global dan Merek DuniaAdvertensi merek tunggal untuk pasar duniaAdvertensi Pan-EropaStrategi Advertensi menyeluruh untuk Eropa dibawah satu merek dagang.Segmentasi Pasar Global dan Strategi PromosionalMencari segmen dengan homogenitas tinggi, dilayani dengan tema promosi yang uniform

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Tuntutan Kreativitas tingkat tinggi menghadapi :Pertimbangan pajak dan peraturanKeterbatasan BahasaKeragaman BudayaKeterbatasan MediaKeterbatasan Produksi dan biayaPerencanaan dan Analisis MediaPertimbangan Taktis : Ketersediaan media; biaya; jangkauan media; Katerbatasan data pasar tujuan.Informasi Media Spesifik : Koran; Majalah; radio dan televisi; TV kabel

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Promosi PenjualanUpaya jangka pendek ditujukan kepada konsumen dan / atau pengecer untuk mencapai tujuan spesifik :Percobaan atau pembelian produk oleh konsumen secepatnya.Pengenalan konsumen pada tempat penjualanMeningkatkan point penjualan pengecerMendorong toko untuk men-stok barangDukungan tambahan bagi kegiatan advertensi dan kerja personel penjualan.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Proses Komunikasi GlobalPesan diterjemah-Kan kedalam makna yangsesuaiPemasarDenganSebuahprodukEvaluasi proseskomunikasi danMengukur Tindakan olehpenerimaAktivitas Kompetitif, Salespeople lain,kebingungan, dllTindakan olehKonsumen dalamMerespon pesanYang diterimaPesan yang diterima diinterpre-Tasikan kedalammakna yang jelasMedia advertensiDan/atau personalpenjualanEncodingInformationsourceMessagechannelDecodingReceiverNoiseKonteks Budaya BKonteks Budaya AFeedback

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Alternatif Agensi Advertensi :Agensi lokal domestikAgensi milik perusahaanSalah satu agensi advertensi multi nasional dengan anak cabang lokalMasing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Pengawasan Advertensi Internasional Di pasar Amerika, Kritik konsumen terhadap advertising bukanlah fenomenaKonsumen Eropa hanya separuh percaya bahwa advertensi memberikan informasi yang bermanfaat baginya.Di Hong Kong, Brazil dan Kolombia, advertensi ditanggapi lebih baik daripada di Eropa.Masyarakat Eropa memiliki mekanisme kontrol terhadap advertensi, terutama mencegah informasi menyesatkan dari advertensi.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17PERSONAL SELLING AND PERSONNEL MANAGEMENTSumber Pemasaran dan Penjualan PersonnelExpatriatesNasionalis LokalNasionalis Negara KetigaPembatasan Host-CountryBerkaitan dengan dominasi perusahaan asing dan pengangguran angkatan kerja lokal. Contoh pembatasan tenaga ekspatriat personal selling di Amerika.Banyak negara memiliki aturan spesifik yang berbeda dalam memberikan kesempatan personal selling asing. Kecuali tenaga lokal tidak tersedia.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17 (Lanjutan)Mengelola Personnel InternasionalPerbedaan Nilai Budaya mempengaruhi Praktek ManajemenAmerican master of destinyMerekrut dan Memilih Personnel InternasionalFokus pada persoalan yang akan dihadapi di negara tujuan.Melatih dan Memotivasi Personnel Internasional Manajemen di Negara-negara Sosialis Profit dan Performance bukan merupakan bagian dari etika kerja

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17 (Lanjutan)Menyiapkan Personnel untuk Tugas Luar negriMenghapus Keengganan dalam menerima Tugas Luar negriMengurangi Tingkat Kepulangan DiniKeberhasilan Pemulangan EkspatriatMengembangkan kesadaran KulturalKompensasiAdaptasi Ketrampilan Penjualan Personal di Pasar Global

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17 (Lanjutan)Menyiapkan Manajer Global di Era 2000-anSemakin dalam terlibat dalam permasalahan pasar internasionalSemakin banyak para manajer dikirim ke luar negri untuk pengembangan ketrampilan bisnis globalPentingnya Ketrampilan Bahasa AsingPenguasaan bahasa Inggris semata tidaklah cukup. Kemampuan bahasa host-country penting dalam komunikasi pemasaran Internasional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14SISTEM DISTRIBUSI INTERNASIONALStruktur Saluran DistribusiStruktur Distribusi Berorientasi ImportProses distribusi dikendalikan oleh importir. Filosofinya, menjual sedikit barang dengan harga yang tinggi.Struktur Distribusi JepangDidominasi wholesalers, berhubungan dengan sedikit retailersKendali saluran ada pada manufacturerFilosofi bisnis dibentuk berdasarkan budaya yang unikHukum yang melindungi fondasi sistem, adalah sedikit retailer.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Trend-Dari Struktur saluran Tradisional ke Modern.Direct Marketing; Door-to-door Marketing; Hypermarkets; Discount houses; Shopping malls; Catalog-selling; Metode distribus lain yang efisien.Pola DistribusiPola-pola Umum (General Patterns) Pola-pola Ritel (Retail Patterns)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14 (Lanjutan)Pilihan Alternatif Perantara (Middleman)Home Country MiddlemanBerlokasi di negara yang sama dengan produsen, memberikan layanan pemasaran dari negara asal.Contoh: Perusahaan manajemen Ekspor; Perusahaan Trading; Pemasar Komplementer (perpanjangan)Agen Ekspor milik produsen; Broker Negara Asal; Kantor Belanja (untuk dijual kembali; Kelompok Penjual; Norazi Agent (pedagang pasar gelap); Export Merchant; Export Jobber.Foreign Country MiddlemanUntuk kontrol lebih baik di negara tujuan, lebih dekat dengan pasar.Contoh: Manufacturers Representatives; Distributors; Foreign Country Brokers; Managing Agent and Comradors; Dealers; Import Jobbers, Wholesalers, and Retailers.Government-Affiliated Middlemen: Kerjasama dengan negara.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14 (Lanjutan)Faktor pengaruh pemilihan saluran distribusi (5-C)Biaya (Cost) :Biaya Investasi SaluranBiaya Pemeliharaan SaluranPersyaratan Kapital (Capital Requirement) :Syarat kapital untuk Investasi saluranCash-flow selama penggunaan saluranKontrol terhadap distribusi (Control)Cakupan (Coverage) :Optimum Volume of Sales; Reasonable Market-share; Satisfactory Market PenetrationKarakter (Caracter) : Company & MarketsKelanjutan middlemen (Continuity)

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 14 (Lanjutan)Locating, Selecting, and Motivating Channel Members.Locating MiddlemenPencarian para Middlemen yang prospektif, dengan memperhatikan : Produktivitas; Kekuatan finansial; Stabilitas dan kapabilitas manajerial; reputasi bisnis.Selecting MiddlemenMemilih yang terbaik dan minim masalah.Motivating MiddlemenBerbagai upaya agar middlemen sangat berminat terhadap produk.Terminating MiddlemenMengakhiri hubungan jika hasilnya mengecewakanControlling MiddlemenPengendalian pada lapis pertama, dan lapis berikutnya.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 15MEKANIK DAN LOGISTIK PERDAGANGAN EKSPORPengaturan dan Pembatasan dalam Mengimpor dan MengeksporPengendalian Ekspor AmerikaDiatur melalui Export Administration Regulation, isinya Lisensi Ekspor ke luar negri.Perbaikan periodik oleh Current Export BulletinPembatasan-pembatasan ImporTarif; Exchange Permits; Quotas; Lisensi Impor; Boikot; Standardisasi; Voluntary Agreement

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 15 (Lanjutan)Customs-Privileged FacilitiesArea dalam negri untuk perdagangan bebas (dibuat pemerintah) untuk merangsang perdagangan luar negriZona Perdagangan Luar-negriOffshore Assembly (Maquiladoras)Dokumen EksporTerms of SalePacking and MarkingExport Shipping

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 15 (Lanjutan)Logistik (aktivitas aliran phisik dari . ke .)Aktivitas Distribusi Phisik-Interdependent, meliputi :Lokasi Pabrik; Gudang penyimpanan; Sarana transportasi; Jumlah inventori; Pengepakan.Efek Peraturan Negara trehadap Biaya Distribusi PhisikSangat beragam karena lain negara lain peraturannya.Manfaat Sistem Distribusi Phisik :Persediaan yang optimal; Kapasitas produksi optimal (dalam multiplant); Optimal delivery service to marketThe Foreign-Freight ForwarderDibentuk oleh Komisi Maritim untuk mengirim barang, lengkap dengan dokumen ekspor, bertindak sebagai agen dari eksportir.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16PROMOSI DAN ADVERTENSI GLOBALAdvertensi GlobalPola Advertensi-Perencanaan secara Global, Tindakan secara Lokal fungsi produk globalrasa kepuasan lokal (sesuai latar belakang budaya)Advertensi Global dan Merek DuniaAdvertensi merek tunggal untuk pasar duniaAdvertensi Pan-EropaStrategi Advertensi menyeluruh untuk Eropa dibawah satu merek dagang.Segmentasi Pasar Global dan Strategi PromosionalMencari segmen dengan homogenitas tinggi, dilayani dengan tema promosi yang uniform

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Tuntutan Kreativitas tingkat tinggi menghadapi :Pertimbangan pajak dan peraturanKeterbatasan BahasaKeragaman BudayaKeterbatasan MediaKeterbatasan Produksi dan biayaPerencanaan dan Analisis MediaPertimbangan Taktis : Ketersediaan media; biaya; jangkauan media; Katerbatasan data pasar tujuan.Informasi Media Spesifik : Koran; Majalah; radio dan televisi; TV kabel

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Promosi PenjualanUpaya jangka pendek ditujukan kepada konsumen dan / atau pengecer untuk mencapai tujuan spesifik :Percobaan atau pembelian produk oleh konsumen secepatnya.Pengenalan konsumen pada tempat penjualanMeningkatkan point penjualan pengecerMendorong toko untuk men-stok barangDukungan tambahan bagi kegiatan advertensi dan kerja personel penjualan.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Proses Komunikasi GlobalPesan diterjemah-Kan kedalam makna yangsesuaiPemasarDenganSebuahprodukEvaluasi proseskomunikasi danMengukur Tindakan olehpenerimaAktivitas Kompetitif, Salespeople lain,kebingungan, dllTindakan olehKonsumen dalamMerespon pesanYang diterimaPesan yang diterima diinterpre-Tasikan kedalammakna yang jelasMedia advertensiDan/atau personalpenjualanEncodingInformationsourceMessagechannelDecodingReceiverNoiseKonteks Budaya BKonteks Budaya AFeedback

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Alternatif Agensi Advertensi :Agensi lokal domestikAgensi milik perusahaanSalah satu agensi advertensi multi nasional dengan anak cabang lokalMasing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 16 (Lanjutan)Pengawasan Advertensi Internasional Di pasar Amerika, Kritik konsumen terhadap advertising bukanlah fenomenaKonsumen Eropa hanya separuh percaya bahwa advertensi memberikan informasi yang bermanfaat baginya.Di Hong Kong, Brazil dan Kolombia, advertensi ditanggapi lebih baik daripada di Eropa.Masyarakat Eropa memiliki mekanisme kontrol terhadap advertensi, terutama mencegah informasi menyesatkan dari advertensi.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17PERSONAL SELLING AND PERSONNEL MANAGEMENTSumber Pemasaran dan Penjualan PersonnelExpatriatesNasionalis LokalNasionalis Negara KetigaPembatasan Host-CountryBerkaitan dengan dominasi perusahaan asing dan pengangguran angkatan kerja lokal. Contoh pembatasan tenaga ekspatriat personal selling di Amerika.Banyak negara memiliki aturan spesifik yang berbeda dalam memberikan kesempatan personal selling asing. Kecuali tenaga lokal tidak tersedia.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17 (Lanjutan)Mengelola Personnel InternasionalPerbedaan Nilai Budaya mempengaruhi Praktek ManajemenAmerican master of destinyMerekrut dan Memilih Personnel InternasionalFokus pada persoalan yang akan dihadapi di negara tujuan.Melatih dan Memotivasi Personnel Internasional Manajemen di Negara-negara Sosialis Profit dan Performance bukan merupakan bagian dari etika kerja

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17 (Lanjutan)Menyiapkan Personnel untuk Tugas Luar negriMenghapus Keengganan dalam menerima Tugas Luar negriMengurangi Tingkat Kepulangan DiniKeberhasilan Pemulangan EkspatriatMengembangkan kesadaran KulturalKompensasiAdaptasi Ketrampilan Penjualan Personal di Pasar Global

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III-Bab 17 (Lanjutan)Menyiapkan Manajer Global di Era 2000-anSemakin dalam terlibat dalam permasalahan pasar internasionalSemakin banyak para manajer dikirim ke luar negri untuk pengembangan ketrampilan bisnis globalPentingnya Ketrampilan Bahasa AsingPenguasaan bahasa Inggris semata tidaklah cukup. Kemampuan bahasa host-country penting dalam komunikasi pemasaran Internasional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 18PENETAPAN HARGA PASAR INTERNASIONALTujuan Penetapan Harga berdasarkan dua pendekatan :Sebagai instrumen aktif guna keberhasilan mencapai tujuan pemasaran :Mencapai laba yang ditargetkan; pangsa pasar yang ditargetkan; atau tujuan spesifik lain.Sebagai elemen statis dalam keputusan bisnis:Hanya untuk sekedar ekspor.Bisnis luar negri bukan prioritas utamaEkspor tidak menjadi sumbangan utama dalam volume penjualan.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 18 (Lanjutan)Parallel ImportsAkibat dari lemahnya kontrol manajemen, persaingan antara produk yang sama milik perusahaan induk di negara home country dan perusahaan cabang di host country.Perbedaan harga yang terjadi m,enciptakan peluang bisnis dan sekaligus memicu persaingan.Contoh : Mercedes Benz di jerman harganya $ 12,000.00, di Amerika dijual $ 24,000.00. Keadaan ini mendorong mobil yang dikirim ke grey market, mengalir balik ke Amerika.Kasus lain : Kamera Canon; Panasonic cordless telephone; Sony Walkman.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 18 (Lanjutan)Dasar penetapan harga InternasionalFull-Cost vs Variable-Cost PricingSkimming vs Penetration PricingSistem Leasing (sewa-beli)Dikembangkan untuk mengatasi tingginya harga dan keterbatasan modal untuk membeli produkSewa-beli perlengkapan industri menjadi semakin penting dalam penjualan barang modal di pasar antar negara.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 18 (Lanjutan)Harga yang semakin meningkat, karena :Biaya-biaya Ekspor :Pajak; Tarif; Biaya Administratif.InflasiFluktuasi nilai tukar uangNilai uang yang bervariasi.Biaya perantara dan transportasi.Upaya menekan peningkatan harga :Menekan biaya produksi barangMengurangi tarifMenurunkan biaya distribusi.Memanfaatkan fasilitas Free Trade Zone (FTZ).

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 18 (Lanjutan)Dumping (ada 2 pengertian) :Produk dijual dengan harga dibawah hbiaya produksi.Menjual barang di pasar luar negri dengan harga dibawah harga yang ditetapkan untuk pasar dalam negri.Tujuannya untuk memanfaatkan kelebihan produksi sampai tujuan menguasai pasar luar negri.Sikap pemerintah berbagai negara dalam menghadapi harga dumping, bervariasi tergantung kepentingan dalam negrinya.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 18 (Lanjutan)Penetapan Harga oleh Kelompok IndustriLicensing AgreementCartelsTrade AssociationsHarga yang dipengaruhi Pemerintah.Pengendalian hargaMarjin keuntungan bagi pemerintahPembatasan perubahan hargaMengatur persainganMerangsang pertumbuhan industriKesepakatan Internasional, antara produsen dan konsumen komoditi tertentu. Misal Kesepakatan harga kopi dan kokoa Internasional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian III Bab 18 (Lanjutan)Countertrades sebagai melanisme lain penetapan harga BarterPertukaran barang secara langsung. Compensation DealsPembayaran dalam bentuk barang dan uang tunai.Counterpurchase or Offset TradePerjanjian imbal beli antara dua negara secara tertulis dalam kontrak.Product Buy-back AgreementNegara A menjual bahan industri untuk negara B, kemudian negara A membeli kembali barang jadi yang dibuat oleh negara B yang berbahan baku dari negara A.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian IV Bab 19 KONTEKS KORPORAT: PERSYARATAN FINANSIAL Kebutuhan modal untuk pemasaran internasional:Modal kerja (working capital).Time lags; Biaya pengiriman; Pajak; Biaya start-up; Biaya inventori; Biaya penetrasi pasar; Pengembangan saluran distribusiModal Investasi (Investment Capital).Fasilitas produksi (plants and equipments)Fasilitas pemasaran : Gudang, Shipping docks, Toko ritel, Kantor penjualan, dan fasilitas phisik lainnya.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian IV Bab 19 (Lanjutan)Sumber Pendanaan Bank Ekspor-ImporProgram penjaminan hutang kepada bank komersial.Agency for International development (AID)Lembaga penyedia pinjaman untuk negara ketiga untuk alasan kebijakan pembangunan dan kebijakan luar negri.Overseas Private Investment Corporation (OPIC).Agensi Amerika untuk memberikan jaminan terhadap kerugian menghadapi risiko operasi internasional. Eurodollar Market.Sejumlah dana yang disimpan berbagai negara di bank EropaDebt-Equity SwapsKerja sama antar bank internasional dan MNC dalam perjanjian hutang untuk modal operasional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian IV Bab 19 (Lanjutan)Pembayaran Perdagangan Luar NegriLetter of CreditMenunjuk bank penjamin pembayaran untuk memudahkan penjual menarik dana dari bank penjamin tersebut.Bill of ExchangePembayaran oleh bank sebelum, atau sesudah barang diterima, atau pada saat yang disepakati.Cash in AdvancePembayaran di muka, sebelum barang diterima pembeli.FortailingMenyerahkan pihak bank untuk menagih uang kepada pembeli internasional.

    MPI-2012

  • MPI-2012*Bagian IV Bab 19 (Lanjutan)

    Risiko FinansialRisiko KomersialRisiko PolitikRisiko Pertukaran mata uang.Mengelola Risiko FinansialHedgingOpsi Pertukaran Luar NegriEuropean Currency Units (626)

    MPI-2012

    ****1*1