130818 Warming WAICC

5
Memperingati Hari Raya Kemerdekaan RI Kami mengucapkan Selamat Datang kepada Anda yang baru pertama kali menghadiri Misa Bahasa Indonesia ini. Kehadiran dan partisipasi Anda pada kegiatan-kegiatan lainnya sangat kami harapkan. Kami mohon bantuan Anda untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan ini kepada Saudara- saudari kita yang belum mengetahuinya. Kami sangat menghargai dan mengharapkan 18 Agustus 2013 WESTERN AUSTRALIA INDONESIAN CATHOLIC COMMUNITY (WAICC) Chaplain : Rm. Siriakus Maria Ndolu, O.Carm, (0411 136 477) Postal address : PO Box 1131, Booragoon WA 6954 Website : www.waicc.org.au “Kamu dipanggil untuk kemerdekaan, maka abdilah satu sama lain dalam cinta kasih.”

description

130818 Warming WAICC

Transcript of 130818 Warming WAICC

Page 1: 130818 Warming WAICC

Memperingati Hari Raya Kemerdekaan RI

Kami mengucapkan Selamat Datang kepada Anda yang baru pertama

kali menghadiri Misa Bahasa Indonesia ini.

Kehadiran dan partisipasi Anda pada kegiatan-

kegiatan lainnya sangat kami harapkan.

Kami mohon bantuan Anda untuk

menyebarluaskan kegiatan-kegiatan ini

kepada Saudara-saudari kita yang belum

mengetahuinya. Kami sangat menghargai dan

mengharapkan partisipasi Anda.

TERIMA KASIH!BADAN PENGURUS

Western Australia Indonesian Catholic

Community (WAICC)

18 Agustus 2013

WESTERN AUSTRALIA INDONESIAN CATHOLIC COMMUNITY (WAICC) Chaplain : Rm. Siriakus Maria Ndolu, O.Carm, (0411 136 477)Postal address : PO Box 1131, Booragoon WA 6954Website : www.waicc.org.auE-mail : [email protected]

“Kamu dipanggil untuk kemerdekaan, maka abdilah satu sama lain dalam cinta

kasih.”

Page 2: 130818 Warming WAICC

(Proklamasi RUANG MISA

RITUS PEMBUKADoa Pembuka

I. Marilah kita berdoa: Tuhan Allah yang Maha Esa, Engkau memanggil setiap orang kepada kemerdekaan dalam Kristus Yesus, Putera-Mu. Maka pada hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini kami mohon kepada-Mu: lindungilah tanah air Negara Indonesia, agar tetap bebas merdeka dan aman sentosa. Anugerahkanlah kepada bangsa Indonesia kemerdekaan sejati, agar di seluruh wilayahnya berkuasa keadilan dan damai, perikemanusiaan, kerukunan dan cinta kasih. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, kini dan sepanjang masa.

U. Amin. LITURGI SABDA

Bacaan pertama : Sir 10:1-8

"Para penguasa bertanggungjawab atas rakyatnya.”

Bacaan dari Kitab Putera Sirakh 10:1-8

Pemerintah yang bijak menjamin ketertiban dalam masyarakat, pemerintah yang arif adalah yang teratur. Seperti para penguasa, demikian pula para pegawainya; seperti pemerintah kota, demikian pula semua penduduknya. Raja yang tidak terdidik membinasakan rakyatnya, tetapi sebuah kota sejahtera berkat kearifan para pembesarnya. Di dalam tangan Tuhan terletak kuasa atas bumi, dan pada waktunya Ia mengangkat orang yang serasi atasnya. Di dalam tangan Tuhanlah terletak kemujuran seseorang , dan kepada para pejabat Tuhan mengaruniakan martabat. Janganlah pernah menaruh benci kepada sesamamu, apa pun juga kesalahannya, dan jangan berbuat apa-apa terpengaruh oleh nafsu. Kecongkakan dibenci oleh Tuhan maupun manusia, dan bagi kedua-duanya kelaliman adalah salah. Pemerintah beralih dari bangsa yang satu kepada bangsa yang lain akibat kelaliman, kekerasan dan uang.

Demikianlah sabda Tuhan.

U. Syukur kepada Allah.

MENU MAKANAN ROHANI UMAT MINGGU INIMenu Harian selama seminggu dan peringatan orang kudus.

Senin, 19 Agustus: Hak.2:11-19; Mzm.106; Mat. 19:16-22 Selasa 20 Agustus: Pw S.Bernardus, Abas PujG; Hak. 6:11-24a; Mzm.85; Mat.19:23-

30. Rabu 21 Agustus: PwS.Pius X, Paus: Hak.9:6-15; Mzm.21; Mat. 20:1-16a. Kamis 22 Agustus: Pw SP Maria, Ratu: Hak 11:29-39a; Mzm.40; Mat.22:1-14. Jumat 23 Agustus: Rut 1:1,3-6,14b-16, 22; Mzm 146; Mat. 22:34-40. Sabtu 24 Agustus: Pesta S. Bartolomeus, Ras.: Why 21:9b-14; Mzm.145; Yoh.1:45-

51. Minggu 25 Agustus: Hari Minggu Biasa XXI : Yes 66:18-21; Mzm.117; Ibr.12:5-7,11-

13; Luk. 13:22-30.

KEGIATAN KOMUNITAS MINGGU INI

A. Senakel & Misa Kudus

Hari/Tanggal : Senin, 19 Agustus 2013Waktu : 19.00Tempat : Pater Noster church – Myaree. Bacaan : buku "Kepada Para Imam, Putra-putra Terkasih Bunda Maria" Bagian kedua : No. 475, halaman 429-431.

A. Meditasi Kristiani

Hari/Tanggal : Rabu, 21 Agustus 2013

Waktu : 17.30

Tempat : Pater Noster meeting room – MyareeB. Acara Senior (akan diadakan Misa)

Hari/Tanggal: Kamis, 22 Agustus 2013 Jam : 11.00 am Tempat :

C. ICYO akan mengadakan Fellowship Hari/Tanggal : Jumat, 23 Agustus 2013 Jam : 19.00

Page 3: 130818 Warming WAICC

Tempat :Pater Noster Hall.

I. bangsa Indonesia. Sudilah menerima, memberkati dan mempersatukan dengan korban Putera-Mu terkasih, sebab untuk memuliakan Dikau tiada yang lebih pantas. Demi Kristus……..

U. Amin.

Doa sesudah Komuni :

I. Marilah berdoa: Allah Bapa yang mahabaik dan mahakuasa, kami mengucap syukur kepada-Mu atas segala rahmat dan anugerah yang bertahun-tahun lamanya.Kau limpahkan kepada nusa dan bangsa Indonesia. Engkaulah yang mempersatukan Bangsa Indonesia menjadi satu nusa dan satu bangsa dan satu bahasa. Engkaulah yang mengantar kami kepada kemerdekaan yang aman sentosa. Maka kami mohon dengan rendah hati, semoga kemerdekaan itu dapat diisi dengan kejujuran, keadilan dan cinta kasih. Demi Kristus………..

U. Amin.

RUANG INFORMASI

JADWAL MISAMisa berbahasa Indonesia bagi umat Western Australia Indonesian Catholic Community (WAICC) diselenggarakan setiap hari:

Minggu sore: Pk.17.00 bertempat di Pater Noster Catholic Church, 460 Marmion Street, Myaree. Misa minggu ke 4 merupakan Misa Muda Mudi.

Jumat Pertama dalam bulan: Pk.19.00 bertempat di Pater Noster Church, 460 Marmion Street, Myaree.

RITE OF CHRISTIAN INITIATION FOR ADULTS (RCIA) Bidang Katekisasi (RCIA) telah membuka pendaftaran baru bagi para simpatisan

yang ingin mengikuti program katekisasi calon baptis. Katekisasi akan dimulai di awal Agustus 2012. Informasi: Hubungi koordinator RCIA, : Ign. Budiharsa (0410 415 905;

[email protected]) atau Feby (0417 989 766; [email protected])).

Mazmur Tanggapan : Mzm 101

Ulangan 1=f; 2/4

Kamu dipanggil untuk kemerdekaan, maka abdilah satu sama lain dalam cinta kasih.

Mazmur:

1. Ya Tuhan, aku hendak menyanyikan kasih setia dan hukum-Mu, aku hendak hidup tanpa cela. Aku hendak hidup dengan suci dalam rumahku, hal-hal yang jahat takkan kuperhatikan.

2. Mataku tertuju kepada rakyatku yang setia, supaya mereka tinggal bersama aku. Orang yang hidup dengan tidak bercela akan mendukung aku.

3. Orang yang melakukan tipu daya, tidak akan diam dalam rumahku, Orang yang berbicara dusta tidak bertahan di bawah pandanganku.

Bacaan kedua

"Berlakulah sebagai orang yang merdeka"

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus (2:13-17)

Saudara-saudara terkasih, demi Allah, tunduklah kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan tertinggi , maupun kepada wali-wali yang ditetapkannya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan untuk mengganjar orang-orang yang berbuat baik. Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang bodoh. Hiduplah sebagai orang merdeka, bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudara-mu, takutlah akan Allah, hormatilah raja !.Demikianlah sabda Tuhan.

U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL

Alleluya (1=f), 2/4

Alleluya, Alleluya, ……..

Berikanlah kepada kaisar yang menjadi hak kaisat dan kepada Allah yang menjadi hal Allah. Alleluya……….

Bacaan Injil

"Berikanlah kepada kaisar yang menjadi hak kaisar, dan kepada Allah yang menjadi hak Allah.”

Page 4: 130818 Warming WAICC

Inilah Injil Yesus Kristus karangan Santo Markus (22: 15-21)

U. Dimuliakanlah Tuhan

Sekali peristiwa orang orang Farisi berunding, bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid - murid mereka bersama orang-orang Herodian bertanya kepada Yesus, "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajarkan jalan Allah, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Bolehkah membayar pajak kepada kaisar atau tidak?" Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka. Maka Ia lalu berkata, "Mengapa kalian mencobai Aku, hai orang – orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang pajak itu!"Mereka menunjukkan sekeping dinar kepada-Nya. Lalu bertanyalah Yesus kepada mereka, "Gambar dan tulisan siapakah ini ?" Sahut mereka, "Gambar dan tulisan kaisar." Maka kata Yesus kepada mereka, "Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

HOMILI - Aku Percaya

Doa Umat

I. Marilah kita meluhurkan Allah yang memberikan fajar harapan baru kepada bangsa Indonesia pada hari raya Kemerdekaan Indonesia ini.Marilah kita bersyukur kepada Tuhan dan berkata: Terangilah umat-Mu, ya Tuhan.

P. Tuhan Allah yang Maha Esa, Engkau telah memanggil setiap orang kepada kemerdekaan sejati dalam Kristus. Semoga kami mengisi kemerdekaan bangsa kami dengan keadilan dan cinta kasih. Marilah kita mohon………

U. Terangilah umat-Mu, ya Tuhan.

P. Tuhan, pemersatu umat manusia, Engkau telah menghimpun kami dalam umat-Mu dan membebaskan kami dari kuasa kegelapan. Semoga kami memupuk kesatuan dan kerukunan dalam keluarga kami dan dalam seluruh bangsa kami. Marilah kita mohon……..

U. Terangilah umat-Mu, ya Tuhan.

P. Tuhan, pemberi hikmat dan kebijaksanaan, Engkau menerangi hati manusia dengan kebenaran-Mu dan membebaskan kami dari jerat dosa dan kejahatan. Semoga kami mendukung usaha para wakil rakyat kami untuk menciptakan suatu masyarakat yang sungguh adil dan makmur. Marilah kita mohon….............

U. Terangilah umat-Mu, ya Tuhan.

P. Tuhan, pencipta damai dan kesejahteraan, Engkau telah menerbitkan fajar harapan baru bagi umat-Mu dalam membebaskan mereka dari perbudakan dan penindasan. Semoga kami tetap memperjuangkan keadilan serta kesejahteraan bagi setiap orang, juga kalau fajar harapan yang segar menjadi siang kenyataan yang panas terik. Marilah kita mohon ………………………………

U. Terangilah umat-Mu, ya Tuhan.

P. Tuhan, berkatilah bangsa kami Indonesia, yang merayakan 68 tahun kemerdekaannya, berkatilah juga anak-anak bangsa Indonesia yang ada di luar negeri agar memiliki rasa cinta akan Indonesia, apa pun keadaannya, dan memiliki kepedulian melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di Negara di mana mereka berada. Marilah kita mohon………

U. Terangilah umat-Mu, ya Tuhan.

P. Bagi ujud kita masing-masing:…. (hening sejenak). Marilah kita mohon………….

U. Terangilah umat-Mu, ya Tuhan.

I. Tuhan Allah yang Maha Esa, Engkau telah menganugerahkan kemerdekaan kepada Nusa dan Bangsa Indonesia. Kami mohon, lindungilah Negara Indonesia, agar tetap bebas merdeka dan aman sentosa, sehingga seluruh rakyat dengan tenang dan bebas mengabdi Engkau dan sesama. Demi Kristus ………

U. Amin LITURGI EKARISTI

Doa persiapan Persembahan

I. Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, persembahan ini kami unjukkan di altar-Mu,sebagai korban puji syukur kepada-Mu atas segala anugerah-Mu kepada