13 Maret 2013

download 13 Maret 2013

of 36

  • date post

    19-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    542
  • download

    0

Embed Size (px)

description

13 Maret 2013

Transcript of 13 Maret 2013

  • Rp. 3.750 Rabu

    http://twitter.com/batamposredaksi@batampos.co.id

    13.03.201310

    Baca Terkenang ...Hal 4

    Baca Empat ...Hal 4

    16

    Ira WibowoKampanyekan

    BahayaKankerServiks

    SEKUPANG (BP) - KapalMotor (KM) Budi Jasa 18yang dinahkodai Saripen, 40,beserta empat Anak BuahKapal (ABK)-nya tenggelamdi perairan Pasir Panjang,Pulau Bukom, Singapurasetelah bertabrakan denganferi Sea Hawk yang meng-

    angkut 200 penumpang, Sabtu (9/3) lalu, sekitarpukul 17.00 WIB.

    GoogleCiptakanSepatuPonsel

    etelah menyita 20 properti milik mantanKepala Korlantas Irjen (Pol) Djoko Susi-lo, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)belum berhenti melacak sejumlah aset

    yang dikuasai jenderal bintang dua tersebut. Ke-marin, KPK menyita empat mobil Djoko yangdiduga dibeli dari uang hasil korupsi.

    MUNCHEN (BP) - Manchester Uni-ted sudah tersingkir dari Real Madriddi babak 16 besar, kini Arsenal jugaberada di ujung tanduk. Dengan defisittiga gol menantang Bayern Munchenpada second leg babak 16 besar dini harinanti, peluang mereka sangat tipis.

    IKLAN

    NAMA Cristiano Ronaldo memang cukuppopular di tanah air. Selain diketahui beber-apa kali bepergian ke Indonesia untuk ber-wisata, mantan pemain Manchester Unitedini juga pernah berkunjung ke Aceh. Keda-tangannya mendapat apresiasi banyak pihakkarena dia bersedia datang dan memberimotivasi kepada warga setempat yang saatitu sedang dirundung kesedihan pascatsuna-mi Aceh yang meluluhlantakkan negeri Se-rambi Makkah tersebut.

    Kepedulian terhadap Indonesia inilah yangditangkap Artha Graha untuk di-match-kandengan misi peduli lingkungan menjadi salahsatu perhatian perusahaan tersebut.

    Kerusakan hutan mangrove diIndonesia sudah cukup

    memperihatinkan. Sekitar 70 persendiantaranya rusak dan telah berubah

    fungsi. Rupanya, hal ini menarikperhatian bintang sepakbola Real

    Madrid, Cristiano Ronaldo. Pemainsepakbola termahal di dunia ini

    bersedia menjadi Duta Mangroveuntuk Bali setelah diyakinkan

    Tommy Winatamelalui Artha Graha Peduli.

    JPNN, Jakarta

    Empat Selamat,Satu Hilang

    KM Budi Jasa18 Tenggelamdi Pasir Panjang

    KPK Sita 20 Properti, 4 Mobil, dan 3 SPBU

    BAYERN ARSENAL

    TIPISNYAHARAPANINGGRIS

    SIARANLANGSUNG

    Kamis (14/3)Pukul

    02.45 WIB

    Baca Tipisnya ...Hal 4

    Cristiano Ronaldo, Bintang Real Madrid Jadi Duta Mangrove Indonesia

    Terkenang Aceh, Bangga Dilibatkan Artha Graha

    Harta Djoko Puluhan MiliarJPNN, Jakarta

    115 KardinalMemilih PausROMA (BP) - Sebanyak 115 Kardinal (pemi-lih) paus baru (konklaf), sudah berkumpul diRoma, kemarin. Mereka akan memberikan suaramereka untuk memilih paus baru, tanpa ada kan-didat kuat.

    Sebelum dilakukan pemilihan, 115 kardinalmenghadiri misa khusus di pagi hari sebelum me-masuki Kapel Sistina untuk memulai prosesi disore hari. Mereka akan memilih empat kali dalamsatu hari hingga dua pertiga suara menyetujui satukandidat.

    Ledakandi Depan RumahKapolda KaltengJAKARTA (BP) - Sebuah ledakan terjadi disam-ping rumah Kapolda Kalimantan Tengah, BrigjenBachtiar Hasanuddin Tambunan di Jalan AbdulMajid RT 13 RW 07 No 9, Cipete Utara, JakartaSelatan, Senin (11/3) pukul 23.30 akibat kejadiantersebut dua orang pengendara sepeda motor me-ngalami luka ringan.

    Inti pencarian hidup seseorangsebenarnya bukanlah kesuksesan,tapi kebahagiaan.

    Baca 115 ...Hal 4

    Baca Harta ...Hal 4

    S

    Baca Ledakan ...Hal 4

    F.DOK

    Yassin Kosasih

    STRINGER/ REUTERS

    CRISTIANORonaldo jadiDuta MangroveIndonesiabersamaTommy Winata.

    F.JPNN

    F.REUTERS / STEFANO RELLANDINI

    115 Kardinal yang punya hak suara dalam konklaf dan kardinal lain menghadirimisa di Basilika St Petrus, Vatikan, kemarin.

    DjokoSusilo

    Arjen Robben PERANGAPI

    SEORANG pria Balimenendang bola dari

    sabut kelapa yangberapi saat ritual

    Perang Api, Senin(11/3) menjelang hari

    Nyepi, Selasa (12/3) diGianyar di Bali,

    Indonesia.

    Santi Cazorla

    GRAFIS: NOBLE

  • Batam Pos, Rabu 13 Maret 2013 2OPINI

    Kirimkan opini Anda ke opini@batampos.co.id

    InspirasiKRIMINAL

    Waspada Kriminalitas

    Sebanyak 100 ribu warga Batam miskin

    Pergi liburan ke SukamiskinMau pulang tak terlalu yakinJangan sampai ngaku-ngaku miskinHanya biar dapat jatah raskin

    JUDUL : Teknik Modern Fotografi Digital.PENULIS :Edi S. MulyantaTEBAL BUKU : 302 halamanPENERBIT : Andi OffsetDIJUAL Di : Toko Buku 171 BatamALAMAT : Ruko Cipta Emerald Jl. Raya

    KDA no. 8 Batam Centre,(depan Kampus UNIBA)

    TELEPON : 0778-475062 /0852-71341767/ 0813-72150809 (Huda)

    EMAIL : tb171batam@yahoo.co.id

    SinopsisDunia digital telah semakin merasuk ke se-

    gala penjuru sendi-sendi kehidupan manusia.Melukis dengan cahaya, sekali lagi masihmerupakan kata-kata ampuh yang masih men-jadi tumpuan konsep dasar yang masih men-jadi pegangan di dunia digital saat ini.

    Teknologi fotografi,dapat dikatakan sebagaipenemuan teknologi penghentian waktuyang dapat merekam setiap detik perjalananwaktu lalu kemudian menghentikanya dengandisertai suara pelepas rana yang sangat unik.

    Buku ini dibuat sebenernya untuk menjem-batani dunia mekanisme analog dan digitalkomputer secara umum,dengan dunia yangselama ini tidak begitu berhubungan denga-nnya yaitu dunia fotografi. Buku in merupa-kan hasil dari pengembaraan penulis dalamdunia digital,serta dunia fotografi yang telahditekuni sejak masih di dunia sekolah menen-gah. ***

    Toko Buku 171

    Hukum yang Tidak Adil dan Penuh Sandiwaraerbagai peristiwa yang terjadi dinegara kita tercinta Indonesia akhir-akhir ini, begitu jelas menggambar-kan bagaimana hukum belum bisaberlaku adil bagi semua pihak.

    Hukum terkesan keras dan tegas untuk orangmiskin dan tak memiliki kekuasaan. Namun,saat berhadapan dengan mereka yang kayadan memiliki uang serta kekuasaan, pedanghukum langsung menjadi tumpul bahkan loyo.Negara kita memang seakan kehilangan arahdan karakter sebagai sebuah bangsa. Yang adahanya kemunafikan yang ditunjukkan parapejabat dan elite politik.

    Salah satu gambaran tentang kondisi ini bisakita lihat pada kasus yang menyeret anakMenteri Koordinator Perekonomian HattaRajasa, M Rasyid Amrullah Rajasa,22. Saatini, Rasyid adalah terdakwa dalam kasuskecelakaan maut pada 1 Januari lalu yangmelibatkan mobil BMW No-pol B 272 HRmiliknya dengan mobil Daihatsu Luxio hitamyang dikemudikan oleh Frans Sirait,37, padakilometer 3+350 Tol Jagorawi. Karena tidakbisa mengkontrol laju kendaraannya, mobilBMW Rasyid Amrullah menabarak daribelakang mobil Luxio dan mengakibatkan duapenumpang Luxio tewas yakni, Harun,57, danM. Raihan,14 bulan, serta tiga penumpanglainnya pun terluka.

    Namun kenyataannya, ia hanya dituntuthukuman pidana penjara 8 bulan, denganmasa percobaan 12 bulan oleh Jaksa PenuntutUmum dalam sidang di Pengadilan NegeriJakarta Timur, Kamis (7/3/2013). Artinya,sudah hanya dituntut hukuman penjara 8bulan, itu pun baru dilaksanakan bila dalammasa percobaan 12 bulan Rasyid melakukanpelanggaran hukum.

    Padahal sebelumnya, jelas tergambar bahwaterdakwa Rasyid Amrullah Rajasa akibatkelalaiannya yang menewaskan dua orangtersebut, terancam hukuman 6 tahun penjara.Dakwaan primer yang disangkakan kepadaRasyid adalah Pasal 283 junto Pasal 287 ayat5 junto Pasal 310 ayat 3 dan 4 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LaluLintas dan Angkutan Jalan, dengan ancaman 6tahun dan denda Rp 12 juta.

    Menjatuhkan pidana 8 bulan, percobaan 12bulan. Denda 12 juta subsider 6 bulankurungan, demikian Jaksa Penuntut Umum(JPU) Tengku Rahman, di PN Jakarta TimurJakarta, pada hari Kamis (7/3) 2013 lalu.

    Pada umumnya, Jaksa Penuntut Umum(JPU) akan menuntut hukuman maksimaldalam setiap perkara yang disidangkan,karena ada kemungkinan vonis yang diberikanhakim akan dipotong hingga tinggal 30persen. Tuntutan ini berarti, Rasyid tidakperlu masuk penjara bila selama 12 bulantidak mengulangi perbuatannya.

    Terlalu mengada-ngada dan sangat superberlebihan statement yang dilontarkan KepalaPelaksana Harian Kejaksaan Negeri JakartaTimur yang menyatakan bahwa dari sisihukum, Rasyid tidak lepas dari jerat hukumtapi dari sisi hati nurani, ada hal-hal yangmeringankan yakni dengan adanya perdama-ian antara keluarga Rasyid dengan keluargakorban, dan keluarga Rasyid bersediamengganti kerugian, termasuk juga pertim-bangan sosiologi dan yuridis lainnya.

    Seolah-olah Jaksa tersebut beranggapanbahwa masyarakat kita ini adalah masyarakatyang bodoh. Bukankan justru sebaliknya,dimana nurani Jaksa atau penegak hukumlainnya tersebut apabila membayangkan 3orang yang luka-luka bahkan sampai ada yangmati (seorang diantaranya masih anak-anakyang merupakan buah terkasih dan harapanorang-tua dan keluarganya), harus menjadikorban akibat dari tindakan yang seharusnyatidak perlu terjadi.

    Kalaulah benar dalil atau alasan Jaksa yangmenyatakan bahwa keluarga ketiga korbanyang masih hidup dan dua korban meninggalmeminta penuntutan dihentikan (meskipunpermintaan tersebut sangat berlebihan dantidak masuk akal dan kuat dugaan hasilrekayasa atau penekanan), namun permintaantersebut tidak serta-merta membuat perbedaanyang begitu dahsyat dalam memberikantuntutan dan dakwaan hukumnya. Kasus inibukanlah delik aduan. Tak terbayangkan danbagaimana mungkin Jaksa menyatakan bahwatuntutan 8 bulan tersebut sudah layak danpatut.

    Terkait dengan dukungan Jaksa yang berasaldari 3 keterangan saksi ahli forensik Polri,saksi ahli Luxio dan saksi ahli BMW yangjuga meringankan terdakwa, jelas hal tersebutsangatlah memuakkan dan terlalu naif dantidak perlu dibahas mengapa para saksi ahlitersebut memiliki pendapat yang sama denganJaksa. Sandiwara yang diperankan tersebutsudah terbaca oleh masyarakat.

    Dengan tuntutan yang ringan ini, hakim punakan dengan mudah memutuskannya.Mungkin saja bisa semaki