123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

4
TUGAS TOPIK KHUSUS TRANSPORTASI PRINSIP KERJA KERETA API Sekilas Cara kerja Mesin Uap Berbicara tentang mesin uap sekarang ini nampaknya sudah tidak relevan lagi karena hal itu sudah tinggal kenanga n saja. Sejarah mesin uap yang mulai berkembang sejak awal abad 17 dan mencapai jaman kemasannya pada pada medio pertama abad 1! dimana pada saat itu prime mover untuk industri maupun transportasi "kapal laut dan kereta api# menggandalkan mesin uap. $ra mesin uap telah berlalu! ta pi turbin uap mas ih bany ak dipakai karena hampir %&' pembangk it ten aga lis trik did uni a ini menggunaka n tur bin uap. (adi mas ih ada sedik it kaitannya untuk mengetahui mesin uap. Mesin uap "steam engines# masuk dalam kategori pesawat kalor! yaitu peralatan yang digunakan untuk merubah tenaga termis dari bahan bakar menjadi tenaga mekanis melalui proses pembakaran. )da dua jenis pesawat kalor y aitu *nternal Combustion $ngines+*C$ "motor pembakaran dalam# dan $,ternal Combustion $ngines+$C$ "motor pembakaran luar#. -ada pesawat kalor jenis *C$! proses pembakaran bahan bakar untuk mengasilkan tenaga mekanis dilakukan didalam peralatan itu sendiri seda ngkan pada $C$! peralatan ini hanya merubah ten aga termis men jadi ten aga mekanis ada pun prose s pemb akaran dilakukan diluar peralatan tersebut. Contoh dari pesawat kalor jenis *C$ adalah motor bensin dan motor disel yang sangat populer sebagai prime mover baik untuk otomoti/ maupun untuk industri. -ada motor bensin dan motor disel proses pembakaran bahan bakar "be nsin+sol ar# dilakukan didalam silinder motor itu sendiri dan perubahan tenaga termis hasil pembaka ran menjadi tenaga mekanis juga dilakukan didalam pesawat itu sendiri me lalui gerakan kian kemari dari piston menjadi gerakan putaran dari crank sha/t. Contoh dari pesawat kalor jenis $C$ adalah mesin uap dan turbin uap. -ada peralatan ini! mesin uap hanya merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis berupa gerakan kian kemari dari piston dan selanjutny a diubah menja di gerakan putaran dari crank sha/t sedangkan turbine uap merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis yang langsung merupakan gerakan putaran dari as turbin. )dapun proses pembakaran bahan bakar dilakukan diluar mesin uap dan turbin uap! y aitu didalam ketel u ap "boiler#. 0ida lam ketel uap "boiler# tena ga termis hasil pembakaran bahan bakar digunakan untuk memanaskan air sehingga berubah menjadi uap dengan temperatur dan tekanan tinggi! untuk selanjutnya uap dengan temperatur dan tekanan tinggi tersebut dialirkan kemesin uap atau turbin uap untuk diubah menjadi tenaga mekanis.

Transcript of 123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

Page 1: 123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

7/22/2019 123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

http://slidepdf.com/reader/full/123757346-sekilas-cara-kerja-mesin-uap 1/3

TUGAS TOPIK KHUSUS TRANSPORTASI

PRINSIP KERJA KERETA API

Sekilas Cara kerja Mesin Uap

Berbicara tentang mesin uap sekarang ini nampaknya sudah tidak relevanlagi karena hal itu sudah tinggal kenangan saja. Sejarah mesin uap yang mulaiberkembang sejak awal abad 17 dan mencapai jaman kemasannya pada padamedio pertama abad 1! dimana pada saat itu prime mover untuk industri maupuntransportasi "kapal laut dan kereta api# menggandalkan mesin uap. $ra mesin uaptelah berlalu! tapi turbin uap masih banyak dipakai karena hampir %&' pembangkittenaga listrik didunia ini menggunakan turbin uap. (adi masih ada sedikitkaitannya untuk mengetahui mesin uap.

Mesin uap "steam engines# masuk dalam kategori pesawat kalor! yaituperalatan yang digunakan untuk merubah tenaga termis dari bahan bakar menjaditenaga mekanis melalui proses pembakaran. )da dua jenis pesawat kalor yaitu*nternal Combustion $ngines+*C$ "motor pembakaran dalam# dan $,ternalCombustion $ngines+$C$ "motor pembakaran luar#. -ada pesawat kalor jenis *C$!proses pembakaran bahan bakar untuk mengasilkan tenaga mekanis dilakukandidalam peralatan itu sendiri sedangkan pada $C$! peralatan ini hanyamerubah tenaga termis menjadi tenaga mekanis adapun proses pembakarandilakukan diluar peralatan tersebut.

Contoh dari pesawat kalor jenis *C$ adalah motor bensin dan motor diselyang sangat populer sebagai prime mover baik untuk otomoti/ maupun untukindustri. -ada motor bensin dan motor disel proses pembakaran bahan bakar "bensin+solar# dilakukan didalam silinder motor itu sendiri dan perubahantenaga termis hasil pembakaran menjadi tenaga mekanis juga dilakukan didalam

pesawat itu sendiri melalui gerakan kian kemari dari piston menjadi gerakanputaran dari crank sha/t.

Contoh dari pesawat kalor jenis $C$ adalah mesin uap dan turbin uap. -adaperalatan ini! mesin uap hanya merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenagamekanis berupa gerakan kian kemari dari piston dan selanjutnya diubah menjadigerakan putaran dari crank sha/t sedangkan turbine uap merubah tenaga potensialdari uap menjadi tenaga mekanis yang langsung merupakan gerakan putaran darias turbin. )dapun proses pembakaran bahan bakar dilakukan diluar mesin uap danturbin uap! yaitu didalam ketel uap "boiler#. 0idalam ketel uap "boiler# tenagatermis hasil pembakaran bahan bakar digunakan untuk memanaskan air sehinggaberubah menjadi uap dengan temperatur dan tekanan tinggi! untuk selanjutnya uap

dengan temperatur dan tekanan tinggi tersebut dialirkan kemesin uap atau turbinuap untuk diubah menjadi tenaga mekanis.

Page 2: 123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

7/22/2019 123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

http://slidepdf.com/reader/full/123757346-sekilas-cara-kerja-mesin-uap 2/3

TUGAS TOPIK KHUSUS TRANSPORTASI

PRINSIP KERJA KERETA API

 )dapun cara kerja mesin uap adalah sebagai berikut 2

3ihat gambar dibawah ini!

0idalam cylinder mesin uap terdapat piston yang mempunyai piston rodyang dihubungkan dengan cross head yang berada diluar cylinder. Cross headdihubungkan oleh connecting rod dengan crank sha/t "tidak tampak pada gambar#!

sehingga apabila piston bergerak kian kemari maka crank sha/t dapatberputar.

Page 3: 123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

7/22/2019 123757346 Sekilas Cara Kerja Mesin Uap

http://slidepdf.com/reader/full/123757346-sekilas-cara-kerja-mesin-uap 3/3

TUGAS TOPIK KHUSUS TRANSPORTASI

PRINSIP KERJA KERETA API

Slide valve yang mempunyai valve rod digerakkan oleh crank sha/t melaluieksentrik! sehingga slide valve dapat bergerak kian kemari sambil membuka danmenutup dua buah lubang uap yang berhubungan dengan cylinder. 4alve bo,dimana slide valve berada mempunyai dua saluran! saluran pemasukan yangdihubungkan dengan boiler untuk menyalurkan uap dengan tekanan tinggi "warnamerah#! dan saluran pembuangan yang dihubungkan dengan cerobong untukmembuang uap bekas "warna biru#.

-ada waktu piston mencapai posisi paling kiri! maka slide valve akanmembuka lubang uap cylinder bagian kiri sehingga uap dari boiler dapat masukkedalam cylinder pada bagian kiri dari piston dan mendorong piston kekanan!sementara itu lubang uap sebelah kanan dihubungkan dengan saluranpembuangan sehingga uap bekas da pat terbuang keluar melalui cerobong.Sebelum akhir langkah piston! lubang uap tersebut sudah ditutup oleh slide valve

sehingga pasokan uap terhenti namun piston tetap bergerak kekanan karena ekpansidari uap.

-ada waktu piston mencapai posisi paling kanan! maka slide valve akanmembuka lubang uap cylinder bagian kanan sehingga uap dari boiler dapat masukkedalam cylinder pada bagian kanan piston dan mendorong piston kekiri! sementaraitu lubang uap sebelah kiri dihubungkan dengan saluran pembuangan sehinggauap bekas dapat terbuang melalui cerobong. Sebelum akhir langkah piston! lubanguap tersebut sudah ditutup oleh slide valve sehingga pasokan uap terhenti namunpiston tetap bergerak kekanan karena ekpansi dari uap.

5arena cross head dengan crank sha/t dihubungkan oleh connecting rod!maka gerakan kian kemari dari piston tersebut akan diubah menjadi gerakan

putaran dari crank sha/t. 0emikian selama ada pasokan uap dari boiler makamesin uap akan merubah menjadi tenaga mekanis dengan gerakan putaran daricrank sha/t.

3okomoti/ uap biasanya mempunyai 6 buah mesin uap yang dipasangdikanan dan kiri lokomoti/! gerakan putaran yang dihasilkan oleh kedua buahmesin uap tersebut langsung digunakan untuk memutarkan roda lokomati/sehingga mampu menarik seluruh rangkaian kereta api "lihat gambar dibawa ini#.