08560307_H

12
PRAKTIKUM REKAYASA PERANGKAT LUNAK MODUL KE-3 PENGENALAN USE CASE DAN UML NAMA: RATNO PUTRAMA SANI KELAS H: NIM: 08560307

description

08560307_H

Transcript of 08560307_H

PRAKTIKUM REKAYASA PERANGKAT LUNAKMODUL KE-3PENGENALAN USE CASE DAN UML

NAMA: RATNO PUTRAMA SANIKELAS H: NIM: 08560307

LABORATORIUM PEMROGRAMANPROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG2010

I. TUJUANTujuan praktikum ini adalah :1. Praktikan mengenal konsep UML 2. Praktikan mampu menggunakan Rational Rose 3. Praktikan mampu membuat sebuah skenario suatu sistem yang nantinya dapat diimplementasikan menjadi sebuah perangkat lunak. 4. Praktikan bisa memahami alur dari setiap tahap yang digunakan dalam perancangan perangkat lunak menggunakan UML.

II. APLIKASI YANG DIBUTUHKAN1. Rational Rose Enterprise Edition Software

III. DASAR TEORIUMLUnified Modeling Language (UML) adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak. UML adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem tersebut. UML mulai diperkenalkan oleh Object Management Group, sebuah organisasi yang telah mengembangkan model, teknologi, dan standar OOP sejak tahun 1980-an. Sekarang UML sudah mulai banyak digunakan oleh para praktisi OOP. UML merupakan dasar bagi perangkat (tool) desain berorientasi objek dari IBM. [wikipedia]UML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi. UML dikembangkan sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady Booch, Jim Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Namun demikian UML dapat digunakan untuk memahami dan mendokumentasikan setiap sistem informasi. Penggunaan UML dalam industri terus meningkat. Ini merupakan standar terbuka yang menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri peranti lunak dan pengembangan sistem. [wikipedia]

Gambar1. Diagram UML[wikipedia]USE CASE DIAGRAMKomponen-komponen yang terlibat dalam use case diagram : 1. Actor Pada dasarnya actor bukanlah bagian dari use case diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diperlukan beberapa actor dimana actor tersebut mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau keduanya menerima dan memberi informasi pada sistem, actor hanya berinteraksi dengan use case tetapi tidak memiliki kontrol atas use case. Actor digambarkan dengan stick man. Actor dapat digambarkan secara umum atau spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapat menggunakan relationship Contoh :

2. Use Case Use case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun. Catatan: Use case diagram adalah penggambaran sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user), sehingga pembuatan use case lebih dititikberatkan pada fungsionalitas yang ada pada sistem, bukan berdasarkan alur atau urutan kejadian. Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem: Pola perilaku perangkat lunak aplikasi. Gambaran tugas dari sebuah actor. Sistem atau benda yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor. Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (* bukan bagaimana cara mengerjakannya.).

3. Relasi dalam Use Case Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram: 1. Association, menghubungkan link antar element. 2. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya. 3. Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya. 4. Aggregation, bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.

Tipe relasi/stereotype yang mungkin terjadi pada use case diagram: 1. , yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya. 2. , kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm. 3. , mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association. Ini merupakan pilihan selama asociasi hanya tipe ralationship yang dibolehkan antara actor dan use case.

IV. TUGAS PENDAHULUAN1. Jelaskan Fungsi Window dari Rational Rose dibawah ini

2. Jelaskan Macam-macam diagram yang ada di Rational Rose berserta penjelasan dan layoutnya! 1. use case diagram 2. class diagram 3. statechart diagram 4. activity diagram 5. sequence diagram 6. collaboration diagram 7. component diagram 8. deployment diagram

V. PECOBAANPERCOBAAN 1Percobaan 1.1 Membuat actor pada Rasional Rose 2000 1. Klik pada Use Case View package di browser. 2. Pilih New:Actor pada menu option. Sebuah actor baru bernama New class ditempatkan di browser.

3. Pilih actor New class, lalu masukkan nama yg diinginkan untuk actor tesebut

Percobaan 1.2 Mendokumentasikan actors 1. Jika documentation window belum terlihat, buka dengan memilih Documentation menu dari View menu. 2. Klik untuk memilih Actor di browser. 3. Tempatkan cursor di documentation window, lalu ketikkan dokumentasi yang diinginkan.

PERCOBAAN 2Percobaan 2.1 Membuat Use Cases 1. Klik kanan Use Cases View pada browser. 2. Pada menu option pilih New:Use Case. Sebuah Use Case ditempatkan pada 3. browser. 4. Klik Use Case tersebut, lalu masukkan nama yang diinginkan.

Percobaan 2.2 Membuat Use Case Diagram Utama 1. Klik kanan Main diagram pada Use Case View di browser untuk membuka diagram. 2. Klik actor di browser dan tarik actor ke dalam diagram. 3. Ulangi langkah 2 untuk menambahkan actor yang diperlukan dalam diagram. 4. Klik untuk memilih sebuah use case di browser dan tarik use case ke dalam diagram. 5. Ulangi langkah 4 untuk menambahkan use case yang diperlukan dalam diagram.

PERCOBAAN 3Percobaan 3.1 Studi kasus rencana pembelajaran e-learning

Diagram Use Case Aktivitas

VI. TUGAS PRAKTIKUM

1. Kerjakan tugas pendahuluan dan percobaan di atas

VII. HASIL PRAKTIKUM1. Jelaskan Fungsi Window dari Rational Rose dibawah ini

1. Browser2. Diagram ToolBox3. Diagram Window4. Documentation window5. Log

2. Jelaskan Macam-macam diagram yang ada di Rational Rose berserta penjelasan dan layoutnya! 1. use case diagram digunakan untuk menjelaskan manfaat system jika dilihat menurut pandang orang yang berada di luar system (actor).2. class diagram untuk memvisualisasi struktur kelas-kelas dari suatu system.3. statechart diagram class abstrak yg mengekspos fungsi state rose diagram didalam eksetensibilitas interface. 4. activity diagram menyediakan jalan menuju model ke aliran kerja dalam bisnis proses. 5. sequence diagram tampilan grapik dari skenario yg menunjukkan interaksi dalam satu waktu berdasarkan rangkaian apa yg terjadi pertama dan apa yg terjadi selanjutnya6. collaboration diagram adalah sebuah alternatif yg mempresentasikan dari sebuah interaksi7. component diagram menyediakan tampilan fisik dari suatu model8. deployment diagram menunjukkan proses, prangkat dan koneksi.