Team 7_0124M - TK2 - R2.docx

Post on 21-Dec-2015

65 views 5 download

Transcript of Team 7_0124M - TK2 - R2.docx

Tugas Kelompok ke-2

Minggu 4

No.

Team 7

1. Adelind Pusvita Sari Bandhaso (1801403671)

2. Aditya Perdana (1801403684)

3. Dyah Ayu Sulistyorini Tunggal (1801403646)

4. Paidu Sitinjak (1801404633)

5. Sammuel Kristyanto (1801403690)

Panduan Pengerjaan Tugas :

1. Cantumkan NIM dan Nama Lengkap di dalam file jawaban

2. File jawaban dibuat dan dikumpulkan dalam satu (1) word document file (*.doc).

3. Apabila ada diagram yang dibuat di software lain, mohon untuk dipindahkan ke word

terlebih dahulu (sama halnya dengan gambar).

4. Silahkan mencantumkan diagram, gambar, tabel dan sebagainya apabila diperlukan.

5. Apabila mengambil dari buku atau artikel, mohon untuk cantumkan sumbernya.

** Selamat Mengerjakan **

Berdasarkan use case diagram dan user interface yang sudah dirancang untuk Momento pada tugas sebelumnya, gambarkanlah First Cut Class Diagram yang digunakan oleh sistem Momento.

Momento

Momento adalah sebuah sekolah tari yang berada di daerah Jakarta Selatan. Untuk dapat menjadi siswa di sekolah ini, pertama kali calon siswa harus mengisi formulir pendaftaran

ke sekertariat Momento. Setelah menerima data pendaftaran, sekertariat Momento akan menjadwalkan calon siswa untuk mengikuti audisi penempatan level. Setiap jadwal audisi akan diisi oleh seorang guru sebagai juri. Level di sekolah ini terbagi menjadi 3 yaitu basic, advance, dan professional. Calon siswa harus menampilkan kreasi tarian yang sudah mereka siapkan sebelumnya. Juri akan mengisi Form Hasil Audisi yang berisi hasil audisi calon siswa. Seminggu setelah Audisi, sekertariat Momento akan menginformasikan melalui email hasil audisi kepada calon siswa yang berisi level penempatan siswa dan informasi jadwal kelas yang harus diikuti oleh siswa.

Jika calon siswa setuju untuk mengikuti level yang sudah ditentukan dan sesuai dengan jadwal kelas yang ada, maka calon siswa diwajibkan untuk membayar biasa sekolah tari. Biaya yang harus dibayarkan akan berbeda tergantung dengan level dan jumlah kelas yang diambil oleh calon siswa. Calon siswa yang tidak melakukan pembayaran paling lama 2 minggu setelah pengumuman, maka secara otomatis dianggap mengundurkan diri.

Setiap jadwal kelas memiliki guru masing-masing dan dalam setiap jadwal dapat diajar oleh lebih dari satu orang guru. Siswa yang datang untuk mengikuti kelas harus mengisi jadwal hadir terlebih dahulu di guru kelas masing-masing dan setiap akhir sesi guru kelas akan mencatat kemajuan siswa di kelas. Setiap akhir periode kelas (6 bulan), akan diadakan ujian performance. Ujian performance akan dijadwalkan oleh Sekertariat Momento. Setiap siswa harus menyiapkan koreografi tarian mereka dan menampilkannya di depan dewan penguji sesuai dengan jadwal yang diberikan. Dewan Penguji akan mengisi Form Hasil Ujian Performance, yang berisi beberapa komponen penilaian yang sudah ditentukan sebelumnya dan komentar umum dari penampilan siswa. Hasil ujian ini akan menentukan apakah siswa dapat naik level atau tidak. Dan setiap akhir periode kelas, siswa akan menerima laporan hasil belajar yang berisi rangkuman kehadiran siswa di kelas, komentar kemajuan guru di kelas, dan hasil ujian performance.

Saat ini, semua pencatatan yang dilakukan Momento masih menggunakan kertas dan disimpan di dalam map arsip. Pengelola Momento mulai mengalami kesulitan untuk menangani pencatatan ini dan pencarian kembali data siswa. Karena itu pengelola Momento menginginkan mengembangkan sistem terkomputerisasi berbasis web yang dapat membantu pencatatan data mulai dari pendaftaran calon siswa hingga pembagian hasil ujian. Proses absensi di setiap sesi juga ingin dilakukan secara otomatis sehingga data rekap kehadiran siswa dapat langsung diketahui.

Anda sebagai sistem analis, diminta oleh pengelola Momento untuk merancang sistem tersebut. Rancanglah sistem yang dapat mencakup semua proses yang ada di Momento dan mudah untuk digunakan baik oleh sekertariat dan guru dan siswa jika diperlukan.

First Cut Class Diagram First Cut Class Diagram yang digunakan oleh sistem Momento.