NASA Luncurkan Peralatan Pendukung Islam Moderat … · kehidupan di planet yang di-anggap memiliki...

Post on 14-Jul-2019

214 views 0 download

Transcript of NASA Luncurkan Peralatan Pendukung Islam Moderat … · kehidupan di planet yang di-anggap memiliki...

KAMPANYE pemilihan umum (pemilu) Kongo diwarnai keru-suhan sehingga menimbulkan suasana mencekam di ibu kota negara itu, Kinshasa.

Pendukung presiden peta-hana (incumbent) Joseph Kabila terlibat dalam bentrokan saling lempar batu dengan kelompok pendukung calon presiden asal Partai Persatuan untuk De-mokrasi dan Kemajuan Sosial (UDPS) Etienne Tshisekedi. Kepolisian setempat berusaha melerai dengan menyemprot-kan gas air mata ke kubu yang bertikai.

Kerusuhan itu bermula saat iring-iringan Tshisekedi ngotot berpawai dan berkampanye di stadion utama Kinshasa, Stade des Martyrs. Padahal, pendukung Kabila dijadwalkan

berkampanye di tempat yang sama.

Inspektur Jenderal Polisi Charles Bisengimana menya-takan sedikitnya empat orang tewas akibat kerusuhan. Ia menegaskan situasi sudah kondusif setelah pemerintah Kongo melarang aktivitas kam-panye.

“Karena meningkatnya aksi kekerasan di Kinshasa, semua

demonstrasi publik dan per-temuan politik dilarang,” kata Gubernur Andre Kimbuta saat mengumumkan keputusan pe-merintah setempat.

Pilpres di Kongo akan dilak-sanakan hari ini. Sebanyak 11 kandidat akan bertarung untuk menduduki kursi presiden. Se-mentara itu, 18 ribu calon akan berlomba untuk mengisi 500 kursi parlemen. (AP/DK/I-5)

LEMBAGA Antariksa A-merika Serikat (NASA) meluncurkan peralatan

penjelajah ke Planet Mars dari lapangan peluncur Cape Cana-veral, Florida, Sabtu (26/11) waktu setempat.

Peralatan penjelajah yang disebut Rover itu meluncur sempurna dengan bantuan lima roket pada pukul 10.02 waktu setempat. Sebanyak 13 ribu undangan menyaksikan peluncuran itu secara langsung dari pusat kendali NASA.

Rover yang dinamakan Cu-riosity itu dibuat dengan biaya sekitar US$2,5 miliar. Curiosi ty akan menjalankan misi se ti dak-nya selama dua tahun untuk me neliti kemungkinan jejak kehidupan di planet yang di-anggap memiliki kesamaan ka-rakter dengan Bumi tersebut.

Selain menjelajah, Curiosity juga akan menjadi laborato-rium antariksa karena memiliki 10 instrumen penelitian, ter-masuk laboratorium kimia.

Selain itu, alat yang beru-kuran sebesar mobil dengan berat 898 kg tersebut dilengkapi sebuah lengan robot, perangkat sinar laser, dan alat bor.

“Kami menyebutnya ‘teror enam menit’. Ini sangat me-nakutkan, tapi tingkat keper-cayaan diri saya sangat tinggi,” ujar Direktur Program Eksplo-rasi Mars NASA Doug McCuis-tion menanggapi peluncuran Curiosity.

Pesawat itu diperkirakan mendarat di Mars pada 6 Agus-tus 2012. Curiosity akan men-da rat di kawah selebar 154 ki lometer persegi yang berada di ekuator Mars. Kawah itu dinamakan Gale Crater--meng-acu pada nama astronom asal Australia Walter Gale.

Lokasi pendaratan itu dipilih karena dari analisis citra mine-ral menunjukkan lapisan ba-tuan yang menumpuk seperti di Grand Canyon, AS. Setiap lapisan batuan itu akan mem-berikan pengetahuan mengenai masa-masa yang berbeda da-

lam sejarah permukaan Mars. Selain itu, lanjut pemimpin

peneliti John Grotzinger, per-mukaan tanah di kawah pegu-nungan itu merupakan tanah liat. Itu, lanjut peneliti planet dari Institut Teknologi Cali-for nia, merupakan bukti ke-

beradaan lingkungan basah yang berkepanjangan di Mars.

Lingkungan yang basah me-nunjukkan keberadaan air, sa lah satu elemen penting bagi kehidupan. Misi Curiosity, ka tanya, akan membantu me-nguak berbagai rahasia sejarah

lingkungan dan kondisi apakah planet keempat dalam sistem tata surya Bima Sakti itu me-miliki kemampuan menopang kehidupan. “Ini akan usaha yang panjang, tapi kita akan te-tap mencoba,” ujar Grotzinger.(Reuters/DK/I-5)

NASA Luncurkan Peralatan Penjelajah ke Mars

1966: Soyuz DiluncurkanSOYUZ, yang artinya persatuan, merupakan sebuah rangkaian pesawat angkasa luar yang dirancang Sergey Korolev untuk program angkasa luar Uni Soviet. Soyuz dibuat untuk melanjutkan rancangan Voskhod, pesawat angkasa luar yang dibangun program angkasa luar Uni Soviet untuk penerbangan berawak.

Pengembangan dan lanjutan dari pesawat Vostok Soyuz awalnya merupakan bagian dari program Luna. Pesawat-pesawat Soyuz diluncurkan dengan roket Soyuz sebagai bagian dari program Soyuz dan program Zond yang lebih baru.

Pesawat-pesawat Soyuz kemudian digunakan untuk mengangkut para kosmonaut dari dan ke stasiun angkasa luar Salyut, Mir, dan Stasiun Angkasa Luar Internasional. Peluncuran pertama pesawat Soyuz tak berawak dilakukan pada 28 November 1966.

1990: Keterharuan pada Perpisahan ThatcherINGGRIS akhirnya memiliki perdana menteri setelah lebih dari satu dekade. Margaret Thatcher menandai perpisahannya sebagai perdana menteri Inggris dengan tetesan air mata mengharukan setelah memerintah lebih dari 11 tahun.

Dalam pidatonya, Thatcher menyebutkan bahwa Inggris jauh lebih baik sebelum kedatangannya di Downing Street, kediaman resmi perdana menteri Inggris.

Ia juga memberikan dukungan penuh dan harapan menjadikan Inggris lebih baik lagi kepada perdana menteri berikutnya, John Mayor.

Setelah pidato perpisahan itu, ia menuju Buckingham Palace untuk bertemu ratu. Semasa memerintah Inggris, Margaret Thatcher dijuluki Iron Lady. Ia menjadi bagian dari sejarah Inggris sebagai perempuan pertama yang menjabat perdana menteri. Tidak hanya itu, ia juga menjadi perdana menteri terlama sejak 1827.

1994: Norwegia Gagal Bergabung dengan Uni EropaUNTUK kedua kalinya Norwegia gagal menjadi anggota Uni Eropa dengan ditentukan voting. Lebih dari separuh warga negara Norwegia menyatakan enggan bergabung dengan Uni Eropa dan sisanya menyatakan sebaliknya.

Hasil itu menghentak PM Gro Harlem Brudtland. Pasalnya, ia telah mengampanyekan Norwegia bergabung dengan Uni Eropa selama empat tahun terakhir. Penolakan bergabung pertama terjadi pada 1972, yang mengakibatkan mundurnya pemerintahan.

Bukan rahasia lagi, suara warga negara Norwegia terpecah. Penolakan tegas mayoritas terjadi di wilayah utara Norwegia, sedangkan yang ingin bergabung mayoritas berada di Oslo, tempat sepertiga populasi Norwegia tinggal.

28 November l BBC l Dok MI

ON THIS DAY Florida, AS00.45 WIB

PASUKAN pemberontak Ko-lombia (FARC) telah membu-nuh empat aparat keamanan yang mereka sandera selama bertahun-tahun. Keempat jasad sandera itu ditemukan setelah tentara Kolombia menggempur pemberontak.

“Mereka adalah sandera yang ditawan antara 12 dan 13 tahun lalu,” kata Presiden Kolombia Juan Manuel Santos. Santos menerangkan sandera yang tewas itu adalah tiga po-lisi dan seorang prajurit.

Pembunuhan itu, katanya, adalah kejahatan atas kema-nusiaan. Namun, Santos me-nyanggah bahwa tentara Ko-lombia bertanggung jawab atas itu. Menurutnya, para sandera itu dibunuh pemberontak de-ngan cara ditembak. Tiga san-dera tewas dengan tembakan di kepala. Adapun seorang sandera lainnya ditembak dua kali di bagian punggung.

Menteri Pertahanan Kolom-bia Juan Carlos Pinzon mene-rangkan tentara pemerintah telah menggempur area pem-berontak selama 45 hari. Pinzon mengatakan mayat para san-dera itu ditemukan bersama.

Kerabat mendiang Elkin Her nandez, salah satu sandera yang tewas, mengaku marah dengan pemerintah yang tidak mampu membebaskan para sandera. (AP/DK/I-5)

PasukanPemberontak Bunuh Sandera

Bogota04.58 WIB

PARTAI pendukung Islam mo-derat (PJD) memenangi pemi-lihan umum (pemilu) parlemen di Maroko. Menteri Dalam Ne geri Maroko Taib Cherkaoui mengatakan hal tersebut da lam jumpa pers, kemarin.

Cherkaoui menerangkan PJD meraih kursi terbanyak dari 395 kursi parlemen. Posisi kedua, lanjutnya, diraih Partai Istiqlal yang dipimpin mantan Perdana Menteri Abbas Al Fas-si. “Kemenangan PJD adalah kemenangan bagi demokrasi,” ujar Al Fassi.

Sekretaris Jenderal PJD Ab-delali Hami-Eddine menga-takan partainya merebut 105 kursi di parlemen. Partainya akan berkoalisi dengan partai Istiqlal dan dua partai lainnya.

Dalam kampanyenya PJD menjanjikan pelaksanaan de-mokrasi yang lebih luas, pe-ngu rangan korupsi, dan pe-nyempitan jarak kesenjangan so sial. Saat ini, anak muda yang menganggur di Maroko diperkirakan mencapai 31%. Selain itu, hampir seperempat dari 33 juta populasi Maroko hidup dalam kemiskinan.

“Ini adalah tanggung jawab yang besar mengingat tan-tangan utama dan konteks sulit yang harus kita hadapi,” kata wakil pemimpin PJD Lahcen Daodi. (Reuters/DK/I-5)

Pendukung Islam Moderat Menangi Pemilu

Rabat02.47 WIB

24 SENIN, 28 NOVEMBER 2011JAGAT

Baghdad, Irak08.02 WIB

16.31 WIB Kinshasa, Kongo

SERANGKAIAN bom meledak di pasar dan pinggiran barat Ko ta Baghdad sehingga me-newaskan sedikitnya 15 orang tewas. Bom pertama meledak di perkampungan Sunni, Al-Zaidan. Polisi setempat menga-takan tujuh orang tewas dan 11 lainnya terluka di lokasi terse-but. Beberapa jam kemudian, tiga bom meledak di pasar Kota Baghdad. Delapan orang tewas dan 19 lainnya terluka dalam ledakan ini.

“Saya keluar dari toko dan melihat orang-orang berlarian ke segala arah mencoba me-ning galkan pasar. Saya meli-hat beberapa mayat dan orang yang terluka tergeletak di ta-

nah,” ujar pemilik toko baju dekat lokasi ledakan, Moham-med Youssef.

Setelah ledakan, komandan militer Irak kemudian meme-rin tahkan semua pedagang di daerah tersebut untuk menutup kios mereka. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pergerak-an pembersihan kemungkinan bom lain yang disembunyikan di pasar.

Serangan bom itu adalah se rangan bom terbesar kedua di lokasi sipil selama sepekan terakhir. Serangan itu diduga imbas dari rencana penarikan pasukan AS dari Irak. Milisi ditengarai ingin merebut kem-bali kekuasaan. (AP/DK/I-5)

Ledakan di Pasar, 15 Tewas

KampanyePemiluRusuh

REUTERS/MICHAEL BROWN

MELESAT: Roket Atlas melesat saat diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, kemarin. Roket tanpa awak dengan tujuan Mars itu membawa alat penjelajah bertenaga nuklir.

AP/JEROME DELAY

REUTERS/WOLFGANG RATTAY

REUTERS/ANDREW WINNING