GEMASTIK DAN INAICTA 2010

Post on 01-Jul-2015

61 views 0 download

Transcript of GEMASTIK DAN INAICTA 2010

GEMASTIK 2010

1. LOMBA DESAIN WEB TUJUAN DAN LINGKUP KONTES q

Lomba desain situs-web di Gemastik-III 2010 merupakan lomba yang menguji kemampuan mahasiswa dalam mendesain dan mengimplementasikan ide, kreativitas dan solusi dalam membangun situs-web. Pada Gemastik-III 2010, domain permasalahan adalah pada organisasi kemahasiswaan di Indonesia. Organisasi Kemahasiswaan yang dimaksud adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan, tingkat Fakultas, tingkat Perguruan Tinggi, ataupun di tingkat Nasional. Organisasi yang dimaksud adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Organisasi Mahasiswa Sejenis (Jurusan/Fakultas yang sejenis) tingkat Nasional.

Tujuan dari kontes desain situs-web ini adalah: 1. Memasyarakatkan ketrampilan desain situs-web di Indonesia2. Menjadikan mahasiswa Indonesia sebagai web developer berskala

internasional BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL - TANGGAL PENTING

1. Lomba dilaksanakan berdasarkan penilaian terhadap dokumen perancangan web (konfigurasi sistem, site map, disain antar muka, disain database jika menggunakan) dan hasil implementasi.

2. Tim peserta yang berminat mengikuti Lomba Disain Situs-Web diwajibkan melaksanakan pendaftaran secara on-line melalui situs http://gemastik.its.ac.id/webdesign untuk meregistrasikan data diri tim peserta serta mengisi abstrak situs-web yang akan dibuat.

SYARAT KARYA YANG DILOMBAKAN 1. Karya memiliki kesesuaian pada lingkup topik yang dilombakan.2. Karya belum pernah dipublikasikan dan dilombakan dalam kontes lain.3. Karya dapat mengikutsertakan proyek akhir atau tugas akhir yang terkait

dengan kegiatan akademik kurikuler pada program studi D3 atau S1 yang diikuti oleh para anggota tim kontestan.

4. Karya yang diikutsertakan dalam kontes dapat merupakan hasil dari kegiatan yang sudah berjalan proses pengembangannya.

SYARAT PESERTA KOMPETISI 1. Peserta Web Design Contest adalah tim kontestan yang merupakan

sekelompok mahasiswa peserta kontes beserta pembimbing tim.2. Jumlah anggota tim kontestan beserta ketua tim sebanyak 3 orang mahasiswa.3. Dalam tim kontestan terdapat pembagian tugas yang jelas untuk semua

anggota, sesuai dengan keahliannya/penguasaannya.

2. LOMBA APLIKASI TUJUAN DAN LINGKUP KONTES

Lomba Aplikasi merupakan kompetisi yang menguji kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan ide, kreativitas, dan solusi dalam membangun aplikasi perangkat lunak dengan tema Pendayagunaan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam sistem operasional maupun managerial. Dalam kompetisi ini, peserta diharapkan dapat menggunakan salah satu atau gabungan platfom yang umum digunakan yaitu desktop, web, atau mobile.

BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL - TANGGAL PENTING 1. Kompetisi dilaksanakan berdasarkan penilaian terhadap poster, dokumen

perancangan aplikasi, screenshoot dan video prototype aplikasi, screenshoot dan video aplikasi final (installer dan source), dan testing aplikasi.

2. Tim peserta yang berminat mengikuti Lomba Aplikasi diwajibkan melaksanakan pendaftaran pada tanggal 1 April – 7 Juni 2010, secara online melalui situs http://gemastik.its.ac.id/app. Hal-hal yang perlu didaftarkan adalah data diri tim peserta, asal universitas, judul dan abstrak aplikasi yang akan dibuat.

3. Tim peserta Application Contest diwajibkan mengirimkan kelengkapan dokumen secara online melalui situs http://gemastik.its.ac.id/app pada tanggal 17 Mei – 26 Juli 2010 untuk dilakukan penjurian babak penyisihan dengan perincian:

a. Dokumen perancangan aplikasib. Screenshoot dan video prototype aplikasic. Tanggal 4 Juni – 17 Agustus 2010: pengiriman screenshoot dan

video aplikasi final beserta softcopy poster yang menjelaskan aplikasi yang telah dibuat.

4. Penyisihan tim peserta yang akan dinyatakan lolos pada babak final dilaksanakan oleh juri selama masa penjurian tanggal 2 - 21 Agustus 2010 berdasarkan penilaian in absentia terhadap berbagai macam kelengkapan dokumen peserta.

5. Lomba Aplikasi akan menghadirkan 20 tim peserta yang dinyatakan lolos babak final dan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2010.

6. Tim peserta yang dinyatakan lolos ke babak final diberi kesempatan untuk menyelesaikan implementasi aplikasi yang dibuat dan menyempurnakan berbagai macam kelengkapan presentasi (makalah, poster, dan dokumen presentasi). Berbagai kelengkapan final ini dikirim secara online melalui situs http://gemastik.its.ac.id/app sampai tanggal 2 Oktober 2010.

7. Konfirmasi kehadiran tim peserta babak final didaftarkan secara online melalui situs http://gemastik.its.ac.id/app pada tanggal 2 September – 2 Oktober 2010.

8. Penilaian terhadap karya ilmiah dan tim peserta pada babak final dilaksanakan pada puncak acara Gemastik III 2010 pada tanggal 6-7 Oktober 2010 dengan menampilkan versi terakhir dokumen dan kelengkapan lainnya, melaksanakan presentasi, dan memperagakan aplikasi yang telah dibuat di hadapan dewan juri babak final Lomba Aplikasi.

9. Dari penjurian babak final akan ditentukan tiga tim peserta terbaik sebagai Pemenang I, II, dan III Lomba Aplikasi yang akan diumumkan pada upacara penutupan Gemastik III 2010 pada tanggal 7 Oktober 2010.

SYARAT KARYA YANG DIKOMPETISIKAN

Persyaratan karya yang diikutsertakan dalam Lomba Aplikasi meliputi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Karya aplikasi memiliki kesesuaian dengan tema yang telah ditentukan.2. Karya aplikasi belum pernah dipublikasikan dan dikompetisikan dalam

kompetisi lain yang serupa dan pada taraf yang selevel.3. Karya aplikasi dapat mengikutsertakan tugas akhir yang terkait dengan

kegiatan akademik kurikuler pada program studi D3 atau S1 yang diikuti oleh para anggota tim kontestan.

4. Karya aplikasi yang diikutsertakan dalam kompetisi dapat merupakan hasil dari kegiatan yang sudah berjalan proses penelitian atau pengembangannya.

SYARAT PESERTA KOMPETISI

Persyaratan peserta Lomba Karya Tulis Bidang TIK adalah sebagai berikut: 1. Peserta adalah tim kontestan yang merupakan sekelompok mahasiswa beserta

pembimbing tim.2. Ketua tim adalah mahasiswa program studi D3 atau S1 yang belum lulus,

ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku, yang akan tercantum sebagai penulis pertama paper dan laporan penelitian atau pengembangan.

3. Anggota tim terdiri dari mahasiswa program studi D3 atau S1 yang belum lulus dan ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku.

4. Pembimbing tim adalah dosen atau staf pengajar yang ditugaskan oleh institusi.

5. Jumlah anggota tim kontestan beserta ketua tim dan pembimbingnya sebanyak maksimal empat orang.

6. Dalam tim peserta terdapat pembagian tugas yang jelas untuk semua anggota sesuai dengan keahliannya masing-masing.

INAICTA 2010

Kategori Lomba

PROFESSIONAL1. E-Business for Enterprise

Semua karya inovasi yang berupa TIK yang ditujukan untuk memudahkan operasional dan pencapaian Tujuan dan Strategi Perusahaan. Contoh aplikasi : Office Automation, ERP, Supply Chain Management, Hospital Information Systems, F inancial Services Industry Application, Sistem Informasi Administrasi Pendidikan dan lain-lain.

2. E-Business for SMEsSemua karya inovasi TIK yang ditujukan untuk membantu meningkatkan Produktifitas, Efisiensi dan Kemudahan kerja untuk membantu KUKM Contoh : Aplikasi Akunting, Aplikasi Perhitungan Pajak, Aplikasi Bisnis, Aplikasi Apotik, Aplikasi Ritel dan lain-lain.

3. E-LearningSemua karya inovasi dan karya kreatif memanfaatkan TIK, berupa konten pengajaran atau program e-learning dalam kerangka peningkatan kualitas sistem belajar dan mengajar. Contoh: Math Online Learning.

4. Research and DevelopmentKarya inovasi TIK yang termasuk dalam kategori ini adalah produk hasil riset dan pengembangan (RnD) baik berupa prototipe atau produk jadi. Tidak termasuk yang sudah dikomersialisasikan secara luas.

B. STUDENT

1. Student ProjectKarya inovasi berupa karya asli dari siswa atau mahasiswa; bukan merupakan hasil karya dari guru atau pembimbing. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat mengakibatkan peserta didiskualifikasi. Kategori ini dibuka untuk pelajar/mahasiswa dari tingkat:

o SDo SMPo SMA/ SMKo Perguruan Tinggi