Demokrasi di indonesia

Post on 27-Jul-2015

44 views 3 download

Transcript of Demokrasi di indonesia

DEMOKRASI DI INDONESIA

Larasakti mulia k.Marlina arby

Di era sekarang demokrasi dianggap sebagai sistem pemerintahan terbaik karena rakyat bisa turut menyumbang suaranya guna mengatur jalan nya pemerintah .

Menurut Aristoteles dan Plato Demokrasi adalah sistem pemerintahan terburuk karena memiliki potensi keanarkisan yang tinggi .

Hakikat Demokrasi

Demokrasi merupakan istilah politik . Secara etimologis demokrasi berasal dari

bahasa yunani , yaitu demos dan cratein . Di dalam demokrasi terkandung perjuangan

yang mendasar akan partisipasi seluruh rakyat sebagai fondasinya, sehingga terwujud asas “dari rakyat , oleh rakyat dan untuk rakyat “ (rudini;1994)

Pengertian Demokrasi

Suatu pemerintahan dikatakan demokrasi , bila kekuasaaan tertinggi berada di tangan rakyat , sebagaimana di ungkapkan oleh Abraham Lincoln “the government from the people , by the people and for the people”

Untuk memanusiakan manusia dan memasyarakatkan secara fungsional dengan penuh rasa kebersamaan serta rasa tenggung jawab .

Peningkatan kesejahterahan rakyat secara berkeadilan .

Tujuan Demokrasi

Untuk peningkatan kualitas hidup rakyat , yang meliputi :

a. Kesejahterahanb. Keadilanc. Persamaand. Keamanane. kebebasan

Demokrasi Liberal : suatu pemerintahn demokrasi yang pelaksanaan nya didasarkan aturan perundang-undangan yang di susun atas dasar prinsip-prinsip liberalisme , yaitu :

a. Kebebasan b. Kompetisic. Individualismed. Mekanisme pasar (one man one vote)

Macam-macam Demokrasi

Demokrasi Terpimpin : suatu pemerintahan yang diselenggarakan atas pemikiran bahwa para pemimpin percaya bahwa tindakan mereka dipercayai rakyat , tetapi menolak ada persaingan dalam pemilihan umum untuk menduduki kekuasaan.

Demokrasi Sosial : suatu pemerintahan demokrasi yang pelaksanaannya menaruh kepedulian pada keadilan sosial dan egalitarianism bagi persyaratan untuk memperoleh kepercayaan politik .

Demokrasi Sosial : suatu pemerintahan demokrasi yang pelaksanaannya menaruh kepedulian pada keadilan sosial dan egalitarianism bagi persyaratan untuk memperoleh kepercayaan politik .

Demokrasi Partisipasi : suatu pemerintahan yang diselenggarakan dengan menekankan pentingnya hubungan timbal balik antara penguasa dan yang dikuasai (rakyat) .

Demokrasi Konstitusional : suatu pemerintahan yang diselenggarakan berdasarkan konstitusi yang berlaku di negara tersebut , dimana konstitusi di susun berdasarkan nilai-nilai demokrasi , yaitu:

a. Adanya kebebasanb. Partisipasic. Responsibilityd. Transparansie. keadilan

Demokrasi Consociational : suatu pemerintahan yang diselenggarakan dengan menekankan adanya proteksi khusus bagi kelompok-kelompok budaya yang menekankan kerjasama yang erat diantara elit yang mewakili bagian budaya masyarakat .

Demokrasi di indonesia dilaksanakan dengan berdasarkan nilai-nilai dasar pancasila .

Nilai-nilai demokrasi pancasila :a. Sebagai warga negara dan warga

masyarakat , setiap manusia indonesia mempunyai kedudukan , hak dan kewajiban yang sama .

b. Tidak boleh memaksakan kehendak pada orang lain .

Demokrasi Pancasila