Bab 1 sejarah internet

Post on 04-Jul-2015

167 views 1 download

Transcript of Bab 1 sejarah internet

Natria Shaniya Setia.H

Kelas:IX G

No:16

SMP Negeri 9 Magelang

Jl.Cemara Tujuh.No 34 Magelang

Bab 1Sejarah Internet

Tahun 1957 Uni Soviet meluncurkan satelitsputnik.USA merasa terancam,kemudianmembuat badan:Advance Research Projects Agence(ARPA),dibawahdepartemen pertahanan/Departemen of Defense(DoD).

Tahun 1969 DoD ARPA membangun matarantai komunikasi antara DoD denganmiliter yang disebut ARPANET dengantujuan membuat suatu jaringan komputeryang tersebar dan menghindaripemusatan informasi di suatu titik

Awalnya ARPANET hanya

menghubungkan 4 situs saja,yaitu:

a. Stanford Reseach Institude(SRI)

b. University of California at Santa

Barbara(UCSB)

c. University of California at Los

Angeles(UCLA)

d. University of Utah

Tahun 1970 ,sudah 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain.

Tahun 1972 Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail untukARPANET ,ikon dalam bentuk @ diperkenalkan sebagai lambang pentingyang menunjukan “at” atau “pada”.

Tahun 1973,jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan keluar AmerikaSerikat.Komputer University College diLondon merupakan komputer pertamayang ada di luar Amerika yang menjadianggota jaringan ARPANET .

Tanggal 26 Maret 1976 ,Ratu Inggris berhasilmengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.Tahun1977 sudah lebih dari 100 komputerbergabung di ARPANET,membentukjaringan /network.

Tahun 1979 ,Tom Truscott,Jim Ellis danSteven Bellovin menciptakan newsgrupspertama diberi nama USENET.

Tahun 1981 France Telecom menciptakantelepon televisi pertama ,diman orangdapat saling menelepon sambilberhubungan dengan video link.

Karena komputer semakin banyak makatahun 1982 dibutuhkan protokolresmi,dan dibentuk Transmission Control Protocol(TCP),dan Internet Protocol (IP)

Di Eropa juga membuat jaringan komputer,yaitu EUNET,yang menyediakan jasajaringan komputer di negara-negaralain(Belanda,Inggris,Denmark,Swedia). Tahun 1984 diperkenalkan sistem namaDomain,dikenal dengan DNS/Domain Name Sistem.

Pada awalnya Internet hanya menawarkanlayanan berbasis teks: remoteaccess,e-mail/messaging maupun diskusi melaluinewsgrups.Layanan berbasis grafisseperti Word wide Web(WwW),saat itubelum ada, yang ada disebut Gopher yang mirip Web yang kita kenal sekarangini.

Pada tahun 1990 Tomthy Bernes Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antar komputeryang membentuk jaringan,yang disebutWord wide Web(WwW).