ABSTRAK PERHATIAN DAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PELUANG,digilib.uin-suka.ac.id/12609/1/BAB I....

Post on 13-Oct-2019

13 views 0 download

Transcript of ABSTRAK PERHATIAN DAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PELUANG,digilib.uin-suka.ac.id/12609/1/BAB I....

ABSTRAK

UNAISAA – NIM. 98433989. KEMAMPUAN SISWA MAN YOGYAKARTA II DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PELUANG BILA DIKAITKAN DENGAN MINAT,

PERHATIAN DAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PELUANG, YOGYAKARTA: FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2002

Salah satu materi yang terdapat dalam pelajaran matematika sekolah menengah umum ialah materi peluang yang diajarkan pada semester pertama kelas 2. Materi ini mengajarkan siswa agar dapat berfikir logis dan sistematis berkaitan dengan kesempatan yang mungkin dari satu atau lebih kejadian. Hal ini juga sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah umum yaitu agar siswa mampu menentukan nilai peluang kejadian dalam berbagai situasi yang berkaitan dengan kesempatan.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Metode analisa datanya menggunakan uji persyaratan analisis dan uji analisis regresi.

Terdapat hubungan yang berarti secara bersama-sama antara minat perhatian dan pemahaman siswa terhadap materi peluang dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal peluang. Terdapat efek tak langsung yang berarti oleh minat siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal peluang melalui pemahaman siswa terhadap materi peluang dengan koefisiensi jalur tak langsung.

Kata kunci: siswa, soal-soal, peluang, minat, materi peluang