Week 15 modal asing dan hutang luar negeri yusinadia sekar sari 11140023

11

Click here to load reader

Transcript of Week 15 modal asing dan hutang luar negeri yusinadia sekar sari 11140023

Page 1: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

MODAL ASING DAN HUTANG LUAR NEGERIPresented By :Yusinadia Sekar Sari 11140023

Page 2: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

Modal AsingIndonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam melimpah dari pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, maupun pertambangan. Tidak serta merta sumber daya alam melimpah, dapat diambil dengan sendirinya ataupun diolah. Perlu dibangun infrstruktur sarana prasarana dalam mengolahnya oleh negara indonesia melalui pemerintah.Untuk itu, timbulnya keinginan untuk menarik investor, yang dimulai  sejak jaman orde baru hingga sekarang. Tetapi Pada pertengahan tahun 1997 Indonesia mengalami krisis moneter. Krisis moneter ini diawali dengan terdefresiasinya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Defresiasi nilai tukar rupiah makin tajam sehingga krisis moneter yang terjadi tersebut berlanjut menjadi krisis ekonomi yang dampaknya terasa hingga saat ini.sehingga investor asing enggan menaruh investasinnya lagi dan Pertumbuhan ekonomi berjalan sangat lambat.Salah satu cara untuk membangkitkan atau menggerakkan kembali perekonomian nasional seperti sediakala sebelum terjadinya krisis ekonomi adalah kebijakan mengundang masuknya investasi di Indonesia.

Page 3: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

Investasi, khususnya investasi asing sampai hari ini merupakan faktor penting untuk menggerakkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Harapan masuknya investasi asing dalam kenyataannya masih sulit untuk diwujudkan.

Faktor yang dapat mempengaruhi investasi yang dijadikan bahan pertimbangan investor dalam menanamkan modalnya, antara lain : 1. Faktor Sumber Daya Alam2. Faktor Sumber Daya Manusia3. Faktor stabilitas politik dan perekonomian, guna menjamin

kepastian dalam berusaha, 4. Faktor kebijakan pemerintah,5. Faktor kemudahan dalam perizinan.

Page 4: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

Upaya-upaya Pemerintah untuk menarik Investasi asing :

1. Rentetan kunjungan kenegaraan ke luar negeri2. Privatisasi BUMN, 3. Penegakkan supremasi hukum, serta revisi terhadap berbagai

undang-undang yang menyangkut bisnis dan investasi perpajakkan, ketenagakerjaan dan seterusnya.

Semua upaya ini tentu bertujuan menciptakan iklim dunia usaha dalam negeri yang lebih kondusif demi meningkatkan capital inflow yang pada gilirannya diharapkan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Memasuki tahun 2007, semua indikator makro ekonomi menunjukkan semakin membaiknya iklim dunia usaha, institusi perbankan yang kian berpeluang untuk meningkatkan penyaluran kredit, kian meningkatnya investor confidence, dan country risk yang juga membaik, kinerja pemerintahan yang secara umum mulai dapat dipercaya, walaupun masih ada berbagai ketidakberesan yang perlu segera dibenahi di sektor birokrasi dan penegakkan hukum.

Page 5: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

Penanaman Modal AsingDalam literatur ekonomi makro, investasi asing dapat dilakukan

dalam bentuk, yaitu investasi portofolio dan investasi langsung atau foreign direct investment (FDI). Investasi portofolio ini dilakukan melalui pasar modal dengan instrumen surat berharga seperti saham dan obligasi. Sedangkan investasi langsung yang dikenal dengan Penanaman Modal Asing (PMA) merupakan bentuk investasi dengan jalan membangun, membeli total atau mengakuisisi perusahaan.

Secara yuridis mengenai Penanaman Modal di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal. Dalam pasal 1 ayat 3 Undang-Undang nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal menyatakan bahwa:

“Penanaman Modal Asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri.”

Page 6: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

PERANAN PENANAMAN MODAL ASING BAGI NEGARA SEDANG BERKEMBANG ( Indonesia)

Sumber dana eksternal (modal asing) dapat dimanfaatkan oleh negara sedang berkembang sebagai dasar untuk mempercepat investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi yang meningkat perlu diikuti dengan perpindahan struktur produksi dan perdagangan.

Modal asing dapat berperan penting dalam memobilisasi dana maupun transformasi struktural.

Kebutuhan akan modal asing menjadi menurun segera setelah perubahan struktural benar-benar terjadi meskipun modal asing di masa selanjutnya lebih produktif.

Bagi negara-negara sedang berkembang yang tidak mampu memulai membangun industri-industri berat dan industri strategis, adanya modal asing akan sangat membantu untuk dapat mendirikan pabrik-pabik baja, alat-alat mesin, pabrik elektronik, industri kimia dasar dan sebagainya.

Page 7: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

Untuk mendukung investasi di Indonesia maka perlu pembentukan hukum ekonomi dengan perangkat peraturan membutuhkan kajian yang bersifat komprehensif dan pendekatan secara makro dengan informasi yang akurat demi multidisipliner dari berbagai aspek antara lain : Ekonomi dan sosial Sosiologis dan budaya. Kebutuhan-kebutuhan dasar dan pembangunan. Praktis dan operasional dan kebutuhan kedepan. Moral dan etika bisnis yang berlaku dalam konsep kelayakan dan

kepatutan dalam kehidupan manusia dan kemanusiaan yang beradab.

Page 8: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

HUTANG LUAR NEGERI Sudah merupakan kepastian bahwa semua hal atau tindaan

ada keuntungan maupun kerugiannya atau terdapat segi positif maupun segi negatifnya. Dalam hal pinjaman luar negeripun demikian :

• Berperan sebagai Sumber Daya dalam pembangunan ekonomi negara dan pembangunan industri subtitusi import

Positif

• Negara menjadi terikat akan suatu kewajibanNegatif

Page 9: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

Kapasitas Negara dalam Membiayai Pinjaman Luar NegeriDalam menarik pinjaman luar negeri harus meninjau perbandingan antara total debt service (jumlah kewajiban negara peminjam) dengan total product (yang merupakan hasil yang dapat diharapkan). Dengan demikian dapatlah diketahui bagai mana kedudukan pinjaman tersebut, apakah pinjaman itu dalam keadaan yang membahayakan atau dalam keadaan sehat. Faktor kapasitas negara dalam membayar pinjamannya dapat dipengaruhi dari fluktuasi dalam bidang ekspor dan impor.Pinjaman luar negeri dapat digunakan dalam mendorong timbulnya industri subtitusi impor yang selanjutnya dapat mendorong timbulnya industri ekpor dan menaikan jumlah ekpor yang dapat diartikan suda naiknya ataun bertambahnya pendapatan devisa.

Page 11: Week 15 modal asing dan hutang luar negeri   yusinadia sekar sari 11140023

TERIMAKASIH