Waspada, kamis 5 november 2015

download Waspada, kamis 5 november 2015

of 21

  • date post

    24-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    597
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, kamis 5 november 2015

  • SerampangSerampang

    KAMIS, Pon, 5 November 2015/23 Muharram 1437 H No: 25103 Tahun Ke-68 Terbit 20 Halaman

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    Al Bayan

    MAHA Kuasa Allah SWT yang telah menciptakanberbagai macam jenis hayawan (binatang) di atas bumiini. Semua binatang tersebut tunduk kepada kemauanmanusia. Lihatlah biri-biri yang berbulu tebal, sejak zamandulu manusia telah menggunakan bulu biri-biri untukpakaian mereka. Mula-mula bulu-bulu itu dibiarkan mele-kat pada kulitnya, dan dijadikan selimut. Setelah ilmuteknologi tenunan berkembang, bulu-bulu itu diolah menjadikain wol dengan harga yang sangat mahal.

    Sebagian binatang yang lain dagingnya dapat dimakanseperti kambing, kibas, biri-biri, unta, lembu, kerbau, rusa,kijang, dan sebagainya. Daging-daging itu banyak gizinyadan sangat enak rasanya. Sebagian lagi, binatang-binatangtersebut memberikan susu segar kepada kita manusia sepertikambing, lembu dan lain-lain juga. Susu binatang itu sangatmanfaat untuk kesehatan dan kesegaran badan manusia.

    Ada gajah, kuda, keledai, kerbau, lembu dan unta yangkuat tenaganya sangat berguna untuk membantu manusiamengangkut alat-alat berat bahkan ada yang menjadikannyasebagai alat kendara. Di Thailand dan India gajah dijinakkan

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Polisi Periksa 2 Napi Tg. Gusta

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Ada-ada Saja

    - Yang lainjangan ikutannakal, ya...?

    - He...he...he...waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    HayawanOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Batang Angkola KomitMenangkan SARASI-2

    BATANG ANGKOLA (Waspada): Ribuan ibu-ibu anggotapengajian dan kelompok tani se Kec. Batang Angkola, Kab.Tapanuli Selatan, berkomitmen memenangkan pasangancabup-cawabup nomor dua (No.2), H. Syahrul M. PasaribuSH Ir. H. Aswin Efendi Siregar MM (SARASI-2) di Pilkada9 Desember mendatang.

    Komitmen itu mereka ikrarkan pada acara penutupansekaligus penyerahan hadiah lomba Al-Barjanji, yangdiselenggarakan SARASI-2 khusus untuk ibu-ibu se Kec.Batang Angkola di Desa Sorimadingin, Selasa (3/11).

    MEDAN (Waspada): Nomor satu adalahmutlak milik rakyat. Itulah penegasan ibu-ibu di sekitaran Pasar Kandak, Kel. Sei PutihTimur II, Kec. Medan Petisah, Rabu (4/11),saat calon Wali Kota dan Wakil Wali KotaMedan Eldin-Akhyar melakukan kampanyesimpatik di wilayah tersebut.

    Memasuki lokasi pasar, pedagangmaupun pembeli tampak begitu antusiasberjabat tangan dan berfoto dengan pasa-ngan Bang Eldin-Akhyar (BENAR). Foto-foto dulu kita pak, sebut seorang pedagangkue di sana.

    Waspada/ME Ginting/B

    CALON Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersama Akhyar turun ke Pasar Kandak, KelurahanSei Putih Timur II, Kecamatan Medan Petisah, Rabu (4/11).

    Eldin Ke Pasar Kandak Dan Silaturahim

    Waspada/Sukri Falah Harahap/B

    ANGGOTA pengajian dan kelompok tani di Kec. BatangAngkola bersama Tim Kampanye Pemenangan SARASI-2 berkomitmen memenangkan Syahrul-Aswin.

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Bawa Popok BayiLamar Kekasih

    MUNGKIN pria ini sukabertindak luar biasa. Jika prialain membawa bunga dan cok-lat saat melamar kekasihnya,maka pria asal China inimemutuskan melamar pujaanhatinya dengan membawapopok bayi. Dilansir dariShanghaiist, Senin (2/11) Feng,membeli sekitar 4.500 popokbayi dan menyusunnya men-jadi bentuk sebuah hati. Iameletakkan ribuan popok

    Antara

    RIBUAN peserta calon tenaga pendamping desa menyelesaikan soal ujian saat mengikuti test perekrutan Pendampingan Lokal kabupaten/kota di StadionTunas Bangsa, Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Rabu (4/11). Pemerintah Aceh merekrut sebanyak 2.582 orang tenaga pendamping desa untuk ditempatkandi 23 kab/kota di Aceh di bawah Satuan Kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM).

    Diduga Terlibat Jaringan Narkoba Internasional

    MEDAN (Waspada): Polresta Medan membo-yong dua narapidana (Napi) Lembaga Pemasya-rakatan (Lapas) Tg. Gusta yang diduga terlibat jari-ngan narkoba internasional, Selasa (3/11) malam.

    Kedua Napi tersebut kemu-dian diboyong ke Polresta Me-dan untuk menjalani peme-riksaan lebih lanjut.

    Kapolresta Medan Kombes

    Mardiaz Kusin Dwihanantoyang dikonfirmasi Waspadaterkait penangkapan di Lapasini belum memberikan penje-lasan secara resmi.

    Sedangkan Kalapas Klas IA Tanjung Gusta Medan Arfanmenyatakan, dua narapidanayang dimintai keterangan terkaitdengan penangkapan 12 kg

    sabu di Ringroad bernamaAndipon yang divonis 17 tahunkasus narkoba dan Muham-mad Arif divonis 14 tahun.

    Informasi di Polresta Me-

    dan, Rabu (4/11), diboyongnyadua napi ini merupakan pe-ngembangan dari ditangkapnyatiga orang diduga bandar nar-koba yang memasukkan nar-

    koba asal China ke Medan seni-lai Rp30 miliar yang ditangkapdi Komplek Perumahan Taman

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Seleksi TenagaPendamping DesaRawan Penyimpangan

    BANDA ACEH (Waspada): Kebijakannasional tentang desa memberikan para-digma baru dalam pembangunan di wilayahIndonesia, karena program itu telah mela-hirkan lapangan pekerjaan baru, terutamabagi perekrutan Tenaga Pendamping Desa,.

    Untuk program ini, Badan PemberdayaanMasyarakat (BPM) Aceh melansir telahmenerima 10.288 calon pendamping yanglulus seleksi administrasi. Jumlah itu hanya32 persen dari peminat yang mendaftarsebanyak 31.702 orang.

    Banyaknya yang mendaftar menjaditenaga pendamping desa mempresentasikanbesarnya harapan pencari kerja untuk bisaterlibat sebagai pendamping desa. Namuntentunya sangat besar pula potensi kecu-rangan, kata Koordinator Gerakan AntiKorupsi (GeRAK) Aceh, Askhalani di BandaAceh, Rabu (4/11).

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    KUTA, Bali (Antara): Sebanyak 692 penerbangan domestikdan internasional dari dan ke Bandar Udara InternasionalNgurah Rai, Bali, dibatalkan mulai Selasa (3/11) hingga Kamis(5/11) pukul 08:45 Wita karena bandara terpapar debu vul-kanik akibat letusan Gunung Barujari di Lombok, Nusa Teng-gara Barat.

    Bandara kita saat ini sudah terpapar dengan debu vulkanikdari erupsi Barujari, kata Kepala Otoritas Bandara WilayahIV Yusfandri Gona di Terminal Keberangkatan InternasionalBandara Ngurah Rai, Rabu (4/11).

    Dia menjelaskan bahwa penerbangan domestik yang

    Antara

    SEJUMLAH warga negara asing menunggu jadwal penerbangannya di Terminal Internasional Bandara Ngurah Rai,Denpasar, Rabu (4/11). Bandara Ngurah Rai menutup semua penerbangan pada Selasa (3/11) mulai pukul 19:30 WITAkarena peningkatan gangguan debu vulkanik Gunung Barujari di NTB dan masih akan dievaluasi hingga waktu yangbelum ditentukan.

    692 Penerbangan Di Bali Batal Akibat Debu Gn Barujaridibatalkan meliputi 183 penerbangan ke Bandara NgurahRai dan 189 penerbangan dari bandara itu. Sementara pembatalanpenerbangan internasional selama tiga hari penutupan bandarameliputi 157 ke Ngurah Rai dan 163 dari bandara itu.

    Rabu (4/11) ada lima penerbangan internasional yangterpaksa harus dialihkan ke Cengkareng yakni Singapore AirlinesSQ-948 rute Singapura-Denpasar, AirAsia AWQ-833 ruteBangkok-Denpasar, Garuda Indonesia GA-857 rute HongKong-Denpasar dan Emirates 398 rute Dubai-Denpasar yangsemuanya dialihkan ke Cengkareng.

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    MEDAN (Waspada) : Nor-malisasi kuota haji tahun 2016mendatang, akan memberikandampak yang cukup baik bagikeberangkatan jamaah. Hinggasaat ini, jamaah yang terdaftardi Sumatera Utara mencapai95.801 orang dengan masatunggu mencapai tahun 2030.

    Jika terjadi normalisasikuota maka waiting list ataumasa tunggu akan berkurangsatu tahun yakni tahun 2029.Dengan kata lain, normalisasidari pemangkasan kuota sela-

    ma ini 20 persen, selama 3 tahun(2013,2014 dan 2015), denganjamaah yang berangkat hanya6.000-an, maka tahun 2016mendatang diperkirakan jum-lah jamaah haji Sumatera Utaramencapai 8.234 orang. Itulahkuota Sumut jika dikembalikanpada hitungan normalnya,kataKanwil Kemenagsu Drs H ToharBayoangin MAg melalui KasiDokumen Haji dan Umrah HEri Nopa MAP, Rabu (4/11).

    Waiting List JamaahSumut Turun 1 Tahun

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    JAKARTA (Antara): KomisiVIII DPR RI mendesak agar Ke-menterian Agama (Kemenag)segera mengurus hak-hak ja-maah haji yang meninggal du-nia dan menjadi korban duamusibah yaitu runtuhnya cranedan tragedi Mina pada saat pe-laksanaan ibadah haji tahun ini.

    Hak-hak itu antara lainadalah klaim asuransi dan rea-lisasi janji santunan bagi korbanmusibah crane dari pemerintahSaudi. Sejauh ini, menurutinformasi jamaah, kedua hal itumasih belum jelas dan masih

    sekadar wacana. Saat ini, Ke-menterian Agama sedang me-laksanakan evaluasi penyeleng-garaan ibadah haji 2015. Per-soalan hak-hak jamaah dankeluarganya ini tidak bolehdiabaikan. Yang bisa mengurushal itu hanyalah KementerianAgama, kata Ketua Komisi VIIIDPR RI Saleh Partaonan Daulaydi Jakarta, Rabu (4/11).

    Secara formal, para jamaahhaji atau keluarganya memilikihak untuk mendapatkan klaim

    Kemenag Didesak Urus SantunanKorban Crane Dan Tragedi Mina

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Pemprovsu AkanBeri Bantuan HukumPada Eddy Syofian

    MEDAN (Waspada): Pemprovsu akan memberikanbantuan hukum untuk Kaban Kesbangpol Linmas EddySyofian. Bantuan hukum dilakukan melalui BLH KorpriSumut bekerjsama dengan Peradi.

    Tentunya untuk bantuan hukum akan kami fasilitasi.Namun, hingga saat ini kita akan tetap meli-hat perkembangan proses hukumnya, ka-rena secara resmi kita juga belum menerimasurat penetapan tersangka Eddy Syofiandari Kejagung, informasinya masih kita lihatbersama dari media, ujar Kabiro HukumSetdaprovsu, Sulaiman Hasibuan menjawabwartawan, Rabu (4/11).

    Dikatakan Sulaiman, Eddy Syofiansudah tatap bertugas sebagai Pj Wali KotaS