Waspada, kamis 2 oktober 2014

download Waspada, kamis 2 oktober 2014

of 25

  • date post

    05-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    448
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, kamis 2 oktober 2014

  • SerampangSerampang

    - He...he...he...

    KAMIS, Wage, 2 Oktober 2014/7 Dzulhijjah 1435 H No: 24714 Tahun Ke-68 Terbit 20 Halaman

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Ada-ada Saja

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Al Bayan

    ZIARAH ke Masjid An-Nabawi di Madinah adalahsunnat. Jika seseorang yang melaksanakan haji ke Mekkahdan tidak melanjutkan perjalannya ke Madinah, maka hajinyatetap sah sebab di tanah suci Madinah tidak ada satupunrukun dan wajib haji. Namun, alangkah sombongnya kitaterhadap Rasulullah SAW bila tidak mau datang berzia-rah ke Madinah, bukankah di Madinah ada makam Rasulul-lah SAW?

    Makam Rasulullah SAW terletak di bawah kubah hijausudut tenggara Masjid An-Nabawi. Di sana juga terdapatmakam Abubakar Siddiq dan Umar bin Khahtab. Duasahabat utama Rasulullah SAW, sedangkan makam Usmanbin Affan ada di pemakaman umum Baqie, dan makamAli bin Abi Thalib ada di Najaf Irak.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Golkar Pimpin DPR RI

    Ziarah Ke An-NabawiOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Lanjut ke hal A2 kol. 6Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Napi NafkahiIstri Rp100 JutaPer Bulan

    MESKI tengah menjalanihukuman di LP Nusakamba-ngan, Poly Tjandra, 47, masihbisa menafkahi istrinya. Bah-kan dia mengirimkan uang

    MAKKAH (Waspada): Menjelang pelaksanaan puncakibadah haji wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijah atau Jumat(3/10), suasana Masjidil Haram terlihat sepi dari jamaahCalhaj Indonesia.

    Sementara kondisi Masjidil Haram, Rabu (1/10) masihtetap dipadati oleh Calhaj dari negara lain, sedangkan CalhajIndonesia banyak yang memilih untuk beribadah di seputaranmasjid yang ada dekat pemondokan.

    Itu dilakukan setelah adanya imbauan dari kerajaanArab Saudi dan distopnya operasional bus gratis yang meng-angkut Calhaj 24 jam dari pemondokan ke Masjidil Haramdan sebaliknya. Hari itu tidak terlihat lagi kelompok-kelom-pok Calhaj Indonesia yang biasanya mengenakan seragamkhas mendominasi di seputaran Masjid Haram. Yang terlihathanya satu dua orang saja di seputaran Baitullah. SedangkanCalhaj Indonesia, umumnya lebih fokus mempersiapkandiri mengerjakan puncak ibadah haji di Arafah.

    Sementara itu di kota Makkah, Selasa malamnya terlihatpadat dengan lalu lalang kendaraan dari warga Arab Saudidan Pakistan yang hendak menuju Arafah. Mobil pribadidan angkutan umum terlihat penuh, dan penumpangnyanaik kap mobil dan memenuhi bak mobil terbuka.

    Sedangkan kegiatan Calhaj Indonesia untuk puncakibadah haji dimulai Kamis hari ini dari pemondokan, yaitumandi sunat ihram untuk berihram, kemudian shalat sunatihram dan niat haji. Hari Jumatnya, atau 9 Dzulhijah beradadi Padang Arafah untuk shalat Jamak Qasar Zuhur/Ashar,wukuf dan dilanjutkan shalat Jamak Qasar Maghrib/Isya.

    Pada tengah malamnya berangkat ke Muzdalifahmengambil batu 70 buah dan 10 Dzulhijah bermalam diMina untuk melempar jumroh aqabah dengan 7 batu,kemudian tahalul awal. Jamaah melanjutkan melemparjumroh Ula, Wusta dan Aqabah masing-masing 7 batu dandilakukan tiga kali berturut sekaligus nafar awal dan nafarakhir. Setelah seluruh rangkaian ibadah tersebut selesai,jamaah haji kembali ke Makkah untuk tawaf ifhadah, sai,tahalul akhir dan berakhir dengan tawaf wada.

    Sementara suhu udara di kota Makkah saat ini jugamasih cukup panas mencapai 42 derajat Celcius. Diperki-rakan suhu di Arafah akan lebih tinggi, menyebabkan hampirseluruh jamaah Indonesia khususnya Sumut menderitaflu dan batuk.(**)

    Laporan Hendra DS

    Masjidil Haram SepiDari Calhaj Indonesia

    Waspada/Hendra DS

    SUASANA shalat Ashar di Masjidil Haram menjelang tibanya puncak ibadah haji, Selasa, (30/9).

    Waspada/Ist

    ANGGOTA DPD Dapil Sumut Prof Dr Ir Hj DarmayantiLubis, Drs H Rizal Sirait, Parlindungan Purba, SH danDedi Iskandar Batubara saat mengikuti sidang paripurnapelantikan anggota MPR-DPR-DPD RI di Gedung NusantaraMPR RI, Jakarta, Rabu (1/10).

    Waspada/ist

    GUS IRAWAN Pasaribu (kiri) dan Ny. Asrida Murni Siregar,menyempatkan foto bersama di gedung DPR-RI usaipelantikan 560 anggota dewan terpilih periode 2014-2019di Jakarta, kemarin.

    Gus Irawan Dilantik Jadi Anggota DPR-RI:

    Tugas Di Legislatif LebihBerat Dibanding Perbankan

    GUS Irawan Pasaribu, mantan direktur utama BankSumut, memastikan diri sebagai salah satu anggota legislatifdi DPR-RI, setelah mengikuti prosesi pelantikan di ruangparipurna DPR-RI Senayan Jakarta,Rabu(1/10).

    Gus Irawan, politisi dari Partai Gerindra itu menembusSenayan dengan raihan suara dari Dapil Sumut 2 mencapai188.205. Dalam prosesi di Senayan, Gus dilantik bersama73 kader Gerindra,antara lain Fadly Zon, Ahmad Mujani,Rachel Maryam dan sosok lainnya dari seluruh Indonesia.

    Sementara empat kursi Gerindra dari Sumut didudukioleh Muhammad Syafii, Martin Hutabarat, Suasana Dachidan Gus Irawan.

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Perjuangkan AerotropolisKNIA Dan Danau Toba

    JAKARTA (Waspada): Anggota Dewan Perwakilan DaerahRepublik Indonesia (DPD RI) yang terpilih kembali untukperiode 2014-2019, Parlindungan Purba, SH, mengharapkansosok ketua DPD periode 2014-2019 adalah sosok yang rajinke daerah-daerah untuk menyerap aspirasi rakyat dan mem-punyai jaringan kuat di pemerintah pusat dan DPR-RI sehing-ga , kepentingan-kepentingan daerah biasa diperjuangkan.

    Dan, tak kalah penting adalah sosok yang punya pergau-lan dan jaringan yang kuat di pusat, sehingga mampu melaku-kan lobi-lobi untuk memperjuangan kepentingan daerah, ujar Parlindungan Purba menjawab Waspada, usai sidang

    Parlindungan Purb Dilantik Jadi Anggota DPD RI

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    ACEH TIMUR (Waspa-da): Dua kakak beradikWalidin, 14, dan Nursakdah,12, anak dari pasanganZuraida dan Zulkifli, wargaDesa Kapai Baro, Kec. DarulAman, Aceh Timur yangmenderita penyakit leukemia(kanker daerah) mohon ban-tuan dari pemerintah daerahdan para donatur.

    Saat ditemui di rumah-nya, Rabu (1/10), kondisi ke-dua bocah ini sangat mem-prihatinkan. Tubuh, wajahdan matanya menguning.Perutnya membesar, bahkanlebih besar dari tubuhnya.Sementara, rambutnyamulai rontok dan kurus.

    Orangtua mereka, Zurai-da saat ditemui menuturkansejak umur lima tahun keduaanaknya ini sudah sering

    Penderita Leukemia Mohon Bantuan

    sakit-sakitan dengan kondisitubuh yang seperti itu. Sayatidak tahu penyakit apa yangdiderita kedua anak saya,ungkap Zuraida.

    Menurut Zuraida, sudahdua bulan ini, Walidin dan

    Nursakdah tidak pergi kerumah sakit untuk transfusidarah, karena tidak ada uanguntuk ongkos pergi ke BandaAceh.

    Waspada/Dede

    WALIDIN dan Nursakdah bersama ibunya Zuraida dirumahnya di Desa Kapai Baro, Kec. Darul Aman, Aceh Timur

    HONGKONG (Waspada):Kerumunan pengunjuk rasapro-demokrasi dari segala lapisanmasyarakat berkumpul di Hong-kong, Rabu (1/10), bertepatandengan Hari Nasional Chinasebagai dukungan agar gerakanini menyebar ke seluruh dunia.

    Pemimpin HongkongLeung Chun-ying menghadapiperlawanan rakyatnya yangmendesaknya untuk melepas-kan jabatan. Chun-ying diang-gap pemerintah Beijing tidak

    bisa menangani pengunjuk rasasetelah Revolusi Payung beru-bah menjadi perlawanan sipilterbesar di Hongkong selamabeberapa dekade terakhir.

    Para pendemo memenuhiruas jalan sepanjang 500 meterantara kawasan Wanchai danAdmiralty, pada Rabu siang taklama setelah para politisiHongkong dan Beijing mem-peringati 65 tahun berkuasanyakomunis di China.

    Tutupnya perkantoran aki-

    bat libur nasional dua harimembuat kerumunan massabertambah banyak di siangdibanding tiga hari sebelumnya,di mana jumlah massa ber-tambah justru di malam hari.

    Aksi ini juga memicu duku-ngan internasional. Sebuahgrup Facebook yang menyebutdiri Bersatu untuk Demokrasi:Solidaritas Global bersama Hong-kong mengatakan tengah me-rencanakan sebuah gerakan dariAustralia hingga AS.(vn/ant)

    Pendemo Pro-DemokrasiHongkong Terus Bertambah

    MERDEKA (Waspada): Gu-nung Sinabung dengan statusSiaga (Level III) di Kab. Karo,Sumatera Utara (Sumut) sepan-jang Rabu(1/10) terus berge-jolak dengan mengeluarkanawan panas dan lahar dingin.Diimbau kepada masyarakatagar menjaga keselamatannya.

    Untuk saat ini GunungSinabung dua kali mengalamiguguran awan panas diserta abuvulkanik, dan lahar dingin disungai kaki Sinabung. Diimbau

    kepada warga yang beraktivitasdi sungai agar berhati - hati,kata Pemantau Gunung Api(PGA) Sinabung, Gifan, kepadaWaspada Rabu (1/10).

    Menurut Gifan, guguranawan panas pertama yang turunsekitar pukul 09:13, sejauh 2 Kmmenuju arah selatan dengandurasi 197 detik, dan membawaabu vulkanik menuju arah ti-mur - timur laut. Sementara gu-guran awan panas kedua pukul15.46, berdurasi 180 detik sejauh

    2,5 Km dengan abu vulkanik,menuju arah barat daya.

    Potensi guguran awan pa-nas masih tinggi. Selain menge-luarkan awan panas, juga me-nurunkan lahar dingin pukul13:27, selesai hujan. Lahar dinginyang turun tepatnya di sungaiyang terdekat dari kaki Sinabung,Lau Borus, katanya.

    Sementara satu harian hu-jan turun beserta kabut sehinggaGunung Sinabung tidak terlihatdari Berastagi. (c19)

    Sinabung Terus BergejolakMuntahkan Lahar Dingin

    Nasi BantuanPemko Medan Stop

    MAKKAH (Waspada): Nasi jatah makan khusus ban-tuan Pemko Medan untuk jamaah asal Medan di Makkah,Rabu (1/10) siang stop. Jatah nasi menghilang alias tidakada lagi.

    Biasanya jatah makan itu diterima jamaah Medan dipemondokan masing-masing tiga kali sehari. Tapi ke-marin, katering di Makkah yang ditunjuk Pemko Medanhanya mengantarkan mi instan mentah ke pemondokan,sedangkan biasanya katering mengantarkan nasi kotak.Tidak ada yang bisa memberi penjelasan kenapa ban-tuan makan Pemko Medan untuk jamaah Calhajmenghilang.