Usulan Pelatihan Karya Ilmiah Guru Jan 2011

5

Click here to load reader

Transcript of Usulan Pelatihan Karya Ilmiah Guru Jan 2011

Page 1: Usulan Pelatihan Karya Ilmiah Guru Jan 2011

PELATIHAN MENULIS KARYA ILMIAH DAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH UNTUK PUBLIKASI DI JURNAL BAGI GURU 2011

[Type the document subtitle]

AXIOO

Page 2: Usulan Pelatihan Karya Ilmiah Guru Jan 2011

Page

4

PELATIHAN MENULIS KARYA ILMIAHDAN MENULIS ARTIKEL ILMIAHUNTUK PUBLIKASI DI JURNALBAGI GURU 2011Latar Belakang

Salah satu tuntutan profesionalisme guru adalah kemampuan guru menulis dan meneliti. Jadi, kemampuan mengajar bagi seorang guru tidak lagi cukup sebagai indikator profesionalisme pendidik. Dalam waktu dekat, setiap guru wajib menulis karya ilmiah dan melakukan penelitian-penelitian untuk memecahkan masalah yang dihadapi sebagai guru pofesional. Hal ini akan diterapkan dengan cara: setiap usul kenaikan pangkat guru, harus melampirkan bukti fisik penelitian dan tulisan yag telah dipublikasikan di jurnal atau media yang diakui oleh pemerintah. Sementara itu, pada umumnya guru tidak terlatih menulis dan meneliti. Pelatihan-pelatihan menulis dan penelitian memang sering diadakan; tetapi kurang intensif dan daya tampungnya terbatas. Kesempatan mengikuti pelatihan menulis dan pelatihan penelitian bagi guru pun tidak banyak. Untuk mengantisipasi perkembangan tersebut, pelatihan ini ditawarkan kepada para guru, khusunya guru-guru SMP, SMA/SMK di Kecamatan Tejakula.

Tujuan1. Membantu guru mengasah kembali keterampilan menulisnya;2. Agar guru mengetahui metodologi penelitian dan bisa menerapkannya

(menyelenggarakan suatu penelitian di bidang pendidikan/pengajaran);3. Agar guru tahu tata cara menulis ilmiah; 4. Agar guru terampil melakukan presentasi karya ilmiahnya di hadapan khalayak; dan 5. Setelah pelatihan ini berakhir guru memiliki: satu artikel kajian pustaka yang siap

dipublikasikan di jurnal dan/atau menghasilkan satu judul proposal penelitian (PTK atau deskriptif-kualitatif/kuantitatif)

Pendekatan/teknis pelaksanaan pelatihan ini:Pelatihan ini dilakukan secara intensif dengan cara praktik dan bimbingan secara perseorangan; dengan berorientasi kepada hasil nyata dan pengembangan potensi menulis guru dan meneliti.

Jumlah Jam Pelatihan iniPelatihan ini dilaksanakan selama 8 kali tatap muka (setara 50 jam)

Page 3: Usulan Pelatihan Karya Ilmiah Guru Jan 2011

Page

4

Waktu pelatihan:Setiap hari sabtu (pukul 13.00 wita s.d. 17.00 wita)

Tempat dan fasilitas pelatihan ini:1. Di Yayasan Gemah Ripah Pacung (Dusun Kubu Anyar, Desa Pacung, Tejakula,

Buleleng)2. Ruang belajar yang nyaman3. Perpustakaan yang representatif, berpendingin ruangan4. Kopi atau teh dan kudapan5. Makan malam6. Komputer7. Piagam penghargaan8. Konsultasi-konsultasi dan bantuan informasi buku sumber9. Materi pelatihan

Jumlah peserta:Antara 20 s.d.30 orang per kelas per angkatan

Biaya pelatihan iniPer peserta membayar Rp 200.000 (bisa dibayar dua kali: angsuran pertama Rp 125.000 dan angsuran kedua Rp 75.000). Dapat dibayar langsung pada saat pendaftaran.

Jadwal

No. Tgl. Kegiatan

Materi Kegiatan

1. 26 Februari Penelitian, karya ilmiah, Ceramah dan diskusi2. 5 Maret Menulis proposal penelitian Praktik3. 12 Maret Presentasi proposal penelitian Praktik4. 19 Maret Tata cara penulisan karya ilmiah Ceramah dan praktik5. 26 Maret Menulis karya ilmiah kajian pustaka Praktik6. 2 April Presentasi karya ilmiah kajian pustaka Praktik7. 9 April Menulis di jurnal Ceramah dan praktik8. 6 April Penetapan satu hasil pelatihan ini:

penelitian kajian pustaka dan/atau proposal penelitian

Diskusi dan konsultasi

Pengajar utama dalam pelatihan ini

Page 4: Usulan Pelatihan Karya Ilmiah Guru Jan 2011

Page

4

I Wayan Artika, dosen dan peneliti di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, mahasiswa program doktor di Universitas Udayana Denpasar, berpengalaman sepuluh tahun selaku pekerja pendidikan di luar pendidikan formal, instruktur menulis instruktur quantum teaching and learning, penulis esai/artikel di media massa, penulis cerpen dan novel.

kontakEmail: [email protected] Karya Ilmiah Guru// 082 147 296000YGRP//08123926721