UC Onliner 6

Click here to load reader

  • date post

    16-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    599
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of UC Onliner 6

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    Salam Merdeka UC Onliners !

    Indonesia sebelum tahun 1945 sangat berbeda dengan sekarang. Dulu masih sedikit orang yang berani untuk menjadi pemimpin, tetapi saat ini para calon-calon pemimpin sudah mulai membuka sayapnya untuk menerima tanggung jawab yang lebih tinggi untuk membuat Indonesia lebih baik.

    Well, di edisi kali ini banyak membahas tentang Leadership. Apa itu leadership? Lalu apa saja jenis-jenis kepemimpinan? Dan yang tak ketinggalan pula liputan event perempuan harapan dan event bootcamp BMI pulang kampung beserta cerita dari BMI.

    Dan di edisi kali ini juga terdapat inspirasi dari Tanadi Santoso (seorang Entrepreneur, Public Speaker & Corporate Trainer) yang membuat kita berani untuk berkata tidak dan tulisan dari Poedjiati Tan (psikolog, penulis, peneliti dan salah satu pengajar di UCEO) mengenai apa saja yang harus kita persiapkan sebelum membuka sebuah toko.

    Semoga edisi Leadership ini dapat menginspirasi para pembaca UC Onliners. Percayalah jika negara ini dipimpin dengan pemimpin yang baik, maka negara ini akan terus berkembang menjadi lebih baik. Dan seorang leader yang baik itu berawal dari keberhasilan memimpin diri sendiri.

    Salam Entrepreneur !

    Editor.

    FROM THE EDITOR

    A Leader is someone who demonstrates whats possible. Mark YarnellBeing positive in a negative situation is not naive. Its leadership. Ralph Marston

    UC Onliner

    Foto : Abraham G.Kulit Luar : Koko

    Editorial

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    daftarisi

    Daftar IsiUC Onliner

    UCEO NewsBootcampBMI Pulang Kampung

    Perempuan Harapan

    03

    04

    06UCEO News

    Kepemimpinan Itu Penting08Topik Utama

    Kenali Jenis Kepemimpinan Anda09Topik Utama

    Basuki Tjahaja Purnama 11Profile

    ArtikelKaryawan. Oh, karyawan.Oleh : Poedjiati Tan

    13

    InspirasiBerani Berkata TIDAK!Oleh : Tanadi Santoso

    15

    Life StoryKiat Bagi BMI yang Ingin BerentrepreneurOleh : Nur Agustinus

    16

    Resensi BukuGebrakan Ahok17Leadership

    Resensi FilmThe Billionaire18

    Profil PesertaSarjiyemIka Putri Novitasari

    19

    UC OnlinerChief Editor

    Eric Pramono - @epramono

    EditorTiffany Oktoriana - @tiffoktoriana

    Staff AccountingReny Pebriasari - @gindorrr

    Design & ArtisticRachmat Wijanarko - @kokomin1878

    Abraham Imanuel G. - @ciamsoy

    DocumentationSamuel Leksono

    ReporterTiffany Oktoriana - @tiffoktoriana

    Agitya Kristantoko - @agitya_totokoBernardinus Arisandi - @Nduzzt

    Reny Pebriasari - @gindorrr

    Redaksi menerima kritik, saran, dan komentar dari pembaca.

    Silahkan kirim via e-mail ke [email protected]

    Pembaca UC Onliner dapat berkontribusi melalui tulisan, artikel dan opini yang dapat

    dikirimkan melalui email [email protected]

    untuk pemasangan iklan dapat menghubungi kami melalui email :

    [email protected]

    Majalah UC Onliner diterbitkan oleh Universitas Ciputra Entrepreneurship Online.

    Dilarang mengutip, memproduksi sebagian atau keseluruhan isi majalah ini dalam segala bentuk tanpa izin tertulis dari redaksi.

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    UCEO News

    Universitas Ciputra kembali mengadakan pelatihan entrepreneurship untuk BMI (Buruh Migran Indonesia). Pelatihan yang bertajuk Bootcamp BMI Pulang Kampung ini diadakan di Universitas Ciputra Surabaya pada tanggal 12-14 Agustus 2014. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para BMI yang sudah bertahun-tahun bekerja di luar negeri dan ingin pulang untuk menjadi entrepreneur.

    Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 25 BMI dan juga peserta dari UCEO. Mereka dilatih dari cara untuk mengubah mindset mereka agar menjadi entrepreneur yang tangguh hingga melakukan identifikasi pasar di Pasar Tuga Pahlawan.

    Para peserta pelatihan ini terlihat sangat antusias dan juga bersemangat karena

    selain dibekali dengan teori, mereka juga dimotivasi oleh entrepreneur-entrepreneur yang sudah sukses merintis bisnis dari bawah seperti Bambang Hermanto, Kukuh Luky, Nur Agustinus, dan lain-lain.

    04

    BootcampBMI Pulang Kampung

    Peserta Bootcamp BMI Pulang Kampung sedang menyimak materi di kelas

    Peserta Bootcamp BMI Pulang Kampung sedang melakukan identifikasi pasar di Pasar Pagi Tugu Pahlawan

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    Pada hari yang pertama, para peserta pelatihan dibekali dengan materi untuk mengubah mindset mereka menjadi mindset seorang entrepreneur dan pada malam harinya mereka diajak berkunjung di Restoran Fusion Steak & Hotplate yang berada di City of Tommorow, Surabaya. Setelah makan malam di sana, mereka dibekali dengan motivasi dari Bambang Hermanto selaku pemilik restoran serta Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

    Di hari yang kedua, pada pagi hari peserta pelatihan diajak mengunjungi Pasar Tugu Pahlawan untuk survei pasar dan melihat peluang bisnis yang disediakan pasar serta mengkomunikasikannya. Setelah itu mereka kembali ke Universitas Ciputra untuk berdiskusi.

    Di hari yang ketiga, peserta pelatihan wajib mempresentasikan ide bisnis mereka secara kelompok dan mereka juga dibekali cara-cara untuk merealisasikan ide bisnis tersebut.

    Terima kasih untuk Pak Anton yang telah memfasilitasi kami untuk Bootcamp BMI di Universitas Surabaya selama 3 hari. Ini penting dan sangat bermanfaat untuk bekal kami menjadi hiu lautan. Menjadi seorang entrepreneur, cerita Pipit Kinarya, salah satu peserta Bootcamp BMI Pulang Kampung setelah mengikuti pelatihan ini.

    Di satu sisi saya senang karena saya merasa semakin yakin teman-teman saya akan sukses, di sisi lain saya capek, dan disisi lain lagi saya sedih juga karena harus berpisah. Semoga berhasil ya para sahabat, tutup Teddy Saputra selaku panitia dan penanggungjawab pelatihan ini. (ak, to)

    UCEO News

    05

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    06

    Perempuan HarapanPerempuan Harapan adalah komunitas binaan Dinas Sosial Pemkot Surabaya, sebuah komunitas di kota Surabaya yang terkena dampak ekonomi akibat penutupan lokalisasi di Surabaya. Mereka adalah sekelompok perempuan anak negeri yang memutuskan untuk belajar dan berlatih entrepreneurship sehingga menjadi warga masyarakat yang berdaya secara ekonomi dan sanggup menciptakan masa depan yang lebih baik bagi mereka sendiri dan keluarganya. Universitas Ciputra merasa bangga dan terhormat dapat mendampingi Perempuan Harapan mencapai cita-cita mereka yang baru melalui kecakapan entrepreneurship.

    Pelatihan Perempuan Harapan kali ini adalah Pelatihan Tahap ke 2 di Surabaya yang diselenggarakan atas kerjasama Universitas Ciputra dengan Pemerintah Kota Surabaya. Pelatihan Perempuan Harapan Tahap 2 dimulai tanggal 12 15 Juni 2014. Jumlah yang mengikuti program ini adalah 26 orang peserta, kemudian seluruh peserta dibagi menjadi 5 kelompok.

    masing peserta diberikan uang saku sebesar Rp 20.000 untuk kemudian harus dibelanjakan untuk keperluan eksplorasi pasar. Survey yang dilakukan meliputi siapa saja yang datang ke Taman Bungkul, apa yang dilakukan pengunjung, makanan dan minuman apa saja yang sudah ada disana serta makanan dan minuman apa saja yang belum ada untuk dijual dan berapa kisaran harga dari masing-masing makanan dan minuman tersebut. Acara berjalan cukup lancar dengan pengarahan panitia dari Universitas Ciputra (Antonius Tanan & Nur Agustinus), perwakilan Dinas Sosial Pemerintah Kota Surabaya (Lia), serta tim dokumentasi dari Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO).

    Pelatihan hari kedua, seluruh peserta Perempuan Harapan diajari cara dan resep memasak yang baik

    UCEO News

    Pelatihan hari pertama dimulai pukul 15.00 WIB bertempat di Taman Bungkul Surabaya, tujuannya adalah eksplorasi pasar. Eksplorasi yang dilakukan para peserta bertujuan untuk mengenali pelanggan dan kompetitor yang ada, serta untuk menentukan produk yang akan dijual keesokan harinya. Pada saat itu masing-

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    07

    UCEO News

    dan benar, serta inovasi atau kreasi apa yang bisa diaplikasikan pada hasil masakan agar hasilnya lebih menarik, enak, serta berdaya saing tinggi di masyarakat. Pelatihan masak ini bertempat di SMK Mater Amabilis, Surabaya dengan arahan memasak dari Chef Hugo (Universitas Ciputra). Adapun macam makanan yang bisa peserta buat adalah nasi kucing, bihun dan mie goreng, bubur manis (ketan hitam dan kacang hijau), donat mini, serta gorengan (ubi, pisang, dan singkong). Di akhir pelatihan memasak di SMK Mater Amabilis ini, peserta mendapatkan modal sebesar Rp 500.000,- untuk masing-masing kelompok sebagai modal awal peserta membeli bahan kemudian berjualan di Taman Bungkul sebanyak 100 pax makanan siap jual.

    Pelatihan hari ketiga bertempat di Taman Bungkul Surabaya. Peserta mulai menjual makanannya dengan cara berkeliling Taman Bungkul dengan cara mengasong (asongan) dari sore sampai dengan malam atau petang. Hal ini dilakukan pada malam minggu, dimana pengunjung di Taman Bungkul akan lebih banyak jika dibandingkan pada hari-hari biasanya. Dalam penjualan ini, peserta tidak hanya menjual satu jenis makanan tetapi minimal dua jenis makanan yang berbeda atau ditambah dengan minuman. Jadi misalnya peserta menjual mie goreng dengan harga Rp 5.000 namun bisa bonus gratis es degan 1 cup. Peserta terlihat sangat bersemangat menjual dagangan dan hasil masakannya. Di akhir penjualan, peserta diminta mengisi formulir penjualan untuk mendata hasil kegiatan penjualan hari tersebut. Kemudian keuntungan hari tersebut digunakan sebagai modal belanja untuk berjualan esok pagi harinya.

    Agenda pelatihan hari keempat adalah peserta kembali berjualan makanan secara mengasong / berkeliling area Taman Bungkul, yaitu pada saat pagi hari karena bertepatan dengan Car Free Day. Sasaran penjualan hari tersebut bisa lebih banyak, karena pengunjung banyak yang ke Taman Bungkul beserta keluarganya. Salah satu strategi penjualan peserta untuk menarik konsumen diantaranya adalah dengan memberikan merk nama makanan mereka dengan sesuatu yang unik, contohnya adalah Pisang Goreng Janda serta didalam kemasan, peserta juga mencantumkan nomor yang bisa dihubungi untuk menerima pesanan lainnya dalam jumlah kecil / banyak. Hal ini dilakukan karena menurut penjelasan dari beberapa peserta, mereka sudah mendapatkan pesanan makanan dari lingkungan tempat tinggal mereka.

    Dengan demikian, ringkasan program dari sesi pelatihan tahap 2 Perempuan Harapan. Diharapkan dengan pelatihan kali ini peserta mendapatkan spirit entrepreneur yang lebih baik lagi, karena pelatihan tidak hanya dengan teori namun dibarengi dengan praktek lapangan langsung yaitu seperti survey pasar, memasak, dan berjualan. Untuk kelancaran kegiatan, perwakilan Dinas Sosial Pemerintah Kota Surabaya (Lia) juga telah memberikan surat izin kegiatan pelatihan Perempuan Harapan di Taman Bungkul. (RP)

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    Topik Utama

    08

    Apa sih definisi kepemimpinan? Secara umum artinya kepemimpinan itu adalah proses memberi contoh dari pemimpin kepada pengikutnya. Lalu siapa sih yang pantas untuk jadi pemimpin? Ya, seseorang yang layak untuk jadi pemimpin ialah seseorang yang bisa memberi pengaruh kepada bawahan, kelompok, atau sekitarnya dan dapat mengarahkannya menjadi lebih baik dan mempunyai keahlian khusus di dalam organisasi atau instansi untuk mencapai tujuan organisasi atau instansi tertentu.

    Pada dasarnya keahlian seseorang dalam memimpin merupakan bakat pada seseorang sejak lahir atau dapat dilatih. Kepemimpinan itu bisa saja dilatih sejak dini yang dapat diasah terus menerus hingga layak menjadi seorang pemimpin yang handal yang dapat dibekali karakter yang positif tentunya semua ini bergantung pada seseorang atau lingkungan sekitar yang mengajarkan tentang sebuah kepemimpinan yang benar.

    Saat ini sebagian besar organisasi atau instansi selalu mencari pemimpin yang berani melakukan terobosan, dengan kata lain selalu mempunyai ide yang berbeda, berani mengambil keputusan yang berbeda, dan melakukan hal yang berbeda.

    Karakter merupakan salah satu tolak ukur dari seorang pemimpin yang diharapkan. Mempunyai kharisma yang kuat, jujur, kompeten, disiplin, menginspirasi, luwes, cerdas, berpandangan luas, selalu memikirkan ke depan, dan karakter karakter lainnya yang bisa menunjang seorang pemimpin untuk membawa

    organisasi atau instansinya menjadi lebih baik.

    Gerakan atau kekuatan yang dapat menimbulkan perubahan di dalam suatu lingkungan organisasi atau instansi tertentu. Jadi dapat disimpulkan ketika suatu pemimpin melakukan pengambilan keputusan, melakukan sesuatu yang berbeda maka hal itu dapat mempengaruhi seluruh tingkah laku pemimpin itu sendiri, orang yang dipimpinnya, dan lingkungan sekitarnya dalam berkomunikasi, menjalankan keputusan yang telah dicapai secara efektif atau tidak efektif dan apakah pengambilan keputusan tersebut dapat menimbulkan dampak atau tidak.

    Tak dapat dipungkiri bahwa di dalam berentrepreneur pun dibutuhkan sebuah kepemimpinan untuk menjalankan sebuah bisnis. Seorang owner bisnis juga dituntut untuk menjadi pemimpin yang profesional di dalam menjalankan bisnis yang dipunyai agar bisnis yang dijalankan berhasil dan orang orang sekitarnya juga nyaman bekerja di bawah kepemimpinan dia. (TO)

    KEPEMIMPINANITU PENTING

    Leaders Become Great, Not Because of Their Power, But Because of Their Ability to Empower Others. John MaxwellA leader is one who knows the way, goes the way, and shows

    the way. John Maxwell

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    KENALI JENIS KEPEMIMPINAN ANDA

    Topik Utama

    09

    Di dunia ini banyak sekali jenis tipe kepribadian orang, ada yang sabar ada pula yang tempramental. Penting bagi kita UC Onliners untuk mengenali mana yang baik untuk dicontoh dan mana yang tidak. Tentu ada kelebihan dalam setiap tipe orang. Jika UC Onliners adalah salah satu pemimpin di dalam pekerjaan maupun pemimpin dalam keluarga, yuk mari kita simak jenisnya berikut ini :

    1. Adaptif / InovativeMerupakan tipe kepemimpinan yang mampu menyesuaikan diri dengan cepat dengan situasi atau keadaan sekitar. Bisnis layaknya hutan rimba yang ganas, siapa yang mampu beradaptasi dengan suhu dan kondisi hutan dialah yang dapat bertahan. Ini merupakan tipe yang cukup penting dan harus dimiliki setiap orang meski tidak dominan pada diri anda. Setiap bisnis pasti akan melewati masa krisisnya, dengan adanya pemimpin yang adaptif maka akan mudah menyesuaikan situasi demi keberlangsungan bisnis. Contoh paling konkrit adalah Richard Brandson yang merupakan pemimpin Virginia Group (pesawat terbang). Ia selalu mampu melihat kondisi yang ada di dalam timnya, mana yang berjalan baik dan mana yang tidak. Namun kekurangannya adalah segala resiko yang timbul akan meningkat pula. Hal ini dikarenakan selalu ada pemikiran

    dan ide baru yang belum tentu 100% berjalan sempurna. Jangan kawatir jika UC Onliners merupakan salah satu sosok pemimpin bergaya inovative, karena sebuah kegagalan sudah bukan lagi hambatan untuk orang dengan tipe ini.

    2. Kecerdasan EmosionalDalam psikolog, ada kaitan erat antara emosi dengan kepemimpinan. Emosi memang diperlukan dalam pemimpin, namun rata-rata pemimpin yang sukses adalah orang yang dapat mengendalikan emosinya. Pemimpin dengan tipe kecerdasan emosional mampu mengendalikan emosinya, mengatur dirinya dan membuat relasi yang baik dengan tepat. Mempengaruhi orang demi tujuan tertentu merupakan salah satu teknik orang yang memiliki tipe ini. Contoh konkritnya adalah Donna Karan. Saat ada masalah menimpa perusahaanya DKNY yaitu perusahaan fashion, ia tidak langsung terlibat langsung di dalam masalah itu dan cenderung percaya kepada orang lain untuk menyelesaikan masalah. Namun ia tidak serta merta melepas tanggung jawab, Donna tetap memonitor masalah yang ada dan memberikan solusi solusi efektif jika ada

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    10

    Topik Utama

    halangan. Hal ini menyebabkan semua anggota dituntut bekerja lebih kreatif untuk menyelesaikan masalah dan kepuasan tinggi karena produktivitas tim yang baik.

    3. KarismatikOrang yang memiliki ciri karismatik adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain dari cara kepemimpinannya. Biasanya orang dengan tipe ini memiliki watak yang gigih dan pantang menyerah. Selain itu memiliki karakter semangat yang kuat sehingga banyak orang yang kagum akan sosok dirinya. Ia juga dapat menjadi motivator yang hebat sehingga orang lain akan terpacu untuk bekerja lebih keras. Contoh nyata seperti Oprah Winfrey, ia selalu berhasil membuat mendorong orang menjadi lebih baik melalui personalitasnya. Bahkan sepertinya ia selalu memiliki kepercayaan diri yang lebih baik daripada timnya sendiri. Namun perlu disadari terkadang sifat ini juga memiliki resiko yaitu ketergantungan pada sosok pemimpinnya. Jika pemimpin tidak lagi menjabat pada posisi itu maka seluruh anggota tim bisa saja kehilangan kepercayaan diri

    4. AuthenticKata yang paling tepat untuk menggambarkan pemimpin dengan tipe authentic adalah disiplin. Setiap bisnis khususnya bisnis yang baru startup harus memiliki watak kedisiplinan. Biasanya pemimpin tipe ini memiliki rasa tanggung jawab yang besar pada tugasnya. Contoh kongkrit adalah Jeff Besoz yang tidak lain adalah pendiri dari amazon ( Website toko online terbesar di dunia). Sifatnya selalu menerapkan stardart yang tinggi pada setiap pekerjaan untuk dirinya maupun timnya. Keuntungannya adalah mampu membuat project dengan kualitas yang baik dengan kecepatan dan efisiensi yang tinggi. Namun jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu lama beberapa orang akan merasa risih dan enggan untuk bekerja lagi dengan pemimpin tipe ini.

    5. Level 5 LeaderLevel 5 merupakan istilah untuk seorang pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional yang baik juga kharismatik. Mengejar impian dengan begitu hebatnya tanpa menyerah namun memiliki hati yang baik dengan pengendalian emosi yang tepat. Sangat jarang menemukan orang dengan tipe ini. Karena pemimpin tipe level 5

    mengutamakan kepentingan organisasi daripada pribadi, juga menahan ego demi kepentingan organisasi.

    6. Mindful LeaderTidak jarang kita menjumpai pemimpin dengan pemikiran lama yang sudah usang. Seperti sebuah keputusan yang didasarkan karena pengalaman lama. Padahal pengalaman itu belum tentu sama pada masa sekarang. Pemimpin yang mindful cenderung mendengarkan pendapat orang lain dan menganalisa setiap perubahan yang terjadi. Tidak mencemari keputusan dengan pemikiran lama yang belum tentu sama dengan saat ini.

    7. NarsismeDiantara yang baik ada pula yang tidak patut dicontoh. Bisa disebut kata narsisme karena terlalu mencintai dirinya sendiri. Biasanya mereka yang sudah berhasil dalam suatu hal dan cenderung menyombongkan diri sehingga tidak mau belajar lagi atau mendengarkan orang lain. Namun nyatanya pemimpin dengan tipe tidak selalu buruk juga karena mereka akan selalu memikirkan setiap kesalahan demi mencapai visi mereka.

    8. No-ExecuseBagi UC Onliners yang memiliki saudara ataupun kerabat yang bekerja di bidang militer, tentu hal ini sudah biasa. Selayaknya tentara, memiliki jiwaa yang tegas, berani dan keras. Mereka tidak akan mengampuni setiap kesalahan yang ada, semua aturan harus dilaksanakan dengan baik. Orang dengan karakter ini mampu membuat keputusan dengan cepat. Beberapa pemimpin dunia memiliki karakter ini, contohnya konkritnya adalah Tom Coughlin yang merupakan kepala pelatih perusahaan New York Giants. Ia selalu memiliki sifat keras dan berharap setiap orang akan melakukan hal yang sama. Namun kenyataanya Tom dengan sifat ini terbukti mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan keamanan, hukum dan keuangan dengan lebih baik daripada pemimpin lain dengan sifatnya seperti itu. Ini dikarenakan ia selalu dapat memenuhi target dan membuat keputusan yang cepat. Keras memang baik untuk beberapa hal tapi jika digunakan terlalu banyak akan membatasi kreativitas dan kemampuan mereka sendiri untuk berkarya. (at)

    Source : www.ciputra-uceo.net

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    Basuki Tjahaja Purnama

    Ahok, sapaan Basuki Tjahaja Purnama, merupakan putra Indonesia keturunan Tiong Hoa yang lahir di Belitung Timur, 47 tahun silam. Ahok merupakan anak tertua dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Alm. Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsih. Ahok menghabiskan masa kecilnya di Belitung Timur, dan merantau ke Jakarta semenjak SMA. Namun, setelah lulus SMA, ia kembali lagi ke Belitung Timur untuk bekerja. Ahok terkenal dengan prestasinya sebagai warga Tiong Hoa pertama yang berhasil duduk di bangku pemerintahan.

    Mengawali karier politiknya sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur hingga menjadi Wakil Gubernur Jakarta, Ahok semakin membuktikan nasionalismenya walaupun ia adalah warga keturunan minoritas. Hal ini dibuktikan dengan prinsip kepemimpinan Ahok yang ia tuangkan dalam tagline_nya; Bersih, Transparan, Profesional. Ahok dikenal sebagai salah satu pejabat yang sangat anti dengan korupsi. Bila kita melihat perjalanan hidup Ahok, maka ia tergolong sebagai governor entrepreneur atau seorang entrepreneur yang berkarier di dunia politik. Ia berhasil membuat inovasi-inovasi dalam pemerintahannya, yang belum pernah dilakukan oleh para pejabat lain. Akan tetapi, ternyata Ahok juga merupakan business entrepreneur. Seperti apakah inovasi bisnis dan pemerintahan yang pernah ia lakukan? Mari kita lihat

    bersama.

    Business Entrepreneur

    Setelah tamat SMA, Ahok melanjutkan studinya di Universitas Trisakti, mengambil jurusan Teknik Geologi di Fakultas Teknik Mineral. Lulus dari situ, ia kembali ke Belitung dan mendirikan CV. Panda, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT. Timah.

    Dua tahun kemudian, Ahok melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya dan mendapatkan gelar Magister Manajemen. Ia pun bekerja sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keungan proyek di PT. Simaxindo Primadaya. Pada tahun 1995, ia memutuskan keluar dari perusahaan tersebut dan membangun perusahaan sendiri di Dusun Burun Mandi, Belitung Timur. Perusahaan itu dinamakan PT. Nurindra Ekapersada. Perusahaan ini merupakan pabrik pengolahan asir kuarsa pertama di Belitung.

    Penyuap bakal takut pada pejabat yang tak mau disuap

    11

    Profile

    AHOK

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    Perusahaan yang ia dirikan tersebut mengadopsi dan mengadaptasi teknologi Amerika Serikat dan Jerman. Lokasi pembangunan pabrik ini adalah cikal bakal tumbuhnya kawasan industri dan pelabuhan samudra, dengan nama Kawasan Industri Air Kelik (KIAK). Pada tahun 2004, seorang investor Korea berhasil diyakinkan oleh Ahok untuk membangun Tim Smelter atau peleburan bijih timah di KIAK. Investor tersebut tertarik dengan konsep yang disepataki untuk menyediakan fasilitas kompleks pabrik maupun pergudangan lengkap dengan pelabuhan bertaraf internasional di KIAK. Keberhasilan ini sekaligus mengawali kiprah Ahok di dunia politik.

    Governor Entrepreneur

    Ternyata, Ahok sudah bercita-cita menjadi politikus sejak kecil. Cita-cita ini ditanamkan oleh ayahnya, yang pernah mengatakan di depan umum bahwa suatu saat anaknya akan duduk di bangku pemerintahan,

    untuk para fansnya. Website resmi yang mengulas segala sesuatu tentang Ahok adalah ahok.org. Selain itu, ia juga tak segan sering menghimbau masyarakat untuk langsung menghubungi media sosialnya, baik itu twitter, website, atau email, untuk melaporkan pelayanan buruk yang dijumpai masyarakat di sekitar Jakarta. Hasil kerjanya ini memperoleh beberapa penghargaan, antara lain Tokoh Anti Korupsi dari Gerakan Tiga Pilar Kemitraan (KADIN, Kementerian Pendayagunaan aparatur Negara dan Masyarakat Transparansi Indonesia) pada tahun 2007, Salah satu dari 10 Tokoh yang Mengubah Indonesia versi Majalah Tempo pada tahun 2006, serta Gold Pin Forum Demokrasi pada tahun 2006. (dbs)

    Profile

    meski saat itu mimpi tersebut mustahil dengan posisi keluarga mereka yang minoritas. Akan tetapi, Pada tahun 2004, Ahok mulai bergabung dengan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB) dan ditunjuk sebaga ketua DPC PIB Kabupaten Belitung. Pada pemilu 2004, Ahok terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung hingga tahun 2009. Meski seharusnya menjabat sebagai DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009, Ahok mengundurkan diri pada tahun 2005 dikarenakan mencalonkan diri sebagai calon Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Pada pencalonan ini, ia berpasangan dengan Khairul Effendi, B.Sc dari Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK). Mendapatkan 37,13% suara, pasangan ini memenangkan pilkada.

    Akan tetapi, karena merasa kurang memiliki wewenang untuk melakukan perubahan di Belitung, ia akhirnya mengundurkan diri sebagai bupati dan maju dalam Pilgub Bangka Belitung 2007. Jabatan sebagai bupati ia serahkan kepada wakilnya, Khairul Effendi, pada 22 Desember 2006. Keputusannya maju sebagai calon Gubernur ini didukung oleh mantan Presiden RI, K. H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Akan tetapi, dalam pemilihan ini Ahok dikalahkan oleh Eko Maulana Ali. Pada tahun 2012, Ahok akhirnya mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, diusung oleh Partai Gerindra. Ia berpasangan dengan Joko Widodo yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pasangan Jokowi-Ahok yang awalnya kontroversial ini mendapat 42,60% suara pada putaran pertama dan 53,82% suara pada putaran kedua, mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrow Ramli.

    Kiprah Ahok di dunia politik wajib diapresiasi. Berbagai inovasi telah ia lakukan untuk membuktikan transparansi pemerintahan. Bisa dibilang, ia adalah politikus pertama yang mempublikasikan semua agenda dan perjalanan dinas yang ia lakukan, layaknya seorang artis yang mempublikasikan jadwal

    UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    12

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    Beberapa hari yang lalu ketika pergi ke sebuah mall hendak mengganti baterai jam ternyata karyawannya sedang asyik menonton DVD di toko sebelah tanpa mempedulikan temannya yang sibuk melayani pembeli. Mungkin Anda juga sering melihat ketika sedang di sebuah mall atau plasa melihat pelayan toko yang malas-malasan atau kadang tidur-tiduran menelungkupkan wajahnya di meja. Pernah juga ketika belanja di pakaian di salah satu toko sebuah mall, pelayannya sungguh judes dan tidak menyenangkan. Bahkan teman saya pernah belanja pakaian yang harganya dinaikan oleh karyawannya.

    Apa saja yang harus kita persiapkan sebelum membuka sebuah toko, outlet atau counter di mall atau plasa?

    Seleksi Karyawan

    Salah satunya seleksi awal adalah dengan kita menginterview sendiri dan melihat performance karyawan tersebut setelah kita merasa cocok, selanjutnya adalah mengikutkan mereka psikotes sehingga mengetahui bagaimana kecerdasan dan karakter kepribadiannya. Karyawan seperti apakah yang kita cari? Apakah dia harus terampil dan cekatan dalam menggunakan alat-alat? Apakah dibutuhkan karyawan yang teliti atau karyawan yang pandai berbicara? Apakah cukup yang biasa-biasa saja yang penting mau belajar dan bisa dilatih. Kita juga harus tahu apakah karyawan tersebut

    Stars seorang yang berpotensi untuk dikembangkan, ambisi untuk maju dan bisa menjadi pemimpin.Workhorses Cukup berpotensi dan bisa bekerja tetapi agak sulit dikembangkan melebihi level atau kemampuannya.Problem Children karyawan ini mempunyai potensi untuk dikembangkan tetapi dia tidak bisa perfomance dengan baik.Deadwood Karyawan yang tidak berpotensi dan tidak bisa dikembangkan lagi.

    Membangun Sistem

    Setelah kita memperoleh karyawan dan mempekerjakan, kita juga harus mempunyai sistem atau standart operasional prosedur di tempat usaha kita. Karena kita tidak bisa mengawasi dari pagi sampai malam dengan beberapa outlet maka hendaknya kita memiliki sistem. Mulai dari sistem penjualan dan juga jobdesk karyawan itu sendiri.

    Karyawan Oh, Karyawan Oleh : Poejiati Tan

    13

    Artikel

    Dengan memiliki sistem kita bisa juga meminimalkan kerugian pada usaha kita. Misalnya : Kita memiliki counter makanan (Donat, foodstreet, stick, tako, sushi, cakue goreng, pentol dll) atau minuman (juice, teh, cincau, dawet, kacang ijo, es puter dll) bisa

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    dihitung dari jumlah makanan yg diberikan atau dari bahannya berapa kilo menjadi berapa makanan. Kalau penjual minuman bisa dari gelas plastik yang terjual, kalau juice karena harga berbeda-beda bisa dihitung dari jumlah buah dan stiker harga yang terjual.

    Sebelum memulai usaha sebaiknya dibuatkan dulu aturannya. Sepeti apa saja tugas mereka mulai dari buka toko sampai tutup toko. Bagaimana sistem penjualannya? Bagaimana cara melayaninya? Apakah harganya sudah harga fix atau harga yang masih bisa ditawar? Kalau bisa ditawar berapa harga terendah yang boleh diberikan. Ini kadang bisa menimbulkan korupsi karena ada kemungkinan karyawan menjual dengan harga normal tapi mengatakan harga diskon. Jadi salah satu caranya adalah dengan memberikan Bon dan menuliskan pada meja kasir bila tidak mendapatkan Bon, silahkan lapor. Ketika toko sepi karyawan bisa diminta untuk melakukan penghitungan stock barang, membersihkan barang-barang dari debu, mengecek expired date untuk supermarket. Memgubah tata letak barang, membuat laporan penjualan.

    Memberikan Training

    Jangan salahkan karyawan bila dia tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik karena tida tahu bagaimana caranya. Jadi setelah karyawan di terima kita wajib melatihnya dan memberitahu kepada karyawan tersebut tentang aturan di toko anda. Apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh. Bagaimana caranya melayani pelanggan dengan baik. Mungkin kita pernah melihat slogan 5S Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun. Tapi kalau itu hanya dipasang saja tanpa diberikan pelatihan bagaimana memberikan Salam dan Sapa yang Sopan.

    Mengadakan Evaluasi

    Mengadakan evaluasi ini sangat penting tidak hanya untuk pertumbuhan usaha kita tapi juga untuk kemajuan karyawan itu sendiri. Mereka akan tahu apa yang sudah dicapai dan apa yang belum memenuhi performance nya. Misalnya : Apakah karyawan sering datang terlambat atau meninggalkan toko? Kalau iya kenapa itu terjadi dan apakah ada sangsi. Kalau karyawan melakukan penjualan dengan baik apakah ada bonusnya atau reward apa yang akan dia terima. Kita tidak bisa hanya memberikan kritik atau hukuman kepada karyawan tanpa pernah memberikan pujian atau reward bila mereka melakukan sesuatu dengan baik. Kalau mereka melakukan kesalahan hendaknya kita memberitahu dan menunjukan bagaimana yang betul sehingga dia bisa memperbaikinya. Kalau kita memperlakukan karyawan dengan baik dan menanamkan sikap ikut memiliki usaha ini maka dia akan bekerja dengan baik pula.Kalau kita memiliki Toko atau counter selain produk yang kita jual. Pelayanan itu adalah ujung tombak apalagi ditengah persaingan yang ketat. Kita tidak mungkin melayani sendiri bila memiliki banyak toko atau counter dan kita membutuhkan orang lain untuk mewakili kita di toko tersebut. Kalau Karyawan percaya dan merasa senang dengan management, maka dia akan bekerja dan melayani dengan perasaan senang juga. Dia akan bekerja dengan baik, dengan puas dan itu juga akan mendatangkan profit buat usaha kita. Pengusaha sering lupa kalau Karyawan adalah aset perusahaan juga, perusahaan tidak akan bisa jalan kalau tidak ada karyawan, kita tidak mungkin mengerjakan semua pekerjaan apalagi kalau ingin menjadi besar.

    14

    Artikel

    Poedjiati Tan http://poedjiatitan.blogspot.com/Seorang psikolog, penulis, peneliti dan pengajar. Mantan alet nasional Taekwondo. aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan. Salah satu pendiri NLP Coach Indonesia bersama Erni Julia Kok. Aktif memberikan training atau seminar di berbagai tempat.Facebook : Poedjiati Tan

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    Ada satu hal yang sangat penting dalam kehidupan berbisnis atau dalam kehidupan apapun yang kita jalani. Kita harus berani berkata TIDAK.

    Ada teman bertanya pada saya, Pak San, anda mengurus begitu banyak perusahaan, juga melakukan begitu banyak pekerjaan. Mulai dari membuat business wisdom radio PAS FM, mengisi seminar, berbisnis sampai memimpin beberapa perusahaan. Bagaimana rahasia anda memanage waktu?

    Jawaban saya sederhana, Lakukan apa yang perlu anda lakukan dan tinggalkan apa yang tidak perlu. Orang sering melupakan untuk memutuskan tidak melakukan sesuatu. Kita kadang hanya menekankan apa yang perlu dilakukan. Tapi sering melalaikan untuk mengingat atau tahu apa yang tidak perlu kita lakukan.

    Anda seharusnya menanyakan apakah list pekerjaan yang direncanakan; 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 harus dilakukan sesegera mungkin dan sekarang juga, agenda penuh dengan list dari atas sampai bawah. Apakah sempat? Yang perlu anda lihat pada pekerjaan2 itu adalah:

    Pertama, apakah pekerjaan yang akan dilakukan menambah nilai untuk kehidupan kita baik kehidupan sosial atau kehidupan bisnis kita dalam jangka panjang.

    Kedua, apakah pekerjaan itu sesuai dengan goal yang telah kita tetapkan?

    Ketiga, apakah pekerjaan itu sudah

    efektif dan efisien untuk kita kerjakan.

    Keempat, apakah pekerjaan itu akan mempengaruhi atau memperbaiki hubungan kita dengan klien kita, brand kita, pelanggan kita ataupun orang-orang yang penting dalam kehidupan kita.

    Yang kelima, apakah pekerjaan itu akan membuat kita menjadi lebih pandai, lebih cerdas, lebih mampu, lebih punya kapabilitas baru yang penting dalam hidup ini, atau lebih mengembangkan jaringan kunci kita.

    Bila semua parameter di atas sering jawabannya tidak, bahkan tidak mempunyai nilai yang signifikan apapun dalam kehidupan kita, maka hal yang terbaik adalah mengatakan tidak.

    Pekerjaan yang harus kita pilih adalah yang tidak dapat kita hindari, yang mengasilkan terbanyak dan yang merupakan kekuatan inti kita. Semua hal yang bisa di delegasikan, lebih baik dikerjakan orang lain saja, kita coba fokus pada beberapa hal saja yang penting. Tidak perlu 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10. Mungkin kita hanya harus melakukan 1, 5, 7, saja. Dan melakukannya dengan sebaik baiknya.

    Salam tidak.

    BERANI BERKATA TIDAK Oleh : Tanadi Santoso

    15

    Inspirasi

    Tanadi Santoso adalah seorang Entrepreneur, Public Speaker & Corporate Trainer yang menggabungkan konsep-konsep akademis dan pendekatan praktis tepat guna yang memotivasi pesertanya. Saat ini dia seWebsite : www.tanadisantoso.comTwitter : @tanadisantosoFacebook : Tanadi Santoso

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    16

    Life Story

    Waktu acara Bootcamp BMI di UC (12-14 Agustus 2014), ada Pak Kukuh Luky yang pernah menjadi TKI di Jepang menceritakan pengalamannya. Pak Kukuh sekarang sudah punya usaha dan menjadi entrepreneur yang mengajar di Universitas Ciputra. Pak Kukuh mengatakan, BMI (Buruh Migran Indonesia) kalau pulang, secepat mungkin (paling tidak 2 minggu) sudah berwirausaha. Jika bingung usaha apa, lihatlah sekitar kita. Itulah sebabnya, UC mengajarkan bagaimana mengidentifikasi peluang. Kalau ditunda, pasti uang akan habis buat belanja dan untuk hal lain.

    Pak Kukuh juga bilang, tentu ada kemungkinan usaha tidak berhasil. Tapi kalau usaha sudah dilakukan dan uang habis, jangan kemudian langsung berpikiran untuk cari modal lagi dengan bekerja di luar negeri. Kalau kita sudah berbisnis, maka kita sudah punya modal kepercayaan dari orang lain. Dengan kata lain, kita bisa tetap melanjutkan usaha tanpa modal. Modalnya adalah kepercayaan. Kita bisa mengambil barang untuk usaha dengan bayar belakang karena selama bisnis kita bisa dipercaya.

    Memang, hambatan utamanya adalah dari keluarga. Biasanya kalau mau mulai usaha, pasti banyak yang mengatakan, masa sudah kerja di luar negeri, uang banyak, trus jualan telor di pinggir jalan. Pak Kukuh waktu itu memutuskan untuk usaha jual telor. Tapi omongan seperti itu diabaikan oleh Pak Kukuh. Dia tetap dengan semangat berjualan hingga kemudian usahanya makin besar. Dia sendiri pernah gagal juga, namun bangkit kembali. Kini dia juga punya perusahaan konstruksi. Pak Kukuh mengatakan bahwa harus berani melakukan usaha. Kalau ragu-ragu dan takut memulai apalagi menunda-nunda, maka hasilnya juga tanda tanya.

    Yang terakhir, ini yang paling penting: TIDAK ADA SUKSES YANG INSTAN. Semua itu butuh waktu. Kesuksesan tidak bisa langsung. Pak Kukuh mengatakan butuh waktu 5 tahun. Mungkin orang bilang, kok lama sekali 5 tahun? Ya, pak Ciputra sendiri juga butuh waktu bertahun-tahun. Bahkan

    pengusaha sukses manapun akan butuh waktu untuk sukses. Kalau Anda tidak sabar, maka pasti akan segera memilih jalan lain. Kalau kita jalani, sebenarnya waktu juga berjalan tak terasa. Bukankah ada yang sudah bertahun-tahun kerja di luar negeri tanpa terasa? Mungkin awalnya cuma mau kontrak 2 tahun, tapi tak terasa sudah 6 tahun, 8 tahun atau bahkan lebih dari 10 tahun kerja di luar negeri.

    Nah, kalau kita wirausaha, 5 tahun itu juga tak terasa. Saya pikir benar juga, saya sendiri tak terasa sudah bekerja 4 tahun di Universitas Ciputra. Kalau kita jalani apa yang menjadi passion kita, maka waktu akan tak terasa, semangat dan energi juga terus ada. Memang, kata pak Kukuh, tinggal di luar negeri itu lebih enak. Tapi kalau kita bisa membangun usaha sendiri di tempat tinggal kita, bukankah itu lebih baik.

    Pak Kukuh tinggal di Malang namun kantornya di Surabaya. Saat ini sedang menyelesaikan studi S3 program doktor di Universitas Brawijaya Malang.

    Terima kasih untuk pak Kukuh atas kesediaannya berbagi pengalaman dan tips berbisnis.

    Salam entrepreneur dan sukses bagi yang berani memutuskan untuk segera berwirausaha! (na)

    www.nur-agustinus.blogspot.com

    Kiat bagi BMI yang Ingin Berentrepreneur

    Kukuh Luky

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    Penulis : A.K Palupi LupePenerbit : Kota Mekkah, Jawa Barat April 2014ISBN : 978-602-1875-4-76

    Buku ini adalah komik kocak tentang Basuki Tjahja Purnama atau biasa dikenal sebagai Ahok. Buku ini mengungkap strategi-strategi yang dilakukan Ahok dalam loncatan lintas jabatannya. Buku ini lebih kepada komik, namun isinya tetap menyajikan informasi yang menarik karena dikemas dalam bentuk komik kartun yang kocak, sehingga pembaca bisa membacanya sebagai bacaan

    ringan namun tetap tidak mengurangi informasi penting yang ada di dalam komik tersebut.

    Komik ini mengungkap banyak hal mengenai Ahok, mulai dari siapa sebenarnya Ahok, program-program nya bersama Pak Jokowi seperti sekolah gratis, cara mengatasi penyakit kronis Pegawai Negeri Sipil (PNS), strategi birokrasi yang mudah dan cepat, transparansi anggaran, sampai julukan Ahok Si Ikan Salmon yang selalu melawan arus. Karena menurutnya, ikan yang mengikuti arus adalah ikan yang mati. Serta julukan Ahok yang lain yaitu Ahok Si Kutu Loncat yaitu lompatannya dalam berpindah-pindah partai, sampai perjuangan lintas jabatannya. Tidak lupa, komik ini juga menyuguhkan segi kehidupan pribadi Ahok, mulai dari hubungan dengan istrinya (Ibu Vero), serta hubungan Ahok dengan ayah dan keluarganya (Basuri T. Purnama, Fify Lety, serta Harry Basuki T.Purnama, MBA). Ahok mendapat inspirasi dari ayahnya untuk bisa menjadi pemimpin yang baik, benar, dan jujur untuk rakyat.

    Melalui komik ini, pembaca bisa mengetahui tentang latar belakang Ahok, bagaimana dia berjuang, serta cara/strategi apa yang dia gunakan untuk membenahi Jakarta bersama Pak Jokowi. Komik ini tidak seperti buku politik yang berat untuk dipahami pembaca. Banyak cara Ahok yang diungkapkan di komik ini, yaitu misalnya bukan dengan cara memberi rakyat uang, tapi dengan cara mendidik rakyat untuk menjalankan kampanye dengan bersih walaupun dia sendiri kalah dalam pemilihan Gubernur Belitung. Komik ini menarik karena informasi yang disajikan informatif serta disuguhkan dalam balutan komik yang kocak. (rp)

    LeadershipPenulis : James MacGregor BurnsPenerbit : Harper, New York, 1978

    Buku Leadership karangan James Macgregor Burns ini menjelaskan tentang 3 dasar kepemimpinan yaitu kekuasaan, tujuan, dan hubungan. Basic kepemimpinan yang pertama adalah membuat perbedaan antara kekuasaan dan kepemimpinan. Tidak semua pemegang kekuasaan adalah pemimpin. Perbedaan antara pemimpin dan pemegang kekuasaan adalah bahwa para pemimpin mengambil tujuan pengikut, motif, perasaan, dan kebutuhan.

    Basic kepemimpinan yang kedua adalah tujuan. Jika pemimpin sejati melakukan kepemimpinan yang benar dan pemegang kekuasaan melakukan kepemimpinan yang salah, maka perbedaannya adalah tujuan.

    Basic kepemimpinan yang ketiga adalah sebuah hubungan. Hubungan antara pemimpin dan bawahannya atau pengikutnya dapat terjadi secara alami. Di dalam hubungan antara pemimpin dan pengikutnya sebaiknya saling melibatkan agar dapat meningkatkan kinerja maupun menjadikan motivasi lebih tinggi.

    Transaksional kepemimpinan terjadi ketika seseorang mengambil inisiatif terhadap apa yang terjadi maupun dalam melakukan kontak dengan orang lain dengan tujuan tertentu.

    Buku Leadership yang legendaris ini telah ditulis pada tahun 1978. Penulis buku ini yakni James Macgregor Burns ini dianggap ayah kepemimpinan dan telah banyak berkontribusi di dalam kepemimpinan. (TO)

    Gebrakan Ahok

    17

    Resensi Buku

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014

    THE BILLIONAIREJangan pernah menyerah apapun yang terjadi, jika kita menyerah maka semuanya akan berakhir.

    Release Date : 9 February 2012 (Singapore)Genre : Biography | DramaStars : Pachara Chirathivat, Walanlak Kumsuwan, Somboonsuk Niyomsiri

    Film yang diproduksi Thailand pada tahun 2011, diangkat dari kisah nyata pengusaha muda yang bernama Top Ittipat. Film yang berjudul The Billionaire tersebut menceritakan bagaimana awal mula bisnis rumput laut Tao Kae Noi sampai menjadi sukses sampai sekarang. Perjuangan anak muda yang jatuh bangun di bisnisnya yang tidak membuat Top cepat menyerah.

    Top Ittipat merupakan anak muda yang gemar bermain game online seperti pada umumnya. Pada usia 16 tahun, Top mempunyai penghasilan bulanan dari hobinya. Dari situ Top mulai senang berbisnis. Pada waktu itu orangtua Top berambisi agar anaknya

    dapat masuk ke Universitas Negeri dan ternyata Top dinyatakan tidak lolos dan akun game onlinenya diblok oleh admin dari game online tersebut karena dianggap telah disalahgunakan.

    Sejak saat itu Top memulai bisnis lainnya, yaitu dengan berjualan dvd. Bisnis dvd pun tidak bisa dijalankan juga karena semua dvd yang dia beli rusak. Top kemudian mencari ide bisnis lainnya, yaitu berjualan chestnut (kastanye). Top melakukan riset kecil - kecilan untuk membuka usaha kastanye. Kastanye yang diproduksi pada awalnya tidak berjalan baik karena masalah penyewaan lokasi yang salah di mall. Akhirnya Top meminta pemindahan lokasi pada pihak mall, dan bisnis kastanyenya berjalan dengan baik. Sampai pad suatu saat terjadi masalah yang tak bisa terhindarkan yaitu asap dari produksi kastanye mengganggu dinding mall yang menyebabkan black spot pada dinding atas tempat berjualan kastanye tersebut.

    Di saat yang bersamaan keluarga Top harus pindah ke Cina karena mereka terlilit utang sebesar 40 juta bath, Top berpikir untuk bisa mengembalikan utang keluarganya tersebut. Jatuh bangun yang dialami Top tidak membuatnya cepat menyerah, Top terus mencari jalan keluar bagi masayang tidaklah yang dihadapinya. Di saat rumahnya sudah disegel, Top mulai berkenalan dengan makanan ringan dari rumput laut yang masih jarang ditemui di pasaran. Dari situ dia melakukan riset lagi untuk bisnis barunya, dan riset yang dia lakukan tersebut semakin membuat keuangannya menipis. Di saat yang tidak terduga, akhirnya riset rumput laut yang diberi nama Tao Kae Noi berhasil dan laku keras dijual di pasaran.

    Setelah rumput laut Tao Kae Noi banyak disukai masyarakat Thailand, akhirnya Top memikirkan untuk mengembangkan usaha dengan memasukkan produk rumput lautnya ke store retail jaringan internasional yaitu 7eleven. Setelah Tao Kae Noi diterima di 7eleven, Top mendapat kesulitan dalam mendapatkan dana untuk membangun sebuah pabrik Tao Kae Noi yang harus diseleksi dahulu dalam melakukan produksi untuk seluruh jaringan 7eleven di Thailand. Namun sekali lagi, Top tidak menyerah dalam menghadapi masalah yang ada. Akhirnya Tao Kae Noi pun lolos seleksi, dan berhasil mendistribusi produknya ke 3000 jaringan Tao Kae Noi di Thailand pada saat Top berusia 19 tahun. Beberapa tahun kemudian, hutang keluarganya lunas.

    Pada saat usia 26 tahun, Top telah memperkerjakan 2000 karyawan dan medapat penghasilan 800 juta bath per tahun. (to)

    18

    Resensi Film

  • UC

    Onl

    iner

    ju

    li-A

    gust

    us 2

    014

    Profil Peserta

    19

    Sarjiyem

    Perempuan yang satu ini telah mengikuti pembelajaran yang ada di Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO) adalah Sarjiyem. Dia yang dikenal dengan panggilan akun facebooknya Sari Gunkid saat ini berdomisili di Hongkong sebagai BMI (Buruh Migran Indonesia), namun semangatnya untuk belajar entrepreneurship terus menyala agar suatu hari kelak ketika dia pulang ke negara asalnya (Indonesia) bisa mandiri secara finansial. Ibu dari 1 anak ini mengikuti program Pengantar Entrepreneurship Retail (PER), Manajemen Entrepreneurship Retail (MER), Pengantar Entrepreneur Kuliner (PEK), T100, dan Pengantar Entrepreneurship Pariwisata (PEP) dan telah menyelesaikan semuanya.

    Kesan dari perempuan kelahiran Gunung Kidul, 5 Desember 1978 tersebut selama mengikuti program pembelajaran di UCEO adalah dapat menambah pengetahuan lebih banyak lagi mengenai entrepreneurship serta mengikuti program kelas yang ada di UCEO sangat menyenangkan. Semoga pembelajaran apa yang didapat di UCEO dapat membantu teman-teman semua untuk menjadi Entrepreneur. Salam Entrepreneur! (rp,to)

    Ika Putri Novitasari yang biasa dipanggil Jessica Saiful Rochman saat ini berdomisili di Hongkong sebagai BMI (Buruh Migran Indonesia). Tetapi jangan meremehkan perempuan yang satu ini, karena setelah mengikuti pembelajaran online yang diadakan Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO) ini sangat giat dalam belajar dan mendalami ilmu entrepreneurship hingga dia bisa menerapkan ilmunya untuk menjalankan usaha sendiri. Beberapa program yang telah diikuti oleh perempuan yang berasal dari Blitar ini diantaranya adalah kuliah online ECW bath 1, T100, serta Pengantar Entrepreneurship Pariwisata (PEP) yang baru saja diselesaikannya. Usaha yang sedang dijalankan saat ini adalah Puspa alam Tour & Travel dan Muslimah House of Ghaniyya.

    Saya begitu bangga dan senang bisa ikut progam pembelajaran online ini, ilmu yang sebelumnya belum saya mengerti sekarang saya dapatkan dan saya terapkan. Terutama ilmu marketing, bagaiman menarik pelangan, bagaimana membaca peluang, dan mempertahankan usaha, itu semua saya dapatkan dari progam belajar ini. Jelas Jessica. Setelah mengikuti PEP pun Jessica merasa ilmu yang didapat sangat berguna untuk mengembangkan program kampung wisata di salah satu desa di Blitar sehingga dia bisa ikut mengembangkan usaha wisata yang ada di daerah tersebut menjadi lebih baik lagi. Salam Entrepreneur! (rp,to)

    Ika Putri Novitasari

  • UC

    Onliner juli-A

    gustus 2014