TOR AFAIR UI (2016)

download TOR AFAIR UI (2016)

of 13

description

AFAIR UI merupakan sayembara tahunan yang diselenggarakan oleh pihak UI.

Transcript of TOR AFAIR UI (2016)

  • Tanpa disadari, arsitektur telah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Setiap saat, manusia berusaha untuk ber tahan hidup (dengan makan, minum, melakukan hobi, berinteraksi so-sial, dsb), maka setiap saat pula lah manusia berarsitektur. Namun , tidak semua manusia memahami dan menyadari makna sesungguhnya dari arsitektur, sehingga keberadaan arsitektur sebagai suatu hal yang seharusnya dilakukan secara sensible, telah berubah menjadi hal yang insensible. Sehingga, arsitektur tidak lagi meningkatkan kualitas hidup manusia, melainkan merusak lingkungan tempat manusia hidup.

  • Merancang dengan pendekatan dan pola pikir seorang antariksawan: hidup di lingkungan dengan persediaan sumber daya yang terbatas.

    1. Menerima tantangan untuk menciptakan konsep desain yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan2. Memunculkan sebuah kesadaran/keinginan untuk me-merhatikan dampak arsitektur (lingkung bangun) ter-hadap lingkungan tempat didirikannya (lingkung alam) dalam proses merancang

    Antariksawan hidup di luar angkasa dengan atmosfer dan lingkungan yang tidak cocok untuk manu-sia. Mereka harus bisa berpikir ke depan dan menangani kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dengan mempertimbangkan terbatasnya sumber daya yang mereka miliki. Mereka ber tindak bukan berdasarkan apa yang mereka inginkan, melainkan berdasarkan apa yang mereka butuhkan.

    Dengan kata lain, mereka mencoba untuk mengurangi seminimal mungkinfungsi ruang yang tidak berguna.

    THEME

    PURPOSE

    APPROACH WAY OF THINKING

  • Peser ta ditantang untuk menghasilkan sebuah konsep desain yang memberikan solusi untuk menghadapi Dunia Hari Ini. Yang dimaksud dengan Dunia Hari Ini adalah persedian yang yang terbatas (lahan, material, dan sumber daya). Konsep desain haruslah peka dan sadar akan masa-lah sumber daya yang terbatas. Desain harus sensible untuk mengatasi masalah sumber daya yang terbatas dengan membangkitkan indera/perasaan kita dari keadaan yang insensible.

    Peser ta menciptakan sebuah konsep desain yang dapat memper tahankan kelangsungan hidup se-seorang berdasarkan keahliannya. Keluaran dari desain ini harus dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Peser ta bisa menggunakan teori apapun yang membahas tentang kebutuhan manusia untuk pengembangan desain.

    Satu tim yang terdiri dari 2-3 anggota berdasarkan tim peser ta sayembara dengan keahlian berbeda dan memperlihatkan bagaimana arsitektur dan konteks saling merespon sehingga dapat menambah keunikan dan ciri khas desain anda pada konteks tersebut. Skenarionya adalah, tim kalian yang berperan sebagai survivor diperbolehkan untuk membawa delapan hal (maksimum) yang merupakan hal paling penting (menurut interpretasi berdasarkan jurusan pendidikan/keahlian kalian) untuk ber tahan hidup di arena yang akan disebutkan.

    WHAT TO DO

    WHO

    ??

  • Kalian diundang untuk memasuki sebuah arena yang memiliki beberapa lingkungan yang berbeda dan ber tahan hidup di arena tersebut dalam jangka waktu ter tentu,

    yang kalian putuskan sendiri durasinya. Kalian dapat memilih sebuah spot di arena yang menurut kalian paling baik untuk ber tahan hidup berdasarkan analisis sebelumnya.Durasi waktu yang kalian tentukan di awal akan memengaruhi desain yang berupa

    tempat bernaung untuk 2-3 orang (sesuai jumlah anggota tim) dan berdasarkan pada analisis tentang kemampuan manusia ber tahan hidup dalam kondisi yang ditentukan.

    !

  • Berikut adalah arena yang akan kalian hadapi.

    1. CLIFFS

    2. LAND RIVER

    3. GRASSLAND

    (+) pohon sedikit, tidak ada biinatang buas, banyak bebatuan(-) kontur tanah sedikit curam, jauh dari sungai

    (+) banyak pepohonan, tanah, sungai(-) binatang buas, lembab, dan kontur tanah curam

    (+) dekat dengan sungai(-) tidak ada pohon, hanya rumput dan tan-ah

  • SITE

    Pada sayembara ini, kami mengajak kalian untuk mengatur strategi untuk memenuhi rasa aman dan kebutuhan dasar manusia di arena yang ditentu-kan selama durasi waktu yang diputus-kan. Kalian sebaiknya memanfaatkan material yang tersedia di arena untuk kemudian diolah menjadi pemenuh ke-butuhan dasar manusia. Deskripsi dari arena yang sudah diberikan harus di-analisis kembali dengan teori dan fakta secara komprehensif sehingga dapat membantu kalian untuk mengembang-kan desain tempat bernaung.

  • Desain merupakan sesuatu yang berfungsi untuk memberikan rasa aman dan memenuhi kebutuhan dasar manusia sebagai respon dari

    bagaimana cara kerja alam di arena.

    Desain berfungsi untuk memenuhi rasa aman dan kebutuhan dasar manusia lainnya baik secara f isik (outside) maupun psikis (inside).

    Dimensi desain harus dapat mengakomodasi perpanjangan tubuh manusia dalam aktivitas-aktivitas ber tahan hidupnya.

    Ukuran maksimum dari desain adalah 9m2

    Konsep desain ditujukan untuk ber tahan hidup, dengan tim kalian sendiri sebagai user. Kebutuhan apa saja untuk ber tahan hidup ini lah yang harus dianalisis terlebih dahulu. Jurusan pendidikan/keahlian kalian dan analisis yang muncul berdasarkan ilmu dan keahlian kalian akan menjadi keunikan tersendiri dalam konsep desain.

    Konsep desain haruslah sensible bahwa sumber daya yang tersedia di are-na terbatas. Konsep desain mengadaptasi sumber daya yang terbatas ini ser ta mendukung hidup tim kalian yang terdiri dari orang-orang dengan keahlian yang berbeda (dan kebutuhan hidup yang berbeda pula).

    Konsep desain juga didasarkan pada teori apapun mengenai kebutuhan dasar manusia, dengan tidak melupakan keunikan diri sendiri (dengan keahlian dan kebutuhan pribadi) untuk ber tahan hidup. Kalian diperbole-hkan membawa maksimum delapan barang paling penting (menurut in-terpretasi berdasarkan jurusan pendidikan/keahlian kalian) untuk ber tahan hidup di arena.

    Material yang tersedia di arena harus diper timbangkan dalam konsep desain, baik dalam pengolahan bahan dan penggunaan

    Hasil desain adalah sebuah tempat bernaung untuk 2-3 orang yang men-dukung kebutuhan dasar kalian untuk ber tahan hidup.

    DESIGNIDEAS

    DESIGNCONSIDERATIONS

  • Presentation Board yang menjelaskan konsep desain secara ringkas dan jelas (mind map/diagram) ser ta proses desain hingga desain akhir (gambar/diagram). Kami mengharapkan presentasi yang kreatif, inovatif, dan unggul.

    1. Output desain dibuat dalam format digital .jpeg dengan kualitas 300pixel/inch,

    2. Maksimal jumlah halaman output adalah 5 (lima) halaman ker tas A3 (297mm x 420mm, por trait),

    3. Output yang terdiri dari: a. Penjelasan singkat mengenai konsep dan ide secara komprehensif b. Analisis konteks (site) c. Analisis konsep desain terhadap rasa aman dan kebutuhan dasar manusia d. Gambar-gambar perspektifdigabung dalam f ile pdf dengan nama AFAIR2016/nomor registrasi Anda,

    4. Diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris,

    5. Nomor registrasi dicantumkan di bagian kiri bawah pada setiap halaman,

    6. Softcopy dikirimkan ke [email protected] dengan subject: AFAIR2016/nomor registrasi anda,

    7. Finalis yang terpilih diharuskan membuat presentasi digital dan sebuah maket yang akan dipresentasikan pada pameran AFAIR 2016 sebagai media untuk penjurian akhir.

    OUTPUTREQUIREM E N T S

  • OrisinalitasKonsep desain datang dari pemikiran peser ta dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

    KreativitasKonsep desain merupakan sebuah inovasi atau ide baru.

    Analisis DesainKonsep desain dapat memberikan rasa aman dan memenuhi kebutuhan dasar manusia. Data, fakta, dan teori dapat digunakan untuk membuktikan desain kalian.

    KontekstualitasKonsep desain dapat beradaptasi dengan keadaan/situasi yang telah dijelaskan sebelumnya (kontekstual).

    1. Mahasiswa S1 atau sederajat2. Satu tim berisikan 2-3 orang, diketuai oleh seorang mahasiswa arsitektur/arsitektur interior dan memiliki minimal satu mahasiswa dari jurusan lain. Adanya anggota tim yang berasal dari bidang lain dan penerapan ilmu bidang tersebut sebagai dasar ide perancangan akan menjadi nilai tambah.3. Satu nomor pendaftaran hanya berlaku untuk satu desain.

    GENERALPARTICIPANTS

    REQUIREMENTS

    JUDGING CRITERIA

  • HOW TO REGISTER

    Peser ta membayar uang pendaft-aran ke rekening Bank Mandiri

    900-00-2990054-6a/n Fatimah Syawie

    Mengupload bukti pembayaran dan hasil scan kartu tanda

    mahasiswa ke websitewww.afairui.id dengan format

    COMPETITION PAYMENT/nama ketua kelompok/

    universitas.

    Contoh: COMPETITION PAYMENT/Quena Rosanti/Universitas Indonesia.

    Peser ta akan mendapatkan nomor registrasi dari panitia

    Registrasi dapat dilakukanpaling lambat pada

    19 Oktober 2015

    Registrasi Online : 19 August 2015 20 November 2015 Sharing and Techmeet : 19 September 2015Deadline Proposal desain : 19 October 2015 20 November 2015Penjurian Per tama : 23 November 2015 18 December 2015Pengumuman 5 Terbaik : 8 January 2016Penjurian Akhir dan Presentasi : AFAIR 2016 Main Event

    COMPETITIONAGENDA

    Biaya pendaftaran:sebelum 19 September : Rp. 75.000,- setelah 19 September : Rp. 100.000,- (tim yang melakukan pendaftaran sebelum

    tanggal 19 september dapat menghad-iri rangakian acara preevent afair pada

    tanggal 19 september secara gratis)

  • PRIZES

    Rp. 6.000.000,-dan seritif ikat + plakat

    Rp. 4.000.000,-dan seritif ikat + plakat

    Rp. 2.000.000,-dan seritif ikat + plakat

    Rp 500.000,-dan sertif ikat

    Rp 500.000,-dan sertif ikat

    *Penyelenggara berhak mengganti hadiah pemenang dengan produk lainnya yang bernilai serupa tanpa pemberitahuan sebelumnya.

    Budi Sukada

    Mohammad Nanda Widyarta

    Eko Prawoto

    JUDGESnd

    23

    th

    th

    45

    th