Suplemen Cool 10-9-2013

3
COOL 10 September 2013 Hadapi Peperanga Rohani (Sampai Tuntas) Peperangan kita bukan melawan darah dan daging tapi melawan penguasa-penguasa di udara. Untuk itu perlu mengenakan selengkap senjata Allah (Efesus 6:14-18). Namun terkadang peperangan yang terbesar itu adalah mengalahkan raksasa yang ada dipikiran dan kondisi di sekitar kita. Iblis suka pakai kepalsuan dan tipuan raksasa untuk mengalahkan kita dan hidup di luar kasih karunia yang sudah Tuhan kerjakan. Daud menghadapi raksasa dengan kesadaran bahwa dia: Memerlukan Tuhan, fokus pada Tuhan bukan pada raksasa, tidak mengandalkan diri sendiri (1 Sam 17:45). Memerlukan sesuatu (senjata) yang dari Tuhan (1 Samuel 17:40). Musuh Daud itu ada 5 raksasa. Dia ambil batu lima biji itu bukan untuk cadangan. Do you agree? Karena bangsa Israel itu terlatih melempar umban tidak pernah meleset dari sejak jaman Hakim2 (Hak 20:15). Jadi raksasa nya Filistin itu ada 5, yang paling kuat itu Goliath (1 Samuel 17:8-9). 2 Samuel 21:15-22 Raksasa yang tidak kita bunuh secara tuntas akan muncul lagi suatu saat dan menjadi jerat serta bisa membuat kita menjadi weary lelah secara mental. 5 Nama Raksasa dan orang yang membunuhnya: 1. Yisbi Benob Dari 2 akar kata, i.e.: a. Yshab Duduk u/menghakimi kadang kita Cuma duduk dan komentar saja tanpa melakukan apa2. Berdiam diri, kembali duduk, tetap tinggal duduk. b. Nob Buah Jadi Yisbi Benob artinya tetap tinggal duduk di tempat adanya kenikmatan (buah) Tinggal dalam zona nyaman dan enggan untuk berperang. Yang mengalahkan Yisbi Benob: Abisai anak Zeruya. Zeruiah dari akar kata ts e rı̂y tsrı̂y (tser-ee, tsor-ee). Meretak-kan (to crack) sehingga bocor dan akhirnya menghasilkan ekstrak murni seperti hasil dari proses destilasi untuk memisahkan minyak murni dari air. Abisai dari dua nama: a. Ab Bapa/sumber.

description

cool

Transcript of Suplemen Cool 10-9-2013

COOL 10 September 2013Hadapi Peperanga Rohani (Sampai Tuntas)

Peperangan kita bukan melawan darah dan daging tapi melawan penguasa-penguasa di udara. Untuk itu perlu mengenakan selengkap senjata Allah (Efesus 6:14-18).

Namun terkadang peperangan yang terbesar itu adalah mengalahkan raksasa yang ada dipikiran dan kondisi di sekitar kita. Iblis suka pakai kepalsuan dan tipuan raksasa untuk mengalahkan kita dan hidup di luar kasih karunia yang sudah Tuhan kerjakan.

Daud menghadapi raksasa dengan kesadaran bahwa dia: Memerlukan Tuhan, fokus pada Tuhan bukan pada raksasa, tidak mengandalkan diri sendiri (1 Sam 17:45). Memerlukan sesuatu (senjata) yang dari Tuhan (1 Samuel 17:40).

Musuh Daud itu ada 5 raksasa. Dia ambil batu lima biji itu bukan untuk cadangan. Do you agree? Karena bangsa Israel itu terlatih melempar umban tidak pernah meleset dari sejak jaman Hakim2 (Hak 20:15). Jadi raksasa nya Filistin itu ada 5, yang paling kuat itu Goliath (1 Samuel 17:8-9).

2 Samuel 21:15-22Raksasa yang tidak kita bunuh secara tuntas akan muncul lagi suatu saat dan menjadi jerat serta bisa membuat kita menjadi weary lelah secara mental.5 Nama Raksasa dan orang yang membunuhnya:1. Yisbi BenobDari 2 akar kata, i.e.:a. Yashab Duduk u/menghakimi kadang kita Cuma duduk dan komentar saja tanpa melakukan apa2. Berdiam diri, kembali duduk, tetap tinggal duduk.b. Nob BuahJadi Yisbi Benob artinya tetap tinggal duduk di tempat adanya kenikmatan (buah) Tinggal dalam zona nyaman dan enggan untuk berperang.Yang mengalahkan Yisbi Benob: Abisai anak Zeruya.Zeruiah dari akar kata tsery tsory (tser-ee, tsor-ee). Meretak-kan (to crack) sehingga bocor dan akhirnya menghasilkan ekstrak murni seperti hasil dari proses destilasi untuk memisahkan minyak murni dari air.Abisai dari dua nama:a. Ab Bapa/sumber.b. Shay dari akar kata Savah buah, gift, to level = Samakan standar. Samakan standar/buah kita dengan yang Bapa punya. Standar Bapa itu kesempurnaan.Jadi kita harus keluar dari zona nyaman dengan rela u/diproses hingga keluar hasil yang murni sampai menjadi sempurna spt yang Tuhan kehendaki yaitu sempurna seperti Bapa kita yang sempurna (Matius 5:48). Bukan dengan kekuatan kita dan tidak akan membuat kita bersusah payah karena kutuk susah payah sudah dibayar sama Tuhan Yesus saat di Taman Getsemani No More Sweat. Kunci nya rela diproses dan Tuhan yang memampukan.

2. Sipai/SaphPeperangan terjadi di Gezer, Gezer dari akar kata Gazar artinya to destroy, to divide perpecahan, menghancurkan.Sipai Dari 2 akar kata:a. Saphaph To snatch (merampas, merebut, mengambil kesempatan), penjaga pintu.b. Saph (NIV) Hidangan yang disajikan di pintu gerbang (berisi darah/anggur-sebagai batasan/jerat).Yang mengalahkan Sipai itu Sibkhai anak Husa.Sibkai dari akar kata Sabak yang artinya to entwine menjalin, mengikat seperti dasi.Husa dari akar kata Koosh artinya to hurry, to be eager with excitment or enjoyment, to haste (to accelerate), be ready. No Delay

3. Lahmi (I Taw 20:5) Saudara GoliathArti kata Lahmi adalah Foodful full of food, Betlehem Rumah roti.Orientasi pada makanan, kepuasan dunia Kita hidup tidak hanya makan dari roti saja, Makanan bukan tujuan utama kita. Dapat berarti kedagingan juga.Yang mengalahkan lahmi adalah Elkanan God is graciousDari 2 akar kata: Ale Strength, mighty, God almighty.Chanan Berlutut dalam segala kebaikan terhadap hambanya, bermurah hati, melimpahkan. Secara kausatif memohon melalui petisi. Syarat Petisi : Kepada pemerintah, Ada konstitusi, Yang meminta warga negara. Yang diminta: keadilan, perkenanan, penuh belas kasihan, kemauan utnuk menunjukkan kemurahan.Tuhan Yesus tidak pernah mengajar kita berdoa minta makanan tapi Our Daily Bread.Kebutuhan makanan, pakaian, rumah, itu dicari oleh para penyembah berhala. Kita udah disediakan oleh Abba the Source.

4. Tidak disebut namanya, disebut ciri-cirinya: Anomali punya jadi jumlahnya 24. Tidak lazim/aneh. Hal-hal yang membuat kita ragu dapat menyelesaikannya/mengalahkannya. Menakutkan dan melemahkan iman kita. Yang mengalahkan namanya Yonathan Jehova + Nathan. Jehova artinya Tuhan. Nathan artinya memberi, penambahan, doubtless, without fail, heal, melimpahkan. Bersama Tuha tidak ada yang mustahil. Jangan meragukan kuasa Tuhan, bersama Tuhan kita tidak akan gagal.

5. GoliathGoliath artinya exile, remove, pengasingan, pembuangan, orang buangan, orang yang diasingkan. Penolakan. Ismael tertolak sehingga gambaran Bapa nya rusak. Mahatma Gandhi kecewa karena mengalami penolakan.Yang mengalahkan adalah David Beloved.God in His Cross is our PRICE. Harga kita itu semahal salib.