STRAKOP Sistem Informasi dan SMS Gateway untuk...

download STRAKOP Sistem Informasi dan SMS Gateway untuk lppm.uns.ac.id/kinerja/files/luaran/lppm-luaran-2011...Jika fasilitas SMS Gateway ... dirinya bisa menggunakan dan mengisi ... Menu ini

of 46

  • date post

    07-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    219
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of STRAKOP Sistem Informasi dan SMS Gateway untuk...

  • vi

    STRAKOPSistem Informasi dan SMSGateway untuk Koperasi

  • vii

  • 1

    BAB 1

    PERSIAPAN DAN PEMASANGANSISTEM

    Untuk dapat menerapkan STRAKOP, maka ada beberapahal yang harus diperhatikan. Sistem ini merupakan aplikasi webyang berjalan pada sebuah browser (perambah). Pada dasarnyaaplikasi ini bisa diterapkan pada sebuah jaringan dengan publicIP, namun distribusi standar STRAKOP adalah aplikasi yangbersifat portable. Untuk selanjutnya STRAKOP hanya akandisebut dengan istilah aplikasi atau sistem saja.

    1.1. KEBUTUHAN HARDWARE.

    Untuk dapat menjalankan sistem ini secara tunggal,artinya tidak berada pada sebuah jaringan, dibutuhkan sebuahkomputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut.Processor : setara Pentium III 966 MhzRAM : 256MbHarddsik : 8GbMonitor : 15 inch, resolusi 1024x768 pixel.Modem : GSM/CDMA modem untuk SMS

    Kebutuhan minimal di atas masih sesuai jika sistem akanditerapkan secara client-server pada sebuah jaringan lokal atauintranet. Jika fasilitas SMS Gateway digunakan, makadibutuhkan ruang untuk virtual memory sedikitnya 1Gb,disarankan agar virtual memory diatur setidaknya 1.5Gb.

    1.2. KEBUTUHAN SOFTWARE.

    Software pendukung untuk dapat menjalankan sistem iniadalah sistem operasi Windows XP dan sebuah browser. Sistem

    BABI

  • 2 BAB I | Persiapan dan Pemasangan Sistem

    operasi Windows XP adalah minimum yang disarankan, danuntuk browser disarankan menggunakan Google Chrome. SelainChrome, browser yang lain bisa digunakan namun untukInternet Explorer (IE) tidak disarankan meskipun masih tetapbisa digunakan.

    Jika sistem diterapkan untuk server, maka kebutuhansoftware seperti di atas, namun untuk client bisa digunakansistem operasi yang lain. Hal ini karena sistem inididistribusikan dalam paket yang secara aslinya dirancang untukberjalan pada sistem operasi Windows. Sehingga server yangmenjalankannya harus menggunakan sistem operasi Windows.

    1.3. PEMASANGAN SISTEM

    Karena sistem yang didistribusikan adalah sistem portable,maka cara pemasangannya menjadi sangat mudah. Sistem bisadijalankan dengan hanya sebuah flashdisk ataupun berada diharddisk. Langkah-langkah pemasangan sistem adalah sebagaiberikut.

    1. Copy satu folder STRAKOP secara utuh berikutseluruh isinya ke flashdisk atau ke harddisk, partisimanapun bisa digunakan. Di buku ini STRAKOPdiletakkan di drive C.

    2. Buka folder STRAKOPyang telah berada di flashdiskatau di harddisk, kemudian jalankan Start.exe dengan caradouble-click.

  • Persiapan dan Pemasangan Sistem BAB I 3

    Gambar 1. Start

    3. Setelah Start dijalankan, maka akan muncul kotak dialogpemberitahuan bahwa Uniform Server dijalankan danpada sistem-tray akan muncul icon Uniform Server.Silakan klik OK pada kotak dialog.

    Gambar 2. Kotak Dialog Uniform Server

  • 4 BAB I | Persiapan dan Pemasangan Sistem

    Gambar 3. System-Tray Uniform Server

    4. Klik kiri pada icon Uniform Server yang ada maka akanmuncul menu untuk Uniform Server.

    5. Jalankan Apache Server dan MySQL Server secarabersamaan dengan memilih pilihan menu paling atas,yaitu Start UniServer (Apache MySQL) seperti padaGambar 5. Jalankan dengan klik kiri.

  • Persiapan dan Pemasangan Sistem BAB I 5

    Gambar 4. Start UniServer

    6. Setelah UniServer jalan maka otomatis akan langsungdibuka aplikasi STRAKOP pada browser bawaan.Disarankan mengatur browser bawaan menjadi Chrome.

    7. Halaman login otomatis dibuka. Aplikasi STRAKOP siapdigunakan.

    Langkah-langkah yang disajikan diatas hanya sebatas padapemasangan sistem informasi dan transasksi utama, sedangkanuntuk SMS Gateway akan dijelaskan pada Bab III.

  • 6 BAB I | Persiapan dan Pemasangan Sistem

    Gambar 5. Form Login.

    STRAKOP is the acronym Stranas TechnologyResearch Assistance for Koperasi.

    It was developed by Team of Research, Sebelas MaretUniversity. It is prototyping and welcome for modifyingand adjustment in order to make it suits for somepurposes.

  • 7

    BAB 2

    SISTEM INFORMASI DANTRANSAKSI

    Sistem STRAKOP dirancang untuk digunakan oleh empatjenis pengguna, yaitu pengunjung, anggota, operator atau kasir,dan administrator. Di sini yang dimaksud dengan pengunjungadalah seluruh pengguna umum atau masyarakat umum. Di sinimeskipun ada sebutan anggota, namun yang dimaksud adalahseluruh nasabah atau seluruh pengguna jasa koperasi, yangdalam kenyataanya statusnya bisa berupa Anggota atau Non-Anggota.

    2.1. BAGIAN PENGUNJUNG

    Untuk pengunjung, seperti terlihat pad Gambar 5,maka username diisi dengan visitordan password diisidengan akses. Menu yang bisa diakses oleh pengunjunghanyalah Pendaftaran dan Informasi.

    Menu Informasi menyajikan informasi umumtentang koperasi yang bersangkutan. Menu Pendaftaran Baru jika dipilih maka akan dibuka formulir pendaftaran.Calon pengguna jasa koperasi yang ingin mendaftarkandirinya bisa menggunakan dan mengisi formulir yangdisediakan.

    BABII

  • 8 BAB II | Sistem Informasi dan Transaksi

    Gambar 6. Halaman untuk Pengunjung.

    Gambar 7. Formulir Pendaftaran.

  • Sistem Informasi dan Transaksi BAB II 9

    2.2. BAGIAN ANGGOTA

    Setiap anggota atau pengguna jasa koperasi, akanmendapatkan nomor anggota yang terdiri atas 9 digitangka dengan format yymmddnnn, yy adalah tahunpendaftaran, mm adalah bulan pendaftaran, dd adalahtanggal pendaftaran, dan nnn adalah nomor urutpendaftaran. Contohnya nomor anggota 100912001 adalahanggota atau pengguna jasa yang mendaftar pada tahun2010, bulan 09, tanggal 12 dan 001 sebagai nomor urutpendaftaran pada hari itu. Nomor anggota ini digunakansebagai username untuk masuk ke sistem dan passwordstandar adalah 1234.

    Gambar 8. Halaman untuk Anggota

  • 10 BAB II | Sistem Informasi dan Transaksi

    Gambar 9. Rincian Saldo

    Gambar 10. Rincian dan Status Pinjaman

    Menu yang disediakan pada bagian anggota adalahPendaftaran, Lihat Saldo, dan lihat Pinjaman. MenuPendaftaran bisa digunakan untuk mendaftarkan oranglain, saudara atau tetangganya. Menu Lihat Saldodigunakan untuk melihat Saldo Simpanan dan menu Lihat

  • Sistem Informasi dan Transaksi BAB II 11

    Pinjaman digunakan untuk melihat status 3 pinjamanterakhir.

    2.3. BAGIAN OPERATOR/KASIR

    Operator atau kasir bisa masuk ke sistem denganusername dan password khusus yang diperoleh dariAdminsitrator atau DBA (Database Administrator) sistem.Halaman Kasir memuat seluruh menu yang digunakanuntuk melayani transaksi anggota koperasi. Berikut inirincian dari menu kasir.

    Tabel 1. Halaman kasir, Menu Pendafataran

    Menu Utama Sub Menu KeteranganPendaftaran Baru Pendaftaran baru

    pengguna jasakoperasi, baik sebagainon-anggota maupuncalon anggota atau

    Non >> Calon Perubahan status, darinon-anggota menjadicalon anggota

    Tabel 2. Halaman kasir, Menu SIMPAN

    Menu Utama Sub Menu KeteranganSIMPAN Pokok Simpanan pokok

    Wajib Simpanan wajibSukarela Simpanan sukarelaHUT Koperasi Simpanan Hari Ulang

    Tahun KoperasiCek Saldo Lihat saldo simpanan

    anggotaPenarikan Penarikan simpanan

  • 12 BAB II | Sistem Informasi dan Transaksi

    Tabel 3. Halaman kasir, menu PINJAM

    Menu Utama Sub Menu KeteranganPINJAM Baru Mencatat peminajman

    baruAngsuran Mencatat angsuran

    pinjaman

    Tabel 4. Halaman kasir, menu UserLog

    Menu Utama Sub Menu KeteranganUserLog View Melihat catatan

    kegiatan kasir

    Tabel 5. Halaman kasir, menu Cari Peminjaman

    Menu Utama Sub Menu KeteranganCaripeminjaman

    - Cari data peminjaman

    Formulir untuk transaksi simpan disediakan bagianralat jenis simpanan jika kasir salah memilih menu.Fasilitas ini juga mempermudah kasir jika ingin berganti-ganti jenis simpanan tanpa perlu memilih menu lagi,cukup diganti nomor anggota dan besar nominal simpan.Nominal simpan ditulis dengan angka tanpa tanda titiksebagai pemisah besaran mata uang, misal Rp1,350.000,00 cukup ditulis 1350000. Setiap formulir sudahjelas komponen yang harus dimasukkan. Setiap formulirjuga disediakan dua tombol, tombol sebelah kiri untukmenyimpan atau mengeksekusi transaksi, sedangkantombol sebelah kanan adalah tombol Reset untukmengosongkan formulir.

    Untuk menu Cek Saldo, cukup diisi dengan nomoranggota yang ingin dilihat saldonya. Menu untuk

  • Sistem Informasi dan Transaksi BAB II 13

    penarikan mirip dengan menu simpanan, hanya saja padamenu simpanan yang diisikan adalah besar simpanansedangkan pad amenu penarikan adalah besar penarikan.

    Menu UserLog secara otomatis akan menampilkandaftar kegiatan yang dilakukan oleh kasir bersangkutan.Setiap kegiatan kasir akan dicatat agar seluruh transaksibisa dilakukan penjejakan dan perbandingan.

    Menu Cari Peminjaman jika dipilih maka akandibuka jendela baru untuk melakukan pencarian.Disediakan dua pilihan pencarian, yaitu berdasar nomoranggota dan berdasar nomor pinjaman, tetapi tidak bolehkeduanya digunakan bersamaan.

    Gambar 11. Menu perubahan Non >> Calon Anggota

  • 14 BAB II | Sistem Informasi dan Transaksi

    Gambar 12. Menu Simpanan Pokok

    Gambar 13. Menu Cek Saldo dan hasilnya.

  • Sistem Informasi dan Transaksi BAB II 15

    Gambar 14. Menu Penarikan.

    Gambar 15. Menu Cari Peminjaman dan hasilnya.

  • 16 BAB II | Sistem Informasi dan Transaksi

    2.4. BAGIAN ADMINISTRATOR

    Username dan password standar bawaan sistemadalah sama yaitu, admin. Antarmuka untuk administratordibuat sederhana dengan tujuan untuk memperingan bebansistem. Selain itu, dalam sistem ini, administratordiharapkan sekaligus menjadi seorang DBA denganmemanfaatkan phpMyAdmin yang sudah tersedia padamenu Uniform Server.

    Gambar 16. Halaman administrator

    Menu SMS Gateway Management digunakan untukpengaturan SMS Gatewa