Sriwijaya Post Edisi Sabtu 23 Maret 2013

26

description

Sriwijaya Post Edisi Cetak

Transcript of Sriwijaya Post Edisi Sabtu 23 Maret 2013

2 SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013

SALAM SRIWIJAYA

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D,Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung Persda Lt 1Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

POJOK

MINGGU24 MARET 2013

12 JUMADIL AWAL 1434 H

SUBUH : 04 .49 WIB

ZUHUR : .... 12.09WIBASHAR : ....15.16 WIBMAGHRIB : ....18.14WIBISYA` : .... 19.22WIB

SABTU23 MARET 2013

11 JUMADIL AWAL 1434 H

SUBUH : 04 .49 WIB

Agustinus TrinandusRajagukguk

Jangan melakukan kamp-anye hitam. Berjuanglah se-cara terhormat.

PASANGAN calon walikota dan wakil walikotaPalembang periode 2013-2018 menggelar kampanyeterbuka, Jumat (22/3) s/d Rabu (3/4). Apa harapanAnda sebagai warga Kota Palembang?

Jangan Janji Busuk

Yunitha VanhouttenSmga aj nanti yg trpilih

bisa mnepati janji” nya,jgn brjanji cuma saat ka-mpanye truz lw ud kpi-lih lupa dech.

Amri Syuhada AmriBuat lapangan pekerjaan

yg byk dan adakan job fairatau pameran di palembang3 bulan sekali.

Nurhayati AmkebSmoga wako yg ter-

pilih dapat membe-rikan ke amanan dankenyamanan bagi m-asyarakat palembang.

Puteranino NinoputeraBikin maceeeetttt-

ttt..... panasssssssss.....gawe trlambat.. sarokito pngguna jalan le-wat sano... dak nk milihbapak itu.

Betty Hermala-sari

Harapan aq jn-gan korupsi. Ce-burin dari jmba-tan ampera be klokorup. Tepati ni-an janji2’nyo tu-,,jngan nak lemakbe...

IkhsanBudag-palembang

Harapan nya tetep samadari tahun ke tahun mang,jangan “JAMBU” (janjibusuk).

Ican OganYo buat surat

perjanjian bae diwakil rakyat...perja-

njian gantung diampera klu korupsi

...

Isu coup d’etat tanggal 25 Maret dibantah olehKASADKudeta main-main biar serem!

Presiden SBY mengeluh data pajak yangdibocorkan ke mediaKalau anggaran bocor dianggap bocor!

Kampanye pemilihan walikota Palembang bikinmacet lalulintasHari biasa juga macet...

Tatan AnwarSiapobae yg tepele, mugo2

palembang lebi bagus darisekarang. PAM janganmacet lagi, keamanan lebih,kebersihan kota & idak adolagi yg kebanjeran.

Mbak Nay DanAis Paling kampanye

obral janji. Sebelum jadisemua dijanjiikan. Setelahjadi, lupah deh janjinya.Malah sibuk gimana nge-mbalikan uang tabungan ygterkuras buat kampanye...

Adi Pra DikaHarapan warga ggk muluk”kampanye” saja. Jangan

ngorbankan warga. Kampanyed.plaju tdi bikin jalan macet,

saya sampai ngebatalin janjikencan...

Rahmi ‘Mimi’ NazlyAi lw nak kampanye

minta tolong nian hr liburbae. Mun hr kerjo, dah

balek gawe sore laju olehkampanye balek jd telat.

Agus SalimMungkinkah untuk jadi

wako dgn mengeluarkanuang yg tak terhingga. Begitujadi yg pasti mulangi modaldulu setelah itu cari untungdeh.

ADA harapan besar digantungkan kepada skuad Garuda di tengahkegamangan dan keraguan akan kemampuan membawa namaIndonesia di kancah pra kualifikasi Pra Piala Asia 2005. Garudadiharapkan terbang tinggi, menyusulkan diperbolehkannya pemainIndonesia Super League (ISL) bergabung dalam skuad inti.

Ada pencerahan, pengharapan, keinginan dan tentunyakemenangan bagi Timnas yang akan menghadapi tim kuat SaudiArabia, tim kuat yang sudah tiga kali juara Asia itu. Arab tim kuatdan sulit dikalahkan, bukan hanya karena dihuni sederet pemainberkualitas. Tetapi mereka terbilang sangat berpengalaman di Asia.Elang Pemburu (julukan Arab) itu begitu tangguh.

Terlebih lagi, mereka berada di puncak klasemen usaimengalahkan China dengan skor 2-1 pada 7 Februari 2013 lalu.Menyusul China di posisi kedua, yang baru saja meraih kemenangandengan skor dari Irak.

Sementara itu, Irak sendiri berada di posisi ketiga setelah menjalanidua kali pertandingan, sedangkan Indonesia menjadi juru kuncigrup C, pasca kalah 0-1 dari Irak 0-1 pada 6 Februari lalu.

Praktis, Indonesia butuh kemenangan untuk menjaga peluanglolos ke fase berikutnya.

Harapan itu membumbung tinggi karena pertandingan dijalani diGelora Bung Karno Sabtu (23/3) malam. Sejumlah pelajar bahkanseluruh masyarakat Indonesia pun berharap Timnas mengalahkanSaudi Arabia. Optimisme itu muncul karena Timnas kini bersatu,pemain ISL dan Indonesia Primer League (IPL) telah bersatu.

Jika jauh sebelum rasa pesimis terlontar dari pendukung Timnas,kini optimisme terus meningkat tajam, selain faktor bersatunyapemain ISL-IPL, juga keberadaan Rahmad Darmawan dan JaksenF Tiago, dua sosok pelatih berpengalaman yang tahu betul karakterpemain Indonesia.

Keduanya pun sudah teruji di level klub, RD khususnya bisadikatakan juga sudah teruji di Timnas ketika membawa Timnas U-23 meraih perak di SEAG Games 2011 lalu. Rating tentang kabarberita Timnas pun meningkat dan paling diburu pembaca,keberadaan RD, Jaksen, dan sederet pemain ISL menjadipenyebabnya.

Tidak bisa dipungkiri, dari ISL ada sederet pemain top sepertiPonaryo Astaman, Firman Utina, Kurnia Meiga, Boaz Salossa,kemudian ada pula sederet pemain naturaliasi yang tidak diragukankapasitasnya.

Seperti Sergio van Dijk, Raphael Maitimo, Greg Nwokolo, VictorIgbonefo yang membuat pertandingan nanti akan sangat menarik.

Bisa jadi ini menjadi sebuah oase, pencerahan dan penyegarandi tengah kegersangan dan dahaga prestasi Timnas, tetapi bisapula sebaliknya. Semua berharap ini menjadi oase, Timnas bisamengalahkan Arab.

Namun mampukah RD, Jaksen, dan Ponaryo Astaman dkkmembuktikannya, mari kita dukung Timnas baik dengan datanglangsung ke stadion ataupun berdoa saat mereka menghadapiArab di Gelora Bung Karno, Sabtu (23/3) malam. Bravo Timnas.

Oase Timnas

SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013

3

Semua Gagdet Diskon 10 PersenlHanya Tiga Hari di HypermartPALEMBANG,SRIPO – Hy-permart memberikan kele-luasaan bagi warga Palem-bang yang ingin beli pro-duk IT, mulai dari gadgethingga laptop. Diberikanpotongan harga hingga 10persen khusus di kountereletronik. Program hanyaberlaku selama tiga hari,yang dimulai, Jumat (22/3)kemarin.

“Ini masuk program ru-tin tahunan Hypermart,dan ini berlaku serentak diseluruh cabang Hyper-mart,”kata Manager Softli-ne, Nyimas Fazariana ke-pada Sripo. Namun pro-gram hanya berlaku khususuntuk pengguna kartu kre-dit Mandiri Hypermart.Konsumen tinggal pilihproduk yang diinginkan,nantinya saat transaksitinggal gesek mengguna-kan kartu kredit, lalu oto-matis harga langsung dipo-tong 10 persen. Adapunproduk yang masuk pro-gram adalah laptop, tablet,handphone dan semuajenis Blackberry. Produk-nya Samsung, Nokia, Ne-xian, Sony, Lenovo danMovi.

Semuanya, kata Riri,sapaan akrabnya, dipusat-kan di kounter elektronik.Dan kounter ini, baik diHypermart Palembang In-dah Mall maupun Hyper-mart PSX diposisikan di ba-gian paling depan, atau sisikiri pintu masuk. “Begitumasuk kedalam, masing-

masing barang itu sudah di-pajang, konsumen tinggalpilih mau yang mana. Pra-muniaga pun sudah siapmenjelaskan keunggulanspesifikasi produk yangtersedia,” kata Riri.

Yang lebih fantastik lagi,kata Riri, pihaknya mem-berikan potongan harga 15persen untuk semua jenistransaksi apapun. Nilaiyang diambil

berdasarkan total belanjaanyang dibeli konsumen. Mi-sal konsumen belanja Rp 1juta, maka harga langsungdipotong 15 persen. “Jadipotongan harga dilihat daritotal belanjaan dan itemproduk yang masuk pro-gram. Jadi semuanya sudah

tersistem dalam kompu-ter,” katanya. Dikatakandiskon berlaku untuk tran-saksi maksimal Rp 5 jutaperhari/perkartu denganmaksimum pembelian em-pat pieces atas produk yangsama. Khusus untuk po-tongan harga maksimaldiskon 15 persen senilai Rp750 ribu dan

diskon 10 persensenilai Rp 500 ribu.

Selain itu, program dis-kon tidak berlaku untukpembelian produk mieinstan goreng dan kuah, su-su kental manis, susu cairbread band, susu bubukMorinaga, Nutrilon, Bebe-lac, Pediasure, Dancow, In-docafe, telur curah, semuasusu bayi dibawah satu ta-hun, rokok, kertas dan wi-ne. “Dan ini juga tidak ber-laku untuk pembelian da-lam jumlah besar,” kata-nya.

Program lainnya adalahbeli dua lebih murah. Pro-gram ini berlaku untukpembelian Tropical minyakgoreng refill ukuran dua li-ter. Harga beli pertama Rp26.775 dan harga beli keduaRp 8.775. “Artinya kalaukonsumen langsung belidua, mereka hanya bayarRp 17.775 perpieces,” ka-tanya. Diberikan pula dis-kon 30 persen untuk pem-belian Switsal, kermit man,tshirt dan matras diberikanpotongan 30 persen. “Begi-tupun semua gurallar glass-ware di departemenumum,” katanya. (why)

SRIPO/SYAHRUL

Pilih kamera di Hypermart PS X.

SRIPO/SYAHRUL

DISKON 10 persen untuk semua produk bagi pengguna

HI-CARD.

SRIPO/SYAHRUL

PENUH DISKON – Belanja ceria di Hypermart yang tiap haripenuh dengan diskon.

4 SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013

PALEMBANG, SRIPO – Me-miliki handphone maupungadget kini tak perlu susahlagi. Cukup membayar Rp100 ribu maka ponsel lang-sung dibawa pulang. Pro-gram ini hanya berlaku diIon Store Palembang diJalan R Soekamto No 860 D(sebelum PTC Mall).

Owner Ion Store Palem-bang, Anita Silviani didam-pingi Marketing ManegerMia, kepada Sripo, Kamis(21/03) mengatakan IonStore berdiri sejak enam ta-hun lalu, telah ratusan ra-tusan komputer, latop, tab-let, smartphone beserta ak-sesorisnya terjual. Dipasti-kan bahwa produk yangditawarkan bergaransiresmi. “Selain menjual ba-rang cash, Ion Store jugamelayani kredit melaluiAdira Kredit, Spektra, Kre-dit Plus, dan dapat jugamenggunakan cucilan kar-tu kredit BCA, Mandiri danAnz.” ujar Anita.

Dalam memanjakan pel-anggan Ion Store rutinmengelar program promobulanan, seperti promo Pa-rade yang dimulai 21 Maret,kemarin hingga April men-

Konsumen Bayar Rp 100 Ribu● Langsung Bawa Pulang Ponsel

datang. Salah satu yang di-unggulkan adalah promoKredit melalui Spektra.Konsumen yang ingin me-ngajukan kredit cukup de-ngan hanya KTP dan bayaruang administrasi Rp 100ribu. Selanjutnya barangbisa dibawa pulang danangsuran pertama dibayarbulan depan. “Harga ba-rang yang bisa kredit dariRp 1 juta hingga Rp 5 juta”jelas Mia.

Ditambahkan Mia, IonStore juga melayani, pema-sangan CCTV, mesin sidikjari, pengadaan dan perbai-kan komputer dan latop.Selain promo bulan ini IonStore Palembang menjualalat penyimpanan daya lis-trik UPS Emerson 600VAhanya dengan harga Rp 490ribu, sedangkan hargaNormal Rp 550 ribu. “Sela-gi persedian masih ada seg-era hubungi Ion Store,” ka-tanya. Ion Store, salah satupusat penjualan dan per-baikan komputer, mempu-nyai cabang di Bengkulu,kedepanya Ion Store ber-encana membuka cabangdi beberapa kota di Suma-tera Selatan. (fil)

PEMILIH militanatau pemilih yang lo-yal kepada Sari-muda dalam Pil-kada Palembangmendatang men-capai angka ter-tinggi di atas pa-sangan RomiHerton-Harnojo-yo. Berdasarkanhasil survei yangdilakukan olehPusat KajianKebijakan danPembangunanStrategis (Pus-kaptis), persentase militansi Sa-rimuda-Nelly mencapai angka30,88 persen. Jumlah ini menun-jukkan angka pemilih loyal yangsudah mantap menetapkanpilihannya kepada pasangannomor urut tiga ini.

Berdasarkan survei tingkatmilitansi pemilih ini, pasanganSarimuda-Nelly memiliki persen-tase pemilih yang akan meng-ubah pilihan sebesar 1,76 persen.Sedangkan angka pemilih yangtidak tahu akan menguobahpilihannya sebesar 2,65 persen.

"Angka militansi pemilih Sa-rimuda-Nelly ini menunjukanbesarnya peluang pasangan inimeguasai pemilih ketimbang duapasangan lainnya," ungkap Di-rektur Puskaptis, Husin Yazid.

Pasangan Romi-Harno ber-ada di belakang Sarimuda-Nelly

PALEMBANG, SRIPO –Iklim yang baik di Kota Pa-lembang, menarik minatPT Mimaki EngineeringCo, LTD, perusahaan asalJepang membuka kantorcabangnya di Palembang.Kehadiran Mimaki, menja-di satu-satunya untuk wi-layah Sumatera.

“Salah satu alasannya,karena kami melihat pere-konomian di sini, cukupstabil dan berkembang pe-sat,”ujar presiden direkturPT Mimaki Indonesia, Juni-chi Yoroisaka dalam peres-mian gedung baru di kom-plek Zuri Expres, Kamis(21/3) kemarin.

Dari catatannya, hinggaDesember 2012, PT Mima-ki Indonesia terus mencatatpeningkatan 78 persen da-lam penjualan printer ink-jet dan cutting plotter. Un-tuk di Palembang sendiri,ia belum mau menargetkanberapa penjualan. Karenayang terpenting untuk saatini, adalah pengenalan danpelayanan bagi konsumen.

“Intinya kita inginkanmaintenace dulu, untuktarget itu akan berjalannanti,”ucapnya. Hal yangsama diungkapkan pimpi-nan cabang Palembang,

Mimaki Ekspansi ke Palembang

Victor Vanantho. Menurut-nya untuk saat ini, pihakn-ya akan lebih dulu mende-katkan ke konsumen. Se-lain itu, penjualan bukanmelalui PT Mimaki lang-sung, melainkan lewat duadistributor yang telah di-tunjuk, yakni PT Digital Pri-ma Imaging (Printmate)dan PT Digital Visual Tech-nology (DVT).

“Belum ada target kalaudari kita, tetapi itu memangada, hanya saja sekarang

kita ingin konsumen mera-sakan dulu kehadiran Mi-maki di sini. Setelahnya ba-ru ada push untuk me-ningkatkan penjualan itu,”kata Victor.

Hingga saat ini, telah adabeberapa unit mesin yangtelah dijual melalui dua dis-tributor tersebut. Tetapi un-tuk rinciannya, ia tidakmengetahui secara pasti.Namun, kebanyakan custo-mer itu sebagai pengguna-an fotografi. Bahkan telah

SRIPO/ZAINAL PILIANG

AKTIVITAS di toko Ion Store Palembang, Jalan R Soekamto, Jumat (22/3).

JAKARTA, SRIPO – Anggo-ta Forum Bank Asing Indo-nesia (FBAI) Haryanto Bu-diman dari JP Morgan men-gatakan, Bank Indonesia(BI) ataupun Komisi Keuan-gan dan Perbankan harusmempertimbangkan ulangpenerapan kewajiban bankasing untuk berbadan hu-kum Indonesia atau perse-roan terbatas (PT). Pasaln-ya, ada dua kerugian jikabank asing berbentuk PT.

Pertama, apabila perusa-haan bank asing yang ber-bentuk PT kesulitan likuidi-tas maka perusahaan induktidak serta merta membantuanak usahanya karena se-cara hukum telah terpisahdari perusahaan induk.

Kedua, biaya dana ataucost of fund akan meningkatsecara signifikan sehinggasuku bunga kredit jauh lebihtinggi disebabkan karena,perusahaan anak tidak bisalagi menggantungkan diripada perusahaan induk daripendanaan karena sifatnyamandiri dan independen.Lalu, rating perusahaan anaktidak lagi mengikuti ratingperusahaan induk, karena ra-ting maksimum perusahaananak adalah country dimanaperusahaan anak itu berdiri.

Bank Asing Bentuk PTSelain dari kedua damp-

ak negatif tersebut dikha-watirkan adalah regulatordinegara-negara bank as-ing tersebut akan membu-at aturan yang sama untukbank-bank nasional yangberoperasi di negara-nega-ra lain. Ini sejalan denganpenerapan azas resiprokal.Dengan kata lain, kantor ca-bang wholesale banking,agency banking dari bank-bank Indonesia maka akandiwajibkan untuk menjadiperusahaan subsidiary di-negara-negara merekamendirikan operasi bank.

“Wacana pembentukanPT bagi bank asing danpembatasan kepemilikanasing di bank-bank nasionalitu tidak akan menyelesai-kan masalah resiprokal danakan menghambat per-tumbuhan industri perban-kan,” katanya Haryanto.

Ia melanjutkan, jikabank-bank nasional wajibmembentuk subsidiary diluar negeri akan member-atkan bank-bank nasionalkarena membutuhkan mo-dal atau injeksi modal yangbesar, karena negara-nega-ra tempat bank lokal be-rekspansi tengah meng-hadapi krisis global sehing-

ga bank sentral di luar ne-geri akan ketat menjagakestabilan perbankan.

“Itu akan memberatkanbank-bank nasional danbank BUMN karena mere-kan membutuhkan modalbesar, apalagi mereka jugamasih membutuhkan danauntuk ekspansi di dalamnegeri,” ucapnya.

Perbankan asing tengahmempelajari soal rencanapembentukan status kan-tor cabang bank asing (KC-BA) harus berbadan hu-kum Indonesia atau Perse-roan Terbatas (PT). Renca-na tersebut tertuang dalamRancangan Undang-Un-dang (RUU) Perbankanyang sedang dibahas olehKomisi XI DPR RI. BankStandar Chartered Indone-sia misalnya, pihaknyaakan mematuhi peraturanyang berlalu di Indonesia.

Namun, pihaknya belumberencana mengkaji pem-bentukan PT karena me-nunggu UU Perbankan di-sahkan. “Kalau nantinya ka-mi harus berbentuk PT ma-ka kami akan mengikuti atu-ran tersebut,” kata Chief Exe-cutive Officer (CEO) StandardChartered (Stanchart) BankIndonesia, Tom Aaker. (kc)

SRIPO/ZAINI

LIHAT PRODUK – Undangan melihat demo mesin Inkjet PrinterTechnology yang dipamerkan pada acara Opening Branch Of-fice PT Mimaki Indonesia cabang Palembang di Kompleks ZuriExpress Jalan Dr M Isa Palembang, Kamis (21/3).

ada beberapa konsumenyang berpindah memilihMimaki. Karena kecepatanyang ditawarkan dari mes-in printer ini mampu men-cetak dengan kecepatan84.6 m2 perjam, dan 32.0 m2perjam dengan resolusi 540x 720 dpi, 4 pass.

Ada beberapa jenis mes-in printer yang ditawarkanuntuk desain kreatif dalamtiga bidang, sign graphic.Untuk sign graphic, kataVictor sangat cocok untukfoto ataupun spanduk danbanner. Selain itu ada jugaindustrial product, dan tex-til Apparel. .

Dengan mengusungmotto We Are Going ToSupport Our CustomersWith The Best QPS (Quali-ty, Price, Service) Mimakisiap melayani pelanggan-nya 24 jam selama tujuhhari dalam seminggu. Se-mua fasilitas itu disediakanuntuk kepuasan para pe-langgan.

“Di sini para pelanganbisa mengkomukasikanberbagai permasalahan-nya. Karena selama ini kancustomer itu bingung danharus menunggu jika adaperbaikan, belum lagi sparpart nya,” katanya. (cw7)

Pemilih SarimudaLebih Militan

untuk tingkat militan-si pemilih ini. Jum-lah persentase pe-milih militan pasa-ngan nomor urutdua ini mencapai21,18 persen. Per-sentase pemilihyang masih berpe-luang untuk meng-ubah pilihan menca-pai 5,59 persen,sedangkan angkapemilih yang ti-dak tahu akanmenetapkan pi-lihannya sebe-

sar 4,71 persen.Berdasarkan hasil survei ini

ditemukan angka mengambangsebesar 21,76 persen, dan pe-milih yang menetapkan untuk ti-dak akan menggunakan hak sua-ranya sebesar 3,53 persen. Ang-ka pemilih yang benar-benarakan memilih tetapi belum me-nentukan pilihan sebesar 16,76persen. dan sebesar 1,47 persenangka untuk pemilih yang masihragu akan memilih atau tidak.

Perebutan angka pemilih me-ngambang sebesar 21,76 persenakan menjadi penentu pemenangPilkada. Artinya, siapa pun yangingin menang harus mampu me-raih simpati dari masyarakat yangtergolong dalam angka ini. Pro-gram realistis dan nyata menjadisenjata ampuhb untuk menggaetsuara mengambang. (ADV)

Husin Yazid TS

5 SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013

Perda Walet Bak Macan Ompong●●●●● Pengusaha Enggan Mengurus Izin●●●●● DPRD Lahat Rekomendasikan Ditutup●●●●● Di Banyuasin Hanya 22 yang Kantongi Izin

KEUNTUNGAN yang diraup pengusahadari bisnis air liur burung walet sangatmenggiurkan. Namun sayangnya,

keuntungan yang diraih tak berdampak positif bagiincome keuangan pemerintah. Sebaliknya, ada kekhawatiranpenangkaran burung walet ini justeru akan berdampak negatif bagilingkungan sekitar. Lebih detail tentang dampak positif negatifpenangkaran burung walet yang marak di ‘Kota Walet’ Betung,Banyuasin, dan Kota Lahat, ikuti liputan wartawan Sriwijaya Post dihalaman ini.

Peliput Tommy Sahara, Syaifuddin Zuhri, dan Andyka Wijaya

AKTIVITAS penang karan sarang bu rung walet, terustumbuh subur di Kota La-hat maupun Banyuasin be-berapa tahun terakhir. Pu-luhan bangunan yang dija-dikan lokasi penangkaransangat mudah dijumpai,karena umumnya lebihtinggi dibanding gedunglain di sampingnya. Namunkeberadaannya justru tidakmembawa dampak positifbagi keuangan daerah, ka-rena lebih banyak berope-rasi secara ilegal. Semen-tera Pemerintah KabupatenLahat cendrung pasif dalambertindak, yang membuatpara pengusaha tak meng-gubris Peraturan Daerah(Perda) yang sudah dibuat.

Sejak penangkaran sa-rang burung walet marakdi Kota Lahat, Pemkab La-

hat sudah menerapkanPerda retribusi. Tujuannyaagar pengelolaannya bisalebih profesional, dengantidak mengabaikan dam-pak lingkungan yang akanmuncul. Selain itu juga bisamendongkrak pendapatanasli daerah (PAD), terutamapada sektor retribusi daripenangkaran tersebut.

Namun hingga akhir2012 belum ada satu punpenangkaran sarang bu-rung walet, yang berope-rasi secara resmi (legal).Meski sudah ada Perda ya-ng mengatur aktivitas ter-sebut, namun para peng-usaha seolah tak peduli.Bahkan himbauan sertadialog yang dilakukanPemkab Lahat melalui Ba-dan Pelayanan PerizinanTerpadu dan PenanamanModal Daerah Kabupaten

Lahat serta anggota DPRDKabupaten Lahat, tidakmembuahkan hasil. Sehi-ngga 38 lokasi penang-karan yang terdata tetapberoperasi meski secarailegal, dan Perda yang di-buat pun bak macan om-pong.

Baru memasuki 2013,sejumlah pengusaha mulaimengajukan permohonanagar bisa beroperasi secaralegal. Itu pun terus dido-rong Pemkab Lahat danDPRD Kabupaten Lahat,karena dianggap tak me-matuhi peraturan yang di-buat. Sedangkan sebagianpengusaha tetap pada pen-diriannya, memilih ber-operasi secara ilegal.

Drs Abdul Rizal Baki Ke-pala Badan Pelayanan Per-izinan Terpadu dan Pena-naman Modal Daerah

Kabupaten Lahat Ir menje-laskan, hingga pertengah-an Maret 2013 sudah ada 16dari 38 penangkaran yangberoperasi secara legal.

Sementera sisanya, adayang masih mengurus ber-kas persyaratan, karena di-anggap masih ada kekura-ngan. Sebagian lagi bahkansama sekali tak peduli, kare-na enggan mengurus per-izinan agar bisa beroperasisecara resmi. Pihaknya su-dah berusaha memberikanpenjelasan dan sosialisasi,namun hasilnya masih be-lum maksimal.

Disinggung sanksi yangakan diberikan pada peng-usaha yang melanggar per-da, Abdul Rizal Baki sedikitmelunak. Sebab pihaknyalebih memilih memberikankompensasi waktu kepadamereka, dari pada membe-rikan hukuman sepertipenutupan tempat usaha.

“Sanksi kemungkinanbelum, karena saya yakinsemuanya bisa beroperasiresmi setelah ada kebijakanyang kami terapkan. Mu-ngkin yang agak sulit pro-ses dukumen UKL danUPL, yang dilakukan kon-sultan resmi,” ujar Abdl Ri-zal Baki, Selasa (19/3).

DitutupWakil Ketua I DPRD Ka-

bupaten Lahat Wahid Pur-wanto menjelaskan, pihak-nya cukup kesal denganulah para pengusaha walet.

Sebab meskipun Perda ya-ng mengatur tentang usahatersebut sudah diterbitkan,namun tetap saja tidakmereka patuhi.

Anggota DPRD Kabupa-ten Lahat khususnya Ko-misi I dan II, kemudian me-lakukan rapat beberapawaktu lalu bersama Pem-kab Lahat dan Asosiasi Pe-ngusaha Sarang BurungWalet Kabupaten Lahat.Dari hasil pembahasan ya-ng dilakukan mereka ke-mudian berkesimpulan,agar para pengusaha sege-ra mengurus izin sampaibatas waktu, yakni akhir Ja-nuari 2013. Jika masih sajaada yang beroperasi secarailegal, maka DPRD Kabu-paten Lahat merekomen-dasikan agar tempat pe-nangkaran tersebut segeraditutup.

Kejadian serupa juga di-temui di Kabupaten Banyu-asin. Dari ratusan penang-karan yang tersebar di be-berapa kecamatan, didugailegal karena belum meng-antongi izin dari PemkabBanyuasin. Dugaan ini di-perkuat dari data Badan Pe-rizinan Terpadu (BPT) Ba-nyuasin yang sejauh inibaru mengeluarkan 22 izintempat usaha penangkaranburung walet. Sementaragedung walet yang sudahberdiri mencapai ratusanbahkan ribuan tempat. Baikyang berbangunan beton

permanen dari dua sampaienam tingkat, maupun pe-nangkaran walet berbahanbangunan kayu yang terse-bar di sejumlah kecamatan.

“Sejauh ini izin yang di-keluarkan untuk penang-karan walet baru 22 izin,yang tersebar di Kecamat-an Betung lima Izin, Pulau-rimau 15 izin dan Muara-telang dua izin,” kata Kepa-la BPT Drs M Tobi MSi ke-pada Sripo, Selasa (19/3).

Sedangkan, kecamatanlain seperti Sungsang, Air-saleh, Makartijaya, Muara-sugihan, Tanjunglago samasekali belum mengajukanpermohonan izin ganggu-an (HO) bidang walet.

‘Padahal izin HO bidangwalet ini merupakan halyang harus dipenuhi parapengusaha walet,” kata-nya.

Dikatakan Tobi, izin yangdikeluarkan tersebut izinmendirikan Bangunan(IMB) dan izin gangguan(HO) bidang usaha walet.Izin yang dikeluarkan inikebanyakan usaha pena-ngkaran walet yang per-manen dari beton berting-kat yang sudah menghasil-kan.

Sedangkan yang berba-han bangunan kayu sejauhini belum mengajukan, danpihaknya juga belum me-ngeluarkan izin gangguanHO bidang Walet.

“Persoalannya, banyak

gedung walet yang kosongsehingga pemiliknya be-lum mengajukan izin, HObelum bisa dikeluarkan jikabelum menghasilkan,” ka-tanya.

Namun data izin yangdikeluarkan BPT, bedadengan data Dinas Penda-patan dan Pengelolaan ke-uangan Aset Daerah (DPP-KAD) Banyuasin yang me-nyatakan objek pajak bu-rung walet dalam kabupa-ten Banyuasin yang terdataTahun 2012 sebanyak 477objek pajak.

“Dari data yang kita la-kukan, objek pajak waletberjumlah 477 objek pajakyang tersebar dalam enamkecamatan,” kata KepalaDPPKAD Affendi melaluiKabid Pendapatan DPPK-AD Banyuasin A Kadir Ci-kubit didampingi Kasi Pen-dapatan M Yusuf Siregar.

Kabag Hukum dan Peru-dang-undangan Setda Ba-nyuasin Rahman Mursalin,SH MSi menegaskan jikapenangkaran burung walettermasuk satu di antarasembilan pajak daerahyang diatur dalam PerdaNomor 8 tahun 2011 ten-tang Pajak Daerah. Dimanapajak sarang burung waletini adalah pajak atas ke-giatan pengambilan danatau pengusahaan sarangburung walet baik dilaku-kan perorangan maupunperusahaan.

PENANGKARANsarang walet bisamemicu timbulnya

gangguan bagi kesehatanwarga. Ini bisa mema-tikan, apalagi kalaukuman, virus dantungaunya. Warga disekitar bisa terkenapenyakit. Dari sekadaralergi hingga gangguan diotak dan syaraf yangmengakibatkankelumpuhan.

Kuman dan kutu atautungau kecil pada sarang

Tungau Walet Picu KelumpuhanNEWS ANALISIS: DR dr Zulkhair Ali SpPD KGH- dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSMH Palembang

burung walet bisamenyerang kulit. Tungauini hidup di lapisan terluarkulit dan memiliki ukuransangat kecil, yang hanyabisa dilihat denganmenggunakan mi-kroskop. Hewansemacam ini akanmenghasilkan 2-4 butirtelur per hari dan jumlahtelur yang dihasilkanselama hidupnya berjum-lah 40-50 butir.

Setelah 3-4 hari, telurakan menetas menjadi

larva, 2-3 hari kemudianlarva akan menjadi nimfa,dan akhirnya nimfa akanmenjadi tungau dewasa.Rentang waktu yangdiperlukan tungaumelewati seluruh siklushidupnya berkisar 8-12hari.

Nah dengan cepat iniakan berkembang biak,ini berbahaya jika tidaksegera dibasmi. Jikatungau itu jatuh danhidup di dalam kasur danbatal, ini bisa

mengakibatkan fatal bagikesehatan warga disekitar pebisnis sarangburung walet.

Tak hanya penyakitkulit saja yang bisadisebabkan virus dantungau ini, penyakit otakdan syaraf pun bisa terjadikarena virus dari buluwalet dan tungau nya.Jika virus ini sudahmasuk, seseorang bisapusing dan bisa terjadi flusecara mendadak, sepertialergi. Jadi kita perlu

DARI semua kabupaten diSumsel, Sripo memantaudua kabupaten yang ma-rak penangkaran burungwalet. Yakni, Lahat dan Ba-nyuasin. Ratusan hingga ri-buan bangunan rumah danrumah toko disulap menja-di penangkaran walet. Na-mun, di Kota Walet Betung,burung-burung walet mu-lai berkurang sedangkan diKota Lahat justeru makinmarak.

Ketika melintasi ruas Ja-lintim dalam Kota Betungterlihat ratusan gedungbertingkat menjulang ting-gi. Bangunan tersebut nam-pak begitu mencolok me-nghiasi di berbagai sudutKota Betung. Gedung iniadalah gedung penangkaranwalet milik sejumlah pengu-saha dan masyarakat lokal.

Tidak salah jika Kota Be-tung yang dulu ditetapkan

Langit Kota Walet tak Lagi Hitam●●●●● Pajak Ditetapkan 2 Persen/Kg/Rp 10 Juta

sebagai kawasan perdaga-ngan Kabupaten Banyuasinsering disebut masyarakatdengan istilah Kota Walet,karena banyaknya gedungmenjulang tinggi ditambahburung berwarna hitamyang berterbangan meng-hiasi langit kota ini.

Camat Betung Ir AlfianSoleh, Msi menjelaskan jikalokasi penangkaran walletyang terdata dalam Kecamat-an Betung berjumlah 40 lokasidengan gedung tertinggi limatingkat dan terendah duatingkat milik masyarakat lokalyang memanfaatkan tempatusaha di bagian bawah danatas untuk walet.

Dari 40 lokasi penangkar-an walet ini, hanya sekitarlima atau sepuluh yangmenghasilkan terutamayang dibangun sekitar tahun1990, sedangkan dibangunsekitar tahun 2000 sejauh ini

belum menghasilkan.“Kalau milik masyarakat

lokal hampir rata-rata tidakmenghasilkan, jadi kalaumau mencari yang suksesdengan mobil dan rumahmewah belum ada,” katanya.

Penangkaran walet yangmenghasilkan hanya miliksejumlah pengusaha ketu-runan diantaranya Lim MienHaw alias Sandy Sutrisnoyang terletak di RT 03 Rw 01Kelurahan Betung, ListaAngkola di Rt 07 Lk I, Djo-niwijaya Rt 29 Lk IV, YohanesJl Sanjaya Rt 34, Setiawan JoeRt 16 Lk III dan Bun LiongMulim Rt 07 Lk I Betung. Se-dangkan yang lainnya ha-nya gedung yang tinggi na-mun belum menghasilkan.

“Pemilik gedung pena-ngkaran rata-rata menge-luh dan sulit untuk bayarpinjaman di bank, bahkanyang sudah menghasilkan-

pun kondisinya hampir sa-ma karena harga yang te-rus merosot dalam setahunini,” katanya.

Kondisi ini juga menyu-litkan pihaknya untukmencapai target pajak yangditetapkan Pemkab Banyu-asin tahun 2012 sebesar Rp57.600.000 juta.

“Pajak walet inikan dite-tapkan harga Rp 10 juta per-kilogram dengan pajak 2persen, tapi dengan hasil saatini tentu sangat sulit untukmencapainya,” katanya.

Begitu juga di Muarate-lang sedikitnya terdapat 20gedung penangkaran waletyang rata-rata belum me-nghasilkan.

“Disini ada sekitar 20 waletyang tersebar di Desa Muara-telang, Sumberjaya, Marga-rahayu dan Telangjayadengan bangunan dari kayudan dibangun sekitar tahun2006, namun sebagian besarbelum menghasilkan,” kataNur Wahid anggota Komisi IDPRD Banyuasin.

Beda dengan 10 tahun la-lu yang keberadaan bu-rung walet bisa mengubahwarna langit Betung menja-di hitam di kala sore tiba.

“Dulu sekitar tahun 1999kalau sore langit bisa hitamdengan banyaknya burungwalet ini, tapi sekarangtidak sebanyak itulah,bahkan banyak gedungyang kosong,” katanya.

SEJUMLAH warga di se-putar penangkaran burungwalet mengakui sangatterganggu dengan aktivi-tas penangkaran yang be-rada di tengah pemukiman.Selain mengganggu karenabising, penangkaran jugamenimbulkan bau busukdan menyebabkan sesaknafas.

“Kalau sekarang agakberkurang, karena keba-nyakan gedung walet inisudah kosong tidak berisiburung, namun suara kasetpemancing burung agardatang masih tetap meng-ganggu,” kata Safik wargaKota Betung.

Pengakuan serupa jugaditemui Sripo di Kota Lahat.

Warga Seputar Penangkaran Mengeluh

Bau Busuk Bikin Sesak Nafas

Nampak puluhan bangunanyang dijadikan sarang bu-rung walet menjamur di pu-sat Kota Lahat, seperti di Ke-lurahan Pasar Lama, PasarBaru, Pasar Bawah. Lokasi-nya berada di tengah pemu-kiman warga, serta pusatpertokoan. Sehingga cukupmencolok jika dilihat dari ja-lan raya, karena ketinggian-nya biasanya melebihibangunan di sekitarnya.

Warga yang tinggal dise-kitarnya mengaku resah.Selain kotoran walet me-nimbulkan bau tak sedap,suara yang dikeluarkanjuga sangat bising. Sehing-ga sangat menggangu akti-vitas mereka, terutamaketika sedang istirahat

malam hari.Bahkan warga sudah

melaporkan ke pihak kelu-rahan sejak beberapa bulanlalu, dan berharap bisa dite-ruskan ke Pemerintah Dae-rah (Pemkab) KabupatenLahat. Sehingga keluhanwarga yang terganggu bisasegera teratasi. Namun hi-ngga kini belum ada tanda-tanda dilakukan pemerik-saan dari dinas terkait, ter-masuk penertiban.

“Bau serta suara berisik-nya itu pak, sangat mengga-nggu. Kami harap peme-rintah mendengar keluhanini, jangan langung diberi izinsaja, “ ujar Mukromin (46),warga Kelurahan Pasar La-ma Kecamatan Kota Lahat.

SRIPO/SYAIFUDDIN

WALET – Nampak gedung sarang burung walet yangmencakar langgit yang ada di Kota Betung Banyuasin,Selasa (19/3)

SRIPO/SYAHRUL

SARANG WALET – Lantai atas ruko-ruko di kawasan Jalan Veteran banyak dijadikan sarang walet.

selalu waspada jikadiperkampungan adawarga yang mempunyaisarang burung walet.Sebab, air liur, napas, dankotoran walet bisamenimbulkan penyakit.Orang yang terkena virusdari burung waletbiasanya merasa pusing,lemas, dan lelah. Jikavirus menyerang syaraf,penyakit yangditimbulkan sangatberbahaya dan me-nyebabkan kelumpuhan.

Smart StudentSRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 20136

PALEMBANG,SRIPO –Pelak-sanaan Ujian

Nasional (UN) 2013 yangakan dilaksanakan April-Mei ini dipastikan meng-adopsi sistem barcode. Inidimaksudkan untuk me-ngurangi tingkat kecura-ngan dan kebocoran yangsering terjadi padfa UN se-belumnya.

Seperti diberitakan selama

Menjelang Pelaksanaan UN 2013

PALEMBANG, SRIPO – Dalamrangka menunjang visi penyandangPiala Adiwiyata yang mencintai ling-kungan, siswa SMP Negeri 54 Pa-lembang melakukan beragam krea-tivitas mendaurulang sampah. Mi-salnya, sampah kertas bisa dija-dikan sandal.

Seperti yang dipraktekkan sis-wa, Jumat (22/3) menjadikan ker-tas koran bekas menjadi sandalyang cantik, pakaian dan hiasanpada Majala Dinding (Mading).Diah, Salsabilla, dan Melati menga-ku banyak ragam keterampilanyang telah dihasilkan dengan men-daurulang sampah menjadi barangberguna dan bernilai jual.

“Ada baju, bando dari bahan be-kas dari plastik dan koran dianyamjadi bakul, sandal. Ini untuk me-ngurangi sampah, lingkungan ber-sih. Kita memaanfaatkan sampahmenjadi berguna dan menghasilkanuang bahkan dihargai,” katanyaDiah.

Diakui Diah, mereka pernahikut pameran yang memajangkanproduk kerajinan hasil daur ulangsampah. Misalnya, tas dari bung-kus kopi dibuat selama 2 hari. Bajuagak lama bisa seminggu. Rata-rata harganya Rp 1.500 hinggaRp 10 ribu. Paling mahal tas se-

Jangan RisaukanSistem barcode

ini, setiap peserta UN akanmendapat satu set soal danlembar jawaban. Baik soalmaupun lembar jawaban ituakan memiliki kode barcodeyang sama. Menanggapi halitu. Kadis Dinas PendidikanPemuda dan Olahraga(Disdikpora) PalembangRiza Fahlevi mengingatkansiswa untuk tidak perlumerisaukan hal itu.

Menurutnya yang perlu

dipersiapkan siswa dan pi-hak sekolah adalah mema-cu semangat belajar. Kare-na dengan persiapan bela-jar matang, maka segalakesulitan dan kendala ke-tika UN dapat terpecahkan.

“Intinya konsentrasi be-lajar saja untuk seluruh pe-serta UN nanti. Semuanyajangan dipikirkan, Jikakonsentrasi belajar pasti ti-dak khawatir,” ujar Riza,

Kamis (22/3).Dikatakan, dengan sistem

yang diterapkan nanti,mustahil kalau siswa bisamelakukan kecurangan la-gi. Baik dengan adanyabarcode, ataupun pelaksa-naan 20 paket soal. Ia meng-harapkan agar seluruh pe-serta menjunjung tinggikejujuran saat UN.

“Percuma jika hasil UNnanti bagus, namun pro-sesnya melalui kecurang-an,” ujarnya.

Tidak TerpisahSebelumnya, Kepala Ba-

dan Penelitian dan Peng-embangan (Balitbang) Ke-menterian Pendidikan danKebudayaan Khairil AnwarNotodiputro menyampai-kan, mulai tahun ini naskahsoal UN dengan lembar ja-waban tidak terpisah. Jikapada tahun lalu peserta di-dik dapat menggunakanlembar jawaban temannya

karena terpisah, mulai ta-hun ini naskah soal denganlembar jawaban UN (LJUN)merupakan satu kesatuan.

“Naskah soal dan lembarjawaban UN menggunakansistem barcode,” katanya.

Dijelaskan, denganmenggunakan barcode,maka peserta ujian tidak da-pat saling tukar kode soalseperti tahun lalu. kalau ke-duanya dipisah maka pe-serta didik akan menjawabsoal secara salah, yang ti-dak cocok dengan lembarjawaban UN-nya. “Ba-yangkan jika keliru, LJUNA dengan soalnya B, pastijelek sekali nilai anak,” je-lasnya.

Oleh karena itu, dalamsosialisasi pihaknya mene-kankan agar jangan sampailembar jawaban ujian ter-tukar. Jika lembar jawabanrusak agar minta digantiberikut soalnya. (cw7)

PALEMBANG, SRIPO – Animo mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE)Universitas Tridinanti Palembang semakin meningkat. Saat ini sajajumlah mahasiswa di fakultas itu berkisar 3.000 mahasiswa yangberasal dari empat program studi.

Dekan Fakultas Ekonomi Syaiful Sahri SE, MSi, Jumat (22/3)mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan itu salah satu caranyamempercepat pembangunan gedung rektorat. Seluruh kegiatanadministrasi akan dilaksanakan di gedung berlantai enam tersebut.Rencananya, akan disiapkan 10 kelas tambahan sebagai antisipasidari lonjakan itu.

“Masing-masing kelas yang dibuka baik Reguler A atau Reguler Bsemuanya full. Saat ini memang minat pada ekonomi cenderungmeningkat setiap tahun,” ungkapnya.

Saat ini jumlah kelas yang tersedia bagi fakultas ekonomi sebanyak28 ruangan. Dengan ditambahnya 10 ruangan itu, Syaiful berharapdapat menampung semua mahasiswa baru. Gedung rektorat yangtengah dibangun rencananya akan segera dirampungkan pada tahunini. Untuk target mahasiswa di Tahun Akademik 2013 sebanyak 1.000mahasiswa ekonomi. (cw7)

FE Unanti Kurang Kelas

SRIPO/ABDUL HAFIZ

PARA siswa kelas VIII/5 SMPN 54 didampingi para guru mem-peragakan pembuatan sandal dari kertas koran di di ruang 3R,Kamis (21/3).

Sampah Kertas Jadi Sandalharga Rp 30 ribu.

Sementara Ketua Tim AdiwiyataZurmiati SPd didampingi KepsekSMP Negeri 54 Hj Mirna SPd MMdan Guru Keterampilan Dra Hj Cho-lijah mengatakan, dari kurikulum pi-hak sekolah memasukkan l ing-kungan dalam keterampilan. “Matapelajaran keterampilan ini dua jamseminggu. Anak-anak merasa en-joy yang bisa melihat hasilnya. Pe-ngunjung dan masyrakat antusiasmelihat karya siswa kita. Diharap-kan siswa mencintai lingkungan,”kata Zurmiati.

SMP Negeri 54 Palembang me-rupakan sekolah penyandang PialaAdiwiyata Sekolah peduli dan ber-budaya lingkungan. Sekolah me-miliki program 3R (Reduce, Reuse,Recycle). Mulai dari mengurangisampah dengan memaksimalkanpenggunaan kertas dengan bolak-balik, tidak menggunakan kemasanplastik. Lalu sampah yang sudahada digunakan kembali seperti ka-leng cat dijadikan kotak sampah,kemasan refil l minyak dijadikanpengganti polibax untuk pembibitantanaman. Sampah didaur ulangmenjadi produk baru, misalnya tasdari bungkus kemasan kopi, san-dal dari koran. Jas hujan dari bung-kus deterjen. (fiz)

PALEMBANG, SRIPO – Sebanyak 52 mahasiswi Akademi Kebidanan (Akbid) Al-Suaibah Palembang angkatan ke VII, Jumat (22/3) melakukan pemasangan jilbab/capping day dan pengambilan janji. Selanjutnya, proses pendidkan dilanjutkanpraktek klinik.

Acara capping day ini dihadiri Kepala Kompertis Wilayah II Prof Dr DiahNathallisa, MBA, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel diWakili Sri Yuliasti M.kes danKetua Yayasan Al Suibah, Ir Faisal Rizal MKes. Direktur Akbid Al-Suiabah Drg RinaMeilinawati mengatakan, acara pengambilan janji dan pemasangan jilbab/ cap-ping day merupakan keharusan yang harus dilakukan mahasiswi. Pasalnya,setelah pemasangan jilbab dan pengambilan janji mahisiswi diserahkan ke rumahsakit mitra kerja sebagai tempat pratek lapangan atau klinik selama berapa bulan.

“Tahun ini ada 52 mahasiswi, mereka mahasiswa angkata ketujuh danmelakukan praktek di rumah sakit,” katanya.

Acara pemasangan jilbab dan pengambilan janji juga ditandai penyerahanhadiah kepada 10 mahisiswi yang berprestasi,. Mereka yang berprestasi peringkaisatu, dua dan tiga mendapat hadiah tabungan dari bank Mitra Akbid Al Suiabamseperti Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank Sumsel Babel. Mahasiswi yang meraihperingkat satu, dua dan tiga adalah Riska Febriani dengan Ipk 3,82, Fitri WulandaridanYulita Devi. (fil)

Akbid Al-Suaibah Praktek Klinik

SRIWIJAYA POST

Sabtu, 23 Maret 2013 7Tiga Jam

Terjual 60 Unit dari halaman 1

Garuda HarusNgotot

dari halaman 1

Garuda agar mengeluarkanpengorbanan dan kerja ke-ras. “Semua itu yang jadimotivasi pada pertandinganbesok (malam ini). Apalagisoal disiplin,” katanya.

Disiplin yang dimaksud diantarannya bagaimana parapemain Indonesia tidak me-lakukan kesalahan-ke-salahan elementer sepertimelanggar lawan di area ba-haya. Ini bisa menciptakansuasana bahaya sebab Saudimemiliki beberapa pemainyang bisa mencetak gol le-wat bola-bola mati.

Hal ini sudah dipelajaridengan teliti oleh pelatih ke-pala Timnas Indonesia, Rah-mad Darmawan. “Kamimelatih pemain agar tidakmemberi mereka (Saudi)tendangan bebas. Ini diper-lukan disiplin,” ujar Rah-mad.

Indonesia memang cu-kup beruntung memilikiskuad yang cukup punyapengalaman melawan Sau-di. Diantaranya adalahpenjaga gawang, I MadeWirawan yang masih me-nyimpan kenangan padasaat dia mengawal gawangtimnas Indonesia saat ber-hadapan melawan ArabSaudi dua tahun silam.

Pada laga persahabatanyang dilangsungkan di Sta-dion Shah Alam, KualaLumpur, Malaysia, dua ta-hun lalu, Made cukup suk-

ses menahan gempuranpemain Saudi.

“Debut pertama saya ditimnas Indonesia ketikamelawan Arab Saudi. Sayatidak terlalu banyak tahutentang Arab Saudi. Cumasebatas melihat video per-tandingan saja,” katanya.

Pada laga ini Indonesiaakan tampil dengan wajah-wajah baru setelah terjadipenggabungan antara pe-main yang mentas di kom-petisi ISL dan IPL. Kemam-puan merata yang dimilikipara pemain yang mengi-kuti pemusatan latihan na-sional ini membuat tim pe-latih kesulitan menentukanskuad utama 23 pemain.

Persaingan terjadi di se-tiap lini, termasuk juga diposisi penjaga gawang. Pa-da posisi penjaga gawang,tiga pemain memiliki kua-litas sama baiknya. Ketiga-nya bermain sebagai star-ter di masing-masing klub-nya. Selain Made Wirawan(Persib Bandung) ada jugaSamsidar (Mitra Kukar),dan Kurnia Meiga (AremaIndonesia).

Pelatih Kiper, Alan Al-fiansyah mengatakan, me-nentukan posisi penjagagawang utama tidak mu-dah. Penjaga gawang me-miliki kualitas yang samabagusnya.

“Kualitas mereka sama,tapi kita punya pertimba-ngan khusus. Pelatih kepa-la yang menunjuk penjagagawang utama. Saya mem-berikan masukan kepadapelatih kepala menjelaskantentang kondisi terakhir ke-tiga penjaga gawang yang

19.00 para undangan mulaiberdatangan. Mereka lang-sung menikmati santapmalam. Suasana tambahmeriah dengan kilauanlampu sorot warna-warni.Pembawa acara langsungmembuka acara. Kegiatandiisi dengan penampilangrup musik Kerispatih. Paramarketing maupun saleslangsung mendatangi paratamu satu persatu. Para ta-mu langsung disodori for-mulir pembelian. “Kalauada yang tertarik, bisa lang-sung menghubungi timmarketing Toyota yangstand bye ditempat,” pekikPemandu Acara yang di-sambut tepuk riuh penon-ton.

Kepala Cabang Auto2000 Tanjung Api-api, Yagi-min menjelaskan ToyotaEtios Valco, merupakanproduk teranyar yang lang-sung diproduksi PT ToyotaMotor Manufacturing Indo-nesia. Produksinya lang-sung dilakukan di pabrikKerawang II. Investasi pro-duksinya Rp 13,3 triliun da-lam lima tahun kedepan.“Bahkan Indonesia menja-di basis pasar dan produksi

tipe ini di Asia. Ini yangmembuat kita berbangga,”kata Yagimin didampingiKepala Cabang Auto 2000Veteran, Felicia, Kepala ca-bang Auto 2000 Plaju, Se-tiawan Trijayanto dan Ow-ner Tunas Auto Graha(TAG) Richie Setiawan se-saat sebelum peluncuran.

Ini yang mengakibatkanharga Toyota Etios Valco sa-ngat ekonomis dibanding-kan seri City Car lainnya.“Boleh dibilang segmenyang kita bidik untuk kala-ngan low, beda dengan Ag-ya yang kita sebut untukkalangan Entry Level. Bah-kan sudah banyak yangpesan Agya beralih ke To-yota Etios Valco,” kata Ya-gimin.

Etios Valco merupakancity car yang didesain me-miliki strong functional va-lue terlengkap dikelasnya.Ini merupakan produk lineup disegmen diantara Agyadan Toyota Yaris. Hadir da-lam tiga tipe, yakni tipe Jseharga Rp 138,9 juta, tipeE Rp 153,3 juta dan tipe GRp 165 juta. Masing-masingtipe memiliki fasilitas ter-sendiri, seperti steeringswitch, Anti Braking LockSystem (ABS), Security Sys-tem, front foglamp, electricOutside Rear View Mirrordan Intermitted Wiper ter-masuk Electic Power Ster-ring (EPS). “Makanya har-

ganya ekonomis, namundari sisi fasilitas sudah di-atas rata-rata,” kata dia. Ya-gimin optimis, produkEtios akan diterima pasar-an di Palembang. Bahkandia mematok target indenhingga 50an unit. “Kamioptimis target ini bisa dica-pai, apalagi pasar Palem-bang masih sangat menjan-jikan,” kata dia.

Hingga pukul 21.00, per-mintaan Toyota Etios Velcocapai 60 unit. Artinya, kataYagimin, angka penjualansudah diatas target. “Dalamwaktu tiga jam, sudah 60anunit sudah terjual, sungguhresponnya sangat baik,”kata dia. Dia mengatakan,semua pemesan akan tetapdiberlakukan inden, kare-na untuk tahap awal pengi-riman, kendaraan hanya30an unit dulu. Itu, lanjutdia, termasuk suplai awal.“Diperkirakan awal Aprilmobilnya sudah tiba di Pa-lembang tapi paling sepa-rohnya bisa kita penuhi,”kata Yagimin.

Secara umum, kontribu-si penjualan produk line upAgya ini diharapkan mem-berikan share lima persendari penjualan Toyota seca-ra umum.

“Makanya kami se-rahkan market pasarnyajuga, kalau tinggi tentu sup-lainya bisa kita naikkan,”kata dia. (why)

dimiliki,” ujarnya.Di posisi lini depan juga

tak kalah banyak pemainberkualitas. Sebut saja BoasSalossa, Greg Nwekolo,Sergio Van Dijk, Andik Ver-mansyah dan Irfan Bach-dim. Kemungkinan besarRahmad akan memasangtrio striker untuk menam-pung tiga penyerang ber-kualitas tersebut.

Lini tengah juga demi-kian, ada Ahmad Bustho-mi, Ponaryo Astaman, Tau-fik dan Firman Utina. Ke-empat pemain ini kemung-kinan masih akan berebutposisi dengan para gelan-dang lainya.

Di benteng pertahanannama-nama besar sepertiVictor Igbonefo, Abdur-rahman, Zulkifli Syukurdan Muhammad Ridwanakan kembali menghiasiskuad Garuda asuhan Rah-mad Darmawan.

Kubu Arab datang ke In-donesia tidak dengan mem-bawa rasa superior meskiIndonesia jauh di bawa me-reka. Wakil kapten ArabSaudi, Ossama Osawi, men-jelaskan laga nanti malambakal berlangsung sulit.

“Saya melihat antusias-me terhadap pertandinganini. Pertandingan besokakan sulit. Oleh karena itukami akan memeragakanpermainan indah. Indone-sia merupakan tim kuat de-ngan dukungan meriah da-ri suporter dan mereka me-miliki staf kepelatihanyang bagus,” kata Osawidalam konferensi pers se-belum pertandingan.

Jika ingin meraih hasil

bagus, Osawi meminta se-mua rekannya mengeluar-kan semua kemampuanterbaik. Mereka juga sadaratmosfer pertandingan ba-kal panas dengan dukung-an penuh dari suporter timtuan rumah.

“Kami sadar besok sulituntuk meraih hasil. Indone-sia semakin kuat. Semua pe-main profesional pasti me-nyukai stadion yang penuh.Termasuk saya dan para pe-main saya. Kami semua sa-ngat suka bermain di stadionyang penuh,” katanya.

Dari sisi teknis, Osawimelihat Timnas Indonesiaadalah tim yang sangat ter-oganisir, memiliki perta-hanan kuat, bagus dalamserangan balik, memilikisejumlah pemain berpeng-alaman, dan memiliki pe-nyerang berbahaya seper-ti van dijk.

Namun demikian dia jugamembanggakan skuadArab Saudi yang banyakberubah setelah terjadi per-gantian pelatih. Menurutnyaini akan jadi era baru bagiArab Saudi setelah ditinggalFrank Rijkaard.

“Kami punya banyakpemain muda dan baru. Iniadalah waktu yang tepatuntuk memainkan mere-ka. Jadi pada pertandinganini mereka akan menda-patkan banyak pengalam-an. Mereka adalah yangterbaik di Saudi. Merekasangat disipilin. Skuat inimerupakan gambaran timpada masa depan,” pung-kas Osawi. (Tribun-news.com/gler/deo/ika/cen)

Pajak Pratama Bogor,Anggrah Suryo denganterdakwa pegawai PT Gu-nung Emas Abadi, EndangDyah.

Dalam putusannya, Set-yabudi menghukum ter-dakwa lebih ringan diban-dingkan tuntutan jaksa pe-nuntut umum. Endang se-belumnya dituntut hu-kuman 2 tahun penjara.

Tapi dalam sidang putus-an kemarin (21/3) di Peng-adilan Tipikor Bandung,Endang hanya dijatuhi hu-kuman 8 bulan 10 hari olehmajelis hakim yang dike-tuai Setyabudi. Hakim jugamenghukum Endang un-tuk membayar denda Rp50 juta subsider 3 bulanpenjara.

Juru bicara Komisi Pem-berantasan Korupsi, JohanBudi mengatakan prosespenangkapan terhadap sa-lah satu pimpinan Penga-dilan Negeri Bandung yangberinisial ST berlangsung diruang kerjanya. BersamaST, seseorang berinisial A,yang diduga sebagai pe-nyuap, ikut ditahan. “Keti-ka penangkapan dilakukanditemukan barang buktiberupa uang,” kata Johansaat konfrensi pers, Jumat,22 Maret 2013.

Johan belum bisa menye-butkan berupa jumlahuang tersebut. “Jumahuangnya masih dihitung.Jadi, belum bisa disampai-kan secara persis,” ujar dia.

Namun, seorang sumber

mengatakan uang yang di-sita KPK Rp 150 juta. BaikST dan A langsung diang-kut ke Jakarta untuk dipe-riksa lebih lanjut di gedungKPK.

Penangkapan terkait de-ngan putusan PengadilanTindak Pidana Korupsi Ban-dung atas kasus korupsidana bantuan sosial di Pe-merintah Kota Bandung se-nilai Rp 66,6 miliar. Peran STdalam proses sidang ini ada-lah sebagai ketua majelispengadilan, yang memutusperkara suap bantuan sosialpada 17 Desember 2012.

Wakil Ketua KPK BusyroMuqodas menjelaskan pe-nangkapan itu berkaitandengan kasus bantuan so-sial “Dugaan suap bansosdi Bandung,” kata Busyro.

Dalam kasus ini terdapattujuh terdakwa, yang divo-nis 1 tahun penjara. Pada-hal, tuntutan jaksa saat ituantara antara 3-4 tahun bui.

Kasus ini disidangkanoleh Pengadilan Tindak Pi-dana Korupsi Bandung, di-pimpin oleh Ketua MajelisHakim Setyabudi Tejocah-yono. Tujuh terdakwa ber-asal dari pemerintah kota,yaitu Rohman, Firman Hi-mawan, Janos Septadi, Lut-fan Barkah, Uus Ruslan,Havid Kurnia, dan AhmadMaulana.

Penangkapan terhadaphakim yang diduga mene-rima suap tidak hanya kaliini saja terjadi. Sejumlahhakim dari berbagai daerahditangkap KPK lantaranketahuan mendapat suap.Di antara hakim yang di-tangkap sudah ada yangdivonis penjara.

Wakil Ketua PengadilanNegeri Bandung Setiyabu-dhi Tedjocahyono yang di-tangkap saat operasi tang-kap tangan (OTT), lang-sung diangkut ke Kantor

KPK.Ia datang sekitar pukul

17.55 WIB dengan diapitpetugas keamananan KPK.Kedatangan bekas KetuaPN Tanjung Pinang, Bang-ka Belitung, langsung di-sambut wartawan, foto-grafer, dan juru kamera.

Bahkan, para awak me-dia sampai dorongan-do-rongan dengan dua petu-gas keamanan, yang beru-saha melindungi Setiyabu-dhi. Namun, pria berbatikmerah marun hanya ter-diam. Wajahnya lesu danmemelas. Ia hanya menun-duk sambil melangkah ma-suk ke Gedung KPK.

Kini, Setyabudi yang res-mi dilantik sebagai WakilKetua PN Bandung pada 12April 2012, menjalani peme-riksaan intensif KPK. Belumbisa dipastikan di manaSetiyabudhi akan ditahan.

Sekitar lima menit sebe-lumnya, pria berinisial Ayang ditangkap bersamahakim Setiyabudhi, dia-mankan ke dalam gedunglembaga antikorupsi.

Pria yang mengenakankemeja putih, juga berupa-ya melangkah cepat masukke dalam Gedung KPK.Sampai saat ini, pria itumasih menjalani pemerik-saan intensif lembaga pem-berangus korupsi.

KPK menciduk keduapria ini saat operasi tang-kap tangan di PN Bandung,Jumat sekitar pukul 14.15WIB. Petugas KPK jugamenyita barang bukti se-jumlah uang yang disebut-sebut senilai Rp 150 juta.

Uang itu diduga untuk di-berikan kepada sang hakimmelalui A. Dugaan suap initerkait sebuah kasus duga-an korupsi yang ditangani,atau pernah ditangani olehsang hakim sebelumnya.

(tribunnews)

DijanjikanRp 1 M

RingankanVonis

dari halaman 1

PALEMBANG, SRIPO —Aparat Unit II Subdit IVTipiter Ditreskrimsus PoldaSumsel dipimpin KompolTito Dani kembali mengga-galkan penyelundupan mi-nyak mentah diduga ilegalberisi 26 ton yang akan di-kirim ke Bangka Belitung,Kamis (21/3) pukul 22.00

Penangkapan tersebutberawal dari kecurigaan pe-tugas ketika dua mobilmistubishi fuso parkir di ka-wasan Jl Soekarno Hatta, te-patnya di depan sebuahSPBU.

Kedua fuso yakni berno-pol BA 8927 AU yang dike-mudikan oleh Isa, warga JlIng Gede Lautan Kelurahan32 Ilir Kecamatan IB II. Ke-

26 Ton Minyak Gagal Diselundupkan����� Hendak Dijual ke Bangka Belitung Hendak Dijual ke Bangka Belitung Hendak Dijual ke Bangka Belitung Hendak Dijual ke Bangka Belitung Hendak Dijual ke Bangka Belitung

mudian mobil fuso mistu-bishi bernopol B 9044 CFAyang dikemudikan olehEndang Suryadi (40), wargaJl Letnan Harun Sohar RT27/10 Kelurahan Kebun Bu-nga Kecamatan Sukarami.

“Kami pun langsung me-meriksa muatan mobil ter-sebut. Saat dilihat baknyamobil tersebut ternyataberisikan minyak mentahyang akan dibawa ke wila-yah Bangka Belitung. Me-ngetahui itu pun kedua so-pir dan minyak tersebutlangsung diamankan Ma-polda Sumsel,” kata Kom-pol Tito Jumat (22/3).

Saat kedua sopir tersebutdigiring petugas, keduapun langsung tertunduk

dan tak bisa berbicara lagi.Sementara itu saat diperik-

sa, Endang mengaku, dirinyabaru dua kali ini mengang-kut minyak mentah ini darikawasan Desa Sungai AngitBabat Toman, yang rencana-nya minyak mentah ini akandi bawa ke Bangka melaluipelabuhan penyeberangankapal feri 35 Ilir.

“Aku disuruh uwongpak, namanya Nang BD,sampai hari ini aku juga be-lum kenal pak samauwongnyo. Nah, karenalagi tidak ada tarikkan, jadiakupun saat disuruh maupak,” katanya.

Saat ditanya apakah En-dang tahu apa yang dilaku-kannya salah, Endang

menjawab dirinya menge-tahui ini, tetapi saat disuruhNang BD, jika ditangkapnanti dirinya langsungdiurus oleh Nang BD. “Akusudah tahu ini salah pak,karena Nang BD ngomongkalo tertangkap nak diurusjadi aku mau. Aku diupahRp500 ribu dan uang jalanRp 1 juta pak,” ujar Endangsaat diperiksa.

Sementara itu, Dir Dit-reskrimsus Polda SumselKombes Pol Raja Harionomelalui Kasubdit IV TipiterAKBP Zulkarnain membe-narkan ada penangkapanminyak ilegal itu,” Barangbukti sudah kita amankandi Mapolda Sumsel,” tan-dasnya. (mg2)

henti di SPBU daerah Casa-blanca selama sekitar 30menit, mengeluh dadanyasakit. Ia bahkan sempatmenelepon Hany danmenceritakan kondisi-nya.

“Saya tanya bisa terus ja-lan atau nggak. Dia jawabbisa jalan,” tambahnya. Ha-ny yang saat itu masih dirumah, akhirnya menyu-sul.

Ricky sempat menyele-saikan rapatnya saat itu, se-kitar pukul 16.00 WIB. Se-lesai rapat, lagi-lagi ia me-ngeluhkan dadanya sakit.Ia sampai dibawa menaikikursi roda menuju taksi.

“Dia kejang di taksi, sayatahan. Udah lemas, dia ber-sandar ke saya,” cerita Ha-ny lagi.

Setelah itu, presenter o-lahraga itu pun dibawa keUGD RS MMC. Dokter su-dah mengupayakan alatpemacu jantung, namungagal.

“Pakai tiga kali pemacu,nggak bisa. Sekitar 45 me-nit penanganan dokter,”

lanjut Hany.Akhirnya, Ricky meng-

hembuskan napas terakhirsekitar pukul 17.00 WIB. Se-belum sakit, menurut Hany,Ricky hanya mengonsumsinasi goreng dan meminumteh. “Nggak ada kegiatan o-lahraga,” terangnya

Sesak NafasEntah apa yang dirasa-

kan oleh vokalis sekaliguspembawa acara sepak bolaRicky Johanes (45) atau Ric-ky Jo sehari sebelum ia me-ninggal dunia, Jumat (22/3) sore di Jakarta. Ricky me-lalui Twitter seakan mem-beri isyarat bahwa ia akanterkena serangan jantung

dengan me-retweet beritakesehatan mengenai pe-nyakit jantung.

“RT @detikcom: DadaSesak Tapi Tes Jantung Ha-silnya Baik, Apa Artinya?http://t.co/BfDsc3UlDGvia @detikHealth,” tulis@Ricky_Jo me-retweet be-rita yang bersangkutan se-hari yang lalu, Kamis (21/3/2013).

Lewat Twitter pula, Rabu(20/3/2013), ia berceritatentang saat ia berdoa danmerapikan makam ayah-nya. “Berdoa dan me-rapikan Makam Ayahku..:))” tulisnya.

(tribunnews)

Firasat RickyJadi Kenyataan

dari halaman 1

2SRIWIJAYA POST

Sabtu, 23 Maret 2013

SALAM SRIWIJAYA

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D,Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung Persda Lt 1Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

POJOK

MINGGU24 MARET 2013

12 JUMADIL AWAL 1434 H

SUBUH : 04 .49 WIB

ZUHUR : .... 12.09WIBASHAR : ....15.16 WIBMAGHRIB : ....18.14WIBISYA` : .... 19.22WIB

SABTU23 MARET 2013

11 JUMADIL AWAL 1434 H

SUBUH : 04 .49 WIB

Agustinus TrinandusRajagukguk

Jangan melakukan kamp-anye hitam. Berjuanglah se-cara terhormat.

PASANGAN calon walikota dan wakil walikotaPalembang periode 2013-2018 menggelar kampanyeterbuka, Jumat (22/3) s/d Rabu (3/4). Apa harapanAnda sebagai warga Kota Palembang?

Jangan Janji Busuk

Yunitha VanhouttenSmga aj nanti yg trpilih

bisa mnepati janji” nya,jgn brjanji cuma saat ka-mpanye truz lw ud kpi-lih lupa dech.

Amri Syuhada AmriBuat lapangan pekerjaan

yg byk dan adakan job fairatau pameran di palembang3 bulan sekali.

Nurhayati AmkebSmoga wako yg ter-

pilih dapat membe-rikan ke amanan dankenyamanan bagi m-asyarakat palembang.

Puteranino NinoputeraBikin maceeeetttt-

ttt..... panasssssssss.....gawe trlambat.. sarokito pngguna jalan le-wat sano... dak nk milihbapak itu.

Betty Hermala-sari

Harapan aq jn-gan korupsi. Ce-burin dari jmba-tan ampera be klokorup. Tepati ni-an janji2’nyo tu-,,jngan nak lemakbe...

IkhsanBudag-palembang

Harapan nya tetep samadari tahun ke tahun mang,jangan “JAMBU” (janjibusuk).

Ican OganYo buat surat

perjanjian bae diwakil rakyat...perja-

njian gantung diampera klu korupsi

...

Isu coup d’etat tanggal 25 Maret dibantah olehKASADKudeta main-main biar serem!

Presiden SBY mengeluh data pajak yangdibocorkan ke mediaKalau anggaran bocor dianggap bocor!

Kampanye pemilihan walikota Palembang bikinmacet lalulintasHari biasa juga macet...

Tatan AnwarSiapobae yg tepele, mugo2

palembang lebi bagus darisekarang. PAM janganmacet lagi, keamanan lebih,kebersihan kota & idak adolagi yg kebanjeran.

Mbak Nay DanAis Paling kampanye

obral janji. Sebelum jadisemua dijanjiikan. Setelahjadi, lupah deh janjinya.Malah sibuk gimana nge-mbalikan uang tabungan ygterkuras buat kampanye...

Adi Pra DikaHarapan warga ggk muluk”kampanye” saja. Jangan

ngorbankan warga. Kampanyed.plaju tdi bikin jalan macet,

saya sampai ngebatalin janjikencan...

Rahmi ‘Mimi’ NazlyAi lw nak kampanye

minta tolong nian hr liburbae. Mun hr kerjo, dah

balek gawe sore laju olehkampanye balek jd telat.

Agus SalimMungkinkah untuk jadi

wako dgn mengeluarkanuang yg tak terhingga. Begitujadi yg pasti mulangi modaldulu setelah itu cari untungdeh.

ADA harapan besar digantungkan kepada skuad Garuda di tengahkegamangan dan keraguan akan kemampuan membawa namaIndonesia di kancah pra kualifikasi Pra Piala Asia 2005. Garudadiharapkan terbang tinggi, menyusulkan diperbolehkannya pemainIndonesia Super League (ISL) bergabung dalam skuad inti.

Ada pencerahan, pengharapan, keinginan dan tentunyakemenangan bagi Timnas yang akan menghadapi tim kuat SaudiArabia, tim kuat yang sudah tiga kali juara Asia itu. Arab tim kuatdan sulit dikalahkan, bukan hanya karena dihuni sederet pemainberkualitas. Tetapi mereka terbilang sangat berpengalaman di Asia.Elang Pemburu (julukan Arab) itu begitu tangguh.

Terlebih lagi, mereka berada di puncak klasemen usaimengalahkan China dengan skor 2-1 pada 7 Februari 2013 lalu.Menyusul China di posisi kedua, yang baru saja meraih kemenangandengan skor dari Irak.

Sementara itu, Irak sendiri berada di posisi ketiga setelah menjalanidua kali pertandingan, sedangkan Indonesia menjadi juru kuncigrup C, pasca kalah 0-1 dari Irak 0-1 pada 6 Februari lalu.

Praktis, Indonesia butuh kemenangan untuk menjaga peluanglolos ke fase berikutnya.

Harapan itu membumbung tinggi karena pertandingan dijalani diGelora Bung Karno Sabtu (23/3) malam. Sejumlah pelajar bahkanseluruh masyarakat Indonesia pun berharap Timnas mengalahkanSaudi Arabia. Optimisme itu muncul karena Timnas kini bersatu,pemain ISL dan Indonesia Primer League (IPL) telah bersatu.

Jika jauh sebelum rasa pesimis terlontar dari pendukung Timnas,kini optimisme terus meningkat tajam, selain faktor bersatunyapemain ISL-IPL, juga keberadaan Rahmad Darmawan dan JaksenF Tiago, dua sosok pelatih berpengalaman yang tahu betul karakterpemain Indonesia.

Keduanya pun sudah teruji di level klub, RD khususnya bisadikatakan juga sudah teruji di Timnas ketika membawa Timnas U-23 meraih perak di SEAG Games 2011 lalu. Rating tentang kabarberita Timnas pun meningkat dan paling diburu pembaca,keberadaan RD, Jaksen, dan sederet pemain ISL menjadipenyebabnya.

Tidak bisa dipungkiri, dari ISL ada sederet pemain top sepertiPonaryo Astaman, Firman Utina, Kurnia Meiga, Boaz Salossa,kemudian ada pula sederet pemain naturaliasi yang tidak diragukankapasitasnya.

Seperti Sergio van Dijk, Raphael Maitimo, Greg Nwokolo, VictorIgbonefo yang membuat pertandingan nanti akan sangat menarik.

Bisa jadi ini menjadi sebuah oase, pencerahan dan penyegarandi tengah kegersangan dan dahaga prestasi Timnas, tetapi bisapula sebaliknya. Semua berharap ini menjadi oase, Timnas bisamengalahkan Arab.

Namun mampukah RD, Jaksen, dan Ponaryo Astaman dkkmembuktikannya, mari kita dukung Timnas baik dengan datanglangsung ke stadion ataupun berdoa saat mereka menghadapiArab di Gelora Bung Karno, Sabtu (23/3) malam. Bravo Timnas.

Oase Timnas

MAHFUD MD mengucapkanterima kasih kepada PresidenSusilo Bambang Yudhoyono danWakil Presiden Boediono atas du-kungan kepadanya selama men-jabat Ketua Mahkamah Konstitusi.Ucapan yang sama dia sampaikankepada para pemimpin lembagatinggi negara.

"Karena telah memberi duku-ngan, mendewasakan saya dalampengalaman hidup bernegara se-cara bersama-sama," kata Mahfudsesuai pertemuan di Istana Nega-ra, Jakarta, Jumat (22/3).

Pertemuan itu diikuti oleh Pre-siden dan Wakil Presiden, KetuaMajelis Permusyawaratan RakyatTaufiq Kiemas, Ketua Dewan Per-wakilan Rakyat Marzuki Alie, Ke-tua Dewan Perwakilan Daerah Ir-man Gusman, Ketua MahkamahKonstitusi Mahfud MD, KetuaBadan Pemeriksa Keuangan HadiPoernomo, Ketua Komisi YudisialEman Suparman, dan Ketua Mah-kamah Agung Hatta Ali. Hadir pulapara menteri.

Pertemuan itu membahas ber-bagai masalah negara sekaligusacara perpisahan dengan Mahfudyang akan pensiun per 1 April 2013.

Dalam pertemuan itu, Mahfud ju-ga menyampaikan permohonan

maaf jika ada kesalahan yangselama ini ia lakukan. Sebagai ma-nusia, kata Koordinator PresidiumKorps Alumni Himpunan Mahasis-wa Islam (KAHMI) itu, ia pasti me-miliki kelemahan.

"Saya tidak membantah apa puntentang kelemahan yang dikatakanorang lain. Saya katakan kalau ituada, saya minta maaf yang sebe-sar-sebesarnya. Ke Anda (warta-wan) juga, kalau ada kesalahan sa-ya minta maaf," ucap Mahfud.

Setelah pensiun nanti, Mahfudakan fokus ke dunia pendidikan.Ia mengaku sudah menyusunjadwal mengajar yangakan dimulai April.Adapun terkait terjun kedunia politik, Mahfudmengaku masih ten-tatif lantaran perludipikirkan lebih jauh.

Sebelumnya,Mahfud pernahsecara terbukamengaku me-miliki tiga opsiyang sudahdia pikirkanu n t u kmenghadapiPemiluP r e -

siden 2014. Opsi itu adalahmaju sebagai calon pre-siden, calon wakil presiden,atau hanya mendukungcalon lain yang dianggapterbaik.

Mahfud mengaku sudahada pembicaraan denganpara pemimpin parpol. Ha-nya saja, menurut dia, pem-bicaraan itu baru sebatas can-da. Dia tak mau menyebut par-pol mana saja yang diamaksud. (kompas.com)

Minta Maaf

DEADLINEJELANG

JAKARTA, SRIPO — Komi-si III Dewan PerwakilanRakyat akan berkunjungke empat negara Eropa,yakni Rusia, Inggris, Peran-cis, dan Belanda. Merekaakan melakukan studi ban-ding dalam rangka penyu-sunan RUU Kitab Undang-undang Hukum AcaraPidana (KUHAP) dan RUUKitab Undang-undang Hu-

kum Pidana (KUHP). Ran-cangan kedua RUU itu kinimenjadi perdebatan lanta-ran ada sejumlah pasalkontroversial, mulai darisoal santet hingga penya-dapan.

Anggota Komisi III dariFraksi Partai PersatuanPembangunan (PPP), Dim-yati Natakusumah, pun takmenampik bahwa kunju-

8 SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013

SEOUL, SRIPO — PresidenKorea Selatan Park Geun-hye mendapatkan pukulantelak di awal masa peme-rintahannya, setelah kandi-dat menteri pertahanan(menhan) pilihannya mun-dur, Jumat (22/3), di tengahmeningkatnya tensi militerdengan Korea Utara.

Sejak namanya masuknominasi sebagai men-teri pertahanan, Jen-deral Purnawira-wan Kim Byung-kwan didugamelakukan ke-salahan terkaitp e k e r j a a n n y asaat ini, yaitu se-bagai seorang ma-kelar sebuah peru-

sahaan senjata.Tuduhan

terbaru yang mengarahkepada Kim Byung-hwanadalah memiliki aset pri-badi yang disembunyikandi perusahaan gas alamMyanmar.

"Saya menyatakan mun-dur sebagai kandidat men-teri pertahanan agar per-masalahan negara bisa di-

atasi dengan lebihbaik," kata Kim

dalam pernya-taan resminya.

"Saya harappemerintah bi-sa mengatasikrisis keama-

nan saat ini de-ngan suksesdan pertahanannegara kita

akan sema-

kin kuat," tambah dia.Pengunduran diri Kim

adalah pukulan telak bagiPresiden Park, yang barudilantik pada 25 Februari2013.

Sejak dilantik, presidenperempuan pertama KoreaSelatan itu menghadapikebuntuan dalam menun-juk menteri yang mendu-duki jabatan kunci di kabi-net. Penyebabnya adalahkebuntuan di parlemensetelah Presiden Park me-ngajukan proposal terkaitreorganisasi organisasi pe-merintah.

Sebelumnya, kandidatmenteri riset dan teknologiyang diajukan Park jugamenyatakan mundur aki-bat terlalu lama menung-gu.

Lalu, pada Kamis (21/3),seorang wakil MenteriKehakiman juga menya-takan mundur di tengahtuduhan ikut dalam se-buah pesta seks yang

digelar se-o r a n gkontraktorternama.(AFP/Kc)

Kandidat Menhan Korsel Mundur

Komisi III Studi BandingSantet ke Eropa

● Untuk Penyusunan RUU KUHAP dan RUU KUHP ● Pelajari Mekanisme Penyadapanngan studi banding kali inijuga akan membahas duapasal kontroversial terse-but.

"Jangan salah. Santet itubagian daripada sihir. Sihirdi zaman nabi sudah ada,di negara luar sudah ada.Ini perlu pengaturan-pe-ngaturan," ucap Dimyati diKompleks Parlemen, Sena-yan, Jakarta, Jumat (22/3).

Dimyati mengaku perso-alan santet dan penyadapanitu sebenarnya bisa dipela-jari melalui penelitian in-ternet.

"Tapi, kalau secara lang-sung kan lebih enak dide-ngarnya dan akuntabel,"ujar Dimyati.

Saat ini, kata Dimyati, ba-nyak orang musyrik yangpercaya dengan santet. De-

ngan demikian, Dimyatimengaku persoalan santetharus segera diatur agar ti-dak terjadi aksi main ha-kim sendiri.

Sementara terkait fungsipenyadapan, Dimyati me-ngatakan, studi banding kenegara-negara Eropa di-perlukan untuk melihat ba-gaimana mekanisme pe-nyadapan dilakukan oleh

para penegak hukum di ne-gara-negara itu.

Komisi III Dewan Perwa-kilan Rakyat akan berang-kat keempat negara di Ero-pa untuk studi banding ten-tang sistem hukum di ne-gara-negara itu. Keempatnegara itu yakni Perancis,Rusia, Inggris, dan Belanda.Studi banding dilakukandalam rangka persiapan

RUU KUHP dan KUHAP.Rombongan akan dibagike dalam empat kelompokdan akan berangkat padatanggal 14-16 April 2013.Setiap rombongan terdiridari 15 orang. MenurutDimyati, jumlah rombo-ngan itu sudah termasukpara staf ahli.

(kompas.com)

UNG YEON-JE / AFP

Presiden perempuan pertama Korea Selatan, Park Geun-hye.

KOMPAS.COM

Mahfud MD

Ryasti Dwi Larasati

SRIWIJAYA POSTSABTU, 23 MARET 2013

HALAMAN 9

EMILIKI tubuh proporsionaldengan wajah putih bersih,

ditunjang rambut panjangtergerai, rasanya tidak sulit bagi

seorang Ryasti Dwi Larasati,Marketing Admin Hotel The AristaPalembang mendapatkan pacar. Apalagidari sisi lingkungan kerja juga sangatmendukung.

“Rasional aja, kan kalau jodoh tidak akankemana,” katanya singkat sambiltersenyum. Filosofi inilah yang dianut Dwi,sapaan akrabnya, sehingga dia lebih santaimenyikapi hubungan dengan lawan jenis.Baginya pacaran bukan sesuatu yang harusdikejar-kejar. Justru sikap santai mampumenempatkan seseorang pada pilihan yangdianggap paling cocok.

“Istilah kita cewek, jangan terlalaudikejar-kejar. Kalau si cowok memang sukadengan kita, pasti ada jalan ke arah kitajuga,” ucap Dwi sambil sesekalimenggeraikan rambut panjangnya kebelakang. Wanita berkulit putih inimengungkapkan itu dengan nada yangserius. Sesekali candaan keluar darimulutnya. Dwi ternyata masuk tipe cewekyang periang. Dia juga smart, namunsangat berkarakter. Ini yang membuat Dwimengakui sangat selektif dalammenentukan sang pacar.

Dia berharap, sang pacar kelak adalahpria bertanggungjawab dan mau mengertidirinya. “Selama ini banyak yang egois danmenang sendiri, ini yang bikin saya ogah,”ucap dia. Dwi malu-malu mengakui terakhirpacaran tiga bulan lalu. Itupun dilakukansaat berada di Jakarta. “Sekarang sayastay dan kerja di Palembang, jadi loss

Ryasti Dwi Larasati

MFikri RivelaMw mencari temen n cintasjati kalu ada sms ke no08982150715yg bs ngertiin aku n tramhqu apa ada nya

RajesKhan

Hai lajangkito gw

rajes,gwmau pacar

n teman yg berminat hub niyaaaaaa, 089696401088,

082376907141pin 300068a8

KemasAbuyazidBustomiLajang kitocuma

sekedar info kalu umur akusekarang 30 thn siap untuk nikahdalam waktu dekat gawe aku

jago toko, tinggal dikertapati lebih tepatnyo 5ulu bagi yang punyoanak, dulur, kawan,tetanggo atau rekan bgwe

yang siap untuk nikah jugo danbiso nerimo aku apo ado nyocubo kenalan dulu smo aku

semoga kito bejodoh.. tolongbantuan nyo ye lajang kito.

mokase banyak sekali lagi:D hubungi ke

089624631724

kontak,” kata dia kembali. Lalu bagaimanadia melhat gaya pacaran anak muda saatini, wanita cantik ini langsungmengacungkan tangan. “Sangat beda,”katanya.

Meski dia masih tergolong muda, namundia menilai kini anak SMA pun sudahmengenal pacaran. Bahkan untuk kontakfisik dengan lawan jenis juga sangatjauh. “Yach sebatas cipika cipiki sayalihat juga jauh. Beda dengan zamansaya masih SMA dulu,” katanyasambil tertawa. Pergaulan yangbebas, dinilai Dwi sangat ektrimdan bahaya jika tidak disikapiserius. Makanya diamengembalikan ke mental danpola pikir anak-anak sekarang.“Minimal harus dibentengi imanyang kuat, pendidikan orangtuajuga sangat diperlukan,” katanya.

Lalu kapan target menikah?Dia kembali tersenyum.Baginya itu sangat jauh,dan dalam waktu dekatbelum ingindilakukannya. “Pacarsaja belum punya,soal nikah nantidululah. Inginfokus kerjadulusekarang,”katanya.

(dewihan-da-

yani)

Nama: Ryasti Dwi Larasati

Tgl Lahir : Palembang, 5 Juni 1989

Alamat : Komplek Kencana Damai

A19 Palembang

Status : Single

Tinggi: 161 Cm, Berat 53 Kg

Jabatan : Marketing Administrasi Hotel

Arista Palembang

Lokasi : The Brava Pourl Hotel The

Arista Palembang

Fotografer : Syahrul Hidayat

Biofile

KRU Lajang Kito membukakesempatan bagi yang belum

menemukan pasangan atau sekadarmencari temen, bisa kirimkan

biodata lengkap, kriteria dan fotomelalui email

[email protected] ataufacebook Lajang Kito. Naskah yang

masuk akan terbit tiap Sabtu,cekidott....

SIAP NIKAHAdian

PermanaPermizi.

Nm:AdianAdian

PermanaUmr ku:1990. Almt Jalan Palembang

Betung Di Km 14TTL : Megasri akhu di sini mw

cari teman atau pacar pun jadi tpiakhu mw pdkt dulu yha. akhu

tungghu Zms: 0877 9484 6580Tlpn: 0853 8264 7906

Terimakzi Lajang Kto diPalembang.

Asep Sllu DCakithlajang kito, hxak mw criktmen ni N klw

ad nerima jd adg angkt ny tp kususcwe aj ni heheh. bisa d hbungn08980906757

NamoeAqoe

UsmanHy All Aku

Mau CariPacar Nih ! Gak Perlu Kaya

Asal Dia Setia. Yg penting diamau menerima aku apa ada nya

aja. Nih Nomor Aku All089685656936

AlbertStanlyItuNopyKurniawanHy LajangKito,Aq mw

cri pacar/sahabat yg bisa salingmengisi satu sama lain,sms aqya :081995111700,makasih...

Allexis Lortezasaq allex , anak kertapati .cari tmen curhat.087794988808

RobertoSang

Pengelanahaiii, ikutan

lgidong????

mau?? cri cwe,,,diatas umurny21-25 an tinggi,cantik.putih,krjatau kuliah qu krj di perhotelan di

plembang hbg i aqya..081277226844 gk pkek mis

call sms aiii temenin oke???

Jodoh tak Kemana

10 SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013

PALEMBANG, SRIPO ––Pola hi-dup ve-getari-an dini-lai sehatdan da-p a tmence-g a hm u n -culnyaberba-gai pe-nyakit.Hal ini

penting untuk diajarkankepada anak-anak sejak di-ni karena berefek positifpada penurunan perilakuagresif.

Menurut psikolog anakyang juga Ketua KomnasPerlindungan Anak (KPA)Dr Seto Mulyadi, pola se-hat vegetarian tak hanyabermanfaat untuk anak da-lam nilai gizi yang lebih be-

PALEMBANG, SRIPO –– PTPertamina (Persero) me-nyadari kalau distribusiLPG 3 Kg perlu pengawas-an ketat agar mempersem-pit peluang sektor industrimenggunakan bahan bakargas bersubsidi tersebut.Tanpa pengawasan, ke-langkaan akan kembali ter-jadi.

Asmen Manajer HumasPT Pertamina (Persero)Unit Pemasaran (UPms) IISumsel Robert MVD usairapat di Kantor PemprovSumsel, Jumat (22/3) me-ngatakan, Pertamina me-nemukan LPG 3 kg digu-nakan sektor industri danpelaku usaha lainnya.

Karena bahan bakar gas

PALEMBANG, SRIPO —Memperi-ngati Hari Air sedunia, PerusahaanAir Minum Adhya Tirta Sriwijaya(PAM ATS) mengajak pelanggannyauntuk memelihara air bersih agartidak terbuang percuma. Selain itu,antisipasi kebocoran pipa juga dilaku-kan karena rata-rata sehari ditemu-kan 15 titik kebocoran pipa di lokasiyang berbeda.

“Pengaliran air Perumnas 18 jam,akan direalisasikan April ini.Sekarang tim kami sedang perbaikankebocoran pipa sambungan rumah,”kata Supervisor Distribusi PAM ATSArpiansyah ST, Jumat (22/3).

Dikatakan, tim yang ditugaskanmencari kebocoran setiap hari mene-mukan kebocoran rata-rata 15 titik/hari. Sekarang sudah mulaiberkurang menjadi 9 titik. PelangganATS diimbau untuk melaporkan se-

sar, namun membentuk si-fat empati terhadap mah-luk hidup.

“Harus disadari mema-kan makanan hewani yangdiproses dengan unsur ke-kejaman terhadap binatangmemicu pola agresif, meng-ingat anak-anak mengeta-hui prosesnya,” kata priayang akrab disapa Kak Setosaat seminar ‘Gizi Kese-hatan dan Hak Asasi Anak’di Hotel Arista Palembang,Kamis (21/3) malam.

Menurutnya, menghin-dari konsumsi dagingmembangun kesadaranmoral dan etika. Rasa sa-yang terhadap hewanmuncul, selanjutnya rasacinta tumbuh sesama ma-nusia sehingga kekerasanyang sering terjadi dapat di-eliminir di kemudian hari.

“Bayangkan sama hewansaja punya rasa empati, apa-lagi dengan manusia. Untuk

jangka panjang bila anakmenjadi vegetarian makakekerasanpun berkurang.Akan tercipta generasi barutanpa agresif dan tanpakekerasan,” sebutnya.

Tidak SulitIndonesian Vegetarian

Society (IVS) Susianto men-jelaskan, restoran yang me-nyajikan makanan vegeta-rian sudah menjamur bela-kangan. Setidaknya sudahsekitar 800 restoran vegeta-rian di Indonesia dimana se-kitar 70-80 persen di anta-ranya tersebar di ibukota.

Diungkapnya bila masa-kan tradisional Indonesiasudah mengenal makanannabati seperti gado-gado,pecel atau ketoprak, dan di-patok dengan harga eko-nomis. “Sebetulnya banyaksekali makanan tradisionalyang vegetarian.,” kata Su-sianto, yang juga jadi pem-bicara.

Ia mengimbau pola hidupvegetarian tidak hanya pa-da makanan tapi juga mi-numan. Susu dengan pro-tein nabati lebih baik ketim-bang berprotein hewani se-perti susu sapi yang bila di-konsumsi berlebihan dapatmenyebabkan keropos tu-lang atau osteoporosis.

“Memang susu adalahsumber protein tapi kalaudari hewan nilai gizinya le-bih sedikit dari pada nabatiseperti susu kedelai. Kamisudah buktikan dengandokter spesialis anak kalaususu kedelai memiliki nilaiprotein tinggi,” bebernya.

Keuntungan pola hidupvegetarian yang paling pen-ting adalah kesehatan. Bagipara perokok dan pemi-num alkohol dengan men-gurangi makan makananhewani menurunkan resikopenyakit jantung hingga 20persen. (mg5)

Penyaluran LPG 3 KgButuh Pengawasan

bersubsidi itu khusus untukkebutuhan rumah tangga,Ia memandang perlu se-mua pihak melakukan pe-ngawasan terhadap elpijiukuran 3 kg agar memini-malkan tingkat penyalah-gunaan di wilayah kerjaPertamina UPMS II Sumsel.

Berdasarkan data, jatahgas 3 kg bagi Sumsel padatahun 2013 mengalamipenurunan dibanding kuo-ta tahun lalu. Pada tahun2012, jatah Sumsel seba-nyak 135.000 tabung ukur-an 3 kg, sementara 2013 ha-nya 133.000 tabung.

“Kondisi ini sering di-manfaatkan orang tidakbertanggung jawab denganmenaikkan harga,” ujar-

nya.Untuk mengantisipasi

agar harga kembali stabil,pihaknya menambah stokgas langsung kepada ma-syarakat, terutama di dae-rah yang banyak membu-tuhkan. “Kemarin, kamimenambah 560 tabung un-tuk mengantisipasi hargagas itu,” katanya.

Sementara Kepala BiroPerekonomian PemprovSumsel H Muhar Lakonimengatakan, Pemprov te-rus mengantisipasi agarharga gas di daerahnya te-tap stabil. “Pemprov akanmembentuk tim untuk me-mantau dan mengatur gasbersubsidi tersebut,” tam-bahnya. (sin)

SRIPO/M HUSIN

WARGA Rusan Kelurahan 24 Ilir antre membeli gas LPG 3 Kg saat operasi pasar yang digelar Pertamina, Hiswanamigas danPemkot Palembang, Kamis (21/3) kemarin.

Pipa ATS Bocor di 15 Titik● Hari Air Sedunia tiap menemukan kebocoran.

Berdasar data, rata-rata kebocoranpipa yang dialami ATS setiap bulan-nya 27 persen setara dengan 90.318meter kubik (m3) per bulan yang ter-buang. Untuk itu, dalam waktu akandipasang flow meter per zona. Deng-an alat ini akan bisa mengetahui zonamana yang tingkat kebocorannyatinggi.

Kepada pelanggan, Arpi memberi-kan tips untuk menghemat air. Perta-ma tutup kran saat menyikat gigikarena setidaknya menghemat air 40liter. Lalu pada saat mandi, memakaishower, menghidupkan air pada saatmandi dan matikan pada saat keluardari kamar mandi

Selanjutnya, batasi gayung, tidakdisarankan mencuci peralatan makan-an, sayur sayuran dan buah buahandi bawah kran air terbuka. Biasakanpengecekan floting valve jika memili-ki tangki penampungan dan klosetduduk. (fiz)

Vegetarian Cegah Anak Agresif

SETO MULYADI

11SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013

PALEMBANG, SRIPO --Kantor Imigrasi Kelas IPalembang memberikancara mudah bagi masya-rakat yang ingin mem-buat paspor, cara itudengan layanan online.Sayangnya, pendaftaranpaspor online ini belumbegitu diminati karenatidak banyak yang tahu.

“Sepanjang Januari hi-ngga Maret 2013, baruterdata 10 orang yangmendaftar melalui onli-ne,” kata Kasi Informasidan Sarana KomunikasiKeimigrasian (Forsakim)Kantor Imigrasi Kelas IPalembang, Toto Sur-yanto S.Sos, Jumat (22/3).

Menurutnya, kemung-kinan minimnya pemi-nat online karena kurangsosialisasi. Selain itu di-mungkinkan jaringan-

PALEMBANG, SRIPO –Ribuan petani sawit, khu-susnya di KecamatanSungai Lilin (Muba) mera-sakan manfaat menjadi bi-naan PT Hindoli Cargill. Se-lain merasa lebih sejahtera,mereka juga diberikan pe-ngetahuan tentang berke-bun kelapa sawit. Alhasil,petani majua dan sejahterabersama.

Bambang, Ketua Kopera-si Mukti Jaya Desa Sri Gu-nung Sungai Lilin kepadapers, Jumat (22/3) menga-takan, petani sawit benar-benar terayomi oleh Hindo-li. Bahkan Koperasi MuktiJaya yang beranggotakan1800 petani di enam desamemiliki simpanan danamencapai Rp 40 miliar. Danayang disimpan di bank itubisa dipakai untuk mengha-dapi masa Replanting (Pere-majaan kebun).

PALEMBANG, SRIPO – DrsHM Ali Sado, pensiunanKementerian Agama seka-ligus mantan Kepala Seko-lah MTs Negeri 1 Palem-bang mendapat amanahuntuk memimpin organi-sasi Persaudaraan Pensiun-an Kementerian Agama(PPKA) Sumsel. Denganorganisasi ini, senior Ke-menterian Agama dapatmenyalurkan aspirasi danperbaikan bagi Kanwil Ke-menag Sumsel.

Sebanyak 18 orang peng-urus inti yang dikukuhkanKabag TU Kanwil KemenagSumsel Drs HM Ridwan MM,yang juga disakasikan KetuaPPKA Pusat Drs HM FauzanAlpandi dna undanganlainnya. “Alhamdulillah,keberadaan pensiunandihargai. PPKA merupakanwadah bagi senior-senioruntuk menyalurkan aspirasi,demi perbaikan Kemente-rian agama dalam membe-rikan pelayanan kepadamasyarakat,” katanya.

Sementara Kabag TUKanwil Kemenag SumselHM Ridwan mengatakan,di Kanwil Kementerian

Paspor OnlineBelum Diminati

Doakan Ishak Mekki Jadi Wagub●●●●● Ustad Yusuf Mansur Resmikan Rumah Tahfiz Binaan Ishak Mekki

PALEMBANG, SRIPO --- Ustaz Yusuf Mansurdan Syeikh Ali Saleh binAli Jabar (guru TahfizAlquran di MasjidNabawi Madina-SaudiArabia) mengajakwarga mendoakan Ir HIshak Mekki MMmenjadi WakilGubernur Sumsel.

"Saya kebayangnyamalah rumah TahfizPoligon ini bukan cumauntuk anak-anak. Tapijuga yang mudo-mudodan yang tuo-tuo,remajo. Mudah-mudahan menjadiprogram Pak Mekkisaat jadi Wagub. Sayatitip dengan Pak Alexnanti, agar di setiapmasjid di Sumselmenjadi masjid tahfiz,"seru KH Yusuf Mansursaat me-launchingRumah Tahfiz DaarulQuran binaan IshakMekki di PerumahanBukit Sejahtera PoligonPalembang, Jumat (22/3).

Selain menyampaikanpersembahannyamenghibahkan tempatuntuk dijadikan RumahTahfiz Daarul Quranyang akan dikelolaUstaz H MasagusFauzan SQ, Ishak Mekkimemintapendukungnya agartidak kecewa dirinyaharus legowo menjadiWagub.

nya yang cukup lambat(lelet) dalam mengakses se-hingga kebanyakan masya-rakat tidak sabaran sehing-ga memilih kembali melaluiproses manual dengan da-tang langsung ataupun me-nggunakan biro jasa.

“Memang minim, tetapiitu belum valid betul. Jari-ngannya memang agaklambat katanya,” katanya.

Pemprosesan melalui on-line seharusnya dapat me-mudahkan konsumen kare-na selain tidak harus ber-jam-jam antre, juga dapatdiakses kapanpun. Selainitu, membantu masyarakatagar terhindar dari praktekpercaloan.

Namun layanan ini, me-nurut Ferdy mahasiswaPGRI Fakultas Perikanan,diakui cukup menyulitkan.Karena sebelumnya, ia punpernah mencoba agar tidak

repot pergi ke kantor imi-grasi tetapi ia bingung kare-na sulit terkoneksi. “Akhir-nya, saya memilih caraaman dengan datang lang-sung ke kantor,” jelasnya.

Dari secara kesuluruhanpelayanan yang diberikanImigrasi, Ferdy menilai su-dah cukup baik denganadanya sistem tersebut. Pa-salnya, saat ini hampir se-mua layanan diproses onli-ne, apalagi telah ditunjangteknologi yang canggih.

Berbeda dengan Ferdy,Wira mengaku tidak me-ngetahui kalau ada caraonline dalam permohonanpaspor. “Saya tahu kalauada cara online karena barubuat paspor. Kemarin te-man-teman juga buat pas-por langsung ke Imigrasi,jadi saya ikuti,” kata Wirapekerja swasta yang tinggaldi Jl Silaberanti RT 05 ini.

Paspor KolektifSementara Rahmi (36),

salahs atu warga yangmembuat paspor untukkeperluan berangkatUmrah, ia sedikit menge-luhkan layanan di Imi-grasi. Pasalnya, saatmendapatkan nomorantre No 42, tentu saja iaantre bersama wargalainnya di tempat tungguyang yang sudah disiap-kan. tiga lebih atau pukul10.30, nomor antreanyang dipanggil untukfoto, sidik jari dan wa-wancara baru diurutan 5.Padahal, warga yangmasuk ke dalam ruang-an jumlahnya banyakdan silih berganti.

“Saya sempat tanya,ternyata petugas menda-hulukan pembuatan Pas-por Kolektif,” katanyadengan kesal. (cw7/sin)

SRIPO/SYAHRUL

BUAT PASPOR–Petugas KantorImigrasi Kelas IPalembangmewawancaraiwarga yangakan membuatpaspor, setelahmelakukanpemotretanbeberapa waktulalu.

Hindoli Sejahterakan Petani Sawit“Memang dana itu kalau

dibagi seluruh anggota ti-dak seberapa tetapi cukupberguna,” jelasnya, serayamenyebutkan dana itu di-potong langsung saat pem-bayaran panen.

“Setiap akhir tahun rapatanggota, kami jelaskan se-cara detil kepada semua ang-gota, berkenaan dengansimpanan tersebut termasukkeuntungan dari opera-sional koperasi,” paparnyasembari menerangkan ko-perasi Mukti Jaya awalnyaberdiri tahun 1982 masihsangat susah dan setelah ke-luar peraturan mengenaiperkebunan inti rakyat bo-leh dikelola koperasi makakoperasi mengadakan peru-bahan total sejak tahun 1995.

Dengan masuknya PTHindoli sebagai pembinapetani sawit dan koperasipetani sawit inti rakyat, lan-

jutnya, maka KoperasiMukti Jaya terus berkem-bang dan meraih beberapapenghargaan baik dari pe-merintah daerah, maupunpusat.

“Hingga saat ini koperasiMukti Jaya terus mengem-bangkan binaan bagi petanisawit di Sungai Lilin bahkanbeberapa petani sawit diluar anggota koperasi,” Te-rang Bambang.

Anthony Yeow, PresidenDirektur PT Hindoli Cargillmengatakan, Hindoli tidakakan menerima buah sawitdari kebun petani yangbelum mendapat sertifikasi.Alasannya, PT Hindolisudah bersertifikat inter-nasional dan nasional.

“Kita bukan tidak mautetapi itu sudah ketentuandari Hindoli, kita menjagamutu dan ikuti aturan yangada” tegasnya. (trs)

Ali Sado Pimpinan PPKA

Agama Sumsel terdapat 109Satuan Kerja (satker), 15Kantor Kemenag, 21 Mad-rasah Aliyah Negeri (MAN),38 MTs Negeri dan 36Madrasah Ibtidiyah (MI)yang diperkuat dengan5.010 pegawai dan 12 ribulebih guru PNS dan seba-nyak 9000 guru Non PNSalias honorer. Jumlah ini be-lum diperkuat dengan tena-ga penyuluh yang berjum-lah 1.400 orang.

Dari sekian banyak pega-wai, untuk 2013 ini sajasudah banyak yang mema-suki masa pansiun. “Ada-

nya PPKA ini menjadi wa-dah positif bagi pensiunanuntuk terus berkiprah,”katanya.

Sementara Ketua UmumPPKA Fauzan Alpandi me-ngatakan, saat masih aktifsebagai PNS di Kementeri-an Agama, tentu statusnyasebagai abdi negara. Na-mun begitu pensiun, pen-siunan berubah status men-jadi abdi masyarakat. “Kitasaat ini sudah dipensiunkanoleh negara, maka terusbekarya sebelum kita se-mua dipensiunkan Allah,”katanya. (sin)

SRIPO/SIN

KABAG TU Kanwil Kemenag Sumsel Drs HM Ridwan MM saatmengukuhkan pengurus wilayah Persaudaraan PensiunanKementerian Agama Provinsi Sumsel di Aula Kanwil, Jumat (22/3).

SRIPO/ABDUL HAFIZ

KH Yusuf Mansur didampingi H Ishak Mekki menggunting pita Rumah Tahfiz Daarul QuranKomplek Bukit Sejahtera Poligon, Palembang, Jumat (22/3).

SRIPO/ABDUL HAFIZ

KH Yusuf Mansur didampingi H Ishak Mekki menandatanganibatu prasasti Rumah Tahfiz Daarul Quran Komplek BukitSejahtera Poligon, Palembang Jumat (22/3).

SRIPO/ABDUL HAFIZ

KH YUSUF MANSURSRIPO/ABDUL HAFIZ

Syeikh Ali Saleh bin Ali Jabar

"Setahun ini sayasosialisasi. Setelah melaluisurvei, pooling sayaternyata belummenggembirakan.Sehingga Majelis TinggiPartai Demokrat, Pak SBYmengatakan Pak Ishakkita harus menjadi untuknomor dua. Saya sudahbekerja keras, mungkin inisudah kehendak YangMaha Kuasa. Mungkinmengecewakan, tapi ituupaya cita-cita. Inilah apayang saya lakukan. Semuadengan niat ikhlas tulusuntuk Sumsel," kata IshakMekki.

Hadir pada acaratersebut KH Syukri Ahkaf,Kadipar Sumsel ToniPanggarbesi, BupatiMuaraenim Muzakir Sai

Sohar, Syeikh Ali Salehbin Ali Jabar (guruTahfiz Alquran di MasjidNabawi Madina-SaudiArabia). (ADV/fiz)

SRIPO/TOMMY SAHARA

DIPELUK – Seorang pria tunawicara yang tersesat di Kota Lahat,menangis di pelukan Marwan Mansyur, Jumat (22/3).

SRIPO/WAWAN SEFTIAWAN

DIMUSNAHKAN – BNN, Polres Pagaralam, TNI serta masyarakatmelakukan pemusnahan daun Katinone di Dusun Rimba CandiKecamatan Dempo Tengah Pagaralam, Jumat (22/3).

12 SRIWIJAYA POST

Sabtu, 23 Maret 2013 13SRIWIJAYA POST

Sabtu, 23 Maret 2013

Warga MintaUkur Ulang

● Warga & PT MHP rapat Bersama Komnas HAM● Persoalan Tapal Batas Lahan HPHTI PT MHPMUARAENIM,SRIPO —Warga Desa Karang Raja,curhat kepada delegasi Ko-misi Nasional Hak Azazi Ma-nusia (Komnas HAM) RI,atas sengketa lahan dengankawasan lahan konsensiHPHTI PT Musi Hutan Per-sada (MHP). Acara berlang-sung di ruang rapat PemkabMuaraenim, Jumat (22/3).

Hadir dalam rapat terse-but empat perwakilan dariKomnas HAM RI Eko Da-hana, Budi Latif (penyelidik),Devy Ruliati dan Dewi Sar-tika (peneliti). kemudian,Asisten Pemerintahan Bul-gani Hasan, Kadishut Mu-araenim Rustam, Kades Ka-rang Raja Rusmina, WakilKetua BPD Karang RajaDjamaludin, tokoh masya-rakat dan instansi terkait.

Menurut Kades KarangRaja, Rusmina, pihaknya te-lah berkali-kali memintapenjelasan dari PT MHP ten-tang kejelasan tapal batasantara lahan Hutan Produk-si Hutan Tanaman Industri(HPHTI) PT MHP dengan la-han tanah milik masyarakat

yang berupa program Me-nanam Hutan Bersama Mas-yarakat (MHBM) dan Mena-nam Hutan Rakyat (MHR).

Soalnya,kata Rusmina,tidak jelasnya tapal batas itu

merugikan masyarakat ba-nyak. Bahkan sampai adawarga yang harus beruru-san dengan hukum dan ma-suk penjara karena penga-duan PT MHP dengan tudu-

han pengrusakan dan pe-rampasan lahan.

“Saya bicara ini fakta.Bahkan salah satu korban-nya adalah saya sendiri,”ujar Rusmina dengan mataberkaca-kaca, seraya me-nambahkan dirinya saat ini,telah menjadi tersangka ga-ra-gara masalah lahan ter-sebut. Padahal dia membelidari warga, tapi oleh pihakPT MHP dinyatakan masukwilayah mereka. Akibatnyadia dituduh telah menjuallahan HPHTI.

“Saya harap PT MHP se-gera lakukan pematokandan mengukur ulang lahanmereka terutama yang ma-suk wilayah Karang Raja,”kata Rusmina.

Keluhan serupa juga di-sampaikan oleh Wakil KetuaBPD Jamaludin, bahwa saatini, masyarakat KarangRaja, memang resah. Untukitu, ia berharap dengan ada-nya Komnas HAM RI, bisamenjembatani menyelesai-kan permasalahan tersebutdengan tuntas dan tidakberlarut-larut. Sebab lahanseluas 254,6 hektar yang ma-suk wilayah Desa KarangRaja letaknya masih abu-abu.

“Kami minta ukur ulangkarena disinyalir telah mele-bihi izinnya.

Pada kesempatan itu, Le-gal Manager PT MHP Su-hendri, mengatakan pihak-nya mengacu dengan SuratKeputusan (SK) Menhut RINo 38 tahun 1996. DimanaPT MHP mendapatkan izinseluas 296.400 hektar, yangefektif seluas 193.500 hektaryang terletak di enam Ka-bupaten yakni Muaraenim,Lahat, Musi Rawas, Musi Ba-nyu Asin, OKU, OKUT yangmulai beroperasi pada ta-hun 1990. (ari)

PAGARALAM, SRIPO — Pi-hak Badan Narkotika Nasi-onal (BNN) Kota Pagaralammenggelar sosialisasi baha-ya Katinone kepada masya-rakat di Dusun Rimba CandiKecamatan Dempo TengahPagaralam, Jumat (22/3).Masyarakat setempat di-ingatkan bahwa katinonejuga termasuk golongannarkotika karena mempu-nyai dampak seperti halnyaganja dan sabu.

Pantauan Sripo , selainmenggelar kegiatan sosi-alisasi pihak BNN bersamapihak Polres dan TNI jugamelakukan pemusnaan se-jumlah pohon kathinoneyang ada di Dusun RimbaCandi. Hal ini menandakanbahwa daun katinone me-mang sudah dilarang untukdikonsumsi.

Kepala BNN Kota Pagar-alam, Sudran Gafar me-ngimbau semua warga KotaPagaralam khususnya war-ga Dusun Rimba Candi un-tuk tidak lagi memanfaat-kan daun katinone baik un-tuk dikonsumsi sendirimaupun untuk diperjualbelikan.

“Katinone saat ini sudahtergolong sebagai narkotikagolongan satu. Pasalnyadari hasil pemeriksaan labo-raturium katinone memangmerupakan salah satu ba-han baku pembuat narkoti-ka,” ujarnya.

Penyuluhan yang digelarBNN digelar agar masyara-kat tahu dampak dari pe-nyalahgunaan daun khatatau khatinone tersebut.Masyarakat harus bisa me-ngetahui dampak yang di-

timbulkan dari penggunaandaun tersebut.

“Sesuai dengan UU No.35tahun 2009, pohon katinonmerupakan jenis narkobagolongan 1. Untuk itu per-lakuannya sama halnya de-ngan ganja, ekstasi dan sa-bu-sabu. Warga yang meng-gunakannnya akan dianca-man hukuman 4 tahun danpaling lama 12 tahun, de-ngan denda uang minimalRp 800 juta dan maksimal Rp8 Miliar,” jelasnya.

Jika ada warga yang sudahkecanduan katinon, pihakBNN berharap segera mela-por agar dapat segera diam-bil tindakan cepat dengandirehabilitasi.

Kapolres Pagaralam, AK-BP Abi Darrin mengatakan,pihaknya memerintahkansemua masyarakat yangtelah menanam katinone

untuk segera memusnakan-nya. Karena jika masih ter-dapat warga menanamtumbuhan tersebut makaakan ditindak tegas.

“Kita mengharapkan

BNN SosialisasikanBahaya Katinone

● Musnahkan Tanaman Katinone di Dusun Rimba Candi

SRIPO/ARDANI

RAPAT – Perwakilan Komnas HAM RI bersama AsistenPemerintahan Bulgani Hasan memimpin rapat sengketa lahanantara masyarakat Kabupaten Muaraenim dengan PT MHP, Jumat(22/3).

Bank Sumsel Babel Syariahakan Tambah Capem

BATURAJA,SRIPO - H Saekan Noer, Pemimpin UnitUsaha Syariah Bank Sumsel Babel (bukan DirekturUtama Bank Sumsel Babel Syariah, red) mengatakantahun ini akan ditingkatkan jumlah pemenang TabunganKaffah. Semula pemenang Tabungan Kaffah 24 orang,akan ditingkatkan menjadi 36 orang dari seluruh nasabahTabungan Kaffah Bank Sumsel Babel Syariah yang diundisetiap dua tahun sekali.

Kepada Sripo, Jumat (22/3) Pemimpin Unit UsahaSyariah Bank Sumsel Babel ini mengatakan, khusus diBaturaja paling lambat akhir tahun akan dibuka KantorCabang Pembantu Belitang dan Kantor Kas di KampusSTIKES Al-Ma’arif Baturaja. Selain itu Bank Sumsel Ba-bel Syariah akan membuka juga kantor cabang diMuaraenim, Pangkalpinang dan akan membuka KantorCabang Pembantu di Muarakelingi, Lubuklinggau.(eni)

LAHAT, SRIPO — AKP Bu-diman Kepala Satuan Inte-lejen dan Keamanan (Ka-sat Intelkam) Polres Lahat,dipromosikan menjabatKepala Bagian Operasional(Kabag Ops), menggan-tikan posisi Kompol KudriM. Acara serah terima ja-batan (Sertijab) bersama ti-ga perwira lainnya, di-pimpin langsung KapolresLahat AKBP Budi Suryan-to, Jumat (22/3).

Prosesi sertijab berlang-sung di halaman MapolresLahat, di Jl BhayangkaraKota Lahat. Upacara danprosesi dipimpin langsungKapolres Lahat AKBP BudiSuryanto, serta seluruhperwira dan anggota satu-an yang bertugas di jaja-ran Polres Lahat.

Pergantian terjadi di be-berapa posisi penting, dijajaran Polres Lahat. Kom-pol Kudri M Kabag Opsmenjadi Kapolsek TebingTinggi, menggantikanKompol Dilianto yang di-promosikan ke PoldaSumsel. Jabatan yang di-tinggalkanya di duduki

AKP Budiman, yang sebe-lumnya menjabat KasatIntelkam Polres Lahat. Se-dangkan Kasat Intelkam diisi AKP Tatang, yang sebe-lumnya bertugas di PolresMuaraenim.

Selanjutnya Kapolsek Pa-seman Air Keruh (Paiker)Ipda Hidayat dimutasikanmenjadi Kapolsek Ulu Musi,menggantikan Ipda Frediyang ditarik ke Reskrim Pol-res Lahat. Sedangkan posisiKapolsek Paiker yang di-tinggalkan Ipda Hidayat, diisi Ipda Bachirun yang se-belumnya menjabat KanitBinmas Polsek Kikim Te-ngah.

Kapolres Lahat AKBP BudiSuryanto meminta kepadapara perwira yang barudilantik, untuk menjalankantugas sebaik mungkin. Ka-sus-kasus menonjol yangterjadi di wilayah kerja harusdiungkap, karena akan terusia monitor perkembagannya.Sebab hal tersebut bisa mem-berikan rasa aman kepadamasyarakat, terutama didaerah rawan kejahatan.

Selain itu Budi meminta

SRIPO/ENI

H Saekan Noer

Respon Cepat Laporan Masyarakat●●●●● AKP Budiman Jabat Kabag Ops AKP Budiman Jabat Kabag Ops AKP Budiman Jabat Kabag Ops AKP Budiman Jabat Kabag Ops AKP Budiman Jabat Kabag Ops

anggotanya mendekatkandiri dengan masyarat, untukmeminimalisir tindakankejahatan yang mungkinsaja terjadi. Salah satu cara

yakni merespon cepat kelu-han dan laporan, sebagailangkah antisipasi terjadinyagejolak.

“Respon cepat atapapun

keluhan masyarakat me-ngenai Kamtibmas, apa-lagi jika berpotensi terjadiganguan,” ujar AKBP BudiSuryanto. (mg10)

SRIPO/TOMMY SAHARA

SERTIJAB – Kapolres Lahat AKBP Budi Suryanto (kedua dari kiri) menyematkan tanda jabatan,saat memimpin sertijab sejumlah perwira di halaman Mapolres Lahat, Jumat (22/3).

warga untuk dapat me-musnakan tanaman katino-ne yang sudah mereka ta-nam. Hal ini agar tidak adalagi penyalagunaan dauntersebut,” imbaunya.(mg16)

LUBUKLINGGAU,SRIPO —Sungai Mesat yang melintasiempat kecamatan di KotaLubuklinggau, yaitu Lubuk-linggau Barat I, Lubukling-gau Timur I dan Timur II ser-ta Kecamatan LubuklinggauSelatan I sudah tercemar. So-alnya, masyarakat DAS Me-sat sepanjangnya sekitar 25kilometer tersebut, sebagi-an besar tidak memiliki sep-tic tank, sehingga limbahMCK semua disalurkanlangsung ke sungai.

“Dari hasil pantauan kita,ada sekitar 400 kepala kelu-arga (KK) yang tinggal dise-panjang DAS Mesat, tidakmemiliki septic tank. Jadi lim-bah tinja langsung disalurkanke sungai melalui pipaparalon. Kondisi tersebutsecara estetika sangat meng-ganggu dan mencemari airsungai. Karena itu melaluiperingatan Hari Air Sedunia

ini, kita ingin menggugah ke-sadaran semua pihak untukpeduli terhadap lingkungan,”ujar Efendi, Direktur YayasanPucuk, disela menggelar aksisimpatik bersama aktifispecinta alam, diseputaran

Lapangan Merdeka Lubuk-linggau, Jumat (22/3).

Menurutnya, seiring wak-tu, intensitas masyarakatyang membuang limbah WClangsung ke sungai tersebutmakin meningkat.(zie)

Sungai Mesat Tercemar

SRIPO/ZIE

AKSI SIMPATIK – Aktivis lingkungan dan pecinta alam menggelaraksi simpatik di seputaran Lapangan Merdeka Lubuklinggau,memperingati Hari Air Sedunia, Jumat (22/3).

MARTAPURA, SRIPO – Menje-lang pergantian musim dari peng-hujan ke musim kemarau, Kabupa-ten OKU Timur waspada terhadapkebakaran lahan dan hutan. Demi-kian diungkapkan Kepala BPBDOKU Timur, Darlizal Effendi, Jumat(22/3).

Menurut Darlizal setelah musimpenghujan dan memasuki musimkemarau, OKU Timur harus me-waspadai adanya kebakaran lahandan perkebunan. Untuk mengan-tisipasi hal tersebut, pihaknya akanberkoordinasi dengan dinasperkebunan dan kehutanan sertadengan sejumlah perusahaan-perusahaan perkebunan yang adadi OKU Timur.

“Saat ini kalau banjir sepertinyasudah mereda. Namun yang harusdiwaspadai menjelang pergantianmusim adalah kebakaran lahanseperti tahun lalu,” ujarnya.

Tahun 2012 lalu kata dia, keba-karan lahan sebagian besar terjadi

pada lahan hutan belukar sepertihutan Pusat Latihan Tempur (Pus-latur) Martapura-Baturaja. Sedang-kan untuk wilayah perkebunankemungkinan kebakaran sangatkecil karena sejumlah perusahaansudah melakukan antisipasi.

“Setelah berkoordinasi danmenggelar rapat, kita akan segeramengirimkan surat kepada masing-masing perusahaan agar dapatmelakukan persiapan untuk anti-sipasi kemungkinan kebakaranhutan dan lahan,”katanya.

Sementara untuk bencana banjir,meski hujan lebat disertai anginkencang masih turun KabupatenOKU Timur, namun dia memastikantidak akan berdampak pada bencanabanjir. Hal itu disebabkan karenaketinggian air Sungai Komeringmasih normal.

Selain itu kata Darlizal, kemung-kinan banjir juga sangat kecil karenahujan yang turun hanya di wilayahOKU Timur. Sementara di hulu

Sungai Komering di Wilayah OKUSelatan, hujan masih terbilang nor-mal dan tidak berdampak padameningkatnya debit air SungaiKomering.

“Informasi terakhir dari pintu airJagaraga, OKU Selatan. Ketinggianair masih normal. Selain itu hujanyang turun baik di hulu sungaimeupun di wilayah OKU Timurbelum mengancam masyarakat,”ujarnya.

Untuk itu kata dia, masyarakattidak perlu khawatir dengan kondisicuaca saat ini. Namun yang perludiantisipasi adalah angin kencangyang bisa berpotensi puting beliuangmenjelang pergantian musim.

“Biasaya kalau pergantian musim,OKU Timur ini rentan angin putingbeliung. Namun kalau dari pergantianmusim penghujan ke musim kema-rau, sepertinya kecil. Biasanya anginputing beliung melanda saatpergantian dari musim kemarau kemusim hujan,” jelasnya. (mg3)

OKUT Waspada Kebakaran LahanLAHAT, SRIPO — Pelaksanatugas Sekretaris Daerah (PltSekda) Pemkab Lahat Mar-wan Mansyur, menyamba-ngi sejumlah pasar tradisio-nal yang ada Kota Lahat, Ju-mat (22/3) pagi. Namun tu-juan kedatangannya mem-buat para pedagang bi-ngung, untuk inspeksi men-dadak (sidak) atau kampa-nye. Sebab puluhan staf danpegawai negeri sipil (PNS)yang menyertainya memin-ta mereka untuk memilihatasannya tersebut padaPemilukada bulan Juni men-datang.

Pantauan Sripo, MarwanMansyur menyambangi duapasar sekaligus, yang ada dipusat Kota Lahat. YakniPasar Tradisional Moderen(PTM) Serelo yang berada diJl RE Martadinata, serta PasarLematang yang terletak di JlMayor Ruslan I. Ia ditemaniistri tercinta, serta puluhan

staf yang mengenakanpakaian dinas dan kaosolahraga Pemkab Lahat.

Pria yang masih menjabatKepala Bapedda KabupatenLahat ini, menelusuri tiaplorong pasar. Mulai dari blokpakaian jadi sembako dansayur manyur, hingga blokyang lantainya becek sepertiblok khusus penjual dagingdan ikan segar. Ia mena-nyakan harga beberapakomoditi pasar kepada pe-dagang, terutama bawangmerah dan bawang putihserta sembako.

Kedatangannya disambutantusias, dan menyita per-hatian pedagang dan pe-ngunjung. Beberapa orangdiantaranya mendekat, ha-nya untuk bersalaman danbercengkraman dengan priayang akan berpasangan de-ngan Saifudin Aswari padaPemilukada Kabupaten La-hat Juni mendatang.(mg10)

Marwan Sidak Pasar Tradisional

SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013 14

PALEMBANG, SRIPO –Sesuai jadwal, kemarin (22/3) hari pertama kampanyemonologis calon Walikotadan Wakil Walikota Palem-bang, setelah sebelumnyaDPRD mendengarkan visidan misi para kandidat. Ca-lon nomor urut 1, H Mu-laris Djahri-H Husni Tham-rin (Murni) menggelarkampanye di Lebak Keran-ji, Bukit Lama KecamatanIB I. Pasangan nomor urut2, H Romi Herton dan HHarnojoyo (RH) bertem-pat di lapangan Patra Jaya,Plaju.

Sedangkan pasangannomor urut 3, H Sarimudadan Hj Nelly Rasdiana me-nggelar kampanye mono-logis di lapangan bola TalangKelapa, Alang-alang Lebar.

Di hari pertama kampa-nye, para kandidat mulaimenghadirkan sejumah artisibukota. Di Patra Jaya, ribuanmassa Romi-Harno dihiburHello Band, dengan lagu-lagu hitnya. Meskipun cuacapanas, ribuan massa tumpah

Hello Band-Caca HandikaAwali Kampanye Pilwako

ruah bersorak meneriaki yel-yel dan slogan pasanganRomi Herton-Harnojoyo.Selain dihadiri dari per-wakilan partai politik pen-dukung, massa kampanyedisapa langsung Ketua PDIPerjuangan Sumsel, EddySantana Putra, yang jugaWalikota Palembang.

Massa kampanye yangdominan mengenakan ba-ju berwarna merah bertu-liskan Romi Herton-Har-nojoyo, membuat area Sta-dion Patra Jaya berubahmenjadi lautan merah. Ri-buan massa yang berasaldari zona yang telah dite-tapkan, disuguhkan hibur-an artis-artis ternama ibu-kota. Di antaranya bintang-bintang KDI yakni Delfi,Selfi, Melfi, Ina, Davi danartis lainnya.

Hello band sebagai salahsatu band ngetop juga ikutmenghibur massa kampa-nye pasangan Romi Her-ton-Harnojoyo. Band yangdigawangi vokalis Widi,mengajak ribuan massa

PASANGAN Cawa-ko-Cawawako Palem-bang Mularis-Husni(Murni). menggelarkampanye di kawasanLebak Keranji Kelurah-an Bukit Lama, Jumat(22/3) siang. Kampanyeberjalan menarik dancukup heboh. Ini terjadikarena adanya perlom-

Lomba karaoke

SEMENTARA pasanganSarimuda-Nelly Rosdiana(SN) berkampanye diKecamatan IT II, Sako, Se-matang Borang, Suka-rami, Kalidoni dan Alang-alang Lebar (AAL). Berlo-kasi di Kelurahan Talang

Program Sarimuda-Nelly

Teropong Kampanye

baan menyanyi yang diada-kan oleh tim sukses pa-sangan Murni.

Setiap kali seorang peser-ta melantunkan lagu dang-dut kesayangan mereka,warga yang lain secaraspontan mengiringi de-ngan goyangan. Namun,goyangan yang merekatampilkan bukanlah go-

yang ngebor ala Inul Dara-tista atau pun goyang nge-cor ala Uut Permatasari. Pa-ra warga hanya menggo-yangkan jari telunjuk ta-ngan mereka, yang disebutdengan Goyang Jari.

Antusias warga LebakKeranji seakan membiusMurni serta istriny untukikut serta bergoyang jari.

Dengan kompaknya,Murni beserta istribersama warga meng-goyangkan jari telunjukmereka. Satu tunjuk iniseakan menandakanajakan kepada masya-rakat untuk memilihpasangan Murni nomorurut 1. (cw6)

Kelapa, pasangan nomorurut 3 ini mengkampanyekanprogram Sehat, Sekolah danSejahtera atau 3S. Sarimudamenawarkan pemberiankartu bagi warga.

“Bila terpilih saya akanmenerapkan kartu pintar

untuk berobat. Warga yangsakit tidak perlu lagi dipersulitoleh Puskesmas atau RumasSakit. Untuk berobat tidakperlu gunakan surat ketera-ngan apa-apa lagi bila sudahada kartu itu,” kata Sarimudadalam kampanyenya.

Sedangkan untuk kar-tu sekolah menurut Sari-muda diperuntukkan ba-gi warga miskin. BersamaNelly, Sarimuda akanmengembangkan eko-nomi rakyat dan pembe-rian modal usaha. (mg5)

kampanye untuk menco-blos nomor dua sebagai pe-mimpin Kota Palembang.“Ayo coblos nomor dua.Jangan lama-lama coblosnomor dua, ajak Widi Helloband dalam lirik lagunya.

Dalam kampanyenya,pasangan Romi Herton-Harnojoyo yang menge-nakan kemeja berwarnaputih, menyampaikan limaprogram unggulannya, sa-lah satunya membantu pe-dagang kaki lima dan pe-ngusaha kecil maupun me-nengah memberikan pin-jaman lunak tanpa agunan.Lalu mereka juga mempro-gramkan Kartu Sehat, yangdiperuntukkan warga yangtak termasuk programJamkesmas, Askes, dan As-tek. Mereka juga mena-warkan program KartuPintar, yang merupakanbagian dari bantuan untukanak sekolah.

Sementara duet Sarimu-da-Nelly, menghadirkanpedangdut Caca Handika.(mg19/mg5/cw6)

SRIPO – IST SRIPO – STS SRIPO – ZAINI

SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 2013 15

nya terlihat ada api. Mende-ngar hal tersebut Rebu punbergegas berlari bermak-sud akan memadamkan apidan menyelamatkan ba-rang berharga. Namun ke-tika tiba ternyata api sudahmembesar dan warga su-dah terlihat beramai-ramaimencoba memadamkanapi. Namun karena bahanrumah kayu dan angin cuk-

Warga UrunanBantu Kakek

Rebu dari halaman 16

nakan shabu seharga Rp200ribu tersebut.

“Barang ini saya beli dariMin di daerah 13 Ilir untukdigunakan dengan Tri dariuang hasil patungan. Tapibelum sempat bertemu su-dah ditangkap,” ujar Robyyang mengaku sudah men-jadi pemakai sejak 2010 laluitu.

Sementara itu, KasubditII AKBP Syahril Musa di-dampingi Kanit II subdit I

Histeris SaatDitangkap

dari halaman 16

pernikahan kakanya.“Saya di Lampung kare-

na saya menghadiri acarasaudara saya yang akan ni-kah. Rencananya, setelahakad nikah, saya akan keJakarta,” ujar bapak anaktiga ini, Sabtu (22/3). Dilan-jutkan Don, perbuatannyadalam ikut serta membob-ol mobil yang dikendaraiIrma, bukanlah yang perta-ma kali. Ia mengaku, sudahempat kali menjalankan aksiini bersama AR. Namunkhusus bersama JL, wargaJl Pangeran Subakti LorongMuhibah Kelurahan 26 IlirIB I Palembang, mengakubaru satu kali kerja samamembobol mobil.

Dibekuk SaatNikahan Kakak

dari halaman 16

Namun, saat ditanya soalkekurangan berkas yangdilimpahkan, Djarod eng-gan memberitahukan keku-rangan apa saja yang dim-inta jaksa untuk dilengka-pi. “Petunjuknya jangan ya,nanti mempersulit me-lengkapinya,” ungkapnyasingkat.

Lebih jauh Djarot menga-takan, Polda sangat seriusmenindaklanjuti kasus ini.Sebelumnya penyidik Poldatelah melakukan rekon-struksi yang juga dihadirioleh penyidik TNI dan ke-jaksaan. “Kita berharap se-cepatnya perkara ini bisadituntaskan,” jelasnya.

Sementara itu, untuksanksi disiplin baru akan di-laksanakan setelah adakeputusan tetap dari kasuspidana ini. “Ancaman huku-manya lebih dari lima ta-hun, tersangka bisa dikena-kan sanksi PTDH (pember-

PembunuhAnggota ArmedSegera Disidang

dari halaman 16

hentian tidak dengan hor-mat). Ditakutkan kalausudah dilakukan sidang di-siplin, tersangka vonis be-bas di pengadilan, kita bisadituntut,” ungkapnya.

(MG2)

“Ditambah yang ini, sayasudah dua kali masuk pen-jara karena kasus bobolmobil. Tahun 2012, sayapernah dipenjara di RutanPakjo Palembang,” aku Donseraya menambahkan dap-at jatah Rp 500 ribu dari hasipembobolan mobil milikIrma.

Terkait peristiwa pem-bobolan mobil, Don men-gakui perbuatannya. Ada-pun peran yang ia jalani ad-alah memantau pergerak-kan korban, yang sat itu se-dang asyik menyantap nasigoreng di lokasi kejadian.

Don beraksi tidak seor-ang diri. Ketika ia meman-tau pergerakkan korban,seorang temannya berini-sial AR (DPO) yang mem-bobol pintu mobil milikIrma. AR membobol pintumobil Irma dengan meng-gunakan kunci T. Seorangteman keduanya yang lain,

JL (DPO), mengawasi ke-adaan di sekitar lokasi keja-dian. Sebelum beraksi, keti-ganya terlebih dahulu me-markirkan mobil HondaCRV yang mereka sewa te-pat di samping mobil kor-ban. Tujuannya adalah un-tuk menutupi aksi yang dija-lani AR. Usaha tersebut ber-hasil membuat Irma tak sa-dar pintu mobilnya sudahdirusak AR.

“Saya tahunya dari penju-al nasi goreng. Sayang, saatsaya tahu, para pelaku su-dah keburu kabur memba-wa Ipad, HP, baju basket,dan tas berisi ATM,” kata Ir-ma, yang datang ke Mapol-sekta Kemuning untuk me-lihat Don. Kapolsek Kemun-ing Palembang, Iptu RizkaApriyanti SH, membenar-kan penangkapan terhadapDon. Ia diringkus petugassaat berada di rumah kelu-arganya di Lampung. (cw6)

up kuat, apipun sudah tidakdikendalikan lagi. Dalam hi-tungan menit rumahpunrata dengan tanah.

“Aku kasian jugo, sebabcuma baju di badan tulahyang selamat. Sekarang ka-mi upayakan urunan untukmemberikan bantuan,” ujarErsangkut, salah seoranganggota DPRD Muaraenimdari pemilihan setempat. Se-lain itu juga, kata Ersangkut,pihaknya telah menyam-paikan ke Dinas Sosial Ka-bupaten Muaraenim perihalmusibah tersebut dan ber-harap juga akan mendapat-kan bantuan dari PemkabMuaraenim.

Ketika dikonfirmasi ke

Kepala PBK MuaraenimBakarudin, membenar-kan adanya kejadian ter-sebut. Namun pada saatkejadian, pihaknya tidaktahu sebab tidak masya-rakat ataupun perangkatdesa yang menelpon me-minta bantuan. “Kami ji-ka ada telepon langsungdatang. Tapi kalu tidak ta-hu dan memberikan in-formasi bagaimana. Kitastandby 24 jam dikantor,”tukas Bakarudin. (ari)

jukkan gelagat mencuriga-kan. Tangannya tak pernahlepas dari saku celana, seh-ingga mengundang polisiuntuk memeriksa. Rupanya,Agus sedang mengantongisatu paket kecil sabu. Seakanmenggantikan posisi adik,Agus harus rela digiring polisike ruang tahanan.

“Sabu itu titipan dari te-man saya. Saya yang beli sa-bu itu seharga Rp 100 ribu,”kata Agus, Jumat (22/3).

Adik BuronKakak

Tertangkap dari halaman 16

Uang tersebut, lanjutAgus, seluruhnya adalahuang temannya. Ia hanya di-janjikan untuk mengkon-sumsi sabu bersama-samajika berhasil membeli sabuitu dari seorang bandar. Say-ang, karena keteledoran dankurang beruntung, aksiyang dijalani Agus keburudiketahui polisi di saat bu-buk-bubuk putih di dalamplastik klip transparan ma-sih belum dikonsumsi sedi-kit pun. Kapolsekta IT II Pa-lembang, Kompol HansRahmatullah, melalui KanitReskrim, Iptu Sabur, mem-benarkan penangkapan itu.Agus dan satu paket sabuseharga Rp 100 ribu saat inisudah diamankan di Mapol-sekta IT II. (cw6)

PRABUMULIH, SRIPO –Akibat kedapatan menjam-bret tas jinjing milik KepalaSDN 43 kota Prabumulih,Ivan Efriyadi (19) warga ja-lan Krisna Kelurahan Wono-sari Kecamatan PrabumulihUtara babak belur dihajarmassa. Akibat diamuk mas-sa tersebut, pelaku mengal-ami luka cukup serius di se-kujur tubuh.

Aksi pejambretan yangdilakukan tersangka Ivanterhadap Kepala SDN 43

nyimpangan yang dilaku-kan pihak kontraktor.

Sementara itu, KabidHumas Polda Sumsel AK-BP R Djarod Padakovamembenarkan ada dug-aan Korupsi pembangu-nan tersebut, pihaknya te-ngah melakukan penyeli-dikan mengumpulkan da-ta dan bukti. Ditemukanadanya dugaan tindak pi-dana pada kasus pemban-gunan jalan jagaraga itu.“Sekarang sudah masukpenyidikan. Untuk ter-sangkanya belum ada, da-lam waktu dekat segaradilakukan pemeriksaansaksi-saksi,” pungkas Dja-rod di Mapolda Sumsel,Jumat (21/3). (mg2)

Dugaan KorupsiJagaraga Disidik

dari halaman 16

Mau KaburTabrak Mobil

● Penjambret Babak Belur● Korbannya Kepala Sekolah

kota Prabumulih, Zalehatersebut terjadi di jalanJendral Sudirman Kelura-han Tugu Kecil KecamatanPrabumulih Timur, tepat-nya di daerah BatangAsam. Kejadian penjam-bretan dan amuk massatersebut berawal ketikaZaleha yang hendak pu-lang ke rumahnya di ka-wasan Kelurahan TuguKecil dibonceng oleh Yosi,pegawai Tata Usaha (TU)sekitar pukul 13.30.

Saat hendak menyebe-rang atau belok arah menu-ju tempat kediaman, secaratiba-tiba tas jinjing yang di-pegang erat korban disam-bar pelaku yang waktu itudibonceng oleh temannyadengan mengendarai mo-tor Mio Soul tanpa nomorpolisi. Sempat terjadi aksitarik menarik antara kor-ban dan pelaku, namunkorban kalah kuat dan tasterlepas dari gengaman aki-bat korban terjatuh dari atasmotor.

Mendapati hal itu keduapelaku memacu laju kenda-raan, sementara korban ha-nya bisa berteriak dan Yosimelakukan pengejaran ter-hadap pelaku. Namun, pel-arian para pelaku tak ber-langsung lama, saat melin-tas di jalan Jendral Sudir-man Kelurahan Muaradua,tepatnya di depan RM Sopo-nyono kendaraan yang di-tunggangi kedua pelakumenabrak sebuah mobil.Warga sekitar yang melihat

kejadian tersebut langsungberkumpul, namun wargakemudian melakukan pe-nyerangan terhadap pelakuakibat mendengar jika ke-duanya merupakan pelakupenjambretan.

Tersangka Ivan yangsaat itu terkapar lalu men-dapat amukan warga, se-mentara rekannya lang-sung meraih motor danberhasil kabur. Tidak lamadari kejadian, anggotaBuser Polsek PrabumulihTimur dan Polres Prabu-mulih tiba di lokasi danlangsung mengamankantersangka beserta barangbukti tas hasil jambret.

Kapolres PrabumulihAKBP Yerry Oskag SIK me-lalui Kabbag Ops KompolHT Sianturi didampingi Ka-subbag Humas Ipda UntungS ketika dikonfirmasi men-gatakan, terkait kejadiantersebut pihaknya tengahmelakukan pengejaran ter-hadap tiga pelaku yang ber-hasil kabur. “Pelaku telahkita amankan, sementara ti-ga pelaku yang kabur telahkita ketahui identitasnyadan masih kita kejar,” te-gasnya. (eds)

Kompol Agung Danar Gitamengatakan saat dilakukanpenggeledahan terhadaptersangka, didapat satu pa-ket kecil shabu di gengga-man tangan sebelah kirinya.Untuk itu, saat ini tengah di-lakukan pemeriksaan inten-sif guna pengembangan ka-sus dan tersangka sendiri ti-dak hanya dikategorikanpengguna, karena tidak di-temukan alat hisap saat pe-nangkapan.

“Dalam hal ini tersangkakita jerat dengan pasal 112dan 127 ayat 1, terkait pe-nyalahgunaan narkoba de-ngan ancaman hukuman di-atas empat tahun penjara,”tandas. (mg2)

DJarod Padakova DOK.SRIPO

CRIME STORYSRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 201316

MUARAENIM, SRIPO –Naas nasib kakek Rebu(65), warga Desa Pagar De-wa, Kecamatan Benakat,Muaraenim. Hanya dalamtempo satu jam, api meng-hanguskan seluruh hartabendanya dan hanya me-nyisakan selembar baju di

Warga Urunan Bantu Kakek Rebu● Rumah Ludes Terbakar● Tinggal Pakaian di Badan

SRIPO/ARDANI

Kebakaran--Tampak rumah Rebu (65), warga Desa Pagar Dewa, Kecamatan Benakat, Muaraenim. Hanya dalam tempo satu jam,api menghanguskan seluruh harta bendanya dan hanya menyisakan selembar baju dibadan, Kamis (21/3) sekitar pukul 19.00.

badan. Kejadian itu, Kamis(21/3) sekitar pukul 19.00.

Dari infromasi di lapa-ngan, kebakaran yangmenghanguskan satu buahrumah kayu panggung ter-sebut, ketika rumah sedangkosong. Sebab istrinya ti-dur di kebun, dan anak-

anaknya sudah berkeluar-ga, sehingga sudah mem-punyai tempat tinggal sen-diri. Diduga ingin ngopi,Rebu keluar rumah dan du-duk-duduk di warung ko-pi, tidak jauh dari rumah-nya.

Ketika sedang santaingopi, tiba-tiba korban di-beritahu oleh tetangganyabahwa di tengah rumah-

Adik Buron Kakak TertangkapPALEMBANG, SRIPO –Mulanya, tim Reskrim Pol-sekta IT II Palembang men-datangi rumah di Jl SlametRiyadi Lorong Manggar 1Kelurahan Lawang KidulIT II Palembang Kamis (21/3) malam untuk menang-kap salah satu buron pela-ku pembunuhan terhadapHerman berinisial Ang. Na-mun, polisi gagal menang-kap yang bersangkutandan hanya diterima oleh MAgus (26), kakak sepupudari Ang.

Saat berhadapan denganpolisi, Agus terus menun-SRIPO/REFLY

DIPERIKSA – Agus (kanan) saat diperiksa di Mapolsekta IT IIPalembang Jumat (22/3). ke halaman 15

ke halaman 15

PALEMBANG, SRIPO –Salah satu pelaku pembob-ol mobil Honda Jazz milikIrma (50) di kawasan Jl RSoekamto, depan SPBUPalembang, Donny Chan-dra (34) berhasil dibekuktim Reskrim Polsekta Ke-muning Palembang. Unikn-ya, dia ditangkap di rumahkeluarganya di Lampung,Jumat (21/3) pukul 10.00,saat menghadiri acara

Dibekuk Saat Nikahan KakakPALEMBANG, SRIPO – Roby Wandagi F (24) histerisketakutan saat ditangkap petugas Ditres NarkobaPolda Sumsel, Jumat (22/03) pukul 04.00. WargaKomplek BNI Blok D1 Kel Kebun Bunga KecSukarame Palembang ini, harus berurusandengan petugas karena tertangkap tanganmembawa satu paket kecil sabu.

Penangkapan dilakukan saat tersangkayang merupakan kolektor alat-alat elektro-nik ini sedang menunggu rekannya di ka-wasan Dwikora 2 No 22 Komplek YKP2 RT5 Kel DemangLebar Daun,u n t u km e n g g u -

Histeris Saat Ditangkap

Pembunuh AnggotaArmed Segera Disidang

Dugaan KorupsiJagaraga Disidik

PALEMBANG, SRIPO – Se-telah delapan bulan ditan-gani, akhirnya kasus dug-aan korupsi proyek pem-bangunan Jalan Jagaraga,OKU Selatan naik ke ting-kat penyidikan. Unit TipikorDitreskrimsus Polda Sumselsaat ini tengah melakukanpenyidikan dugaan korup-si yang dilakukan oknumkontrantornya.

Saat dilakukan konfirma-si, Kasubdit III Tipikor Dit-reskrimsus Polda SumselAKBP Denny Y Putro,membenarkan saat ini pi-haknya sudah meningkat-kan kasus dugaan korupsipembangunan jalan Jagara-ga OKU Selatan, dari semu-la dalam penyelidikanmenjadi penyidikan. “Saatini belum ada pemanggi-lan, karena kita baru me-lengkapi berkas. Baru akandirencana memanggil sak-si-saksi untuk menetepkantersangkanya,” kata Dennysaat ditemui diruangannya.

Ia mengatakan, semuan-

ya akan dipanggil untuk di-mintai keterangan baik dariBPK, ahli kontruksi, kon-traktor dan PPK. Pemang-gilan ini dilaksanakan un-tuk melengkapi berkas pe-nyidikan dan selanjutnyaakan mengajukan surat pe-rintah penyidikan (sprint).“Awalnya kita akan me-manggil lima saksi, keter-angan yang diminta meni-tik beratkan ke fisik, peker-jaan yang dilakukan den-gan hasil yang sudah dilak-sanakan dilapangan,” un-g k a p n y a .

Lanjutnya, jumlah angga-ran dalam pengerjaan jalanJasaraga OKU Selatan ber-nilai Rp 36,4 M. Memangjalan tersebut dikerjakan,namun diduga tidak sesuaispek yang telah ditentu-kan. Setelah meminta doku-men pengerjaan dan disa-makan dengan RencanaAnggaran Pengerjaan(RAP), ternyata ada pe-

SRIPO/REFLY

DIPERIKSA – Don (kanan) saat diperiksa diPolsekta Kemuning Palembang Jumat (22/3).

PALEMBANG, SRIPO – Terkait in-siden yang menewaskan Pratu Ok-tavianus, anggota Armed, Batura-ja, kini tersangknya BrigadirWijaya beserta berkasnya sudahdiserahkan ke jaksa penuntutumum. Pihak Polda Sumsel telahmelimpahkan kasus ini ke Jaksauntuk tahap pertama.

“Dua hari lalu (19/3) kami men-erima surat P19 dari Kejaksaan.Ada berkas yang kurang,” ung-

gkap Kabid Humas Polda Sumsel,ABKP DJarod Padakova. Tetapi,sambung Djarod, setelah berkasdilimpahkan, jaksa menolak ber-kas kasus pembunuhan anggotaTNI Yon Armed Pratu Heru Okta-vianus atas tersangka Brigadir Bin-tara Wijaya. Lantaran berkas yangdiberikan penyidik Polda masihbanyak kekurangan.

ke halaman 15

SRIPO/MG2

DIPERIKSA – Roby saat diperiksa Ditres Narkoba Polda Sumsel, saat didapatiSabu, Jumat (22/3).

ke ha-laman 15

ke halaman 15

ke halaman 15

MENSANA IN CORPORESANOSABTU, 23 MARET 2013

SUPER LIGAZONA BERITA OLAHRAGA SRIWIJAYA POST

SRIPO/ZAINI

HALAMAN 17

SRIPO/ZAINI

Ricky Dikabarkan Serangan Jantung

Ada Apa Dengan Foday?FODAY Boakay Eddie dianggap sosok unik. Namun

dari skill dan sikapnya yang juga unik. Dia memang sedikit bengal, namun berkontribusi besar bagi klub yang diperkuatnya.

kontroversialnya, tetapi juga merasakan dari jasan-

jadi pemain top, isu pemecatan sempat merebak

Nyaris dipecat dan dibuang, dia kini memberikan kontribusi besar kepada SFC. Karena kontribusi itu pula, yang membuatnya nyaris pula dipecat untuk

nudin yang menyatakan akan memecat sang pemain lantaran dianggap mempermainkan manajemen. Ancang-ancang pemecatan itu pun menimbulkan reaksi keras, ada yang memaklumi, tetapi adapula yang menyayangkan. Namun banyak yang bertanya,

dipecat.Pengamat sepakbola Syamsul Ramel menilai, ada sesuatu yang menjadi penilaian manajemen terkait dengan rencana pemecatan Foday. Bukan

menurut dia, sesuai dengan pedoman dasar atau

jiban memberi izin. Tidak ada alasan melarang sang

mengaku, sangat menyayangkannya. Karena peran

Ramel menduga keinginan manajemen ingin meme-

day dengan manajemen. Namun jika alasan peme-catan semata-mata karena indisipliner, mengabai-

mainnya dipanggil membela Timnas Garuda? Ramel

Kronologi yang membuat Foday teran-cam dipecat KENDATI Foday aman namun

Zainudin menegaskan, akan memberikan sanksi tegas. Berikut beberapa kronologi

Dirkeu, Augie Bunyamin menanya-

kan uang mendatangkan istrinya dari

memang ada klausul yang mengatur

uang Rp50 juta ke Foday.

pencairan bonus 2 kemenangan SFC

permintaan Foday.

menelepon Dirtek mengatakan, dia dipanggil

memang dua pemain asing yang menjadi andalan

alisme dan membela Negara, tapi sebagai klub

(cw2)

untuk memberikan banyak gelar dan sektor lainnya. Siapa saja

mereka?

1. Samuel Eto’o

2. Kaka

3. Frank Lampard

yang membuatnya dianggap kurang pas menerima Rp110,7

4. Fernando Torres

2

1

3

4

Tiga Kali Nyaris Dipecat

(peb/tribunnews)

Dibuang Sayang

FODAY BOAKAY EDDIE

IST

Fokus Pulihkan CederaSTRIKER Manchester City, Aguero kecewa tak

bisa mendampingi rekan-rekan senegaranyaberjuang melawan Venezuela dan Bolivia

pekan ini. Sebab lututnya mengalami cederadan harus menjalani perawatan. “Lutut sayasudah lebih baik, tapi tim dokter lebih memilihuntuk mengistirahatkan saya dan saya akan

fokus menjalani perawatan sampaisepenuhnya pulih,” kata Aguero. (asa/kc)

IST

Aguero

GENEVA, SRIPO – Sempattertinggal dua gol padababak pertama, Italiaakhirnya suksesmengimbangi Brasil 2-2dalam laga uji coba di Stadede Geneve, Jumat (22/3)dinihari WIB.

Italia langsungmenyengat sejak menitpertama. Berawal darisodoran Daniele de Rossi,Pablo Daniel Osvaldoberkesempatanmengirimkan sepakan kakikanannya dari sisi kirikotak penalti Brasil.Namun, bola masih dapatdiblok kiper Julio Cesar.

Pada menit kedua, giliranEmanuele Giaccherini yangmeliuk-liuk di sisi kananpertahanan Selecao.Sepakan kaki kananmengarahkan bola kesebelah kanan gawang,tetapi refleks Cesarmembuat bola mentah dankeluar lapanganpertandingan.

Enam menit laga berjalan,umpan De Rossi kali inimembuat Mario Balotellileluasa mengeksekusipeluang. Bola diarahkanstriker AC Milan itu ke

pojok kiri gawang Brasil,tetapi Cesar masih jelimengantisipasi.

Balotelli kembalimengancam tujuh menitkemudian. Namun,tembakan dari luar kotakpenalti tim Samba, masihmenyamping tipis disebelah kanan gawang.

Serangan sporadiskembali dilancarkan GliAzzurri pada menit ke-16.Kali ini, Osvaldo mencobamelepas sepakan kerasdengan kaki kanannya.Namun, lagi-lagi Cesarmasih dapat menjangkau.

Semenit berselang, Brasilbangkit. Namun, tembakanFernando dari luar kotakpenalti Italia, masihmenyamping di sebianluigiBuffon.

Pada menit ke-21, umpanterobosan Andrea Pirlomenuju ke arah ChristianMaggio. Namun, eksekusijarak dekatnya masih dapatdiselamatkan Cesar.

Selecao justru mampuunggul lebih dulu padamenit ke-33. Berawal dariumpan tarik, Fred berhasilmenceploskan bola kekanan jala Buffon. Kiper

Juventus itu masih dapatmembaca, tetapi bolaterlalu deras untukdimentahkan.

Sebelum peluit turunminum, Cesare Prandellimemasukkan Stephan ElShaarawy yangmenggantikan Osvaldo.Terbukti, pergantian itumembuat Italia makinmenyerang pada paruhkedua.

Pada menit ke-54, RiccardoMontolivo mengirimkanumpan ke muka gawangBrasil. Dengan tenang, DeRossi pun men-slot bola kepojok kanan bawah dangagal dijangkau Cesar. Italia1-2 Brasil.

Dua menit berselang,Balotelli beraksi denganbrilian. Bomber AC Milanitu melesakkan bola dariluar kotak penalti dengansepakan kanannya. Cesarpun gagal mengantisipasisehingga bola meluncurmulus ke pojok kanangawang Brasil. Namun, bolamasih melambung danmelebar. Hinggapertandingan berakhir,kedua tim mengakhiri lagadengan skor 2-2. (asa/kc)

RvP Geramterhadap

UEFA

MANCHESTER, SRIPO –Striker Manchester UnitedRobin van Persie geramterhadap UEFA dan menyebutlembaga tertinggi sepak bolaitu pengecut ataskeputusannya membela wasitCuneyt Cakir.

Pengadil lapangan dariTurki itu memimpin lagakedua 16 besar Liga Champi-ons antara MU melawan RealMadrid, paruh Februari lalu.Dalam pertandingan itu,Madrid menang 2-1 dan loloske perempat final. Bumbupertandingan itu adalah kartumerah langsung yangdiberikan Cakir kepadagelandang The Red Devils,Luis Nani, setelah dinilaimelakukan pelanggarankeras kepada AlvaroArbeloa.

“Kartu merah itu sangat takadil. Insiden itu bahkan taklayak untuk diganjar kartukuning atau tendangan bebas.Nani tak melakukan apa-apa,ia nyaris tak menyentuhArbeloa,” tegas Van Persie,Kamis (21/3).

“Yang terburuk, UEFAmendukungnya (kartu merahCakir). Itu pengecut, karenaitu aku sungguh takmemahaminya,” sambungbomber berpaspor Belandaitu.

RvP tak habis pikir,mengapa Cakir bisa didaulatUEFA sebagai wasit dalam

pertandingankrusial itu.Sebelum lagatersebut, MU lebihdiuntungkan setelahmampu menahan LosBlancos 1-1 dalam lagaperdana.

“Bahkan orang dari Madridmemberitahuku setelahnya,bahwa itu tak layak dikenaikartu merah,” tandas VanPersie.

Setelah Nani keluar, dua golMadrid yang tercipta dalamrentang waktu empat menit,kontan membalikkan keadaansetelah sebelumnya tertinggal0-1 dari Setan Merah, akibatgol bunuh diri Sergio Ramos.

“Selama sejam pertandinganberjalan semuanya baik-baiksaja, taktik berjalan denganbenar. Kami malah merasaakan mencetak gol keduadan itu akan mempersulitReal Madrid. Namun,wasit mencabut kartumerah,” keluh Van Persie.

“(Serangan) Realsebenarnya tak berbahayasama sekali, aku yakinkami dapatmempertahankankeunggulan. Jadi, saat inikami akan fokus untukgelar juara PremierLeague,” tutur priaberusia 29 tahun itu.

(asa/kc)

BERNIE ECCLESTONE berulangkali membujukDanica Patrick segara meninggalkan pentas Indycardan NASCAR untuk bergabung ke F1. Menilik kebelakang, rupanya usaha yang dilakukan supremoajang balap jet darat tersebut bertetangan denganucapannya pada 2005 silam.

Kala itu, Ecclestone sempat menyatakanbahwa F1 bukan tempatnya bagi wanita.“Saya pikir itu ide yang indah, namunwanita harusnya mengurus rumahtangga,” kata Ecclestone saat itu.

Kini setelah Ecclestone terbuktimenjilat ludahnya sendiri, denganenteng Danica menyindir pria 82tahun tersebut. Perempuan 30 tahunyang juga berprofesi sebagai modeltersebut mengatakan sebagaipembalap dia juga tidak pernahmelupakan kodrat sebagai wanita.

“Jika dia bilang begitu, maka sayakatakan bahwa saya tetapmengerjakan pekerjaan rumahtangga. Saya senang memasak dantak segan berlama-lama di dapur,”kata Danica dikutip F1 Live, Selasa,19 Maret 2013.

Diyakini, salah satu tujuanutama Ecclestone mati-matianmembujuk Danica agar mauberalih ke F1 adalah demimenggaet lebih banyak spon-sor. Wajah cantik ditambahskill balapan yangmumpuni dari wanit asalAmerika Serikat tersebutpasti akan membuat F1semakin dilirik olehmasyarakat.(asa/tribunnews/vivanews)

Danica Bikin Bos F1Jilat Ludah

MarioBalotelli

IST

Danica PatrickIST

Robin

van P

ersie

IST

SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 201325

PALEMBANG, SRIPO--

PALEMBANG, SRIPO--

Tim Bangau saat bertanding melawan D’Saint beberapa waktu lalu

SRIPO/CMG3

Ilustrasi permainan gobak sodor

Bangau BidikSang Juara Bertahan

JAKARTA, SRIPO - Juara dunia PGAWC asal Indonesia, Lis Adriana mendapat ancaman dari dua pesaing utama dari Republik Ceko dan Serbia.

Asosiasi Piala Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang, badan kepen-gurusan kejuaraan akbar cabang olahraga dirgan-tara Paralayang dunia khusus nomor ketepatan mendarat, yang berpusat di Slovenia, memutuskan Perkumpulan Olahraga Dirgantara Paralayang Jatarupa Jakarta sebagai penyelenggara Seri I Piala Dunia Ketepatan Men-darat Paralayang (Para Gliding Accuracy World Cup/PGAWC) 2013 Bukit Langkisau, Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 26-28

April.Federasi Aeronau-

tika Internasional (FAI), induk olahraga dirgantara dunia, mengakuinya se-bagai Kejuaraan Kategori 2 di kalender kegiatan resminya tahun ini. Kat-egori 2 adalah kejuaraan yang diselenggarakan perkumpulan. Sedangkan Kategori 1 kegiatan yang di gelar sebuah negara.

Ini keempat kalinya In-donesia menjadi tuan ru-mah salah satu Seri Dunia usai di Batu, Malang, Jawa Timur 2011 dan kawasan pegunungan Puncak, Jawa Barat 2010 dan tahun lalu. Sudah sekitar 20 pener-bang andal dunia asal Kroasia, Serbia, Slovenia, Bosnia Herzegovina, Korea Selatan, Jepang, Ma-

laysia, Thailand, Vietnam dan China, serta 10 atlit

kan diri.Menurut Drs. Tagor

Siagian, M.Si, Humas Panitia Pelaksana Seri I PGAWC Painan, sekitar 100 atlit yang memenuhi persyaratan tingkat ke-mampuan terbang dunia, asal 20 negara diharap-kan ikut. Runner Up dan peringkat III Puteri Dunia tahun lalu, Marketa Tomaskova (Republik Ceko) dan Tamara Kostic (Serbia) mengatakan, sudah tidak sabar menak-lukkan Painan dan “balas dendam” di Juara Dunia bertahan asal Indonesia, Lis Andriana.(asa/kc)

Sumatera Barat Tuan Rumah Piala DuniaPGAWC

Lis Adriana

IST

P A L E M B A N GP A L E M B A N GP A L E M B A N GP A L E M B A N GP A L E M B A N G

ALAT UKUR TANAH

Rental,Jual Beli Theodolite,WP,TS, Service

& Kalibrasi,Hub:08136912088810133306B

AHLI SEDOT WC

RAJA MAMPET,Atasi Wc/Saluran air

Trsumbat Tnp dibongkar,Hub:8630571 /

08137805358710132045B

CV.MULTI KARYA”VACUM”Tnk Besar, Harga

Murah,Hub:08127873371 / 0711-700111910132566B

Sedot WC Mampet Tngki Bsr,Bs Mlm Hari,

Hub: 817743 / 081271780097 / 582020210133125B

SERVICE AC

CV.DITA TEKNIK Jual & Rental Ac,Prbaikan

& Perawatan Ac,Bergaransi Hub.0812-7171119710131183B

PERDANA AC,Jual Bli AC Scond&Br, cci,

prbkn,Bgkr Psg,Mrh,Grnsi,0711-8880345/

08217992549710132916B

SINAR TEKNIK.Service Ac,Kulkas,Mesin

Cuci,Brgaransi,Hub:0711-710786 / 0813-7363788510132118B

AC Milan Cuci,Perbaikan,Bongkar Pasang,

AC,dll,Bergaransi,Hub:0812-7441444710132403B

SERVICE ELEKTRONIK

Ahli Spesialis Service,Tv,M.Cuci,Kulkas

Rusak,Hub:APAU 7069694/0811781295 Lsg

Dtg prbaiki,Grnsi.10132479B

Service TV Bergaransi,Segera Datang,Hub:

AHOK 7010976 / 0812783927210132569B

Ahli Spsialis TV,Klkas&M.Cuci Rusak.Hub

AYOUNG 8340105/081368839949 Lsg dtg

Prbaiki.Grnsi.10132878B

Service TV/LCD Ex Teknisi Agen Sony,

Hubungi:ZUL 0812-7886676 Garansi10133374B

DOKTER KULKAS.Spsialis Prbaikan

Klkas,dlm/Luar Negri/Grnsi,Hub: 0812-

7865778/425466210132116B

Ahli Service Tv,M.Cuci,Kulkas Rusak,

Hub:7059100/081368918732 (AGUAN) Lsg Dtg

Perbaiki.Grnsi10132482B

Ahli Service Kulkas Tertusuk & Kerusakan

Lain,Hub:TEKNIK 90,9 Ilir.0711-36722510132790B

VIDEO SHOOTING

SUKSES JAYA ABADI “Photovideo”

Pernikahan Event,dll.Hub: 0821-76453044/

08127181868610132183B

BENING PRODUCTION,Vdeo&Fto Kolase

10sheet,Hanya 2Jt,Cp:0711-4220696 /

08136772682510132684B

SERVICE MEUBLE

Trima Prbaikan Sofa,K.Tamu,K.Kntr, K.Jati,

Spgbed,Plitur.ATENG 0853-80019585/

08195814050410133293B

ARSITEK

Bgn Rmh Lux,Genteng Kramik,Lt.Granit

60x60, Atap Rgk Baja,Closet Toto,0821-

8141362910133044B

Bgn Rmh Mlai 1,6Jt/m,Ruko,Kost, Sklah,

Pgr,Trlis,Plafon,Atap Rgk Bj,dll.08127117023910133046B

Renovasi Rumah & Jasa Tukang Bangunan,

Hubungi:0821-7773329910133222B

WWW.RDVARSITEK.COM Terima Pek.

Bangunan Interior & Eksterior. 0817538810 / 0711-

327285610132453B

d’ACE.Spesialis Design & Bangun,Baru/

Renov,Rmh/Villa/Ruko/Ktr,dll.Hub: 0711-

863775910132825B

Design & Bangun Rumah dgn harga sesuai

kebutuhan & berkualitas,Hub: 08526701230110133448B

BUNGA

Diva Florist Sewa Papan Bunga & Jasa Kurir

Dlm Kota PLG.085266699060/787335510131280B

BENGKEL LAS

Bengkel Las Berlian Trm Trls,Pgr,Canopy,

Almunium Composiv,Roling Door.0813-6774221610132056B

BIRO JASA

J.Pengurusan pt,Cv,Yysan,Situ, Siup, Tdp,

Npwp, Sbu,Ska,Paspor, dll.0812-25296001/

08217999090710131273B

LES PRIVATE

Gemilang Private sjk’93,Dtg Krmh,MIPA,

B.Ing. Mlks,Tk,Sd,Smp,Sma, Pglmn. 700551710132478B

MADINAH PRIVATE SD,SMP, SMA,

Lok.Prmns-Kenten,Patal,Hp: 0823-80874561

/ 08192943598810133030B

Bimbel & Private ALFATTAH.Mipa,B.Ingg

SD&SMP,Jl.Perintis Kmerdekaan No.899,

T:085380002907 / 0819482372910133362B

RENTAL

RENTAL DAFFA.Avanza, Xenia,Innova,

Hrian/Blanan,Hrg Murah.Hub:0821-78757676/

7770070/08192777070010133132B

AGHA RENT,Sewa Mbl Innova,Triton, Xenia,

dll.1Hr=24 Jam Mrh,Hub:0813-6764675410132177B

TNT Rent/Avanza,Xenia,Mlai 250an,

Terios,Innova, APV,Fortuner,Hub: 0813-73704994/

0711-7785511/08962704985710132484B

RENTAL

RENTAL KARTINI.Innova,APV,L200,

Fortuner, Luxio,Hub:0711-710339/0711-

719337/08218455335610132485B

C7 Rent Car,Alphard,LC,Dbl Cabin, Avanza,

Xenia,Kuda,Innova,Hrg Bersaing, Dlm/Luar

Kota,Bs dg Sopir,Hub: 0811-710863410132586B

ANTARA RENTAL.Avanza,Xenia, Innova. Harian

/Bulanan,Mulai 200rb.Hub: 0813-4418439510132624B

LEVI RENT CAR,dg/Tnp Spr.Innova, Avnza,

Xenia,Terios,H.City,Kjg,Hr/Bln.08136779320310132761B

DIVA RENT CAR.Innova,Avnz,Xenia, Terios,

Yaris,Honda,Kjg,Hrn/Bln.Hub: 08532577850510132091B

DAFFA Rent a car,Mywkn Minibus,Sedan

Truck,PU,Dlm/Luar Kota.08127112002 /

31125910132473B

ADIFAYU Trans Premium:Mnyewakan

Innova, Avanza,Civic,Jazz,Freed,Triton,Ford

Rangers.5449000/0812717200010132475B

Aditya Rent a car.Innova,Avanza, L300,

D.Cabin,Vios,Civic,Freed,081271879999/

41679410132477B

SUMUR BOR

Ahlinya Sumur Bor & dijamin Anda tidak

kecewa.Hub:0711-357445 / 0812-739378810133307B

DIJUAL CEPAT

Dijual Rak Minimarket second Tk 5 & Tk 4

Bolak balik+Komp,Hub:3019571/0896-

1861180810133325B

Dijual 3 Ruko dan 2 Ruko(Sekojo), Hubungi:

8685978 / 08536869829310133328B

GYPSUM

CV.BINTANG BERLIAN Mnrima Pmsgn Plafon

& Partisi Gypsum,List Gypsum,List Fiber,&

Rangka Baja,Hub:0812-78270008/0813-

6925383710133456B

PELUANG USAHA

Khusus Menjual KARPET Treadmill All merk

& Karet Yoga,Hub:08137974060610133384B

DANA TUNAI

Butuh Dana Tunai Tanpa Anggunan Maks 250

Jt,Proses Cpt,Hub:0878-9714867610133413B

PELAMINAN

SEKAR MELATI.Menyewakan Pelaminan Lkp

3Jt,Catering 15rb Perporsi,Hub:0813-

73937166/872828010132468B

KESEHATAN

Pijat Urut Tradisional Pria/Wanita Lulur,

Khusus Pnggln.Call Mb Diana 08520893552910132201B

MEDDIA HERBAL:Insyaallah Sembuh Semua

Pnykt Berat(stadium 4)sdg,ringan & sehat,Hub:

081368850522/081632362006/Pin 2A38FD9310132765B

Massage Therapy,Reflexi Dgn Tenaga Pria &

Wanita Profesional,Call ARY 0853-6682811010132788B

Therapy Urat syaraf,pegel,capek,mslh

kejantanan,Jual Madu,dll.Didi 0852-0816946010133041B

DAIHATSU

Dealer Resmi DAIHATSU.Terios,Xenia,Grand

Max Dp 20%.Hub:Yanto 08127770939710132535B

HONDA

Honda Accord maestro “90,cat mls, kaleng,

orisinil Hrg 39 jt nego Hub.0821-7777137710133041B

HYUNDAI

Hyundai Atoz”02 Lkp,Siap Pakai,Ors,Jual

Cpt,Hrg Nego,Hub:0711-738302410133475B

SUZUKI

Szk Aerio”03 MT Silver,84Jt Nego,di Komperta

Plaju,Pjk Pjg,S.pkai,Hub:08153276880610133391B

TOYOTA

Avanza G’10 a/n.Pembeli,Innova E’07 Hemat

Bbm,Trma TT Pick Up,Jimny.08127177638910133427B

Kijang Th’93 Merah Met,LSX Th’97 Lkp,

Hub:08127876091210133441B

MOBIL DIJUAL

Mitsubishi Kuda Bensin”02 Wrn Hitam,

Mulus,AC,Hubungi:08217750880410132930B

Hodna Civic Wonder”87 Msn Ok,Cat Mls,

Merah,Dvd,Full AC,Per Keong,Shock Br,Pjk

Pjg,H.33Jt Nego,Hub.ADI 0812-1081010010133153B

Isuzu Panther LS Turbo Th 2004 Merah,Tgn 1

dr Baru,Istimewa,H.137Jt Nego,0711-4289973

/ 0812835545610133207B

Ford Everest XLT”08 Hitam 4x2 TDCi,Tgn 1,

Dr Baru,Istimewa,Nopol Bagus,192Jt.Hub:

0878-8882689910133208B

Timor’01 AC/VR/RT/PS/PW,Hrg 38Jt Nego.

Hub: 0711-8324538 / 0711-36280210133260B

DAIHATSU Terios’TX 2008 Full Variasi dan

Istimewa,Siap pakai,Hub:08536882696910133262B

Yaris E”09 Medium Silver,BG,Terawat,Harga

140 Jt,Hub:081367623870 (TP)10133268B

Bengkel Service Spesialis Ford & Mazda,

Jl.Sosial Km.5,Hp:0812713917010133275B

Suzuki Baleno Next G Hitam Thn’2003,

Hp:08536877953110133278B

Suzuki Escudo’95 Bd Klg,AC,PS,PW,VR Duo/

Usb Ban Bru,72Jt Nego,081373290044/

707010710133323B

MOBIL DIJUAL

Jeep Nissan Terano”98 Kings Road,BG

Pilihan, H.65Jt,Interply’91 H.25Jt,Elite’86

H.20Jt, Hub:790181910133338B

Over.PU 20 Balik Dp17,sisa 28x31,Xenia

Li07,05,Xi06 Dp18,Inova’04,07 Dp28.0813-

6700688910133422B

Daihatsu Grandmax Th’2010 Putih,Model

Blind Van/Mbil barang,Hrg 90Jt Mego,

Hub:Komp.PHDM 6 No.8 Kalidoni, Hp:0818-

0836210010133445B

GL”83/84,BG,VR,AC Dgn,Tape,TV,Ban Br,Bd

Klg,Rmt,Silver,Trwt,Ori,Pmakai,Nego,0853-

7881833310133453B

Dijual Panther Gren Royal’98 Harga Nego.

Hubungi:0852-67250933 IWAN10133455B

CRV a/t’07 Hitam,BG,Jazz,iDsi Facelift’06,

Silver,BG,Xenia,Xi Th’08 Htm,B.Grand Livina

XV’08 Hitam,BG.Avanza G’08 Hitam, BG.

Innova G Bsn’07 Hitam,B.Innova G Bsn’05

Htm,B.Innova G B Bensin’04 Silver B.Kijang

Krista Dsl’00 Biru,BG.ARTHA MOBILINDO.

0711-312150/ 0815-3283000810132463B

Angs 1,Dp 25Jt,Gls Dsl Des’00,Pjk Des,

MlsLkp,S.Pakai.Hub:0812-7825688810132580B

Jazz IDSi MT’07/Honda City IDSi AT’07,Acc

Ord VTI’2000,Istimewa.Hub:08122597778810132734B

Panther Grade”99,Hi-Sporty’97 Abu2 Met. Kjg

LGX 1.8’99 Bensin.Panther LV’03 Biru.Kjg

PU’04 Dsl Hitam.Jazz’06 VTech.Avanza G’11

Htm.Carry Futura PU’09 Biru.Pth LS’00 Coklat

Muda.Mits L300 PU’11 Htm.Carry Futura 1.5’08

Htm.Kjg Krista’00 Dsl Silver. PantherNew Hi-

Grade’99 Coklat Muda. KHARISMA

MOTOR,Hubungi:0711-7920456 / 0711-

708176110132816B

MOBIL DIJUAL

Innova G’10 Silver.Avanza G’09 Hitam.

Avanza G’09 Hitam.Avanza G’05 Hitam. Xe-

nia Li’07 Hitam.Xenia Xi’05 Silver.Swift GL’06

Hitam.LSX Bensin’03 Silver.Kjg Grand’95

Abu2.Kjg Spr G’95 Merah.Futura Pick up’05

Biru.Cash/Kredit,TT.Hub:0711-7901567 /

081273485657 / 08192947756710132822B

Kjg Sgx’02.105Jt,Crv’10 300Jt,Apv Sgx’08

105Jt.Sidekick’95 60Jt,Terano Kroad 70Jt

G.Max’08 80Jt.H.Maestro 36Jt Timor’00 25Jt

Jimny Kodok’81 25Jt Nego.PERKASA

MOBILINDO 0821-81529473 / 0711-739044810133152B

Jeep CJ7 Diesel”82 Dbl Gardan Mls,Bgs,Hrg

55 Jt,Hub:08237818971710133215B

Mitsubishi.Promo Hingga:Pajero 25Jt,Mirage

11Jt,Outlander 7Jt,Hub:08538080442010133228B

Kijang”97 LSX Full Variasi Sisa 19x2,3Jt,

Balik Dp 45Jt,Hub:08136751582610133274B

Xenia Li’09 Abu Metalik & Avanza G’10 Abu

Met,Hub:0711-777070710133309B

Mazda2 Type R/AT,Th’2012,Hijau,Km 2000,

Istimewa,Hp:08521477995810133375B

42Jt Kjg spr astra “90 BG,6Speed,Cklt,AC,

CD,Modif Grand, 888 0178 BB.2346000E10133461B

Truk Engkel PS Box “97 Hrg 75 Jt Nego. H.

Civic “07 Hrg 225Jt Nego Hub.0821-7777422910132790B

103 Jt Avanza G “04 Silver.69Jt Kjg Grand

1.5 “95 Merah Hub.0821-15759000 BB.2346000E10133456B

Baru pick up,Ertiga,APV,mega carry,swift

discon 7 s/d 30 jt Dp 20% bs tukar tmbh ZEN

08217777137710133307B

Xenia tahun 2010 Harga 110 jt,Tgn 1 Hub.

08537818001510133362B

OVER KREDIT

Avanza”08 25x Angs 3,7 Tipe G,Balik Dp 47,

Jual 122Jt,Hub:081373704994/0711-778551110133324B

S.Baleno Next G’03,Matic,TV,Sisa 22xlg,

2,7Jt/Bln,Blk Dp 35Jt.Hub:08127105188210133371B

Xenia Li’06 Merah Hati,Siap Pakai,Blk Dp

33Jt,Angs/Bln 28x2,8Jt,Hub:08238000459410133442B

Daihatsu Feroza Th’96 Rp.1.475.000/

Bln,3Th.Hub:08526743235510133451B

All New Xenia 1000CC Akhir’2011 Original,

sdh byr 13x,angs 3.735rb, Balik Dp 35Jt,

Hub:08535772459910133252B

MOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

Honda Tiger’2000 Th’06 Biru,Kondisi sangat

bgs, H.Nego,082372723367 / 08526699299710133259B

MOTOR DIJUAL

Mio Sporty Thn’2010 Pajak Panjang, Orisinil,

Hrg 7,8 Jt Nego.Hub:08127461934910133426B

Motor Dijual Honda Revo CW’10,BG,Lkp,Hrg

Nego,Hub:082182048839 / 41470410133101B

KONVEKSI

Trma Psn:Seragam,Kaos,Batik, Jkt,Tas,

Distro, Bendera,dll.081273236032/0711-

302311410132661B

JUN KONVEKSI.Sblon,Kmeja,Jket,Brdr

Komp,Jkt,Trng,Jl.Maysabara(Sekip)

08192776048010132857B

LOWONGAN KERJA

Dbthkn 10 krywan/ti Toko lulus SMA/SMK

Lmran atr lgs ke Toko MUSI jl Srijaya negara

No.222B10132790B

Dbthkn Pramuniaga Toko,Pria/Wanita Max

23th,Pnmpln Mnrik,Min SMA,Gj Awal

1Jt+Mes,siap dtmptkn dlm/lr kota,Toko

Aromatique,Jl.Wahid Hasim Lr.Karya Bakti

Kertapi 08576324065910132818B

Karyawan Wanita Smu Max 23Th Single,

Bawa lamaran BONNIE KIDS Lt.LG No.59

PTC10132926B

Dibthkn Pria Utk Room Boy,Min SMA,Usia

Maks 25Th,CV d/a GRAND MALAKA 82178110133156B

Distr Bhn Bgunan,Bth Salesman Lls SMA/

Sdrjt,Sim C,pnya kend.sndiri,Antar lsg di

Jl.Sukarela No.341(Km7),Tlp:0711-561007910133210B

Bth 1 Org PRT Wnt,Gaji 800rb/Bln,Libur Tiap

Minggu, Hub:AYU 08537961299510133261B

Taksi Blue Bird Plmbg,Mbthkn Pengemudi,

Syrt:Pria/Wanita,Usia 23-49th(21 sdh Nikah),

SIM Min A,Tdk bertato/tindik,Kirim Berkas

Lmrn ke:Jl.Angkatan 45 No.962 (Dpn SMA

Arinda) Info Lkp:Enda 0898-116228910133295B

Dibutuhkan Segera ADM Batu Alam Min SMU,

Hubungi:0711-7046351 / 08238003361110133320B

Dicari Cafters Wanita,Utk Mengelola Salon,yg

sdh mahir.Hub:0817409557/08218239762210133367B

Bth Sgr Spv Finance,Lk,Max 36th,Min D3

Pglmn 2Th,Lmr ke PT.MPI Jl.Let.Hadin No186710133377B

Dcr utk Dapur&Pelayan Min SMA,utk

BLACKSTONE Grill&Coffee,Jl.Let.Arozak

K.Kwt, Hub:562663910133382B

Supir(B1 Umum,L),Sales P/L(SMA),Mrktg(Min

SMA,Pglmn,u/Sls&Mrktng Umur Max30th.

Krm Lmr Ke BOBO BAKERY,Jl.T.Harapan 035

Knten,T:82236310133421B

Prshn Kontraktor Mbthkn Krywn S1

T.Sipil,Aktnsi D3-S1 Kmptr,Brsdia dtptkn

dilok.Proyek.Krm Lmrn Lkp Ke PT.UNLS,

Jl.Mawar Blok CII No.5 Rt.001 Mskrbt, 0813-

73058860/08522192522010133062B

CARISSA Salon & Rmh Lulur(Salon Wanita),

Mbthkn 1 org Wanita brpglmn, Jl.Simp.

Swadaya Pakjo.Hp:08136864223210133286B

Dibutuhkan OB,Op.mesin,guru TK.kirim

lamaran ke PO BOX 130010133316B

Dbthkn Sgr Admin Colection.Syrt:Wanita Min

22Th,Min Lulusan D3,Single,brpnmpln

mnarik,cekatan,menguasai program

komputer&internet.Lmrn diantar lsg ke

PT.UNIVISION,Jl.Angk.45 Lr.kacapiring No.2

samp.graha XL(Plg),Tlp:0711-37284010133365B

Dibutuhkan Segera Karyawan/Ti.Hubungi:

0852-67757091 / 0819-9510083510133425B

KEHILANGAN

1 BPKB Mobil Toyota Kijang Super KF83 LO

Thn 2002 Wrn Silver Metalik,Nopol:BG-1634-

LD,Nosin:7K-0538286,Noka:3248449,

An.PELAPOR10133108B

1 BPKB Motor Yamaha Mio Soul BG-5054-

RL,Thn 2010 Wrn Hitam,Noka:MH314

D003AK869771,Nosin:14D-870542,

An.Pelapor10133418B

KOST

Kost,ac,non,p. luas.t lp.0711-311632

jl.Enggano 1 no.1 Puncak Sekuning plg10132495B

FAMILY KOST.Harian/Bulanan,Jl.Jendral

Sudirman.Hubungi:0711-35341810132723B

D’PARAGON Jaringan Kost Exclsv Fas

Mewah ala hotel 2 Lok Strtgs Mlai 150rb/hr-

2Jt/bl.RSV:081328885511/0711-8016777

www.dparagon.com10132771B

Kost YUPITER.Harian,Bln,Thn. Jl.Sudirman.

Hubungi:312382 / 31768810133226B

RUKO DIJUAL

Ruko Mnimalis Kpasitas Maximalis, Lok.

Strtegis Dekat Skolah/JM Plaju/Rs.

Moh’diyah,Hub:085369966000/0852-

69737830/08536938116610133339B

Ruko 4x16,3 Lantai,Jl.Jend.Sudirman Km.5,

Hubungi:08127857237 (TP)10133443B

BARU,3LT,Jl.Karet(Cinde) & Jl.Puncak

Sekuning (Bukit),Hb:0711-8342000/

08576700030910133061B

Ruko 3,5Lt,Jl.Sudirman Km 3,Hubungi:

08195870029210133269B

Kios Pasar Buah Induk Jakabaring,uk.4x8

blok E no.16.Hub:0711-37112010133304B

RUKO DIJUAL

3 Ruko 2Lt Komp.Citra Grand City,1 Ruko 2Lt

Jl.Sukatani,1Ruko 2Lt Jl.Plg-Betung Km.18,

LEKA 08576483333310133334B

9 Ruko Baru 2,5Lt,4mx15m+2m,Prkir 5m,PAM/

PLN/SHM,Jl.Sekip bendung 08576483333310133336B

RUKO DIKONTRAKAN

1Ruko 3Lt Full,Jl.Musi Raya Brt,3 Ruko Baru

2,5Lt,Jl.Saptamarga.LEKA:08576483333310133337B

RUMAH DIJUAL

Rmh LT.360/LB.200,Sukarame Indah

Km.9,3KT, 2KM,Hub:082121456688 /

08128745666810132457B

Lok Grn Akasia Maskrbt,T.42/115,Bs Krdt Trm

SHM a/n pmbeli,Dp bs ccl 6x.Hp: 0812-

7909005710132656B

Rmh Sederhana di Km.8 Komp.Raflesia H-1/

Indomi T.36,Hub:0711-738479710132828B

Rmh T.45 Sungai Sahang,LT.198m, Hubungi:

08238003201310133154B

JL.Kancil Putih 5 No.B2 Perum Kencana Hati

5 Demang Lbr Daun,Type 120,LT.171,4KT,

3KM, Blkg 2 Tingkat,Hrg 900Jt Nego, Hubungi:

08192550005 (Tanpa Perantara)10133177B

2Lt,LB.9x20m²,LT.1186m ,SHM,Jl.Mojopahit

No.673 Rt.13 SU 1,Hrg 1,7M Nego,0853-

83132222 (Cecep)10133217B

Rumah Tipe 70,LT.120,Siap tunggu,Komp.

Pemda Blok F2 No.7 Km.7,Hub:08536882696910133264B

Rmh Type 45 SHM,PLN,PAM,Strategis,Hrg

Nego,Hub:08218206399910133405B

2Lt,4KT,3KM,LT.144,Komp.Kenten Indah Blok

F No.24,Hub:0811710055510133419B

Komp.Vila Kebun Bunga Type 54 Lt.174 Lb.110

Ada Gas Alam,Grsi,Pdam Hrg Nego.0821-

8183795010133459B

LT.96m²,LB.48m ,Fasilitas:PAM,Listrik,dan

Telpon, Hub:081377747466 / 791140010133460B

T.36 Dkt Jl.Kol.H.Burlian Kel.Sukarame &

T.105 Tlg Ratu Km.5,082178395434 / 32235110132093B

Rmh Baru,2Lt,T.104 di Pinggir Jl.Tlg Ratu

Km.5,Hub:082178395434 / 32235110132232B

Jl.HBR Motik Aneka Jaya A/7 Indomie,Posisi

Hook,LT/LB.189/110,Hrg 475Jt,Hub:0812-

710978510132600B

RSH T.45/120 Dekat Ktr Bupati OI,H.95Jt

Nego,Cash&Kredit,Hp:081278666422/

08127482883610133031B

Dijual 1 Unit Rumah di Komp.Azhar Baru Blok

AL1,LT.122m² ,Hrg 80Jt Nego,Hub:0812-

7889208 / 08526818350510133211B

Jual Cpt T.110/122 & isi Blkg Pusda,D.Lbr

Daun Sei Sahang 74,Hub:777070710133311B

Kenten Hill k 7(hook) uk lt/lb 225/210,4 ktdr

1 kpemb 3 wc,pam,pln,tlp,sumur. 0896-

7102704310132790B

rmh minimalis baru,SHM LB.60 LT.120,

2KT,2KM Jl.macan Kumbang raya Hub.

08127118892010133041B

2 Rmh Baru Type 36 Hook,Blok AI/II Komp.

Almenia Jl.Tjg Siapi-api,SHM/PLN.LEKA:

08576483333310133335B

Rmh Type 50/117m,Komp.Bukit Asri,Jl.PDAM

gg.mandi api,2KT,1KM,SHM,PLN, PAM,

LEKA:08576483333310133349B

OPI PNS 8 LB.70,LT156,SHM,Hock, Hal.Luas,

Perum Rakyat 8 Lemabang,2Lt, LB300,

LT300,3KT,4KM,9KM Kost,SHM Hock,3Kav

Tnh di Bumi Mas (a)30x25,SHM,Kv Depkes/

08538270907210133379B

T.80,LT.134m,Full Kramik,Pagar Keliling,

Jl.Utama Komp.Kausar Plaju,Hrg 390Jt.Telp:

707961010133429B

RUMAH DIKONTRAKAN

Rmh,Di Komp.Perum Mustika Perdana Blok

C No.2-3 Perumdam Km7,081995040888/

08132815690010133219B

Type 70,Komp.Trikora Indah C14,Fas:2

AC,Tnagki Tedmond,20Jt Nego.Hp:0852-

6981897510133461B

DIJUAL

Peralatan Kantor Lengkap,Siap Pakai,Hrg

Nego,Hub:08127156223410132990B

Dijual Perlengkapan Butik + isinya,Harga 9 Jt

Nego,Hub:08576880054710132404B

Menerima Jual Beli,Tukar Tambah Lmri

Pakaian,Mkn, Krsi,Springbed,Etalase,

Tv,Ac,dll.Hub:ADE 08136913101010133094B

Sedia Jual Perlngkpn Psg BEHEL Berkualitas.

Behelover Behel Shop(085764598870/

7708950)10133159B

TANAH DIJUAL

Jl.Sapta Marga Ex Gudang-Ex Bengkel

Mobil.Lt.1500m/LB.6x33mx2Lt,Tembok 3m

Keliling,Hub:08218362162110132676B

LT.2400m² SHM & LT.400m SHM,Hub:

082182302862 / 081272487845 / 0711-35717910133393B

Dijual Tanah Luas 666m Bs Utk Ruko Di

Jl.Irigasi Sblh Tiang Tower,SHM. 0852-7329891010133458B

Didusun Tj.Terang-Perjito Muara Enim,

dipinggir Jalan± 8 hektar,Ibu Hj.Neli 0853-

67059001/08536797132210133053B

Tnh Perum SHM,Lok.Jl.HBR Motik Aneka

Jaya,L457m² ,Gas,Pam,H.200Jt Ng,410066/

08136803171210133301B

DISEWAKAN

Telah dibuka Gedung Serbaguna GRAHA

MASTURAH,Untuk Pernikahan,Rapat, dll.

Hub:0711-5309942 / 530994310132422B

Tenda,Kursi,Catering,Pelaminan,dll.Hub:

0711-7018544 / 0711-41032510132455B

CATERING

Catering Payung Mas,Hrg 16rb,Mrh & Service

Lkp,Bns eskrim,Hub:081367543912 / 0711-

41009410132218B

Amanah Catering,u/Rspsi,Aqiqah,Ns

Ktk,Tumpeng,Ns Mnyk,Eskrim,Mnywkn Al

Ctrg,dll.0711-779705510132933B

NASSYA CATERING 8-10 Lkp,16-18 Spsl,Bns

Eskrim & Tnda VIP.Mlyni Ctrg Kntr.8352782/

08136723717910132961B

BATUBATA

Batubata Press/Tipis,Genteng Semarang

Super,Morando,Bule2ng,Magese,mantili,

430306 / 0811787260 / 0812712106610133281B

BATUBATA Kwalitas Baik,Antar Ke Tempat.

Hubungi: 0711-700205210133018B

Batu Bata Kwalitas Baik,Cetak Press 400,Trm

Tmpt.Hub:3264400/707285210133085B

Sabtu, 23 Maret 2013 Halaman 21| SRIWIJAYA POST

JAKARTA, SRIPO –Pertandingan Indonesiamelawan Arab Saudidalam lanjutan kualifikasiPiala Asia 2015 tinggalmenghitung jam. Lagatersebut akan dihelat diStadion Gelora BungKarno, Sabtu (23/3).

Semakin dekatnyawaktu pertandingan, parapemain diharuskanmenjaga kebugaran fisikagar tetap prima. Selainitu pemain juga harusmenjaga pola makan. Halitu dimaksudkan agar saatpertandingan dalamkondisi fit.

Menurut dokter timnasSyarif Alwi, ada beberapapantangan yang tidakboleh dimakan. “Pemainharus mengurangi lemakdan makanan pedas,”kata Syarif Alwi, Jumat(22/3).

Selain mengurangi

Timnas DilarangMakan Pedas

makanan yangdipantang, ada jugamakanan yangdianjurkan oleh dokteragar pemain lebih bugar.“Sebaiknya pemain lebihbanyak konsumsimakanan yangmengandungkarbohidrat,” ujarSyarif Alwi.

Syarifmenuturkan,saat iniuntuk gizipemaindalamkeadaan baik.Semua pemaintidak adamasalah untukmasalah gizi. “Semua(gizi) bagus,” kata SyarifAlwi.

Timnas Indonesiamenjanjikan permainanmenghibur pada lagaGrup C tersebut. Bermain

di hadapan masyarakatini menjadi kesempatanbagi Boaz Solossa dkkuntuk mencatatkansejarah.

“Jujur kita melawantim yang kualitasnyaharus diakui (lebih baik).

Masa persiapanmereka di atas

kita, tetapisaat kita

masih akansama-samamemainkanbola dilapangan,

peluang itusama. Kita

janjikanpermainan yang

menghiburpenonton serta tidakbermain bertahan saja,”kata pelatih RahmadDarmawan (RD) padasesi Jumpa Pers diKantor PSSI kemarin.

Timnas Indonesiamewaspadai lima pemainArab Saudi. Kelimapemain tersebut yaitu,Nassir Alshamrani, FhadAlmuwallad, SalmanAlfaraj, Taisser Al Jassam,dan Mustafa Albassas.

“Pemain yang harusdiwaspadai yaitu nomorpunggung 11, diapenyerang yang bagus.Nomor punggung 10 diagelandang sayap kiri yangcepat dan sering kalimemberikan umpan-umpan lambung. Nomorpunggung 15 sama sepertinomor punggung 10,”ujarnya.

“Nomor punggung 17dia pengatur serangan.Arab Saudi memberikanvariasi dari dua sisi sayapdan bermain dari tengah.Kalau dulu bermainumpan lambung daribelakang ke depan. Saat

ini mereka main styleSpanyol,”

Karena itu, pelatihArema Indonesiameminta kepada parapemain untukmewaspadai gayapermainan Arab Saudi.“Pemain harus ekstrawaspada. Sayamenekankan disiplinkepada gelandang danbek,” tuturnya.

RD bersama tim pelatihTimnas Indonesia siapbertanggung jawab atashasil pada laga melawanArab Saudi. “Saya akanbertanggung jawab atashasil pada pertandinganini. Yang penting proses.Anak-anak bermainsepakbola bertahan danmenyerang. Saya tetappunya keyakinan anak-anak mampu berbuatlebih baik,” jelasnya.

(asa/tribunnews)

Matikan TrioLaskar Sape

KerapPALEMBANG, SRIPO – Skuad Sriwijaya FCsejak awal menyadari tidak akan mudah mencuripoin penuh dalam tur Jawa Timur saatmenghadapi Persepam Madura United di StadionBangkalan, 26 Maret mendatang.

Pelatih Kepala SFC, Kas Hartadi sejak awalterus mewanti-wanti anak asuhnya agarmewaspadai tiga sosok atau trio dari Laskar SapeKerap (julukan Persepam MU). Mereka adalahZaenal Arief (striker), Osas Marvelous IkpefuaSaha (striker), dan Ishak Y.M. Djober (gelandangserang). Dari ketiga pemain inilah serangan-serangan berbahaya dan gol-gol dari Persempamsering terjadi.

“Kita harus mewaspadai ketiga pemain ini,karena mereka dalam pertandingan terakhirselalu menjadi kunci kemenangan timnya,”katanya, Jumat (22/3).

Wajar saja Kas mengaku akan berusahamematikan pergerakan dari ketiga pemainPersepam itu. Pasalnya, dilihat dari statistikpencetak gol di Persepam, ketiganya termasukdalam pemain yang mencetak gol terbanyak.Tersubur adalah striker asal Nigeria, Osas yangkini sudah mengoleksi lima gol dan diiringi olehZainal Arief dan Ishal masing-masing empat gol.

“Kita tahu kualitas kedua striker Persepam,baik Osas maupun Zainal tipe penyerang yangmampu memanfaatkan peluang sekecil apapun.Sementara untuk Ishal kita waspadai karena diakerap memberikan assist matang melalui umpan-umpan sayap,” terang Kas.

Menurut Kas, saat ini timnya sedang fokusberlatih untuk mematangkan compact defenseatau pertahanan secara menyeluruh. Takketinggalan latihan taktikorganisasi di sepertigalapangan menjadi perhatian,karena dari sanalah pemainlawan kerap mencuripeluang.

“Kita terus melakukanevaluasi mulai dari transisibertahan ke menyerangataupun dari menyerang kebertahan. Terpentingpemain tetap disiplin dantetap fokus disepanjangpertandingan,”urainya.(cw2)

Kas HartadiSRIPO/SYAHRUL

Timnas IndonesiaIST

22 SRIWIJAYA POST

Sabtu, 23 Maret 2013 23SRIWIJAYA POST

Sabtu, 23 Maret 2013

@LimassripoLimass Sripo

LEMBARAN INSPIRASI MAHASISWA SUMATERA SELATAN

Limassripo email: [email protected]

Muhammad NurdinMahasiswaTeknik SipilMuhammadiyah

BAGUS banget. akupunya own site.menurut aku okebanget. di sitepribadi itu aku bisaposting banyak hal,

dimulai dari akun sosmed sebagai ajanginteraksi maya, trus blog yang jadiwadah inspirasi buat nuangin isi hati.Buat diolah jadi rintisan novel. intinya itubermanfaat banget deh asalkan niat kitapositif. (jdr)

SERING kita jumpai mahasiswa fresh gra-duate, yang baru lulus kuliah namun terpak-sa menunggu untuk mendapatkan peker-jaan hingga beberapa bulan bahkan be-berapa tahun. Tentu saja kita sangat takmenginginkan kejadian tersebut menimpakita. lantas bagaimana caranya agar kita bisalekas mendapat pekerjaan setelah lulus ku-liah? Berikut ini adalah beberapa tips yangbisa Limasscious praktikkan:

1. Miliki pengetahuan teknik job interview.Buku dan artikel tentang hal ini bisa kita da-patkan di toko buku ataupun di internet. Ba-nyak sekali artikel tentang teknik wawancarabisa didapat secara gratis melalui internet.

2. Setahun sebelum perkiraan lulus kuliah,melamarlah untuk beberapa pekerjaanyang diminati. Katakan di dalam surat lama-ran bahwa saat ini Anda masih kuliah, na-mun sedang dalam persiapan menyusunskripsi.

3. Saat melamar, jika calon pemberi kerja(perusahaan) mensyaratkan untuk mengi-rimkan berkas lamaran melalui pos, makasebaiknya hanya menyertakan surat lama-ran dan Curriculum Vitae (CV) atau riwayathidup saja. Katakan di dalam surat lamaranbahwa dokumen lainnya termasuk fotokopiKTP akan diberikan menyusul. Tujuan darihal ini adalah untuk menghemat biayamelamar.

4. Untuk pekerjaan atau jabatan yangtidak harus memiliki latar belakang pendi-dikan khusus seperti dokter, akuntan, arsitekatau engineer, maka walaupun calon pem-beri kerja (perusahaan) telah mensyaratkanlatar belakang pendidikan yang tidak sesuaidengan latar belakang pendidikan Anda,jangan takut untuk tetap melamar.

Alasannya adalah bagi perusahaan calonpemberi kerja, persyaratan latar belakang

DI eraglobalisasisepertisaat inisemua halsudahsemakin

mudah dan simple.Apalagi didukungtekhnologi yang semakinberkembang pesat. Begitujuga dengan cara kitamenyampaikaninformasi pun makinvariatif dan unik.

Lewat sosial mediayang beragam, banyakanak-anak muda,dewasa di semuakalangan mulai pede(percaya diri) denganhilir mudik silih bergantidengan sosial mediayang ada. Lamakelamaan berkembangdan terus berkembang,mulai dari blog,Facebook Twitter, bahkansitus pribadi dan masihbanyak lagi sosial medialainnya yangbermunculan.

Tingginya animo daripengguna sosial mediaini mulai dimanfaatkanoleh beberapa oranguntukmengembangkannya kearah bisnis. Mulai darijualan online melaluisitus pribadi, lewat grupfacebook, bahkan twitter.Tentu ini menjadialternatif baru dalammenghasilkan rupiah ditengah krisis yang entahkapan akan berakhirnya.

Harga yang dipatokdalam pembuatanwebsite juga sekarangtidak begitu mahal, bilakita ingin mendirikansitus online shop palingbanter kita hanyamerogoh kocek kisaransatu juta rupiah untukdesign standart.Bandingkan saja apabilakita ingin mendirikantoko offline, pastinyaakan membuat kitamerogoh kocek lebih

Ngeksis dengan Web PribadilBisa Jadi Bidang Usaha dan Menambah Income

dalam. Dari sewa tempat,bayar keamanan,kebersihan dll. Tentunyamembuat situs jualanonline semakin diminati.

“Keberadaan situspribadi merupakan salahsatu bentuk kemajuan.Yang dulunya blogdengan embel-embeldomain utama sekarangudah pake domainsendiri. Dan itu salahsatu faktor suksesnyabisnis jasa pembuatanwebsite, seperti yangsaya lakukan bersamateman-teman,” ujar RezaNurfachmi, pendiri webwww.distroit.info yangmenyediakan jasapembuatan web pribadi.

Lebih lanjur Rezamengatakan bahwapeminat situs pribadi diPalembang masih belumbanyak. Hal itudikarenakan minimnyapengetahuan IT.Terutama untuk me-maintanance webnya.Umumnya peminat situspribadi didominasi olehanak muda. Mulai darisiswa SMP hinggamahasiswa. Namuntidak sedikit pulaperusahaan yangmemiliki situs pribadi.

“Belum begitu banyaksih, terbukti darisebagian besar masihdari Pulau Jawa, untukpeminatnya masihdidominasi oleh anakSMP sampai mahasiswa.Untuk coorporatelumayan juga, tapibukan untuk eksis,namun udah jadikebutuhan untukmendongkrak nilai jualcoorporate itu sendiri,”jelasnya

Menambah IncomeMemiliki situs pribadi

bukan lagi sekedaruntukngeksis, tapi jugauntuk memudahkanaktivitas dalam halmenyebarkan informasi.

Seperti yangdiungkapkan olehWanda. Dosen Universi-tas Bina Darma, inimengaku dengan adanyasitus pribadi dapatdimanfaatkan sebagaimedia pembelajaranyang baik.

“Sudah biasa sekarangini anak-anak mudamemiliki web pribadi.Tapi lebih dari sekadarngeksis, melalui webyang mereka buat,mereka bisa menciptakankreativitas danmenyebarkan berbagaiinformasi penting di webmereka. Itu merupakankegiatan positifdibanding mereka demo.Selain itu, sebenarnyamereka ingin dikenalbanyak orang bukanhanya melalui sosmed,tapi juga melalui web ygmereka buat,” ujarWanda.

Lebih lanjut Wandajuga mengungkapkan,minatnya untuk memilikiweb pribadi.Menurutnya denganmemiliki web pribadi halitu akan mempermudahpekerjaannya sebagaidosen, terutama dalammemberikan informasimengenai jadwalperkuliahan danmembagikan materiperkuliahan.

Dengan begitumahasiswa bisa melihatdan update informasilebih leluasa.

Sementara itu, Andymahasiswa STMIKPalComTech yang jugaaktif menjalankan bisnisdistribusi tinta refill, inimengaku tertarik denganweb pribadi. Iamengungkapkan bahwadengan memiliki webpribadi akanmempermudah dirinyauntuk mempromosikanusahanya.

“Sangat berminat,karena bisa promosiinbrand maupun jasa yangkita miliki. Sebetulnyasekarang baru dimulaidengan blogspot

Ingin PunyaKESAN ramahterlihat jelas padasosok remaja yangsatu ini, Erwynbegitu ia biasa disapa.Aktivitasnya di duniamodeling danbroadcastingmembuatnyakebanjiran job mulaidari nge-MC, siaran,dan kegiatanpromosi. Cowokputih kelahiran 10Juni 1987 ini selainkuliah juga aktifsebagai Staf Promo-tion Internal Gam13.

Meski memilikijadwal yang padat,mahasiswa Hukum diUniversitas

Own Site

PPPP Poooo o

tr

et

tr

et

tr

et

tr

et

tr

et

Nama : Erwyn GybranTTL : Palembang, 10 Juni 1987Universitas : SyakhyakiritiOrang Tua :Ayah : Kgs H.Faizal Ansori (Alm)Ibu : Nyimas Sri AminahHobi : Olah raga, Nyanyi, dan MC

Motto : Maju terus untuk menuju kesuksesan ygberawal dari doa , usaha dan kesempatan.Prestasi :1. The Best Of Multi Talent Entertaint 20112. The Best Employee Month 20103. Juara Favorit Model Palembang Fair 2004

Syakhyakirti inimengaku tidakkesulitan dalammembagi waktunya.

“Lumayan padataktivitas, yah pinter-pinter ngaturjadwallah, kan akujuga sambil kerja jadikalau mau nge-job diluar jam kampus atausepulang kerja,”terangnya.

Cowok yang sukanyanyi ini mengakutertarik dengan ownsite, menurutnyadengan memiliki situspribadi bisa lebih eksisdan mempromosikandiri dengan berbagaikarya yang bisadituangkan dalam situspribadi.

“Tertarik bangetpunya situs pribaditapi untuk saat iniwaktu aku cukuppadan denganberbagai aktivitas jaditakut terbengkalai, kansayang bayaran sewahosting dandomainnya,” ujarnysaat diwawancarai kruLimass via BBM(BlackberryMessanger).

sederhana tapi gaberkembang. Lagi maumembuat tapi sedikitribet membuatnya karenaharus mengerti domaindan posting dan jugahtml maupun javascriptuntuk mempercantikpenampilan. Jadi untuksementara kalo promosiuntuk lokal biasamenggunakan layananwebsite sepertikaskus.com dan kaloluar negera pakeamazon.com,” terangAndy.

Lebih lanjut Andymenuturkan bahwa disamping sebagaikegiatan yang positifuntuk menyalurkanekspresi danaspirasinya, denganadanya web itu akanakan membawa benefittersendiri bagipemiliknya.

“Wah bagus banget,karena makinberkembang ajapengetahuan anak-anakmuda seiring jaman.Dengan adanya websitepribadi seseorang, bisamemperoleh banyak

Cepat Bekerja Lulus KuliahTipsTipsTipsTipsTips

keilmuan biasanya hanya merupakan suatukeutamaan. Kalau ada kandidat denganbidang keilmuan berbeda namun memilikikompetensi dan pengalaman yang sesuaidengan pekerjaannya, tidak akan menjadi ma-salah.

Contoh dalam hal ini misalnya suatu lowo-ngan pekerjaan untuk menjadi staf hubunganmasyarakat. Walaupun telah disyaratkan yangdicari adalah kandidat dengan latar belakangilmu komunikasi, maka bagi Anda yang be-rasal dari bidang ilmu lainnya silahkan saja me-lamar. Pengecualian bila calon pemberi kerjaadalah bukan perusahaan melainkan depar-temen atau badan pemerintah, mereka sangatketat dalam hal ini. Mungkin dikarenakanbanyaknya peminat sehingga perlu ada pem-batasan dari sisi administrasi.

5. Upayakan memiliki pengalaman kerja se-masa kuliah, walaupun hanya berupa kerjapraktik, atau pekerjaan paruh waktu. Cantum-kan pengalaman kerja ini dalam CV Anda. Pe-ngalaman berorganisasi perlu juga disertakansaat menuliskan CV, sebab biasanya penga-laman organisasi banyak memberi kemata-ngan dalam berinterkasi dan berkomunikasiyang tentunya dibutuhkan juga dalam duniakerja, Bagaimana Limasscious, tertarikmencoba tips di atas? Selamat mencoba.Good Luck! (nbl/net)

Kata MerekaKata MerekaKata MerekaKata MerekaKata Mereka

Ahmad MaulanaMahasiswa Farmasi PoltekkesPalembang

DIMANA-mana mahasiswa/i semuapada ngeksis tapi kalo cuma ngademdi sosmed alias sosial media itu main-

Oke Banget Ngeksis di Dumaystream banget. Gak greget, so kalomau serius ngeksis mending buat ownsite. Jadi, kita bisa ekspresiin diri kitasemau kita dan sesuka kita.

Rekomen deh buat kalian yang maunyobain join jadi eksiser dunia maya.asik sob!(jdr)

Nadia RaudatulHusnaMahasiswaFarmasiPoltekkesPalembang

BUAT aku sih sahaja, itu tergantungsama individumasing-masing.

Ekspresi diri, sebagian orang adayang suka tampil eksis tapi adayang ga terlalu suka. Mungkinmenurut aku sosmed atau own sitelebih cocok untuk wadah curahanhati aja.(jdr)

m Adi Kurniawan Bima (Universitas Bina Darma)

m Agus Munir (Universitas Sriwijaya)

m M. Fadhil Dzulfikar (Universitas Sriwijaya)

m Dwi Riyanto (Politeknik Kesehatan)

m Putri Saadatul Rashidah

(Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah)

m Joni Irwanto (Universitas Taman Siswa)

m Arta Kusuma Ningtyas (Universitas Sriwijaya)

m M. Noble Hidayatullah (Politeknik Negeri Sriwijaya)

m Igun Bagus Saputra (Universitas Muhammadiyah)

m Rahmaniar Agustin (STMIK MDP)

Laput

27

benefit yang pastinyadapat digunakan untukkegiatan positif. Contohkegiatan positifnyaseperti berjualan,promosi, afiliasi danlain-lain. Tidak hanyaitu, website yg ramaijuga akan di bayar olehadvertising yangnumpang iklan didalamnya sehinggamenambah income,”terang Andy.

(ags/abi/joe)

LIMASS/JONI

ISTIST

IST

Sabtu, 23 Maret 2013 Halaman 21| SRIWIJAYA POST

JAKARTA, SRIPO –Pertandingan Indonesiamelawan Arab Saudidalam lanjutan kualifikasiPiala Asia 2015 tinggalmenghitung jam. Lagatersebut akan dihelat diStadion Gelora BungKarno, Sabtu (23/3).

Semakin dekatnyawaktu pertandingan, parapemain diharuskanmenjaga kebugaran fisikagar tetap prima. Selainitu pemain juga harusmenjaga pola makan. Halitu dimaksudkan agar saatpertandingan dalamkondisi fit.

Menurut dokter timnasSyarif Alwi, ada beberapapantangan yang tidakboleh dimakan. “Pemainharus mengurangi lemakdan makanan pedas,”kata Syarif Alwi, Jumat(22/3).

Selain mengurangi

Timnas DilarangMakan Pedas

makanan yangdipantang, ada jugamakanan yangdianjurkan oleh dokteragar pemain lebih bugar.“Sebaiknya pemain lebihbanyak konsumsimakanan yangmengandungkarbohidrat,” ujarSyarif Alwi.

Syarifmenuturkan,saat iniuntuk gizipemaindalamkeadaan baik.Semua pemaintidak adamasalah untukmasalah gizi. “Semua(gizi) bagus,” kata SyarifAlwi.

Timnas Indonesiamenjanjikan permainanmenghibur pada lagaGrup C tersebut. Bermain

di hadapan masyarakatini menjadi kesempatanbagi Boaz Solossa dkkuntuk mencatatkansejarah.

“Jujur kita melawantim yang kualitasnyaharus diakui (lebih baik).

Masa persiapanmereka di atas

kita, tetapisaat kita

masih akansama-samamemainkanbola dilapangan,

peluang itusama. Kita

janjikanpermainan yang

menghiburpenonton serta tidakbermain bertahan saja,”kata pelatih RahmadDarmawan (RD) padasesi Jumpa Pers diKantor PSSI kemarin.

Timnas Indonesiamewaspadai lima pemainArab Saudi. Kelimapemain tersebut yaitu,Nassir Alshamrani, FhadAlmuwallad, SalmanAlfaraj, Taisser Al Jassam,dan Mustafa Albassas.

“Pemain yang harusdiwaspadai yaitu nomorpunggung 11, diapenyerang yang bagus.Nomor punggung 10 diagelandang sayap kiri yangcepat dan sering kalimemberikan umpan-umpan lambung. Nomorpunggung 15 sama sepertinomor punggung 10,”ujarnya.

“Nomor punggung 17dia pengatur serangan.Arab Saudi memberikanvariasi dari dua sisi sayapdan bermain dari tengah.Kalau dulu bermainumpan lambung daribelakang ke depan. Saat

ini mereka main styleSpanyol,”

Karena itu, pelatihArema Indonesiameminta kepada parapemain untukmewaspadai gayapermainan Arab Saudi.“Pemain harus ekstrawaspada. Sayamenekankan disiplinkepada gelandang danbek,” tuturnya.

RD bersama tim pelatihTimnas Indonesia siapbertanggung jawab atashasil pada laga melawanArab Saudi. “Saya akanbertanggung jawab atashasil pada pertandinganini. Yang penting proses.Anak-anak bermainsepakbola bertahan danmenyerang. Saya tetappunya keyakinan anak-anak mampu berbuatlebih baik,” jelasnya.

(asa/tribunnews)

Matikan TrioLaskar Sape

KerapPALEMBANG, SRIPO – Skuad Sriwijaya FCsejak awal menyadari tidak akan mudah mencuripoin penuh dalam tur Jawa Timur saatmenghadapi Persepam Madura United di StadionBangkalan, 26 Maret mendatang.

Pelatih Kepala SFC, Kas Hartadi sejak awalterus mewanti-wanti anak asuhnya agarmewaspadai tiga sosok atau trio dari Laskar SapeKerap (julukan Persepam MU). Mereka adalahZaenal Arief (striker), Osas Marvelous IkpefuaSaha (striker), dan Ishak Y.M. Djober (gelandangserang). Dari ketiga pemain inilah serangan-serangan berbahaya dan gol-gol dari Persempamsering terjadi.

“Kita harus mewaspadai ketiga pemain ini,karena mereka dalam pertandingan terakhirselalu menjadi kunci kemenangan timnya,”katanya, Jumat (22/3).

Wajar saja Kas mengaku akan berusahamematikan pergerakan dari ketiga pemainPersepam itu. Pasalnya, dilihat dari statistikpencetak gol di Persepam, ketiganya termasukdalam pemain yang mencetak gol terbanyak.Tersubur adalah striker asal Nigeria, Osas yangkini sudah mengoleksi lima gol dan diiringi olehZainal Arief dan Ishal masing-masing empat gol.

“Kita tahu kualitas kedua striker Persepam,baik Osas maupun Zainal tipe penyerang yangmampu memanfaatkan peluang sekecil apapun.Sementara untuk Ishal kita waspadai karena diakerap memberikan assist matang melalui umpan-umpan sayap,” terang Kas.

Menurut Kas, saat ini timnya sedang fokusberlatih untuk mematangkan compact defenseatau pertahanan secara menyeluruh. Takketinggalan latihan taktikorganisasi di sepertigalapangan menjadi perhatian,karena dari sanalah pemainlawan kerap mencuripeluang.

“Kita terus melakukanevaluasi mulai dari transisibertahan ke menyerangataupun dari menyerang kebertahan. Terpentingpemain tetap disiplin dantetap fokus disepanjangpertandingan,”urainya.(cw2)

Kas HartadiSRIPO/SYAHRUL

Timnas IndonesiaIST

SRIWIJAYA POSTSabtu, 23 Maret 201325

PALEMBANG, SRIPO--

PALEMBANG, SRIPO--

Tim Bangau saat bertanding melawan D’Saint beberapa waktu lalu

SRIPO/CMG3

Ilustrasi permainan gobak sodor

Bangau BidikSang Juara Bertahan

JAKARTA, SRIPO - Juara dunia PGAWC asal Indonesia, Lis Adriana mendapat ancaman dari dua pesaing utama dari Republik Ceko dan Serbia.

Asosiasi Piala Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang, badan kepen-gurusan kejuaraan akbar cabang olahraga dirgan-tara Paralayang dunia khusus nomor ketepatan mendarat, yang berpusat di Slovenia, memutuskan Perkumpulan Olahraga Dirgantara Paralayang Jatarupa Jakarta sebagai penyelenggara Seri I Piala Dunia Ketepatan Men-darat Paralayang (Para Gliding Accuracy World Cup/PGAWC) 2013 Bukit Langkisau, Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 26-28

April.Federasi Aeronau-

tika Internasional (FAI), induk olahraga dirgantara dunia, mengakuinya se-bagai Kejuaraan Kategori 2 di kalender kegiatan resminya tahun ini. Kat-egori 2 adalah kejuaraan yang diselenggarakan perkumpulan. Sedangkan Kategori 1 kegiatan yang di gelar sebuah negara.

Ini keempat kalinya In-donesia menjadi tuan ru-mah salah satu Seri Dunia usai di Batu, Malang, Jawa Timur 2011 dan kawasan pegunungan Puncak, Jawa Barat 2010 dan tahun lalu. Sudah sekitar 20 pener-bang andal dunia asal Kroasia, Serbia, Slovenia, Bosnia Herzegovina, Korea Selatan, Jepang, Ma-

laysia, Thailand, Vietnam dan China, serta 10 atlit

kan diri.Menurut Drs. Tagor

Siagian, M.Si, Humas Panitia Pelaksana Seri I PGAWC Painan, sekitar 100 atlit yang memenuhi persyaratan tingkat ke-mampuan terbang dunia, asal 20 negara diharap-kan ikut. Runner Up dan peringkat III Puteri Dunia tahun lalu, Marketa Tomaskova (Republik Ceko) dan Tamara Kostic (Serbia) mengatakan, sudah tidak sabar menak-lukkan Painan dan “balas dendam” di Juara Dunia bertahan asal Indonesia, Lis Andriana.(asa/kc)

Sumatera Barat Tuan Rumah Piala DuniaPGAWC

Lis Adriana

IST

P A L E M B A N GP A L E M B A N GP A L E M B A N GP A L E M B A N GP A L E M B A N G

ALAT UKUR TANAH

Rental,Jual Beli Theodolite,WP,TS, Service

& Kalibrasi,Hub:08136912088810133306B

AHLI SEDOT WC

RAJA MAMPET,Atasi Wc/Saluran air

Trsumbat Tnp dibongkar,Hub:8630571 /

08137805358710132045B

CV.MULTI KARYA”VACUM”Tnk Besar, Harga

Murah,Hub:08127873371 / 0711-700111910132566B

Sedot WC Mampet Tngki Bsr,Bs Mlm Hari,

Hub: 817743 / 081271780097 / 582020210133125B

SERVICE AC

CV.DITA TEKNIK Jual & Rental Ac,Prbaikan

& Perawatan Ac,Bergaransi Hub.0812-7171119710131183B

PERDANA AC,Jual Bli AC Scond&Br, cci,

prbkn,Bgkr Psg,Mrh,Grnsi,0711-8880345/

08217992549710132916B

SINAR TEKNIK.Service Ac,Kulkas,Mesin

Cuci,Brgaransi,Hub:0711-710786 / 0813-7363788510132118B

AC Milan Cuci,Perbaikan,Bongkar Pasang,

AC,dll,Bergaransi,Hub:0812-7441444710132403B

SERVICE ELEKTRONIK

Ahli Spesialis Service,Tv,M.Cuci,Kulkas

Rusak,Hub:APAU 7069694/0811781295 Lsg

Dtg prbaiki,Grnsi.10132479B

Service TV Bergaransi,Segera Datang,Hub:

AHOK 7010976 / 0812783927210132569B

Ahli Spsialis TV,Klkas&M.Cuci Rusak.Hub

AYOUNG 8340105/081368839949 Lsg dtg

Prbaiki.Grnsi.10132878B

Service TV/LCD Ex Teknisi Agen Sony,

Hubungi:ZUL 0812-7886676 Garansi10133374B

DOKTER KULKAS.Spsialis Prbaikan

Klkas,dlm/Luar Negri/Grnsi,Hub: 0812-

7865778/425466210132116B

Ahli Service Tv,M.Cuci,Kulkas Rusak,

Hub:7059100/081368918732 (AGUAN) Lsg Dtg

Perbaiki.Grnsi10132482B

Ahli Service Kulkas Tertusuk & Kerusakan

Lain,Hub:TEKNIK 90,9 Ilir.0711-36722510132790B

VIDEO SHOOTING

SUKSES JAYA ABADI “Photovideo”

Pernikahan Event,dll.Hub: 0821-76453044/

08127181868610132183B

BENING PRODUCTION,Vdeo&Fto Kolase

10sheet,Hanya 2Jt,Cp:0711-4220696 /

08136772682510132684B

SERVICE MEUBLE

Trima Prbaikan Sofa,K.Tamu,K.Kntr, K.Jati,

Spgbed,Plitur.ATENG 0853-80019585/

08195814050410133293B

ARSITEK

Bgn Rmh Lux,Genteng Kramik,Lt.Granit

60x60, Atap Rgk Baja,Closet Toto,0821-

8141362910133044B

Bgn Rmh Mlai 1,6Jt/m,Ruko,Kost, Sklah,

Pgr,Trlis,Plafon,Atap Rgk Bj,dll.08127117023910133046B

Renovasi Rumah & Jasa Tukang Bangunan,

Hubungi:0821-7773329910133222B

WWW.RDVARSITEK.COM Terima Pek.

Bangunan Interior & Eksterior. 0817538810 / 0711-

327285610132453B

d’ACE.Spesialis Design & Bangun,Baru/

Renov,Rmh/Villa/Ruko/Ktr,dll.Hub: 0711-

863775910132825B

Design & Bangun Rumah dgn harga sesuai

kebutuhan & berkualitas,Hub: 08526701230110133448B

BUNGA

Diva Florist Sewa Papan Bunga & Jasa Kurir

Dlm Kota PLG.085266699060/787335510131280B

BENGKEL LAS

Bengkel Las Berlian Trm Trls,Pgr,Canopy,

Almunium Composiv,Roling Door.0813-6774221610132056B

BIRO JASA

J.Pengurusan pt,Cv,Yysan,Situ, Siup, Tdp,

Npwp, Sbu,Ska,Paspor, dll.0812-25296001/

08217999090710131273B

LES PRIVATE

Gemilang Private sjk’93,Dtg Krmh,MIPA,

B.Ing. Mlks,Tk,Sd,Smp,Sma, Pglmn. 700551710132478B

MADINAH PRIVATE SD,SMP, SMA,

Lok.Prmns-Kenten,Patal,Hp: 0823-80874561

/ 08192943598810133030B

Bimbel & Private ALFATTAH.Mipa,B.Ingg

SD&SMP,Jl.Perintis Kmerdekaan No.899,

T:085380002907 / 0819482372910133362B

RENTAL

RENTAL DAFFA.Avanza, Xenia,Innova,

Hrian/Blanan,Hrg Murah.Hub:0821-78757676/

7770070/08192777070010133132B

AGHA RENT,Sewa Mbl Innova,Triton, Xenia,

dll.1Hr=24 Jam Mrh,Hub:0813-6764675410132177B

TNT Rent/Avanza,Xenia,Mlai 250an,

Terios,Innova, APV,Fortuner,Hub: 0813-73704994/

0711-7785511/08962704985710132484B

RENTAL

RENTAL KARTINI.Innova,APV,L200,

Fortuner, Luxio,Hub:0711-710339/0711-

719337/08218455335610132485B

C7 Rent Car,Alphard,LC,Dbl Cabin, Avanza,

Xenia,Kuda,Innova,Hrg Bersaing, Dlm/Luar

Kota,Bs dg Sopir,Hub: 0811-710863410132586B

ANTARA RENTAL.Avanza,Xenia, Innova. Harian

/Bulanan,Mulai 200rb.Hub: 0813-4418439510132624B

LEVI RENT CAR,dg/Tnp Spr.Innova, Avnza,

Xenia,Terios,H.City,Kjg,Hr/Bln.08136779320310132761B

DIVA RENT CAR.Innova,Avnz,Xenia, Terios,

Yaris,Honda,Kjg,Hrn/Bln.Hub: 08532577850510132091B

DAFFA Rent a car,Mywkn Minibus,Sedan

Truck,PU,Dlm/Luar Kota.08127112002 /

31125910132473B

ADIFAYU Trans Premium:Mnyewakan

Innova, Avanza,Civic,Jazz,Freed,Triton,Ford

Rangers.5449000/0812717200010132475B

Aditya Rent a car.Innova,Avanza, L300,

D.Cabin,Vios,Civic,Freed,081271879999/

41679410132477B

SUMUR BOR

Ahlinya Sumur Bor & dijamin Anda tidak

kecewa.Hub:0711-357445 / 0812-739378810133307B

DIJUAL CEPAT

Dijual Rak Minimarket second Tk 5 & Tk 4

Bolak balik+Komp,Hub:3019571/0896-

1861180810133325B

Dijual 3 Ruko dan 2 Ruko(Sekojo), Hubungi:

8685978 / 08536869829310133328B

GYPSUM

CV.BINTANG BERLIAN Mnrima Pmsgn Plafon

& Partisi Gypsum,List Gypsum,List Fiber,&

Rangka Baja,Hub:0812-78270008/0813-

6925383710133456B

PELUANG USAHA

Khusus Menjual KARPET Treadmill All merk

& Karet Yoga,Hub:08137974060610133384B

DANA TUNAI

Butuh Dana Tunai Tanpa Anggunan Maks 250

Jt,Proses Cpt,Hub:0878-9714867610133413B

PELAMINAN

SEKAR MELATI.Menyewakan Pelaminan Lkp

3Jt,Catering 15rb Perporsi,Hub:0813-

73937166/872828010132468B

KESEHATAN

Pijat Urut Tradisional Pria/Wanita Lulur,

Khusus Pnggln.Call Mb Diana 08520893552910132201B

MEDDIA HERBAL:Insyaallah Sembuh Semua

Pnykt Berat(stadium 4)sdg,ringan & sehat,Hub:

081368850522/081632362006/Pin 2A38FD9310132765B

Massage Therapy,Reflexi Dgn Tenaga Pria &

Wanita Profesional,Call ARY 0853-6682811010132788B

Therapy Urat syaraf,pegel,capek,mslh

kejantanan,Jual Madu,dll.Didi 0852-0816946010133041B

DAIHATSU

Dealer Resmi DAIHATSU.Terios,Xenia,Grand

Max Dp 20%.Hub:Yanto 08127770939710132535B

HONDA

Honda Accord maestro “90,cat mls, kaleng,

orisinil Hrg 39 jt nego Hub.0821-7777137710133041B

HYUNDAI

Hyundai Atoz”02 Lkp,Siap Pakai,Ors,Jual

Cpt,Hrg Nego,Hub:0711-738302410133475B

SUZUKI

Szk Aerio”03 MT Silver,84Jt Nego,di Komperta

Plaju,Pjk Pjg,S.pkai,Hub:08153276880610133391B

TOYOTA

Avanza G’10 a/n.Pembeli,Innova E’07 Hemat

Bbm,Trma TT Pick Up,Jimny.08127177638910133427B

Kijang Th’93 Merah Met,LSX Th’97 Lkp,

Hub:08127876091210133441B

MOBIL DIJUAL

Mitsubishi Kuda Bensin”02 Wrn Hitam,

Mulus,AC,Hubungi:08217750880410132930B

Hodna Civic Wonder”87 Msn Ok,Cat Mls,

Merah,Dvd,Full AC,Per Keong,Shock Br,Pjk

Pjg,H.33Jt Nego,Hub.ADI 0812-1081010010133153B

Isuzu Panther LS Turbo Th 2004 Merah,Tgn 1

dr Baru,Istimewa,H.137Jt Nego,0711-4289973

/ 0812835545610133207B

Ford Everest XLT”08 Hitam 4x2 TDCi,Tgn 1,

Dr Baru,Istimewa,Nopol Bagus,192Jt.Hub:

0878-8882689910133208B

Timor’01 AC/VR/RT/PS/PW,Hrg 38Jt Nego.

Hub: 0711-8324538 / 0711-36280210133260B

DAIHATSU Terios’TX 2008 Full Variasi dan

Istimewa,Siap pakai,Hub:08536882696910133262B

Yaris E”09 Medium Silver,BG,Terawat,Harga

140 Jt,Hub:081367623870 (TP)10133268B

Bengkel Service Spesialis Ford & Mazda,

Jl.Sosial Km.5,Hp:0812713917010133275B

Suzuki Baleno Next G Hitam Thn’2003,

Hp:08536877953110133278B

Suzuki Escudo’95 Bd Klg,AC,PS,PW,VR Duo/

Usb Ban Bru,72Jt Nego,081373290044/

707010710133323B

MOBIL DIJUAL

Jeep Nissan Terano”98 Kings Road,BG

Pilihan, H.65Jt,Interply’91 H.25Jt,Elite’86

H.20Jt, Hub:790181910133338B

Over.PU 20 Balik Dp17,sisa 28x31,Xenia

Li07,05,Xi06 Dp18,Inova’04,07 Dp28.0813-

6700688910133422B

Daihatsu Grandmax Th’2010 Putih,Model

Blind Van/Mbil barang,Hrg 90Jt Mego,

Hub:Komp.PHDM 6 No.8 Kalidoni, Hp:0818-

0836210010133445B

GL”83/84,BG,VR,AC Dgn,Tape,TV,Ban Br,Bd

Klg,Rmt,Silver,Trwt,Ori,Pmakai,Nego,0853-

7881833310133453B

Dijual Panther Gren Royal’98 Harga Nego.

Hubungi:0852-67250933 IWAN10133455B

CRV a/t’07 Hitam,BG,Jazz,iDsi Facelift’06,

Silver,BG,Xenia,Xi Th’08 Htm,B.Grand Livina

XV’08 Hitam,BG.Avanza G’08 Hitam, BG.

Innova G Bsn’07 Hitam,B.Innova G Bsn’05

Htm,B.Innova G B Bensin’04 Silver B.Kijang

Krista Dsl’00 Biru,BG.ARTHA MOBILINDO.

0711-312150/ 0815-3283000810132463B

Angs 1,Dp 25Jt,Gls Dsl Des’00,Pjk Des,

MlsLkp,S.Pakai.Hub:0812-7825688810132580B

Jazz IDSi MT’07/Honda City IDSi AT’07,Acc

Ord VTI’2000,Istimewa.Hub:08122597778810132734B

Panther Grade”99,Hi-Sporty’97 Abu2 Met. Kjg

LGX 1.8’99 Bensin.Panther LV’03 Biru.Kjg

PU’04 Dsl Hitam.Jazz’06 VTech.Avanza G’11

Htm.Carry Futura PU’09 Biru.Pth LS’00 Coklat

Muda.Mits L300 PU’11 Htm.Carry Futura 1.5’08

Htm.Kjg Krista’00 Dsl Silver. PantherNew Hi-

Grade’99 Coklat Muda. KHARISMA

MOTOR,Hubungi:0711-7920456 / 0711-

708176110132816B

MOBIL DIJUAL

Innova G’10 Silver.Avanza G’09 Hitam.

Avanza G’09 Hitam.Avanza G’05 Hitam. Xe-

nia Li’07 Hitam.Xenia Xi’05 Silver.Swift GL’06

Hitam.LSX Bensin’03 Silver.Kjg Grand’95

Abu2.Kjg Spr G’95 Merah.Futura Pick up’05

Biru.Cash/Kredit,TT.Hub:0711-7901567 /

081273485657 / 08192947756710132822B

Kjg Sgx’02.105Jt,Crv’10 300Jt,Apv Sgx’08

105Jt.Sidekick’95 60Jt,Terano Kroad 70Jt

G.Max’08 80Jt.H.Maestro 36Jt Timor’00 25Jt

Jimny Kodok’81 25Jt Nego.PERKASA

MOBILINDO 0821-81529473 / 0711-739044810133152B

Jeep CJ7 Diesel”82 Dbl Gardan Mls,Bgs,Hrg

55 Jt,Hub:08237818971710133215B

Mitsubishi.Promo Hingga:Pajero 25Jt,Mirage

11Jt,Outlander 7Jt,Hub:08538080442010133228B

Kijang”97 LSX Full Variasi Sisa 19x2,3Jt,

Balik Dp 45Jt,Hub:08136751582610133274B

Xenia Li’09 Abu Metalik & Avanza G’10 Abu

Met,Hub:0711-777070710133309B

Mazda2 Type R/AT,Th’2012,Hijau,Km 2000,

Istimewa,Hp:08521477995810133375B

42Jt Kjg spr astra “90 BG,6Speed,Cklt,AC,

CD,Modif Grand, 888 0178 BB.2346000E10133461B

Truk Engkel PS Box “97 Hrg 75 Jt Nego. H.

Civic “07 Hrg 225Jt Nego Hub.0821-7777422910132790B

103 Jt Avanza G “04 Silver.69Jt Kjg Grand

1.5 “95 Merah Hub.0821-15759000 BB.2346000E10133456B

Baru pick up,Ertiga,APV,mega carry,swift

discon 7 s/d 30 jt Dp 20% bs tukar tmbh ZEN

08217777137710133307B

Xenia tahun 2010 Harga 110 jt,Tgn 1 Hub.

08537818001510133362B

OVER KREDIT

Avanza”08 25x Angs 3,7 Tipe G,Balik Dp 47,

Jual 122Jt,Hub:081373704994/0711-778551110133324B

S.Baleno Next G’03,Matic,TV,Sisa 22xlg,

2,7Jt/Bln,Blk Dp 35Jt.Hub:08127105188210133371B

Xenia Li’06 Merah Hati,Siap Pakai,Blk Dp

33Jt,Angs/Bln 28x2,8Jt,Hub:08238000459410133442B

Daihatsu Feroza Th’96 Rp.1.475.000/

Bln,3Th.Hub:08526743235510133451B

All New Xenia 1000CC Akhir’2011 Original,

sdh byr 13x,angs 3.735rb, Balik Dp 35Jt,

Hub:08535772459910133252B

MOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUALMOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

Honda Tiger’2000 Th’06 Biru,Kondisi sangat

bgs, H.Nego,082372723367 / 08526699299710133259B

MOTOR DIJUAL

Mio Sporty Thn’2010 Pajak Panjang, Orisinil,

Hrg 7,8 Jt Nego.Hub:08127461934910133426B

Motor Dijual Honda Revo CW’10,BG,Lkp,Hrg

Nego,Hub:082182048839 / 41470410133101B

KONVEKSI

Trma Psn:Seragam,Kaos,Batik, Jkt,Tas,

Distro, Bendera,dll.081273236032/0711-

302311410132661B

JUN KONVEKSI.Sblon,Kmeja,Jket,Brdr

Komp,Jkt,Trng,Jl.Maysabara(Sekip)

08192776048010132857B

LOWONGAN KERJA

Dbthkn 10 krywan/ti Toko lulus SMA/SMK

Lmran atr lgs ke Toko MUSI jl Srijaya negara

No.222B10132790B

Dbthkn Pramuniaga Toko,Pria/Wanita Max

23th,Pnmpln Mnrik,Min SMA,Gj Awal

1Jt+Mes,siap dtmptkn dlm/lr kota,Toko

Aromatique,Jl.Wahid Hasim Lr.Karya Bakti

Kertapi 08576324065910132818B

Karyawan Wanita Smu Max 23Th Single,

Bawa lamaran BONNIE KIDS Lt.LG No.59

PTC10132926B

Dibthkn Pria Utk Room Boy,Min SMA,Usia

Maks 25Th,CV d/a GRAND MALAKA 82178110133156B

Distr Bhn Bgunan,Bth Salesman Lls SMA/

Sdrjt,Sim C,pnya kend.sndiri,Antar lsg di

Jl.Sukarela No.341(Km7),Tlp:0711-561007910133210B

Bth 1 Org PRT Wnt,Gaji 800rb/Bln,Libur Tiap

Minggu, Hub:AYU 08537961299510133261B

Taksi Blue Bird Plmbg,Mbthkn Pengemudi,

Syrt:Pria/Wanita,Usia 23-49th(21 sdh Nikah),

SIM Min A,Tdk bertato/tindik,Kirim Berkas

Lmrn ke:Jl.Angkatan 45 No.962 (Dpn SMA

Arinda) Info Lkp:Enda 0898-116228910133295B

Dibutuhkan Segera ADM Batu Alam Min SMU,

Hubungi:0711-7046351 / 08238003361110133320B

Dicari Cafters Wanita,Utk Mengelola Salon,yg

sdh mahir.Hub:0817409557/08218239762210133367B

Bth Sgr Spv Finance,Lk,Max 36th,Min D3

Pglmn 2Th,Lmr ke PT.MPI Jl.Let.Hadin No186710133377B

Dcr utk Dapur&Pelayan Min SMA,utk

BLACKSTONE Grill&Coffee,Jl.Let.Arozak

K.Kwt, Hub:562663910133382B

Supir(B1 Umum,L),Sales P/L(SMA),Mrktg(Min

SMA,Pglmn,u/Sls&Mrktng Umur Max30th.

Krm Lmr Ke BOBO BAKERY,Jl.T.Harapan 035

Knten,T:82236310133421B

Prshn Kontraktor Mbthkn Krywn S1

T.Sipil,Aktnsi D3-S1 Kmptr,Brsdia dtptkn

dilok.Proyek.Krm Lmrn Lkp Ke PT.UNLS,

Jl.Mawar Blok CII No.5 Rt.001 Mskrbt, 0813-

73058860/08522192522010133062B

CARISSA Salon & Rmh Lulur(Salon Wanita),

Mbthkn 1 org Wanita brpglmn, Jl.Simp.

Swadaya Pakjo.Hp:08136864223210133286B

Dibutuhkan OB,Op.mesin,guru TK.kirim

lamaran ke PO BOX 130010133316B

Dbthkn Sgr Admin Colection.Syrt:Wanita Min

22Th,Min Lulusan D3,Single,brpnmpln

mnarik,cekatan,menguasai program

komputer&internet.Lmrn diantar lsg ke

PT.UNIVISION,Jl.Angk.45 Lr.kacapiring No.2

samp.graha XL(Plg),Tlp:0711-37284010133365B

Dibutuhkan Segera Karyawan/Ti.Hubungi:

0852-67757091 / 0819-9510083510133425B

KEHILANGAN

1 BPKB Mobil Toyota Kijang Super KF83 LO

Thn 2002 Wrn Silver Metalik,Nopol:BG-1634-

LD,Nosin:7K-0538286,Noka:3248449,

An.PELAPOR10133108B

1 BPKB Motor Yamaha Mio Soul BG-5054-

RL,Thn 2010 Wrn Hitam,Noka:MH314

D003AK869771,Nosin:14D-870542,

An.Pelapor10133418B

KOST

Kost,ac,non,p. luas.t lp.0711-311632

jl.Enggano 1 no.1 Puncak Sekuning plg10132495B

FAMILY KOST.Harian/Bulanan,Jl.Jendral

Sudirman.Hubungi:0711-35341810132723B

D’PARAGON Jaringan Kost Exclsv Fas

Mewah ala hotel 2 Lok Strtgs Mlai 150rb/hr-

2Jt/bl.RSV:081328885511/0711-8016777

www.dparagon.com10132771B

Kost YUPITER.Harian,Bln,Thn. Jl.Sudirman.

Hubungi:312382 / 31768810133226B

RUKO DIJUAL

Ruko Mnimalis Kpasitas Maximalis, Lok.

Strtegis Dekat Skolah/JM Plaju/Rs.

Moh’diyah,Hub:085369966000/0852-

69737830/08536938116610133339B

Ruko 4x16,3 Lantai,Jl.Jend.Sudirman Km.5,

Hubungi:08127857237 (TP)10133443B

BARU,3LT,Jl.Karet(Cinde) & Jl.Puncak

Sekuning (Bukit),Hb:0711-8342000/

08576700030910133061B

Ruko 3,5Lt,Jl.Sudirman Km 3,Hubungi:

08195870029210133269B

Kios Pasar Buah Induk Jakabaring,uk.4x8

blok E no.16.Hub:0711-37112010133304B

RUKO DIJUAL

3 Ruko 2Lt Komp.Citra Grand City,1 Ruko 2Lt

Jl.Sukatani,1Ruko 2Lt Jl.Plg-Betung Km.18,

LEKA 08576483333310133334B

9 Ruko Baru 2,5Lt,4mx15m+2m,Prkir 5m,PAM/

PLN/SHM,Jl.Sekip bendung 08576483333310133336B

RUKO DIKONTRAKAN

1Ruko 3Lt Full,Jl.Musi Raya Brt,3 Ruko Baru

2,5Lt,Jl.Saptamarga.LEKA:08576483333310133337B

RUMAH DIJUAL

Rmh LT.360/LB.200,Sukarame Indah

Km.9,3KT, 2KM,Hub:082121456688 /

08128745666810132457B

Lok Grn Akasia Maskrbt,T.42/115,Bs Krdt Trm

SHM a/n pmbeli,Dp bs ccl 6x.Hp: 0812-

7909005710132656B

Rmh Sederhana di Km.8 Komp.Raflesia H-1/

Indomi T.36,Hub:0711-738479710132828B

Rmh T.45 Sungai Sahang,LT.198m, Hubungi:

08238003201310133154B

JL.Kancil Putih 5 No.B2 Perum Kencana Hati

5 Demang Lbr Daun,Type 120,LT.171,4KT,

3KM, Blkg 2 Tingkat,Hrg 900Jt Nego, Hubungi:

08192550005 (Tanpa Perantara)10133177B

2Lt,LB.9x20m²,LT.1186m ,SHM,Jl.Mojopahit

No.673 Rt.13 SU 1,Hrg 1,7M Nego,0853-

83132222 (Cecep)10133217B

Rumah Tipe 70,LT.120,Siap tunggu,Komp.

Pemda Blok F2 No.7 Km.7,Hub:08536882696910133264B

Rmh Type 45 SHM,PLN,PAM,Strategis,Hrg

Nego,Hub:08218206399910133405B

2Lt,4KT,3KM,LT.144,Komp.Kenten Indah Blok

F No.24,Hub:0811710055510133419B

Komp.Vila Kebun Bunga Type 54 Lt.174 Lb.110

Ada Gas Alam,Grsi,Pdam Hrg Nego.0821-

8183795010133459B

LT.96m²,LB.48m ,Fasilitas:PAM,Listrik,dan

Telpon, Hub:081377747466 / 791140010133460B

T.36 Dkt Jl.Kol.H.Burlian Kel.Sukarame &

T.105 Tlg Ratu Km.5,082178395434 / 32235110132093B

Rmh Baru,2Lt,T.104 di Pinggir Jl.Tlg Ratu

Km.5,Hub:082178395434 / 32235110132232B

Jl.HBR Motik Aneka Jaya A/7 Indomie,Posisi

Hook,LT/LB.189/110,Hrg 475Jt,Hub:0812-

710978510132600B

RSH T.45/120 Dekat Ktr Bupati OI,H.95Jt

Nego,Cash&Kredit,Hp:081278666422/

08127482883610133031B

Dijual 1 Unit Rumah di Komp.Azhar Baru Blok

AL1,LT.122m² ,Hrg 80Jt Nego,Hub:0812-

7889208 / 08526818350510133211B

Jual Cpt T.110/122 & isi Blkg Pusda,D.Lbr

Daun Sei Sahang 74,Hub:777070710133311B

Kenten Hill k 7(hook) uk lt/lb 225/210,4 ktdr

1 kpemb 3 wc,pam,pln,tlp,sumur. 0896-

7102704310132790B

rmh minimalis baru,SHM LB.60 LT.120,

2KT,2KM Jl.macan Kumbang raya Hub.

08127118892010133041B

2 Rmh Baru Type 36 Hook,Blok AI/II Komp.

Almenia Jl.Tjg Siapi-api,SHM/PLN.LEKA:

08576483333310133335B

Rmh Type 50/117m,Komp.Bukit Asri,Jl.PDAM

gg.mandi api,2KT,1KM,SHM,PLN, PAM,

LEKA:08576483333310133349B

OPI PNS 8 LB.70,LT156,SHM,Hock, Hal.Luas,

Perum Rakyat 8 Lemabang,2Lt, LB300,

LT300,3KT,4KM,9KM Kost,SHM Hock,3Kav

Tnh di Bumi Mas (a)30x25,SHM,Kv Depkes/

08538270907210133379B

T.80,LT.134m,Full Kramik,Pagar Keliling,

Jl.Utama Komp.Kausar Plaju,Hrg 390Jt.Telp:

707961010133429B

RUMAH DIKONTRAKAN

Rmh,Di Komp.Perum Mustika Perdana Blok

C No.2-3 Perumdam Km7,081995040888/

08132815690010133219B

Type 70,Komp.Trikora Indah C14,Fas:2

AC,Tnagki Tedmond,20Jt Nego.Hp:0852-

6981897510133461B

DIJUAL

Peralatan Kantor Lengkap,Siap Pakai,Hrg

Nego,Hub:08127156223410132990B

Dijual Perlengkapan Butik + isinya,Harga 9 Jt

Nego,Hub:08576880054710132404B

Menerima Jual Beli,Tukar Tambah Lmri

Pakaian,Mkn, Krsi,Springbed,Etalase,

Tv,Ac,dll.Hub:ADE 08136913101010133094B

Sedia Jual Perlngkpn Psg BEHEL Berkualitas.

Behelover Behel Shop(085764598870/

7708950)10133159B

TANAH DIJUAL

Jl.Sapta Marga Ex Gudang-Ex Bengkel

Mobil.Lt.1500m/LB.6x33mx2Lt,Tembok 3m

Keliling,Hub:08218362162110132676B

LT.2400m² SHM & LT.400m SHM,Hub:

082182302862 / 081272487845 / 0711-35717910133393B

Dijual Tanah Luas 666m Bs Utk Ruko Di

Jl.Irigasi Sblh Tiang Tower,SHM. 0852-7329891010133458B

Didusun Tj.Terang-Perjito Muara Enim,

dipinggir Jalan± 8 hektar,Ibu Hj.Neli 0853-

67059001/08536797132210133053B

Tnh Perum SHM,Lok.Jl.HBR Motik Aneka

Jaya,L457m² ,Gas,Pam,H.200Jt Ng,410066/

08136803171210133301B

DISEWAKAN

Telah dibuka Gedung Serbaguna GRAHA

MASTURAH,Untuk Pernikahan,Rapat, dll.

Hub:0711-5309942 / 530994310132422B

Tenda,Kursi,Catering,Pelaminan,dll.Hub:

0711-7018544 / 0711-41032510132455B

CATERING

Catering Payung Mas,Hrg 16rb,Mrh & Service

Lkp,Bns eskrim,Hub:081367543912 / 0711-

41009410132218B

Amanah Catering,u/Rspsi,Aqiqah,Ns

Ktk,Tumpeng,Ns Mnyk,Eskrim,Mnywkn Al

Ctrg,dll.0711-779705510132933B

NASSYA CATERING 8-10 Lkp,16-18 Spsl,Bns

Eskrim & Tnda VIP.Mlyni Ctrg Kntr.8352782/

08136723717910132961B

BATUBATA

Batubata Press/Tipis,Genteng Semarang

Super,Morando,Bule2ng,Magese,mantili,

430306 / 0811787260 / 0812712106610133281B

BATUBATA Kwalitas Baik,Antar Ke Tempat.

Hubungi: 0711-700205210133018B

Batu Bata Kwalitas Baik,Cetak Press 400,Trm

Tmpt.Hub:3264400/707285210133085B

MENSANA IN CORPORESANOSABTU, 23 MARET 2013

SUPER LIGAZONA BERITA OLAHRAGA SRIWIJAYA POST

SRIPO/ZAINI

HALAMAN 17

SRIPO/ZAINI

Ricky Dikabarkan Serangan Jantung

Ada Apa Dengan Foday?FODAY Boakay Eddie dianggap sosok unik. Namun

dari skill dan sikapnya yang juga unik. Dia memang sedikit bengal, namun berkontribusi besar bagi klub yang diperkuatnya.

kontroversialnya, tetapi juga merasakan dari jasan-

jadi pemain top, isu pemecatan sempat merebak

Nyaris dipecat dan dibuang, dia kini memberikan kontribusi besar kepada SFC. Karena kontribusi itu pula, yang membuatnya nyaris pula dipecat untuk

nudin yang menyatakan akan memecat sang pemain lantaran dianggap mempermainkan manajemen. Ancang-ancang pemecatan itu pun menimbulkan reaksi keras, ada yang memaklumi, tetapi adapula yang menyayangkan. Namun banyak yang bertanya,

dipecat.Pengamat sepakbola Syamsul Ramel menilai, ada sesuatu yang menjadi penilaian manajemen terkait dengan rencana pemecatan Foday. Bukan

menurut dia, sesuai dengan pedoman dasar atau

jiban memberi izin. Tidak ada alasan melarang sang

mengaku, sangat menyayangkannya. Karena peran

Ramel menduga keinginan manajemen ingin meme-

day dengan manajemen. Namun jika alasan peme-catan semata-mata karena indisipliner, mengabai-

mainnya dipanggil membela Timnas Garuda? Ramel

Kronologi yang membuat Foday teran-cam dipecat KENDATI Foday aman namun

Zainudin menegaskan, akan memberikan sanksi tegas. Berikut beberapa kronologi

Dirkeu, Augie Bunyamin menanya-

kan uang mendatangkan istrinya dari

memang ada klausul yang mengatur

uang Rp50 juta ke Foday.

pencairan bonus 2 kemenangan SFC

permintaan Foday.

menelepon Dirtek mengatakan, dia dipanggil

memang dua pemain asing yang menjadi andalan

alisme dan membela Negara, tapi sebagai klub

(cw2)

untuk memberikan banyak gelar dan sektor lainnya. Siapa saja

mereka?

1. Samuel Eto’o

2. Kaka

3. Frank Lampard

yang membuatnya dianggap kurang pas menerima Rp110,7

4. Fernando Torres

2

1

3

4

Tiga Kali Nyaris Dipecat

(peb/tribunnews)

Dibuang Sayang

FODAY BOAKAY EDDIE

IST

Fokus Pulihkan CederaSTRIKER Manchester City, Aguero kecewa tak

bisa mendampingi rekan-rekan senegaranyaberjuang melawan Venezuela dan Bolivia

pekan ini. Sebab lututnya mengalami cederadan harus menjalani perawatan. “Lutut sayasudah lebih baik, tapi tim dokter lebih memilihuntuk mengistirahatkan saya dan saya akan

fokus menjalani perawatan sampaisepenuhnya pulih,” kata Aguero. (asa/kc)

IST

Aguero

GENEVA, SRIPO – Sempattertinggal dua gol padababak pertama, Italiaakhirnya suksesmengimbangi Brasil 2-2dalam laga uji coba di Stadede Geneve, Jumat (22/3)dinihari WIB.

Italia langsungmenyengat sejak menitpertama. Berawal darisodoran Daniele de Rossi,Pablo Daniel Osvaldoberkesempatanmengirimkan sepakan kakikanannya dari sisi kirikotak penalti Brasil.Namun, bola masih dapatdiblok kiper Julio Cesar.

Pada menit kedua, giliranEmanuele Giaccherini yangmeliuk-liuk di sisi kananpertahanan Selecao.Sepakan kaki kananmengarahkan bola kesebelah kanan gawang,tetapi refleks Cesarmembuat bola mentah dankeluar lapanganpertandingan.

Enam menit laga berjalan,umpan De Rossi kali inimembuat Mario Balotellileluasa mengeksekusipeluang. Bola diarahkanstriker AC Milan itu ke

pojok kiri gawang Brasil,tetapi Cesar masih jelimengantisipasi.

Balotelli kembalimengancam tujuh menitkemudian. Namun,tembakan dari luar kotakpenalti tim Samba, masihmenyamping tipis disebelah kanan gawang.

Serangan sporadiskembali dilancarkan GliAzzurri pada menit ke-16.Kali ini, Osvaldo mencobamelepas sepakan kerasdengan kaki kanannya.Namun, lagi-lagi Cesarmasih dapat menjangkau.

Semenit berselang, Brasilbangkit. Namun, tembakanFernando dari luar kotakpenalti Italia, masihmenyamping di sebianluigiBuffon.

Pada menit ke-21, umpanterobosan Andrea Pirlomenuju ke arah ChristianMaggio. Namun, eksekusijarak dekatnya masih dapatdiselamatkan Cesar.

Selecao justru mampuunggul lebih dulu padamenit ke-33. Berawal dariumpan tarik, Fred berhasilmenceploskan bola kekanan jala Buffon. Kiper

Juventus itu masih dapatmembaca, tetapi bolaterlalu deras untukdimentahkan.

Sebelum peluit turunminum, Cesare Prandellimemasukkan Stephan ElShaarawy yangmenggantikan Osvaldo.Terbukti, pergantian itumembuat Italia makinmenyerang pada paruhkedua.

Pada menit ke-54, RiccardoMontolivo mengirimkanumpan ke muka gawangBrasil. Dengan tenang, DeRossi pun men-slot bola kepojok kanan bawah dangagal dijangkau Cesar. Italia1-2 Brasil.

Dua menit berselang,Balotelli beraksi denganbrilian. Bomber AC Milanitu melesakkan bola dariluar kotak penalti dengansepakan kanannya. Cesarpun gagal mengantisipasisehingga bola meluncurmulus ke pojok kanangawang Brasil. Namun, bolamasih melambung danmelebar. Hinggapertandingan berakhir,kedua tim mengakhiri lagadengan skor 2-2. (asa/kc)

RvP Geramterhadap

UEFA

MANCHESTER, SRIPO –Striker Manchester UnitedRobin van Persie geramterhadap UEFA dan menyebutlembaga tertinggi sepak bolaitu pengecut ataskeputusannya membela wasitCuneyt Cakir.

Pengadil lapangan dariTurki itu memimpin lagakedua 16 besar Liga Champi-ons antara MU melawan RealMadrid, paruh Februari lalu.Dalam pertandingan itu,Madrid menang 2-1 dan loloske perempat final. Bumbupertandingan itu adalah kartumerah langsung yangdiberikan Cakir kepadagelandang The Red Devils,Luis Nani, setelah dinilaimelakukan pelanggarankeras kepada AlvaroArbeloa.

“Kartu merah itu sangat takadil. Insiden itu bahkan taklayak untuk diganjar kartukuning atau tendangan bebas.Nani tak melakukan apa-apa,ia nyaris tak menyentuhArbeloa,” tegas Van Persie,Kamis (21/3).

“Yang terburuk, UEFAmendukungnya (kartu merahCakir). Itu pengecut, karenaitu aku sungguh takmemahaminya,” sambungbomber berpaspor Belandaitu.

RvP tak habis pikir,mengapa Cakir bisa didaulatUEFA sebagai wasit dalam

pertandingankrusial itu.Sebelum lagatersebut, MU lebihdiuntungkan setelahmampu menahan LosBlancos 1-1 dalam lagaperdana.

“Bahkan orang dari Madridmemberitahuku setelahnya,bahwa itu tak layak dikenaikartu merah,” tandas VanPersie.

Setelah Nani keluar, dua golMadrid yang tercipta dalamrentang waktu empat menit,kontan membalikkan keadaansetelah sebelumnya tertinggal0-1 dari Setan Merah, akibatgol bunuh diri Sergio Ramos.

“Selama sejam pertandinganberjalan semuanya baik-baiksaja, taktik berjalan denganbenar. Kami malah merasaakan mencetak gol keduadan itu akan mempersulitReal Madrid. Namun,wasit mencabut kartumerah,” keluh Van Persie.

“(Serangan) Realsebenarnya tak berbahayasama sekali, aku yakinkami dapatmempertahankankeunggulan. Jadi, saat inikami akan fokus untukgelar juara PremierLeague,” tutur priaberusia 29 tahun itu.

(asa/kc)

BERNIE ECCLESTONE berulangkali membujukDanica Patrick segara meninggalkan pentas Indycardan NASCAR untuk bergabung ke F1. Menilik kebelakang, rupanya usaha yang dilakukan supremoajang balap jet darat tersebut bertetangan denganucapannya pada 2005 silam.

Kala itu, Ecclestone sempat menyatakanbahwa F1 bukan tempatnya bagi wanita.“Saya pikir itu ide yang indah, namunwanita harusnya mengurus rumahtangga,” kata Ecclestone saat itu.

Kini setelah Ecclestone terbuktimenjilat ludahnya sendiri, denganenteng Danica menyindir pria 82tahun tersebut. Perempuan 30 tahunyang juga berprofesi sebagai modeltersebut mengatakan sebagaipembalap dia juga tidak pernahmelupakan kodrat sebagai wanita.

“Jika dia bilang begitu, maka sayakatakan bahwa saya tetapmengerjakan pekerjaan rumahtangga. Saya senang memasak dantak segan berlama-lama di dapur,”kata Danica dikutip F1 Live, Selasa,19 Maret 2013.

Diyakini, salah satu tujuanutama Ecclestone mati-matianmembujuk Danica agar mauberalih ke F1 adalah demimenggaet lebih banyak spon-sor. Wajah cantik ditambahskill balapan yangmumpuni dari wanit asalAmerika Serikat tersebutpasti akan membuat F1semakin dilirik olehmasyarakat.(asa/tribunnews/vivanews)

Danica Bikin Bos F1Jilat Ludah

MarioBalotelli

IST

Danica PatrickIST

Robin

van P

ersie

IST