Soal Praktik Membuat Notula

of 3 /3
SOAL PRAKTEK MEMBUAT NOTULA Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan manajemen Kompetensi Keahlian : Kompetensi Keahlian Mata Uji : Notula 1. Petunjuk Pengerjaan Buatlah notula dari pelaksanaan kegiatan Rapat Tri Wulan tentang evaluasi kinerja pegawai 2. Hasil yang diharapkan Notula rapat yang dibuat dengan baik dan benar Alur Cerita Rapat: Rapat Tri Wulan tentang kinerja pegawai PT Shihab Perkasa Rapat diselenggarakan pada hari sabtu, 17 November 2012, di Ruang rapat Lt. 2, pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh: 1. Kepala bagian kepegawaian 2. Kepala bagian keuangan 3. Kepala bagian pemasaran 4. Kepala bagian rumah tangga 5. Tiga orang staf administrasi masing-masing Sulam, Muhidin, dan anda sendiri sebagai notulis Agenda rapat: 1. Laporan kinerja pegawai 2. Peningkatan profesionalisme 3. Lain-lain Rapat dibuka oleh pimpinan Ka. Bagian Kepegawaian yang intinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta dan menyampaikan tentang tujuan diadakannya rapat. Selanjutnya kepala bagian kepegawaian menyampaikan materi selanjutnya yaitu tentang kinerja pegawai. Berdasarkan data YAYASAN PENGEMBANG PUTRA NUSANTARA S M K B A N G U N N U S A N T A R A 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Jl. Sawah Darat, Ketapang, Cipondoh, Tangerang, Banten Telp: (021) 5543466

description

contoh soal

Transcript of Soal Praktik Membuat Notula

Page 1: Soal Praktik Membuat Notula

SOAL PRAKTEKMEMBUAT NOTULA

Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan manajemenKompetensi Keahlian : Kompetensi KeahlianMata Uji : Notula

1. Petunjuk PengerjaanBuatlah notula dari pelaksanaan kegiatan Rapat Tri Wulan tentang evaluasi kinerja pegawai

2. Hasil yang diharapkanNotula rapat yang dibuat dengan baik dan benar

Alur Cerita Rapat:Rapat Tri Wulan tentang kinerja pegawai PT Shihab PerkasaRapat diselenggarakan pada hari sabtu, 17 November 2012, di Ruang rapat Lt. 2, pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh:

1. Kepala bagian kepegawaian2. Kepala bagian keuangan3. Kepala bagian pemasaran4. Kepala bagian rumah tangga5. Tiga orang staf administrasi masing-masing Sulam, Muhidin, dan anda sendiri

sebagai notulis

Agenda rapat:1. Laporan kinerja pegawai2. Peningkatan profesionalisme3. Lain-lain

Rapat dibuka oleh pimpinan Ka. Bagian Kepegawaian yang intinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta dan menyampaikan tentang tujuan diadakannya rapat.

Selanjutnya kepala bagian kepegawaian menyampaikan materi selanjutnya yaitu tentang kinerja pegawai. Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh para staf kepegawaian ternyata kinerja pegawai selama 3 bulan pertama menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kehadiran pegawai yang mencapai 95%. Angka ini lebih tinggi 5% dari tahun sebelumnya. Namun demikian, tingkat keterlambatan pegawai masih cukup tinggi, mencapai angka 10%.

YAYASAN PENGEMBANG PUTRA NUSANTARAS M K B A N G U N N U S A N T A R A 2

Bidang Keahlian Bisnis dan ManajemenJl. Sawah Darat, Ketapang, Cipondoh, Tangerang, Banten

Telp: (021) 5543466

Page 2: Soal Praktik Membuat Notula

Sedangkan keterlambatan di setiap bagian bervariasi. Disamping tingkat kehadiran pegawai, beliau juga menyampaikan tentang hal lainnya, seperti disiplin, kemampuan kerja pegawai dan kaitannya dengan peningkatan keuntungan yang telah dicapai oleh perusahaan. Setelah dibandingkan dengan adanya peningkatan keuntungan perusahan, piminan juga menganalisa bahwa kinerja pegawai turut mempengaruhi pencapaian tersebut. Selanjutnya beliau meminta Sulam untuk menyampaikan laporan kinerja pegawai, khususnya berkaitan dengan kehadiran.

Sulam: berdasarkan data dari kehadiran pegawai, dapat disimpulkan:

1. Dari data pegawai sebanyak 100 orang, tingkat kehadiran mereka rata-rata mencapai 95%

2. Tingkat keterlambatan pegawai rata-rata mencapai 10%3. Ketidakhadiran pegawai paling besar karena sakit4. Sedangkan keterlambatan sebagian besar karena alasan perjalanan

Selanjutnya pimpinan meminta masukan, tanggapan dan saran dari para peserta tentang data yang telah disampaikan berikut untuk perbaikan ke depan.

Hartono, SE (Kepala Bagian Keuangan) menyampaikan tanggapan sebagai berikut: perlu ada kebijakan yang dapat membuat pegawai untuk bekerja lebih rajin misalnya dengan memberi insentif bagi mereka yang hadir 100% setiap bulan, diberikan penghargaan juga berupa sertifikat sehingga hal ini dapat memotivasi mereka.

Dendi Aryono (Ka. Bagian Pemasaran) menyampaikan bahwa data yang telah disampaikan sebaiknya diumumkan kepada setiap bagian, kalau perlu dipasang di pengumuman.

Drs. Riri Arifin (ka. Bagian Rumah Tangga) menyampaikan bahwa selain diberikan reward kepada mereka yang berprestasi, bagi mereka yang rendah kinerjanya juga diberikan peringatan, seperti mereka yang terlambat dipotong gajinya, atau uang makannya dikurangi.

Muhidin, menyampaikan bahwa banyak pegawai yang menyampaikan kepadanya mereka sudah berusaha datang tepat waktu, tetapi terkadang banyak hambatan selama dalam perjalanan, sehingga mereka keberatan kalau ada pemotongan gaji untuk mereka yang terlambat. Mereka berharap ada kebijakan dari manajemen.

Setelah adanya masukan pimpinan memberikan alternatif solusi dalam meningkatkan kehadiran mereka yaitu ada toleransi keterlambatan sebanyak 3 kali dalam sebulan, selebihnya keterlambatan mereka dipotong sebesar Rp 20.000, yang disetujui peserta.

Selanjutnya pimpinan mengharapkan masukan dari peserta untuk meningkatkan profesionalisme kinerja mereka.

Tentang hal ini mereka pada umumnya mempunyai pendapat yang hampir sama yaitu perlu adanya peningkatan gaji bagi mereka, pelatihan dan diklat pegawai yang terus menerus dan berkesinambungan, reward yang adil dan fasilitas kerja dipenuhi, seperti transport yang memadai, makanan dengan gizi yang baik dan sebagainya.

Rapat ditutup pada pukul 10.00 WIB.