Slide ppt diskusi hm mnj sept 2013

14
Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 1 Diskusi Eksternal HM-Manajemen FEB-UMS Di Hall fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta - 30 September 2013

Transcript of Slide ppt diskusi hm mnj sept 2013

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 1

Diskusi Eksternal HM-Manajemen FEB-UMSDi Hall fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta - 30 September 2013

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 2

• Poersoalan ekonomi menyangkut kebutuhannya hidup (ma’isyah)

• di sediakan untuk mencukupi maisahnya manusia.

• Supaya manusia selalu bersyukur, syukur artinya adalah bertindak yang tepat .

• Kalau berbicara mengenai ekonomi, maka tentu saja kembali pada Hudan = Petunjuk, jangan kepada hawa = keinginan dirinya

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 3

Kalau menangani maisyah tidak mengindahkan petunjuk, akan mengalami kesulitan.

Maka manusia tidak hanya ditempatkan di bumi, tetapi bumi seisinya, dibuat untuk manusia tadi.

Tidak hanya bumi diberikan untuk kamu manusia, tetapi, supaya yang diberikan itu diolah untuk mencapai akherat (kampung akherat dan masa depan).

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 4

Manusia di dunia diberi kedudukan dengan kholifah dan mulku (bisa diartikan;mulku sistem kekuasaaan, kholifah sistem pergantian).

Ada titik temu dengan pokok pikiran yang dibahas tentang negara dan bangsa.

Ketika mau mengolah bumi akan mendapatkan hasil. Hasil itu gunanya memiliki kaitan dengan 3 persoalan; 1). Hasil itu untuk membayar zakat, 2). Untuk nafkah = yaitu untuk kebutuhan keluarga, dan 3). Jariah = digunakan untuk mengembangkan kebaikan.

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 5

Boleh hartamu digunakan untuk yang menjadikan kebaikan itu berkembang. sedang isrof tidak boleh, berlebihan tidak boleh, bakhil juga tidak boleh.

Demikian Itu nanti kaitannya dengan negara-dibutuhkan adanya anggaran belanja dan anggaran pendapatan, untuk menghitung cukup tidaknya harta tersebut.

Maka orang supaya kona’ah, yaitu efisien, cukup tidak seenaknya sendiri, tepat.

Demikian itu kalau digunakan sesuai serta difahami dalam satu konteks pengertian ilmu ekonomi, dunia akan baik semua.

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 6

Prinsip harta ada 3 saja; zakat, nafkah, jariah.

Mungkin nanti ada istilah lain, dalam ilmu ekonomi tidak ada istilah zakat, yang ada pajak.

Zakat lebih besar dari pajak. Zakat bukan dari keuntungan, sedangkan pajak dari keuntungan hasil dari perdagangan (aplikasi dari Teori ilmu ekonomi).

Jadi Manusia itu tidak ada hidup di dunia yang tidak terkait dengan perdagangan (tijaroh = tidak ada yang hidup tanpa dagang).

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 7

Ilmu Ekonomi memberi dan mengajarkan beberapa hal tentang sikap efisien... apabila penerapannya baik... maka kemakmuran tentunya akan tercipta; 1). Secara perorangan, 2). Dunia Usaha, 3). Bangsa dan Negara.

Salah satu fungsi dan tujuan didirikannya sebuah negara adalah menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi bangsanya.

kesejahteraan dan kemakmuran sebuah negara dapat diukur melalui sejumlah indikator. Dua di antaranya adalah PDB per Kapita dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 8

Pembangunan adalah upaya menghilangkan Distorsi Mekanisme pasar untuk meningkatkan efisiensi yang ditimbulkan karena:

– Ketidak sempurnaan informasi– Mobiltas faktor produksi tidak sempurna– Praktik Monopoli– Distorsi Harga

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 9

Sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945, Negara Indonesia didirikan dengan tujuan untuk melindungi segenap Rakyat Indonesia dan seluruh tanah tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Pengejawantahan dari amanat UUD 1945 tsb, khususnya yang berkaitan dengan frasa “memajukan kesejahteraan umum,” hakekatnya tugas semua elemen bangsa, yakni rakyat di segala lapisan di bawah arahan pemerintah.

harus dicapai dengan menerapkan prinsip “dari, oleh, dan untuk rakyat.”

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 10

Pemikiran mengenai pentingnya perekonomian yang berpihak kepada rakyat menjadi dasar bagi lahirnya Pasal 27 dan 33 Undang Undang Dasar 1945. Kedua pasal tersebut kemudian menjadi dasar pertimbangan dilahirkannya U U Perkoperasian (UU R I Nomor 25 Tahun 1992) dan U U Usaha Kecil dan Menengah (UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008). Dengan demikian, tampak jelas adanya keterkaitan yang erat antara ekonomi kerakyatan dengan koperasi dan usaha kecil dan menengah.

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 11

Ekonomi kerakyatan adalah Sistem Ekonomi Nasional Indonesia yang berasas kekeluargaan, berkedaulatan rakyat, bermoral Pancasila, dan menunjukkan kepemihakan sungguh-sungguh pada ekonomi rakyat.

membutuhkan syarat yang sudah tentu harus dipenuhi; (i) kedaulatan di bidang politik, (ii) kemandirian di bidang ekonomi, dan (iii) kepribadian di bidang budaya.

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 12

Ekonomi kerakyatan tidak lain adalah “demokrasi ekonomi” sebagaimana dimaksud oleh penjelasan Pasal 33 UUD 1945, secara substansial, mencakup tiga hal berikut.

1). adanya partisipasi penuh seluruh anggota masyarakat dalam proses pembentukan produksi nasional, 2). adanya partisipasi penuh anggota masyarakat dalam turut menikmati hasil produksi nasional, 3). Pembentukan produksi dan pembagian hasil produksi nasional harus berada di bawah pimpinan atau pemilikan anggota masyarakat.

Dalam sistem ekonomi kerakyatan, kedaulatan ekonomi harus berada di tangan rakyat

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 13

Jadi, pengertian ekonomi sebetulnya soal biasa saja, karena setiap kehidupan harus diatur ekonominya, hanya manusia terlampau jauh membuat garis...

Setiap kehidupan harus diatur ekonominya. Islam melarang adanya penimbunan, harus mengatur

sistem distribusi “kaela ya kuna dhulatan bainal ‘aghniyaa’i minkum” dilarang menimbun (Produk masyarakat hanya mengumpul pada seorang, itu tidak boleh).

Dengan jama’ah = mengatur sistem mengatur jaringan. Kebaikan yang akan diraih sesuai dengan kondisi kita

semua Semua yang fasad dilarang (membikin kerusakan) Hidup kesempatan untuk bertanggung jawab atas

perbuatan kita, benar dan jelas

Diskusi Eksternal HM-Mnj 30 September 2013 14

VIVAT ACADEMIAVIVAT PROFESORESJAYALAH BANGSA INDONESIA

Hidup kesempatan untuk bertanggung jawab atas perbuatan kita, secara benar dan jelas