s Web viewKedua pemain yang menjadi pemegang tali perentang tali karet dan pemain harus melompatinya...

Click here to load reader

  • date post

    09-Feb-2019
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of s Web viewKedua pemain yang menjadi pemegang tali perentang tali karet dan pemain harus melompatinya...

KONTEN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI

Dosen Pembimbing:

Dr. Riswandi, S.Ag., M.Pd

Disusun oleh:

Siti Alifa Nabila Yasmin (1413054049)

Pendidikan Anak Usia Dini

Jurusan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Lampung

2015

(Permainan sos-emo)

(bakiak)

(Cara Bermain Bakiak)

Cara untuk memainkan permainan ini tidaklah sulit, berikut adalah cara untuk memainkan permainan ini:

1. Setiap tim minimal beranggotakan tiga orang pemain atau lebih.

2. fasilitator memberikan instruksi kepada setiap tim bahwa tim yang dapat kembali ketempatstartadalah pemenangnya.

3. Setiap tim diberikan waktu sekitar tiga menit untuk mendiskusikan strategi masing-masing.

4. Tim yang paling cepat kembali ketempatstartadalah tim yang menjadi pemenang.

(congklak)

(Cara Bermain Congklak)

1. Yang Anda butuhkan: papan congklak dan 98 kerang kecil, biji atau batu (untuk sebuah papan yang memiliki 7 lubang di setiap sisi)

2. Obyek dari Game: untuk mendapatkan sebagai kerang sebanyak mungkin ke dalam tempat penyimpanan Anda. tempat penyimpanan Anda adalah lubang pada akhir papan di sebelah kiri Anda.

3. Untuk Win: Anda memenangkan permainan jika Anda memiliki cangkang yang lebih banyak di tempat penyimpanan (Menang jumlah biji) - atau - anda adalah pemain terakhir yang bijinya telah habis, di sisi dari papan anda (Jalan Menang).Untuk Play - Putaran Pertama

(gasing)

(Cara Bermain Gasing)

1. Gasing di pegang di tangan kiri, tangan kanan memegang tali. Lilitkan tali pada gasing, mulai dari bagian kaki gasing atau paksi, sampai badan gasing. Lilit kuat sambil memutar gasing.

2. Pada hitungan ke-3, semua anak melempar gasingnya ke tanah.

3. Gasing yang dilempar akan berputar untuk beberapa saat hingga interaksi kakinya dengan permukaan tanah membuatnya tegak lalu berputar untuk beberapa waktu. Lama-lama putaran semakin memelan dan momentum sudut dan efek giroskopik berkurang, hingga akhirnya badan gasing jatuh ke permukaan tanah.

4. Pemenangnya adalah anak yang gasingnya berputar paling lama.

(tali)

(Cara Bermain Tali)

1. Para pemain melakukan hompipah atau pingsut untuk menentukan dua orang pemain yang menjadi pemegang tali.

2. Kedua pemain yang menjadi pemegang tali melakukan pingsut untuk menentukan siapa yang akan mendapat giliran bermain terlebih dahulu jika ada pemain yang gagal melompat.

3. Kedua pemain yang menjadi pemegang tali perentang tali karet dan pemain harus melompatinya satu persatu. ketinggian karet mulai dari setinggi mata kaki, lalu naik ke lutut, paha, hingga pinggang. Pada tahap-tahap ketinggian ini, pemain harus melompat tanpa menyentuh tali karet. Jika ada pemain yang menyentuh tali karet ketika melompat, gilirannya bermain selesai dan ia harus menggantikan pemain yang memegang tali.

4. Posisi tali karet dinaikan ke dada, lalu dagu, telinga, ubun-ubun, tangan yang diangkat ke atas dengan kaki berjinjit. Pada tahap-tahap ketinggian ini, pemain boleh menyentuh tali karet ketika melompat, asalkan pemain dapat melewati tali dan tidak terjerat. Pemain juga diperbolehkan menggunakan berbagai gerakan untuk mempermudah lompatan, asalkan tidak memakai alat bantu.

5. Pemain yang tidak berhasil melompati tali karet harus menghentikan permainannya dan menggantikan posisi pemegang tali. Jika semua tanggap ketinggian telah berhasil diselesaikan oleh para pemain, tali karet kembali diturunkan dan permainan dimulai dari awal. Begitu seterusnya hingga para pemain memutuskan untuk mengakhiri permainan ini

(engklek)

(Cara Bermain Engklek)

Peserta permainan ini melompat menggunakan satu kaki disetiap petak-petak yang telah digambar sebelumnya di tanah.

Untuk dapat bermain, setiap anak harus berbekalgacukyang biasanya berupa sebentuk pecahan genting, yang juga disebutkreweng, yang dalam permainan,krewengini ditempatkan di salah satu petak yang tergambar di tanah dengan cara dilempar, petak yang ada gacuknya tidak boleh diinjak / ditempati oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petak-petak yang ada.

Pemain yang telah menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu, berhak memilih sebuah petak untuk dijadikan "sawah" mereka, yang artinya di petak tersebut pemain yang bersangkutan dapat menginjak petak itu dengan kedua kaki, sementara pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan. Peserta yang memiliki kotak paling banyak adalah yang akan memenangkan permainan ini.

(ularan)

(Cara Bermain Ularan)

1. Permainan berkelompok yang dimainkan oleh minimal 4-5 orang, 2 orang sebagai pembuat gerbang (kiri-kanan)

2. yang lainnya netral berbaris melingkar membentuk angka 8 melewati gerbang yang di buat.

3. Anak yang tepat berada di tengah-tengah gerbang pada saat lagu berakhir akan di tutup dan di berikan pilihan rahasia untuk bergabung dengan kelompok gerbang kiri atau gerbang kanan.

4. Siapa yang pengikutnya paling banyak dia lah yang menang, dan yang kalah harus menangkap orang yang paling belakang dari lawannya.

(kelereng)

(Cara bermain kelereng)

1. Jari telunjuk memegang jempol dalam ketegangan sampai pemain buat mengambil ancang ancang buat menembak. Teknik Ini disebut jentikan bawah, dan divestasi harus cukup kuat buat menggerakkan ketukan penembak nan lebih besar ke dalam lingkaran dan memaksa setidaknya satu kelereng keluar dari lingkaran.

2. Selama penembak terus mengirim kelereng keluar dari ring tanpa kehilangan posisi nya atau selalu kena, maka akan bisa giliran terus. Jika penembak gagal buat melumpuhkan kelereng lawan, giliran nya dianggap selesai.

3. Sebuahpermainan kelerengberakhir ketika semua kelereng telah tersingkir dari ring. Pemain Layak menghitung jumlah kelereng nan telah mereka kumpulkan dan satu dengan kelereng nan paling dinyatakan pemenang dari permainan itu.

4. Putaran selanjutnya bisa dimainkan buat menentukan kampiun utama, atau mungkin hanya bermain terus sampai pemain kehabisan kelereng buat membuat putaran selanjutnya.