Racangan Kerja HK ( Prepare room for guest)

download Racangan Kerja HK ( Prepare room for guest)

of 71

  • date post

    17-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    456
  • download

    8

Embed Size (px)

Transcript of Racangan Kerja HK ( Prepare room for guest)

BAB 1ALAT DAN BAHANa. AlatNoNama AlatSpesifikasiJumlahKeterangan

1. Hand BrushTerbuat dari plastic, biasanya berbentuk persegi panjang, dan bulunya tersusun dari nilon-nilon yang sama pendeknya dibagian bawah.1 buahUntuk melepaskan sampah atau kotoran pada permukaan lantai.

2. Hand squizeerUkurannya tidak terlalu besar, terdiri atas gangang sebagai pegangan, penjepit, dan karet.1 buahAlat pembersih yang digunakan untuk menekan, mendorong/menarik genagan air pada permukaan lantai.

3. Window wiperUkurannya sedang, terbuat dari karet yang pipih dijepit oleh plat dan terdapat gangang pendek atau panjang yang terbuat dari plastic, bentuknya seperti huruf T1 buahAlat untuk membersihkan kaca, digunakan untuk menarik kotoran pada permukaan kaca setelah diberi obat pembersih kaca.

4. Bottle sprayerTerbuat dari plastic, dapat dibuka dan diisikan cairan kedalam dan bagian bawahnya berbentuk menyerupai botol, terdapat selang kecil untuk jalan keluarnya air, dan juga ada tangkai/tuas yang terdapat pada bagian atas, yang juga terdapat lubang-lubang kecil tempat menyemprotnya cairan didalamnya.1 buahAlat bantu untuk menyemprotkan obat pembersih(glass cleaner) untuk membersihkan kaca.

5. Sponge Terbaut dari spon sehingga teksturnya lunak dan elastic, berbentuk persegi panjang. Terdapat 2 sisi yang berbeda, pada sisi atas sedikit kasar dan berwarna hijau. Sedangkan sisi bawahnya lebih halus dan berwarna kuning.2 buahAlat penggosok yang digunakan untuk membersihkan peralatan yang mengunakan bahan pembersih.

6. Hand glovesBerbahan karet sehingga elastic, dan mudah digunakan saat melakukan pekerjaan berbentuk jari tanggan sehingga 1 pasang terdapat 2 buah.1 pasangSebagai alat perlindungan diri, sehingga tangan tetap bersih walaupun membersihkan objek yang kotor.

7. Carry caddyTerbuat dari plastic, terdapat pegangan dibagian atas, dan bagian bawahnya cenderung sedikit cekung dan ada sekatnya.1 UnitAlat untuk menampung alat-alat pembersih yang termasuk didalamnya (Hand brush, Hand squizeer, window wiper, Sponge, Hand Gloves, water scope, Toilet bowl brush, floor cloth, duat cloth, dan glass cloth) dan bahan pembersih yang dimasukkan dalam botol atau bottle sprayer.

8. Water scopeTerbuat dari plastic, terdapat pegangan dibagian samping, dan berbentuk cekung.1 buahGayung untuk mengambil atau menampung cairan baik air ataupun solution (campuran air dan bahan pembersih)

9. Toilet bowl brushTerbuat dari plastic, bulu-bulunya juga dari plastic/nilon yang tersusun melingkar, ada ganggang/pegangannya. 1 buahAlat ini berguna untuk membersihkan dan menyikat bagian dalam(cekungan).

10. BroomTangkainya terbuat dari kayu, dibagian bawah ada plastic yang menjepit ijuk-ijuk.1 buahAlat yang digunakan untuk membersihkan debu atau sampah pada permukaan lantai.

11. PailPegangannya terbuat dari kawat/besi/plastic yang berbentuk setengah melingkar ke bawah dan tersambung pada bagian bawah yang terbuat dari plastic dan bentuknya sangat cekung.1 buahAlat untuk menampung air, terutama saat proses mopping (mengepel lantai)

12. MopBerbahan kain, berbentuk untaian rumbai-rumbai yang gimbal. 1 buahUntuk mengelap permukaan lantai saat mengepel.

13. Stick mopTongkat yang lumayan panjang, terbuat dari besi, dan bibagian bawah terdapat penjepitnya.1 buahAlat yang digunakan untuk menjepit mop(kain pel), dan mendorong kotoran saat mengepel lantai.

14. Dust panTerbuat dari plastic. Terdapat ganggang pegangan dan dibagian bawah berbentuk seperti cangkul.1 buahAlat yang digunakan untuk mengumpulkan atau menyorok kotoran hasil menyapu lantai.

15. Trolley cartBerbahan besi dan kayu, terdapat roda dibagian bawah/alas, bentuknya seperti rak pada bagian tengah, pegangan di sebelah samping, dan sekat-sekat kecil dibagian paling atas.1 unitAlat yang digunakan untuk mengangkut atau menampung semua alat-alat, bahan pembersih, kain-kain, dan peralatan lain yang dibutuhkan petugas untuk membersihkan kamar tamu.

16. Dust clothBerbahan kain flannel, berbentuk persegi, lembut dan dapat dilipat. Berbentuk lembaran.2 lembarAlat yang digunakan untuk dusting(mengelap debu dari perabot yang ada dikamar).

17. Glass clothBerbahan kain katun, biasanya bernotif kotak-kotak, berbentuk lembaran.2 lembarAlat yang digunakn untuk mengelap, membersihkan, atau mengeringkan gelas setelah dicuci.

18. Floor clothBerbahan kain yang tebal dan kasar, berbentuk lembaran persegi panjang. 2 lembarAlat untuk mengelap/mengeringkanpermukaan lantai kamar mandi.

b. BahanNoNama bahanSpesifikasiJumlahKeterangan

a. Bahan Pembersih

1. Water (air)Wujudnya cair, tidak berwarna/jernih, tidak ada rasanya, dan tidak berbau.15 mlBahan yang digunakan sebagi campuran bahan campuran lainnya.

2. Floor cleanerBerwujud cair, dan sedikit kental, baunya harum.5 mlBahan yang digunakan untuk membersihkan permukaan lantai.

3. Glass cleanerDitempatkan pada botol semprot, berwujud cair, dan harum.5 mlUntuk membersihkan permukaan benda yang terbuat dari kaca, seperti jendela.

4. Liquid hand soapCair dan kental, biasanya beraroma buah.5 mlBahan pembersih, untuk membersihkan gelas, juga wash basin bowl

5. Toilet cleanerWujudnya cair dan kental, baunya sedikit menyengat, biasanya mengandung desinfectant(pembunuh kuman)5 mlBahan pembarsih untuk membersihkan toilt bowl(bagian dalam jamban).

6. Air freshnerBerwujud cair, ditempatkan pada botol/tabung semprot, baunya sangat harum.2 mlBahan untuk mengharumkan ruangan, dalam bentuk semprot.

b. Amenities

1. HangerTerbuat dari besi/kayu, terdapat pengantung dan dibagian bawahnya melebar kesamping kiri dan kanan.6 buahPengantung baju yang disiapkan dilemari kamar tamu, bentuknnya sedikit berbeda (ada 2 hanger untuk perempuan dan 4 hanger untuk laki-laki).

2. TrayBerbentuk persegi panjang, terbuat dari plastic atau kayu, permukaannya datar.1 buahNampan yang digunakan untuk meletakkan gelas dan teko yang berisi air putih di kamar.

3. Gelas minumTerbuat dari kaca, berwarna bening, bentukya tabung silindris yang tinggi, yang berlubang dibagian atasnya.2 buahGelas minum yang disiapkan dikamar tamu.

4. Water pitcherTerbuat dari kaca bening, terdiri dari tutup, corong dan pegangan.1 buahDigunakan untuk menampung atau wadah air putih yang disiapkan di kamar tamu.

5. Remote TVBerbahan plastic, bentuknya persegi panjang, terdapat tombol-tombol yang terbuat dari karet.1 buahAlat untuk mengoperasikan televisi yang ada dikamar.

6. Remote ACBerbentuk persegi panjang, berbahan plastic juga terdapat beberapa tombol.1 buahAlat untuk mengoperasikan atau mengatur suhu AC (pendingin ruangan) dikamar.

7. Ashtray (asbak)Terbuat dari kaca bening atau kayu, dan sedikit cembung pada bagian tengahnya.2 buahDisiapkan untuk para tanu yang merokok dikamar. Tempat untuk membuang putung rokok.

8. Gelas kumur Terbuat dari kaca bening, tidak terlalu besar, berbentuk sedikit silindris.2 buahGelas yang disiapkan dikamar mandi untuk kumur.

9. Soap dishBiasanya berbahan keramik, tidak besar, berbentuk lingkaran atau oval dan sedikit cekung dibagian tengah.1 buahTempat untuk meletakkan sabun mandi yang digunakan tamu

.

c. Guest Supplies

1. DND signSebuah kartu yang dapat digantungkan, yang bertulliskan larangan atau permintaan untuk tidak menggangu tamu yang sedang berada didalam kamar.1 buahKartu atau tanda yang digunakan tamu jika sedang tidak ingin diganggu di dalam kamar, biasanya digantungkan pada peganggan pintu diluar kamar.

2. Make up signKartu yang dapat digantungkan dan bertuliskan permintaan untuk dibersihkan kamarnya.1 buahKartu atau tanda bila tamu ingin kamarnya dibersihkan, akan dipasang pada pegangan pintu bagian luar.

3. Shoes shineBentuk dan terbuat dari bahan yang bermacam-macam, ada yang dari bahan kertas tebal dan berlogo hotel, atau terbuat dari kain.2 buahDigunakan untuk menyemir, membersihkan, atau mengkilapkan sepatu.

4. sSlipperDigunakan di kaki, jumlah sepasang, terbuat dari bahan yang ringan. Biasanya terdapat logo hotel di bagian selopnya.2 pasangAlas kaki yang disiapkan didalam kamar.

5. Laundry bagAda yang terbuat dari tas dan ada yang terbuat dari plastic, berbenttuk tas atau kantung.2 buahTempat atau wadah untuk mengumpulkan baju tamu yang ingin diloundry kan.

6. AnvelopeBerbahan kertas, yang ada logo hotel di bagian muka, dan dapat disisipan sesuatu didalamnya.2 lembarDigunakan sebagai pembungkus saat mengirim surat atau tempat untuk menyinpan sesuatu yang kecil.

7. BrochureTerbuat dari kertas, yang bertuliskan dan gambaran mengenai hotel tersebut.1 lembarSebagai media informasi tamu atau pengantar tentang hotel tersebut kepada tamu.

8. Room rateTerbuat dari kertas yang bertuliskan fasilitas, jenis-jenis kamar, juga harga kamar di hotel.1 lembarInformasi tentang harga-harga kamar hotel tersebut.

9. Sewing kitSepotong kertas yang dililit benang dengan bermacam warna, juga sebuah jarum, dan kancing baju yangdikemas jadi satu dalam plastic.1 setPeralatan menjahit sederhana yang disediakan dikamar.

10. Letter sheetKertas kosong, yang berlogo hotel.2 lembarAlat tulis yang disediakan di kamar.

11. Ballpoint/pencilBerbentuk silindris kecil (seukuran jari tangan) dan sedikit panjang, terdapat tinta didalamnya.1 buahAlat tulis yang disediakan dikamar.

12. Memo padBerbahan kertas, dengan ukuran kecil dan berlembar-lembar, terdapat logo hotel.1 setBuku catatan kecil yang disediakan dikamar.

13. Tv channelTerbuat dati kertas, kecil, dan bertuliskan chanel-chanel yang ada di televisi kamar.1 lembarMenginformasikan chanel-chanel yang ada pada televise yang disediakan dikamar.

14. Telephone tent cardBerbahan kertas, berukuran kecil, berisikan uraian tentang nomor penting yang ada di dalam hotel.1