Proposal Hotspot BRI SInjai

of 11 /11
  2012-Mei PROPOSAL PEMBANGUNAAN INFRASTRUKTUR HOTSPOT BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG KAB.SINJAI UTARA

Embed Size (px)

Transcript of Proposal Hotspot BRI SInjai

PROPOSALPEMBANGUNAAN INFRASTRUKTUR HOTSPOTBANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG KAB.SINJAI UTARA

2012-Mei

Alamat : BTP Blok L/265 Kota Makassar Email : [email protected] Cp-1 : 085255781153 (sidrat) Cp-2 : 085396555646 (Iccank)

PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dengan jarak kapan kearah bagi semakin tidak saja, itu, sekolah dekatnya era hambatan, maka perlu globalisasi/perdagangan komunikasi suatu internet. alat akan yang bebas, bisa dapat dimana dilakukan mendukung sarana transaksi

merupakan dimana salah untuk saja, satunya

dengan

Internet

merupakan dan

dapat

mengembangkan

komunikasi

dengan dunia luar, baik dengan dunia bisnis maupun mitra kerja. Disamping itu internet siswa juga dengan merupakan dunia bukan dengan salah satu maju sarana dan praktek sebagai untuk media regional

memperkenalkan untuk tetapi dengan

teknologi hanya pulsa sebagai

pengajaran. sudah luar go

Internet international

membuka lokal, alat surat

wawasan

biarpun media

berkomunikasi bisa juga (email), pikiran fasilitas

negeri.

Disamping

memperkenalkan berbicara (chating) dengan dll,

keunggulan orang lain

sekolah,

menyurat saling harus tukar ada

(teleconfrence), ini disekolah

maka

sekarang

sudah

tersebut yang biasa disebut dengan HOTSPOT.

B. Maksud Dan Tujuan Maksud dari dari proposal yang ini adalah di dapat Bank memberikan Rakyat gambaran (BRI) umum Cabang

usaha

dilaksanakan

Indonesia

Kabupaten Sinjai. Tujuan dari proposal point ini agar adalah Memasang area / hotspot pihak baru lain guna dalam

menambah

titik

memudahkan

siswa

mengakses informasi melalui jaringan internet.

C. Sasaran a) Untuk Kab.Sinjai, memudahkan dalam Karyawan/Karyawati referensi pelajaran Bank dan BRI atau Cabang data lain

mencari

yang diperlukan. b) Agar semua Karyawan/Karyawati Bank BRI Cabang Kab Sinjai bisa

lebih memperluas IPTEK, dan mudah mengakses internet.

BAB II ISI A. MIKROTIK Untuk instalasi Mikrotik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun. Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Bagi yang belum tau, Latvia adalah sebuah negara yang merupakan pecahan dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Dengan nama merek dagang Mikrotik mulai didirikan tahun 1995 yang pada awalnya ditujuka untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless. Saat ini MikroTikls memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat populer di Indonesia. Mikrotik pada standar perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) dikenal dengan kestabilan, kualitas kontrol dan fleksibilitas untuk berbagai jenis paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal dengan istilah routing. Mikrotik yang dibuat sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang dapat diterapkan dengan adanya Mikrotik selain routing adalah aplikasi kapasitas akses (bandwidth) manajemen, firewall, wireless access point (WiFi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server dan masih banyak lainnya. Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis jika kamu ingin memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTikls untuk dapat menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalah versi Demo Mikrotik dapat digunakan secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 adalah level tertinggi dengan fungsi yang paling lengkap. Secara singkat dapat digambarkan jelaskan sebagai berikut:

Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.

Level 1 (demo); pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.

Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.

Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.

Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.

Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.

B. PROXY Apakah sebenarnya proxy itu ? Jawaban yang sederhana dan mudah dimengerti bagi orang awam , proxy adalah perantara atau kurir antara IP satu ke IP yang lain. Pengertian mudah IP (Internet Protocol) adalah code atau alamat sedang Proxy bisa kita ibaratkan Pak Pos atau kurir. Bila tidak menggunakan proxy bermakna kita membuka atau mengkases suatu website dengan melakukan query atau permintaan atau mengambil data secara langsung data yang berasal dari tempat penyimpan data website tersebut. Apabila kita browsing atau mengakses suatu website (dengan IP Tertentu ) menggunakan proxy maka kita cukup mengambil data website tersebut dari pihak Proxy tersebut yang selanjutnya proxylah yang berperan mengambilkan data dari server suatu situs dan kemudian mengantarkan ke IP kita atau sampai di Komputer kita. Apa Fungsi Utama dari Proxy ? 1. Conecting Sharing 2. Filtering 3. Caching Conecting sharing : Fungsi Proxy disini adalah penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP dan dihantarkan ke IP lain ataupun ke IP komputer kita.

Filtering : Beberapa proxy dilengkapi juga dengan firewall yang mampu memblokir atau menutup alamatnya suatu IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut. Caching : Artinya menyimpan proxy juga dilengkapi media penyimpanan data suatu website dari query atau permintaan akses pengguna, jadi misalkan permintaan mengkases suatu website bisa lebih cepat apabila sudah terdapat permintaan akses ke suatu website pada pengguna proxy sebelumnya. Ada 2 macam proxy yang populer digunakan yaitu : 1. Proxy Tranparent 2. Proxy Animouse Proxy Tranparent : Lebih mengutamakan fungsi sebagai kurir atau perantara pengambilan data. Biasanya proxy Tranparents ini bisa kita gunakan untuk mempercepat akses ke suatu website. Akan tetapi kalau kita menggunakan proxy Transparen ini IP kita tetap bisa terdeteksi atau terbaca pada server IP yang kita akses datanya dengan metode pelacakan IP yang lebih rumit. Proxy Animouse : Dengan Proxy Animouse selain sebagai perantara, proxy ini juga akan memblokir data IP kita sehingga IP sebenarnya kita tidak bisa dibaca oleh server website yang kita ambil atau kita akses datanya, dan yang terbaca pada server website adalah IP Proxy tersebut. Tapi biasanya kecepatan akses lebih lambat dari pada Proxy Transparent. Beberapa Keuntungan dari Penggunaan memakai Proxy antara lain : 1. Proxy bisa menyembunyikan identitas IP anda. 2. Mempercepat akses ke suatu website. 3. Dapat digunakan untuk mengakses suatu website atau IP yang diblokir oleh Penyedia ISP atau Penyedia jaringan Internet tertentu (Dengan Proxy Tertentu ) 4. Proxy dapat digunakan untuk memblokir akses ke suatu IP atau website ( Dengan Proxy tertentu ) 5. Meningkatkan Privacy atau keamanan karena proxy ini akan menfilter cookies yang tidak diinginkan dan tersimpan dalam keadaan ter- encrypsi ( Proxy Tertentu)

Adapun keuntungan dari penggunaan diatas tetap tergantung dari spesifikasi, jenis dan kualitas Proxy yang anda gunakan. Jadi tidak semua proxy bisa difungsikan untuk hal diatas. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda, semoga bermanfaat.Posted by Johar ESC-creation

BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Pada dasarnya Internet sangat berguna dalam berbagai hal, baik dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan, mencari berita online, mendisain website dan lain sebagainya. Internet dapat dimanfaatkan bagi Lembaga-lembaga pemerintahan, Perusahaan-Perusahaan dan Pemerintah yang ingin mengirimkan Informasi melalui jaringan Kompleks yang terhubung satu sama lain.

B. Saran Bahwa rencana Pembangunan Hotspot yang di buat para siswa perlu memperhatikan faktorfaktor : Siswa itu sendiri bahwa siswa mempunyai kreativitas yang tinggi dan bisa merencanakan, melaksanakan dan mempraktekan apa yang sudah siswa buat.

Bahan praktek, metode, dan alat praktek yang akan digunakan dalam proses pembangunan seyogianya yang dapat dijangkau dan dapat dilakukan oleh siswa sendiri, sehingga pengalaman belajar siswa akan dimulai dari pemahaman konket kepada pemahaman konsep, deduktif ke induktif.

C. Penutup Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan bisa bermanfaat bagi semua orang.

Semoga Allah Swt memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.

BILL OF QUANTITY (BQ) No Jenis Biaya Satuan Jumlah

PAKET HARDWARE 1. Mikrotik : Isi paket: Routerboard RB450 + Casing + Adaptor Spesifikasi * CPU: 300MHz Atheros CPU * Memory: 32MB DDR onboard memory chip * Root loader: RouterBOOT, 1Mbit Flash chip * Data storage: 64MB onboard NAND memory chip * Ethernet ports: 5 buah 10/100 Mbit/s Fast Ethernet port supporting AutoMDI/X * Serial ports: One DB9 RS232C asynchronous serial port * LEDs: Power, user LED * Watchdog: IDT internal SoC hardware watchdog timer * Power options: Power over Ethernet: 10..28V DC (except power over datalines); Power jack: 10..28V DC; Overvoltage protection * Dimensions: 150mm x 105mm (5.90 in x 4.13 in) * Temperature: Operational: -20 Harga belum termasuk ongkos kirim. Berat per-unit 500gram *harga sewaktu-waktu bisa berubah mengikuti kurs Dollar Garansi Garansi 6 bulan. Paket Komputer Proxy Spesifikasi - Processor Intel DualCore 3GHz - Mainboard MSI G41M-P28 (atau yg setara) - RAM DDR3 4GB Visipro @Rp. 1.100.000/Pcs @Rp. 1.100.000/Pcs

2.

@. Rp. 3.575.000/Pcs

@. Rp. 3.575.000/Pcs

- 2bh HDD 250GB (WDC, Seagate atau Hitachi) - Casing PowerUp 500W (atau yg setara, warna dan model casing menyesuaikan stok) - DVDRW Samsung (atau yg setara) (Harga belum termasuk ongkos kirim) Garansi 1 tahun kecuali casing non-garansi, Power Supply 6bln 3 PAKET AKSES POINT :Access Point Outdoor 2.4GHz TPLink TLWA5210G (54Mbps)

@Rp. 750.000 / Pcs

@Rp. 1.500.000 / Pcs

Spesifikasi Produk andalan dari TPLink. Access Point Outdoor dengan output power mencapai 600mW. Antena internal 12dBi dengan dual-polarisasi vertical & horizontal yang dibungkus dengan casing outdoor weatherproof. Menggunakan Chipset Atheros yang sudah diakui sensitifitasnya. Tersedia mode AP, AP Router/AP Client, WISP Client Router/Bridge/Repeater. Sudah termasuk POE TPLink !! Jumlah Akses Point tergantung jumlah ruangan Jasa Instalasi 1 2 Paket Instalasi MIKROTIK Paket Instalasi PROXY @Rp. 1.500.000 / Pcs @Rp. 2.500.000 / Pcs

TOTAL BILL OF QUANTITYCatatan: - Harga dapat berubah sewaktu-waktu sebelum kontrak ditandatangani - Garansi berlaku menurut jaminan yang dikeluarkan oleh vendor/produsen perangkat - Biaya sudah termasuk ongkos kirim dan instalasi

@Rp. 10.175.000

SITE PLAN HOTSPOT BRI CABANG KAB SINJAI UTARA