Bisnis Hotspot

of 6/6
  Proposal Bisnis HotSpot 1  By. Mhd. Achyar PROPOSAL BISNIS HOTSPOT Hotspot sekarang lagi ngetren dan benar-benar hot…, mulai kafe, hotel, mall, resto,sekolahan, warung angkringan semua menyediakan hotspot. Ada yang free dan ada yang bayar. Hal ini disebabkan banyaknya perangkat yang telah dilengkapi dengan teknologi wireless, sehingga tren penggunaannya pun semakin tinggi.Karena ketidaktahuan tentang hotspot dan mahalnya alat wireless membuat pemilik tempat usaha enggan untuk membangun hotspot. Padahal, adanya hotspot ini sangat berpotensi untuk menambah daya tarik dan juga bisa menambah penghasilan dari tempat itu sendiri. Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah target konsumen yang biasanya mampir ke tempat anda. Jika pengunjung tempat anda adalah kaum eksekutif, maka menyediakan hotspot tidak akan memberikan nilai tambah yang sangat potensial. Anda pun bisa mendapatkan pemasukan ekstra dengan menjual voucher hotspot. Untuk memulai membangun bisnis hotspot yang perlu diperhatikan adalah :Menentukan konsep bisnis hotspot anda.Apakah hotspot anda dapat digunakan secara gratis atau harus membeli voucher tertentu? Anda harus menentukan hal dasar ini terlebih dahulu karena akan menyangkut perencanaan infrastruktur hotspot itu sendiri.Alternatif yang biasa dipilih adalah memberikan waktu trial khusus secara gratis selama beberapa waktu (satu atau dua bulan pertama). Selanjutnya, pengunjung harus membayar atau membeli voucher sebelum bisa mengakses hotspot Anda. Kadang kala, ada beberapa tempat yang memang sengaja memberikan layanan Wi-Fi hotspot secara gratis. Namun, Anda harus berbelanja (atau memesan makanan) selama mengakses hotspot tersebut.Layanan Akses Internet cukup murah dan cepatHal yang harus Anda perhatikan adalah miliki adalah akses Internet yang cepat dan murah. Akses Internet ini pada umumnya menggunakan layanan broadband deng an kecepatan yang cukup tinggi (128 Kbps atau lebih), tergantung target jumlah pengunjung yang akan mengakses layanan hotspot ini. Free Hotspot (Hotspot Gratis) Hotspot gratisan tidak mengharuskan anda membayar untuk melakukan akses internet. Hotspot dapat anda temui di beberapa kafe atau kedai kopi, setelah memesan makanan atau minuman, anda hanya perlu meminta kode akses, bahkan di beberapa tempat malah tidak pakai kode akses sama sekali. Free Hotspot ini digunakan pemilik usaha sebagai penambah daya tarik untuk pelanggan, mengingat biaya internet semakin murah maka cara ini tidak akan banyak mempengaruhi biaya operational.Untuk yang free cukup menggunakan akses point TP-Link aja buat access point-nya. (Membuat Hot Spot dirumah dengan Access Point TP- Link TL-WA601G).
  • date post

    09-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    519
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Bisnis Hotspot

PROPOSAL BISNIS HOTSPOT

Hotspot sekarang lagi ngetren dan benar-benar hot, mulai kafe, hotel, mall, resto,sekolahan, warung angkringan semua menyediakan hotspot. Ada yang free dan ada yang bayar. Hal ini disebabkan banyaknya perangkat yang telah dilengkapi dengan teknologi wireless, sehingga tren penggunaannya pun semakin tinggi.Karena ketidaktahuan tentang hotspot dan mahalnya alat wireless membuat pemilik tempat usaha enggan untuk membangun hotspot. Padahal, adanya hotspot ini sangat berpotensi untuk menambah daya tarik dan juga bisa menambah penghasilan dari tempat itu sendiri.

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah target konsumen yang biasanya mampir ke tempat anda. Jika pengunjung tempat anda adalah kaum eksekutif, maka menyediakan hotspot tidak akan memberikan nilai tambah yang sangat potensial. Anda pun bisa mendapatkan pemasukan ekstra dengan menjual voucher hotspot. Untuk memulai membangun bisnis hotspot yang perlu diperhatikan adalah :Menentukan konsep bisnis hotspot anda.Apakah hotspot anda dapat digunakan secara gratis atau harus membeli voucher tertentu? Anda harus menentukan hal dasar ini terlebih dahulu karena akan menyangkut perencanaan infrastruktur hotspot itu sendiri.Alternatif yang biasa dipilih adalah memberikan waktu trial khusus secara gratis selama beberapa waktu (satu atau dua bulan pertama). Selanjutnya, pengunjung harus membayar atau membeli voucher sebelum bisa mengakses hotspot Anda. Kadang kala, ada beberapa tempat yang memang sengaja memberikan layanan Wi-Fi hotspot secara gratis. Namun, Anda harus berbelanja (atau memesan makanan) selama mengakses hotspot tersebut.Layanan Akses Internet cukup murah dan cepatHal yang harus Anda perhatikan adalah miliki adalah akses Internet yang cepat dan murah. Akses Internet ini pada umumnya menggunakan layanan broadband dengan kecepatan yang cukup tinggi (128 Kbps atau lebih), tergantung target jumlah pengunjung yang akan mengakses layanan hotspot ini.

Free Hotspot (Hotspot Gratis) Hotspot gratisan tidak mengharuskan anda membayar untuk melakukan akses internet. Hotspot dapat anda temui di beberapa kafe atau kedai kopi, setelah memesan makanan atau minuman, anda hanya perlu meminta kode akses, bahkan di beberapa tempat malah tidak pakai kode akses sama sekali. Free Hotspot ini digunakan pemilik usaha sebagai penambah daya tarik untuk pelanggan, mengingat biaya internet semakin murah maka cara ini tidak akan banyak mempengaruhi biaya operational.Untuk yang free cukup menggunakan akses point TP-Link aja buat access point-nya. (Membuat Hot Spot dirumah dengan Access Point TPLink TL-WA601G).

Proposal Bisnis HotSpot By. Mhd. Achyar

1

Commercial Hotspot (Hotspot Komersil) Hotspot ini tidak gratis alias berbayar yang mengharuskan anda membayar untuk mengaksesnya. Untuk mengakses Hotspot ini terbilang gampang, anda hanya perlu nyalakan Wireless pada notebook atau PDA dan lakukan browsing jaringan wireless. Setelah anda memilih Wireless SSID dan joint wireless network ini, anda akan mendapatkan IP address yang di inject otomatis dengan DHCP. Kemudian anda lakukan browsing ke website apa saja, pada saat itu juga anda akan di redirect ke webpage (captive Portal) untuk melakukan login. Jika anda belum mempunyai username dan password anda akan diberitahu harus membeli voucher dan tempat membelinya. Setelah username dan password diisi maka anda dapat meneruskan melakukan browsing, chatting, cek email, donlot dll.

Untuk membuat Bisnis Hotspot Commercial ini anda membutuhkan server Radius, AAA Billing, dan Access Point. Untuk system yang tidak besar anda dapat mencoba Mikrotik RouterOS yang terkenal kaya fitur dan mudah settingnya. Mikrotik adalah pengembangan dari Linux dan sudah mendukung captive portal dan user management. Walaupun Mikrotik adalah software berbayar tetapi harganya terjangkau. Kelemahan Mikrotik saat ini adalah belum mendukung SCSI harddisk sehingga untuk aplikasi Proxy belum cukup baik. Untuk Hotspot System Windows anda dapat menggunakan software Firtspot yang cukup terkenal dari http://www.patronsoft.com/ . tetapi jika anda menggunakan System Windows anda harus extra memperhatikan issue security dan virus karena System Windows terkenal tidak aman, selain itu dukungan proxy tidak terintegrasi langsung pada software, anda dapat membuat proxy server dengan ISA server atau dengan Squid. Panga pasar Di karenakan bisnis ini adalah bisnis hotspot, yang dalam artian hanya bisa kita jual kepada orang yang sudah punya perangkat wireless semacam laptop atau smartphone yang sudah di bekali wi-fi maka kita perlu melakukan survey seberapa banyak orang yang memiliki perangkat diatas di sekitar area lokasi hotspot kita. Jika jumlah orang yang mempunyai perangkat wireless tidak memungkinkan (dalam hal ini saya berasumsi minimal 10 laptop)maka jangan di paksakan untuk membangun bisnis ini. Modal Untuk memulai usaha ini tidaklah perlu modal yang besar, berikut saya berikan rincian modal bisnis hotspot. Saya asumsikan saat ini koneksi internet(dalam hal ini misal speedy paket execitive) yang biaya perbulannya RP. 1.094.500 (sdh sama PPN) Nah Berikut Rincian Pembangunan Bisnis Hotspot PAKET A. Hingga Jangkauan < 3 Km LOS 200 Client NO 1 2 NAMA PERANGKAT AKTIF Antenna Array Sectoral 20 dBi 120 (3 Pcs) WLAN Mikrotik RB433 28 dBm (600 mW) (3 mini Pcs) Box OutDoor, Bracket, POE (Power Over Ethernet). Bandwidth Management. 3 Pigtail Nmale To Nmale 120 cm (3 Pcs) 300.000 HARGA 1.350.000 2.700.000

Proposal Bisnis HotSpot By. Mhd. Achyar

2

4 5 6

Kabel UTP/STP 30 m + RJ-45 Penyangga antenna to tower (3 Pcs) Biaya Installasi dan Setup

150.000 600.000 3.500.000

TOTAL BIAYA

8.600.000

NO 1 2

PERANGKAT PENDUKUNG Altelicon Surge Arrester (3 Pcs) Proxy Server, dengan Spec: Dell P4, RAM 512, Harddisk 80 GB

HARGA 735.000 5.000.000

PAKET B. Hingga Jangkauan < 1 Km LOS 100 Client NO 1 2 NAMA PERANGKAT AKTIF Antenna Multipolarisasi 20 dBi 360 ( 1 Pcs ) WLAN Mikrotik RB433 28 dBm (600 mW) (1 mini Pcs) Box OutDoor, Bracket, POE (Power Over Ethernet). Bandwidth Management. 3 4 5 6 Pigtail Nmale To Nmale 120 cm (1 Pcs) Kabel UTP/STP 30 m + RJ-45 Penyangga antenna to tower (1 Pcs) Biaya Installasi dan Setup 100.000 150.000 200.000 3.500.000 HARGA 1.100.000 1.800.000

TOTAL BIAYA

6.850.000

NO 1 2

PERANGKAT PENDUKUNG Altelicon Surge Arrester (1 Pcs) Proxy Server, dengan Spec: Dell P4, RAM 512, Harddisk 80 GB

HARGA 245.000 5.000.000

Proposal Bisnis HotSpot By. Mhd. Achyar

3

Harga jual Dalam bentuk voucher.Untuk menjual koneksi hotspot ini kita bisa membuat beberapa paket layanan dalam bentuk voucher. Satu contoh kita buat paket 5 jam dengan harga Rp.10.000. Jika disekitar area hotspot kita terdapat 10 laptop aktif, dan setiap hari mereka membeli masing-masing satu voucher maka dalam satu hari kita akan dapat menjual 10 voucher. Maka dapat saya asumsikan pendapatan perhari kita adalah 10 laptop X Rp.10.000 = Rp.100.000. Maka dalam satu bulan berarti Rp.100.000X 30 hari = 3 juta. Dan untuk customer yang mau mengambil paket bulanan unlimited misalkan pemakaian tanpa batas waktu, batasan quota akan di charge Rp. 110.000,-/bulan tagihan tentunya di bawah paket speedy 2 mb executive [salah satu kelebihan], dengan asumsi customer sebanyak 8 [ 8 x Rp. 110.000 = Rp. 880.000,-] dan customer yg membeli voucher secara random.

Yang tentunya pendapatan ini cuma akan di potong untuk biaya speedy yang hanya Rp. 1.094.500 serta biaya listrik yang mungkin tak lebih dari Rp.100.000. Tambah biaya perawatan dan cetak voucher Rp. 175.000,- Jadi masih ada sisa pendapatan sebulan sebesar 2 jutaan. Dengan analisa semena-mena saya diatas maka bisa di katakan modal awal yang ada di atas akan BEP minimal pada bulan ke empat.

Proposal Bisnis HotSpot By. Mhd. Achyar

4

Berikut Asumsi Tabel Cash Flownya

Pendapatan

Pengeluaran Pengeluaran

Product Bulanan

Product 10.000

Product Random

Kewajiban bulanan

Harga Product 110.000,Rp. 110.000,Asumsi 10 Client ( 10 x Rp. 110.000 ) = Rp. 1.100.000 Per 1 bulan

Harga Product 10.000,Rp. 10.000,Asumsi 10 Client 10.000 ( 10 x Rp. 10.000 ) 100.000/ = Rp. 100.000/ hari 3.000.000,Rp. 3.000.000,Per 1 bulan

Harga Product 00,Rp. 2.500,Asumsi 10 Client 10 ( 10 x Rp. 2.500 ) 25.000 .000/ = Rp. 25.000/ hari 750.000, .000,Rp. 750.000,Per 1 bulan

Listrik Rp. 100.000 + Speedy Rp. 1.094.500 + Voucher+ Mainten Rp. 175.000 = 369. Rp. 1.369.500 Per 1 bulan

Rp. 4.850.000

1.369.500

Bulan I

Rp. 3.480.500

Bulan II

Rp. 6.961.000

Bulan III

Rp. 10.441.500

Paket Investasi

Estimasi BEP

Bulan IV

Rp. 13.922.000

Rp. 12.095.000

Estimasi BEP

Bulan V

Rp. 17.402.500

Rp. 14.335.000

Proposal Bisnis HotSpot By. Mhd. Achyar

5