Prokariotik (2014)

14
PROKARIOTIK MAKALAH MIKROBIOLOGI DASAR NADHILAH GITARANI 140410140071 UNIVERSITAS PADJADJARAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PROGRAM STUDI BIOLOGI SUMEDANG 2015

description

apaajalah gapenting

Transcript of Prokariotik (2014)

PROKARIOTIK

MAKALAH MIKROBIOLOGI DASAR

NADHILAH GITARANI140410140071

UNIVERSITAS PADJADJARANFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMPROGRAM STUDI BIOLOGISUMEDANG2015

PENDAHULUANIlmu yang mempelajari tentang sel disebut juga sitologi. Sitologi mempelajari semua sel dalam makhluk hidup baik yang bersel satu maupun yang bersel banyak. Sel-sel tersebut berkumpul dan berkoordinasi membentuk suatu jaringan yang telah mengalami spesialisasi. Sel adalah suatu suatu satuan yang dinamis oleh karena itu selalu mengalami perubahan. Perubahan sel dapat berupa pertambahan volume karena adanya proses pertumbuhan maupun perubahan fungsi misalnya karena proses deferensial. Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dalam makhluk hidup. Sel dapat digolongkan menjadi dua, sel prokariotik dan eukariotik.Seperti yang kita tahu bahwa prokariot adalah mikroorganisme yang telah ada dan berkembang mulai dari zaman dahulu yang bisa dikatakan sebagai awal atau nenek moyang dari makhluk hidup. Dan untuk itu untuk bahasan mikroorganisme berawal dari prokariot dan eukariot yang perlu untuk di pelajari lebih lanjut.

TINJAUAN PUSTAKAKehidupanSel ProkariotikOrganisme prokariotik tersebar di bumi dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka dapat hidup dengan memanfaatkan lebih banyak sumber energi dibandingkan organisme lainnya dan dapathidup hampir di semua lingkungan bumi selama ada air. Prokariotik telah berdiversifikasi besar-besaran dalam waktu yang lama. Metabolisme prokariotik jauh lebih bervariasi dibandingkan dengan eukariotik, sehingga terdapat banyak tipe prokariotik. Misalnya, disamping memakai fotosintesis atau senyawa organik sebagai energi, prokariotik juga mendapat energi dari senyawa anorganik seperti H2S,sehingga membuat prokariotik bisa bertahan hidup di lingkungan sedingin permukaan salju Antartika, sepanas lubang hydrothermal dasar laut, sumber air panas serta di tempat ekstrem lainnya.Sel prokariotik adalah sel primitif yang tidak memiliki nukleus. Bukannya menyimpan materi genetik dalam kromosom terorganisir dilindungi oleh inti yang terikat membran, prokariota menyimpan materi genetik mereka dalam berbentuk tidak teratur nukleoid yang terdiri dari 60% DNA. DNA substansial juga disimpan dalam organel kecil di luar yang disebut plasmid nukleoid, yang merupakan cincin sedikit materi genetik (1-400 kilobasa) yang disalin seiring dengan proses normal pembelahan sel dan juga dapat dipertukarkan antara prokariota. Pertukaran plasmid ikut bertanggung jawab atas kemampuan prokariota untuk cepat beradaptasi dengan ancaman eksternal seperti antibiotik.

Pengertian Sel ProkariotikProkariota mencakup domain Bakteri dan Archaea, yang merupakan dua dari tiga domain dari semua kehidupan, Eukaryota yang lain, yang berisi semua organisme multiseluler dengan yang kita kenal. Kebanyakan prokariota bebas-mengambang dan independen, meskipun beberapa bentuk berbagai jenis koloni, dan sianobakteri bahkan menunjukkan beberapa derajat diferensiasi sel yang dapat diartikan sebagai fitur plantlike primitif seperti batang, vines, dll.Pembagian antara eukariota dan prokariota dianggap divisi paling signifikan di seluruh kerajaan hidup. Prokariota sederhana dari domain Archaea telah ada selama 3,8 miliar tahun atau lebih, sedangkan eukariota hanya ada selama sekitar 600 juta tahun perbedaan lebih dari faktor enam. Banyak astrobiologists dan penggemar angkasa berharap untuk menemukan kehidupan eukariotik di planet lain, dimana kondisi terlalu ekstrim untuk munculnya kehidupan prokariotik menjadi sangat mungkin. Salah satu sering dikutip lokasi potensial adalah danau metana dari Saturnus Titan.Mungkin pencapaian terbesar dari prokariota adalah apa yang membuat bentuk-bentuk kehidupan yang mungkin konversi massa CO2 di atmosfer oksigen. Ini terjadi sekitar 2,4 miliar tahun yang lalu dan telah disebut Catastrophe Oksigen, karena menyebabkan kepunahan massal antara organisme tidak disesuaikan dengan menghirup udara baru. Kita dapat menentukan tanggal Bencana Oksigen karena kejadian tersebut menyebabkan oksidasi mayoritas besi bebas di permukaan bumi, menghasilkan transisi tajam dari besi berkarat di lapisan strata.Struktur Sel ProkariotikSemua sel prokariotik memilikimembran plasma(ingat membran plasma, bukan membran inti),nukleoid(berupa DNA atau RNA), dansitoplasmayang mengandungribosom.Sel prokariotik tidak mempunyai membran inti, maka bahan inti yang berada dalam sel mengadakan kontak langsung dengan protoplasma. Ciri lain dari sel prokariotik adalah tidak memiliki sistem endomembran (membran dalam), seperti retikulum endoplasma dan kompleks Golgi. Contoh sel prokariotik adalah bakteri dan alga hijau biru.

Bakteri

a. Dinding SelDinding sel tersusun atas peptidoklan, polisakarida, lemak, dan protein. Dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan pemberi bentuk yang tetap. Pada dinding sel terdapat pori-pori sebagai jalan keluar masuknya molekul-molekul.b. Membran PlasmaMembran plasma atau membran sel tersusun atas molekul lemak dan protein. Fungsinya sebagai pelindung molekuler sel terhadap lingkungan di sekitarnya dengan jalan mengatur lalu lintas molekul dan ion-ion dari dan ke dalam sel.c. MesosomPada tempat tertentu, membran plasma melekuk ke dalam membentuk mesosom. Mesosom berfungsi dalam pembelahan sel dan sebagi penghasil energi. Biasanya mesosom terletak dekat dinding sel yang baru terbentuk pada saat pembelahan biner sel bakteri. Pada membran mesosom terdapat enzim-enzim pernapasan yang berperan dalam reaksi-reaksi oksidasi untuk menghasilkan energi.d. SitoplasmaSitoplasma tersusun atas air, protein, lemak, mineral, dan enzim-enzim. Enzim-enzim digunakan untuk mencerna makanan secara ekstraseluler dan untuk melakukan prosesmetabolismesel. Metabolisme terdiri dari proses penyusunan (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) zat-zat.

e. RibosomRibosom merupakan organel tak bermembran tempat berlangsungnya sintesis protein. Ukurannya sangat kecil, berdiameter antara 15-20 nm (1 nanometer = 10-9meter). Di dalam sel bakteri terkandung 15.000 butir ribosom, atau sekitar 25% dari massa total sel bakteri.f. DNAAsam deoksiribonukleat (deoxyribonucleic acid,disingkat DNA) merupakan persenyawaan yang tersusun atas gula deoksiribosa, fosfat, dan basa-basa nitrogen. DNA berfungsi sebagai pembawa informasi genetik, yakni sifat-sifat yang harus diwariskan kepada keturunan. Karena itu DNA disebut sebagai materi genetik.g. RNAAsam ribonukleat (ribonucleic acid, disingkat RNA) merupakan persenyawaan hasil transkripsi (hasil cetakan, hasil kopian) DNA. Jadi, bagian tertentu DNA melakukan transkripsi (mengopi diri) membentuk RNA. RNA membawa kode-kode genetik sesuai dengan pesanan DNA. Selanjutnya kode-kode genetik itu akan diterjemahkan dalam bentuk urutan asam amino dalam proses sintesis protein.h. Flagela dan PiliBeberapa bakteri memiliki flagela yang berfungsi untuk pergerakan. Hal ini dibuktikan dengan percobaan, yaitu jika flagelanya dipotong, bakteri tidak dapat bergerak. Beberapa bakteri memiliki pili di permukaan tubuhnya. Pili lebih pendek dari flagela, bentuknya seperti benang. Fungsi pili bagi bakteri adalah untuk menempel saat melakukan reproduksi.

Bentuk BakteriBentuk dasar bakteri terdiri atas bentuk bulat (kokus), batang (basil),dan spiral (spirilia) serta terdapat bentuk antara kokus dan basil yang disebut kokobasil.1. Bakteri Kokus :a.Monokokus: yaitu berupa sel bakteri kokus tunggalb.Diplokokus: yaitu dua sel bakteri kokus berdempetanc.Tetrakokus: yaitu empat sel bakteri kokus berdempetan berbentuk segi empat.d.Sarkina: yaitu delapan sel bakteri kokus berdempetan membentuk kubuse. Streptokokus: yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan membentuk rantai.f. Stapilokokus yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan seperti buah anggur2. Bakteri Basil :a. Monobasil: yaitu berupa sel bakteri basil tunggalb. Diplobasil: yaitu berupa dua sel bakteri basil berdempetanc. Streptobasil: yaitu beberapa sel bakteri basil berdempetan membentuk rantai3. Bakteri Spiral :a. Spiral yaitu bentuk sel bergelombangb. Spiroseta yaitu bentuk sel seperti sekrupc. Vibrio yaitu bentuk sel seperti tanda baca komaCara Perkembangbiakan Bakteri

Bakteri umumnya melakukan reproduksi atau berkembang biak secara aseksual (vegetatif = tak kawin) dengan membelah diri. Pembelahan sel pada bakteri adalah pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi dua.Reproduksi bakteri secara seksual yaitu dengan pertukaran materi genetik dengan bakteri lainnya.Pertukaran materi genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA.Rekombinasi genetik dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:1. Transformasi adalah pemindahan sedikit materi genetik, bahkan satu gen saja dari satu sel bakteri ke sel bakteri yang lainnya.2. Transduksi adalah pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke sel bakteri lainnnya dengan perantaraan organisme yang lain yaitu bakteriofage (virus bakteri).3. Konjugasi adalah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan. Umumnya terjadi pada bakteri gram negatif.

DAFTAR PUSTAKA

Brock, TD. & Madigan, MT.,1991.Biology of Microorganisms.Sixth ed. Prentice Hall International, IncGupte, Satish, 1990.Mikrobiologi Dasar.Terjemahan E.Suryawidjaja :The Short Textbook of Medical Microbiology.Bina rupa Aksara. JakartaPelczar,Michael J., Reid, Roger D., Chan, E. C. S..1958.Microbiology.U.S.A : Mc Graw-Hill Book CompanyTortora,Gerard J., Funke, Berdell R., Case, Christine L.. 2001.Microbiology an introduction.U.S.A : An imprint of Addison Wesley Longman, Inc