Presentasi perkembangan android 2015

18
KELOMPOK 4 SISTEM OPERASI ANDROID Adam Maulana 11114051 Try Anggara Agustyan Al Imron Miftahul Rizky Aulia Nur Charisma UNIVERSITAS SERANG RAYA A1 SISTEM INFORMASI

Transcript of Presentasi perkembangan android 2015

Page 1: Presentasi perkembangan android 2015

KELOMPOK 4

SISTEM OPERASIANDROID

Adam Maulana 11114051

Try Anggara AgustyanAl Imron

Miftahul RizkyAulia Nur CharismaShinta Dewi Marisa

UNIVERSITAS SERANG RAYA

A1

SISTEM INFORMASI

Page 2: Presentasi perkembangan android 2015

SEJARAH ANDROIDPerjalanan Android dimulai sejak Oktober 2003 , Andi Rubin, Rich Minner, Nick Sears dan Chris White mendirikan Android Inc.di California US,Perusahaan pendatang baru yang membuat mobile device yang lebih peka dan mengerti pemiliknya.

Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance(OHA), konsorsium beranggotakan perusahaan perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi di bidang mobile phone, Seperti HTC, Intel, Motorola, Qualcomm,Broadcom,T-Mobile,Nvidia dan perusahaan besar lainnya bergabung dalam OHA. Hal ini merupakan langkah besar bagi Android untuk memudian menguasai pasar sistem operasi mobile pada Desember 2008.

Page 3: Presentasi perkembangan android 2015

Android adalah sistem operasi berbasis llinux yang di rancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan tablet.Android juga bersifat open source.

Dengan nama besar Google dan konsep opensource pada OS android, tidak membutuhkan waktu lama bagi Android untuk bersaing dan menyisihkan Mobile OS lainnya seperti Symbian, Windows mobile, Blackberry dan iOS. Kini siapa yang yang tak kenal Android yang telah menjelma menjadi penguasa operating system bagi Smartphone.

Android

Page 4: Presentasi perkembangan android 2015

Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Android pun diluncurkan Oktober 2008 yang bernama

HTC Dream.

Mulailah semenjak perilisan ponsel tersebut, banyak vendor lain yang merilis ponsel dengan platform Android tersebut.

Page 5: Presentasi perkembangan android 2015

PerkembanganVersi Android

Page 6: Presentasi perkembangan android 2015

Penamaan bagi setiap versi Android dengan mengurutkannya melalui abjad dan kategori

penamaan di beri dengan nama nama makanan manis

Versi-versi Android

Page 7: Presentasi perkembangan android 2015

Android versi 1.1Pada 9 Maret 2009 telah dirilis Android versi 1.1 dimana pembaharuan fitur pun terjadi seperti penambahan fitur mulai Google Mail Service (GMS), Alarm Clock, Voice Search, hingga tersedianya File Attachment pada pesan

Android versi 1.0 (Beta)Versi Beta dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 23 September 2008 dirilis kembali versi komersialnya dengan memasukkan berbagai fitur tambahan seperti Google App, Android Market, Web Browser, Gmail, Maps, Bluetooth,Wifi dsb.

Page 8: Presentasi perkembangan android 2015

Android versi 1.5 (Cupcake)Setelah perilisan Android versi 1.5 Cupcake pada 30 April 2009 mulailah fitur-fitur baru yang bermunculan, seperti kemampuan untuk mengupload video ke Youtube, integrasi home screen dan widgets, copy paste pada browser, dan masih banyak lagi.

Android versi 1.6 (Donut)Versi Donut dirilis pada 15 September 2009 dan dibekali dengan fitur utama yakni integrasi kamera, video dan galeri, kemudian mendukung layar resolusi WVGA, serta Perbaikan Google Play (Android Market).

Page 9: Presentasi perkembangan android 2015

Android versi 2.0 - 2.1 (Eclair)Android Eclair dirilis pada 9 Desember 2009 dengan beragam fitur yang menarik, seperti support Google Maps Beta, Pencarian SMS, hingga Bluetooth 2.1 yang memungkinkan untuk mentransfer data secara lebih cepat.

Android versi 2.2 - 2.3 (Froyo = Frozen Yoghurt)Pada 20 Mei 2010 dirilis Android Froyo dengan penambahan fitur utama, seperti support Adobe Flash, Hotspot Portable, serta perekaman video dengan kualitas HD.

Page 10: Presentasi perkembangan android 2015

Android versi 2.3 - 2.3.7 (Gingerbread)Android Gingerbread (versi 2.3, 2.3.2, 2.3.3, 2.3.7) pada 6 Desember 2010. Pada versi ini telah dilakukan perbaikan antarmuka hemat energi, support terhadap NFC, keyboard virtual, dan peningkatan fasilitas copy paste.

Android versi 3.0 - 3.2 (Honeycomb)Android versi ini lebih diperuntukkan bagi pengguna tablet dengan antarmuka atau interface yang lebih user friendly, fitur multi tasking, dan fitur-fitur lainnya yang disesuaikan untuk perangkat komputer tablet.

Page 11: Presentasi perkembangan android 2015

Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011, dibekali dengan fitur baru yakni fitur membuka kunci dengan pengenalan wajah (Face Unlock), perbaikan input teks dan suara, serta tombol virtual yang dapat menggantikan tombol fisik.

Android versi 4.1 - 4.3 (Jelly Bean)Dirilis Pada 9 Juli 2012, Terdapat banyak sekali fitur-fitur baru yang ditambahkan ke dalam Android Jelly Bean ini, antara lain fitur Google Now, user interface, lock screen widget, dan bluetooth smart ready.

Page 12: Presentasi perkembangan android 2015

Android versi 4.4 (KitKat)Dirilis Pada 31 Oktober 2013 Pembaharuan yang dapat dilihat pada Android versi ini, antara lain antarmuka atau interface yang lebih canggih, fitur screen recording, support wireless printing, peningkatan fitur keamanan dan performa.Android versi 5.0 (Lollipop)Dirilis Pada 12 November 2014,Penambahan fitur Project volta sebagai fitur penghemat daya baterai hingga 30% lebih tahan lama. Peningkatan fitur lainnya seperti keamanan serta notifikasi, Material Design baru yakni desain antarmuka atau interface yang lebih berwarna,simple dan responsif tentunya.

Page 13: Presentasi perkembangan android 2015

Hardware Pada Android

Versi terbaru saat ini Android membutuhkan setidaknya minimal RAM 512mb, Processor ARMv7 32-bit, Arsitektur MIPS, atau x86, Serta Unit Pemroses Grafis (GPU) kompatibel OpenGL ES 2.0.

Perangkat Keras utama pada Android adalah Arsitektur ARM,RAM,GPU dan menggabungkan berbagai macam komponen hardware alternatif seperti Kamera Video, Microfon, GPS, SD Card, Akselerometer,Gyroscope, Ambient Light, Barometer, Sensor Proksimitas, Sensor tekanan, Termometer, dan Layar Sentuh.

Page 14: Presentasi perkembangan android 2015
Page 15: Presentasi perkembangan android 2015

Kelebihan Android

Kelebihan

- User friendly = Kemudahan dalam mengoprasikannya karena

tools dalam android mempermudah pekerjaan kita.

-Nootifications = Akan sangat mudah mendapatkan pemberitahuan

dari smartphone android dengan mengatur beberapa

akun email,sms,Voice Dial dan Social Media

-Tampilan = Dari segi tampilan tidak kalah dengan iOs milik apple

yg terkesan mewah, hanya saja android versi murahnya-Open Source = yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna dalam

menjalankan,mempelajari dan memodifikasi android,mendistribusi

tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya

Aplikasi = Android memiliki jutaan aplikasi menarik yg gratis hingga

berbayar. yg bisa di download di googleplay.

Page 16: Presentasi perkembangan android 2015

Kekurangan Android

Kekurangan

- Update System = update system sangatlah tidak menyenangkan karena

kita harus menunggu dari masing2 vendor untuk merilis versi terbaru

-Low Battery = Jika menyalakan paket data dan menggunakan aplikasi

yg berjalan secara berlebihan akan mempercepat

penurunan daya batterai.

-Lag atau Lemot = jika aplikasi tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat

android akan merespon lambat bahkan tidak bergerak

sama sekali.

terlalu banyak aplikasi yg berjalan juga bisa menjadi

faktor penyebab lag atau lemot.

Page 17: Presentasi perkembangan android 2015

KESIMPULANPemakaian sistem operasi Android pada smartphone pada saat ini banyak digunakan oleh perusahaan penghasil telepon seluler.

Karena keunggulannya sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source), sehingga banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh oleh penggguna smartphone tanpa membayar biaya aplikasi tersebut.

Diyakini smartphone yang menggunakan sistem operasi Android akan lebih murah harganya dibanding smartphone yang menggunakan sistem operasi yang berbayar.

Page 18: Presentasi perkembangan android 2015