Perubahan sosial-Bentuk bentuk perubahan sosial

of 38 /38
SMA NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2015-2016

Embed Size (px)

Transcript of Perubahan sosial-Bentuk bentuk perubahan sosial

SOSIOLOGI

SMA NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGITAHUN AJARAN 2015-2016

SOSIOLOGIPerubahan Sosial

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial

BerdasarkanProsesnyaWaktunyaPengaruhnyaDirencanakanTidak direncanakanCepat LambatKecilBesar

StrukturalProsesRegresDegresPerubahan

WAKTUNYA

Perubahan Lambat(Evolusi)Perubahan secara lambat memerlukan yang lama.Pada evolusi perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa adanya rencana atau kehendak tertentu.

Terdapat teori mengenai Evolusi :1.Unlinier Theories of Evolution2.Universal Theory Of Evolution3.Multilined Theories of Evolution

1.Unlinier Theories of EvolutionTeori ini pada pokoknya berpendapat bahwa manusia dan masyarakat (termasuk kebudayaannya) mengalami perkembangan sesuai dengan tahap-tahap tertentu, bermula dari bentuk yang sederhana, kemudian bentuk yang kompleks sampai pada tahap yang sempurna. Pelopor teori ini adalah Auguste Comte.

2.Universal Theory Of EvolutionTeori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidaklah perlu melalui tahap-tahap tertetu yang tetap. Teori ini mengemukakan bahwa kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi yang tertentu. Prinsip-prinsip teori ini diuraikan oleh Herbert Spencer yang antara lain mengatakan bahwa masyarakat merupakan hasil perkembangan dari kelompok homogen ke kelompok yang heterogen baik sifat maupun susunannya.

3.Multilined Theories of EvolutionTeori ini lebih menekankan pada penelitian-penelitian terhadap tahap-tahap pekembangan tertentu dalam evolusi masyarakat, misalnya, mengadakan penelitian perihal pengaruh perubahan sistem pencaharian dari sistem berburu ke pertanian, terhadap sistem kekeluargaan dalam masyarakat yang bersangkutan dan seterusnya

Perubahan cepat(Revolusi)Perubahan sosial yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar kehidupan yang dinamakan revolusi.Di dalam Revolusi perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan dan dapat dijalan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan.

Syaratnya:Ada keinginan dari masyarakat untuk mengadakan perubahan.Ada seorang atau sekelompok orang yang mampu memimpin masyarakat untuk mengadakan perubahanAda pemimpin yang dapat menampung keinginan atau aspirasi rakyatAda tujuan konkret yang dapat dicapaiAda momentum yang tepat mengadakan revolusi.

PENGARUHNYA

Perubahan kecilPerubahan yang terjadi pada unsur unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung yang begitu berarti dimasyarakat.

Perubahan BESARPerubahan yangberpengaruh terhadap masyarakat dan lembaga lembaganya. Pelbagai lembaga kemasyarakatan akan ikut terpengaruh.

PROSESNYA

Perubahan yang dikehendakiPerubahan yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak pihak yang akan melakukan perubahan dalam masyarakat.

Perubahan yang tidak dikehendakiPerubahan yang terjadi diluar jangkauan pengawasan masyarakat atau kemampuan manusia.

24

Perubahan StrukturalPerubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat.

Perubahan ProsesPerubahan yang sifatnya tidak mendasar.Perubahan tersebut hanya penyempurnaan dari proses sebelumnya.

Perubahan ProgressPerubahan progres yaitu perubahan yang membawa kemajuan bagi masyarakat. Perubahan ini akan membawa keberuntungan terhadap kehidupan masyarakat yang mengalami perubahan tersebut. Misalnya dengan adanya listrik masuk desa, maka banyak terjadi perubahan-perubahan dalam masyarakat baik dalam bidang transportasi, komunikasi, hiburan, kemajuan ekonomi, dan sebagainya.

=+++

Perubahan Regresperubahan yang membawa pengaruh kurang menguntungkan bagi masyarakat sehubungan dengan bidang-bidang tertentu. Misalnya, perubahan dalam sistem komunikasi di desa akan mengakibatkan berkurangnya intensitas hubungan masyarakat.

+

=

TERIMAKASIH

Bingung?ANGKAT TANGANAJUKAN PERTANYAAN