Pertannyaan Penyuluhan Bronkopneumonia 8 April 2015

2
Pertanyaan Penyuluhan Bronkopneumonia (8 April 2015) 1. Apa perbedaan bronkopneumonia yang disebabkan oleh bakteri dan virus? (Ibu Mulyani) Secara gejala susah membedakan antara bronkopneumonia yang disebabkan oleh bakteri atau virus, namun sebagai pegangan dapat dikatakan bahwa bronkopneumonia bakteri gejalanya timbul cepat, batuk berdahak, muka anak tampak sakit, dan pada pemeriksaan di rumah sakit, sel darah putih anak akan naik. 2. Apa perbedaan bronkopneumonia dengan batuk biasa? (Ibu Indri) Batuk merupakan gejala dari suatu penyakit, termasuk bronkopneumonia. Pada bronkopneumonia gejala yang timbul tidak hanya batuk, tapi juga disertai napas cepat,sesak napas dan demam. 3. Kenapa bronkopneumonia bisa menyebabkan kematian? (Ibu Dina) Pada bronkopneumonia yang sudah lama dibiarkan serta tidak dibawa kerumah sakit, anak akan terasa sesak dan seluruh tubuh menjadi biru akibat kurangnya oksigen karena peradangan pada paru. Sel-sel pada tubuh memerlukan oksigen sebagai bahan untuk melakukan fungsinya masing-masing, jika tidak mendapat oksigen yang cukup dalam waktu yang lama, akan berbahaya. 4. Gejala bronkopneumonia? (Ibu Elis) Gejala yang mungkin ada pada bronkopneumonia adalah sesak napas, napas cepat, mengorok, napas cuping hidung, batuk, flu, demam, gelisah. 5. Kalau anak kita berusia 2,5 tahun, apakah masih perlu divaksin PCV dan Hib? (Ibu Lina)

description

.

Transcript of Pertannyaan Penyuluhan Bronkopneumonia 8 April 2015

Page 1: Pertannyaan Penyuluhan Bronkopneumonia 8 April 2015

Pertanyaan Penyuluhan Bronkopneumonia (8 April 2015)

1. Apa perbedaan bronkopneumonia yang disebabkan oleh bakteri dan virus? (Ibu Mulyani)Secara gejala susah membedakan antara bronkopneumonia yang disebabkan oleh bakteri atau virus, namun sebagai pegangan dapat dikatakan bahwa bronkopneumonia bakteri gejalanya timbul cepat, batuk berdahak, muka anak tampak sakit, dan pada pemeriksaan di rumah sakit, sel darah putih anak akan naik.

2. Apa perbedaan bronkopneumonia dengan batuk biasa? (Ibu Indri)Batuk merupakan gejala dari suatu penyakit, termasuk bronkopneumonia. Pada bronkopneumonia gejala yang timbul tidak hanya batuk, tapi juga disertai napas cepat,sesak napas dan demam.

3. Kenapa bronkopneumonia bisa menyebabkan kematian? (Ibu Dina)Pada bronkopneumonia yang sudah lama dibiarkan serta tidak dibawa kerumah sakit, anak akan terasa sesak dan seluruh tubuh menjadi biru akibat kurangnya oksigen karena peradangan pada paru. Sel-sel pada tubuh memerlukan oksigen sebagai bahan untuk melakukan fungsinya masing-masing, jika tidak mendapat oksigen yang cukup dalam waktu yang lama, akan berbahaya.

4. Gejala bronkopneumonia? (Ibu Elis)Gejala yang mungkin ada pada bronkopneumonia adalah sesak napas, napas cepat, mengorok, napas cuping hidung, batuk, flu, demam, gelisah.

5. Kalau anak kita berusia 2,5 tahun, apakah masih perlu divaksin PCV dan Hib? (Ibu Lina)Tetap perlu diberikan, tapi cukup 1 kali saja.