Pengaruh Terapi Relaksasi Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi di Klinik Terapi Hikmatul...

2
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-1) SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI CIMAHI 2014 GINA PUSPITASARI PENGARUH TERAPI RELAKSASI MEDITASI TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI KLINIK TERAPI HIKMATUL IMAN KOTA BANDUNG TAHUN 2014 xv + 98 hal + 7 tabel + 3 gambar + 17 lampiran ABSTRAK Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal di mana tekanan sistolik ≥ 140 mmHg dan tekanan diastolik ≥ 90 mmHg yang mengakibatkan peningkatan angka morbiditas (kesakitan) dan angka mortalitas (kematian). Salah satu penatalaksanaan non farmakologis yaitu mendapatkan keadaan relaksasi tubuh dan pikiran seperti meditasi. Relaksasi meditasi merupakan intervensi tubuh dan pikiran yang jarang bahkan hampir tidak pernah dilakukan. Padahal peran pikiran sangat penting dalam penyembuhan suatu penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi relaksasi meditasi terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di klinik terapi Hikmatul Iman Kota Bandung. Jenis penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pre and post test design. Jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang perempuan (usia 40-65 tahun). Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu dengan consecutive sampling. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu univariat dan bivariat (uji t-dependen dan uji Wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan tekanan darah sistolik sebesar 19,43 mmHg dan penurunan tekanan darah diastolik sebesar 11,14 mmHg dengan nilai p value 0,0001 (p < α 0,05) dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara tekanan darah sebelum dan setelah melakukan terapi relaksasi meditasi. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan relaksasi meditasi dapat diterapkan oleh semua kalangan usia penderita hipertensi untuk menjadikan relaksasi meditasi sebagai suatu vi

Transcript of Pengaruh Terapi Relaksasi Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi di Klinik Terapi Hikmatul...

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-1)SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI CIMAHI2014

GINA PUSPITASARIPENGARUH TERAPI RELAKSASI MEDITASI TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI KLINIK TERAPI HIKMATUL IMAN KOTA BANDUNG TAHUN 2014xv + 98 hal + 7 tabel + 3 gambar + 17 lampiran

ABSTRAK

Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal di mana tekanan sistolik ≥ 140 mmHg dan tekanan diastolik ≥ 90 mmHg yang mengakibatkan peningkatan angka morbiditas (kesakitan) dan angka mortalitas (kematian). Salah satu penatalaksanaan non farmakologis yaitu mendapatkan keadaan relaksasi tubuh dan pikiran seperti meditasi.

Relaksasi meditasi merupakan intervensi tubuh dan pikiran yang jarang bahkan hampir tidak pernah dilakukan. Padahal peran pikiran sangat penting dalam penyembuhan suatu penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi relaksasi meditasi terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di klinik terapi Hikmatul Iman Kota Bandung.

Jenis penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pre and post test design. Jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang perempuan (usia 40-65 tahun). Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu dengan consecutive sampling. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu univariat dan bivariat (uji t-dependen dan uji Wilcoxon).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan tekanan darah sistolik sebesar 19,43 mmHg dan penurunan tekanan darah diastolik sebesar 11,14 mmHg dengan nilai p value 0,0001 (p < α 0,05) dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara tekanan darah sebelum dan setelah melakukan terapi relaksasi meditasi.

Saran dari hasil penelitian ini diharapkan relaksasi meditasi dapat diterapkan oleh semua kalangan usia penderita hipertensi untuk menjadikan relaksasi meditasi sebagai suatu kebutuhan sehari-hari dalam upaya untuk mengontrol tekanan darah.

Kata Kunci : Relaksasi Meditasi, Tekanan Darah, Pasien HipertensiKepustakaan : 68, 2002-2014

vi