Pemrograman Visual

of 19 /19
Oleh : Erni Fatmawati

Embed Size (px)

description

Pemrograman Visual. Oleh : Erni Fatmawati. Borland Delphi Borland Delphi dipersiapkan perusahaan Borland untuk menggantikan Turbo Pascal, karena semakin ramainya pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming) atau Visual. - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of Pemrograman Visual

  • Oleh :Erni Fatmawati

  • Borland Delphi

    Borland Delphi dipersiapkan perusahaan Borland untuk menggantikan Turbo Pascal, karena semakin ramainya pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming) atau Visual.

    Borland Delphi adalah sebuah alat pengembangan aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi Microsoft Windows. Delphi sangat berguna dan mudah digunakan untuk membuat suatu program berbasis GUI (Graphical User Interface) atau console (mode teks).

  • Delphi adalah suatu bahasa pemrograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program.

    Kegunaan Delphi:Untuk membuat aplikasi windows.Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis.Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server).Untuk merancang program .Net (berbasis internet).

  • Keunggulan Delphi:IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan Delphi, didalamnya terdapat menu-menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.IDE dari Borland Delphi terdiri dari:Menu Utama, yaitu terdiri dari: File, Edit, Search, View, Project, Run, Component, Database, Tools, Windows, Help, seperti yang terlihat pada gambar diawah ini:

    Tombol Cepat (Speed Bar): untuk menjalankan fungsi-fungsi dengan cepat dan mudah dari menu utama yang sering dipakai, seperti gambari dibawah ini:

  • Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.

    Mudah digunakan, source code Delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuaian lagi.

    Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemrograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

  • OOP (Object Oriented Programming)

    OOP adalah metode pemrograman dengan membentuk sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesain object untuk menyelesaikan masalah.

    Tiga unsur OOP:

    Encapsulation (pemodelan), merupakan konsep penggabungan data dengan operator. Dalam konsep pemodelan data dan operasi menjadi satu kesatuan yang disebut object.Encapsulation juga disebut dengan penyembunyian informasi (informasi hiding)

  • Inheritance (penurunan), merupakan sebuah object yang dapat diturunkan menjadi object yang baru dengan tidak menghilangkan sifat asli dari object tersebut.

    Polymorphism (Polimorfisme), merupakan penggunaan berbagai macam object yang berbeda tetapi secara fungsi bergantung pada satu object sebagai induk, dengan cara pelaksanaan yang berbeda-beda

  • IDE Delphi seperti yang terlihat memiliki beberapa windows yang mempunyai fungsi tersendiri. Windows itu adalah:

    Windows UtamaComponent PallateObject InspectorObject TreeViewForm DesignerCode EditorCode ExplorerCode Diagram

  • Widows Utama

    Windows Utama berada pada posisi atas dari layar. Windows utama terdiri dari menu utama, toolbar dan component palette. Kotak judul diatas pada windows utama berisi nama dari project yang sedang dikerjakan. Kotak menu terdiri dari menu-menu dropdown.

    Pada bagian toolbar terdapat sekumpulan shortcut/tombol untuk operasi-operasi yang sering digunakan (seperti menjalankan program, menambahkan form kesebuah proyek, menyimpan unit, dll).

  • Component PalleteMerupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi untuk membentuk sebuah aplikasi user interface.Dalam komponen pallate semua icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

  • NoGambarIconFungsi1PointerMengembalikan fungsi mouse ke defaultnya2FrameMembentuk suatu frame terhadap obyek yang ada didalamnya3Main Menu / Popup MenusMembuat menu Utama4LabelHanya untuk menampilkan Teks

    5EditUntuk menampilkan dan input data (1 baris)6MemoSama seperti edit tetapi mempunyai kapasitas lebih besar (lebih dari 1 baris)7ButtonDigunakan untuk melakukan eksekusi terhadap suatu proses

  • NoGambarIconFungsi8CheckboxDigunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu9Radio ButtonDigunakan untuk menentukan pilihan, tetapi hanya satu pilihan yang bisa digunakan10List BoxMenampilkan pilihan dalam bentuk list

    11Combo BoxMenampilkan pilihan dalam bentuk popup

    12Scroll BarMerupakan icon yang berupa baris status

    13Group BoxDigunakan untuk mengelompokkan suatu icon14Radio GroupDigunakan untuk mengelompokkan pilihan

  • NoGambarIconFungsi15PanelMembuat panel-panel yang dapat diisi dengan komponen lain16ActionlistMembuat sekumpulan aksi-aksi yang memusatkan respon aplikasi Anda terhadap aksi user.

  • Object InspectorMerupakan jendela yang digunakan untuk mengatur tampilan komponen pada form, misalnya bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi Simpan atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi Nama Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan.

    Secara umum Object Inspector terbagi menjadi 2, yaitu:PropertiesDigunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi penggantian nama, warna, jenis huruf, border dan lain-lain.EventsMerupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan di klik maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari kalimat tersebut ada event click untuk mengeksekusi sebuah tombol simpan. Perintah event click tersebut dapat diberikan melalui jendela events.

  • Object Tree ViewMerupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek program. Komponen tersebut meliputi form, modul atau frame. Fungsinya digunakan untuk menampilkan seluruh daftar komponen program dalam sebuah aplikasi program sesuai dengan penempatannya.

  • Form DesignerMerupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program yang diambil dari komponen pallate.

    Code EditorCode Editor merupakan tempat di mana anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal. Keuntungan bagi pemakai Delphi adalah bahwa anda tidak perlu menuliskan kode-kode sumber, karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program.Window ini akan menampilkan kode program yang sedang dibuat. Anda dapat membuka lebih dari sebuah file dalam Code Editor. Setiap file dibuka pada sebuah halaman baru dari Code Editor, dan setiap halaman diwakili dengan sebuah tab di atas window.

  • Code ExplorerJendela yang digunakan untuk menampilkan seluruh variabel, type dan rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.

    Code DiagramMerupakan fasilitas pada Delphi yang digunakan untuk mendesain sebuah diagram atas komponen-komponen yang digunakan dalam serta rancangan aplikasi

  • File-file pada Delphi

    *.pas, merupakan source file, disini akan disimpan kode pascal yang kita tulis.*.dpr, merupakan project file. Sebagai project file, file ini berguna untuk menggabungkan satu atau lebih file-file source (*.pas)*.dfm (Delphi Form), File ini berisi informasi mengenai data-data form*.res, merupakan windows resources*.dof, kita dapat mengubah icon aplikasi tersebut, dan datanya akan disimpan dalam file ini.*.exe, merupakan application file setelah kita compile program kita.