Pembaruan Tani edisi April 2006

download Pembaruan Tani edisi April 2006

of 16

Transcript of Pembaruan Tani edisi April 2006

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    1/16

    Harga eceran Rp 3.000,-(untuk kalangan sendiri)Harga eceran Rp 3.000,-(untuk kalangan sendiri)

    Petani Desa Talaga Jaya, Kabupaten Karawang,

    memperlihatkan tanaman padi yang membusukkarena terendam air akibat pendangkalansaluran irigasi. Mereka meminta Pemerintah

    Daerah Karawang segera mengeruk irigasitersebut. Berita halaman 9

    Serikat PetaniJawa Timur(SPJT)Membangun

    PerjuanganBersama

    Serikat PetaniJawa Timur(SPJT)MembangunPerjuanganBersama

    Perempuan HarusTerlibat AktifDalam Organisasi

    Perempuan HarusTerlibat AktifDalam OrganisasiINFO PRAKTISNFO PRAKTISPanduan PraktisMembuat TempePanduan PraktisMembuat TempeHalaman 14alaman 14Halaman 12alaman 12

    PEMBARUANEMBARUAN TANIANIM I M B A R K O M U N I K A S I P E T A N I

    EDISI 26 - APRIL 2006DISI 26 - APRIL 2006

    Jarak PagarPrimadona Masa DepanJarak PagarPrimadona Masa DepanTANAMANANAMAN

    Merayakan HariPerjuangan PetaniMerayakan HariPerjuangan PetaniPada tanggal 17 April 1996 terjadi tragedi memilukan diCarajas, Brasil. Petani kecil, buruh tani dan orang-orang tanpatanah yang menuntut hak atas tanah dibantai secara keji.

    Sembilan belas diantaranya tewas. Setiap tahunnya, peristiwaitu diperingati sebagai hari perjuangan petani internasional.

    Pada tanggal 17 April 1996 terjadi tragedi memilukan diCarajas, Brasil. Petani kecil, buruh tani dan orang-orang tanpatanah yang menuntut hak atas tanah dibantai secara keji.Sembilan belas diantaranya tewas. Setiap tahunnya, peristiwaitu diperingati sebagai hari perjuangan petani internasional.

    LAPORAN UTAMAAPORAN UTAMABangsa Jepang telah mengenal manfaat

    tanaman jarak sejak 65 tahun yang lalu. Kini,

    ketika harga minyak dunia melambung yang

    berimbas pada naiknya harga bahan bakar

    minyak di dalam negeri, tanaman jarak kembali

    dilirik. Bahkan, minyak jarak menjadi salah

    satu alternatif yang sebagai penganti bahan

    bakar minyak.

    Waspadai, SkenarioPerusahaan PerkebunanJinakkan Urang Awak

    Waspadai, SkenarioPerusahaan PerkebunanJinakkan Urang AwakNASIONALASIONAL

    Warga Sumatera Barat harus waspada dengan

    hadirnya Perusahaan Perkebunan di daerah

    mereka. Sebab dibalik semua itu, terbungkus

    sebuah skenario besar untuk menjinakkan

    urang awak

    Hilangkan KetergantunganDengan Pertanian OrganikHilangkan KetergantunganDengan Pertanian OrganikMenerapkan pertanian organik merupakansalah satu cara untuk menekan biaya produksi

    pertanian. Penghematan bisa dilakukan karena

    biaya untuk pembelian pupuk kimia dan obat-

    obatan tidak lagi diperlukan.

    Menghajar Putaran Dohaenghajar Putara n DohaINTERNASIONALNTERNASIONALSe jak tah un 1995 , dun ia pertan ian

    diperdagangkan melalui forum internasional

    Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

    Semenjak itu pulalah pertanian semakin tidak

    menguntungkan bagi petani kecil, buruh tani,

    dan tak bertanah di seluruh dunia.

    PROFIL SERIKATROFIL SERIKAT PETANI PEREMPUANETANI PEREMPUAN

    Halaman 13alaman 13

    Halaman 3alaman 3

    Halaman 8alaman 8

    Halaman 9alaman 9

    Halaman10alaman10Tejo Pramono/PEMBARUAN TANI

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    2/162

    Pemimpin Redaksi: Achmad Yakub; Redaktur Pelaksana: Cecep Risnandar Redaktur: Muhammad Ikhwan, Tita Riana Zen, Wilda Tarigan,Tejo Pramono Reporter: Umran S (NAD), Edwin Sanusi (Sumatera Utara), Fajar Rilah Vesky (Sumatera Barat), Tyas Budi Utami (Jambi),Agustinus Triana (Lampung), Atep Toni, Usep Saeful, Dimas Barliana, Harry Mubarak (Jawa Barat), Edi Sutrisno, Ngabidin (Jawa Tengah),Muhammad Husin (Sumatera Selatan), Mulyadi (Jawa Timur), Marselinus Moa (NTT).

    Penerbit: Federasi Serikat Petani Indonesia (FSPI) Penanggung Jawab: Henry Saragih Pemimpin Umum: Zaenal Aibidin Fuad SekertarisRedaksi: Tita Riana Zen Keuangan: Sriwahyuni Sirkulasi: Supriyanto, Sarhedi, Gunawan Alamat Redaksi: Jl. Mampang Prapatan XIVNo.5 Jakarta Selatan 12790. Telp: +62 21 7991890 Fax: +62 21 7993426 Email: [email protected] website: www.fspi.or.id

    Redaksi menerima tulisan, artikel, opini yang berhubungan dengan perjuangan agraria dan pertanian dalam arti luas yangsesuai dengan visi misi Pembaruan Tani. Bila tulisan dimuat akan ada pemberitahuan dari redaksi.

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006SALAMALAMFederasi Serikat Petani Indonesia (FSPI) bersama dengan La Via Campesinaakan mengadakan Konferensi Rakyat Asia Pasifik untuk Beras dan KedaulatanPangan yang akan diselenggarakan di Jakarta, 14 hingga 18 Mei 2006.Konferensi selama lima hari ini bertujuan terutama untuk menekan pemerintahuntuk tidak melakukan impor beras, dan menyebarkan informasi secara luas

    mengenai dampak buruk liberalisasi perdagangan pertanian. Konferensi ini jugaakan membahas tuntas mengenai konsep alternatif dari petani, yakni kedaulatanpangan (food sovereignty)yang merupakan konsep yang berpihak kepada petani,dan bukan pada segelintir pedagang dan korporat.

    Rangkaian aktivitas yang disiapkan adalah konferensi untuk membahaskedaulatan pangan dan isu beras, mobilisasi untuk menolak impor beras danliberalisasi perdagangan pertanian, dan rapat massa yang diikuti petani danelemen rakyat lainnya. Lebih dari 500 peserta diharapkan menghadiri KonferensiRakyat Asia Pasifik untuk Beras dan Kedaulatan Pangan ini.

    Kenapa Asia Pasifik?Ada sekitar 69 negara penghasil beras di dunia, diantaranya Australia, AS, Cina,Brazil, Thailand, Vietnam, Italia, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, dan lainnya.Di sebagian negara inimisalnya Indonesiaberas selain menjadi makanan pokok,

    juga menjadi komoditas politik. Karena itulah, pemenuhan kebutuhan beras dibeberapa negara ini menjadi indikator suksesnya pemerintahan. Selanjutnya,sangat logis jika pemerintah harus bekerja lebih keras untuk memenuhikebutuhan beras di dalam negeri.

    Sangat logis pula karena sebagian produsen beras dunia ada di daerah AsiaPasifik. Mulai dari lingkar Asia hingga AS, dan beras dibicarakan secara politikdalam forum nasional, regional maupun internasional.

    Sementara, 850 juta jiwa dari 5.67 milyar penduduk dunia menderita kelaparan.Sementara kasus kekurangan gizi dan masalah malnutrisi menghantui negara-negara Asia Pasifik. Indonesia adalah salah satu contohnya, yang pada tahun2005 lalu menderita akibat busung lapar. Sekitar 1,67 juta jiwa anak di bawahumur lima tahun (balita) menderita busung lapar di Indonesia. Ironisnya, kejadianini malah muncul di daerah lumbung beras Indonesia seperti Nusa TenggaraBarat, Sulawesi Selatan, Sumatera barat, dan Lampung.

    Kedaulatan pangan versus ketahanan panganDari sekian banyak fenomena di sektor pertanian dan perdagangan beras, salahsatu yang membunuh petani adalah prinsip-prinsip pada paradigma ketahananpangan (food security). Dampak negatif dari perdagangan bebas di sektorpertanian dan masalah dumping produk pertanian adalah salah satu kesalahanfatal yang kini membebani pundak petani di seluruh dunia. Impor berasdilegitimasi dalam proses ini, karena ketahanan pangan hanya mengutamakantiga aspek: (1) ketersediaan, (2) kemudahan akses dan (3) keamanan pangan.

    Hal ini diperburuk dengan peraturan perdagangan bebas pertanian di dalamOrganisasi Perdagangan Dunia (WTO).Di Korea Selatan, harga yang diterima petani beras jatuh 75% semenjak

    mengadopsi GATT dan WTO, dan jumlah petani beras berkurang drastis dari 6juta jiwa (1995) menjadi hanya 3 juta jiwa (2005). Belum masalah keadilansumber agraria yang kini menghantui petani di region Asia Pasifik. Hal inidisebabkan karena petani tidak berdaulat atas sumber agrarianya sendiri,diperparah dengan liberalisasi yang disahkan oleh pemerintah dan dipaksakanoleh WTO.

    Ada apa dengan FAO?Food and Agricultural Organisation (FAO) adalah organisasi internasional dibawah PBB yang mengatur masalah pertanian dan pangan. Ketahanan pangan

    juga dipromosikan di bawah organisasi ini sejak tahun 1996, yang apabiladilanjutkan akan terus meminggirkan petani di seluruh dunia.

    Pada tanggal 15 hingga 19 Mei 2006, FAO akan mengadakan FAO RegionalConference for Asia and the Pacific di Jakarta, Indonesia. FSPI dan La ViaCampesina akan menggunakan momentum ini untuk menekan pemerintah danmembuat isu ini menjadi isu internasional karena akan banyak delegasi

    internasional yang datang. FSPI melihat kemungkinan besar di balikdiselenggarakannya FAO Regional Conference for Asia and the Pacific, terutamauntuk mempengaruhi opini publik terutama di Indonesia, dan region Asia Pasifikumumnya.

    Konfirmasi acaraAcara ini terbuka bagi masyarakat luas. Jika anda ingin mengambil bagian dalamkonferensi ini, silakan mendaftarkan diri dengan mengirimkan email ke panitiaKonferensi Rakyat Asia Pasifik untuk Beras dan Kedaulatan Pangan di alamatemail [email protected] atau telepon +62 21 7991890.

    Konferensi Rakyat Asia Pasifikuntuk Beras dan Kedaulatan Pangan

    Pada tanggal 17 April 1996 saat berlangsungnya Konferensi Internasional La Via

    Campesina Ke II di Tlaxcala, Meksiko, 19 buruh tani dibunuh polisi militer di

    Eldorado dos Carajaas, Brasil. Untuk memperingatinya, La Via Campesinamendeklarasikan 17 April sebagai Hari Perjuangan Petani Internasional.

    Setiap 17 April, ribuan petani kecil dan buruh tani menyatukan kekuatan untuk

    melawan kebijakan neoliberal seperti liberalisasi perdagangan pertanian,

    deregulasi dan privatisasi. Kebijakan ini telah mendorong penghancuran ekonomi

    petani, pelanggaran hak-hak petani dan pengusiran petani-petani kecil, buruh tani

    dan nelayan dari tanah mereka.

    Pada momen yang berdekatan, Federasi Serikat Petani Indonesia bersama-sama

    dengan Komnas HAM, LSM, organisasi pemuda dan mahasiswa pada tanggal 20

    April 2001, mendeklarasikan Hari Hak Asasi Petani Indonesia. Sejak itu, kalangan

    petani merayakan hari besar ini untuk terus menggelorakan perjuangan petani

    dalam pemenuhan dan perlindungan hak-haknya.

    Berhubungan dengan kedua momen itu, FSPI, Dewan Tani Karawang dan

    gerakan sosial lainnya seperti pemuda, mahasiswa, kaum buruh, serta lembaga

    non-pemerintah bersama-sama berkumpul di Desa Selokan , Kecamatan Pakisjaya,

    Karawang, untuk merayakan kedua hari penting itu.

    Forum rakyat yang digelar ditengah sawah itu, diisi beragam acara mulai dari

    diskusi publik, panen raya, hingga pentas seni. Dalam diskusi muncul refleksi

    perjuangan kaum tani di Indonesia dalam melawan kebijakan-kebijakan pertanian

    yang tidak memihak kepada petani. Pemerintah Indonesia sejak tahun 1997 sudah

    tidak lagi memberikan subsidi bagi pengembangan usaha pertanian dan

    meliberalkan pasar pertanian dalam negerinya. Kebijakan itu jelas tidak pro

    petani. Salah satunya, kebijakan membuka keran impor beras dari periode

    September 1998 hingga desember 1999, parahnya lagi pemerintah Indonesia

    mengenakan tarif impor beras sebesar 0%. Kebijakan tersebut dilakukan ditengah

    menyongsong musim panen. Sementara itu legislatif yang diharapkan berpihak

    kepada petani ternyata hanya memainkan akrobat politik.

    Persoalan pertanian, tidak hanya persoalan komoditas dagang semata. Tetapi

    didalamnya inheren soal-soal budaya dan hak asasi. Negara harus menjamin

    setiap rakyat untuk memiliki kemampuan guna memproduksi kebutuhan pokokpangan secara mandiri.

    Oleh karena itu merupakan suatu keharusan bagi setiap bangsa untuk

    mempunyai hak dalam menentukan makanan yang dipilihnya dan kebijakan

    pertanian yang dijalankannya.

    Sejurus dengan kedaulatan pangan, penguasaan dan kepemilikan alat produksi

    bagi petani adalah hal yang tak bisa ditawar. Jalan pembaruan agraria harus

    ditempuh sebagai pijakan dasar pembangunan bangsa.

    Memang ada sedikit keinginan baik pemerintah yang perlu direspon, yaitu niat

    untuk merevitalisasi pertanian, perikanan, dan kehutanan. Namun itu pun masih

    jauh dari harapan para petani.

    Dalam pertemuan Karawang, para petani menuntut pemerintah untuk

    menjalankan lima langkah kongkrit. Diantarannya sebagai berikut; pertama,

    penguasaan dan kepemilikan petani dan buruh tani atas alat-alat produksi seperti

    tanah, benih, air dan kredit. Kedua, pengendalian impor untuk menstabilkanharga sampai pada tingkatan yang meliputi seluruh biaya produksi. Ketiga,

    pengendalian produksi untuk menghindari kelebihan produksi. Keempat,

    menjamin harga yang fair terhadap petani. Kelima, asistensi publik untuk

    membantu mengembangkan produksi petani dan pemasaran

    Itulah jalan yang diminta petani untuk segera dilaksanakan oleh pemerintah

    yang berkuasa. Dengan momentum hari-hari besar petani, keinginan-keinginan

    kaum tani akan terus digaungkan.

    Peringatan Hari Besardan Tuntutan Gerakan PetaniPeringatan Hari Besardan Tuntutan Gerakan Petani

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    3/163

    KilasilasPembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006 TANAMANANAMAN

    muncul minyak baru lagi, kecuali yang harganya mencapai Rp 4.500

    mau menunggu hingga jutaan per liter, berarti ada selisih Rp 2.500

    tahun. Selain itu bahan bakar sampai Rp 3.000 per liter. Bila

    minyak mengeluarkan polutan pemakaian solar selama setahun

    yang cukup tinggi. (data pertamina tahun 2004)

    Beberapa bahan bakar nabati sebesar 26 juta kilo liter (menurut

    yang potensinya mel impah di perkiraan akan terus meningkat

    negeri ini antara lain minyak sawit sampai mencapai 36 juta kilo liter

    da n miny ak jar ak. Ba hk an pada tahun 2009) maka akan

    pemerintah pun telah berusaha didapatkan penghematan yang

    unt uk me nge mb ang kan nya . mencengangkan.

    Ter bu kt i de ng an kel ua rn ya Namun, untuk memenuhi dua

    Instruksi Presiden No.1 tahun 2006 persen dari kebutuhan minyakdan Peraturan Presiden No.5 tahun solar tersebut perlu dibangun 8

    2006 keduanya dipersiapkan untuk sampai 25 unit pabrik biodisel

    mengantisipasi cadangan minyak berkapasitas 30 ribu sampai 100

    bumi yang kian menipis akibat ribu ton setiap tahunnya. Untuk

    pemakaian energi bahan bakar me no pa ng b ah an b ak un ya

    minyak yang terus meningkat. dibutuhkan 25 ribu hektar lahan

    Dari kedua bahan bakar alternatif yang ditanami jarak.

    tersebut, minyak jarak mempunyai Kini, banyak lembaga penelitian

    berbagai keunggulan. Beberapa yang menggali lebih jauh lagi

    diantaranya, minyak jarak tidak potensi minyak jarak. Beberapa

    dapat dimakan, cold point lebih diantaran ya dilakukan oleh

    rendah dari minyak sawit, sangat Lemigas dan Pertamina, Institut

    potensial untuk ditanam dilahan Teknologi Bandung, BPPT dan

    kritis yang tidak produktif dan Pusat Penelitian Kelapa Sawitlebih cepat berbuah (berbuah alam Medan. Sedang untu k proses

    umu r 5- 6 bu lan , bandi ngk an budidayanya baru dilakukan oleh

    dengan sawit yang berbuah pada Balai Penelitian Tanaman Tropika

    umur 3-4 tahun). Bogor yang membuat bibit unggul.

    Berdasarkan penelitian yang Perlu dicatat, ada beberapa

    dilakukan Manurung tahun 2005, hambatan dalam pengembangan

    produktivitas tanaman jarak sangat minyak jarak. Bahan baku minyak

    tinggi. Setiap hektar tanah bisa jarak belum tersedia secara masal

    menampung 2500 pohon jarak, dan kont iny u dan tekn olo gi

    s e t i a p p o h o n j a r a k a k a n ekstraksi minyak masih sederhana

    menghasilkan buah sebanyak 4-5 perlu pengembangan lebih lanjut.

    kilogram per tahun. Hasil tersebut Bagi petani, peluang tanaman

    setara dengan 10-12 ton per hektar jarak cukup menjanjikan karena

    setiap tahunnya. cepat berbuah dan produksinyaHitung -hitunga n diatas bila tinggi. Hanya saja belum ada

    dikalkulasikan dengan minyak kan langkah kongkrit dari pemerintah

    le bi h me nc en ga ng ka n la gi . untuk menindaklanjuti inpres dan

    Bayangkan, dengan kandungan perp res. Rencana pemeri ntah

    minyak yang mencapai 35 persen, menge mba ngk an jar ak masih

    s a t u h e k t a r l a h a n b i s a s e ke d ar c e ta k b i ru d al a m

    Di sisi lain, peraturan emisi menghasilkan 4,7 kilo liter minyak tumpukan kertas. Belum ada upaya

    i n t e r n a s i o n a l m e n d o r o n g jarak dalam setahun. Dengan harga sosialisasi yang lebih serius kepada

    dipilihnyabiofuel (bahan bakar dari minyak saat ini sebesar Rp 1.438 petani.Bangsa Jepang telah mengenalmahluk hidup) sebagai alternatif sampai Rp 1.563, diperkirakan Jarak sebagai bahan bakar nabatimanfaat tanaman jarak sejak 65energi baru dan terbarukan. Biofuel petani bisa meraup hasil sebesar Rp masa depan diharapkan juga dapattahun yang lalu. Kini, ketika hargamerupakan sumber energi masa 50 juta per tahun. Suatu jumlah me nye jah te ra kan pet ani danminyak dunia melambung yangdepan mengingat sifatnya yang yang fantastis. mampu mengatasi permasalahan berimbas pada naiknya harga

    bisa diperbaharui dan ramah Secara keseluruhan, negara pun krisis bahan bakar minyak di negeri bahan bakar minyak di dalam lingkungan. Bertolak belakang akan mendapatkan keuntungan kita.negeri, tanaman jarak kembali

    dengan bahan bakar minyak, dari minyak jarak karena jauh lebihdilirik. Bahkan, minyak jarakPenulis adalah penyuluh pertaniandimana sumbernya tak dapat hemat dibanding bahan bakarmenjadi salah satu alternatif yangdi Muaro Jambidiperbaharui lagi, artinya bila minyak. Misalnya, bandingkansebagai penganti bahan bakar

    sumber minyak habis tak akan dengan harga solar dan premiumminyak.

    Jarak Pagar,

    Primadona Masa Depan

    Jarak Pagar,Primadona Masa Depan

    Kusnun

    Jarak, masyarakat kita mengenalnya sebagai

    tanaman pagar. Pada masa kolonial Jepang,

    tanaman ini dibudidayakan secara masal.

    Namun tidak lama, Jepang kalah perang danangkat kaki dari bumi Indonesia. Budidaya

    masal tanaman jarak pun berhenti.

    www.euphorbia.de

    JARAK PAGAR. Tanaman jarak pagar bisa ditanam diatas lahan kritisARAK PAGAR.

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    4/164

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006UTAMATAMA

    Melihat semua itu, si empunya dari barisan massa aksi dantanah gerah. Lobi sana lobi sini, mencoba mendekati barisan polisi.intinya para petani harus segera Menurut Germimano, Amanicomenyingkir. Tekanan demi tekanan mungkin tidak tahu kalau tembakandiarahkan pada para penggarap. peringatan sudah dikeluarkan.

    Para penggarap pun tak tinggal Kemudian, tanpa diduga sebuahd i a m . M e r e k a m e n d e s a k tembakan bersarang di tubuh

    pemerintah agar mendukung para Amanico. Pria itu roboh seketika,petani. Aksi-aksi digelar dan keadaan kacau balau, selanjutnyamembuahkan hasil. Almir Gabriel, kisah pembantaian pun dimulai.Gubernur Para, memberikan Dalam peristiwa itu 19 petanidukungan kepada petani melalui tewas, 69 lainnya luka-luka. Tapisebuah kesepakatan tertulis. sebagian lain memperkirakan

    Meski diatas kertas sudah jumlah korban lebih dari itu.mendapat dukungan, dilapangan Buntut dari peristiwa itu, tigalain lagi ceritanya. Petani tetap polisi dituntut ke pengadilan. Duamendapatkan intimidasi dan teror diantaranya dikenai hukuman,agar segera pergi dari Fazeda lainnya dibebaskan. Mereka yangMacaxeira. Petani terus melawan, dihukum adalah Kolonel Mariopemiliknya. Sayang, suara merekaaksi-aksi terus digelar di jalan-jalan Corales selama 228 tahun kurungandianggap angin lalu. Kekuasaankota Carajas sampai Belem.Di Brasil para tuan tanah memiliki dan Kolonel Jose Maria Pareiraseringkali mengabaikan tuntutan

    Hingga pada suatu saat, waktu itulahan yang amat luas. Terkadang, selama 154 tahun kurungan.rakyatnya atas tanah.tanggal 17 April 1996, tiga ribulahan seluas Jakarta hanya dimiliki Setelah peristiwa itu, lahanMerasa tak mendapat respon daripetani turun kejalan. Merekasatu dua keluarga saja. Tidak semua pertanian Fazeda Macaxeirapemerintah, organisasi itu mulaimenuntut hak atas tanah yang kinitanah-tanah itu dimanfaatkan. diberikan kepada petani. Kini, lahan bergerak dengan caranya sendiri.ditempatinya. Namun ditengahKebanyakan berupa hutan atau i tu bergan t i n ama men jadiOkupasi demi okupasi mereka

    jalan, arak-arakan petani dihadangpadang rumput. Assentamento 17 de Abril. Dilakukan, dengan atau tanpaoleh pasukan polisi militerPada dekade sembilan puluhan, atasnya bermukim 690 keluargadukungan pemerintah. Langkah itu

    jumlahnya sekitar 150 orang. Massa40 persen tanah di Brasil hanya anggota MST.menimbulkan reaksi dari para tuanaksi disergap dari arah depan dandikuasai satu persen penduduknya. Pada hari naas itu, La Viatanah. Tekanan politik, intimidasi

    belakang. Polisi memerintahkanPadahal luas daratan Brasil hampir Campesina, sebuah gerakkan petanihingga teror terus menakan parapetani membubarkan diri dan mulailima kali lipat luas daratan dunia sedang menggelar kongrespetani. Salah satu yang terbesarmeletuskan tembakan peringatan.Indonesia, sedangkan jumlah kedua di Tlaxcala, Meksiko. Denganterjadi pada tanggal 17 April 1996 di

    Kami terjepit, kami tak bisapenduduknya hanya dua per semangat solidaritasnya, merekaPropinsi Para, Kabupaten Eldoradomelakukan apa-apa lagi, menuruttiganya. Bisa dibayangkan, betapa menetapkan hari itu sebagai haridos Carajas.

    kesaksian Germimano, petaniluas kepemilikan tuan-tuan tanah di perjuangan petani internasional.Ceritanya begini. Adalah sebuah berumur 51 tahun, kepada MST. DiBrasil. Semenjak itu pergerakkan petani dilahan pertanian seluas 18 ribu hektartengah ketegangan, ada seorangDi sisi lain, jutaan orang bekerja berbagai belahan bumi selaluyang membentang di selatan hutan

    bisu-tuli bernama Amanico keluarpada perkebunan-perkebunan memperingatinya setiap tahun.Amazon. Orang-orang menamakanmaha luas itu dengan standar hidup lahan itu Fazeda Macaxeira, milikyang memprihatinkan. Nyaris keluarga Macaxeira tuan tanah kayaseperti budak-budak perkebunan di raya di Brasil. Tanah itu dibiarkanabad lampau. Jutaan lainnya, koson g tak terawat . Han yamenjadi masyarakat urban di kota- rerumputan dan alang-alang sejauhkota, bekerja serabutan dan hidup mata memandang.dibawah garis kemiskinan. MST melihat dataran terbengkalai

    Satu organisasi pergerakkan itu sebagai objek land reform.orang-orang tanpa tanah, namanya D e n g a n m e n g e r a h k a n 2 0 0 0M S T , m e n c o b a m e n j a w a b anggotanya mereka mengokupasiketidakadilan agraria di Brasil.

    lahan itu. Tanah dipatok dan dibagi-Mereka mengorganisasikan diri. bagikan. Gubuk-gubuk sederhanaMereka menuntut pemerintah segera diban gun , men yusuluntuk melakukan pembaruan sekolahan dan gereja. Sekitar tujuhagraria. Mereka meminta tanah- ratus keluarga mendiami lahan itu.t a n a h y a n g d i t e l a n t a r k a n

    Tanggal 17 April sepuluh tahun silam terjadi tragedi memilukan di Carajas, Brasil. Petani kecil, buruh tani

    dan orang-orang tanpa tanah yang menuntut hak atas tanah dibantai secara keji. Sembilan belas

    diantaranya tewas. Setiap tahunnya, peristiwa itu diperingati sebagai hari perjuangan petani internasional.

    Merayakan Hari Perjuangan

    Petani Internasional

    Merayakan Hari PerjuanganPetani Internasional

    Cecep Risnandar

    OKUPASI.Gubuk-gubuk petani MST saat mereka mengokupasilahan pertanian di Porto Alegre, Brasil.

    AKSI MASSA.Aksi massa anggota MST.

    itis

    wid

    EM

    AN

    T

    NI

    T

    Priyo

    odo

    /P

    BARU

    A

    www.mst.org.br

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    5/165

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006 UTAMATAMA

    Daerah Karawang, Camat Pakis

    Jaya, Kepala Desa Solokan, DinasTak ketinggalan di Indonesia,

    Pertanian Kabupaten Karawang, Perdagangan dan Bulog tetap untuk mensubsidi dan memberiFederasi Serikat Petani Indonesiadan Departemen Pertanian. mengimpor beras. insentif kepada petani. Itu jauh(FSPI) dan Dewan Tani Karawang

    "Kami ingin momentum Hari Pemerintah Daerah Karawang le bi h ba ik dar ip ad a ma la hpada tanggal 17 April kemarinPerjuangan Petani Internasional ini s e n di r i m e n ya d ar i b a hw a m e n g h a m b u r - h a m b u r k a nmengadakan panen raya danmenjadi titik balik perjuangan pemerintah harus fokus untuk anggaran untuk pembelian berasdiskusi massa mengenai imporpetani, agar terus menolak

    menyelesaikan masalah domestik impor yang malah menguntungkan beras untuk memperingati hari kebijakan impor beras yang da hul u, unt uk me mp er ba ik i pedagang dan perusahaan besar,perjuangan petani. Hari itu jugamenyakiti petani," kata Henry keberpiha kan terhadap sektor ujarnya.sekaligus menjadi peringatan hakSaragih, Sekjen FSPI dalam pertanian dalam negeri. Untuk itu Panen raya dan diskusi massa iniasasi petani yang jatuh padakesempatan pembukaan diskusi d i p e r l u k a n i n s e n t i f d a n dilanjutkan dengan acara budaya,tanggal 20 April. Acara ini digelarmassa penanganan infrastruktur agar yan g me na mp il ka n Fr ank ydi tengah sawah, di Desa Solokan,

    Henry mengatakan bahwa produksi pertan ian kita tetap Sahilatua. Penyanyi yang dekatKecamatan Pakis Jaya, KabupatenIndonesia adalah negara agraris, terjaga, sehingga impor nantinya de nga n ra kya t in i la ngs ungKarawang, Jawa Barat. Diskusiyan g h arus berdaula t a tas bisa diabaikan. Harus ada cetak menggebrak dengan nomor-nomordiramaikan oleh sekitar 700 petanipangannya sendiri . Banyak biru pertanian yang jelas dan lawasnya, seperti Panen Raya,dari Karawang, anggota FSPI dilumbung padi di Indonesia, dan berpihak kepada petani, mulai dari Orang Pinggiran, dan Perahuwilayah lainnya dan beberapa LSM.Karawang salah satunya. Tetapi akses tanah, air, dan perdagangan. Retak. Disusul kemudian olehPada kesempatan itu hadir jugapemerintah lewat Departemen Un t uk it ul ah ki ta ha r us Sejati yang membawakan laguperwakilan dari Pemerintah

    menegakkan UU Pokok Agraria Tolak Impor Pangan, dan ditutup

    1 9 6 0 d a n m e l a k s a n a k a n dengan kesenian lokal jaipongan

    pembaruan agraria, jelas Henry. Karawang.

    Dalam diskusi ini, peserta juga Di akhir acara, seluruh peserta

    menyadari betapa berbahayanya secara simbolik memanen padi

    sistem perdagangan bebas dalam bersama. Petani harus bangga

    pertanian yang dipromosikan oleh karena mereka adalah pahlawan

    Organisasi Perdagangan Dunia yang menghasi lkan kebutuhan

    ( W T O) . S i s te m i n i la h y an g p a n g a n b a g i r a k y a t , d a n

    m e m b u k a p a s a r d a n p e r ju a n g a n m e re ka h a r us

    me ng ha nc ur ka n pa sa r se rt a dihargai, ujar Franky yang ikut

    meka nisme har ga domes tik. menyabit padi sebagai simbol

    Akibatnya petani tidak menerima dimulainya panen raya.

    harga yang layak, dan akhirnya Pada hari yang sama dibelahan

    menjadi miskin. Impor beras di dunia lain, diadakan peringatan

    akhir tahun 2005 yang lalu juga serupa. Sejauh yang berhasil di

    disinyalir merupakan paksaan pantau Pembaruan Tani, hari

    WTO, tambah Henry. perjuangan petani diperingati juga

    Pada kesempatan yang sama, di Br azi l, Ame ri ka Ser ik at,

    Arif, Sekjen Dewan Tani Karawang Argentina, Spanyol, Ekuador dan

    menuntut kebijakan pemerintah India.

    FSPI Peringati Hari Perjuangan

    Petani dan Hak Asasi Petani

    FSPI Peringati Hari PerjuanganPetani dan Hak Asasi Petani

    Muhammad Ikhwan

    Setiap tanggal 17 April, para petani di seluruh

    dunia memperingati hari perjuangan petani. Pada

    tanggal tersebut, sepuluh tahun silam, terjadi

    insiden pembantaian yang mempertahankan

    tanahnya yang dilakukan aparat keamanan

    terhadap 19 petani yang mempertahankan

    tanahnya di Carajas, Brazil. Tanggal 17 April 2006

    FSPI dan Dewan Tani Karawangmemperingatinya. Momentum ini sekaligus juga

    menjadi peringatan hari Hak Asasi Petani yang

    jatuh setiap tanggal 20 April.

    Henry Saragih (kiri) dan Franky Sahilatua memotong padi sebagai tandadimulainya panen raya petani

    Panggung rakyat yang digelar FSPI dan Dewan Tani Karawangberdiri ditengah sawah.

    Cecep Risnandar/PEMBARUAN TANI

    Cecep Risnandar/PEMBARUAN TANI

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    6/16

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006PENDAPATENDAPAT

    6

    Se t e la h me l e wa t i en a m ha r i yang lebih besarterutama yang Pembukaan pasar juga terjadi di

    perundingan eksklusif dan tertutup dipaksakan kepada negara miskin dan sektor lain selain pertanian yakni, jasa

    (13-18 Desember 2005), keputusan b e r k e m b a n g d a l a m p r o d u k (GATS) dan industri (NAMA). Di

    me ng en ai ad an ya Mi ni st er ia l pertan ian. Hal ini sama sekali sektor jasa, akan ada pembukaan pasar

    Declaration sebenarnya mengejutkan meniadakan proteksi terhadap pasar pada tenaga kerja dan perpindahan

    seluruh pihak. Apalagi bila diingat domest ik dan lambat laun akan (Mode 4), serta liberalisasi lebih jauh di

    bahwa, terutama mulai medio 2005, menghancurkan mekanisme harga sektor publik: air, transportasi, energi,

    agenda di Konferensi Tingkat Menteri lokal. Lihat contoh kasus Indonesia pendidikan, dan kesehatan. Di sektor

    (KTM) VI Hongkong akan berujung yang membuka pasar komoditi beras, industri lebih parah lagi , karena

    kegagalan. Hal ini mirip KTM V kedelai dan gula misalnya. Atau kasus k o m i t m e n p e m b u k a a n p a s a r

    Cancun, Meksiko, dimana ada jurang India yang membuka pasar komoditi diutamakan di negara-negara miskin

    yang sangat besar antara negara maju kelapa sawit. Arus produksi pasar dan berkembang, dengan pemotongan

    dan negara berkembang. Di Hong bebas dalam komoditas pertanian di tarif ambisius dalam Swiss Formula.

    Kong, perbedaan antara negara maju atas dengan segera menghancurkan Hal ini melupakan perlindungan dan

    (diwakili oleh AS dan Uni Eropa), G-20 pasar komod itas domestik, yang kesinambungan bagi perdagangan,

    (dimotori Brazil dan India), G-33 ujungnya adalah hancurnya harga ya n g h a r u s t e r l e b i h d ah ul u

    (Indonesia dan Filipina), G-90 (negara- domestik. Akibatnya, petani dalam dimantapkan oleh negara miskin dan

    negara miskin di Asia dan Afrika) serta negeri menjadi miskin atau berpindah berkembang.

    Negara Karibia, memang tampak jauh. ke sektor lain menjadi pekerja, buruh Bagi pihak yang kontra terhadap

    Tetapi, dengan ditandatanganinya migran, atau menjadi pengangguran. skenario iniorganisasi massa, serikat

    Ministerial Declaration Hongkong, Praktik dumping yang dilakukan buruh, petani, buruh migran, pemuda,

    cukup menyakitkan banyak pihak. negara- negara dengan industr i NGOs dari berbagai sektorlangkah

    Hal ini tak luput dari proses yang pertanian, juga merusak sektor ini. t id ak am bi si us se pe rt i ya ng

    se pih ak, ti dak de mok rat is dan Khususnya sejak diatur di dalam dijelaskan di atas dapat berarti sangat

    tertutup yang dipraktikkan oleh para Agreement on Agriculture (AoA) fatal. Bagaimana tidak, skenario besar

    pendukung pasar bebas. Agenda WTO pada 1995. Penghapusan subsidi menuju pembukaan pasar yang lebih

    keuntungan dan pembukaan pasar tak ekspor di tahun 2013, juga sebenarnya besar sudah tercantum di dalamnya.

    pelak mewarnai setiap negosiasi. mengkhianati kesepakatan antara G am ba r an ya ng u t uh s ud a h

    Jangan dilupakan tekanan korporat negara maju dengan negara miskin dis epakat i, t inggal mem asukkan

    multinasional yang terus mendorong dan berkembang. AS dan Uni Eropa a n g k a d a n d e t a i l t e r t e n t u .

    p r i v a t i s a s i p e m b u k a a n seh arusnya sudah men geliminasi Kepen tingan n egara-negara yang

    pasa rkomo dif ikasi di ber baga i subsidi yang mendistorsi pasar (yang memiliki korporasi jasa dan industri

    sektor yan g me nja di pan ggung menjadikan praktik dumping) pada raksasa seperti kekuatan G-6 yang ada

    utamanya: pertanian, jasa dan industri. tahun 2010. Perpanjangan hingga 2010 di WTO sekarang: AS, Uni Eropa,

    Di samping hegemoni negara maju, adalah akal-akalan korporat di dalam Jepang, Australia, Brazil dan India juga

    juga terlihat kurangnya keberpihakan W T O , k a r e n a s e s u n g g u h n ya sudah jelas ada di sana. Negara-negara

    wakil pemerintah negara miskin dan merekalah penikmat terbesar subsidi yang berpihak pada rakyatnyayang

    berkembang dalam KTM VI WTO ini. pertanian di negara maju. khawatir akan masa depan agenda

    pembangunan via pasar bebas

    Lagi dan lagi, akses pasar Kesepakatan yang buruk in iharusnya bertahan tanpa

    Tidak bisa dipungkiri, pertanian Wa l a u p u n d i k a t a k a n t i d a k persetujuan lebih lanjut (no deal is

    adalah menu utama dari negosiasi ambisius, namun Deklarasi Menteri better than a bad deal).

    WTO. Ada banyak kepentingan yang yang dihasilkan di KTM VI Hongkong, Baik bagi pihak yang pro maupun bermain di sini. Mulai dari perusahaan sebenarnya sangat mengkhawatirkan. kontra, tanggal 30 April 2006 ini bisa

    pengekspor pangan seperti Cargill, Bagi para promotor perdagangan bermakna banyak. Ya, tanggal inilah

    hingga perusahaan agrokimia seperti bebaspedagang dan pengusah a yang disepakati sebagai te nggat

    Mon san to, BAS F dan Syn gen ta. besar, perusahaan multinasional, dan modalitas (detail perundingan, berupa

    Penguasaan pasar pangan dunia se ba gi an ne ga ra l an gk ah in i angka dan formula) perdagangan

    berarti memiliki kontrol terhadap walaupun tidak signif ikan tetapi bebas sektor pertanian dan industri

    ekonomi politik dunia, dan lebih dari cukup melegakan. Tak lain karena (NAMA). Dan ironisnya, kebanyakan

    60 persen pasar ekspor pangan dunia ancaman kegagalan Putaran Doha ada rakyat justru tidak tahu mengenai

    kini dibekap oleh Cargill. Pertanian di depan mata, terutama jika merunut masalah ini. Tanggal ini bisa menjadi

    dan perdagangan b ebasnya juga sejarah WTO yang gelap dari masa kebe rhas ilan WTO meru musk an

    digerakkan ke arah ketergantungan S e a t t l e h i n g g a C a n c u n . modalitas untuk mengakhiri Putaran

    pada pestisida, herbisida, pupuk kimia Ditandatanganinya teks ini pada 18 Doha. Namun di sisi lain, bisa menjadi

    dan bibit GMO (transgenik). Hal ini Desember 2005, menjadi napas baru kemenangan masyarakat sipil seluruh

    membuat pasar agrokimia global bagi Puta ran Doha, yang harus dunia untuk menamatkan "Putaranmenangguk untung sebesar US$29,88 diselesaikan akhir tahun 2006. Putaran Pembangunan" ini, agar berakhir

    juta (284 trilyun rupiah). D o h a y a n g k a t a n ya " P u t a r an tanpa kesepakatan yang jelas dan tidak

    Dengan fakta ini, sudah sewajarnya Pembangunan", malah lebih berfokus menyengsarakan rakyat.

    jika petani menolak pembukaan pasar kepada pembukaan pasar lebih luas.

    MenghentikanPutaran PembangunanMenghentikanPutaran Pembangunan

    Muhammad Ikhwan

    Staf Kajian Kebijakandan Kampanye FederasiSerikat Petani Indonesia

    (FSPI)

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    7/16

    PENDAPATENDAPAT

    7

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006

    menjelaskan tentang ruang lingkup bu kt i si mp an an na sa ba h. perjanjian pinjaman-pinjamanyang diatur oleh Perpu, karena itu Ketentuan ini tidak sesuai dengan melahirkan hutang (ini perikatanseharusnya ruang lingkup tersebut hukum pembuktian yang berlaku pokok) dan perjanjian penjaminanMusibah gempa dan tsunamiditempatkan pada Bab tersendiri dan sangat merugikan nasabah melahirkan hak tanggungan (inibeberapa waktu lalu di Nanggroeatau pada Bab I tentang ketentuan korban sebab memberi kewenangan perikatan ikutan). Kalau ketentuanAceh Darussalam telah membawaumum. kepada bank untuk menentukan ini berlaku, maka bisa terjadidampak dalam berbagai bidang

    (2) Isti lah Baitul Mal dan keaslian/ kebenaran dari bukti seorang debitor (peminjam) yangkehidupan masyarakat. SalahRekonstruksi banyak terdapat simpanan nasabah, padahal kalau tinggal di luar daerah bencana yangsatunya, memunculkan masalahdalam Perpu ini. Namun tidak ada terjadi sengketa tentang keaslian mengagunkan hak atas tanahnyapertanahan, misalnya batas-batasperumusan pengertiannya dalam bukti simpanan ini maka yang yang terletak di wilayah bencanatanah menjadi tidak jelas, banyakb a g i a n k e t e n t u a n u m u m . menentukan keaslian itu adalah dan tanah tersebut musnah , makawarga yang kehilangan bukti-buktiSeharusnya istilah tersebut dimuat pih ak ket iga dan bia san ya hu ta ng ny a me nj ad i ha pu skepemilikan tanah, dan ada puladalam ketentuan umum (pasal 1). memerlukan pemer iksaan oleh walaupun ia sendiri bukan korbantanah yang musnah karena fisiknyaPengertian Tanah Musnah hanya la bo ra t or iu m kr im in al at au karena memang tinggal di luar

    sudah tidak ada lagi. secara singkat terdapat dalam pasal lembaga kepolisian. Ketentuan ini daerah bencana. Ketentuan ini tentuMasalah lain timbul akibat1 angka 3. Seharusnya ada pasal menjadikan bank sebagai pihak tidak adil dan aneh.adanya pembangunan berbagaikhusus yang mengatur kriteria yang sangat kuat dan sewenang- (8) Patut pul a diperhati kansarana baik oleh pemerintaht a n a h m u s n a h , s e h i n g g a wenang dan sangat melemahkan ketentuan Bab tentang Peralihan.maupun oleh masyarakat di ataspemiliknya tidak dirugikan oleh posisi korban. Dalam draft I, isinya sangat abstrak,tanah yang belum jelas hak-hakketida kjelasan pengertian atas (5) Pasal 12 ayat 2 berbunyi: sehing ga jika timbul masalahkepememilikannya. Juga adanyatanah musnah itu. pemilik tanah atau ahli waris yang hukum nantinya, akan menjadib e r b a g a i k l a i m - k l a i m a t a u

    (3) Ketentuan Pasal 11 huruf b sudah tidak ada lagi sebagaimana persoalan menyangkut referensip e n g a k u a n d a r i a n g g o t a(dalam draft yang lain Pasal 10 dimaksud pada ayat 1 ditetapkan y a n g d i g u n a k a n d a l a mmasyarakat dan keluarga tentanghuruf b.), berbunyi sebagai berikut: oleh Mahkamah Syari'ah atau menyelesaikan masalah itu. Halkepemilikan tanah tanpa bisaApabila dalam jangka waktu pengadilan negeri. Ketentuan ini yang lebih mnegejutkan lagi adalahmenunjukkan bukti-bukti yangsebagaimana dimaksud dalam ayat menimbulkan masalah. Mahkamah isi Ketentuan Peralihan dalam Pasalkuat dan akurat.1 atas tanahnya telah dilakukan Syar i'ah (maks udnya mungk in 32 daraft II. Di dalam pasal tersebutM e r e s p o n f e n o m e n a i n iperubahan fisik penggunaan atau Ma hk am ah Sy ar 'i ya h) ti da k disebutkan bahwa Hal-hal yangpemerintah membuat Peraturanpe ma nf aa ta nn ya , a ta u t el ah berwenang dalam penetapan hak belum diatur dan kemungkinanPemerintah Pengganti Undang-

    dikuasai oleh pihak lain, kepada orang yang tidak beragama Islam, t i m b u l d a l a m pe l a k s a n a anU n d a n g ( P e r p u ) t e n t a n gbekas pemilik atau ahli warisnya sebagaimana yang dimaksud oleh Peratutan Pemerintah Penggantipenanganan permasalahan hukumdiberikan ganti rugi oleh Baitul ayat 1. Undang-Undang ini dapat diaturd a l a m r a n g k a p e l a k s a n a a nMal. Ketentuan ini memberikan (6) Dalam draft hasil kajian BKHU lebih lanjut oleh Badan Pelaksanarehabil i tasi dan rekontruksikewenangan/ kekuasaan yang MPU NAD tgl 26 Juni 2005, juga Reh abi li tas i d an Rek ont ruk siwilayah dan kehidupan masyarakatsangat mutlak kepada Baitul Mal ban yak ter dap at hal yan g W i l a y a h d a n K e h i d u p a ndi Propinsi Nanggroe Acehterhadap tanah yang pada mulanya berpotensi merugikan korban, di Masyarakat di Provinsi NanggroeDarussalam dan Kepulauan Niastidak diketahui pemiliknya tetapi antaranya pasal 9 ayat (1) yang Aceh Darussalam perlu diketahuiProvinsi Sumatera Utara.kemudian pemiliknya diketahui. berbunyi: Tanah yang masih ada ba hw a BR R bu ka n le mb ag aMenilik peraturan penggantiDari ketentuan ini dapat diartikan pemilik dan atau ahli warisnya Pe me ri nt ah ya ng be rw en an gundang-undang tersebut sayabahwa Baitul Mal mempunyai sudah tidak ada lagi dan beragama membuat aturan yang mengikatkhawatir, karena di dalamnyakewenangan untuk menguasai dan Islam, menjadi harta agama yang publik, BRR adalah suatu badan adt e r d a p a t b e r b a g a i m a c a mmengalihkan kepemilikan tanah dikelola oleh Baitul Mal dan pasal 9 hoc, bekerja untuk empat tahunkekurangan baik dari segi bahasatersebut kepada pihak lain, dan ayat (2) yang mengatur: Tanah- (meskipun bisa diperpanjang) .maupun dari segi substansinya.apabila pemilik yang sebenarnya tanah yang masih ada pemilik dan Ak an men ja di mas al ah ji kaKalu kita perhatikan lebih dalam,

    menuntut, dia hanya berhak atas atau ahli warisnya sudah tidak ada nantinya Perpu itu disahkan olehterdapat keurangan dan kerancuan ganti rugi dari Baitul Mal. Azas lagi dan bukan beragama Islam DPR-RI menjadi UU, sementarayang bisa merugikan masyarakatkeadilan atas isi pasal ini patut dikuasai oleh Negara. Ketentuan BRR adalah badan yang bekerjakorban.dipertanyakan, karena berpotensi dalam dua ayat ini menimbulkan untuk sementara waktu.Kekurangan dan kelemahan yangmerugikan korban dan ahli waris pertanyaan, mengapa Baitul Mal Dalam situasi dan kondisi yangtedapat di dalam Perpu tersebutkorban. Sepengetahuan kami, Baitul atau Negara dapat menguasai tanah daurat, Perpu merupakan sebuahantara lain, (1) Penamaan bagianMa l se ndi ri ti da k me nd apa t yang masih ada pemiliknya? Publik jalan k eluar yang d ibuat danpertama Bab II, Pengaturankesempatan yang maksimal dalam harus mendapatkan penjelasan di te ta pk an o le h Pe me ri nt ah.Bidang-Bidang Tanah, memberiproses penyusunan draft Perpu, mengenai ini. Namun dalam pembuatannyakesan bahwa yang diatur adalahpada hal kewenangan lem baga (7) Berikutnya, Pasal 23 ayat 1 harus memperhatikan dan dibuatfisik tanah, padahal yang diaturtersebut diatur di dalam perpu. berbunyi: Hak tanggungan atas dalam bahasa yang benar sehinggabukan hanya fisik tetapi juga

    (4) Pasal 24 ayat 3 dalam draft tanah yang sudah musnah maka tidak menimbulkan pengert iannonfisik. Perlu diperhatikan bahwayang lain pasal 18 ayat 4 berbunyi hak atas tanah, hak tanggungan dan salah.tanah beda dengan pertanahan.sebagai berikut : dalam hal catatan hu ta ng ny a me nj ad i ha pu s. Pada awalnya pembuatan PerpuDemikian juga judul pasal 3 Tanahmengenai simpanan nasabah di Hapusnya hak atas tanah memang bertujuan untuk meminimalisirMusnah juga rancu, karenabank musnah dan nasabah atau ahli secara hukum mengakibatkan te rja din ya kek eli rua n dal amternyata pengaturan tanah musnahwa ri s/ wa li na sa ba h dap at hapusnya hak tanggungan atas penetapan kepemilikan tanah. juga terdapat juga dalam pasal-menunjukkan bukti simpanannya tanah tersebut, tetapi t idak N a m u n j a n g a n s a m p a ipasal berikutnya, bukan hanya dipada bank, maka bank dapat menghapuskan hutang, karena hak menimbulkan hal sebaliknya.dalam pasal 3. Penetapan Ruangmelakukan pencatatan setelah bank tanggungan dan hutang lahir dariLingkup pada bagian pertama Bab

    Penulis adalah wartawan Pembaruan Tanimeyakini kebenar an/ keaslian perjanjian yang berbeda, yaituII juga kurang tepat. Ruang lingkup

    Jangan Ada Bencana

    Setelah Bencana

    Jangan Ada BencanaSetelah BencanaUmran Selian

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    8/16

    NASIONALASIONAL

    8

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006

    menjadi kebanggaan bisa dirampas kayu. Begi tu pula hendaknya Labuai tetap menjaga persatuan

    pihak perkebunan. Makanya, SPSB dalam membagi tanah di Labuai dan kesatuan organisasi.

    dan petani di Sumatera Barat harus ini, jangan ada yang merasa dapat Sebelum proses pembagian atau

    bisa merangkul semua pihak dan bagian keci l atau sebagainya, pemblokan lahan kita lakukan,Tidak ada lelucon atau lawakan,mengorganisir diri,kata Henry. pinta Henry. kawan-kawan di Labuai haruspada Jum'at (7/4) lalu. Namun

    Pada kunjungan selama 3 hari ke tatap memperkokoh barisan. Sebabwajah Suwarman, Nas, Zulkanda,Tak Perlu S K Bupati Su ma te ra Ba ra t it u, H en ry apa yang akan kita lakukan kePatron, dan Mukrizal, tampak lebihTerkait dengan pembagian lahan mengibaratkan Labuai sebagai depan, juga tergantung kepada kitaceria dari hari biasa-biasanya.seluas 800 hektare yang selama ini suatu perusahaan. Para petani di semua. Artinya, jika kita berbicaraPetani asal kampung Labuai,

    diperjuangkan petani di Labuai, Labuai sebenarnya sudah memiliki tentang SPSB, berarti bukan hanyaNagari Parit, kecamatan KotoHenry meminta organisasi tani sebuah perusahaan perkebunan kerja pengurus yang ada di Padang.Balingka, kabupaten Pasaman,Lingkungan Sumber Harapan tetap seluas 800 hektar. Agar Perusahaan Begitupun jika kita bicara soal FSPI,Sumatera Barat ini seperti tidak bisam e n g e d e p a n k a n a s p i r a s i tersebut bisa berjalan dengan baik bukan hanya gawe Bang Henry danmenyembunyikan kegembiraananggotanya. Kalau anggota dan menguntungkan seluruh ka wa n- ka wa n di Ja k ar t a.mereka. Saat itu, tengat waktumemang minta tanah itu segera karyawan , dan tidak sekedar Melainkan juga menjadi tugas kitapembagian lahan seluas 800dibagi, langsung saja dilakukan memperkaya pemegang saham semua. Sebab kita berdaulat danhektare yang selama ini diincarpembagiannya. Tidak perlu kita seperti perusahaan perkebunan di memiliki hak azazi petani yangempat perusahaan perkebunanmenanti surat pengesahan dari negeri ini. Maka petani Labuai meski dirapatkan secara bersama,sawit semakin dekat.Camat atau Bupati, sebab SK harus berani menentukan sikap jelas Sago Indra.Kepada Sekjen Federasi SerikatBu pa ti i tu ha nya la h pro se s. dan jalan yang akan dipilih, kata Dipenghujung percakapannya,Petani Indonesia (FSPI) HenrySekarang masyarakat lebih baik Henry. Al ba dr i Ar if sa la h se or an gSaragih, dan Ketua Serikat Petanim e m b u a t k e b i a s a a n y a n g Henry menandaskan, bahwa pengurus SPSB, berharap pengurusSumatera Barat (SPSB) Sago Indra,meng atur eko nomi atau lain masa depan tanah seluas 800 hektar sekda SPSB di Pasaman, d anSuwarman men gun gkapkan

    sebagainya, usulnya. i tu sangat tergantung kepada Pengurus organisasi tani Sumberperasaan senangnya. PerjuanganLebih jauh lagi, Henry meminta petani yang ada di Labuai itu Harapan, agar tidak terperangkapkita dalam mempertahankan tanah

    agar pengurus organisasi tani sendiri. d a l a m s i k a p y a n g b i s ayang menjadi penyambung nafkahSumber Harapan tetap hati-hati. me ni mb ul ka n pe rp ec ah an . bagi 326 petani, kini semakinSebab masalah ini sangat rawan Perkokoh Barisan Kelompok jangan coba-cobamenampakkan hasil. Walau jalansekali , dan bisa menimbulkan Disisi lain, Ketua BPP Serikat Petani untuk jadi eksklusif atau merasamasih panjang, tapi kita yakin akanperpecahan di antara anggota. Sumatera Barat (SPSB), Sago Indra be sa r d ir i . La ku ka n te r usmenuai sukses. Asalkan kawan-Kalau Tan Malaka bilang, jangan yang didampingi pengurus SPSB pen dekat an deng an anggota,k a w a n t e t a p k o m p a k d a nada yang terbuang dalam membagi lainnya, meminta agar petani di katanya.merapatkan barisan, ungkapnya.

    Petani yang juga menjadi ketua

    sekretariat organisasi tani Sumber

    H a r a p a n i t u m e m a p a r k a n

    rencanana masyarakat kampung

    Labuai. Ia begitu yakin dengan

    adanya tanah itu, perkampunganbisa ditata lebih baik lagi. Mereka

    juga merencanakan membangun

    demplot pertanian organik, sebagai

    sarana pelatihan dan percontohan

    sistem pertanian organik bagi para

    petani.

    Kepada para petani, Henry

    mengingatkan, bahwa perjuangan

    petani di Labuai Pasaman,

    belumlah usai. Masih banyak usaha

    yang harus dilakukan petani, guna

    mewujudkan pembaruan agraria.

    Apalagi saat ini perusahaan-

    perusahaan perkebunan, memilikiskenario besar untuk menjinakkan

    Sumatera Barat.

    Jika petani dan warga di sini

    tidak hati-hati, tanah ulayat yang

    Waspadai, Skenario Perusahaan

    Perkebunan Jinakkan Urang Awak

    Waspadai, Skenario PerusahaanPerkebunan Jinakkan Urang AwakWarga Sumatera Barat harus waspada dengan hadirnya Perusahaan Perkebunan di daerah mereka.Sebab di balik semua itu, terbungkus sebuah skenario besar untuk menjinakkan urang awak

    Fajar Rillah Vesky

    PERKEBUNAN.Lahan perkebunan yang luas seringkali bersinggungan dengan tanah rakyat, dibeberapadaerah konflik tak terhindarkan dan petani kecil selalu menjadi pihak yang tersisihkan.

    ISTIMEWA

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    9/16

    NASIONALASIONAL

    9

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006

    Hilangkan Ketergantungan

    Dengan Pertanian Organik

    Hilangkan KetergantunganDengan Pertanian Organiktertentu para spekulan seringkali

    memainkan harga dan stok pupuk

    kimia yang membuat petaniMenerapkan pertanian organik

    menjadi tergantung pada produsenmerupakan salah satu cara untuk

    pupuk. Dalam jangka panjangmenekan biaya produksi pertanian.

    k e t e r g a n t u n g a n t e r s e b u tPenghematan bisa dilakukan

    mengakibatkan kerugian bagikarena biaya untuk pembelian

    petani.pupuk kimia dan obat-obatan tidak

    Diten gah s is tem ekon omilagi diperlukan. Selama ini

    neoliberal, posisi petani semakinkomponen biaya pupuk kima dan

    t e r p i n g g i r k a n . K e b i j a k a nobat-obatan merupakan komponen

    pemerintah lebih berpihak kepada biaya terbesar dalam budidaya

    perusahaan-perusahaan pertanianpertanian. Hanya saja para petani

    besar dibanding para petani.sudah terlalu akrab dengan bahan-

    Ketergantungan petani pada bahan kimia. Perlu upaya yang

    a s u p a n d a r i l u a r t u r u tl e b i h s e r i u s u n t u k

    memperparah posisi petani. Di saatmemperken a lkan pertan ian

    seperti ini, sistem pertanian organikorganik yang berkelanjutan.

    menjadi tawaran alternatif yangAtas dasar itu, Organisasi Tani

    sangat baik. Ini satu praktek palingLokal (OTL) Keputran salah satu

    nyata dari perlawanan kita sebagaiorganisasi anggota Serikat Petani

    petani terhadap penja jahanLampung (SPL) mencoba untuk rumput dibuat jadwal bergiliran. Ide pembangunan demplot ini,neoliberalisme, ujar Sutopomembuat demplot percontohan Tujuannya agar semua anggota berawal dari diskusi-diskusi rutinkepada Pembaruan Tani.p e r t a n i a n o r g a n i k d i d e s a berperan dan melakukan langsung para petani. Mereka melihat

    Demplot pertanian organik OTLKeputran, Kabupaten Tanggamus, aktivitas bertani organik. Pupuk ketergantungan petani terhadapKeputran berdiri diatas lahanLampung. Tujuannya, untuk organik dibuat dari bahan-bahan a s u p a n l u a r y a n g m u l a i

    s e l u a s 2 0 0 m e t e r p e r s e g i .memperkenalkan cara-cara bertani alami seperti fermentasi daun memprihatinkan. Lalu, muncul idePengerjaannya dimulai sejakorganik kepada para petani. untuk penyubur daun. u n t u k m e m b u a t d e m p l o tsebulan yang lalu oleh para petaniSutopo, penanggung jawab Kendala yang kerap dihadapi percontohan pertanian organik.anggota organisasi. Dari mulaidemplot yang juga ketua OTL para petani dalam mempraktekkanj Harapannya dengan demlpot ini,pemilihan lahan, pengolahanKeputran melihat banyak manfaat sistem pertanian organik adalah para petani mampu menerapkantanah, pemupukan awal sampaidalam pertanian organik ini. Ia kon dis i tan ah yan g sudah s i s t e m p e r t a n i a n o r g a n i kproses menanam dilakukan secarameyakini sistem pertanian organik kehilangan kesuburannya. Hal itu di lah an n ya masin g-masin g .gotong royong, papar Purnomo,mampu menyejahterakan petani. disebabkan oleh penggunaan Kedepannya kami ingin memilikisalah seorang anggota OTLMenurut bapak dari empat putri pupuk kimia sebelumnya. Selain koleksi demplot yang lebih luas lagiKeputran yang ikut menggarapini, petani tidak harus tergantung itu, hama bekicot masih menjadi agar banyak petani lain yang maudemplot.oleh asupan-asupan bahan baku momok yang menakutkan, karena ikut mempraktekkan pertanian

    Proses perawatan sepert idari luar seperti pupuk dan obat- sering datang pada malam hari ke organik, tambah Purnomo.penyiraman dan pembersihanobatan. Apalagi di saat-saat sekitar areal.

    Agustinus Triana

    Tanaman kangkung yang siap dipanen di Pusat pendidikan dan pelatihanpertanian organik FSPI, Bogor.

    Petani Padi Minta Perbaikan IrigasiPetani padi di Kecamatan Pakis meliputi Desa Teluk Jaya, Talaga sekarang menyusut menjadi 2 sekitar wilayah itu. Sehingga

    Jaya, Kabupaten Karawang, Jaya, dan Tanah Baru. meter saja, ujar Sandi mengeluh. terjadi erosi yang menumpuk di

    mengeluhkan banjir yang selalu Rendaman air yang datang saat Untuk mengeruk saluran saluran irigasi.

    merendam sawah mereka. Banjir musim hujan bisa berlangsung tersebut diperlukan alat bantu Pendapat Sandi dikuatkan Surya

    tersebut disebabkan oleh sekitar dua sampai tiga bulan. Hal berupa ekskavator, untuk (55), petani padi itu memohon

    pendangkalan saluran irigasi ini sangat merugikan para petani. membiayainya warga sudah tidak dengan sangat agar pemerintah

    primer yang melewati daerah Sandi (40), petani asal Desa Talaga sanggup. Saluran irigasi tersebut memperhatikan kesulitan petani.

    mereka. Akibat banjir, petani Jaya meminta pemerintah turun membentang melewati desa-desa Pemerintah harus mengeruk

    hanya bisa menenami sawahnya tangan untuk mengeruk saluran Teluk Buyung, Telaga Jaya, Tanah saluran irigasi dan menertibkan

    dua kali setahun, padahal irigasi karena swadaya warga Baru, solokan, Tanjung Bangir, tambak-tambak udang, ujarnya

    sebelumnya sawah di daerah sudah tidak mampu lagi Tanjung Mekar dan Pakis Jaya. lirih.

    tersebut bisa menanam padi tiga mengeruk saluran tersebut. Menurut warga setempat, Kesulitan petani ini menambah

    kali setahun. Areal sawah yang Kerusakan irigasi yang melewati pendangkalan tersebut antara lain rententang kesulitan lainnya

    terendam, setiap tahunnya sawahnya sudah sangat parah. disebabkan oleh dibukanya seperti langkanya pupuk. CecepRisnandarmencapai sekitar 500 hektar, Dulunya saluran itu 35 meter, tambak secara besar-besaran di

    Tejo Pramono/PEMBARUAN TANI

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    10/16100

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006INTERNASIONALNTERNASIONAL

    lima tahun). Agenda Putaran Doha ber bicar a dengan per usa haaninilah yang membuka pasar lebih agr oki mia mac am Mon san to ,

    lanjut dan diyakini bukan sebagai Syngenta, BASF dan Dow Jones.

    agenda pembangunan, malah Masalah-masalah yang mereka

    semakin menindas petani dan buat macam-macam, mulai dari

    rakyat kecil. Setelah Hong Kong ke te rg an tu ng an pu pu k d an

    te r bu kt i ad a 3 pe r t em ua n pestisida hingga penyebaran bibit

    sembunyi-sembunyi yang ingin transgenik (GMO) yang merugikan.

    meru muskan agend a t erse but, Itulah yang hingga kini dimanuti

    antara lain di Davos (Swiss), pemerintah Indonesia. Bukannya

    London (Inggris) dan Rio de Janeiro m a l a h b e r d i r i d a n

    (Brazil). Pascal Lamy, Direktur mempertahankan rakyatnya, kini

    Je nd er al W TO , ju ga ak an petani dibelit dari masalah bibit,

    memaksakan satu lagi pertemuan pupuk, hingga masalah pendidikan

    tertutup di Jenewa (Swiss) akhir dan kesehatan keluarganya. Repot! bulan April ini. Hal ini berkaitan Di bulan April, Indonesia terlihat

    dengan angka-angka dan detail m a n u t p a d a A S , y a n g

    pembukaan pasar pertanian dan me nda ta ngk an Me nt er i Lua r

    industri yang harus dirumuskan Negeri, Condolezza Rice. Disusul

    pada tanggal 30 April. oleh kedatangan Tony Blair,

    Pertanian bukan saja terancam, Perdana Menteri Inggris dan Paul

    tapi terjepit dari berbagai sisi. Dari Wolfowitz, Gubernur Bank Dunia.

    atas, para petani dihajar oleh WTO Agendanya? Ya tentu saja akses

    de ng an atu ra n pe rd ag ang an pasar, investasi, privatisasi dan

    bebasnya. Dari tengah, pemerintah macam-macamnya itu.modal dasar untuk menanam padi. terus menerapkan kebijakan yang Pemerintah malah bangga telahSemenjak harga BBM naik terus tidak berpihak kepada petani. membuka pasarnya, sementarasepanjang tahun, harga pupuk, Kena ikan pupuk, pembu kaan petaninya sengsara. PemerintahKang Ade salah satu dari petani itu

    benih maupun insektisida meroket pasar, impor beras, kebijakan biaya juga mengklaim akan membanguntekun setiap hari bergulat dengan tak terkejar. Sementara dengan tinggi, dan tidak adanya cetak biru In do ne si a de ng an in ve st as i,panas matahari dan gemerisik daun

    masuknya beras impor, tertutuplah pertanian yang berpihak pada sementara membangun pertanianpadi diterpa angin. Dia adalahsudah hukum ekonomi: harga pun rakyat (yang menyangkut reforma dalam negeri sendiri dilupakan.petani padi yang sejak lahirmenjadi murah. Hal inilah yang agraria, kedaulatan pangan dan hak Masalah utama belum selesai,m e n e r u s k a n t r a d i s i r a k y a tmendasari perjuangan petani di asasi petani) adalah contoh dari orang-orang berdasi malah lompatKarawang, menjadi penghasilseluruh dunia untuk melawan ke bi ja ka n pe me ri nt ah ya ng ke masalah lain. Padahal investasi,pangan sebagai lumbung padipembukaan pasar melalui WTO. menje pit petan i. Hal ini juga pembukaan pasar, privatisasi yangnasional. Ada beribu-ribu lagi Kang

    c e r m i n a n d a r i p a k s a a n merangsek dari dunia internasionalAde lainnya, namun ternyataPasca Hong Kong internasional, dari negara-negara inilah yang mengancam kedaulatansenyum ternyata tak begituKang Ade juga salah satu dari adidaya dan forum perdagangan bangsa ini.mudahnya mampir di wajahribuan petani dari seluruh dunia bebas WTO. Petani harus lebih pintar, danmereka. Ada apa gerangan?yang merapat ke Hong Kong. Ia menyadari masalah ini. PerlawananSejak tahun 1995, dunia pertaniandatang untuk menghadiri aksi Indonesia manut yang selama ini terbukti dalamdiperdagangkan melalui forum

    besar-besaran yang menuntut Sebenarnya Indonesia salah satu sejarah dan dilakukan di tingkati n t e r n a s i o n a l O r g a n i s a s idihapuskannya kebijakan yang kunci perundingan WTO di forum l o k a l , n a s i o n a l m a u p u nPerdagangan Dunia (WTO).menindas petani tersebut. Apa internasional. Bersama Filipina, G- int ern asi ona l, ter nyat a bis aSemenjak itu pulalah pertanianlacur, akhirnya di Hong Kong 33 adala h kumpul an negar a membuat WTO dan organisasisemakin tidak menguntungkanorang-orang berdasi dan menteri- be r k e m ba ng y an g c uk up neoliberal lainnya takut. Kini bagi petani kecil, buruh tani, danmenteri malah melanjutkan agenda melindungi kepentingan rakyatnya me re ka se ma ki n se mb un yi -tak bertanah di seluruh dunia.perdagangan bebas. Tak hanya terutama di sektor pertanian. sembunyi dan tidak demokratis,Lahan semakin menyempit,pertan ian , j a sa (keseh atan , N a m u n , y a n g t e r j a d i t akut akan perl awanan rakyatkesempatan jual turun drastis,pendidikan, pelayanan publik, air, sesungguhnya adalah paksaan- seluruh dunia yang menentangnya.ditambah hantu pembukaan pasarlistrik, dsb) dan industri pun akan paksaan dan tawaran dagang (trade Kewaspadaan petani ini harus teruspangan domestik.diperdagangkan secara bebas. Kini off) di antara negara-negara dan diperjuangkan, karena perjuanganPembukaan pasar panganmenuju akhir Putaran Doha, pihak- perusahaan dagang yang ada di masih panjang. Tanggal 30 April inidomestik biasanya dilakukanp i h a k y a n g m e m a k s a k a n belakangnya. Di sektor pertanian, a d a l ah b at as a k hi r d e t ai ldengan cara impor, dan komoditasperdagangan bebas pun semakin petani kecil macam yang dipunyai perundingan pertanian di WTO,asing dengan mudah masuk kep a n a s m e n d o r o n g a g a r Indone sia tak akan ber bic ara dan paling lambat akhir tahun 2006negeri ini. Menurut petani, hargaperdagangan bebas dirumuskan banyak jika bertempur dengan semua perundingan pertani an j u a l g a b a h s e m a k i n t i d a kpada akhir tahun 2006 ini. Ca r gi l l , pe r us ah a an ya ng dirumuskan. Dengan bersatu danmenguntungkan dan bahkan bagi

    Putaran Doha dimulai pada menguasai persebaran 60% pangan berorganisasi, kaum tani di seluruh beberapa kasus merugi. Hal initahun 2001, dan akhirnya memang dunia. Kepentingan petani kecil dunia pasti bisa menaklukkantidak sesuai dengan kenaikan hargadiproyeksikan tahun 2006 ini (per juga aka n terp ingg irk an jik a musuh bersama.kebutuhan sehari-hari, apalagi

    Menghajar Putaran Dohaenghajar Putaran Doha

    Muhammad Ikhwan

    AKSI.Aksi petani menentang WTO di Hong KongDi atas sepetak lahan seorang petani menyemai, menumbuhkan

    dan menjaga benih agar hasilnya bisa dipanen untuk memberikankehidupan bagi umat manusia . Namun di sisi lain, sistem

    perdagangan dunia siap-siap mematikan kehidupannya

    Dok. Pembaruan Tani

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    11/16111

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006 INTERNASIONALNTERNASIONALPerdana Menteri Thailand, Thaksin

    Shinawatra akhirnya mundur dari

    jabatannya (5/4) setelah protes dari

    beberapa bulan yang lalu. Pengumuman

    ini dikemukakannya sendiri di Thailand

    setelah berkonsultasi dengan Raja

    Bumibol Adulyadej. Thaksin mengatakan

    bahwa pengunduran dirinya ini adalah

    untuk menjaga persatuan Thailand.

    Berjuta rakyat Thailand yang

    diantaranya kaum tani, pemuda, buruh,

    akademisi dan NGO bersorak puas.

    Thaksin sendiri dinilai tidak berpihak

    kepada rakyat kecil karena kebijakannya

    yang sangat neoliberal. Protes untuk

    menjatuhkan Thaksin dimulai sejak ia

    disinyalir melakukan korupsi danpenyalahgunaan kekuasaan. Thaksin

    adalah seorang pebisnis ulung dan

    pengusaha raksasa, dan rakyat

    menganggapnya menyalahgunakan

    kekuasaan demi kepentingan pribadi

    dan bisnisnya.

    Hal yang serupa kini bisa menjadi

    inspirasi di negara yang

    pemerintahannya sangat tidak berpihak

    kepada rakyat banyak. Rakyat Filipina

    telah lama ingin menjatuhkan Presiden

    Arroyo, dan mungkinkah selanjutnya

    Indonesia? Muhammad Ikhwan

    Rakyat Menggusur,Thaksin MundurRakyat Menggusur,Thaksin Mundur

    Gerakan petani di berbagai kekerasan kepada petani. petani dalam menghadapi

    penjuru dunia memperingati Amerika S erikat , buruh tani globalisasi, di Cuenca,

    hari perjuangan petani bersama dengan mahasiswa ekuador.

    internasional yang jatuh setiap memprotes kekerasan terhadap Spanyol, Pendukung MST di

    tanggal 17 April. Hari itu buruh migran yang bekerja di Madrid melakukan long march

    didedikasikan untuk sektor pertanian di Amerika bersama organisasi pencinta

    memperingati pembantaian 17 Serikat pada tanggal 17 April. lingkungan. Mereka

    petani yang tengah Argentina, Gerakan Petani menyatakan keprihatinannya

    mempertahankan lahannya di Argentina (MOCASE) terhadap kejadian 17 April di

    Caracas, Brasil, pada tahun menggelar konferensi kekerasan Brasil. Acara berlangsung pada

    1996. terhadap petani pada tanggal 17 tanggal 22 April mengingat

    Berbagai petani dari Eropa, April yang disiarkan radio Del tanggal 17 jatuh pada hari libur.Asia, sampai Amerika Monte FM 88,7. Sehari Indonesia, FSPI dan Dewan

    memperingatinya. Berikut ini sebelumnya, pada tanggal Tani Karawang menggelar

    organisasi-organisasi petani 16April, mereka mengadakan panen raya padi di Karawang

    anggota La Via Campesina, pendidikan, perlawanan dan pada tanggal 17 April. Acara

    gerakan petani internasional, pengorganisasian rakyat. tersebut di ramaikan dengan

    yang memperingati hari Catalunya, Pendukung MST diskusi publik mengenai impor

    perjuangan petani. di memperingati hari beras dan kekerasan terhadap

    Brasil, Gerakan Orang-orang perjuangan petani internasional petani. Perayaan dilangsungkan

    Tanpa Tanah (MST) dan Petani pada tanggal 22 April. di tengah sawah yang akan

    perempuan La Via Campesina Sebelumnya, 17 April mereka dipanen.

    melakukan aksi okupasi mengadakan festival. India, KRRS mengadakan

    pembibitan ekaliptus di Rio Ekuador, Koordinasi Petani karnaval benih internasional

    Grande do Sul pada bulan Nasional (CNC) menggelar pada tanggal 17 April di

    Maret 2006. Kemudian pada pameran benih untuk Mysore, India. pada tanggal 18tanggal 1 sampai 17 April, mempromosikan ketahan dan sampai 19 April mereka juga

    anggota MST menggelar kedaulatan pangan. Mereka menggelar simposium benih

    Jambore untuk menuntut juga menggelar forum debat dan bioteknologi dalam

    penghentian tindakan tentang Tantangan gerakan pertanian. Cecep Risnandar

    Peringatan Hari Perjuangan PetaniDi Berbagai Belahan DuniaPeringatan Hari Perjuangan PetaniDi Berbagai Belahan Dunia

    Pergerakan petani keanekaragaman hayati . teknologi tersebut tidak aman

    internasional, La Via Ribuan petani, buruh tani, terhadap lingkungan. Di sisi

    Campesina, mengadakan pemuda, masyarakat adat, dan lain, dapat menyebabkan

    konferensi kenekaragaman LSM memprotes pertemuan itu, monopoli industri benih

    hayati di Curitiba, Brasil, Jum'at mereka meminta penghentian karena petani tidak bisa

    (24/3). Mereka menuntut segera teknologi yang merusak membiakkan benih sehingga

    dihentikannya (moratorium) lingkungan. petani akan tergantung pada

    penggunaan teknologi Pada pertemuan tingkat produsen benih.

    terminator. Teknologi ini sangat menteri tersebut, diputuskan Menurut Tejo Pramono, staf

    berbahaya, karena benih untuk menghentikan teknologi sekertariat internasional La Via

    tanaman akan membunuh terminator pada benih. Campesina, tekanan dari

    dirinya sendiri sehingga petani Teknologi ini dikembangkan berbagai pihak terhadap

    tidak mempunyai kesempatan oleh perusahaan-perusahaan pertemuan itu membuahkanuntuk mengembang-biakannya. agribisnis raksasa seperti hasil dimoratoriumkannya

    Pada akhirnya, akan Monsanto, Sygenta dan teknologi terminator. Sebuah

    menyebabkan ketergantungan Dupont. Mereka mengajukan langkah maju. Hanya saja

    petani kepada produsen benih. hak paten atas benih yang pada konvensi itu, organisasi

    Di tempat yang sama, ada ditemukannya, kemudian rakyat tidak diberikan uang

    pertemuan tingkat menteri mencoba menerapkan teknologi yang cukup untuk bisa

    untuk menindaklanjuti terminator. mengemukakan

    protokol Cartagnena tentang Banyak pihak meyakini, pemikirannya, ujarnya. CecepRisnandar

    Teknologi Terminator

    Dimoratoriumkan

    Teknologi TerminatorDimoratoriumkan

    La Via Campesina mengecam tindakan

    kekerasan dan pelanggaran hak asasi

    yang dilakukan kepolisian kepada

    Asosiasi Petani Perempuan di Rio

    Grande, Brasil. Pada tangga 22 Maret

    lalu, sejumlah aparat kepolisian Brasil

    menggeledah sekertariat Asosiasi Petani

    Perempuan di Passo Fundo. Sejumlah

    polisi yang tidak mengenakan seragam

    dan membawa senjata api mendobrakmasuk pintu sekertariat. Mereka

    membawa komputer, berkas-berkas

    dokumen, uang dan sejumlah barang

    lainnya.

    Maksud kedatangan polisi ke tempat

    itu untuk menekan asosiasi, karena

    beberapa hari sebelumnya, yaitu tanggal

    8 Maret, organisasi itu melakukan aksi

    menentang pertanian monokultur.

    Pihak organisasi menganggap tindakan

    polisi semena-mena. Mereka

    menganggap aksi pemeriksaan itu

    sebagai teror dan kejahatan kemanusiaan

    dan melanggar nilai-nilai demokrasi.Apalagi saat penggerebegan, di

    sekerteriat banyak anak-anak dan polisi

    datang dengan senjata ditangan.Cecep Risnandar

    Via CampesinaKecam Polisi BrasilVia CampesinaKecam Polisi Brasil

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    12/16122

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006KABAR TANIABAR TANI

    Setahun kemudian, pada tanggalse jum lah dae ra h- me la kuk an (SPKN), Kelompok Tani Mandiri23-24 September 1999 di Madiun,pengorganisasian diri. Beberapa Jember (KTMJ), Serikat Petani Tirtoatas prakarsa bersama digelaror ga ni sa si ta ni lo ka l mu la i Agung Lamongan (SPTAL), Serikat

    Dalam kungkungan rezim orde pertemuan untuk menguatkan basisterbentuik secara sistematis yang Petani Aryo Blitar (SPAB), Forum baru, di tahun delapan puluhan manajemen organisasi petani yangdidukung oleh aktivis-aktivis LSM Tani Malang-Kabupaten (FTM),gerakan petani di Jawa Timur mulai mengantarkan pada pembentukanCakrawala Timur dan mahasiswa Pusat pemberdayaan Masyarakatmenempatkan posisinya sebagai organisasi petani ditingkat Jawayang tergabung dalam Forum Tani dan Nel ayan Sam panggerakan perlawanan terhadap Timur. Pembahasan secara teknisKomunikasi Mahasiswa Jawa Timur (P2 MT N) dan Se ri kat Pet anisistem otoritarian. Persoalan tanah agenda-agenda tersebut selanjutnyaFKMJT). Jombang (SPJ). Pembentukanmerupakan fenomena paling dikukuhkan pada pertemuan diDengan adanya organisasi tani organisasi -organisasi it u tidakdominan, karena banyak sengketa T u b a n p a d a t a n g g a l 1 3 - 1 4lokal, perjuangan petani semakin terlepas dari peran pendampinganpertanahan yang merugikan pihak November 1999.kua t dan man dir i. Kem udi an dan fasilitator para aktivis LSM danp e t a n i . P e n g g u s u r a n d e m i Pada dua pertemuan tersebutorganisasi tani lokal di masing- mahasiswa.penggusuran selalu menempatkan

    hadir kelompok dan organ petanimasin g kabupaten mem bentuk Beberapa saat sebelum reformasi,pihak petani dalam posisi yang dari daerah Ngawi, Ponorogo,serikat tani. Di Tuban berdiri Serikat tepatnya pada bulan Novemberlemah. Tuban, Lamongan, Gresik, Malang,Petani Ronggolawe Tuban (SPRT), 1997, kelompok-kelompok petani

    Banyak petani menolak tanahnya Probolinggo, dan Jember yangdi Malang berdiri Serikat Petani dari berbagai daerah di Jawa Timurdijadikan areal industri, karena selanjutnya disebut "Tim 8 Serikattanah milik petani yang dibebaskan Petani Jawa Timur" sebagai badandengan harga yang tidak layak. pekerja yang akan menyusunPembebasan tanah yang berkedok persiapan-persiapan menujukepen t in gan umum ban yak terselenggaranya kongres danmewarnai berita dari tahun ke tahun deklarasi Serikat Petani Jawa Timur.hingga pada masa gelombang T i m 8 i n i s e c a r areformasi marak didengungkan berkesinambungan melakukan

    banyak kelompok masyarakat. pertemuan setiap dua mingguSelain itu, protes petani karena sekali dengan mengambil tempat

    dampak limbah suatu industri yang berpindah-pindah dari daearahmerusak kawasan pertanian, satu ke daearah lainnya. Terhitungmencemarkan air dan polusi udara se jak Oktober 1999 h in gga

    banyak mengemuka. Ditambah lagi Desember 2000, Tim 8 telahpersoalan-persoalan penggunaan melakukan pertemuan sebanyak 27dana-dana subsidi pertanian di kali, 8 kali pengadaan pelatihantingkat desa yang banyak dikorupsi. manajemen organisasi petani

    Pada tahun 1988 di Tuban, mulai tingkat lokal, 8 kali pengadaanterjadi perlawanan petani yang pelatihan teknis pembuatan pupuktanahnya dibebaskan dengan organik, dan sekali pelatihansemena-mena demi kepentingan manajemen pemasaran produksiinvestasi. Keberanian petani Tuban pertanian dan penanganan pascaitu dengan cepat menyebar ke panen. Disamping itu, badanBuring Malang (SPBM), di Gresik me la ku ka n pe rt em ua n yan gdaerah-daerah lain. Diantaranya pekerja secara intensif melakukanPaguyuban Petani Giri Nusantara pertama kali di Songgoriti-Batu,terjadi perlawanan di Malang pada pendampingan-pendampingan(PPGN) dan Probolinggo berdiri Malang. Mereka bertemu untuktahun 1991, di Sampang tahun 1993, kasus pertanahan dan masalah-Se ri ka t Pet an i Dj oj ol el on o membentuk jaringan kerjasamaGresik tahun 1995, dan Probolinggo masalah pertanian di daerahnyaProbolinggo (SPDP). ant ar pet ani di Jawa Tim ur.tahun 1995. masing-masing.Setelah terbentuk berbagai serikat Kegiat an ini dip rakars ai ole h

    Sampai gerakan reformasi 1998, Pada bulan Desember 2000,tani, para petani memperluas arena mahasiswa FKMJT.perlawanan-perlawanan petani itu s e t e l a h m e r a m p u n g k a nperj uangnn ya. Kini , i su yang Hadir dalam pertemuan tersebutmendapat momentumnya. Petani di penyusunan draft keorganisasiandiusung tidak melulu soal tanah, kelompok-kelompok petani daridaerah-daerah tersebut semakin dan kelengkapan lain, Tim 8melainkan meluas ke soal-soal daerah Tuban, Gresik, Ngawi,intensif melakukan perlawanan membentuk kepanitiaan kongreskepentingan petani dan pertanian Malang, Probolinggo, dan Jember.secara politik guna memenangkan dan deklarasi Serikat Petani Jawasecara umum. Kemudian disepakati untukkepentingan petani. Mereka Timur untuk mewujudkan cita-citaPada perkembangan berikutnya, mendirikan Jaringan Komunikasimenempuh jalur politik dan bersama membangun rumah petani banyak petani di wilayah lain yang Petani Jawa Timur.gerakan karena dengan jalur hukum yang bernama Serikat Organisasimu la i te rt ar ik de ng an po la Pada bulan Oktober 1998 di Pacet-mereka selalu kalah. Hal ini wajar Petani Jawa Timur (SPJT). Inilahper jua nga n or gan isa si tani . Mojokerto, kelompok-kelompokmengingat dalam sejarah konflik perwujudan perjuangan, komitmenDitambah lagi dengan iklim politik petani tadi kembali melakukan

    pertanahan, sejak jaman kolonial dan karsa dari perjalanan panjangyang kondusif setelah Suharto pe r te mu an l an ju t an g un apetani tidak pernah dimenangkan yang melelahkan demi sebuah cita,lengser. Pada selang waktu 1998 penguatan dan pengembangandi pengadilan. kemakmuran, kemandirian dansampai 2000 berdiri Forum Tani jaringan yang lebih mengarah pada

    Berangkat dari problematika dan keadilan.Suromenggolo Ponorog (FTSP), pembentukan organ petani Jawapolemik pertanahan itu, petani di

    Serikat Petani Kali Andong Ngawi Timur.

    PROFIL ORGANISASIROFIL ORGANISASISPJT Membangun Perjuangan BersamaPJT Membangun Perjuangan BersamaMulyadi

    Ali fahmi/PEMBARUAN TANI

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    13/16133

    Pembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006 PETANI PEREMPUANETANI PEREMPUAN

    yang dipandu oleh Ai Nanan dari dalam kehidupan. Posisi wanita

    SP P. Ba nya k pe ng al am an - adalah sama dengan kaum laki-laki

    pengal aman menar ik sela ma dalam hak dan kewajibannya

    terlibat dalam organisasi petani sesuai UUD 1945, oleh karena itu

    yang diungkapkan para peserta. mari kita bersama-sama berjuang

    Mere ka berb agi peng alama n bersama para petani laki-laki

    ten tang kondis i organisasi d i u n t u k me m p e r j u a n g k a n

    da er ah ny a mas in g- ma si ng . kehidupan petani ke arah yang

    Menyenangkan sekali karena bisa lebih sejahtera, katanya.

    saling curhat, Atoy H a r i k e d u a

    s a l a h s e o r a n g mengetengahkan tema

    peserta dari OTL perjuangan petani danBagolo. l a n d r e f o r m .

    H a l s e n a d a Pe ma te ri nya ad al ah

    diungkapkan Cici, I m a m B a m b a n g

    pesert a termud a Setiawan dari salah

    d a r i O T L seorang Deputi SPP.

    M a r g a h a r j a . I m a m m e n g u p a s

    Kegiatan ini bagus te nta ng per jua nga n

    sekali, ungkapnya, pe ta ni SP P da la m

    ha nya sa ja Ci ci merebut lahan untukketerlibatan perempuan bagi m e n am b a hk a n , d i j a d i k a n l a h a norganisasi petani. Manfaatnya Teta pi kura ng garapan. Mengenai

    banyak sekali, baik untuk pribadi diminati oleh ibu- pelatihan ini Imammaupun untuk keberlangsunganP e r e m p u a n h a r u s a k t i f ibu anggota SPP berkomentar singkat,

    jalannya organisasi, papar Watiberorganisasi untuk mencapai cita- lain, terbukti yang hadir disini Bagus sekali acara seperti ini,kepada Pembaruan Tani disela-selacita organisasi petani, yaitu hanya beberapa perwakilan saja. sebaiknya diselenggarakan secaraacara.mewujudkan kehidupan yang Pada kesempatan itu datang juga berkala dan berkesinambungan.

    Lebih jauh, dia mengatakansejahtera di pedesaan. Kesadaran pembicara Ekosok Jakarta yang A c a r a b e r a k h i r d e n g a nbahwa acara ini merupakan salahk a u m p e r e m p u a n d a l a m mengetengahkan masalah peranan diramaikan oleh kunjungan siswa-satu bentuk dukungan petani berorganisasi sangatlah penting, perempuan dalam mendampingi sis wi SMP pl us Pasa waha n,p e r e m p u a n t e r h a d a pm e n g i n g a t p e r a n s e n t r a l petani laki-laki yang bergerak di Banjarsari , Ciamis. Para siswakeberlangsungan organisasi.perempuan dalam keluarga petani. organisasi rakyat. Yanti, demikian sekolah gratis yang dikelola olehDengan mengikuti pendidikan ini,Mendidik satu perempuan sama nama pembicara itu, menekankan SPP ini datang untuk bersosialisasidiharapkan petani mampu mandirihalnya dengan mendidik satu p e r e m p u a n h a r u s b i s a dengan kegiatan organisasi petanidan tidak bergantung kepadakeluarga, ujar Wati, salah seorang mendapatkan hak dan kewajiban khususnya petani perempuan.k a u m l a k i - l a k i n y a s a j a .pengurus Serikat Petani Pasundan, yang sama dengan kaum lelakiPerempuan harus tahu bahwa diapada pembukaan pelatihan petani

    juga punya hak dan kewajibanperempuan yang digelar di Desa

    yang sama dengan kaum laki-laki,Ciagayam, Kabupaten Ciamis,

    bisa mempunyai pandangan yangSenin 27 Maret lalu.

    jauh ke depan tentang kehidupanKegiatan berlangsung selama

    organisasi dan turut berperandua hari dan dihadiri oleh 40 petani

    u n t u k m e n j a l a n k a n r o d ap e r e m p u a n d a r i b e r b a g a i

    organisasi, tambahnya.organisasi tani anggota Serikat

    Dengan semakin mantapnyaPetani Pasundan (SPP) wilayah

    kesadaran perempuan untukCiamis. Bertindak selaku penitia

    b e r o r g a n i s a s i d i h a r a p k a nacara Organisasi Tani Lokal (OTL)

    terbentuk keluarga petani yangPasawahan yang berkoordinasi

    kuat. Sehingga perjuangan petanidengan Koordinator petani

    untuk mewujudkan cita-citanyaperempuan SPP.

    s e m a k i n k u a t p u l a . W a t iAdapun tujuan kegiatan tersebut

    menjanjikan kegiatan seperti akanantara lain untuk meningkatkan

    berlangsung secara berkala.tali silaturahmi antar anggota

    Pelaksanaannya pun tidak hanya dip e t a n i p e r e m p u a n s e c a r a

    wilayah Ciamis saja, tetapi diberkelanjutan serta menumbuhkan

    semua wilayah SPP.keterlibatan petani perempuan

    Acara pelatihan dimulai denganorganisasi petani di OTL masing-

    tukar pengalaman diantara pesertamasing. Wati menekankan manfaat

    Perempuan Harus Terlibat Aktif

    Dalam Organisasi

    Perempuan Harus Terlibat AktifDalam Organisasi

    Harry Mubarak

    Mendidik satu

    perempuan

    sama halnya

    dengan

    mendidik satu

    keluarga

    Pelatihan petani perempuan Serikat Petani Pasundan di Desa Cigayam,Ciamis, 27-28 Maret 2006.

    Siswi-siswi anak petani yang bersekolah di SMP plus Pasawahan,sekolah anak-anak petani di Ciamis

    Syahroni/PEMBARUAN TANI

    Cecep Risnandar/PEMBARUAN TANI

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    14/16

    INFO PRAKTISNFO PRAKTIS

    144

    AGRARIANAGRARIANAManusia Jagunganusia Jagung Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Dokter lama berselang ia mengabarkan sudah menyembuhkan anak saya. Tapimengatakan, sakitnya disebabkan ia kesembuhan lelaki tadi kepada apa Dokter yakin anak saya benar-benar

    mempunyai kepribadian yang terpelintir. keluarganya. Pihak keluarga gembira sembuh?Ia menyamakan dirinya dengan barang- bukan kepalang. Ayahnya langsung Saya jamin. Anak anda terlihat lebih

    Suatu hari di Republik Babakan Waras barang tertentu, dalam menjemputan ke RSJ. ceria bukan? Kalau tidak percaya cobaada seorang lelaki muda yang menderita kasus ini adalah Setiba di RSJ, si Ayah anda tanya sendiri, tegas si Dokter.sakit jiwa. Penyakit jiwanya sedikit lain Jagung. bertemu si Lelaki muda Dengan perasaan haru si Ayahdari yang biasa. Pasalnya, lelaki itu Kabar gembiranya, yang didampingi si memeluk anak lelakinya itu. Kamumerasa dirinya adalah Jagung. Ia selalu si Dokter menjamin Dokter. Lelaki itu terlihat sudah benar-benar sembuh nak? Tanyaketakutan ketika bertemu tukang penyakit lelaki itu bisa lebih ceria dibanding si Ayah.borondong atau tukang jagung bakar. disembuhkan seratus sebelumnya. Wajahnya Lelaki itu menjawab, Ya Ayah, DokterKhawatir tubuhnya akan digoreng atau persen. Syaratnya terlihat segar tak kuyu sudah merawat saya dengan baik.

    dibakar. Tidak hanya itu, ia juga takut harus berobat secara seperti dulu. Kepada si Sekarang saya benar-benar sudahsama ayam. Takut kalau-kalau dirinya intensif dan tentu saja Ayah, Dokter berkata, merasa bukan jagung lagi. Tapi...dipatuk karena ia sebuah jagung. bayar. Selamat anak anda sekarang sudah Bagaimana dengan ayam-ayam itu,

    Semakin hari, ia semakin tersiksa Dokter memang bukan politikus, sembuh total. apakah mereka masih mengira sayadengan perasaanya. Akhirnya, janjinya segera terwujud. Tak berapa Si Ayah menjawab, Terima kasih Dok, jagung Ayah?keluarganya membawa lelaki itu ke

    Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang Pembuatan tempe secara tradisional CARA PEMBUATANkedelai, kacang tanah, biji kecipir, koro, kelapa biasanya menggunakan tepung tempe yang 1) Bersihkan kedelai kemudian rendam satudan lain-lain merupakan bahan pangan sumber dikeringkan di bawah sinar matahari. Sekarang malam supaya kulitnya mudah lepas;protein dan lemak nabati yang sangat penting pembuatan tempe ada juga yang 2) Kupas kulit arinya dengan cara diinjak-injak.peranannya dalam kehidupan. Asam amino menggunakan ragi tempe. Bila ada, dapat menggunakan mesin pengupasyang terkandung dalam proteinnya tidak kedelai;selengkap protein hewani, namun 3) Setelah dikupas dan dicuci bersih, kukuspenambahan bahan lain seperti wijen, jagung dalam dandang selama 1 jam. Kemudianatau menir adalah sangat baik untuk menjaga angkaat dan dinginkan dalam tampah besar;keseimbangan asam amino tersebut. 4) Setelah dingin, dicampur dengan ragi tempe

    Kacang-kacangan dan umbi-umbian cepat sebanyak 20 gram;sekali terkena jamur (aflatoksin) sehingga 5) Masukkan campuran tersebut dalammudah menjadi layu dan busuk. Untuk cetakan yang dialasi plastik atau dibungkusmengatasi masalah ini, bahan tersebut perlu dengan daun pisang. Daun atau plastikdiawetkan. Hasil olahannya dapat berupa dilubangi agar jamur tempe mendapat udaramakanan seperti keripik, tahu dan tempe, serta dan dapat tumbuh dengan baik;minuman seperti bubuk dan susu kedelai. 6) Tumpuk cetakan dan tutup dengan karung

    Kedelai mengandung protein 35 % bahkan goni supaya menjadi hangat. Setelah 1 malampada varietas unggul kadar proteinnya dapat jamur mulai tumbuh dan keluar panas;mencapai 40 - 43 %. Dibandingkan dengan 7) Ambil cetakan-cetakan tersebut dan letakkanberas, jagung, tepung singkong, kacang hijau, Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada diatas rak, berjajar satu lapis dan biarkandaging, ikan segar, dan telur ayam, kedelai proses pengolahan tempe agar diperoleh hasil selama 1 malam;mempunyai kandungan protein yang lebih yang baik ialah: 8) Keluarkan tempe dari cetakannya.tinggi, hampir menyamai kadar protein sususkim kering. 1) Kedelai harus dipilih yang baik (tidak busuk) Catatan:

    Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat dan tidak kotor; 1) Ruangan untuk membuat tempe harusmakan daging atau sumber protein hewani 2) Air harus jernih, tidak berbau dan tidak bersih dan tidak harus terbuat dari tembok.lainnya, kebutuhan protein sebesar 55 gram mengandung kuman penyakit ; Ruangan untuk pemeraman diberi jendela,per hari dapat dipenuhi dengan makanan yang 3) Cara pengerjaannya harus bersih; agar udara dapat diatur dengan membuka atauberasal dari 157,14 gram kedelai. Kedelai 4) Bibit tempe (ragi tempe) harus dipilih yang menutup jendela tersebut. Di waktu musimdapat diolah menjadi: tempe, keripik tempe, masih aktif (bila diremas hujan ruangan ini perlu diberi lampu agar suhutahu, kecap, susu, dan Lain-lainnya. membentuk butiran halus atau tidak ruangan tidak terlalu dingin.

    Proses pengolahan kedelai menjadi menggumpal). 2) Tempe mudah busuk setelah disimpan 2 berbagai makanan pada umumnya merupakan hari dalam keadaan terbungkus, oleh karenaproses yang sederhana, dan peralatan yang BAHAN itu perlu diawetkan secara kering;digunakan cukup dengan alat-alat yang biasa 1) Kedelai 10 kg 3) Iris tempe dengan ketebalan mm,dipakai di rumah tangga, kecuali mesin 2) Ragi tempe 20 gram (10 lempeng) keringkan dalam oven pada suhu 750 celciuspengupas, penggiling, dan cetakan. 3) Air secukupnya selama 55 menit. Dengan cara pengawetan

    seperti ini produk tempe awetan yangALAT dihasilkan tahan disimpan selama 3 sampai 51) Tampah besar minggu.2) Ember 4) Kandungan protein dan lemak tempe3) Keranjang kedelai, masing-masing sebesar 22,5% dan4) Rak bambu 18%. Kebutuhan protein sebesar 55g/hari5) Cetakan dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi tempe6) Pengaduk kayu sebanyak 244,44 gram.7) Dandang

    Sumber : Tri Margono, Detty Suryati, Sri Hartinah, Buku8) Karung goniPanduan Teknologi Pangan, Pusat Informasi Wanita9) Tungku atau kompordalam Pembangunan PDII-LIPI bekerjasama dengan

    Membuat Tempeembuat TempePembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006

  • 8/8/2019 Pembaruan Tani edisi April 2006

    15/16155

    REFLEKSIEFLEKSIPembaruan Tani - April 2006embaruan Tani - April 2006

    Onih, 45 tahun, perempuan asal Perseteruan antara perusahaan P u n c a k n ya ke t i k a p i h a k kelolanya.Desa Dangiang Kecamatan Cilawu, perkebunan dan kehutanan dengan perusahaan menuntut warga untuk Sejak kehilangan tanah, ceritaGarut, bertahun-tahun hidup warga Desa Dangiang sudah membuktikan kepemilihan atas kemiskinan pun dimulai. Banyakmemburuh. Ia mengandalkan mata berlangsung sejak dulu. Selama ini lahan dengan sertifikat. Tentu saja warga desa yang kemudianpencaharian pada usaha pertanian. po si si pe ta ni be gi tu le ma h tak ada yang bisa menjawabnya. meninggalkan kampungnya.Itu pun seked ar memburuh. dihadapan sistem kekuasaan. Bagi warga kepemilikan tanah Lambaian rayuan kota, memotivasiPendapatannya hanya cukup untuk Padahal menurut cerita dari leluhur tidak pernah dibuktikan dengan orang terbaik kampung untukm ak an , t e r k ad an g ku r an g . desa, lahan-lahan yang di klaim sertifikat. Melainkan diwariskan pergi. Ketika sampai di kotaAkibatnya, anaknya hanya bisa c e r i t a n y a m e n j a d i l a i n .sekolah sampai tingkat sekolah Keterampi lan bertan i yan gdasar. diwariskan teurun temurun

    Selain memburuh, keluarga Onihmenjadi tidak bermanfaat. Merekamen cari tambah an sebaga i hidup sebagai buruh angkut, buruh

    pengumpul kayu bakar. Seperti bangunan, asongan dan lainnya.warga desa lainnya, setiap minggu Cerita kesejahteraan, gedungpagi, keluarga itu mencari ranting- pencakar langit, gemerlapnyaranting di areal hutan pemerintah. cahaya, tak menjamin merekaKegiatannya itu bukan tanpa hidup bermartabat dan terhormat.resiko. Bila ketahuan aparat Sementara itu, anak-istri yangkehutanan, ia harus lari pontang ditinggalkan harus banting tulangpanting. Kalau tidak mau dikejar m e m p e r t a h a n k a n h i d u paparat, mereka harus menyiapkan keluarganya di kampung.pelicin. Uang rokok, begitu Potret sederhana ini menegaskanorang-orang mengistilahkannya. b a h w a p e n i n d a s a n d a nAtau bila tidak ada uang, dengan marjinalisasi kelompok-kelompokterpaksa harus menyiapkan besar adalah sebuah realitas. Takhidangan empuk. Bila tidak ada bisa ditutupi dengan berbagai

    juga, siap-siap ambil langkah retorika dan sloganisme. Padahalseribu. Lalu, ribuan ancaman pun desa merupakan wilayah yang kayamenghujani mereka. raya. Namun kekayaan itu hanya

    Pernah suatu kali ketika sedang m e n g a l i r d a n t e r h i m p u nmengumpulkan kayu bakar, ia disegelintir orang. Tentu untukkepergok petugas kehutanan. Tak menghentikan potret ketidakayal lagi, ranting-ranting yang adilan itu, tak ada pilihan lainterkumpul satu demi satu itu sela in men en tan g s trukturdirampas seluruhnya. Bila sudah kekuasaan yan g men in das .

    begitu, Onih hanya bisa mengelus Selanjutnya, harus dibangundada. Ia keluar dari hutan, pembelajaran bagi orang yangdiambilnya sabit kemudian tertindas agar mampu berkatamencari rumput. Kali ini, ia hentikan terhadap tindakan

    menyabit rumput di lahan PTP eksploitasi, dan imperialisme.Perkebunan Dayeuh Manggung. Tak bisa dipungkiri mengubahT a p i n a s i b n a a s t a k j u g a struktur kekuasaan yang menindasmeninggalkannya. Ia bese