Over Clock Prosessor

Click here to load reader

  • date post

    24-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    84
  • download

    11

Embed Size (px)

Transcript of Over Clock Prosessor

Hardware

Overclock Processor

Inilah Denisinya!HyperTransportTeknologi dari AMD yang memiliki tur kecepatan tinggi, latensi rendah dan link point to point yang dirancang untuk meningkatkan komunikasi antara circuit di komputer. HyperTransport mengurangi jumlah bus dalam sistem sehingga bisa mengurangi efek bottleneck. HyperTransport juga mengijinkan processor menggunakan memory lebih esien.

PeltierBiasa dikenal juga sebagai Pelt, TMB atau TEC. Peltier adalah sebuah perangkat elektronik dimana saat ada aliran listrik yang melaluinya, maka di satu sisi akan panas sekali tapi di sisi satunya lagi akan sangat dingin sekali. Sisi dinginnya biasanya bersuhu 69 derajat Celcius lebih rendah daripada sisi panas. Apabila sisi panasnya didinginkan, maka sisi dingin akan lebih dingin lagi. Peltier biasa digunakan dengan water cooling.

Overclock, terutama pada processor, sekilas memang tampak susah dan menakutkan. Tapi hal itu sangat mungkin untuk dilakukan, dan bahkan kadang menyenangkan untuk dilakukan. Di edisi awal tahun ini, kita akan mencoba mempraktikkan overclock processor.

Phase ChangeDikenal juga dengan nama Vapor Phase Cooling. Phase change merupakan metode pendinginan yang cukup jarang digunakan untuk overclock. Phase change pada dasarnya adalah heatsink pada CPU, GPU atau chip northbridge. Heatsink itu kemudian terhubung dengan kompresor yang biasanya berisi gas propana dan gas yang biasa dipakai untuk lemari pendingin. Phase change bisa menghasilkan suhu -20 hingga -90 derajat celcius, tergantung dari gas, kompresor dan heatsink yang dipakai.

enurut Wikipedia, overclock adalah proses memaksa komponen komputer untuk berjalan pada clock yang lebih tinggi dari seharusnya. Proses ini dilakukan untuk meningkatkan performa komputer. Karena apabila Anda menggunakan processor pada kecepatan standarnya, itu sama saja seperti kehilangan potensi sebenarnya. Sebab, sudah bukan rahasia lagi bahwa processor memang sengaja dilabeli dengan kecepatan di bawah kecepatan potensialnya. Misalnya, processor Anda memiliki kecepatan 3 GHz, tapi

M

sebenarnya processor itu masih sanggup dijalankan pada 3,3 GHz. Ada beberapa alasan kenapa processor atau komponen lainnya sengaja diatur pada kemampuan di bawah kemampuan sebenarnya. Alasan pertama adalah adanya variasi komponen, kedua adalah demi memenuhi kebutuhan pasar, dan terakhir adalah memperpanjang umur komponen tersebut selama masih diproduksi. PERINGATAN: Saat Anda bermain dengan overclock, risiko Anda tanggung sendiri. Overclock bisa menyebabkan kerusakan bahkan menghancurkan processor Anda, termasuk juga motherboard, dan komponen lainnya, serta bisa menghilangkan garansi. Jadi, pertimbangkan dulu baik-baik sebelum melakukan overclock, dan lakukan secara bijak.

Dasar-dasar OverclockMenentukan Kecepatan Processor Processor saat ini tersedia dalam berbagai versi dan kecepatan yang berbeda. Ditambah lagi penamaan yang cukup membingungkan, dan tidak mencerminkan kecepatan aslinya. Ada cara mudah untuk mengalkulasi kecepatan clock dari sebuah processor. Setiap processor memiliki apa yang disebut dengan nilai multiplier. Apabila multiplier tersebut dikalikan dengan nilai front side bus (FSB) maka akan menghasilkan kecepatan clock pada processor. Contohnya, Intel Core 2 Quad QX6700 2,66 GHz memiliki nilai multiplier 10. FSB yang disediakan untuk processor ini adalah 1066 MHz. Lalu kalikan 10 dengan 1066 yang menghasilkan 10660. Tapi, tunggu dulu. FSB untuk Intel menganut sistem quad pumped. Artinya, nilai FSB sebenarnya adalah 266 MHz (karena 1066/4 = 266). Jadi clock sebenarnya untuk Intel Core 2 Quad QX6700 adalah 266 dikali 10, yang sama dengan 2660 MHz atau 2,66 GHz. Overclock bisa dilakukan dengan cara menaikkan nilai multiplier, menaikkan FSB atau keduanya. Dengan mengombinasikan keduanya, Anda bisa mendapatkan clock yang lebih tinggi. Apakah Processor Saya Bisa Di-overclock? Sebagai aturan utama, processor yang lebih baik untuk di-overclock adalah processor yang menggunakan versi terbaru, atau istilahnya adalah CPU stepping dan revision number. CPU stepping adalah label internal yang dipakai baik oleh Intel atau AMD untuk menunjukkan versi. Tidak ada processor yang sempurna, sama seperti software, processor juga ada versinya. Dan versi pertama sebuah jajaran processor biasanya menggunakan CPU stepping A-0. Selanjutnya, apabila ada perbaikan pada produk itu, angka CPU stepping-nya akan naik menjadi A-1, A-2, B-0, dan seterusnya. Contoh jelasnya, seandainya Anda memiliki processor Intel Core 2 Quad Q6600 dengan CPU stepping G-0 maka bisa disimpulkan bahwa processor tersebut akan berjalan lebih dingin ketimbang Intel Core 2 Quad Q6600 dengan CPU stepping B-3. Bagaimana caranya untuk mengetahui CPU stepping dari sebuah processor? Cara paling mudahnya adalah dengan menggunakan utiliti-utiliti seperti CPU-Z (www.cpuid.com), atau AIDA32 (www.majorgeeks.com/download181. html):

Quad PumpedIstilah lain dari Quad Data Rate, adalah teknik pensinyalan komunikasi dimana data ditransmisikan baik saat sinyal clock naik dan turun, hampir sama seperti teknologi DDR. Tapi dengan dua sinyal clock yang 90 derajat saling menjauhi, maka secara efektif akan menghantarkan 4 bit data per siklus clock. Teknologi ini diperkenalkan pertama kali oleh Intel pada core Willamette, dan pada saat ini dipakai di Pentium 4, Celeron, Pentium D, Core 2.

Water CoolingMetode pembuangan panas dari komponen yang menggunakan air sebagai media pemindah panasnya. Keuntungan dari penggunaan water cooling adalah kapasitas panas yang lebih tinggi, densitas dan konduktivitas suhu. Dalam beberapa tahun ini, penggunaan water cooling sudah semakin umum, khususnya untuk processor. Water cooling biasanya terdiri dari CPU water block, pompa air, dan pembuang panas (berupa radiator dengan kipas). Penggunaan water cooling tidak hanya meningkatkan kemampuan overclock dan pengoperasian yang lebih sunyi, tapi juga membuang panas lebih baik.

ada mengenai processor Anda gunakan. Lihat ke item CPU Stepping. 2Klik item CPU yangyangdi sebelah kiri, dan akan muncul informasi Atau bila menggunakan 3CPU-Z, bukaRevision.dan tab CPU, lihat di bagian Lalu muncul pertanyaan, dari semua CPU stepping, manakah yang paling bagus untuk di-overclock? Untuk menemukan jawabannya hanya bisa didapat melalui riset, dan sumber yang paling bagus adalah website-website khusus overclock seperti http://forums. extremeoverclocking.com/, www.firingsquad.com/special/ ocdb/, dan lain-lain. Multiplier yang Dikunci Produsen processor melakukan beberapa hal, agar processor mereka bekerja pada clock yang seharusnya. Salah satunya adalah dengan

1

Instal, dan jalankan AIDA32.

26

01/2008

Overclock Processormengunci multiplier-nya sehingga tidak bisa diubahubah melalui BIOS. Langkah ini juga bisa mencegah para penjual nakal yang menjual processor berkecepatan rendah tapi dengan harga processor yang berkecepatan lebih tinggi. Secara tidak langsung, penguncian multiplier ini juga berpengaruh kepada para overclocker. Tidak semua processor multiplier-nya dikunci. Seri Intel Extreme edition tidak dikunci, begitu pula AMD seri FX. Peranan Voltase Core Saat melakukan overclock, pada dasarnya adalah memaksa

Hardware

processor untuk bekerja di atas standarnya. Oleh sebab itu, processor membutuhkan asupan daya yang lebih dari biasanya. Efek samping dari penambahan daya dari yang sudah ditetapkan adalah umur processor menjadi lebih pendek atau bahkan hangus. Jadi, pikirkan lebih dulu sebelum melakukan penambahan daya.

Hardware yang Tepat

P

rocessor adalah komponen utama dalam overclock. Tapi processor bukanlah satu-satunya komponen yang harus diperhatikan.

Motherboard Secara umum, harga menentukan kualitas. Jika Anda menggunakan motherboard berkualitas menengah ke bawah, tentu hasil overclock yang didapat juga kurang maksimal. Tapi dengan motherboard yang lebih mahal, komponen yang dipakai dan kemampuan overclock-nya tentu lebih baik. Namun, bukan berarti motherboard kelas menengah ke bawah tidak sanggup untuk di-overclock. Untuk mencari motherboard mana yang bagus untuk di-overclock, Anda harus rajin-rajin membaca berbagai review motherboard, termasuk yang ada di PC Mild dan PC Media. Tip tambahan lainnya, jika Anda membeli motherboard untuk overclock, belilah motherboard revisi terbaru. Karena dalam revisi terbaru, motherboard sudah diberikan perbaikan di sana-sini, dan biasanya lebih bagus untuk di-overclock. Revisi motherboard biasanya bisa dilihat pada sik motherboard-nya sendiri, yang terletak dekat dengan tulisan seri motherboard. Contohnya, REV 1.0, REV.J, dan lain-lain. Atau bisa juga

Power Supply Di bagian awal sudah disebutkan bahwa voltase turut memainkan peranan dalam overclock. Oleh sebab itu, Power Supply Unit (PSU) yang dipakai haruslah yang bisa diandalkan. Yang kami maksud dengan diandalkan adalah jangan melihat dari besarnya watt yang ditawarkan, tapi lihatlah dari kualitasnya. Maksudnya begini, akan lebih baik memilih PSU 750 watt dari merek ternama, ketimbang memilih PSU 1200 watt tapi dari merek yang tidak terkenal. Kenapa? Karena PSU merek-merek ternama umumnya memiliki nilai esiensi yang tinggi. Contohnya, sebuah PSU merek ternama menghadirkan 750 watt dengan esiensi 80%. Itu artinya PSU tersebut bisa menghantarkan daya sekitar 600 watt (80% x 750). Nah, PSU dari merek-merek tidak ternama biasanya memiliki esiensi sekitar 50-60%. Tapi bukan berarti PSU tersebut tidak bisa dipakai di-overclock. Bisa saja, namun umur pemakaiannya akan lebih pendek dari PSU dari merek-merek ternama karena kualitas komponen yang dipakai tidak sebagus dari merek ternama. Dan ingat satu hal, sebagus apapun sebuah PSU, tidak ada yang menyajikan esiensi sampai 100%. Tip lainnya lagi dalam memilih PSU adalah selalu gunakan daya yang lebih besar dari yang Anda butuhkan. Misalnya, PSU 750 watt yang be