MAKALAH CETAK SABLON SEDERHANA DAN MONOPRINT

download MAKALAH CETAK SABLON SEDERHANA DAN MONOPRINT

of 9

Embed Size (px)

Transcript of MAKALAH CETAK SABLON SEDERHANA DAN MONOPRINT

MAKALAHCETAK SABLON SEDERHANA DAN MONOPRINT

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAHPENDIDIKAN SENI RUPA DAN KERAJINAN SEKOLAH DASARDOSEN PENGAMPU : MUHAMMAD REYHAN FLOREAN, M. Pd.

KELOMPOK 3

NAMA NPM1. DWI BIMA SEPTIAN 141962060112. AULIA RAHMA NAFIAH 141862060123. DIAN DWI PRASTYO 141862060134. FADIL MUHAMMAD 141862060145. IVAN AZIZ NABAWI 14186206268

KELAS 3A

STKIP PGRI TULUNGAGUNGPROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARTAHUN AJARAN 2015/2016

KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufiq-Nya sehingga dapat penyusun dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Estetika dan Perkembangannya sebagai tugas mata kuliah Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Sekolah Dasar yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Reyhan Florean, M.pd. Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga masih perlu bimbingan dan arahan. Mengingat keterbatasan waktu, tenaga, dan kemampuan penyusun. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan bimbingan, saran, dan kritik demi kesempurnaan makalah berikutnya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk penyusun, pembaca, dan pendidik pada khususnya.

Tulungagung, 8 Oktober 2015 Penyusun

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar BelakangSeni rupa merupakan sebuah konsep atau nama dari salah satu cabang seni yang bentuk atau wujudnya terdiri dari unsur- unsur rupa yang berupa bidang , garis, tekstur, bentuk, ruang dan warna. Jika ditinjau dari segi bentuk dan wujudnya yaitu dibagi menjadi seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Salah satu seni rupa dua dimensi yaitu cetak sablon dan monoprint. Cetak sablon adalah teknik untuk mencetak tinta dalam berbagai media seperti kertas, kaos, kayu dan lain-lain. Monoprint adalah printing pertama dengan menggunakan transfer medium yang dapat diulang untuk menghasilkan printing berikutnya sesuai dengan aslinya atau dengan yang pertama tersebut.

1.2 Rumusan Masalah1. Apa saja bahan dan alat untuk teknik cetak sablon sederhana?2. Bagaimana teknik cetak sablon sederhana?3. Apa saja bahan dan alat untuk teknik monoprint?4. Bagaimana teknik monoprint?

1.3 Tujuan1. Menjelaskan bahan-bahan untuk teknik cetak sablon sederhana 2. Menjelaskan tentang teknik cetak sablon sederhana3. Menjelaskan bahan-bahan untuk teknik monoprint4. Menjelaskan tentang teknik monoprint

BAB IIPEMBAHASAN

1. Cetak sablonSablon adalah teknik untuk mencetak tinta dalam berbagai media seperti kertas, kaos, kayu dan lain-lain.Alat dan bahan yang dibutuhkan:

1 Pisau Cutter Gunting Kuas Kapas Spon/busa Sisir Sikat gigi Kertas Pewarna Koran bekas Tempat pewarna

Proses pengerjaannya:a. Membuat acuan cetak dari kertas : buatlah gambar/bentuk untuk acuan cetaknya. Torehlah kontur/pinggir gambar tadi sampai tembus.b. Siapkan pewarna. Buatlah campuran warna pada tempat yang disediakan. Pewarna pada proses sablon ini sama dengan pewarna yang digunakan pada proses cetak sebelumnya. Kita dapat menggunakan cat air, ontan/sepuhan, pewarna kue cair, atau pewarna alam yang sudah disebutkan sebelumnya.c. Letakkan acuan cetak di atas kertas yang masih utuh. Acuan cetak harus menempel serapat-rapatnya agar tidak terjadi kebocoran pada saat pemulasan/pencetakkan. Sebaiknya kertas tersebut dialasi kertas koran.d. Ambil kuas, celupkan ke pewarna, selanjutnya pulaskan pada acuan yang ditoreh tadi. Bila pewarnaan menggunakan kapas atau spon yang dicelupkan pada pewarna, tentu saja tidak dipulaskan seperti kuas namun kapas atau spon itu ditekan-tekankan pada lubang acuan cetaknya.Cara sederhana lainnya kita gunakan sikat gigi dan sisir untuk memberi warna hasil cetakan. Dengan menggosokkan sikat gigi yang terlebih dahulu dicelupkan ke pewarna pada sisir, akan terjadi cipratan pewarna yang akan melalui lubang- lubang acuan cetaknya. Hasil cetak berwarna pada proses ini dapat diatur pada saat memulaskan atau menyemprotkan pewarna. Bidang mana serta warna apa yang dipilih bergantung pada pilihan masing-masing.

Karya Sablon Sederhana (Percikan Warna pada kertas)

2. MonoprintMonoprint adalah printing pertama dengan menggunakan transfer medium yang dapat diulang untuk menghasilkan printing berikutnya sesuai dengan aslinya atau dengan yang pertama tersebut.Alat dan bahan yang diperlukan: rol karet pewarna alas pewarna (kaca, permukaan benda yang rata dan licin) kertas

Prosedur pengerjaan:a. Siapkan pewarna. Pewarna pada proses monoprint biasanya lebih kental dan agak lengket bila dibanding dengan pewarna yang digunakan pada proses cetak lainnya. Pewarna yang berbentuk serbuk (ontan/sepuhan) ditaburkan di atas alas pewarna yang permukaannya datar dan ukurannya cukup lebar, campurkan sedikit air dan tambahkanglycerinebeberapa tetes diaduk dengan rol karet/plastik (digelindingkan) hingga rata.b. Siapkan pula rol karet/plastik sederhana bisa dibuat dari bahan yang sederhana pula. Caranya sebagai berikut: siapkan slang plastik yang berdiameter % inchi sepanjang 15 cm, isi bagian dalam slang itu dengan kayu yang bulat lubangi masing-masing ujung kayu itu ditengahnya setelah sebelumnya dirapikan dahulu potongannya, gunakan kawat jemuran yang agak besar untukasdan sekaligus pegangan rol tersebut.c. Setelah keadaan pewarna cukup merata pada alasnya, simpan kertas kosong di atasnya. Jangan ditekan.d. Gambari kertas tersebut dengan benda yang agak runcing, pinsil, ballpoint, atau yang lainnya. Tekanan benda tadi akan mengakibatkan warna yang ada pada alas pewarna akan berpindah menempel pada kertas.

Gambar yang terjadi akan terbalik keadaannya.

BAB IIIPENUTUP

1. KesimpulanSablon adalah teknik untuk mencetak tinta dalam berbagai media seperti kertas, kaos, kayu dan lain-lain dengan menggunakan teknik-tenik tertentu seperti penjelasan diatas. Monoprint adalah printing pertama dengan menggunakan transfer medium yang dapat diulang untuk menghasilkan printing berikutnya sesuai dengan aslinya. Pembuatan karya seni monoprint menggunakan teknik-teknik seperti penjelasan diatas.

2. SaranKami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Kami juga membuka kesempatan bagi kritik dan saran yang membangun dan mengembangkan makalah ini, karena pada hakekatnya ilmu pengetahuan akan terus berkembang sesuai perkembangan zaman.

DAFTAR PUSTAKA

1. http://psrpgsdstkippgritulungsgung.blogspot.co.id/2015/09/pendidikan-seni-rupa-dan-kerajinan-pgsd.html?m=1