LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

105
LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015 SENAT AKADEMIK INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Transcript of LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

Page 1: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

S E N A T A K A D E M I K

I N S T I T U T T E K N O L O G I B A N D U N G

Page 2: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

1

DAFTAR ISI PRAKATA 2

BAB I PENDAHULUAN 3

BAB II VISI, MISI DAN SASARAN SENAT AKADEMIK 5

BAB III LAPORAN KEGIATAN SENAT AKADEMIK TAHUN 2015 6

BAB IV EVALUASI PERATURAN TURUNAN STATUTA ITB YANG

MENJADI TUGAS DAN KEWENANGAN SENAT AKADEMIK 12

BAB V KEGIATAN RAPAT DAN PERSIDANGAN SENAT AKADEMIK 16

BAB VI REALISASI ANGGARAN TAHUN 2015 19

LAMPIRAN

Page 3: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

2

PRAKATA

Laporan Kegiatan Tahun 2015 Senat Akademik ini disusun sebagai bentuk pertanggung-jawaban atas pelaksanaan tugas dan kewajiban Senat Akademik seperti diamanatkan dalam Statuta ITB, sekaligus sebagai bahan untuk evaluasi diri dalam rangka peningkatan kinerja Senat Akademik secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Susunan laporan kegiatan terdiri dari 6 Bab. Bab I merupakan pendahuluan yang berisi informasi tentang fungsi dan peran Senat Akademik serta perubahan pimpinan, nama-nama komisi dan keanggotaan masing-masing komisi, sebagai respon terhadap perluasan lingkup kerja senat Akademik dan penyelarasan dengan nomenklatur keorganisasian Rektorat. Bab II berisikan pernyataan visi, misi dan sasaran Senat Akademik. Dalam Bab III disampaikan laporan kegiatan Senat Akademik secara umum dan laporan rinci dari empat komisi yang bernaung di bawah Senat Akademik. Bab IV secara khusus mengevaluasi status peraturan turunan Statuta yang menjadi tugas dan kewenangan Senat Akademik. Dalam Bab V disampaikan laporan tingkat partisipasi para anggota tetap dan anggota ex-officio Senat Akademik dalam kegiatan persidangan dan rapat (pleno, BKSA, komisi dan panitia Adhoc). Secara singkat dalam Bab VI disampaikan hasil evaluasi program kerja dan anggaran Senat Akademik untuk periode tahun 2015.

Demikian, laporan kegiatan ini dituliskan secara singkat namun padat, sebagai bahan evaluasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Kritik dan saran untuk peningkatan kinerja dan hasil kerja Senat Akademik sangat kami harapkan.

Bandung, Januari 2016

Senat Akademik

Institut Teknologi Bandung

Page 4: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

3

BAB I

PENDAHULUAN

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 65 tahun 2013 tentang Statuta Institut Teknologi Bandung pasal 1 ayat 5, dinyatakan bahwa “Senat Akademik adalah organ ITB yang menjalankan fungsi menyusun, merumuskan, menetapkan kebijakan, memberikan pertimbangan dan melakukan pengawasan di bidang akademik”. Senat Akademik ITB PTN-BH dibentuk untuk pertama kalinya berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 320/SK/I1-A/KP/2013 tertanggal 17 Desember 2013 tentang Pemberhentian Anggota Senat Akademik ITB PT BHMN dan Pengangkatan Anggota Senat Akademik ITB PTN-BH periode 2014 – 2019. Ketua dan Sekretaris Senat Akademik ITB PTN-BH untuk pertama kalinya diangkat melalui Surat Keputusan Rektor No. 012/SK/I1-A/KP/2014 tertanggal 21 Januari 2014, tentang Pengangkatan Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Institut Teknologi Bandung periode 2014 – 2019. Senat Akademik adalah organ yang berfungsi menetapkan norma dan kebijakan akademik ITB serta mengawasi pelaksanaannya. Sesuai dengan kedudukan tersebut, Senat Akademik bertugas membuat berbagai acuan untuk penyelenggaraan dan pengembangan Satuan Akademik seperti norma, kebijakan dasar, ketentuan umum dan tolok ukur kinerja. Senat Akademik juga bertugas untuk memantau penyelenggaraan kegiatan akademik, dan secara proaktif menjaring dan memperhatikan pandangan masyarakat akademik dan masyarakat umum. Anggota Senat Akademik berjumlah 54 anggota yang terdiri dari 35 anggota tetap wakil dari Senat Fakultas/Sekolah dan 19 anggota ex-officio yaitu Rektor, para wakil Rektor dan Dekan Fakultas/Sekolah. Sesuai dengan fungsi dan perannya, Senat Akademik bertugas dalam upaya meningkatkan capaian sasaran yang dilakukan melalui dua fokus yang obyektifnya tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya, yaitu menjadikan ITB yang otonom dan mewujudkan ITB sebagai Universitas Riset kelas dunia, yang pada akhirnya adalah dicapainya kinerja ITB yang unggul dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat yang secara keseluruhan mendapat pengakuan dunia. Dalam aktifitasnya, berbagai keputusan dan peraturan telah disusun oleh Senat Akademik pada tahun 2015. Secara garis besar keputusan tersebut antara lain meliputi kebijakan yang terkait dengan kebijakan akademik pembukaan dan penutupan program studi, norma dan kebijakan penelitian, perubahan nama komisi-komisi Senat Akademik, proses penilaian dan persetujuan usulan kenaikan jabatan dosen, pedoman pemilihan pimpinan Senat Akademik, serta review dan pertimbangan RENIP, draft Renstra dan draft RKA. Senat Akademik juga menyampaikan pandangan dan arahan terhadap isu atau persoalan yang ada pada masyarakat akademik. Pada tahun ini, Senat Akademik selain melanjutkan pembahasan berbagai hal yang masih belum selesai di tahun lalu, juga berupaya untuk terus meningkatkan peran dan fungsi dalam menentukan norma dan kebijakan akademik.

Page 5: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

4

Dalam periode tahun 2015 Senat Akademik telah mengalami pergantian pimpinan (Ketua dan Sekretaris) serta perubahan nama-nama komisi, yang secara kronologis dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Dengan terpilihnya prof.Dr. Dedi Kurniadi sebagai Dekan FTI Periode 2015-2018, maka jabatan Sekretaris Senat Akademik digantikan oleh Dr. Iwan Sudradjat. Sekretaris Senat Akademik yang baru diangkat melalui SK MWA No 029/SK/I1-MWA/2015 tanggal 22 Juni 2015.

2. Dengan diangkatnya Prof.Dr. Intan Ahmad sebagai Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiwaan di Menristek-Dikti pada tanggal 30 Juni 2015, maka jabatan ketua Senat Akademik digantikan oleh Prof.Dr. Indratmo Soekarno. Ketua Senat Akademik yang baru diangkat melalui SK MWA No 030/SK/I1-MWA/2015 tanggal 13 Juli 2015.

3. Melalui Peraturan SA No. 19/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 24 Agustus 2015 telah dilakukan perubahan nama-nama Komisi Senat Akademik, sebagai respon terhadap perluasan lingkup kerja senat Akademik dan penyelarasan dengan nomenklatur keorganisasian Rektorat.

Komisi I : Pendidikan, kemahasiswaan dan Alumni Komisi II : Kelembagaan, Perencanaan dan Pengawasan Komisi III : Sumber Daya Insani dan Infrastruktur Komisi IV : Penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama

4. Sejalan dengan butir 3 di atas, dilakukan pula perubahan susunan Keanggotaan dan Pimpinan Komisi Senat Akademik Periode Tahun 2014-2019 melalui SK Senat Akademik No. 20/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 24 Agustus 2015 (Lampiran I); serta perubahan susunan Anggota dan Pimpinan Badan Kerja Senat Akademik (BKSA) Periode Tahun 2014-2019 melalui SK Senat Akademik No. 21/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 24 Agustus 2015 (Lampiran II). Susunan anggota dan pimpinan BKSA Periode 2014-2019 adalah sebagai berikut:

Ketua : Prof.Dr.Ir. Indratmo Sukarno, MSc Sekretaris : Dr.Ir. Iwan Sudradjat, MSA

Anggota : 1. Prof.Dr.Ir. Widyo Nugroho SULASDI (Ketua Komisi I) 2. Prof. Ir. Johnner Sitompul, MSc, PhD (Sekretaris Komisi I)

3. Prof.Dr. M. Salman A.N. MSi (Ketua Komisi II) 4. Dr.Ir. Joko Siswanto, MPA (Sekretaris Komisi II)

5. Prof.Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah (Ketua Komisi III) 6. Pro.Dr.-Ing.Ir. Prayatni Soewondo (Sekretaris Komisi IV)

7. Ir. Tubagus Furqon Sofhani, MA, PHD (Ketua Komisi IV) 8. Prof.Dr. Yana Maolana Syah (Sekretaris Komisi IV)

Page 6: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

5

BAB II

VISI, MISI DAN SASARAN SENAT AKADEMIK

2.1 VISI SENAT AKADEMIK Menjadi Senat Akademik yang demokratis dan bertanggung jawab kepada komunitas akademik Institut Teknologi Bandung. 2.2 MISI SENAT AKADEMIK Menetapkan norma dan kebijakan pengembangan dan penyelenggaraan kegiatan akademik, melakukan pengawasan dan memantau penyelenggaraan kegiatan akademik, secara proaktif menjaring dan memperhatikan pandangan masyarakat akademik dan masyarakat umum. 2.3 SASARAN SENAT AKADEMIK Senat Akademik yang berperan positif dan berfungsi efektif dalam tatanan ketata-pamongan (governance) Institut Teknologi Bandung PTN-BH.

Page 7: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

6

BAB III

LAPORAN KEGIATAN SENAT AKADEMIK TAHUN 2015 1. UMUM Dalam rangka menunaikan fungsi dan perannya yang diamanatkan dalam Statuta ITB, Senat Akademik ITB sepanjang tahun 2015 telah melaksanakan serangkaian kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

1. Penyusunan dan Pengesahan Kebijakan Dasar Pengembangan dan

Penyelenggaraan Kegiatan Akademik.

Pengesahan Surat Keputusan Kebijakan Akademik Pembukaan dan Penutupan Program Studi di ITB;

Pengesahan Surat Keputusan Norma dan Kebijakan Penelitian ITB;

Pengesahan Surat Keputusan Proses Penilaian dan Persetujuan Usulan Kenaikan Jabatan Dosen pada Jabatan Lektor Kepala dan Profesor;

Pengesahan Surat Keputusan Pedoman Pemilihan Pimpinan Senat Akademik ITB, Pergantian Antar Waktu Periode 2014-2019.

Pengesahan Surat Keputusan Kebijakan Akademik Pengembangan Ilmu Sosial dan Humaniora di ITB.

2. Monitoring dan Evaluasi Implementasi ketetapan Senat Akademik

Mulai tahun 2015 Senat Akademik juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi Ketetapan Senat Akademik.

3. Melakukan pembahasan dan mengusulkan Kenaikan Pangkat/Jabatan dosen. Dalam periode tahun 2015 telah dibahas 29 (dua puluh sembilan) usulan kenaikan pangkat/jabatan dosen. Sebanyak 27 (dua puluh tujuh) telah disetujui oleh rapat pleno SA.

Kenaikan Jabatan ke Guru Besar : 8 orang

(1 orang masih dalam proses)

Kenaikan Jabatan ke Lektor Kepala : 17 orang

(1 orang masih dalam proses)

Kenaikan Pangkat dalam Jabatan yang sama : 4 orang 4. Melakukan penilaian dan memberikan persetujuan terhadap usulan

pembukaan program studi baru, yaitu:

Prodi Sarjana Ekonomika Pembangunan

Prodi baru Magister Teknik Metalurgi

e) Melaksanakan berbagai kegiatan pendukung:

Menerima kunjungan dan diskusi dengan Tim Penyusun Peraturan Universitas Hasanudin Makasar.

Page 8: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

7

Mengundang nara sumber terkait dengan Undang-Undang Keinsinyuran dan Pendidikan Profesi Insinyur.

Menyampaikan pertimbangan Renstra 2016-2020 dan RKAT 2016 kepada Majelis Wali Amanat ITB.

Melakukan Review dan menyampaikan masukan tentang draft Renstra 2016-2020 dan draft RKAT 2016 kepada Rektor.

Menyampaikan pertimbangan atas draf SK Rektor tentang Kebijakan Umum Pengabdian Kepada Masyarakat ITB Perguruan Tinggi Badan Hukum.

2. KOMISI I: Pendidikan, Kemahasiswaan dan Alumni Program Kerja:

Merujuk pada SK SA No. 05/SK/I1-SA/OT/2015, Program Kerja Komisi I untuk tahun 2015 adalah sebagai berikut:

1. Menyusun dan menetapkan norma, kebijakan akademik, dan arah pengembangan akademik bidang Pendidikan.

2. Mengawasi kebijakan dan pelaksanaan kegiatan akademik oleh pimpinan ITB berdasarkan norma dan arah yang ditetapkan SA bidang pendidikan.

3. Menetapkan kebijakan akademik mengenai: a. Kurikulum program studi; b. Persyaratan akademik untuk pembukaan dan penutupan program studi; c. Persyaratan akademik untuk pemberian gelar akademik. d. Persyaratan akademik untuk pemberian penghargaan akademik. 4. Mengawasi penerapan kebijakan akademik seperti dimaksud pada butir (3). 5. Mengawasi dan mengevaluasi pencapaian proses pendidikan. Implementasi: 1. Menyusun dan menetapkan norma, kebijakan akademik, dan arah

pengembangan akademik bidang Pendidikan:

Komisi I mengusulkan dibentuknya Tim Adhoc antar komisi untuk review dan revisi RENIP ITB 2006-2015, karena dokumen tersebut sudah tidak sepenuhnya dapat dijadikan acuan perencanaan dan target capaiannya sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi dan status ITB sekarang.

Komisi I memiliki perwakilan dalam Tim Adhoc Academic Plan yang dibentuk oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Komisi I menyampaikan masukan berupa obyek materi dan isu-isu strategis yang perlu diperhatikan dalam perencanaan jangka menengah yang harus disusun oleh Tim Rektorat. Isu-isu strategis tersebut meliputi:

(1) ITB Sebagai Pusat Budaya (2) Penyelenggaraan Pendidikan Keprofesian (3) Penyelenggaraan Pendidikan Karakter (4) Bimbingan dan Konseling (5) Implementasi Standar Nasional Pendidikan (6) Fakultas Sebagai Ujung Tombak Pemajuan ITB, Kelompok Keahlian,

dan Prodi (7) Penyelenggaraan Program Doktor

Page 9: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

8

(8) Implementasi Empat Paradigma Kurikulum 2013 (9) Satuan Penjamin Mutu (SPM) (10) Program Kerja Sama (11) Pendidikan Lintas Disiplin (Interdisciplinary Studies) (12) Kebijakan Multi Kampus (13) Kealumnian (14) Penyelenggaraan Pendidikan di Luar Domisili (15) Pemberian Penghargaan (16) Laboratorium

2. Perumusan norma dan kebijakan penyelenggaraan program doktor (Status: on-going).

3. Penetapan ketentuan tentang perubahan kurikulum berbasis continuous improvement (Status: on-going).

4. Pertimbangan tentang persyaratan minimum untuk sebutan Alumni ITB (Status: selesai).

5. Persetujuan terhadap sistem penerimaan mahasiswa sistem hibrida (Status: selesai)

6. Persetujuan tentang penyelenggaraan kelas internasional (Status: selesai). 7. Persetujuan pendirian program studi baru: Program Sarjana Ekonomika

Pembangunan dan Program Magister Teknik Metalurgi (Status: selesai). 8. Penyusunan Peraturan Senat Akademik tentang Kebijakan Akademik

Pengembangan Ilmu Sosial dan Humaniora di ITB (Status: selesai). Peraturan Senat Akademik telah diterbitkan: No. 32/SK/I1-SA/OT/2015.

9. Pembahasan usulan Pendirian Program Magister Teknokultur (Status: ongoing).

3. KOMISI II: Kelembagaan, Perencanaan dan Pengawasan Program Kerja: Merujuk pada SK SA No. 06/SK/I1-SA/OT/2015, program kerja Komisi II untuk tahun 2015 adalah sebagai berikut:

1. Perumusan tentang Organ dan Pola Hubungan Kerja antar Organ ITB PTN-BH.

2. Perumusan draf SK SA tentang Peraturan Wakil Senat di MWA; 3. Pengkajian tentang Implimentasi Statuta ITB dengan Paradigma Ristek Dikti; 4. Perumusan draf SK SA tentang Multikampus; 5. Perumusan draf SK SA tentang Organisasi, Tugas, dan Wewenang, serta

Tatakerja SA ITB; Implementasi: 1. Penyusunan Peraturan Senat Akademik tentang Alat Kelengkapan Senat

Akademik, Tata Cara Persidangan, Hak Suara dan Pengambilan Keputusan (Status: selesai). Peraturan Senat Akademik telah diterbitkan: No. 09/SK/I1-SA/OT/2015.

2. Penyusunan Peraturan tentang Wakil Senat Akademik pada Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (Status: ongoing).

Page 10: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

9

3. Keterlibatan perwakilan Komisi II secara aktif dalam Tim bersama MWA-SA-Rektorat untuk Perumusan Struktur dan Bentuk Hubungan Antar Organ ITB PTN-BH (MWA, SA dan Rektorat) (Status: selesai).

4. Evaluasi dan review RENIP ITB 2006-2015 oleh Tim Adhoc (Status: ongoing) 5. Penyusunan Kebijakan tentang Multikampus ITB oleh Tim Adhoc (Status:

ongoing) 4. KOMISI III: Sumber Daya Insani dan Infrastruktur Program Kerja:

Merujuk pada SK SA No. 07/SK/I1-SA/OT/2015, program kerja Komisi III untuk tahun 2015 adalah sebagai berikut: 1. Pemeriksaan rutin kenaikan pangkat/jabatan dosen. 2. Penyusunan peraturan Senat Akademik tentang Proses Penilaian Kenaikan

Pangkat/Jabatan Dosen. 3. Penyusunan Keputusan Senat pengganti SK Senat Akademik No. 041/2002. 4. Kajian dan pemberian penghargaan Guru Besar Emeritus dan penghargaan

lain serta penyusunan peraturannya. 5. Kajian tentang plagiarisme dan etika publikasi ilmiah serta penyusunan

peraturannya. 6. Dengar pendapat dengan tim penyusun peraturan kenaikan pangkat/jabatan

di Dikti. 7. Kajian tentang pengembangan Sumberdaya Insani ITB Implementasi:

1. Dalam periode tahun 2015 telah dibahas 29 (dua puluh sembilan) usulan kenaikan pangkat/jabatan dosen. Sebanyak 27 (dua puluh tujuh) telah disetujui oleh rapat pleno SA. Daftar usulan selengkapnya dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Daftar usulan kenaikan pangkat/jabatan dosen

yang dibahas di Komisi III

No Nama Unit Jabatan Pangkat Tanggal Masuk SA

Status

1 Dr. Irda Fidrianny, M.Si. SF GB IV/b 09-Jan-2015 sudah disetujui pleno

2 Dr. Tri Suciati, M.Si. SF LK (lct) III/c 02-Feb-2015 sudah disetujui pleno

3 Ir. Harun Al Rasyaid, M.Sc.,Ph.D. FTSL GB IV/c 02-Feb-2015 sudah disetujui pleno

4 Dr.Ir. Fatkhan, M.T. FTTM LK IV/a 06-Feb-2015 sudah disetujui pleno

5 Sapto Wahyu Indratno, Ph.D FMIPA LK III/d 25-Feb-2015 sudah disetujui pleno

6 Dr. Rinovia Mery Garnierita S. FMIPA LK (lct) III/c 25-Feb-2015 sudah disetujui pleno

Page 11: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

10

7 Dr. I Ketut Adnyana, M.Si.,Apt SF GB IV/a 25-Feb-2015 sudah disetujui pleno

8 Prof.Dr.Ir. Rizal Z. Tamin FTSL - IV/e 16-Mar-2015 sudah disetujui pleno

9 Dr. rer. nat. Sophi Damayanti, S.Si., M.Si.

SF LK III/d 01-Jun-2015 sudah disetujui pleno

10 Dr. Irfansyah, M.Ds. FSRD LK IV/a 03-Jul-2015 sudah disetujui pleno

11 Dr. Riama Maslan Sihombing FSRD LK III/d 03-Jul-2015 sudah disetujui pleno

12 Ir. Haryo Winarso, M.Eng.,Ph.D. SAPPK GB IV/c 06-Agu-2015 sudah disetujui pleno

13 Dr. Jusak Sali Kosasih FMIPA LK IV/a 12-Agu-2015 sudah disetujui pleno

14 Dr. Suprijadi, M.Eng. FMIPA GB IV/c 18-Agu-2015 sudah disetujui pleno

15 Dr. Maelita Ramdani SITH - IV/b 20-Agu-2015 sudah disetujui pleno

16 Dr. Dea Indriani Astuti, S. Si. SITH LK III/d 24-Agu-2015 sudah disetujui pleno

17 Dr. Ir. Hendrawan, M.Sc. STEI LK IV/a 01-Sep-2015 sudah disetujui pleno

18 Dr. Tirto Prakoso, S.T., M.Eng. FTI LK III/d 01-Sep-2015 sudah disetujui pleno

19 Dr.Eng. Achmad Munir STEI LK III/d 10-Sep-2015 sudah disetujui pleno

20 Dr.Eng. Sandro Mihradi FTMD LK III/d 10-Sep-2015 sudah disetujui pleno

21 Dr. Yedi Purwanto, M.Ag. FSRD - IV/b 10-Sep-2015 sudah disetujui pleno

22 Ir. Puji Lestari, Ph.D. FTSL GB IV/c 10-Sep-2015 sudah disetujui pleno

23 Prof.Drs. Freddy Permana Zen, MS.,M.Sc.,D.Sc.

FMIPA - IV/e 03-Nov-15 sudah disetujui pleno

26 Dr. Bambang Prijamboedi, M.Eng. FMIPA LK III/d 14-Des-2015 sudah disetujui pleno

27 Dr. Achmad Haldani Destiarmand, M.Sn.

FSRD LK IV/a 14-Des-2015 sudah disetujui pleno

28 Dr. Ir. Pekik Argo Dahono STEI GB IV/c 02-Feb-2015 dalam proses

29 Dr. Masayu Leylia Khodra, ST, MT STEI LK (lct) III/c 09-Okt-2015 dalam proses

Page 12: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

11

2. Penyusunan Peraturan Senat Akademik tentang Proses Penilaian Usulan Kenaikan Pangkat/Jabatan Dosen (Status: selesai). Peraturan Senat Akademik telah diterbitkan: No. 15/SK/I1-SA/OT/2015.

3. Penyusunan Peraturan Senat Akademik pengganti Peraturan Senat Akademik No. 041/2002 (Status: ongoing)

4. Rapat dengan Tim TPAK KemenristekDikti yang diwakili oleh Prof Yanuarsyah Haroen terkait dengan penilaian usulan kenaikan pangkat dan jabatan dosen (Status: telah dilaksanakan).

5. Penyusunan Peraturan Senat Akademik tentang Guru Besar Emeritus (Status: ongoing).

6. Pembahasan tentang Penganugerahan Gelar Dr.HC kepada Susilo Bambang Yudohoyono dengan calon promotor untuk membahas capaian keskolaran calon dan mensinergikan penganugerahan tersebut dengan peraturan yang berlaku di ITB (Status: telah dilaksanakan)

5. KOMISI IV: Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama Program Kerja:

Merujuk pada SK SA No. 08/SK/I1-SA/OT/2015, program kerja Komisi IV untuk tahun 2015 adalah sebagai berikut: 1. Pemetaan masalah penyelenggaraan penelitian dan pengabdian masyarakat

ITB. 2. Perumusan norma dan kebijakan penelitian dan pengabdian masyarakat ITB. 3. Memberikan masukan terhadap usulan Kebijakan Pengabdian Masyarakat

yang disusun oleh Eksekutif. 4. Memberikan masukan terhadap tujuan dan road map serta rencana strategis

penelitian dan pengabdian masyarakat ITB, pusat-pusat penelitian dan pusat-pusat.

5. Memonitoring dan mengevaluasi secara normatif kinerja dan capaian penelitian dan pengabdian masyarakat ITB, pusat-pusat penelitian dan pusat-pusat.

Implementasi:

1. Pemetaan masalah penyelenggaraan penelitian dan pengabdian masyarakat ITB (Status: ongoing, 60%)

2. Perumusan norma dan kebijakan penelitian di ITB (Status: selesai). Peraturan Senat Akademik telah diterbitkan: Nomor 12/SK/K01-SA/OT/2015.

3. Memberikan masukan sebanyak dua kali terhadap usulan Kebijakan Pengabdian Masyarakat yang disusun oleh Eksekutif (Status: selesai). Surat rekomendasi/memorandum telah dikirim ke Rektor.

4. Penyusunan Kriteria Evaluasi Pencapaian Penelitian ITB (Status: selesai). Surat rekomendasi/memorandum akan segera disampaikan ke Rektor

5. Memberikan masukan terhadap tujuan dan road map serta rencana strategis penelitian dan pengabdian masyarakat ITB, pusat-pusat penelitian dan pusat-pusat (Status: ongoing, 20%)

6. Memonitoring dan mengevaluasi secara normatif kinerja dan capaian penelitian dan pengabdian masyarakat ITB, pusat-pusat penelitian dan pusat-pusat (Status: ongoing, 10%).

Page 13: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

12

BAB IV

EVALUASI PERATURAN TURUNAN STATUTA ITB

YANG MENJADI TUGAS DAN KEWENANGAN SENAT AKADEMIK

Mengacu pada keseluruhan program kerja dan capaian dari masing-masing komisi pada tahun 2015, beberapa program kerja yang masih belum selesai (status: ongoing) akan dilanjutkan pada tahun 2016, ditambahkan dengan program kerja baru yang memiliki urgensi tinggi.

Khusus mengenai peraturan turunan statuta ITB yang menjadi tugas dan kewenangan Senat Akademik, dapat dilakukan evaluasi terhadap peraturan Senat Akademik yang telah ada dan diterbitkan dalam periode tahun 2002 sampai dengan 2015 sebagai berikut (Tabel 2):

Tabel 2. Peraturan Turunan Statuta ITB yang Menjadi

Tugas dan Kewenangan Senat Akademik

No Nama Peraturan Tugas Senat Akademik

Peraturan SA yang Sudah Ada

Keterangan

1. Kode Etik Civitas Akademika ITB

Mengusulkan SK No. 09/2009 tentang Kode Etik ITB

SK No. 03/2008 tentang Kode Etik Dosen ITB

SK No. 27/2002 tentang Kebijakan Kebebasan Akademik, Peraturan Tingkah Laku Perorangan dan Etika Profesional

SK No. 12/2003 tentang Pernyataan mengenai Kode Etik Anggota Senat Akademik

SK rujukan yang sudah lama perlu direview dan dimutakhirkan. Sebagian telah menjadi tugas dan kewenangan MWA

2. Peraturan dalam Bidang Kebijakan Akademik

Mengusulkan SK No. 31/2015 tentang Kebijakan Akademik Pengembangan Ilmu Sosial dan Humaniora di ITB

SK No. 09/2013 tentang Skema Pendidikan di ITB

SK No. 10/2012 tentang Harkat Pendidikan di ITB

SK No. 09/2011 tentang Visi dan Misi

Sebagian telah diselesaikan. SK rujukan yang sudah lama perlu direview dan dimutakhirkan

Page 14: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

13

ITB

SK No. 18/2007 tentang Kriteria, Persyaratan, Tata-cara Pembentukan, Pengelolaan, Penggabungan, Penutupan, dan Evaluasi Fakultas/Sekolah di ITB

SK No. 35/2006 tentang Lambang ITB

SK No. 02/2003 tentang Penetapan Pendidikan Pascasarjana sebagai Ujung Tombak Penyelenggaraan dan Pengembangan Inovasi dalam Pendidikan di ITB

SK No. 20/2003 tentang Bahasa Pengantar Pendidikan dan Dokumen Resmi ITB

SK No. 27/2003 tentang Pernyataan Kebijakan Akses Pendidikan di ITB

3. Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota SA

Mengusulkan Sudah menjadi kewenangan MWA. Lihat SK MWA tentang Keanggotaan Senat Akademik ITB

4. Pemilihan Ketua dan Sekretaris SA

Menetapkan SK No. 17/2015 tentang Pedoman Pemilihan Pimpinan SA ITB Pergantian Antar Waktu Periode 2014-2019

SELESAI

5. Pengangkatan dan Pemberhentian Ketua dan Sekretaris SA

Mengusulkan SK No. 17/2015 tentang Pedoman Pemilihan Pimpinan SA ITB Pergantian Antar Waktu Periode 2014-2019

SELESAI

6. Alat Kelengkapan, Hak Suara dan Pengambilan Keputusan SA

Menetapkan SK No. 09/2015 tentang Alat Perlengkapan, Tata Cara Persidangan, Hak Suara dan

SELESAI

Page 15: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

14

Pengambilan Keputusan

7. Penjaringan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor

Mengusulkan SK No. 17/2014 tentang Penetapan Tata Cara pemilihan Calon Rektor ITB Periode 2014-2019

SK No. 18/2014 tentang Penetapan Calon rektor ITB Periode 2014-2019

SELESAI

8. Rencana Jangka Panjang (RENIP)

Mengusulkan (bersama Rektor)

Review RENIP sedang berjalan

9. Kinerja Rektor Mengusulkan SK No. 32/2002 tentang Ketentuan mengenai Tolok Ukur dan Tata Cara Penilaian Kinerja Pimpinan ITB

SK No. 38/2002 tentang Penilaian Kinerja MWA dan Pimpinan ITB

SK rujukan yang sudah lama perlu direview dan dimutakhirkan

10. Kebijakan Akademik (kurikulum prodi, persyaratan pembukaan dan penutupan prodi, pemberian gelar akademik, penghargaan akademik)

Menetapkan SK No. 11/2015 tentang Kebijakan Akademik Pembukaan dan Penutupan Prodi di ITB.

SK No. 15/2015 tentang Proses Penilaian dan Persetujuan Usulan Kenaikan Jabatan Dosen pada Jabatan LK dan GB.

SK No. 11/2013 tentang Pengesahan Kurikulum 2013 ITB

SK No. 11/2012 tentang Pedoman Kurikulum 2013-2018 ITB.

SK No. 10/2007 tentang Kriteria dan Persyaratan Pemberian Penghargaan Istimewa sebagai GB Emeritus

SK No. 08/2004 tentang Pedoman untuk Pemberian

Sebagian telah diselesaikan. SK rujukan yang sudah lama perlu direview dan dimutakhirkan

Page 16: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

15

Penghargaan ITB

SK No. 16/2003 tentang Penganugerahan Gelar Akademik ITB

SK No. 19/2003 tentang Gelar Akademik dan Sebutan Kehormatan ITB

11. Ketentuan mengenai Jenis, Bentuk serta Pemberian dan Pencabutan Gelar dan Ijazah

Menetapkan SK No. 08/2011 tentang Terjemahan Gelar Akademik ke dalam Bahasa Inggris.

SK No. 10/2006 tentang Predikat Kelulusan ITB

BELUM DIBAHAS (Tugas Komisi I)

12. Kebijakan Penelitian Menetapkan SK No. 12/2015 tentang Norma dan Kebijakan Penelitian ITB

SK No. 20/2010 tentang Fokus Riset ITB

SK No. 23/2009 tentang Kategori Luaran Riset

SELESAI

13. Sanksi Pelanggaran terhadap Norma dan Etika dan/atau Peraturan akademik kepada Sivitas Akademika

Mengusulkan BELUM DIBAHAS (Tugas Komisi 1)

Disadari bahwa masih cukup banyak peraturan dan kebijakan-kebijakan dasar akademik turunan dari Statuta yang perlu diwujudkan sebagai ketetapan-ketetapan tertulis. Di sisi lain, telah cukup banyak ketetapan Senat Akademik yang dihasilkan sebagai landasan bagi kebijakan pelaksanaan berbagai kegiatan akademik, namun perlu direview dan dimutakhirkan agar selaras dengan situasi, kondisi dan status ITB sebagai PTN-BH, serta amanah Statuta ITB.

Page 17: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

16

BAB V

KEGIATAN RAPAT DAN PERSIDANGAN SENAT AKADEMIK

Sepanjang tahun 2015, Senat Akademik telah melakukan sidang dan rapat pleno, BKSA, komisi-komisi, dan panitia adhoc, di antaranya merupakan rapat konsolidasi dengan Pimpinan ITB untuk menetapkan berbagai kebijakan akademik. Frekuensi kegiatan persidangan dan rapat adalah sebagai berikut:

Sidang pleno Senat Akademik dilaksanakan setiap dua minggu Rapat Badan Kerja Senat Akademik dilaksanakan setiap dua minggu Rapat-rapat komisi dilaksanakan setiap minggu atau sesuai kebutuhan Rapat-rapat panitia adhoc dilaksanakan setiap minggu sesuai dengan masa

tugas kepanitiaan. Rincian kegiatan sidang dan rapat yang telah dilaksanakan Senat Akademik sepanjang 2015 adalah sebagai berikut (Tabel 3 dan Diagram 1):

Tabel 3. Kegiatan Sidang dan Rapat Senat Akademik ITB Tahun 2015

NO. Senat Akademik/BKSA/Komisi KEGIATAN (kali)

1. Sidang Pleno Senat Akademik 17

2. Rapat Badan Kerja Senat Akademik (BKSA) 19

3. Komisi Kebijakan Pendidikan ( Komisi I ) 21

4. Komisi Kelembagaan ( Komisi II ) 10

5. Komisi Sumberdaya Insani ( Komisi III ) 14

6. Komisi Penelitian dan Pengembangan Keilmuan (Komisi IV) 15

7. Panitia Adhoc 34

Jumlah 130

Diagram 1. Kegiatan Sidang dan Rapat Senat Akademik ITB Tahun 2015

Page 18: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

17

Keanggotaan Senat Akademik berjumlah 54 anggota, terdiri dari 35 anggota tetap wakil dari Senat Fakultas/Sekolah dan 19 anggota ex-officio yaitu Rektor, para wakil Rektor dan Dekan Fakultas/Sekolah Tingkat kehadiran anggota tetap wakil dari Senat Fakultas/Sekolah pada sidang pleno adalah sebagai berikut (Tabel 4 dan Diagram 2):

Tabel 4. Tingkat Kehadiran Anggota Tetap pada Sidang Pleno Tahun 2015

No Fak/Sek Kisaran Kehadiran Rata-rata Kehadiran

1 FMIPA 59% - 82% 75%

2 FTI 75% - 100% 90%

3 FTSL 59% - 94% 81%

4 SAPPK 76% - 94% 88%

5 SITH 100% - 100% 100%

6 SF 35% - 76% 56%

7 FTMD 0% - 76% 47%

8 FSRD 29% - 82% 49%

9 STEI 24% - 82% 54%

10 FTTM 38% - 76% 57%

11 FITB 41% - 82% 62%

12 SBM 47% - 75% 61%

Diagram 2. Tingkat Kehadiran Anggota Tetap pada Sidang Pleno Tahun 2015

Page 19: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

18

Tingkat kehadiran anggota ex-officio yang terdiri dari Rektor, para wakil Rektor dan Dekan Fakultas/Sekolah pada sidang pleno adalah sebagai berikut (Tabel 5 dan Diagram 3):

Tabel 5. Tingkat Kehadiran Anggota Ex-Officio pada Sidang Pleno

Tahun 2015

No Fak/Sek Kisaran Kehadiran Rata-rata Kehadiran

1 s/d 19

Rektor

Wakil Rektor

Dekan

24% - 90% 57%

Diagram 3. Tingkat Kehadiran Anggota Ex-Officio pada Sidang Pleno Tahun 2015

Page 20: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

19

BAB VI

REALISASI ANGGARAN TAHUN 2015

3.1 Realisasi Anggaran Anggaran Senat Akademik tahun 2015 digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan Senat Akademik dan Forum Guru Besar. Realisasi anggaran tahun 2015 adalah 92 %.

Program Kerja Rencana Anggaran

(Rp)

Realisasi Anggaran

(Rp)

Persentasi (%)

Kelangsungan Operasi 2.300.393.400 2.116.058.477 92

3.2 Permasalahan Dan Solusi Beberapa permasalahan yang muncul dan solusi yang dilakukan dalam melaksanakan program tahun 2015 adalah sebagai berikut:

1. Penambahan Rencana Implementasi pada kegiatan tertentu yang disebabkan oleh bertambahnya volume kegiatan dan adanya kegiatan baru yang harus segera dilaksanakan. Solusi yang dilakukan adalah mengajukan rencana implementasi tambahan.

2. Pengalihan Anggaran belanja jasa ke anggaran belanja pegawai dari salah satu subkegiatan ke subkegiatan yang lain. Hal ini disebabkan oleh adanya pembatalan pelaksanaan kegiatan pada subkegiatan tertentu dan peningkatan volume kegiatan pada subkegiatan yang lain. Solusi yang dilakukan adalah mengajukan Revisi Rencana Kerja dan Anggaran.

Page 21: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015

20

LAMPIRAN

Lampiran I:

SK Senat Akademik No. 20/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 24 Agustus 2015 tentang Perubahan Susunan Keanggotaan dan Pimpinan Komisi Senat Akademik Periode Tahun 2014-2019.

Lampiran II:

SK Senat Akademik No. 21/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 24 Agustus 2015 tentang Perubahan Susunan Anggota dan Pimpinan Badan Kerja Senat Akademik (BKSA) Periode Tahun 2014-2019.

Lampiran III:

SK Senat Akademik No. 09/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 22 Mei 2015 tentang Alat Kelengkapan Senat Akademik, Tata Cara Persidangan, Hak Suara Dan Pengambilan Keputusan.

Lampiran IV:

SK Senat Akademik No. 11/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 11 juni 2015 tentang Kebijakan Akademik Pembukaan Dan Penutupan Program Studi Di Institut Teknologi Bandung.

Lampiran V:

SK Senat Akademik No. 12/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 12 Juni 2015 tentang Norma Dan Kebijakan Penelitian Institut Teknologi Bandung.

Lampiran VI:

SK Senat Akademik No. 15/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 29 Juni 2015 tentang Proses Penilaian Dan Persetujuan Usulan Kenaikan Jabatan Dosen Pada Jabatan Lektor Kepala Dan Profesor.

Lampiran VII:

SK Senat Akademik No. 17/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 10 Juli 2015 tentang Pedoman Pemilihan Pimpinan Senat Akademik Itb Pergantian Antar Waktu Periode 2014-2019.

Lampiran VIII:

SK Senat Akademik No. 32/SK/I1-SA/OT/2015 tanggal 31 Desember 2015 tentang Kebijakan Akademik Pengembangan Ilmu Sosial dan Humaniora di Institut Teknologi Bandung.

Page 22: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 23: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 24: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 25: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 26: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 27: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 28: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 29: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 30: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 31: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 32: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 33: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 34: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 35: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 36: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 37: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 38: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 39: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 40: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 41: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 42: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 43: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 44: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 45: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 46: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 47: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 48: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 49: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 50: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 51: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 52: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 53: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 54: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 55: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 56: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 57: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 58: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 59: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 60: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 61: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 62: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 63: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 64: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 65: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 66: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 67: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 68: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 69: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 70: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 71: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 72: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 73: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 74: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 75: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 76: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 77: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 78: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 79: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 80: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 81: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 82: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 83: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 84: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 85: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 86: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 87: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 88: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 89: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 90: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 91: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 92: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 93: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 94: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 95: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 96: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 97: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 98: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 99: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 100: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 101: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 102: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 103: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 104: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015
Page 105: LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2015