Komponen / Elemen Desain Grafis

download Komponen  /  Elemen Desain Grafis

of 26

  • date post

    16-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    187
  • download

    10

Embed Size (px)

description

Komponen / Elemen Desain Grafis. Komponen / elemen Desain Grafis. GARIS. JENIS GARIS. Horisontal. Vertikal. Diagonal. Kurva. Membuat sketsa. Garis - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of Komponen / Elemen Desain Grafis

Komponen / Elemen Desain Grafis

Komponen / ElemenDesain Grafis

Komponen/elemen Desain Grafis

GARISJENIS GARIS

HorisontalVertikalDiagonalKurvaMembuat sketsaGarisGaris adalah sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memiliki dua buah ujung. Garis tidak seperti yang dilihat mata atau penglihatan.Pada dasarnya garis adalah ilusi optik, yang tercipta karena perbedaan warna, jarak dan cahaya.Garis dalam desain grafis dibagi menjadi empat, yaitu : vertikal, horisontal, diagonal, kurva- Garis Lurus (horizontal)Garis lurus atau garis horisontal memberi kesan sugesti kesenangan atau sesuatu yang bergerak.

- Garis tegak lurus (Vertikal)Garis vertikal atau garis tegak lurus memberi kesan stabilitas, kekuatan, dan kemegahan.

- Garis miring (diagonal)Garis diagonal atau garis miring memberi kesan sesuatu yang bergerak, dinamis, keadaan yang tidak stabil.- Garis melengkung (kurva)Garis kurva atau garis melengkung memberi kesan kehalusan dan keanggunan.Macam GarisGaris mempunyai beberapa macam gaya atau style, antara lain :Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda, penuh,Garis dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjangMacam GarisGaris Garis dash, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjangGaris dashdot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot yang disisin bergantian.Garis kaligrafi, yaitu garis yang terbentuk dari kuas kaligrafi.Garis artistik, yaitu garis yang dibuat secara khusus, tidak terikat pada konvensi yang berlaku, sehingga menge-sankan citra artistikFungsi GarisMemisahkan posisi antara elemen grafis yang memiliki fungsi yang berlainan. Memisahkan rubrik atau penunjuk bagian tertentu yang menjadi penjelasan berita/informasi.BENTUKBentuk dibuat dari garis atau warnaBentuk bisa menjadi dua persepsi yaitu bentuk negatif dan bentuk positif. Lihat perbedaan berikut:

Picture by: M. C. Escher Source: http://www.usask.ca/education/ Birds To FishHorsesBentukBentuk merupakan suatu bidang yang ada karena dibatasi oleh sebuah kontur atau garis dan atau dibatasi oleh warna yang berbeda atau oleh perbedaan dalam pencahayaan, gelap terang, arsiran atau disebabkan adanya tekstur tertentu.Unsur dasar bentukMacam-macam bentukBerdasarkan susunan yang membentuk ruang dibedakan menjadi tiga macam, yaitu KarakterSimbol Bentuk

aFungsi BentukFungsi bentuk antara lain :MenghiasiPelengkapElemen dasarFungsi lain bentuk adalah :LogoBorder

RUANGDesainer dapat memainkan ruang yang tersedia pada media gambar.Permainan ruang akan menjadikan ilusi pandangan bagi yg melihat desain tersebut.

Ilusi Ukuran dan lokasiIlusi overlappingIlusi Linier PerspectiveIlusi aerospharic PerspectiveRuangDalam dasar grafis, ruang kosong pun diperlukan. Ruang kosong digunakan untuk menjelaskan atau menegaskan keberadaan persepsi kedalaman atau jarak sehingga seolah-olah terlihat oleh indera penglihatan mata, objek terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah, kosong dan padat.

Fungsi RuangRuang digunakan untuk lebih memudakan sebagai elemen ruang bernafas bagi mata pembaca atau audiensi dalam mencerna desainTEKSTURETeksture adalah kasar halusnya suatu permukaan obyek.Teksture pada desain grafis akan mencerminkan hal tersebut.

Tekstur Tekstur adalah elemen desain yang terlihat dan terasa seolah-olah ada rasa permukaan, yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk rupa fisik, seperti kusam, kasar, mengkilap, kontras, kayu dan bulu. Tekstur digunakan supaya desain lebih natural atau tampak alami.WARNA & ISIIsi mengacu pada gelap terangnya area.Warna terbentuk dari perbedaan gelombang cahaya yang masuk ke mata.

HUE (Spektrum Warna) Computer Color Printer Color Drawing by Marguerite Smith, Saskatoon WarnaWarna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Di samping itu warna memiliki dampak sugesti tersendiri di berbagai kebudayaanDari sudut pandang ilmu fisika, warna dihasilkan dari representasi sinar putih yang dihasilkan oleh matahari atau bola lampu pada spektrum prisma.

Teori WarnaPada dasarnya seluruh warna yang ada di dunia diturunkan menjadi tiga warna dasar, atau biasa disebut warna primer. Dari warna primer ini dapat diperoleh kelompok warna lain, yaitu warna sekunder dan tersier

NirmanaNirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.

Tugas Mencari contoh-contoh nirmana (setiap mahasiswa berbeda!)Kirim ke: iwankuliah@gmail.comSubject : tugas nirmana-nama anda-KelasTerakhir : Minggu depan - 1