Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

13
KANTOR BERITA RADIO NASIONAL Jaringan Berita Nasional 0 Like Tgl: 30/01/2014 15:39 Reporter: Anik Hasanah Facebook social plugin Add a comment... Comment using... Home Bandung Banjarmasin Denpasar Jakarta Jayapura M akassar Manado Manokwari Medan Palembang Pekanbaru Semarang Surabaya Yogyakarta

description

Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik WM Membuat Shower Gel Berbahan Kecambah

Transcript of Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

Page 1: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

HOME PROFIL MANAJEMEN FORUM PENGUMUMAN

Tw eet 1

Empat Mahasisw i UWMS "Sulap" Kecambah Jadi Shower Gel

KBRN, Surabaya: Vitamin E banyakdigunakan kaum perempuan untukmerawat kecantikan kulit. Mengkonsumsivitamin E dalam bentuk tablet ataukapsul lunak seolah menjadi rutinitaskaum hawa untuk menjaga kesegarandan kecantikan kulit.Merry Anggraini, Rebeca Ervina Sanjaya,Ivonne Christalina, dan Anita Yulivianaadalah Mahasiswa Universitas KatolikWidya Mandala Surabaya (UWMS) yangmelakukan sebuah inovasi membuatsabun cair atau shower gel denganbahan baku kecambah.

"Kecambah telah digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkan sebagai sayur-sayuran yang paling praktis karena kecambah dapat dipanen hanya dalam waktu 3sampai 5 hari, tumbuh sepanjang tahun dalam segala cuaca, bahkan tidak butuh sinarmatahari. Mudah dicari, mudah tumbuh, dan memiliki harga yang sangat terjangkau," ujarMerry ketika mengemukakan alasan pemilihan kecambah, Kamis (30/1/2014).Manfaat kecambah sebagai sumber vitamin E yang berfungsi untuk menyehatkan,menghaluskan, mencegah penuaan dini, melindungi kulit akibat radiasi sinar ultraviolet,serta berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebasmerupakan faktor utama yang melatarbelakangi pemilihan bahan kecambah ini."Selama ini kecambah hanya diolah sebagai makanan saja, tanpa disadari bahwa adakandungan senyawa antoiksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Produkkecantikan yang berupa sabun cair ini mengandung vitamin E yang baik bagi kulit," Anitamenambahkan.Melalui proses percobaan yang cukup rumit, 4 mahasiswa ini mencoba memasukanekstrak kecambah dan serpihan gandum kedalam formula sabun cair."Proses kritis terjadi pada saat pencampuran ekstrak kecambah ke formula sabun cair iniagar tidak terjadi oksidasi yang dapat merusak khasiat maupun penampilan produknya,"jelas Ivonne mengenai proses pembuatan sabun cair.Rebeca juga mengatakan bahwa campuran oat flakes atau serpihan gandum yangdifungsikan sebagai scrub berfungsi untuk membersihkan daki atau kotoran yangmenempel dikulit.Inovasi mahasiswa Teknik Kimia WM angkatan 2010 ini tercatat pada daftar 105 InovasiIndonesia Prospektif 2013 yang diadakan oleh Business Innovation Center (BIC). (AnikHasanah/HF)

Komentar Anda:

Tem ukan kam i di Facebook

Radio Republik Indonesia

9.325 orang menyukai Radio Republik Indonesia.

Plugin sosial Facebook

Suka

Cari

KANTOR BERITA RADIO NASIONALJaringan Berita Nasional

0Like

Tgl: 30/ 01/ 2014 15:39 Reporter: Anik Hasanah

Facebook social plugin

Add a comment...

Com m ent using...

Home Bandung Banjarmasin Denpasar Jakarta Jayapura Makassar Manado Manokwari Medan Palembang Pekanbaru Semarang Surabaya Yogyakarta

Page 2: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

Kecambah

Jum 'at, 31-01-2014 03:00Jakarta, Aktual.co — Empat mahasiswa Universitas KatolikWidya Mandala Surabaya menciptakan sabun cair dan"shower gel" dengan bahan baku dari kecambah.

"Produk kecantikan yang berupa sabun cair ini mengandungvitamin E yang baik bagi kulit," ujar mahasiswa UK WidyaMandala, Merry Anggraini, di Surabaya, Kamis (30/1).

Didampingi tiga rekannya, Rebeca Ervina Sanjaya, IvonneChristalina, dan Anita Yuliviana, mahasiswa Teknik KimiaWidya Mandala angkatan 2010 itu menjelaskan kecambah

selama ini hanya diolah sebagai makanan.

"Tanpa disadari bahwa ada kandungan senyawa antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, apalagikecambah itu mudah dicari, mudah tumbuh, dan memiliki harganya terjangkau," ujarnya.

Ia menjelaskan kecambah digolongkan sayur-sayuran yang paling praktis karena kecambah dapat dipanen hanyadalam waktu 3-5 hari, tumbuh sepanjang tahun dalam segala cuaca, bahkan tidak butuh sinar matahari.

"Manfaat kecambah sebagai sumber vitamin E yang berfungsi untuk menyehatkan, menghaluskan, mencegahpenuaan dini, melindungi kulit akibat radiasi sinar ultraviolet," jelasnya.

Selain itu, kecambah juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebas merupakanfaktor utama yang melatarbelakangi pemilihan bahan kecambah ini.

"Vitamin E memang banyak digunakan kaum perempuan untuk merawat kecantikan kulit, bahkan mengonsumsivitamin E dalam bentuk tablet atau kapsul lunak seolah menjadi rutinitas kaum hawa untuk menjaga kesegaran dankecantikan kulit," katanya.

Melalui proses percobaan yang cukup rumit, keempat mahasiswi itu mencoba memasukkan ekstrak kecambah danserpihan gandum ke dalam formula sabun cair.

"Proses kritis terjadi pada saat pencampuran ekstrak kecambah ke formula sabun cair ini agar tidak terjadi oksidasiyang dapat merusak khasiat maupun penampilan produknya," kata Ivonne.

Mengenai proses pembuatan sabun cair, Rebeca juga mengatakan bahwa campuran "oat flakes" (serpihan gandum)yang difungsikan sebagai scrub bermanfaat untuk membersihkan daki atau kotoran yang menempel di kulit.

Inovasi keempat mahasiswa WM itu tercatat dalam daftar 105 Inovasi Indonesia Prospektif 2013 yang diadakan olehBusiness Innovation Center (BIC).

(Ant)

Nur Lail -

Tw eet

Empat Mahasiswa Ciptakan Sabun dari

Kecambah

Diduga Penipuan, Ribuan Mahasiswa

STKIP Terlantar

Mahasiswa Ajak Santri untuk Tidak

Golput

Atut Jadi Tersangka, UMC Diintimidasi

'Jawara'

Dikpora Bersurat ke ITN untuk Usut

Kematian Fikri

Mahasiswa Gelar Aksi Cabut UU Dikti

Polit ik 2014-02-02 12:18:10

Hasil Survei, Gita Bisa Saingi Jokowi

Untuk Jadi Capres

Polit ik 2014-02-02 02:15:44

Dewan Syuro PKS Tetapkan Tiga Nama

Capres 2014

Internas ional 2014-02-02 08:44:09

Hebat! Pemuda Asal Malang Sabet Piala

dari Pangeran Charles-Inggris

Hukum 2014-02-02 09:59:09

Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Utama

Pembunuh Feby Lorita

Polit ik 2014-02-02 17:21:26

Demokrat Tak Akan Menang Pemilu,

Golkar atau PDIP Penguasa Baru

Polit ik 2014-02-02 06:37:24

Wow Dana Pembebasan Lahan Untuk

Waduk Rp500 Miliar

Senin, 03 Februari 2014 8:24:21

Kecambah "Disulap" 4 Mahasiswa Ini Jadi Sabun Cair

One person likes this.Like Share

Komentar

BERITA SEBELUMNYA

TERPOPULERBERANDA | POLITIK | HUKUM | EKONOMI-BISNIS | SOSIAL | OLAHRAGA | WISATA HATI | URBANITAS | WARISAN BUDAYA

JALAN-JAJAN | OTOMOTIF | TEKNOGET | INTERNASIONAL | NUSANTARA | ENERGI | ENGLISH FLASH | INDEX BERITA | LOGINSearch website

Page 3: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

Tajuk | Karkhas | Kiprah Legislator | Opo Jarene | Par lementar ia / Pilkada | Polit ik | Per ist iwa News in English Tentang Kam i RSS FORUM

Mahasisw a W idya Mandala Ciptakan Sabun dari Kecambah30 Jan 2014 18:01:01| Pendidikan/Pesantren | Penulis : Edy M Yakub

Surabaya (Antara Jatim) - Empat mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya menciptakan sabuncair dan shower gel dengan bahan baku dari kecambah.

"Produk kecantikan yang berupa sabun cair ini mengandung vitamin E yang baik bagi kulit," ujar mahasiswi'Widya Mandala' Merry Anggraini di kampus setempat, Kamis.

Didampingi tiga rekannya, Rebeca Ervina Sanjaya, Ivonne Christalina, dan Anita Yuliviana, mahasiswa TeknikKimia Widya Mandala angkatan 2010 itu menjelaskan kecambah selama ini hanya diolah sebagai makanan.

"Tanpa disadari bahwa ada kandungan senyawa antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh,apalagi kecambah itu mudah dicari, mudah tumbuh, dan memiliki harganya terjangkau," ujarnya.

Ia menjelaskan kecambah digolongkan sayur-sayuran yang paling praktis karena kecambah dapat dipanenhanya dalam waktu 3-5 hari, tumbuh sepanjang tahun dalam segala cuaca, bahkan tidak butuh sinarmatahari.

"Manfaat kecambah sebagai sumber vitamin E yang berfungsi untuk menyehatkan, menghaluskan, mencegahpenuaan dini, melindungi kulit akibat radiasi sinar ultraviolet," katanya.

Selain itu, kecambah juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebasmerupakan faktor utama yang melatarbelakangi pemilihan bahan kecambah ini.

"Vitamin E memang banyak digunakan kaum perempuan untuk merawat kecantikan kulit, bahkanmengonsumsi vitamin E dalam bentuk tablet atau kapsul lunak seolah menjadi rutinitas kaum hawa untukmenjaga kesegaran dan kecantikan kulit," katanya.

Melalui proses percobaan yang cukup rumit, keempat mahasiswi itu mencoba memasukkan ekstrak kecambahdan serpihan gandum ke dalam formula sabun cair.

"Proses kritis terjadi pada saat pencampuran ekstrak kecambah ke formula sabun cair ini agar tidak terjadioksidasi yang dapat merusak khasiat maupun penampilan produknya," kata Ivonne.

Mengenai proses pembuatan sabun cair, Rebeca juga mengatakan bahwa campuran "oat flakes" (serpihangandum) yang difungsikan sebagai scrub bermanfaat untuk membersihkan daki atau kotoran yang menempel

di kulit.

Inovasi keempat mahasiswa WM itu tercatat dalam daftar 105 Inovasi Indonesia Prospektif 2013 yangdiadakan oleh Business Innovation Center (BIC). (*)

Editor : Endang Sukarelawati

Baca Ketentuan Versi Cetak Ikuti di Twitter!

Baca J uga

Kuota Mahasiswa "Bidik Misi" Universitas Brawijaya MeningkatPenerimaan Mahasiswa Baru PTN 2013 Lebih Ketat"Indocement Award" Tantang Mahasiswa ITS Lahirkan Inovasi

Tajuk

UKW Perkuat Pro fesionalisme Wart aw an

Organisasi apapun dan dimanapun selaluberupaya dan terus berupaya untukmeningkatkan pengetahuan,keterampilan dan kualitas setiap

anggotanya, tak terkecuali organisasi profesi sepertiPersatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang juga takkenal lela

Peristiwa

Surabaya Diguyur Hujan RinganHari iniBupati Minta Masyarakat Tenang terkaitStatus Gunung KeludBPBD Jatim Koordinasi Pemda AntisipasiStatus KeludMachmud: Kematian Satwa KBS Ulah OknumKaryawanMahfud MD: Kesenjangan Sosial Melebar

Foto Berita

Rumput Padi Odong-odong

Alat Deteksi Longsor

Komunitas Sepeda TuaIndonesia

Foto Cerita

Karapan Sapi dan Sapi Karapan

Budaya & Par iw isata Ekonom i Hukum Olahraga Pendidikan/Pesantren Polit ik TNI/Polr i Info TKI Ars ip Foto TV Telusur i

Page 4: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

Search

(https://www.facebook.com/pages/Berita-Jatim/397140405296) (http://twitter.com/#!/beritajatimcom) (https://plus.google.com/s/beritajatim) (http://rss.beritajatim.com)

Tw eet 0

(http://beritajatim.com)

Mahasiswi UWM Buat Shower Gel dari Kecambah

Kamis, 30 Januari 2014 11:03:28Reporter : Alfadila Ema Yunita

Berita Terkait

Surabaya (beritajatim.com) - Vitamin E banyak digunakan kaum perempuan untuk merawat kecantikan kulit. Mengkonsumsi vitamin E dalambentuk tablet atau kapsul lunak seolah menjadi rutinitas kaum hawa untuk menjaga kesegaran dan kecantikan kulit.

Merry Anggraini, Rebeca Ervina Sanjaya, Ivonne Christalina, dan Anita Yuliviana adalah Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabayayang melakukan sebuah inovasi membuat sabun cair atau shower gel dengan bahan baku kecambah.

“Kecambah telah digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkan sebagai sayur-sayuran yang paling praktis karena kecambah dapat dipanenhanya dalam waktu 3-5 hari, tumbuh sepanjang tahun dalam segala cuaca, bahkan tidak butuh sinar matahari. Mudah dicari, mudah tumbuh, danmemiliki harga yang sangat terjangkau,” ujar Merry ketika mengemukakan alasan pemilihan kecambah.

Manfaat kecambah sebagai sumber vitamin E yang berfungsi untuk menyehatkan, menghaluskan, mencegah penuaan dini, melindungi kulit akibatradiasi sinar ultraviolet, serta berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebas merupakan faktor utama yangmelatarbelakangi pemilihan bahan kecambah ini. “Selama ini kecambah hanya diolah sebagai makanan saja, tanpa disadari bahwa ada kandungansenyawa antoiksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Produk kecantikan yang berupa sabun cair ini mengandung vitamin E yang baik bagikulit,” Anita menambahkan.

Melalui proses percobaan yang cukup rumit, 4 mahasiswa ini mencoba memasukan ekstrak kecambah dan serpihan gandum kedalam formula sabuncair. “Proses kritis terjadi pada saat pencampuran ekstrak kecambah ke formula sabun cair ini agar tidak terjadi oksidasi yang dapat merusak khasiatmaupun penampilan produknya,” jelas Ivonne mengenai proses pembuatan sabun cair. Rebeca juga mengatakan bahwa campuran oat flakes atau

(http://beritajatim.com) Peristiwa (http://beritajatim.com/peristiwa) Politik & Pemerintahan (http://beritajatim.com/politik_pemerintahan)

Hukum & Kriminal (http://beritajatim.com/hukum_kriminal) Ekonomi (http://beritajatim.com/ekonomi) Olahraga (http://beritajatim.com/olahraga)

Gaya Hidup (http://beritajatim.com/gaya_hidup) Pendidikan & Kesehatan (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan)

Teknologi (http://beritajatim.com/teknologi) Indeks (http://beritajatim.com/indeks)

0Like

Page 5: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

Tag : mahasisw a uw m

serpihan gandum yang difungsikan sebagai scrub berfungsi untuk membersihkan daki atau kotoran yang menempel dikulit.

Inovasi mahasiswa Teknik Kimia WM angkatan 2010 ini tercatat pada daftar 105 Inovasi Indonesia Prospektif 2013 yang diadakan oleh BusinessInnovation Center (BIC). [ted]

Berita Terkait

Komentar Berita

Posting komentar dengan

#Tag Terpopuler

1 # gunung kelud (http://beritajatim.com/tag-berita/gunung-kelud)

2 # persebaya (http://beritajatim.com/tag-berita/persebaya)

3 # persebaya mitra kukar isl (http://beritajatim.com/tag-berita/persebaya-mitra-kukar-isl)

4 # foto,bugil,dangdut (http://beritajatim.com/tag-berita/foto,bugil,dangdut)

5 # pilgub,jatim (http://beritajatim.com/tag-berita/pilgub,jatim)

6 # polwan,bugil (http://beritajatim.com/tag-berita/polwan,bugil)

7 # longsor jombang (http://beritajatim.com/tag-berita/longsor-jombang)

8 # longsor (http://beritajatim.com/tag-berita/longsor)

9 # kbs (http://beritajatim.com/tag-berita/kbs)

10 # manchester united (http://beritajatim.com/tag-berita/manchester-united)

10:48 Vodka Penyebab Utama Kematian di... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/197220/vodka_penyebab_utama_kematian_di_rusia.html)

20:52 Gagal 12 Kali Beasiswa Luar Nege...(http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/197201/gagal_12_kali_beasiswa_luar_negeri,_handoyo_pantang_menyerah.html)

02:35 Pengobatan Alternatif, Cukup den... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/197121/pengobatan_alternatif,_cukup_dengan_sentil_kertas.html)

19:18 BAN PT Akui Proses Akreditasi La... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/197107/ban_pt_akui_proses_akreditasi_lamban.html)

19:10 PTN Anggap Badan Akreditasi Terk... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/197106/ptn_anggap_badan_akreditasi_terkesan_lamban.html)

18:56 Kemenag Pamekasan Yakin Terapkan... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/197105/kemenag_pamekasan_yakin_terapkan_kurikulum_2013.html)

18:58 Jawab Kritikan Menkes, RSU dr So... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/197020/jawab_kritikan_menkes,_rsu_dr_soetomo_siap_berbenah!.html)

13:24 Gagal Temui Bupati, Ratusan Guru... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/196993/gagal_temui_bupati,_ratusan_guru_madin_pulang.html)

12:03 Ratusan Guru Madin Tuntut Mundur... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/196986/ratusan_guru_madin_tuntut_mundur_bupati_kediri.html)

11:03 Mahasiswi UWM Buat Shower Gel da... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/196981/mahasiswi_uwm_buat_shower_gel_dari_kecambah.html)

03:34 Ingat, Arummanis Mengandung Pewa... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/196952/ingat,_arummanis_mengandung_pewarna_berbahaya.html)

21:03 Ratusan Ayam di Madiun Mati Mend... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/196937/ratusan_ayam_di_madiun_mati_mendadak.html)

11:53 UN, Kota Malang Targetkan Lulus ... (http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/196770/un,_kota_malang_targetkan_lulus_100_persen.html)

22:51 Penelitian di Jerman, 2 Mahasisw...(http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/196730/penelitian_di_jerman,_2_mahasiswa_ubaya_temukan_imun_baru.html)

Facebook social plugin

Comment

Add a comment...

Berita Terkini Berita Terpopuler

Page 6: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

E 100 ON FACEBOOK

ON AIR

PENYIARIsa Anshori

REFERENSI KESEHATAN

Rumah Sakit Mata UndaanAge Related Macular Degeneration, Penurunan

tajam penglihatan pada orang tua sebagian

besar karena proses... [detil]

Rumah Sakit DarmoSayap RS Darmo Terus Berkembang, Usia

Rumah Sakit Darmo telah memasuki usia 93

tahun. [detil]

Rumah Sakit PremierRS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang

kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di

RS Premier akan... [detil]

username •••••••• Daftar! Lupa Password?

NEWS POTRET KELANAKOTA RADIO VIDEO LAINNYA

Senin, 03 Februari 2014 | 08:08 WIB

JAZZ TRAFFIC

Tw eet 12

KELANA KOTA

BERITA LAINNYA

Demi Pengobatan Anak, Pria Ini Mencuri

Pangdam: Musim Pemilu Jangan Coba-Coba Black

01 Februari 2014, 15:20:53 | Laporan J. Totok Sumarno

Mahasiswi UWM Ciptakan Sabun Cair Berbahan Kecambah

suarasurabaya.net - Vitamin E banyak digunakan kaum perempuan untuk merawat kecantikan kulit. Mengkonsumsivitamin E dalam bentuk tablet atau kapsul lunak seolah menjadi rutinitas kaum hawa untuk menjaga kesegaran dankecantikan kulit.

Merry Anggraini, Rebeca Ervina Sanjaya, Ivonne Christalina, danAnita Yuliviana para mahasiswi Universitas Katolik WidyaMandala Surabaya yang membuat sabun cair atau shower geldengan bahan baku kecambah atau tauge

“Kecambah digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkansebagai sayur-sayuran yang paling praktis karena dapatdipanen hanya dalam waktu 3-5 hari, tumbuh sepanjang tahundalam segala cuaca, bahkan tidak butuh sinar matahari. Mudahdicari, mudah tumbuh, dan memiliki harga yang sangatterjangkau,” terang Merry Anggraini.

Manfaat kecambah sebagai sumber vitamin E yang berfungsi untuk menyehatkan, menghaluskan, mencegahpenuaan dini, melindungi kulit akibat radiasi sinar ultraviolet, serta berperan sebagai antioksidan yang melindungi seldari serangan radikal bebas merupakan faktor utama yang melatarbelakangi pemilihan bahan kecambah ini.

“Selama ini kecambah hanya diolah sebagai makanan saja, tanpa disadari bahwa ada kandungan senyawaantoiksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Produk kecantikan yang berupa sabun cair ini mengandungvitamin E yang baik bagi kulit,” tambah Anita Yuliviana.

Melalui proses percobaan, 4 mahasiswa ini mencoba memasukan ekstrak kecambah dan serpihan gandumkedalam formula sabun cair. “Proses kritis terjadi pada saat pencampuran ekstrak kecambah ke formula sabun cairini agar tidak terjadi oksidasi yang dapat merusak khasiat maupun penampilan produknya,” jelas Ivonne Christalina.

Rebeca Ervina Sanjaya menambahkan, bahwa campuran oat flakes atau serpihan gandum yang difungsikan sebagaiscrub berfungsi untuk membersihkan daki atau kotoran yang menempel dikulit.

Inovasi yang dilakukan empat mahasiswa jurusan Teknik Kimia Widya Mandala angkatan 2010 ini tercatat pada daftar105 Inovasi Indonesia Prospektif 2013 yang digelar Business Innovation Center (BIC).(tok/edy)

Foto:-Proses pelaksanaan penelitian di laboratorium yang dilakukan para mahasiswa.Foto: Totok suarasurabaya.net

Editor: Eddy Prastyo

02Like

E100

230,678Like

E10008.06:1. Waspada TL flashingdi simpang empat TuguPahlawan. Hanyalampu kuning yangmenyala. Sudah adapetugas di lokasi yangmengatur;2. Arus di BrebekIndustri di bawahjembatan Tol Juandapadat merambat. (odp-

Page 7: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

PencarianSenin, 3 Februari 2014 Top New s Berita Terkini Rilis Pers Tentang Kami Ketentuan Penggunaan Forum RSS Tw itter

English

Mengenal BudayaKorea Selatan

MahasiswiSelundupkan

Metamphetamine

Galer i Terkait

Video Terkait

“ ...kecambah itu mudah

dicari, mudah tumbuh, dan

memiliki harga yang

terjangkau...

Berita Terkait

Pelapor Sitok Srengenge diperiksa di klinikKampus UI

Mahasiswi Ubaya rancang tas dari kertas"tyvek"

Mahasiswi kedokteran ditemukan tewasberlumuran darah

Mahasiswi Aceh tolak kontes Miss World2013

Mahasiswi IAIN Ar-Raniry tulis skripsi dalamtiga bahasa

Mahasisw i W idya Mandala ciptakan sabun darikecambahKamis, 30 Januari 2014 17:38 WIB | 4722 View s

Pewarta: Edy M Ya`kub

Surabaya (ANTARA News) - Empat mahasiswiUniversitas Katolik Widya Mandala Surabayamenciptakan sabun cair dengan bahan baku darikecambah.

"Produk kecantikan yang berupa sabun cair inimengandung vitamin E yang baik bagi kulit," ujarmahasiswi Widya Mandala Merry Anggraini diSurabaya, Kamis.

Didampingi tiga rekannya, Rebeca ErvinaSanjaya, Ivonne Christalina, dan Anita Yuliviana,mahasiswa Teknik Kimia Widya Mandalaangkatan 2010 itu menjelaskan kecambah selamaini hanya diolah sebagai makanan.

"Tanpa disadari, ada kandungan senyawaantioksidan yang memiliki banyak manfaat bagitubuh, apalagi kecambah itu mudah dicari, mudahtumbuh, dan memiliki harga yang terjangkau,"ujarnya.

Ia menjelaskan kecambah digolongkan sayur-sayuran yang paling praktis karena kecambahdapat dipanen hanya dalam waktu 3-5 hari,tumbuh sepanjang tahun dalam segala cuaca,bahkan tidak butuh sinar matahari.

"Manfaat kecambah sebagai sumber vitamin Eyang berfungsi untuk menyehatkan,menghaluskan, mencegah penuaan dini,melindungi kulit akibat radiasi sinar ultraviolet,"katanya.

Selain itu, kecambah juga berperan sebagaiantioksidan yang melindungi sel dari seranganradikal bebas merupakan faktor utama yangmelatarbelakangi pemilihan bahan kecambah ini.

"Vitamin E memang banyak digunakan kaumperempuan untuk merawat kecantikan kulit,bahkan mengonsumsi vitamin E dalam bentuktablet atau kapsul lunak seolah menjadi rutinitaskaum hawa untuk menjaga kesegaran dankecantikan kulit," katanya.

Melalui proses percobaan yang cukup rumit,keempat mahasiswi itu mencoba memasukkanekstrak kecambah dan serpihan gandum kedalam formula sabun cair.

Top Stor ies

Cassa BPPT bantu modifikasi cuacaArkeolog temukan sisa firaun terbaruHubble tangkap citra semesta terjauh dariBumiLima penemuan luar biasa pekan iniMereka merayakan Natal di luar angkasa

Tem ukan kam i di Facebook

Antaranews.com

91.025 orang menyukai Antaranew s.com.

Plugin sosial Facebook

Suka

Sains

Ilmuwan buat terobosan baru dalam riset selpunca embrionik

Para ilmuwan membuatterobosan baru denganmenemukan cara sederhanauntuk memrogam ulang sel-sel binatang dewasa ...

Puisi Yunani kuno ditemukan pada lembaranpapirusMahasiswi Widya Mandala ciptakan sabundari kecambah

Nasional Internasional Ekonomi Olahraga Hiburan Teknologi Warta Bumi Artikel Otomotif Foto Antara TV

Sains Komputer Gadget Internet

shared

PT KAI siapkan empat rute baru di Jateng-DIY

Presiden SBY minta warga Sinabung bersabar

Selebaran pasangan Prabowo-JK beredar di Palu

Nilai UN-rapor penentu pada SNMPTN 2014

Korban Erupsi Sinabung - Foto ANTARA News

Powered by AddThis

Page 8: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

Cetak Email Tw eet 306

Alv inasariMahasiswaTermuda ...

"Proses kritis terjadi pada saat pencampuranekstrak kecambah ke formula sabun cair ini agartidak terjadi oksidasi yang dapat merusak khasiatmaupun penampilan produknya," kata Ivonne.

Mengenai proses pembuatan sabun cair, Rebecajuga mengatakan bahwa campuran "oat flakes"(serpihan gandum) yang difungsikan sebagai

scrub bermanfaat untuk membersihkan daki atau kotoran yang menempel di kulit.

Inovasi keempat mahasiswa WM itu tercatat dalam daftar 105 Inovasi Indonesia Prospektif 2013 yangdiadakan oleh Business Innovation Center (BIC).

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2014

Ikuti ber ita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kir im Komentar

Internet

Ucapan selamat Imlek lewat WeChat naik duakali lipat

Jumlah pesan yang terkirimmelalui aplikasi komunikasitelepon seluler WeChat naikdua kali lipat pada Kamis saat...

Facebook aplikasi terpopuler BlackBerry diAsia PasifikGoogle bikin "doodle" Imlek

Gadget

Akuisi Motorola, Lenovo ingin kalahkan Samsungdan Apple

Setelah mengakuisi Motoroladari Google, pucuk pimpinanmanajamen (CEO) LenovoYuanqing Yang menginginkan...

Apple dan Samsung terus berselisih soalpatenBlastnote, aplikasi lokal berbagi kontendengan mudah

BMW rilis M5 dan M6 edisi Imlek dlvr.it/4r6kwl

ANTARANEWS.COM @antaranews

Bentangkan

Jalur Cikoya-Maja masih perbaikan di lokasi longsor dlvr.it/4r6ktd

ANTARANEWS.COM @antaranews

Bentangkan

Penghentian operasi Merpati pengaruhi penumpang Timika dlvr.it/4r6krx

ANTARANEWS.COM @antaranews

54 mnt

54 mnt

54 mnt

Tweet Ikuti

Top News Nasional Internasional Ekonomi Olahraga Hiburan Teknologi Warta Bumi Artikel Foto TV Otomotif Forum Pembaca Rilis Pers

Ketentuan Penggunaan Tentang Kami Jaringan Pedoman Twitter Facebook Pedoman RSS

Copyright © 2014

21Like

ANA Jakarta-JapanFlightswww.ana.co.jp

Direct Flights to Japan Everyday. BookOnline and Fly with ANA!

Facebook social plugin

Comment

Add a comment...

Sulung Adi · UMM

udah sesuai dengan BPOM gak ?

Reply · · Like · Yesterday at 6:52am1

Page 9: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

Home

BerandaTerbitanKuis & KontesMP Forum

Monday 03 February, 2014

Penabuh Drum Koes Plus, Murry Tutup Usia

Kabar KampusNasionalInternasionalProfileOpini

OpiniEditorialSurat Pembaca

KIKGaya Hidup

KesehatanTeknologiOtomotifFesyen

SeniCerpenEsaiPuisiBukuMusikFilm

Olah RagaWisata

KulinerPerjalanan

Info KampusBeasiswaAgenda

Navigate...

Published On: Thu, Jan 30th, 2014Nasional | By Redaksi

Mahasiswi Widya Mandala Ciptakan Sabun dar i Kecambah

Tw eet

1

0

1

0

Like

Share

0

Page 10: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014

0 Tw eet 1 1

ilustrasi(sumber : waspada.co.id)

Surabaya, Media Publica – Empat mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya menciptakan sabun cair dengan bahan baku dari kecambah.

“Produk kecantikan yang berupa sabun cair ini mengandung vitamin E yang baik bagi kulit,” ujar Merry Anggraini salah satu mahasiswi yang membuat sabun cairtersebut.di Surabaya, Kamis (30/1).

Didampingi tiga rekannya, Rebeca Ervina Sanjaya, Ivonne Christalina, dan Anita Yuliviana, mahasiswa Teknik Kimia Widya Mandala angkatan 2010 itumenjelaskan kecambah selama ini hanya diolah sebagai makanan.”Tanpa disadari, ada kandungan senyawa antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagitubuh, apalagi kecambah itu mudah dicari, mudah tumbuh, dan memiliki harga yang terjangkau,” ujarnya.

Ia menjelaskan kecambah digolongkan sayur-sayuran yang paling praktis karena kecambah dapat dipanen hanya dalam waktu 3-5 hari, tumbuh sepanjang tahundalam segala cuaca, bahkan tidak butuh sinar matahari. “Manfaat kecambah sebagai sumber vitamin E yang berfungsi untuk menyehatkan, menghaluskan,mencegah penuaan dini, melindungi kulit akibat radiasi sinar ultraviolet,” katanya.

Selain itu, kecambah juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebas merupakan faktor utama yang melatarbelakangipemilihan bahan kecambah ini. “Vitamin E memang banyak digunakan kaum perempuan untuk merawat kecantikan kulit, bahkan mengonsumsi vitamin E dalambentuk tablet atau kapsul lunak seolah menjadi rutinitas kaum hawa untuk menjaga kesegaran dan kecantikan kulit,” katanya.

Melalui proses percobaan yang cukup rumit, keempat mahasiswi itu mencoba memasukkan ekstrak kecambah dan serpihan gandum ke dalam formula sabuncair. “Proses kritis terjadi pada saat pencampuran ekstrak kecambah ke formula sabun cair ini agar tidak terjadi oksidasi yang dapat merusak khasiat maupunpenampilan produknya,” kata Ivonne.

Mengenai proses pembuatan sabun cair, Rebeca juga mengatakan bahwa campuran “oat flakes” (serpihan gandum) yang difungsikan sebagai scrub bermanfaatuntuk membersihkan daki atau kotoran yang menempel di kulit. Inovasi keempat mahasiswa WM itu tercatat dalam daftar 105 Inovasi Indonesia Prospektif2013 yang diadakan oleh Business Innovation Center (BIC).

Editor : Kris Aji Irawan

Sumber : Antaranews & kompas.com

Related News

Kereta Api Ajisaka Mulai Beroperasi Hari ini

2400 Personel Polisi Amankan Perayaan Imlek

Gita Wirjawan Mundur Dari J abatan Menteri Perdagangan

Share

0Like

Page 11: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014
Page 12: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014
Page 13: Kliping Berita Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Januari 2014