Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

40
SENIN,2TJUL| 2ttr' n DIP Rekomendasika P i-Iiwi Iasd Y. Didukung PAN. Pl{S, Gerincire PURBALINGGA - DPP Partai Demokrasi lndonesia Perjuangan (PDIP) akhimya mengeluad<an rekomendasi terhadap Wakil Bupati Purbalingga, sekaligus Ketua DP-C PDIP PurbalinggaTasdi, untuk maju sebagai calon bupati (cabup) Purbalingga untuk periode lima tahun kedepan Kepastian itu diumumkan di DPD PDIP Jawa Tengah, ke- marin. Tasdi akan dipasangkan dengan Dyah Hayuning Pmtiwi (Tiwi), sebagai calon wakil bupati (cawabup). Dyah meru- pakan anak dari mantan bupati Purbalingga dua periode Triyono Budi Sasongko. Wakil Ketua DPC PDIP Purbalingga, Tongat mengata- kan setelah rekomendasi terse- but turun, pihaknya segera melakukan konsolidasi di tingkat intemal dari DPC hingga ranting, untuk mengamankan dan memenangkamya. Adapur di tataran ektemal, komunikasi politik dengan parpol lain akan lebih diintensilkan untuk kemu- ngkinan koatisi, meskipun PDIP bisa maju sendiri. "Pengalaman pilkada se- belumnya, PDIP memenangi - fateng unnrk berkoalisi dengan r PDIP dalam Prlkada Alasanny4 pasangan Tasdi-Tiwi dinilai rnemiliki visi yang sama dengan l']KS, dalam membangun hr,rbrlingga. Ketua DPC Gerindra Pur- balingga, Imam Poerseto mengatakan setelah melakukan survei dan komunikasi politik dengan parpol lain, pihaknya memastikan akan melangkah bersamaPDlPdalamPilkada ini. (H82-63) benaina partai lain. K,ali ini pun. demikian. Kami siap bergerak benamadenganparpol lainyang searah peduangan," kata Ketua DPRD Purbalingga ini. Segera Dismialisasikan Pasangan ini, Selasa (28/7) akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Urnum (KPU) Purbalingga. Sebelum mendaftarkan diri ke KPLr, pihaknya akan menggelar Rapau Kerja Cabang Khusus (Raker.. cabsus). Kegiatan tersebut digelar guna menyosialisasikan pasan- gan Tasdi-Tiwi, Iiepada jajaran sffuktural partai di kompleks (iOR Mahesa Jenar- Setelah itu pasangan Tasdi-Tiwi akan diantarkan unnrk mendaftarkan diri ke KPU. Mengenai teknis pendaftaran apakah akan di- antarkan oleh kader dan simpati- san, Tongat mengatakan akan dibahas keniudian. Sementara itu Partai Ke- adilan Sejahtera (PKS), Pnrtai l Amanat Nasional (PAN), dan Partai Gerindra juga sudalt memastikan melangkah ber'; sama PDIP, dalam pikada kall ini. Sebelumnya, Partai Persauran Pembangunan (PPP) pimpinan Gus Romy juga memastikan bergabung dengan PDIP Ketua DPD PKS PuTbA- lingg4 Wihamanto mengatakan sudah menggelar raPat dengan pengurus sena berkomunikasi dengan pengurus DPW PKS -lL--->-

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

SENIN,2TJUL| 2ttr'

nDIP RekomendasikaP

i-IiwiIasdY. Didukung PAN. Pl{S, Gerincire

PURBALINGGA - DPP Partai Demokrasi

lndonesia Perjuangan (PDIP) akhimya

mengeluad<an rekomendasi terhadap Wakil

Bupati Purbalingga, sekaligus Ketua DP-C PDIP

PurbalinggaTasdi, untuk maju sebagai calon

bupati (cabup) Purbalingga untuk periode lima

tahun kedepan

Kepastian itu diumumkan diDPD PDIP Jawa Tengah, ke-marin. Tasdi akan dipasangkandengan Dyah Hayuning Pmtiwi(Tiwi), sebagai calon wakilbupati (cawabup). Dyah meru-pakan anak dari mantan bupatiPurbalingga dua periodeTriyono Budi Sasongko.

Wakil Ketua DPC PDIPPurbalingga, Tongat mengata-kan setelah rekomendasi terse-

but turun, pihaknya segeramelakukan konsolidasi ditingkat intemal dari DPC hinggaranting, untuk mengamankandan memenangkamya. Adapurdi tataran ektemal, komunikasipolitik dengan parpol lain akanlebih diintensilkan untuk kemu-ngkinan koatisi, meskipun PDIPbisa maju sendiri.

"Pengalaman pilkada se-belumnya, PDIP memenangi

- fateng unnrk berkoalisi denganr PDIP dalam Prlkada Alasanny4pasangan Tasdi-Tiwi dinilairnemiliki visi yang sama denganl']KS, dalam membangunhr,rbrlingga.

Ketua DPC Gerindra Pur-balingga, Imam Poersetomengatakan setelah melakukansurvei dan komunikasi politikdengan parpol lain, pihaknyamemastikan akan melangkahbersamaPDlPdalamPilkada ini.(H82-63)

benaina partai lain. K,ali ini pun.demikian. Kami siap bergerakbenamadenganparpol lainyangsearah peduangan," kata KetuaDPRD Purbalingga ini.Segera Dismialisasikan

Pasangan ini, Selasa (28/7)akan mendaftarkan diri keKomisi Pemilihan Urnum(KPU) Purbalingga. Sebelummendaftarkan diri ke KPLr,pihaknya akan menggelar RapauKerja Cabang Khusus (Raker..

cabsus).

Kegiatan tersebut digelarguna menyosialisasikan pasan-gan Tasdi-Tiwi, Iiepada jajaransffuktural partai di kompleks(iOR Mahesa Jenar- Setelah itupasangan Tasdi-Tiwi akandiantarkan unnrk mendaftarkandiri ke KPU. Mengenai teknispendaftaran apakah akan di-antarkan oleh kader dan simpati-san, Tongat mengatakan akandibahas keniudian.

Sementara itu Partai Ke-adilan Sejahtera (PKS), Pnrtai

l

Amanat Nasional (PAN), danPartai Gerindra juga sudaltmemastikan melangkah ber';sama PDIP, dalam pikada kallini. Sebelumnya, PartaiPersauran Pembangunan (PPP)

pimpinan Gus Romy jugamemastikan bergabung dengan

PDIPKetua DPD PKS PuTbA-

lingg4 Wihamanto mengatakan

sudah menggelar raPat denganpengurus sena berkomunikasidengan pengurus DPW PKS

-lL--->-

Page 2: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

RAGTAN HT IMAS SFTD,\ }iAR( TPNTFN Pl IBRA, IN6G.\

Page 3: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

BAOIAI'I IIII[{I$ $X[DA [I[BAI}'[OOA

SUARA MERDEKA

SENIN,27JULI2O15

PertamaDibuka,B elum Ada CaLon Mendaftar

KALIGONDAN-G - HaTipertama pembukaan pendaftamnpasangan calon bupati (cabup)-wakil bupati (wabup) Purba-lingga di kantor Komisi Pemi-lihan Umum (KPL) KabupatenPurbalingga, Jalan Raya Kali-gondang, Minggu (26tr) belumada satu panai politik @arpol)yang mendaftar.akan calormya

"Belum adayang medaftarhingga sore ini (kemarin).Mungkin besok (hari ini) atauhari terakhir (besok). Yang

sudali+udah,pas-asanganmendef-

tar saat wakhr hampir berakhir,"kata Ketua KPU KabupatenPutalingga Sri Wahyuni kepa-da&mraMedels.

KPU Putbalingg membukapefidaftaran untuk pasangancabupcawabup dari paltai poI-tik, selama tiga hari mulaiMinggu-Selasa (262M). Te{apijika hingga hari temkhir bolumada yang mendaftar atau barusatu pasangan yang mendaftar,maka KPU akan memperpan-

jang masa pendaftaran selamatiga hari. tlal ini sesuai denganPeraturan Komisi PemilihanUmum No 1212015 tentangperubahan atas PKPU No9/2015 tentang pencalonanpemilihan Kepala Daemh.

. "Jika tetap tidak adamendaftar atau hanya ada satupasangan calon, maka PilkadaP[rbalingga terpaksa diundurhingga Pilkada serentak selan-juury4 yakni 2017. Ini tetuangdalam Pasal 89 ayat (l) ayat Q),

PKPU Nomor 12/2015. Penu-daan Pilkada iersebut, akan diku-atkan dengan surat keputusandari KPU Purbalin gga, yaragakan dikirimkan tepada KPU-RI," temngnya.

Dia menambahkan, apabilasampai batas akhir perpanjanganmasa pendaftaran, yakni 31 Juli,hanya ada Satu pasangan atautidak ada yang mendaftar. KPUPurbalingga akan mengemba-likan semua anggaran terkaitpelaksanaan Hlkada. (H82-63)

BA(rlr\N Hr rrlAs lit,I Ui i,.{lJL ?.\i L,N Pt i{iir\i-l\(i(,i

Page 4: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KTIPINGME,DIA

BAffA}{ III][{A$ $XMA ruIBAI]NGGA

sueme MtmmrK&-..:.!ijjFEr4E!!"ffiEEe@SENIN,2TJUU 2015

. jin dan yang lain berbeda. Jadi, , saya dulrlng, karena bisa.mening-kalau ada peraiin ydng befteruim- katkan perekonomian masyarakat.

'Karena sebelum ada boorru'ng ugalraini, banyak penlangguran yangmembutuhkan peke{aan." ujamya-(Fl0-55)

,puan lebih nanti bisa menularkan-nya dengan'perajin lain.

"Dengan bergabung dalam rva-

dah paguyuba4. bisa saling asah dan

Kecamaran Ke jobong. 155 )

Perajin BatuAkik Kebamjiran OrdePURBALINGGA - Selama

l-€b.rlan, perajin batu akik di Keca-matan Kejobong rneraup ulltungbesar: Tercirtat. pada hid-har-i bilrsa.

perajin hanya rnendapad<an orderbatLr akik di barvah Rp 500.000.

Tetapi seminggu sebelum dansetelah Lebaran dapat memup un-tung iutaan rupiah.

"Omzet hasil penjualan batuakik sebelurn I-ebaran di bawah RP

500.000. Namun seminggu dansCtelah l-ebaran perajin dapat me-raih untung Rp I ,5 jut4l ' kata Ca-mat Kejobong Suwardi.

Dia mengatakal ha] itu saatmen-

dampingi Bupati Sukento RidoMarhaeodrianto dalam acara Pe-ngukuhan Paguyuban Batu AkikKecamatan Kejobong di halainanKecamatan Kejobong. - .

.Menurut Camat, permintaan irutinggi, karena para pemudik sebel .:

tu4 kembali k9 tempat asalnya berbum oleh-oleh dari kampung ha-lamai, terrnasuk ceindera mata batu

.tkik.Berbagi Pengalaman .

Karena itu, papar Suwardi, Pi-haknya ter-us mendorong perajinbam akik di wilayt xtya untuk ber-gabung menjadi anggota Pagu-)ruban.

Selain untuk saling tuka infor-masi, juga berbagi pengalamansesama perajin lain.

"Di Kecamatan Kejobong, saat

ini ada sekiar 4Q perajin dan sudah

kami dorong untuk t ergabungdalam paguyuban. TujuamYa ur-tuk bertukar infomasi dan bertagipengalaman dalam pengelolaanbatu fi(," jelasnya.

Selain,itu, juga untuk menu'larkari kemampuan dengan perajinlain, karena kemainluan satu irera-

asih sesama perajin. Jadi, tidaksiling benaing dan pemasarannyabersama-sama." tutumya.

Sur,,,ardi menandaskan. setelahdiirentuk paguyuban, para perajinalian didorong unruk terus mening-katkan inovasi serta menjaga ling-kungan dan keselamatan kerja.

Selain itu, pihaknya juga ahanmendidk n kios unJu,k menampunghasil kerajinai

'batu akik se-

Kecamatan Kejobong.r Setiap bulanakan diadakan pertemuan dan pem-binaan.

Bupati mengatakan, Pemkabsalrgat mendukung kegiatan pe-ningliatan usaha masyarakat sepertiperajin batu akik, termasuk diKejobong

"Program banr akit ini sangat

.'|..'

Page 5: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

!.rr rnTlrrr ! !T]n! !rlr.rLt t-l ! \, Lf LLtv ll L

BAGIN IIUI\{A$ $[IDA PI]IBAIII{OOA

SUARA MERDEI(A

sENtN, 27 JUL| 2015

Lokawisata Tembus100.000 PenguniungBATURRADEN - Lokawisata Baturraden

berhasil menembus angka 100.000 pengunjung

pada musim libur Lebaran 2015. Sejak H+1

hingga akhir pekan lalu tingkat kunjungan

tetaptinggi.

Kepala Bidang Pariwisata DinasPemuda Olahraga Kebudayaan danPadwisata (Dinporabudpar) Banlu-mas, Deskart Sotyo Jatmiko, meng-ngkapkan pada libur l*baran kali ini

pihalnya hanya menagerkan 80.000pengunjungkhusus untrkl-okawiMtaBatuIraden. Sementara objek wisal-alain yang dikelola Fer*ab Banyumashanya mematok 5.00G20.000 pen-gunjong

"Kami menargSl<an 80.000 orangyangbe*unjungpadamusiml*barankati ini. H+7 trIget ihr sudah Edmn-paui" katadia kemarin.

Da menjelaskan, puncak laqjung-anlrkawisataBaMradenedadi@aH+2 Lebaxan atau Minggu (19ff).Tercatat sebanyak 2.034 pe.rgt rrjrngmasuk meniknati sejurnlah wahanayang disediakan oleh pengelola

Dari pantauan Srrard Merdeka,objek paling diminati adalah kolamrcnang dan papan lmcw. Oqiek t€rse-

bur selalu dipenuhi oleh aDak-anak danonmgtua. Diamemapa*aq@aJumat(18/-l) hari pertama l,ebarart pengurdungmencqai 1615 trarg. Serrcntrahadkedua w_isatawan nusantara yangberkunjung melonjak hingga menca-

pai 13513crag.S€nin (2tr7) tercet 21.765 umg

masuk ke lokawisata, qerEntara pada

Selasa (21fl) pengunjung. yangkebanyakan rombongan keluargamulai menuun meqiadi 14478 orangsaja" Ini juga tedihar pada RatuQ2myang nrencatatkan hanya 10.804 pen-gunjung. Kunjdngan berangsur-angsurnulurur hingla alfiir pekan.

"Ditambah dengan kunjungansejak awal tahun, sejauh ini pendapatan sudah rnencapai lebih dari Rp 4miliar," l<atadiaDiRutalinga

Senrntara io1 di hftalingg4 Ke-pala Bidang Pariwisata Dinas Kebu-tlayaan Pariwisata Pemuda dan OlahRaga (Dinbudparpora) Pubalingga,Prayitn, optimistis target kunjungan19.000 orang terpenuhi flal itu t€rlihatsaat riblan wisatawan dari bertragaidaerah memadati objek wisata GoaLawa di Desa Siwarak, KecamatanKarangeja Pubalingga sejak awalliburl*ba-an hingga Ikmis (2ar7).

Selain manilmrai goabawah tanahyang terbertuk dri endapan lav4 para

wisatawan juga menilrnati suguhanmusik rakyat, datrgdut. KunjunganH+2Lebarandiperkirakanmerupakan

puncak kunjungan selama liburLebaran tahun ini-

"Kami akan terus be6enah untukmemberikan kenyamanan bagi wisa-tawan yang bedonjung ke Goa lawaPelayanan kepada wisatawan jugamenjadi hal utama agar wisatawanbeuh bakunjungke objek wisataGoaLawa. Pedagang jnga dilokalisasis6elah khijalan nanuju goc sehing-ga ada ur{}at yang iuas unokbersan-tai bogi peryunjtmg," ucqlya"

Diam€ngungkapkan,bandingan kunjutrgatr pada H+lI-ebaran tahun lalu jumlah wisatawanpada H+1 Lebaran ini meningkatcukup lumayan. Tahun 2Al4 if)rcaratsekilar2.6mwisatawam,sedangpadaSabtu (18r) tercatat sekitar 3.46(npengunjung. UDnrk H+2 ahm 2014tercalat 4. 1/l0 wisatawaq sedang H+2IJbaran tercatd 6J40 wisatawan.

Salah seorang pengunjung asalJakarta Nani, mengungkapkan pada

liburkbmaninidirinyabersamakelu-argamudikkePekalongan. Disela-selafiburan mengajak anak dan kerabatunnrk berkunjung ke sejurnlah objekwisata di Pwbalingg4 tennasuk GoaIawa"

"Saya sengaja datang ke C,oa I-a-w4 saya mendengar promosi yangmmai karena Goa tawa merniliki keu-nikan berupa goa yang terbentuk darilava gunung berapi. Selain itu ada

w afula outb ond y angkebetlan anak-anak karni senang tantangan. Anak-

. anak sangat fiEnilanati sekali be&rn-jung ke Goa I-aw4" urtr Nani.(K35-t7)

ts,{GiAN iit:i\.ir\S !iL i DA |\AEr, tA I L\ yL.t{ tjAlIN(J(iA

Page 6: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

4r1,". ?,.'t

.j+ :7

" *tJl"r- ,t:

nasuk( 17)

Page 7: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

llT !tE:-}- f -r'1 1 !!]Ft ! t+= g ! 5,: l!":: i :E.r:1'r .! :i a:l\r-rr-t !r t \J \ttLlplt \

nAflAl{ Itt]l{A$ $[InA IUlXAl,tr'[{j04

SUARA MERDEKA

sENlN,2TJULI 2015

P etani Dimfuta KembalilrunKesuburanMnnh

KILICONOANC - parapetani di KecamaarKalieondane.diminh untuk meng"riUuti*iikesuburan tanah. Hal itu demikelangsrmgan usaha rnercka"

Pfi nintaan ifi r disampaikanpetugas pengamat hama Ke{a-matan Kaligondang, Eko Sugi_yanto. "Sekanng ini, di lapangan,kami menemukan gejala daunpadi rnenguning. Setelah dicabuqtemyata akamya sudah mati,"karanya. Dia mendug4 kemarianakar itu akibat keracunan ursurb*i. Unsur ini nrqiadi dominanakibat tanah tedalu amra seling-

TVNTAKIANAKARMAII: PmgamatopTEkomenmjuld@tcotohtara-nanpadiWgakamqnatikzrydopebni danfubinsaKoranil Kali godang. (6 3

ga tidak mampu menyediakanunsur nitogen yang kuryak dibu-tuhkan tanaman,

"Tanaman lebih banyakmenyerap unsur besi daripadanirogenAl@rnati kalgnkeraql.nan dan p€rtrmhlEn daun ke atasnrnjadi nrenguning," jelasnya"PeAuDidangi

Dia mengatakan hal itu,dalam penemuan dengan kelonr-pok tani di Desa Penaruban,Kecamatan Kaligondang. Diadidampingi babinia KoramilKaligondang Pelda Saeroji danpetugas penyuluh lapansanRasmingn.

Unu* iur Eko menvarankankepada petani untuk mengolahtanah dengan cara menyiangiyang dilaqjutkan dengan mengu-Engi air. menabuppuk organihdan kapur dolomir

penambahan pupuk N dan abudapur. I{al ini untrk menenakantanah kembali. Sehingga ditnrapkan unsur niEogen dapat tersediakembali di ranah dan terserap olehunama4"jelasnya

Danramil KaligondansKapten Inf Sarwanto. ireneatalkan pihaknya rn"nrrun-kunanggota babinsa untuk mengawalpoduksi pertanian di KecamatanIGligondang.'Hal ini kami laku-kan untuk mendukung swasem-bada pangan nasional. Anggotalangsung tunm ke kelompok tani,untuk mendampingi mereka.Sehingga kalau adamasala[ bisadicarikan jalan keluar," kaanya"

Menuut Sarwafto, KoramilKaligondang juga mengawal disribusi pupuk sampai ke tingkatpetani. Sehingga disuibrsi pupukdi wilayahnya berjalan lancar.(Fl063)

h n!r \\,ti ii r\ '! rll \ i\ \ri( y \I' \ f i('r,, i\\r\r.

Page 8: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

lrY T!!!arrr r- !T:n! IE ! ! !'C !B-!:

" tr",!! i.? ! !! 4r\lJtt tt !\, LrL-Lt.v ll L

BAOIN III1I{A$ $[IDA PI]RBAIJI{OOA

suAnA ffsnnsrlSENIN, 27 JULI2O15

UIlsanNtukteil

i punsALrNcGA - Pe-,'ngurus Pimpinan Pusat (PP)

iMuhammadiyah, Sukdyanto,imelepas utusan muktamar Mu-.hammadiyah dan Aisyiyah thriiPurbalingga ke Makasar. P€-lepasan dilakukan di kompleksPenclapaKHAhmadDahlal

"Uusanyangaknnmgikrtimulcama: 15 orang. Maekaqk"nberarykat 1 Agustu dan kernbali7 Agustrls," kata IGua PifleindtDaerah Muhammadiyah (PDM)tubatingga Wahyudhiam

Dia mengatrkan hal itu, saatsilaluahmi dengan keluarga besrMuhammadiyah, sekaliguspelepasan calon haji KBIHMuhammadiyah dan pelepasan

utusan muktamar Muhamma-diyah dan Aisyiyah, Minggu(w7).

_ \fahyudhianamenambah-ka! calor hii yarg beraneld dibawah Kelompok BimbinganIbadah Haji (KBIH) Mu-hammadiyah dari hnbalinggas$hnyak l60a:ag.

"Daijunrlahiuradatigapen-gursPDM ymgihlbt:add,yakni Fauza* Anwar, Dodi -

Prastowo, dan Sutikno. Kamibatu:apkaigflryabisaikrnrHtsbim.btue jargah laia"kenya

Peryrus tDM Dodi Pras-muru, mor$dcm sdiap ped-odekaquusalDMbausalnuntuk mengernbangkan organ-

isasi, antara lain dengan mendi-til<anarnalusahaMuhammadiydryangbau,

Bupati Sukento Rido Mar-haendrianto, berpesan kepadacahjamaah h4ii unhrk rnenyiapkarsegalalnl, ternasukmeryilu-ti Eusbimbingal mmnsikhaji

"Ketika di Tanah Suci,doakan Kabupaten Pubalinggamenjadi kabupaten yang baik.Menjadi daerah yang baik danselalu dalam ampunan Allah,"takrya"

Adapm kepada utusan muk-tamar, Bupflti bertarap acara ifirbisa bennmfrat besar bagi orge-isasi Muhammadiyah di masad€pm.(Fl053)

sambutan saat silaturahmi keluarga besar Mu-hananadiah Minssu Q6n ). @3 )

SILATURAHMI : Bupati Sukento menyampaikan

B A(ii Al\ HL \.i-{S I r., r i)A liABi iA i !,\ iii Kii .\L i:\ (I(jA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

lrY !!!!a !1't ! tTt!\! a

=- ! ! !,! t*.:: i !!ij! !.,1 ! !a a:

ll,t-rt-l t-t I v Ll Lt-lrJ ll L

BAffN IIt]Il{A$ $ffDA PIIIBAII,{OOA

SUARA MERDEKA

27 JULI 2015SENIN,

Penetapan Tbmangka Ditarget Agustus

& Dugaan Penyimpangan Subsidi Fupukbeu ini.

Dia mengatakan sudah lebihdari 100 lebih orang dipanggildan diperiksa, untuk dimintaiketefangan sebagai saksi.Mereka adalah perigruus kelonr-pok tani, penyuluh pefianian,danpegawai dmi instansi terkaig.temasuk dari Kornisi PengawasPupuk dan Pestisida (KP3) pada

periode kasus itir te-riadi.

" Kaml berkomitmen me-nuntaskan sejumlah kasus yangmemang sangat dinanti penun-tasanny4 baik oleh negara mau-pun masyarakat " tambahnya.MasihMmrlalami

Menurut dia, tersangkadalam kasus tersebut adalahorang yang paling bertanggung

PURBALINGGA - Kejak-saan Negui (Kejmi) fltalinggamenargetkan Agustus mendaatgsudah bisa menetaplcn texsangka

unnrk kasus dugaan penyimpan-ganpupukbenubsidijenis ZAdatNPK sektor perkebunan tebu20fi:n12.

"Saat ini kami belum bisamengungkapkanpara temangk&karena pendalaman melaluipemeriksaan kembali sedangdilahkan," kata Kepala KejadPurbalingga, Tongging BanjarNahor, di sela Peringatan HariBakti Adhyaksa Ke-55, baru-

jawab, atas terjadinya penyim-pangan prrpuk bersubsidi itu.Dia bisa pejabat instansi pemer-intah atau pihak lain.

" Kami -masih mendalami.Tetapi langkah kami mencariorang yang paling bertanggungjawab, tidak kami ungkap kemedia, bisa bubar nanti,"ungkapnya"

Saat ini yang sedang dilaku-kan sambil menuntrskan per-

kam iu, sejurlah sidang tipikorseperti enam perkara PNPM dantukar guling tanah sudah mema-suki babak alddr. Mantan KajadNabire, Papua itu juga mene-gaskan akan transparan dan ter-buka kepada semua pihak.

''Saat ini jika kasus sudahberialan. Ibarat diobati,muaranya saya yakin tetap dipengadilan tipikor Semarang.Jadi jangan coba-cc,ba bermain-main dengan tipikor. Meng-antisipasi atau mencegah lebihbaik daripada mengobati,"tegasnya (H82-63)

ir \(irAN Hr i \i {ti Sir i UA ii,\Llii P,\ i LN yi Rts,\Li.\(j(i!

Page 10: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

?tt Y!!Yl Y.'l li frlFnE Iq ! !p!i!-:_{ Y !!_4F! s-, lcll-L,-Ll -Ll ! \J Lf ,-Llull \

BAOLAI{ IIUI}{AI $[IDA IIfiBAIII{OOA

SUARA MEBDEKASENIN, 27 JULI2015

FekolahDilarang-PaksaSiswa Beli BukuAjar

PURDALINGGAMemasuki awal tahun ajaranbaru ini, Kepala Dinas Pen-didikan Pubalingga Tri Guna-wan Setiadi, kembali mengingat-kan sekolah dan guru, untuktidak nremaksa siswa membelibuku ajar. Saat ini sudah adabuku ajar melalui arggamn danaBOS yang mencukupi.

"Bisa saja ada lembar ket'asiswa (LKS) atau buku lainny4tetapi tidak boleh meng-haruskari. Jika siswa akan mem-beli di luar untrk pengayaanjugadipetsilakan. Guru hanyamenuqjukkanjudul dan penerbitTetapi jika siswa tidak membeli,makajuga tidak masalah, " tegas-rry4lvratQ4l7).

Dia menjamin, pada erakepernimpinannya saat ini, tidakakan ada penyimpangan terutarDasoal pengadaan buku. Bahkanpihaknya masih memiliki danaBOS sebesar Rp 5,3 miliar, daritahun aia"an sebelumnya"

"Kami sudah tegaskan saatrapat koordinasi dengan semua

ienjang sekolah sampai ketinEkat UPT Dindik Kecamatan,agar tidak main-main dengananggamn pendidikan, " kata dia-

Sementara itu, pada tahun

ajaran baru kali ini, sekolah keni-bali menggunakan kurikulumtingkat satuan pendidikan(KTSP). Ketentuan. itu tidakberlaku untuk sekolah piloting,yang masih tersisa 14 sekolah,masing-masing 3 SMA, 4 SII{I(dan 6 SMP, dan 1 SD.

Pihalmya tidak mengeluakansurat edaran khusus, terkait IEn-gadaan buku selain yang sudahdiuqiuk melalui dana BOS. Tehpisekolah juga tidak bisa seenaknya

mengharuskan siswa membelibulu ErEnu! selainyang m€nggu-nakan dana BOS. "Kami tetaphrengawasi. Jikaadayangmemak-sakan, akan kami beri teguran,"ujamya.

Seperti dikeahui, pada tahunajaran seielumnya, muncul per-soalan ketika uji coba kurikulum2013. Sehingga sekolah sudahterlanju memesan buku ajar,sesuai yang ditetapkan dinas.Total se kabupaten Pu6alinggasudah mencapai 50 persen pen-gadaan.

"Karena saat ini kembali kekurikulum 2006, kami masihmemiliki anggaran yang bisa di-luncurkan tahun selanjutnya,melalui dana BOS," rincinya.Gr82-63)

iJ{ii\,\ iili\ir\S sL ! DA N.\iJr,vAt t \ Pt irJJ,\i-t\!i!iA

Page 11: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KLIPINGME-DIANMNIN I[MI( WINI DIIITIIINNNIUllulllll llultll lU UIJIUII I UllUlllJlllUUII

Radar Banyrmas . senin Pahing 27 Juli2015

Iatuh dari Pohon

Kelapa, Penderes TewasKUTASARI-Sudarso (45)

warga RT l3l7 Desa Can-dinata tewas setelah terjatuhdari pohon kelapa, Minggu07.30 \e18. Sudarso iatuhdari pohon kelapa setinggi25 mete. di kebun miliknya.

Korban peftama kali di-temukan Dariyrn (22) danAsikin (28) warga RT l4l7Desa Candinata. Saat itu,kedua saksi yang sedangberada dirumah mendengarsuara berlda .iatuh disertaierangan.Penasaran dengan hal

tersebut, kedua orang itulangsung berlari ke arahsumber suara yang hanyaberiarak 50 meter. Setelahsampai ke sumber suara,ternyata kedua saksi ter-sebut menemukan Sudar-so tergeletak di bawahpohon kelapa.

'Awalnya ada suam deng-kutan sudarso, namun taklama kemudian nafasnyahilangi' katanya.

Mcngetahui tetangganyajatuh keduanya langsungn] errrinta bantuan pararetangga untuk menolongkorban. S elanjutnya kor-ban dibar,r,a ke rumah kor-ban 1,31g berjarak I kilo-

meter dari lokasi kejadian.Kejadian tersebut kemu-

dian langsung dilaporkan keMapolres KuIasari. Men-dengar laporan tersebutKapolsek Kutasari AKP Mas-tud dan 5 anggotanla dantim kesehatan dari Pus-kemas Kutasari langsung kelokasi untuk memeriksapenyebab kematiannya.

Kapolres Purbalingga AKBP Anom Setyadri SIKmelalui Kapolsek KutasariAKP Masturi menjelaskan,dari keterangan dokter,koiban menderita patahtulang belakang, hidungkeluar darah, pipi kiriIecet, kemaluan keluar airmani, kematian disebab-kan pendarahan otak ke-cil. "Murni karena kece-lakaan jatuh dari pohonkelapa setinggi 25 meter,"jelasnya.

Masturi menjelaskan, setelah dilakukan penyebabkematian korban, Ma-polsek Kutasari dan timdokter menyerahkan je-nazah ke pihak keluargauntuk disemayamkan. Pi-hak keluarga dikabarkansudah menerima kejadiantersetrut.(jok/bdg)

Page 12: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KLIPINGMEUABAGIN III]ll{A$ $E[DA PI]IBAIil{OOA

Radar BanyUmaS r Senin pahing 2z Juti 2o1s

Hari PertamaTanpa Pendaftar

Pendaft aran Pasangan Calon

Bupati danWakilBupati

PURBALINGGA - Hari p er-tama pendaftaran pasangancalon bupati dan wakil bupatiPurbalingga 2 015, di KantorKomisi Pemilihan Umum (K-PU) Purbalingga, sepi peminat.Hingga, batas akhir pendaftaranpukul 16.00 WIB, tak ada satupun pasangan calon bupati danwakil bupati, yang mendaf-tarkan diri.Ketua KPU Purbalingga Sri

Wah yuni AKS mengatakan,pendaftaran akan dibuka se-lama tiga hari, yakni mulaikemarin (26l7) hingga Selasa(2817) besok. "Hari ini (ke-marin, red), rnasih nihil, belumada pasangan calon bupati danwakil bupati yang mendaftar,"ujarnya kepada Radarmas, ke-marin (26/?).Dia mengaku belum ada satu

pun paryol yang konsultasi me-ngenai pendaftaran itu. "Kamiakan menunggu hingga batasakhir pendaftaran, 28 Iuli men-datang," imbuhnya. > ke hal lo

I Hari PertamaSambungan darlhalT

Sri Wahyuni Iuga men-.jelaskan, kemarin (26l7),KPU Purbalingga menda,patkan surar dad KpU RI,terkait perpanjangan masapendaftaran pasangan calonbupati dan wakil bup a tj.Surat KPU RI bernomor403 /KPU lvlt/2ots, tetta-nggal 25 Juli itu aCa limapoin yang disampaikan-

Dari lima poin tersebut,ada dua poin penting, yangharus segera disosialisa-sikan oleh KPU. Yakni. iikahingga hari terakhir plndaftaran, Selasa [28lZ), ma-ka pendaftaran pasangan

SEPI:Ruangpendaftarancalonbupati danwakilbupati diXPUPurbalinggamasihsepi.

Perpanjangan Tiga Haricalon bupati dan yakil bu-pati diperpanjang. "Per-panjangan masa pendaf-taran adalan selama tigahad," katanya.

Serta sebelum perpan-jangan masa pendaftaran,akan diawali dengan ke-giatan sosialisasi selama tigahari, setelah berakhirnyamasa pendaftaran. Yakni,mulai 29 Juli hingga 3I julimendatang.

"Kegiatan tersebut, ber-tuiuan untuk menyampai-kan informasi kepada pubJildan parpol, bahwa sampaidengan berakhirnya masa-pendaftaran hanya terdapatsatu pasangan caion atautidak ada pasangan calonyang mendaftar," jelasnya.

Sehingga, dapat membe-ril(an waktu kembali kepada

parprol atau gabungan parpolatau pasangan calon per-

. seorangan yang telah me-ngikuti masa penelitian do-kumen, untuk mendaftar-kan pasalgan calon.

"Setelah masa sosialisasiselesai, KPU akan membukakembali pendaft aran selamatiga hari. Yakni mulai tanggal1 ASustus hingga 3 Agustusmendatang," lanjutnya.

Sementarq itu, berdasar-kan informasi yang dite-rima Radarmas, baru satupasangan calon yang me-mastikan akan mendaft ar keKPU pada Selasa (28/7).Yalni pasangan calon yangdiusung oleh PDIq partaiGerindra, PAN dan PKS HTasdi SH MM dan DyahHayuning Pratiwi SE E-con.(tyalbdg)

Page 13: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KTIPINGMEDIA

B,{flANru $EIDANIRBflNOGARadar Banyrmas . s;nin pahins ,ri, roiu

AjakWarga

Tingkatkan PSN

IAIARAN PuskesmasKaligondang mengakulegakarena selamapera-yaan lebaran, tidak ter-jadi lonjakan kasus De-mam Berdatah Dengue(DBD) maupun malariayang dikhawatirkan se-belumnya. *, ke hal10

PSN Lebih Efektifr lial Uarua Minimal satu iam dalam

s4tu minggui' tutur KepalaUPTD Puskesmas Kaligon-dang, Misro SKI\4 M Kes.

Dia menambahkan, PSNtersebut dipandang lebihefektif dan lebih murahdibandingkan dengan fog-'ging. Pasalnya PSN mampumemutus rantai perkem-bangbiakan nyamuk. Se-dangkan fogging hanyamembuauh nyamuk dewasasaja. "Pencegahan DBD inimerabutuhkan partisipasidari berbagai pihak, uta-manya dari masyarakat sen-diri," tandasnya.fi ok/bdg)

Sambungan darihalT

Hanya terjadi satu kasusDBD di Desa Sinduraja Ke-camatan Kaligondang. Na-mun begitu, ker,vaspadaanmasyarakat harus tetap di-iaga agarDBD maupun ma-laria tidak terjadi kembali.

"Saya tetap menghimbaukepada peme ntahan desadan masyaftrkatpadaumumnya agartidak bosan-bosanmelaksanakan pemberan-tasan sarang nyamuk (PSN).

i1\(it r\r lrr ..( \\ (t',1t \ h \11r l".lf\,/l Ril\1 {\(..1..

Page 14: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIU}{A$ $[TDA PI]RBAIffOOA

Radar Banyumas . senin Pahins 27 Juti 2015

Alchirnya PDIPPilihTasdi-TiwiKento GandengAmanWaliyudin

PURBALINGGA- Suhu poli-tik di Purbalingga menjelangPilkada 9 Desember menda-tang, bakal semakin hangat.

DPP PDIP akhirnya mem-berikan rekomendasi kepadapasangan Calon Bupati (Ca-bup) dan Calon Wakil Bupati(Cawabup) H Tasdi SH MM-Dyah Hayunirg Pratiwi SEEcon (Tasdi-Tiwi). Rekomen-dasi itu diterima pen8urus DPC

PDIP saat acara di DPi PDIPlateng, Minggu (2617).

Wakil Ketua DPC PDIP Pur-balingga, Tongat sH menga-takan, sejak diterimanya re-komendasi itu, Tasdi Tiwi resmimenjadi calon bupati dan wabup.Di DPC akan dilanju&an dengan

Rapat Kerja Cabang Khusus(Rakercabsus) yang intinyamengumumkan rekomendasiitu di hadapan iajamn parpol dankepengumsan.

"Kami rencana.kan menggelarrakercabsus di GOR MahesaJenar sebelum mendaftar ke

Komisi Pemilihan Umum (ICPU)

dalam waktu dekat ini. Konfer-cabsus diikuu .iaiaran PengurusAnak Cabang (PAC) dan DPC.Jumlahnya sekitar 700 orang,"papamya, Minggu (2617).

Rencananya, pasangan Tasd!Tiwi akan mendaftarkan dirike

KPU pada Selasa (2817) tresok."Seiain direkomendasikan olehPDIP. Tasdi- Tiwi iuga di-calonkan oleh Partai Gerindra,Partai Amanat Nasional (PAN)dan Partai Keadilan Sejahtera(PKS)," tambah Ketua DPRDPurbalingga ini. > ke hd 10

bupati. Menurutnya reko-mendasi unruk Tasdi-Tiwiwajib disosialisasikan.

"lajaran so:ukrual dan kaderpartai wajib mengamankandan memenangkan pasangantersebut di Pilkada I Desem-ber mendatang," ungkaprya.

Sementara itu, Sukento RidoMarhaenddanto mengakulegowo dengan keputusanDPP PDIP itu. Ia juga me-ngaku tidak kecewa karena itusudah meniadi ketentuan dariAllah SWT. Namun, dia jugamengatakan sudah dilamar ga-

bungan Partai KebangkitanBangsa (PKB), Partai De-mokat, PPP Hanura dan Par-

tai Golkar. Ia iuga akal men-daftarkan diri ke KPU Ka-

bupaten Purbalingga padaselasa (28l7). Sukento me-ngaku siap menjalani semuatahapan sesuai atu.ran yang ada.

"Kami upayakan agar pil-kada tahun ini khususnya dikubu kami no money poli-tic alias tidak ada politikuang,' jelasnya, kemadn.

Ia juga mengaku menggal-deng Direktur BPRS BuanaMitra Perwira, Aman Wa-liyudin unnrk menjadi calonwakil bupati. Menurutnya,masih banyak pekerjaan ru-mah yang harus diselesaikanbupali mendatang. Sepertipuntuk suruh, pengolahansorgum, BLK yang dikelolaDinsosnakertrans dan lain-nya. (amr/tya/bdg)

_=b_

Sukento Merasa Legowor ffihimyaPlllP

Sambungan darihalT

Mengenai teknis pendaf-taran apakah akan dian-tarkan oleh kader dan sim-patisan, Tongat mengatakanakan dibahas kemudian."Kami optimistis, pasanganini akan menang. Kare-nanya dukungan dari inter-nal PDIP dan parpol lainsangat solidi' ujamya.

la menegaskan, adanya Ra-

kercabsus merupakan amanatdali SK DPP PDIP Nomor031 tahun 2011 tentang me-kanisme penjadngan calonkepala daerah bupati dan wakii

ii 1(i! .'. !ti .1 \s sl 1l)'. l\ \,.r'|!'!1_'! |\\ h: x:1 .: :\,ai(i I

Page 15: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

RAMAIKAN PILKADAIRekomendasi PDIPakhirnya jatuh Padapasangan Tasdi-Tiwi

(kiri). Sukento (kanan)bersiap menggandengAman Waliyudin untukmaju lewat koalisi PKB,Partai Golkar, Demokrat,

PPP dan Hanura.

Page 16: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

BAOIN III]I}{A$ SII'DA IIJIBAINOOA

Radar Banyumas . senin Pahins 27 Juti 2015

Tak Ada Regulasi, Dinas

Hanya MenghimbauDugaan Elpiji 3 Kilogtam

ke Petemakan Ayam

PURBALINGGA- Dinas Per-industrian Perdagangan danKoperasi (DinperiridagkoP) Pur

balingga mengaku tidak bisamemberikan sanksi atas dugaan"larinva" elpiii 3 kilogram kepeternikan ayain. Alasannya tidakida rezulasi yang mengatur Pem-berianlarksi, kecuali ada Penim-bunan barang. > ke hat lo

T.T? TTITAT, T ! IT]!\! !ee ! !!?!!-:,i! ? t:r!5!:t anrlrtJl-t l-t t \, ,,ll-Ll.vll L

"Kami paling han)a meng-himbau dan mengingatkan.Efek jeranya nyaris tidak ada.

Selain itu bunrh aturan ]"ngietas dan kuat untuk mem-berikan sar*sinya. Namrut kitaakan tetap cek ke laPanganuntuk mendapatkan fakasebenamlai jelas I(abid Per-

dagangan, Sumino, Minggu(26t7).'

Sumiuo bahkan mengakuibe.lum memiliki data danfakasoal adanyz elPiji 3 kilogrammasdcke petemakan a1am. Iaharlla mendengar kabar saja

daripihak lain. Bahkan dariPertamina dan agen atauplulkoordinator migas kabupatenjuga tidak bisa menghentikankondisi ini.

"Kalau kita kembali kekesepakatan dulu dari Pe-medntah, sudah ada ram-bunya jika etpiji 3 kitogramsubsidi bagi rumahtanggadan UMKM. Namun tidakada penjelasan rumahta-ngga lebih detil, UMKMomzet berapa, termasuksanksi jika tidak samPai ke

sasaran," tegasnYa.Ia iustru menyaYangkan

disparitas harga elPiji 3 hlo-gram dengan 12 kilogramvane cukup tingqi. Pihaloyayang cukup tinggi. Pihal'mYawakin. iika selisih harea tidakyakin, jika haryaterlalu tinggi, maka haraPansesuai sasamn tetap tercapai.

"Siapa yang tidak melirikelpiji 3 kilogram Yang masihterjangkau. Restoran, mmahmakan sedang, hotel untukpemanas. Akhimya golonganiru ,uga mengonsumsi elpiji3kilo$am. AkhirnYa jika ber-langsung terus menerus, stokseakan IquanSJ' rincinlaa.

ContohnYa, saal kelang--

kaanelpiji 5 kitogram belumIama ini, sebenarnYa lebihdidominasi oleh naiknYakebutuhan karena Puasadan lebaran. Ditambah jikamemang teriadi masuk kepeternakan aYam unrukpemanas, maka keadaansemakin parah.

"Kami sebenarnYa juga su-dah mengimbau petemakanavam dan usaha makanandinean omzet besar, tidakmeiggunakan elPiji 3 kilo-gram. Namun karena ketia-daan regulasi sebagai PaY'unghukum, maka tangkah kamiseakan kurang kuat," ung-kapnya.

Seiu-rr:Iah Pengendalian se-

jak dulu sepeni kamr kendali'zona dan lainn!", temytsta saat

ini tidak terlakana. Bahkancenderung diiadikan komo-ditas bagi konsultan Yangmenggagas adanYa Pengen-dalian etpiji 3 kilogram inr.

"Yang riil saat ini ad a regulasi

vang mengatur Pembatasandanianksi saat disatah guna-

kansasamrnya. Itubaru kamibisa berialan tegas dan siaP

memberilan sanksi tegas jikaterbukti/' katarrya. (amr/bdg)

Akui TakMiliki DataI Ta[AilA

Sambungan darihal 7

i3\(il\\ ilr \1\s sLlirA h\Arll v:\l il\ ii:Riii\LiN(d-ii

Page 17: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KLIPINGMEDIA

BAfl,IJ{ HUI}{A$ SEI}A PUIB}JflCOARadar Banlntmas . Senin Pahing 27 Juli 2015

Pembebasan Lahan Slinga Molorini pembangunan atau realisasi fisik baru untul( bangunan penya ng pasir danlumpur di intake Barrrt llen-

PURBALINGGA- Pem-bebasan lahan milik ma-syarakat dan desa terkait 'pengembangan jaringanirigasi bendung Slinga,Kaligondang terancam molor. Diperkirakan, pem-bebasan lahan secara ber-tahap sampai tiga tahunbakal dimulai Tahun 20I6dengan total area sekitar?6 hektar, Akhir Iuni Ialupihak Balai Besar WilayahSungai (BBWS) Yogya-kafta sudah memberikansosialisasi kep ada desa-desa dan pemerintah dae-rah.

Mendatang, instansi yangakan dilibatkan dalam timpembebasan lahan yaituBadan Pertanahan, DPU,Bappeda, Bagian Tata Pe-merintahan dan Iainnya.Selainbau tahap sosialisasipembebasan lahan, tahunini konsultan iuga masihmenuntaskan tahapan AM-DAL.

"Mendatang jika pengem-bangan jaringan irigasi bendung rampun& bendunganini mampu mengalid lahanpertanian seluas 6.969 hek-tar di sejumlah kecamatan.Diantaranya KecamatanKaligondang, Bukateja, Ke

mangkon dan KecamatanKalimanah," papar KepalaDPU Purbalingga, SiSit Su-broto, Minggu (26l7).

Sementara itu, untuktahur > ke hal10

SURUT: Volume air dl Bendung Slinga surut saat kemarauSejumlah warga dengan leluasa memancing diarea bendung.

terealisasi, sudah bisa ter-dukung oleh bangunan Pe-nyaring itu," rincinya.

Bangunan itu diperlukankarena saatmasukke saluranirigasi, alr sungai masihmembawa sejumiah mate-rial suntai. Seperti samPahdanpasit lumpur serta Iain-n1,a.-sehingga dibutuhkanbangunan yang menYaringIebih dulu untuk mengen-dapkanpasir.

Data yang dihimpun Ra-darmas, berdasarkan nqtakesepahaman (MoU), ang-garan untuk pembebasanlahan akan ditanggung pu-sat Rp 42 miiiar provinsi RP

21 miliar dan kabupaten RP

21 milial. (amr/bdg)

Pemkab Siapkan Rp 2t Miliarr Pelnls[a$an

Sambungan dari halT

Tak tanggung- tanggung,alokasi sebesar Rp 2 miliardengan sumber dana APBNmelaiui Balai Besar WiLaYahSunsai (BBws) Serayu o-pak dikucurkan. Penyaringpasir itu digunakan agar airyang masuk ke saluran id-gasi sudah lebih jernih danbersih.

"Panjang bangunan ku-rang Iebih 200 meter sepertiyang sebelumnya sudahterbanguD di Intake Timur.llaraparnya, jika pengem-bangar'r oncoran iriSasi

!1!1.ir'1\:l: "1 .<\l'''!'.: .r,: |\rI\i'' a\1!i'\\.i. 'l1

Page 18: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KTIPING MEDIABAflA}{ IIIJI{}J $flIDi PUIBAIil'{$OA

Radar Banyumas o senin Pahing 27 Juli 2015

IURBAUI|GGn fuSpns I

Warga Galor GelarHalal Bi Halal

PU RBALINGGA . Warga KelurahanPurbalingga Lor (Galo rl KecamalanPurbalingga menggelar halal bi halaldi-Aula Kelurahan purbalingga Lor,5ab1u (2517) Ialu. > ke hallo

sAMBUTAN: xi r,.,r .",iil'#ljjiilThikmah silaiurahmi di purbalin-qga Lor.

BangunAula Barur Walga Galor yang baru saja selesai di-

bangun. Dalam kesempatanitu, pihaknya juga men-sosialisasikan program pe-me ntah. Diantaranya adalah pemberantasan sarangnyamuk (PSN). sebab, saatini tengah marak penyakitdemam berdarah, yang su-dah memakan korban jiwa.

Dalam kegiatan tersebur,panitia juga menghadirkanman tan anggota DPRD Pur-balingga Hj Nurul HidayahSH MSi. Dalam kesmepatanitu, Nurul yang juga tokohagama di Kelurahan Pur-balingga Lor, memberikanceramah keagamaan kepadawarga yang hadir.

Acara tersebu! juga dime-riahkan dengan hiburan ka-sidah ibu-ibu PI(K KelurahanPurbalingga Lo! yang me-namakan dirinya An Nisa.Selain itu, juga ada pembacaanayat suci Al Qura4 oleh salahsatu warga. (tyalbdg/adv)

Sambungan darihal 7

Acara tersebu! dihadiri olehwarga Keluahar PurbalinggaLor, ketua RT dan RW sePurbalingga l.o4 serta tokohmasyarakat Purbalingga LoL

Kepala Kelurahan Purba-Iingga l-or Heri Mei Yoga me-ngatakan, halal bi halal ter-sebut mempalan agenda per-dana Pemerintah KelurahanPurbalingga Lo! pasca sele-sainya pembangunan AulaKelurahan Purbalingga Lor."Lewat kegiatan jni, kamiingin lebih memperent sila-turahmi antar warga. Serta,memupukkebersamaan antarwargai ujamyz kepada Radar-mas, ditemui disela-sela acara.Dia menambahkan, ke-

giatan tersebut juga untukmensosialisasikan Aula Ke,Iurahan Purbalingga Lor

r.,.\ci ili tjt \1\:t liu'ft) \ k.iBr.-i' ift \ t,t F.]j it I\(jC -,\

Page 19: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KLIPINGMEDIA

B,{frAJ{ III]IIIJ $flTA PIJfiBAIil'{OOA

Radar Ban5rumaS o Senin pahing 27 Juli 2015

MWAT KOL: Petani sayur Desa Serang sedang merawat tanaman kol' Saat ini, harga sayuran

terus naik seiring datangnya musim kemarau.

Kemarau, Harga Sayuran MeroketBOBOTSARJ-KendaU telah

Iewat bulan Ramadhan danIdul Fit , beberapa hargakebutuhan pokok masih ti-nggi dan terus mengalamikenaikan. Diprediksi, kenai-kan harga sayuan naik akibatmusim kemarau sehinggaprodukivitas sayrrran petanimenLmln.

Salah san-r pembeli di PasarBobotsari, Asd Widayati (28)

mengatakan, setelah semi-nggu lebaran, harga sayurbelum turun bahkan cenderung naik. "Semua masihtinggi harganya. Padahallebaran sudah lewati' katanya.

la berharap, harga kebu-

hrhan bisa secepamya turun.Pasalnya tingginya hargasay.rran membuat beban ma-syzrakat setelah lebaran ber-tambah. Apalagi saat jni seba-gian besar maryarakat sedangmenyiapl<an kebuuhan anal<m asuk sekolah.

Pedagang pasar Bobotsad,Surasih (47) mengatakan,seiumiah bahan pokok mengalami kenaikan setelahlebaran. Seperti cabai merahkefiting yang sempat turun dikisaran Rp 30.000 Perki-Io gramnya kembali naik men-jadi Rp 36.000 per kilo$anF.

Sementara harga sayrranjuga mengalami kenaikan dari

pekan la.lu seperti, timun dariRp 2.000 naik menjadi RP 4

ribu perhlonF, wonel semulaRp 6.000 naik menjadi RP

IO.O00 per kilo, Kol dari RP

4.000 naik Rp 1.000 menjadiRp 5.000 per kilo, kentang naikdari Rp 6.000 menjadi RP

7.000,-, sawi dari Rp 4.000naik meniadi Rp 5.000 per kilo,sedangkan buncis Rp 7.000perkilo sekarangnaikmeniadiRp 8.000 per kilonF.

Kenaikan ini iuga disebab-kanoleh terbatasnya jumlahpasokao cabai dari daerahpemasok yang diakibatkanoteh libur Iebaran Idul Fi-t.(iok/ttds)

Page 20: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

TrY !?!Y'!. ?"4 t r!.::! ? Il( I E:!-!!lgrr tt/r:. rri clllJll I-t t tl ]!t,.uu r_t L

PDil Siap Hadirkan peryuruan linffiiPURBALINCcA-pimpi_ hanva pu rbalingga saja yang menjaga purjfikasi ibadahnanDaera} Muhammadivah hcl,;m memiliki perguirran" Oan iiiat rerjebak dalam(PDM) purbalingea siao rinosj M11yri"iivir,. ;il iJjui'rliyuns -"ngurr| t"menghadirLan pe.guruun mii-rohon.doa restu. Insya

"yi.*. :;Xurni juga meng_ringgi di Purbalinqga. RJlah nanri alan lu_i f.,ll f,i.'Uuu kepada TptH untulHal itu dilakukan untuk dirkan a,pG*"

-i;',"" iiiliiiignurung-t.tu.,*tmengakomodir aspirasi ma- dasnya. larwivah larena ilu mesyarakat yang mengharapkan waihyudiana menambah ;;;;;ff, Leyakinan danadanya perguruan rinesi kan dalam vufou-ui-ruu. i,i""'tiiiulnout nyr.Muhammadiyah di purb-i rlammaaiyar, ierJe'u-ur;;; "?i?;,;i,

sitarurahmi rer

;*,'y:: *l;lrt#H | #r."J:: #: ii!'{, ;".?:1, i'i,1',iil#":",?1",i

: : I i,:1,3- 6;r;; ;;; ; ; i,.'",,l' i.* [.:![ ffi :,lt : i,I iil tfi :S,Irfi ']il;menSrngrntan adanva per- berangLar ,rng["i r 6"iok. ;ri.air:r.rnrrl silarurahmigurlran tinggj unluk n,]e- Ili;: !r

ln* t* *:*l*ii " ^, ._i r.n*;; ri:,ffi ili Eif, ,i ili,*II.,l H" il;# :, : lil:?l

Radar BanyUmas o Senin pahing 27 Jut\ zois

putra danputrinya. Aspiraii Vul lvlurrduluaqryan, )uKrni akan kami sampu* r, u" -

ammadiyah agar tetap yunto rra u"t1(rdguopi)PP Muhammadiyah nanti,,,

wachyudiana MMii, aa"- lU ffi&f*ila.;,iy-,*!i. -. i

acara Silaturahmi KeluareaBesar Muhammadival prir-balingga dan pelepisan Cal-haj KBIH Muhai:madivalP{urbalingga, Utusan M'uk_P{urbalingga, Utusan Ur.rk-tamar Muhammadivah dan$slnVair ke 47 di Komplek

!l

I

li

!l

ll!t

I

l.t.

i -..,tulur Kelua PD Muham- ] -{eBF.rlir l

m.adjyah.purbalingga, Drs H | ."j;xf ." -- .r . __ , - l

tamalAiqryah kePerguruan Muhammadivah,Minggu (26lZ).Menururnya, aspirasi itu

al<a n diupayakan sema k_srmal mungkin karena saatini, di wilayah Jawa Tengah,

RAMAI: Anggota pD Aisyiyah purbalingga siapmuktamar

!t

!!

fl

!!

llllll

illi

!l

t!

II

tJ.\c!rl\ tli \iAS 5i._ MA !\_-\JJL iA I i \ t'\ (il \! 1\(i( i \

Page 21: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

BAOIN IIII[{A$ $[1TA PIIIBAIII'ICIGA

Radar BanyUmaxi . senin pahhs 27 Juti 2015

Trt T!'t?B ?al r rilr,r,Y Il{ r rlr[&.!f - $!tLJ ! tl ,ltl-Lrt-t lt !!\l LtLuut I

Terbentur UU,

Dana tlibahGagal CairPURBALINGGA - Putu-

han miliar dana dalam AP-BD Kabupaten Purbalinggatahun 2015 yang diper-siapkan sebagai anggaranhibah, tidak akan dicairkan.Hal ini terjadi menyusuladauya larangan pemberianhibah dari anggaran pe-merintah kepada lembagadan masyaralet yang tidakberbadan hukum.

Larangan tersebut me-ngacu pada pasal 298 ayat(5) Undang-Undang No-mor 23 Tahun 2014 ten-tang Pemerintahan Dae-rah, yang menggantikanregulasi yang sama, yakniUU 32l 199. Untuk bisamencairkan anggaran ini,Iembaga dan organisasikemasyarakatan harus mengurus legalitas di Ke-me nterian Hukum danHak Asasi Manusia (Ke-menkumham)."Bantuan hibah untuk

lembaga dan organisasimasyarakat yang ada didalam APBD 2015, tidaksemua bisa dicairkan. Ka-rena proses pencairanhanya bisa dilakulcan un-tuk lembaga dan organi-sasi masyarakat yang su-dah berbadan hukum RIi'kata kepala Din as Pen-dapatan Pengelolaan Ke-uangan dan Aset Daerah(DPKAD) Kabupaten Pur-b alingga Yanuar AbidinSH kepada Radarmas, ak-hir pekan lalu.

Meski mongundang ke-

ryfBantuan hibah

untuk lembaga danorganisasi masyarakat

yang ada di dalam. APBD 2015, tidaksemua bisa dicairkan,"

YanuarAbidinKepala DPPMD

Puhalingga

kecewaan masyarakatyangbakal menerima danahibah tersebut, Peme-rintah Kabupaten (Pem-kab) Purbalingga tetaptidak berani mencairkananggaran tersebut, da-ripada tersangkut per-soalan hukum. "Sejak di-undangkanrya regulasiitu, kita tak bisa apa-apaselain mematuhi keten-tuan," imbuhnya, lanpamenjelaskan berapa totaldana hibah yang belumbisa cair.

Namun, beberapa danahibah sudah bisa dicair-kan karena ada peraturanyang memperbolehkanhal itu. D.i antaranya a-dalah dana hibah untukpembinaan olahraga yangdicairkan melalui KONIkabupaten Purbalingga.(tya/bds)

!t

)

il

R.{il.r$ HL \1:\! SL I Lr\ i\iilt yAll-,\ y! !{iJAi.i\(l(lA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

lrY EtlTl Ta'l ! rrl!\t lA i !;ji fi!! .: ii-{ * i li ,:rr-Lrri ri t \.i Li t juv Lr L

BAGIAI{ IIU}I,|AX $[XDA II]XBII}{OOA

Radar Banyumas . senin Pahing 27 Juti 20'15

PU R BA1I]I GGA TI(SPRTS-Kejobong Klaim

Air Bersih Masih CukupPURBALIIfCGA - Pemedntah Kecamatan Ke-

iobong mengklaim, wilayahnya,sudah terbebas daribencana kekeringan pada awal musim kemarau ini.Hal itu, diungkapkan oleh Camat Keiobong Suwardi,saat mendampingi Bupati Purbalingga Drs H SukentoRido llarhaend anto MM di acara Pameran BatuAkik Kecamatan Kejobong, akhir pekan lalu.

"Beberapawakulalukami (Kecamatan Kejobong red)sempat kekurangan air bersih. Saar ini, permintaar ai.rbe$ih sudah dikabu.lkanpemkab melalui Badan Penang-guiangan Bencana Daerah (BPBD) kabupatenj' ujam!"-

Dia menambahkan, sudah tigapekan daerahrawankekeringan di Kecarnatan Keiobong, mendapatkan(i ro p ing air b ersih s ebanyak dua tangki setiap harinya."AlharrduIillah ini sangat membantu sekali," katanya.

Sun ardi menambahkan, usai lebaranbeberapa harilalu, Iasiiitas Penyediaan Air Minum Berbasis]las)'ataLat (I,amsimas) sempat mengalami kekurangan airbersih, Namun dengan adanya bantuanair bersih dari pemkab semua sudah teratasi.

"D engan adarya dropping air bersih semuannya sudahtemmsi. Disampin itu keperluan air bersih masyarakatdalam menghadapi lebaran tidak ada masalah," ujamya.

Saat ini sambungnya, di Kecamatan Kejobongfasilitas air bersih da Pamsimas ada 12 titik dansumur bor dari Badan Geologi dan ESDM sembilantitik. "Sehingga jumlah fasilitas air bersih semuanyaada 21 titiki' jelasnya.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Purbalingga sudahmelakukan pengiriman 121 tangki air beEih ke beberapawilayah rawan kekerhgaq selama awal musim kemarauini. Rinciannya, bantuan dari Bakorwil 2l tangki danPemkab Prubalingga 100 langki.

Dari jumlah tersebut untuk wilayah KecamatanI(arangreia yang sudah disalurkan air bersih untukdua desa yaitu Desa Kutabawa 29 tangki dan DesaS€rang l1 tangki. Kecamatan Karanganyar 23 tangkidan Kecamatan Bobotsad untuk Desa Baniarsari 1O

tangki serta Desa Karang malang delapan tangki.Penyaluran terbanyak dilakukan untuk Desa

Krenceng sejumlah 20 tangki, selan.iutnya DesaNagkasawit tuiuh tangki. Desa Langgar dan pan-dansari masing-masing empat tangki. Desa Timbangserta Nangkod masing-masing dua tangki dan DesaPangempo satu tangki. (tyalbdg)

Anda memiliki unek-unek tentangberbagai hal demi oerbaikan dan

kernajuan Purbalingga yang peniing tidakmenyinggung sara dan fitnah.

Caranya ketik pBG: unek-unek

kemudian KtRIM SMS

KE: 081-327-333-TZB

Jalan dan Tempat GelapRawan MesumKepaoa DPU Purbalir,gga, tolong jatan-jatan

Iang ge-]ry di Purbalingga ditambahin tampu.Satpol PP juga dimohon untuk tjdak bosan-bosan melakukan patroli rutin karena mungkjntempat-tempat yang gelap itu disalahgunakanuntuk kegiatan maksiat. Terimakasih_

NN 082225671656

I

$.{ii.{\ Hl \l\S 5Ll i!]i.\ f.rltJl l',\lf,\ f\ KttAl,I\!l(j,\

Page 23: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

?rY Yiara Yal I rrr!\r Iir: ! !;ii Irl! : i.-,E * i :i 4rrr..f-i ii i \, LtrLtv Li \

BAffIN III]I}{AS $[IDA IIIIBAIJI,IOOA

!a

ad

BulA

ahii1i

Dep?nSudTersangka

PURBALINGGA- Usai

menaikkan status kasus

duoaan PenYimPangan PuPuk

bJrsubsidi jenis ZA dan NPK

untuk sektor Perkebunan tebu

tahun 201'l-2012 menjadi

penyidikan, saat ini Kejaksaan

Negeri (Kejari) Purbalingga

menargetkan sudah bisa

menetaPkan tersangka PadaAgustus mendatang'

Termasuk di dalamnya pengurus Komisi

Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3)

pada periode kasus itu terjadi

"Kaml memPUnyai komitmen

menuntaskan sejumlah kasus Yang

memang sangat dinanti penuntasannya'

Baik oleh negara maupun lebih khusus

oleh masyarakat," tambahnya.

Soal tersarqka, ia juga menegaskan

merupakan orang Yang Palingbertanggung jawab atas terjadinya

duoaan penyimpangan pupuk bersubsidi

itu. Bisa saja dari pejabat instansi

pemerintah mauPun Pil'ak lain.

"Kami masih mendalami dan mencarl

benang merahnya, Namun langkah kami

mencari benanq merah siapa yang oaling

bertanqqung jawab, tak mungkin kita

NS!#d:.lTruffi::Y tersanglia, karina

oendalaman melalui Pemeriksaan'kembali

sedang dilakukan. Namun

kemunqkinan Agustus mendatang sudah

-bisa dioerielas tersangkanya," jelas

Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga,

rongging Banjar Nahor disela Peringatan

Hari Bakti Adhvaksa Ke 55 baru-baru rnl'

Ia menoaku tidak main-main dalam

menangani perkara termasuk dugaan

oenyimpangan pupuk bersubsidi itu'

serstus lebih orang diPanggrl dan

dioeriksa untuk dimintai keterangan

sebaoai saksi lYulal dari kelompok tani'

peny-uluh pertanian dan instansi terkait'

ungkapkan di media, bisa bubar nanti,"

unqkapnya,Saat ini Yang sedang dilakukan

sembari menuntaskan perkara pupuk.

itu, sejumlah sidang tipikor seperti

enam Derkara kasus PNPM dan tukarguling tanah sudah memasuki babak

akhir. l4antan Kajari Nabire, Papua itujuga menegaskan akan transparan dan

terbuka kePada semua Pihak."Saat inijika sudah berialan

kasusnya, ibarat diobati, muaranya

saya yakin tetaP di Pengadilantioikor Semarang, Jadi jangan c0ba-

coba bermain-main dengan tipikor.

Mengantisipasi atau mencegah lebih baik

daripada rlen," tegasnya. (sMNetwork/H82.02)

Scni r, 27 Juli 2015

tji(il {i\ iii i\j \s \i, i i }r\ irAHr 1, { t i.\ 9r Rrlii,l'\(i(i \

Page 24: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

Y-"rY !!!rr_ Tar : !Tl!\! !* ! ! !.!:!l! Y :!r: F. ! !! !:llJ-ru !t t\J Lftt-tt-rll L

BAOIN IIUI}{A$ SIIDA PIIIBAIJI{OOA

Pemudik UntungkanPerajin Batu Akik

PURBALINGGA - Momen Lebaran

menjadi kesempatah emas bagi paruperajin batuk akik di Kecamatan Kejobong

meraup untung besar. Tercatat, pada hari-hari biasa, perajin hanya mendapatkanorder batu akik di bawah Rp 500.000.Tetapi seminggu sebelum dan setelahLebaran dapat meraup untung jutaanrufiah.

"omzet penjualan batu akik sebelumLebaran di bawah Rp 500.000. Namun

seminggu dan setelah Lebaran perajin

dapat meraih untung Rp 1,5 juta," kata

camat Kejobong, Suwardi.Dia menqatakan hal itu saat

mendampingi Bupati Sukento Ridolvlarhaendrianto dalam acara PengukuhanPaguyuban Batu Akik KecamatanKejobong di halaman kecamatansetempat,

Menurut Camat, permintaan itu.tinggi,

karena para pemudik sebelum kembali

ke tempat asalnya berburu oleh-oleh dari

kampung halaman, termasuk cendera

mata batu akik. Karena itu, pihaknya

terus mendorong perajin batu akik untuk

bergabung menjadi anggota paguyuban

Selain untuk saling tukar informasi,juga berbagl pengalaman sesama peralin

lain. "Di Kecamatan Keiobong, saat

ini ada sekitar 40 perajin dan sudah

kami dorong untuk bergabung dalam

paguyuban. Tujuannya untu" bertukarinformasi dan berbaqi peng ,m3n d3ldlTl

pengelolaan batu akik," jelasnya.

Selain itu, iuga untuk menularkan

i<emampuan dengan perajin lain, karena

kemampuan satu Perajin dan Yang

lain berbeda. Jadi, kalau ada peralln

yang berkemampuan lebih nanti bisa

menularkannya dengan peralln laln'

"Dengan bergabung dalarn wadah

paguyuban, bisa saling asah dan asihsesama perajin. Jadi, tidak saling bersaingdan pemasarannya bersama-sama,"tuturnya.

Suwardi menandaskan, setelahdibentuk paguyuban, para perajin akandidorong meningkatkan inovasi sertamenjaqa lingkunqan dan keselamatankeda. Selain itu, pihaknya jugamendirikan kios untuk menampung hasil

kerajinan batu akik. Setiap bulan akandiadakan pertemuan dan pembinaan,

Bupati mengatakan, Pemkab sangatmendukung kegiatan peningkatan usahamasyarakat seperti perajin batu akik,termasuk di Kejobong. "Program batuakik ini sangat saya dukung, karena bisa

meningkatkan perekonomian masyarakat.Karena sebelum ada booming usaha lni, ,banyak penganggumn yang membutuhkanpekedaan," ujarnya, Fto/sMNerwo.k)

il

B:\ttri\ ll!,:i1As st.l i)A i\!\iji iAii:\ Pl RiJALi\(i(i\

Page 25: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

------'--- -.------..\ r- '--

Q!

€<rE

a0

o

o)o(L

q)o-

E

o.6olgo-

=oEoo

o,o

oo

aqf_:to E/

<-3-= .9.< .01a!e.cuJ t!66oEF)\o6

Page 26: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

?t? !t!t! Y.^1 : ,-t> ! I*r : ;!!riirll - r!!Y1- t- r1rr,rJ_Lt -l.l ! \J Lt Luu lt L

BAGIIil }IIJ[{AS $IXDA PI"IIBAITNC,OA

ffiBanYHm#-Singkirkan Sukento,

Tasd i-Raih Rekomendasi

ir

punglutGcl'Pasutgan l'larhaendriantoyangtidak

tion-irputiic.urpl uun cuton mendapatkan rekomendasi . .

;,;;ii ;ffi:i (ililf1 n rasai - "selain direkomendasikan oleh

in'i,till'ovui','nuvrnii,'spruti*i PDIP Pasanganiniiugadicalonkan

ie fcon (Tasdi-fiwi) rencananya oleh Partai Gerindra' Partai

ilr"*'iz'eiii .1..'renoaftarian Amana't Nasional (PAN) dan Partai

iii r,r. rl"riri p"rirln". urm Keadilan sejahtera (PKS)'" kata

iKPtii il;]i.sg;. Pasangan ini wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten

i.i.i ,"nOuput-r,rn rekomenoasi Purbalingga' Tongat SH' Minggu

ii Cil l*i{ii*ir:*:':*$.' *1,:Tp,#:#J**iio"*"r*,"n".,','f.ltjl,??.t?',tnl',1"#i,,,ll ke KPl.l setempat, Pihaknya

;; ukan menggelar Rapat Keda Setelah itu pasangan Tasdi-

Cabang Kliusus (Rakercabsus). Tiwi akan diantarkan untuk

Kegiattn tersebut digelar guna mendaftarkan diri ke KPU'

me;sosialisasikan pasangan Tasdi- Mengenai teknis pendaftaran

Tiwi kepada jajaran struktural apakah akan diantarkan oleh

partai. "Konfercabsus diikutijajaran Pengurus Anak Cabang Bersambung Hal 4

!l

Tasdi

Singkirkan Sukenfo...

kader dan simPatisan, Tongat

mengatakan akan dibahas kemudian'

"Yano ielas kami merasa optlmlstls'pasalnva selain dicalonkan oleh PDIP,

oasanqan Tasdi-Tiwi juga didukung oleh

iiga parpol lainnya," ungkaPnya'

Tonoat menambahkan Pelaksanaan

Rakercibsus merupakan amanat darl

SK DPP PDIP Nomor 031 tahun 2011

tentanq mekanisme penjaringan calon

keDala daerah. I4enurutnya rekomendasi

untuk Tasdi-Tiwi wajib disosialisasikan'

laiaran struktural dan kader partai

wiiib mengamankan dan memenangkan

pa;angan tersebut di Pilkada 9

Desember mendatang.Tongat oPtimististis Pasangan

Tasdi-Tiwi bisa memenangkan

Pilkada. Tasdi merupakan wabup

incumbent Yang juga Ketua DPC PDIP

700 orang," ungkaPnYa.

Rakercabsus akan dilaksanakandi kompleks GOR Mahesa lenar.

Kabupaten Purbalingga. Sedangkan

Ti\4i meruoakan ca!'!abuP Yang iuga

didukung oleh koalisitiga parpol Seperti

diketahui dari hasil peniaringan tahap

kedua di DPD PDIP lateng, terdapat dua

nama Bacabup yang lolos seleksi llasing-

masing Tasdi (Wabup/Ketua DPC PDIP)

dan Sukento Rido Marhaendrianto(BuDati). Sedangkan Bacawabup yang

iotos seieksi masing-masing HR Bambang

Irawan (Sekretaris DPC PDIP), Sidik

Purwanto (Kepala KPAD), Aman Waliyudin

(Funosionaris PC NU) dan Hj Nurul

iidaiah Supriyati (Ketua DPC PPP) Nama

Pratiwi menqeiutkan karena sebelumnya

tidak muncul namanya pada penjarinqan

cawabup tahap kedua. Prdtiwi merupakan

;utri Deriama Bupati Purbalingga periode

looo - zoos; 2oo5 - 2o1o rriyono Budi

sasongko. (puos)

P,\(,!r\:\ lii \ir!! 5L i Di i\.!iJ\ 1).\1r\ ?( t?.!l [l\t(j]\

Page 27: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

!7Y _-?tF. ?ri .t rrrnT air i rtrril:I - icrLrt El fiir.iJfi iii Li ii'iiiiiu r

XAOII}'[ III]IIA$ $[TDA PIJRBAI,II,I,ffOA

rffiIEIBanyumasSeni,-,27 Juli 2015

- {'":6id,.. ,'* \'.W, ;b ''."

LI

Kebutuhan Air Bersih Kejobong TercukttpiKEIOBONG - Kebutuhan air bersih warga diwilayah

Kecamatan Kejobong selama musim kemamu sudah

tercukupi. Beberapa waktu lalu, pemerlntah kecamatan

sudah meminta bantuan air bersih kepada Pemkab.

"Beberapa waktu lalu kami sempat kekumngan air bersih,

saat ini permintaan air bersih sudah dikabulkan pemkab

melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

kabuDaten. Sudah tiga minggu ini BPBD mendropping air

bersih sebanyak dua tnngkisetidp harinya, Alhamdulillah inl

sangat membantu sekali," kata Camat Kejobong Suv{ardi,

Minqgu (2617).

Suwardi menambahkan, usai lebaran beberapa hari

lalu, fasilitas Penyediaan Air Minum Berbasis l'4asyarakat

(Pamsimas) sempat mengalami kekumngan air bersih'

Namun dengan adanya bantuan air beBih dari pemkab

semua sudah teratasi."Pasca-Lebaran, di beberapa fasilitas Pamsimas sempat

mengalami kekurangan air bersih karena minimnya debit air,

namin dengan adanya dropping air bersih semuannya sudah

teratasi, Di;amping itu kepertuan air bersih masyarakat

dalam menghadapi Lebaran tidak ada masalah,"uiarnya'

Saat ini ai Kecamatan Kejobong fasilitas air bersih dari

Pamsimas ada 12 tltik dan sumur bor dari Badan Geologi

dan ESDM sembilan titik "sehingga jumlah fasilitas air

bersih semuarya ada 21 titik,'lelasrya.Kepala Dinas Pekedaan Umum (DPU) Kabupaten

Purbalingga Sigit Subroto mengungkapkan, bahwa program

Pamsimii dan Sistem Pengolahan Air sederhana (SIPAS)

saat ini manfaatnya masih dirasakan masyarakat saat sulit

air, khususnya dusun-dusun terpencil yang tidak dapat dialiri

ai; bersih. saat ini di Purbalingqa keberadan Pamsimas ada

di 106 desadan Sipas 63 desa.

"Untuk tahun ini saja, akan di bangun Sipas di 12 desa

dan Pamsimas di 10 desa," ungkaPnya,

Sementara itu pada musim kemarau, saat ini BPBD

Kabupaten Purbalingga sudah melakukan pengiriman 121

tanoki a;r bersih ke beberapa wilayah rawan kekringan'iRinciannya, bantuan dari Bakorwil 21 tangki dan Pemkab

Purbalingga 1OO tangki. Darijumlah tersebut untuk wilayah

Kecamatan Karangreia yang sudah disalurkan air bersih

untuk dua desa yaitu Desa Kutabawa 29 tangki dan Desa

Serang 11 tangki. Kecamatan Karanganyar 23 tangkidan

Kecamatan Bobotsari untuk Desa Banjarsari 10 tangki

serta Desa Karang malang delapan tangki," terang Kepala

Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko' (pt'

021

1i, \(iiA\ lrL \i.\-\ si- i iJ{ f,.\iJL l\l L\ fl !(lj._[l\(]!ir\

Page 28: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

ffiBanygme;Santn, 27 luli 2015

Tewas Jatuh dariPohon Kelapa 25 Meter

PURBALINGGA - Sudarso (45) seoranq tukangderes (penyadap nira), Minggu (2617) kemarintewas setelah diduga jatuh dari pohon kelapa

miliknya yang ia sadap setinggi 25 meter.Musibah ini terjadi pukul 07.30 di kebun milikkorban Desa Candinata RT 13/7 KecamatanKutasari.

Kejadian bermula korban berangkat nderesdikebun milik sendiri. sekira pukul 07.30 WIB,

salah satu saksi, Dariyun (22) yang kebetulannderes sekitar 50 meter dan Asikin (28) sekitar50 meter darl pohon yang dipanjat korban,mereka mendengar suara sepefti benda jatuh,

Kemudian kedua saksi mendatangi suaratersebut ternyata menemukan korban sudahtergeletak di bawah pohon kelapa dan kedua

saksi masih mendengar suara dengkuran.Beberapa saat kemudlan sudah tidak bernapas

la9 i.

Kemudian kedua saksi meminta bantuanmasyarakat sekitar dan korban dibawa kerumah

korban yang jaraknya sekitar 1 Km dari TKP.

lvlendengar informasi tersebut Kapolsek Kutasari

dan 4 anggota mendatanginya guna lakukan

olah TKP. Selain itu juga mendatangkan dokterPuskesmas setempat,

"Tidak ada tanda - tanda penganiayaan,

korban meninggal akibat jatuh dari pohon," kata

Kapolsek Kutasari, AKP Masturi.Ia menambahkan, berdasarkan hasil

pemeriksaaan dari dokter kondisi korbanmenderita patah tulang belakang, hidung keluardarah, pipi kirl lecet, kemaluan keluar air mani,

kematian disebabkan pendarahan otak kecii

lenazah kemudian diserahkan ke keluarga yang

diwakili Kadus. (mso5-02)

Muhammadiyah LePasUtusan MuktamarPURBALINGGA- Pengurus Pimpinan Pusat (PP)

Muhammadiyah, sukriyanto melepas utusan

muktamar lvluhammadiyah dan Aisyiyah dari

Purbalingga ke Makasar. Pelepasan dilakukan di

kompleks PendaPa KH Ahmad Dahlan.

"Utusan yang akan mengikuti muktamar itu

ada 15 orang. lvlereka akan berangkat tanggal

l Agustus dan kembali pada 7 Agustus," kata

Ketua Pimpinan Daerah lvluhammadiyah (PDM)

Purbalingga, WahYudhiana.Dia mengatakan hal itu saat silaturahmi

keluarga besar Muhammadiyah, pelepasan calon

haji KBIH Muhammadiyah dan pelepasan utusan

muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Minggu

(26t7).Wahyudhiana menambahkan, banyaknya

calon haji yang berangkat di bawah Kelompok

Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Muhammadiyah

dari Purbalingga ada 160 orang.

"Darijumlah itu, ada 3 pengurus PDM yang

ikut berangkat. Yakni Fauzan Anwar, Dodi

Prastowo dan Sutikno. Kami harapkan ketiganya

bisa ikut membimbing jamaah lain," katanya'

Pengurus PDM Dodi Prastowo menambahkan,

setiap periode kepengurusan PDM berusaha

uirtuk mendirikan amal usaha Muhammadiyahyang baru,

'5etiap periode kita berusaha mendirikan

amal usaha yang baru. Juga menambah jumlah

€nting dan cabang Muhammadiyah. sehinggaoroanisasi akan selalu berkembang," ujarnya

Bupati Sukento Rido Marhaendrianto berpesan

kepada calon haji untuk menyiapkan segala hal,

termasuk mengikuti terus bimbinqan manasik

haii."Ketika di Tanah Suci, doakan Kabupaten

Purbalingga menjadi kabupaten yang baik.

Menjadi daerah yang bdik dan selalu dalam

ampuian Allah. Baldatun toyyibatun wa robbun

gofur," katanya.sedangkan kepada utusan muktamar, Bupati

berharap, muktamar itu bisa memberi manfaat

yang besar bagi organisasi lvuhammadiyah di

masa depan. (sMt{dtwprk/F10'02)

i3.\(ii,\\ Hr ur\S Sl, t l)A f.,r\l3l gr\IL\ !t (R.{Ll\(i{ir\

Page 29: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

!r? 1-t-!t Y/..

ll-aJ,r.f ll ! \!

Sekolah Tak Boleh Paksa

I

I

l

ll

BAfiAx IlIIllA$ SHITIA PI]RBALII'II'fiA

Senih,27 Juli 2015

Siswa BeliBukuAjarPURBALI GGA- lvlemasuki awaltahun ajaran

baru ini, Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga,

Tri Gunawan Setiadi kembali mengingatkan

sekolah termasuk guru untuk tidak memaksakan

siswa membeli buku ajaI Saat ini sudah ada

buku ajar melaluianggaran dana BOS yang

mencukupi. "Bisa saja ada lembar kerja siswa

(LKS) maupun buku lainnya, namun tidak boleh

mengharuskan. Jika siswa akan membeli di

luar untuk pengayaan silakan dan guru hanya

menunjukkan judul dan penerbit saja Namun

jika siswa tidak membelijuga tidak masalah,"

tegasnya, Jumat (2417).

Ia menjamin di era kepemimpinannya saat

ini, tidak akan ada penyimpangan terutama

soal pengadaan buku, Bahkan pihaknya masih

memiliki anggaran Rp 5,3 miliar BOS daritahun

ajaran sebelumnya yang siap luncurdn ditahunmendatang.

"Kami sudah tegaskan saat rapat koordinas

dengan semua jenjanq sekolah sampai ke

tingkat LJPT D ndik Kecamatan agar tidak 'rai1-rnain dengan anggaran pendidikan," tambahnya,

Sementara itu ditahun aiaran baru kall lni,

sekolah kembali menggunakan kurikulum tingkat

satuan pendidikan (fiSP). Kecuali untuk sekolah

piloting yang masih tersisa 14 sekolah Masing-

masing 3 SMA, 4 SMK dan 6 SMP serta 1 SD

Pihaknya tidak mengeluarkan surat

edaran khusus terkait pengadaan buku selain

yang sudah ditunjuk melalui dana B0S.

Namun sekolah juga tidak bisa seenaknya

mengharuskan siswa membeli buku tertentu

selain yang menggunalian dana BOS.

"Kami tetap mengawasi dan jika ada yanq

memaksakan akan kita berikan teguran,''

ujarnya.Seperti diketahui, di tahun ajaran

sebelumnya sempat tedadi persoalan ketika uji

coba kurikulum tahun 2013. Sehingga sekolah

sudah terlanjur memesan buku ajar sesua yang

ditetapkan dinas. Total se kabupaten Purbalingga

sudah mencapai 50 persen pengadaan.

"Karena saat ini kembali ke kurikulum 2006,

maka kami masih memiliki anggaran yang bisa

diluncurkan tahun selanjutnya melalui dana

BOS," rincinya. (sMNetworldH82{2)

l

11\(rt.\\ lli \1 ! .\ 1-j i ir.! i \lrr y \-!!.\ !'i 1{ilr! il\r-,(, !

Page 30: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

T."'Y ilil]- - ,1_.ixYlT i'lll_l-rt-f .fl t \!t Lf,.LJu rJ \

BA(}]N I{IJilIA$ $ITI}A PIIRBII,[},[Ii{}A

ffiBanyH{fias

l1\(rr-\\ 1 \t \S St \ r,.\ n \ilt I \ tt.\ v{ !.ll \1 \\(i(i \

Page 31: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

!.2 YE!'! f i a E---Y tll.t\Jt-a. lL t v Ll luLa tt L

BAOIN III"I[{A$ $I,TDA III[BALtl,[f'fiA

SATELITP*3"SENIN PAHING,27 )ULt 2015

Kento-flrnanvs

Tasdi-Tiwi

\j>

Page 32: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

I BesokMendaftar

ke KPU PurbalinggaPURBALINGGA, SATE-

LITPOST-Teka-teki siapa pa-sangan bakal Calon Bupati

(Cabup)dan Calon Walil Bupati (Cawa-bup) Purbalingga akhimya terjawab. Adadua pasangan bakal calon yang akan ber-ta rung d alam Pilkad a Purba.lingga, H Tas-di SH MM-Dyah Hayuning Piatiwi SE

Econ (Tasdi-Tiwi) dan DrsSukento Rido Marhaendri-anto MM-Aman Waliudin SE ME.Rencananya dua pasang bacabup danbacawabuo ini akan mendaftarkan diri keKomisi Pdmilihar Umum (KPU) Purba-

--1r-

r Bersambung ko hal 1l

Kento-AmanVSTasdi-Tiwi

lingga, Selasa (28lZ besok.Pasangan Tasdi-Tiwi resmi

menerira surat rekomendasidari DPPPDIP di kantor DpDPDIP Jateng bersama 14bata.lcalon daerah lain, Mineeu(26/7). "Selan direkomli",l -dasikan oleh PDIp, pasansanini juga dicalonlan-oleh tYar-tai Gerindra, partai AmanatNasional (PAN) dan partaiKeadilan Seiahtera (pKS)_Partai Nasidnal Demokriidar Partai Hati Nuani Rak_yat. Koalisi ini disebut Koatsitsersatu Membanqun pur_balingga," kata Walil KetuaDPC PDIP Kabupaten pur_

dibahas kemudian.,,yanejelas kami optimisfu. pasahvXselain dicalonkan oleh pDfu,pasangan Tasdi-Tiwi iusart ,clukung parpol pendu{u_figta$nya," katanva.

Sementara Ki:tua Tim Sia-sah NU, Al*rmad Khotib, me-ngatakan, Aman Waliudinakan dipasangkan denganSukento. Tim kini teniahmmggalang dukungan, b-aikoart ormas mauDur Dartaipolifk. Seiaul ini, oasineanKmto-Adan diduturls ltllMuhammadiyah dan i-ou[parpol yang heliputi paitai-Golongan Karya, pardi Ke_bangkitan Bangsa, partaj per_satuan Pembangunan, danPartai Demoka t:,,TaDi Dem_bicaraan belum firul, tiesot

Lll,isa, ronrat sH. Mincsu

^ Tongat mengatakan, padaSelasa sebelum mendaitar_kan difi ke KPU PurbatinoaDPC PDIP alcan meneeelarRapat Kerja Cabang rrrrd:usus(Kakercabsus) di GOR Ma_hesa Jenar. Rapat digelar gu_na menyosialisasikan Ja_sangar Tasdi-Tiwi kepidaJarqran struktural Dartai"Konfercabsus diikuti iaiaranltngurus Anak Ci6ane(r'AC) dan DpC yang iunYrarnya sekitar 700 orang,',uJarnya.

Setelah Rakercabsus, oa_sangar Tasdi-Tiwi akan dit_tar mendaftarkan diri ke KpU-Mengenai tekris pendaftaran,Iongat mengatakan akan

pagi baru bisa dipastikar.,,ujar dia yang dihulungi me-la!i telepon, Minggu (16l7).

bementara itu, suasanaKantor KPU tampak seoi.Meskipun demikiin. koriri-sioner KPU tetap bersiaDmenerima bakal calon van'eakan mendaftar. KpU iehfimenyiapkan ruang pendaf_taran khusus di alla' kantorsetempat

Sebelurnnya, Pilkada pur-balingga se"mpat terancama-kan diundur, karena baruada satu pasangan calonyang mendaftar, Sesuai reeu-lasi, iika hanya ada ca%r,hmggal maka'tidak bisa di-gelar Pilkada serentak De-sember mendatans. (af [email protected]) " "

-_b_

Page 33: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

**

ft@

Page 34: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KLIPINGMEDIA

BA$IN IIWA$ $[X}A PI]RB,{Iil{OGA

SATELITPOST

SENIN PAHING,27 JUL| 2015

BPBD Salurkan

Lzt Tangki Air BersihPURBAIINGGA, SATELfI- sebanyak 29 tangki dar DesaPOST-Badan Penanggula- Seran8 Ii tantkj.ngan Bencara Daerah (BPBD) "Kecamatan KaranganyarKabupaten Purbalingga me- 23 tangki dan Kecamatanngalu telah menyalurkan 12'l Bobotsari masinB-rnasingtangki air bersiJr ke sejumlah untuk Desa Banjarcdr; l0kecamatan rawan kekeri- tangki serta Desa Karan[i-ngan. Antara lain Karangreia, malang,delapan tangki," u,drBobotsari, Karanganyar, dan Priyo Satmoko, Kepala Pe-Kejobong. laksana BPBD Kabupaten

Sebanyak 100 tangki di Purbalingga, lu'r'aL \24!7\antaranya bantuan dari Pem- saat mendampinti Bupatikab Purbalingg,a dan 2l dari Purbalingga pada acara pem-Bakorwil III Jawa Tengah. Di bukaan pameran batu akik diKecamatan Karangreja, air Ke(amaian Ke]ohont, Jumatbersih disalurkan unh* dua (24/7\.desa yaitu Desa Kutabawa Di Kecamatan Keiobong

ada tuiuh desa yang mene-rima bantuan ail bersih, yaituI)esa Krenceng, Pandansari,Timbang, Nagkod, Pangem-pon, .lin Nangkasawit sertaLanggar. Penyalura terba-nyak untuk Desa Krencengsebanyak 20 tangki, selan-jutnya Desa Nagk,rsawit tu-juh tangki. "Desa Langgardan Pandansari masing-ma-sing empal tangki. Desa Tim-bang seria Nangkod masing-masing dua iangki dan DesaPangempo satu tangki," ujarP-nyo.

N{enurut Priyo, Pemkab

Purbalingga sebenamya su-dah mengantisipasi keke-rrngan melalui program pe-nvediaan air mimrm berbasisuiasyarakat (Pamsimas). Na-mun, di beberapa tempatseperti di Kecamatan Ke-jobong, fasilitas Pamsimassempat mengalami keku-rangan air bersih.

"Sesudah Lebaran, di be-berapa fasilitas Pamsimassempat mengalami kekura-ngan air bersih karena mi-nimnya debit air," ujar Su-wardi, Camat Kejobong.

Saat ini, di Kecamatan Ke-jobong ada 21 sumber airtlersih. Ini terdiri dari 12 tidkfasilitas Pamsimas dan sem-bilan titik sumur bor dariBadan Geolod dan ESDM.

Kepala Dinas PekerjaanUmum (DPU) KabupatenPurbalingga Sigit Subrotomengatakan, program Pam-simas dan sistem pengolahanair sederhana (SIPAS) sangatdib Lrtuh-karL khususnya bagimasvarakat di daerah sulitairbersih. litl< rawan biasaryaada di dusundustur teroericilyang tidak dapat dialiri airbersih.

"Saat ini di Purbalinggakebeiadan Pamsimas ada di106 desa dan SIPAS 63 desa.T4hun ini, akan dibangun'SIPAS di 12 desa dan Pam'simas di 10 desa," kata Sigit. -(gan)

t) \r \'. lir \1 !\-l'li!1i'1l-'r'i\'1 . 'ni h;"\' I\.:(r\

Page 35: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

SEORANG warga metintas di depan fasiliias air pamsimas Furbalingga, beberapa watdu lalu.

Page 36: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

!.TY EITITIT T !T:T\T IE : :!4!!1t.' ? r!t-! !! t:llrJtl u!\, Ltlt-lu ll L

BAOIN IIUI{A$ $[IDA RIIBAIII{CIOA

SATBIMP$STSENIN PAHING,

2/ JULI 2015

Budi Wibowo Didaulat]adi Pj Bupati

r Sukento Tinggalkan Rumah DinasPURBALINGGA, SAIELITPOST4ubemuTfawa Tengah menunjuk Drs Budi Wibowo,Asi6ten Kesra Sekda Provinsi Jawa Tengah,sebagai Pejabat Bupati Purbalingga.Namury pelantikan Peniabat BupatiPurbalingga masih menunggu SK dariMendagri.

Rencananya, pada Sernn Q7 /7) pr:Jr;.tl19.30 WIB Budi akan tiba di Purbalinggauntuk beramah-tamal dengan jajaranbirokasi setempat. Sementa-ra pada Selasa(2814 pukul07.00 WIB, Budi akan menjadipembina apet ke4a PNS sekaligusmemperkenalkan diri.

Sementara itu, Bupati Pwbalingga,

Sukento Rido Marhaendrianto, telahberkemas. Mulai ha ini ia akarrheninggalkan rumah dinas bupati karenamasa iabatannya sudah berakhir. Iamengatakan, ia dan keluarga akrab dengan

,perpindahan. Sejak masih menjadi pejabatdi dunia perbankan, ia kerap berpirdalttempat.

/Ini perpindahan yang kedelapan kali.Jadi sudah biasa," kata dia.

Kemarin, Sukento dan istri berkemasdibantu oleh sejumlah stafbupati. Beberapat arang yang bersifat pribadi, Sukentokemas sendiri, "Capek sekali," ujar dia-(ean)

irA(irA\ Hir\,i{S sir i Lrn iar\ili :Hr\l L\ g!.Rl:i.ill\(i(l\

Page 37: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN III]}dA$ SXDA PUIBAIil{OOA

SATELITPOST

SENIN PAHING,27 JUL|2015

PURBALINC,GA,SAIEL["OST-Minggu (26l7), pelaku Usaha MikroKecil Menengah (IMKM)Purbalingga menggetrarhalal bi halal. Acara itudihadiri Kepala BagianHukum danHAM SetdaPurbalingga TavivWuryanto, Kabid Perikan mpada Dinnakan Siswanto,dan Kasi Pembinaan danPengembangan TIMKM AdiPurwanto.

Pa(a kesempatan itu,merekajuga mengikutisosialisasi Hak KekayaanIntel€ktual (tlKI). Parapelaku UMKM harusmendaftarkan merekdagang atau usaha supayaberkekuatan hukum.

"Pelaku UMKM harusmendaftarkan merekproduk usahanya sedinimungkin. Sebelum merekyang diciptakannya terlebihdulu didaftarkan oleh pihaklain. Tarifnya terjangkau,hanya Rp 600 ribu bagiUMKM," ujar SribawaTrijudati, kader HKI binaan

HUMAS

PAGT YUBAN UMKM Purbalingga menggelar silaturahmj dikediaman seorang anggotanya, Minggu (26,n.

Pemerintah Kabupaten(Pqmkab) Purbalingga.

Saat ini,lanjut di4Pemkab Purbalingga sudahmulai memberikan fasilitasipendaftaran merek kepadaseiumlah pelaku UMKM."Sudah ada tiga pelakuUMKM yang tengahberproses. Mudah-mudahan

Page 38: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

t-fl_:i i, ! i !ia'rr::' ir i"f i ':! Fn l!-tJll u \ \J Ll,.r-lt tl L

IIflAX III"III{IJ $[iDA IIIRXIINC'fiA

Senin Pahins, 27 JuLi 2015 I {1".i!i.3S;!tl

26 Desa di Purbalingga

Terancam Kekeringan

PURBALINGGA-Sebanyak27 desa di 7 kecamatan di Ka-bupaten Purbalingga teran-cam kekeringan selama musim kemarau. Masing-masingterdapat di Kecamatan Kejo-bong, Kaligondang, Pengade-gan, Bobotsari, Karanganyardan Karangreia serta Keca-matan Boiongsari.

"Biasanya memasuki ke-mararl pemerintah desa yangrawan permintaan pasokanair bersih kepada Pemkab,"kata Kepala Badan Penang-gulangan Bencana Dabrah(BPBD), Pdyo Satmoko,Minggu (26/7).

Menurut Priyo, saat ini ba-ru desa Kutabawa dan SerangKecamatan Karangreja yangmengajutan permintaan airbeisih. Dan BPBD sudah me-nyiapkan armada tangki airbersih apabila ada permin-taan-

$l$ Tuiuh Kecamatan"Kami juga sudah menyi-

apkan 977 tangki air bersihyang akan didistribusikan ke26 desa di tujuh kecamatan,"terangnya.

Untuk Kecamatan Keio-bong ada sebelas desa mJn-dapatkan 320 tangki air, Kali

kab. Dari 1-1 desa yang ada diKecamatan Kejobong, wargamasih menggunakan air dariPamsimas din Sipas, namundebitnya sudah mulai berku-rang.

"Untuk itu, kami suclahmengirimkan surat ke bapakBupati Purbalingg, ugu.h"-sa-desa di wilayah kami men_dapatkan bantuan air bersihSaat ini dalam beraktifitaswarga desa masih menggu_nakan air dari program pam-simas dan Sipas yang ada,namun debitnva sudah ber-kurang,"imbuhnya. *#

. ST-ad

gondang delapan desa men_dapatkan 356 tangki air. Se-lanjutnya Kecamatan pengadegan safu desa mendaDat_kan empat tangki air, BJbotsari dua desa mendapatkan55 tangki air, dan Karlngan-yar satu desa mendapatka n41 tangki air serta Karingrejadua desa mendapatkan 1g9tangki air terakhir Boiongsari1 desa mendapatkan 12 t-ane_ki air.

Dalam kesempttan terpi_salr, Camat Kejobons Suwir-di menyampaikan fihaknyasudah mengajukan permin_taan air bersih kepada pem-

it

tl

fl

H.\(rt\\ lti \i-\sst iirAt\'\1J!!Ali\ 1'1 Ri3.\l l\(r(ir\

Page 39: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

lrY l.lrra ra.t E ,'nT\T I{! !rr!!l-?! e 1!.€}! t. J!ll_lJ_Lt .LL t \l Ltr-LlLt Lt L

Pelajar SMAN 'l Purbatinggajadi Finatis LDBIPURBALINGGA-Pelajar SMA Negeri 1 Purbalingga, Ka-rennina Samantha Shan mampu menjadi finalis padaLomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan NationalSchools Debatirg Championship (NSDC) tingat nasional,baru-baru ini.

"Ini prestasi yang sangat membanggakan, bahwa pen-didikan di SMAN 1 Purbalingga mampu berbicara ditingkat nasional," ujar Humas SMAN 1 Purbalingga, Trifoko Walryono, Minggu (26 /7\.

Dipaparkan juga sebelumnya pelajar SMAN 1 Pur-balingga juga menjadi juara 1 dalam Lomba Karya TulisIlmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Asian Law Stu-dents Association Local (AL$A LC) Fakultas Hukurn Uni-versitas ]enderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto,dengan tema Penerapan Penjaminan Hak Asasi Manusiadalam Pasal 28 LrIJD 1945.

Pada babak final lomba di Aula lustitia Fakultas Hu-kum Unsoed, Tirn SMAN 1 Purbalingga mempresentasi-kan karya ilmiah lierjudul "Advokasi lingkungan TPABanjaran Desa Patemon Kecamatan Bojongsari Purba-ltr:.gga" .

Prestasi selaniutnya, uiar Tri Joko Wahyono, juara

. qmu.r1 \e{ya pada Pekan Olah Raga Pelajar Daerah(POPDA) Purbaiiirgga 2015: dan juara umum 1 padaOlimpiade/Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) tingkatKabupaten Purbalingga 2015.

Selain itu, iuara 3 lomba paduan suara yang diseleng-garakan Unsoed tahun 2015, juara dua tari berpasanganpada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkatProvinsi Jateng tahun 2014 atas nama Anisa dan Ratih,dan pada FLS2N tahun 2015 menjadi juara tiga.

"Yang lebih membanggakan 1agi, ada tiga siswaSMAN 1 Purbalingga yang menjadi finalis OlimpiadeSains Nasional (OSN) 2014, yang digelar di Mataramuxtuk bidang bidang Geografi,Kimia, dan komputer.Khusus untuk bidang komputer atas nama Prasojo me-rah medali perunggu. Sedangkan pada tahun 2015, se-banyak 23 siswa terl-.aik mewakili Kabupaten Purbalingga pada OSN tingkat Provinsi Jaien8," imbulmya.$* 57-skh

iJ-\!il \N ii( i'l-\S SLI U.\ '(U{,vA i L\ v\'Kri.\!,l\!i(iA

Page 40: Kliping Berita Tanggal 27 Juli 2015

trY Tt\Y1 Tal I fflnT Ig ! ! iJr !\!! : !!.i! !'.! ! !t lirt t-.rlt, rr I \t Lllt).9 tt I

BAOIN IIIJ[{T$ $[IDA PI]RBTI,II{OOA

Senin Pahing, 27 Juti 2015 \l€lryYaSAn

Tasdi-TiwiMendaftar BesokPURBALINGCA - Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan CalonWakil Bupati (Cawabup) H Tasdi SH M"M-Dyah Hayunine pra_tiwi SE Econ (Tasdi-Tiwi) rencdnanyd Selasa'(2g /7)'besok"a kanmendaftarkan ke Komisi PemilihanUmum (KpU) purbalinssa.Pasangan ini resmi mendapatkan rekomendasi dari Dpp p61?."Selain direkomendasikan oleh PDlp. lasangan ini iusa dica_lonkan oleh Partai Gerindra. partai Amanat Na"sional (i.Xl,ff ainI-artai Keadilan Seiahtera (PKS)," kata Wakij Ketua DpC lDIpKabupaten Purbalingga, Tongat SH. Vingg:-t (26/7\.

Diungkapkan rekomendasidari Dpp pb-Tp diterima di kantorDPD PDII-Jateng. Sebelum mendaftarkan dbi ke K_pU setemDar.pihakgra akan menggelar Rapat Kerja Cabang Klrusus (Raierlcabsus). Kegiatan teriebut diilelar guna meniosialisasi kar pa-sangan Tasdi-Tiwi kepada ja jaran lrruktural partai. ,,Konier_cabsus diiluti iajaran Pengurus Anak Cabang (fAC) dan DpC.Jumlahnya. sekitar 700 oraig,,' ungkapnya.

*RaLercabsus akan dilaksanakan di i<ompteks GOR Mahesa Je-nar. Setelah itu pasang,an Tasdi-liwi akan diantarkan unfuk

mendattarkan di.ri ke KPU. Mengenai teknis pendaftaran apakahakan diantarkan oleh kader dan ilmpatisan, iongat menga'takanakan dibahas kemudian. "Yang jelajkami merasf optimiltis. pa_salnya selain dicalonkan oleh iDlp, pasanqdn Tasdi_Tiwi iusadidukung oleh tigg parpol lainnya,, iingkainya.

t onquj T"lgTq{lanpelaksanaan Rakircibsus merupakanamanat dari SK DPP PDlp Nomor 031 tahun 2011 tenlans me_kanisme penjaringan calon kepa[a daerah. Menumtnva?eko-mendasi uniuk Tasdi-Tiwi wajib disosialisasikan.'Jajaranstruktural dan kader partai wajib mengamankan dan mlme_nangkan pasangan lersebut di rilkada g Desember mendatans.

Tongat menyampailan pihaknya optimististis pasanean Ta!-di-Tiwi bisa memenangkan pilkada. Tasdi merupakan-wabupIncumbenI yang juga Ketua DpC pDIp Kabupaten purbalinesa.Sedangkan Tiwi meru-pakan cawabup yang j;ga didukung Siehkoalrsl tiga parpol . W ST-yan

tsA(it{,_i tlt \!\!bLiI)AI'AIJLP:\ih.\ i'\ !(trr\i I\GU.{