kliping berita tanggal 17 februari 2015

of 42 /42
a KLIPINGMEDIA BAOIN IIUII{A$ $[IDA PIIIBAIil'IOGA Radar Banyumas o Selasa Pahing 17 Februari2015 Kazur@ah Harus usut Di Panitia Seleksi Ikut Dengan kata lain, tata pemeritahan jangan hanYa mementingkan target se- Ieksi Perangkat desa itu dapat dilaksanakan dan beiialan aman. Namun juga harus bisa memasrikan bah- *u p.ot"t.ryu tiaut uau kecurangan. AdanYa seleksi yang jujur dan baik akan menciptakan komPetisi Pe- rangkat yang sehat dan terbuka guna menciPtakan pemerinntahan desa Yang baik. Selain itu, hal tersebut merupakan tanggungjawab bagian tata Pemerintahan Setda Purbalingga untuk menata agar tidakteriadi lagi kecurangan. Adannya kecu- rangan seleksi perangkat desa ini sangat berPotehsi konflik horisontal. 'Apalagi, dalam aturan baru perangkat desa seka- rang digajii' imbuhnYa. Ia juga meminta agar ke- pala desa bisa bisa bersikaP bijak. Yakni dengan me- rangkul semua elemen mas- yarakat baik perangkat desa, maupun tokoh masYarakat agar konflik di tingkat desa bisa diminimalisir. Seperti diberitakan sebe- Iumnya, salah seorang pe- serta seleksi perangkat desa di Desa Banjarkerta Keca- matan Karanganyar dilap or- kan karena diduga meng- gunakan ijazah palsu.. Saat ini Polisi sudah melangkah. Saksi-saksi juga sudah di- panggil untuk dimintai ke- terangan. Kasus Serupaiuga terjadi di Desa Padamara saat mas- yarakat menuntut kepala desa mereka mundur. Mas- yarakat meminta agar polisi melakukan pengusutan ter- hadap salah satu perangkat yang didirga tidak memiliki ijazah SMA, namun lolos menl'adi perangkat desa.- (jok/bdg) Tanggungjawab PURBALIGGA-Direktur Insitut Negeri Perwira In- daru Setyo Nuryrojo SIP MA meminta kasus pengusutan peragkat desa yang meng- gunakan ijazah palsu di Desa Banjarkerta Kecama- tan Karangayar bisa diusut secara tuntas. Pasalnya, penggunaan ijazah palsu dalam pencalonan merupa- kan pelanggaran hukum yang direncanakan. "Saya pikir, kasus ini harus diusut dengan tuntas. ini bentuk pelanggaran hukum yang sudah direncanakan," tegasnya. Pengusutan proses peng- gunaan ijazah p alsu menu- rutnya, jangan hanya me- .nyentuh pelaku. Namun panitia saat seleksi dan un- sur yang terlibat juga harus ikut diusut. Sehingga, bisa memberikan pelajaran agar kasus tersebut tidak terulang kembali. Di sisi lain, pihak tata pemerintahan (Tapem) set- da Purbalingga juga harus menyikapi kasus-kasus se- perti itu secara serius. "S- DM desayangbaik juga akan berdampak pada pemba- ngunan desa yang baik dan Purbalingga yang maju," tambahnya. BAGI,{N HL]MAS SETDA KABLryATEN PTIRBALINGGA

description

 

Transcript of kliping berita tanggal 17 februari 2015

a

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{A$ $[IDA PIIIBAIil'IOGA

Radar Banyumas o Selasa Pahing 17 Februari2015

Kazur@ahHarus usutDi

Panitia Seleksi Ikut Dengan kata lain, tatapemeritahan jangan hanYa

mementingkan target se-

Ieksi Perangkat desa itudapat dilaksanakan danbeiialan aman. Namun juga

harus bisa memasrikan bah-

*u p.ot"t.ryu tiaut uaukecurangan. AdanYa seleksiyang jujur dan baik akanmenciptakan komPetisi Pe-rangkat yang sehat danterbuka guna menciPtakanpemerinntahan desa Yangbaik.

Selain itu, hal tersebutmerupakan tanggungjawabbagian tata PemerintahanSetda Purbalingga untukmenata agar tidakteriadi lagikecurangan. Adannya kecu-rangan seleksi perangkatdesa ini sangat berPotehsikonflik horisontal.

'Apalagi, dalam aturanbaru perangkat desa seka-rang digajii' imbuhnYa.

Ia juga meminta agar ke-pala desa bisa bisa bersikaPbijak. Yakni dengan me-rangkul semua elemen mas-yarakat baik perangkat desa,maupun tokoh masYarakatagar konflik di tingkat desabisa diminimalisir.

Seperti diberitakan sebe-Iumnya, salah seorang pe-serta seleksi perangkat desadi Desa Banjarkerta Keca-matan Karanganyar dilap or-kan karena diduga meng-gunakan ijazah palsu.. Saatini Polisi sudah melangkah.Saksi-saksi juga sudah di-panggil untuk dimintai ke-terangan.

Kasus Serupaiuga terjadi diDesa Padamara saat mas-yarakat menuntut kepaladesa mereka mundur. Mas-yarakat meminta agar polisimelakukan pengusutan ter-hadap salah satu perangkatyang didirga tidak memilikiijazah SMA, namun lolosmenl'adi perangkat desa.-(jok/bdg)

Tanggungjawab

PURBALIGGA-DirekturInsitut Negeri Perwira In-daru Setyo Nuryrojo SIP MAmeminta kasus pengusutanperagkat desa yang meng-gunakan ijazah palsu diDesa Banjarkerta Kecama-tan Karangayar bisa diusutsecara tuntas. Pasalnya,penggunaan ijazah palsudalam pencalonan merupa-kan pelanggaran hukumyang direncanakan.

"Saya pikir, kasus ini harusdiusut dengan tuntas. inibentuk pelanggaran hukumyang sudah direncanakan,"tegasnya.

Pengusutan proses peng-gunaan ijazah p alsu menu-rutnya, jangan hanya me-.nyentuh pelaku. Namunpanitia saat seleksi dan un-sur yang terlibat juga harusikut diusut. Sehingga, bisamemberikan pelajaran agarkasus tersebut tidak terulangkembali.Di sisi lain, pihak tata

pemerintahan (Tapem) set-da Purbalingga juga harusmenyikapi kasus-kasus se-perti itu secara serius. "S-DM desayangbaik juga akanberdampak pada pemba-ngunan desa yang baik danPurbalingga yang maju,"tambahnya.

BAGI,{N HL]MAS SETDA KABLryATEN PTIRBALINGGA

Radaf BafryfmaS o Setasa pahing 17 Februari 2o1S

BPBD: Ialur pendakian SlametMasih Ditutup

PURBALINGGA-BadanPenanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Purba-lingga mengingatkan pen-dakian Gunung Slamet ma-sih ditutup untuk umum.Karena, sampai saat ini sta-tus Gunung Slamet masihdalam level waspada danmasih membahayakan bagipara pendaki.* Kepala Pelaksanan BPBDPurbalingga Priyo Satmokomengatakan, insiden hi-

Iangnya tiga pendaki dariUPN Veteran Yogyakartakemarin bisa menjadi pem-belajaran kepada masyara-kat agar tidak nekat danmelakukan pedakian Gu-nung Slamet

"Jangan sampai terulanglagi, pendakian GunungSlamet masih ditutup ka-rena belum amani' jelasnya.

Priyo menambahkan, mes-kipun ada jalan lain meunujujalur pendakian atau jalan

tikus menuju Gunung Slamet,tersesatnya pendaki asal Yog-yakarta bisa sebagai momen-tum dan perhatian bagi se-mua pihak, terutama paracalon pndaki agar mematuhidan mentaati tanda laranganatau peringatan yang di-pasang di pos pendakian.

Adarya peringatan tersebutbulan hanya tandayangsegajadipasang n€unun peringatanbahaya agar Gunung S1amettidak didaki. "Thnda tersebut

bukan untuk raenakuti taPiuntuk melindurtgi masYa-rakati'jelasnya.

Sementara itu Dandim0702 Purbaligga Letkol Agus-tinus Sinaga melalui Dan-ramil Karangreja KaPten A-RM Karangreja KaPten ARMKadi Suryanto mengatakan,meskipun status GurrungSlarnet sudah turun stirtusmenjadi waspada, TNI ma-sih melakukan pejagaan diPos Bambangan.

'Ada dua personil Yangditurukan untuk menghalaupendaki agar tidak mela-kukan pendakian," jelasnYa.

Kadi menjelaskan, sejakditur.unkan menjadi was-pada banyak pendaki Yangmenanyakan kemungki nanpendakian Gunung Siamet,namun seteiah dijelaskanoleh TNI dan petugas Pos

Bambangan pendaki me-ngurungkan niatnYa untukmendaki.(jok/bdg)

s;,E;tE<!

io;o-G

,)<

l<goE

(g.Y

6!o

EE

6(,-t(,4)

E

disP'H:oXHdi=;€OotrlEGE6diY,65>=ooEku,!trlc=ctrofo-Oooo,o.t3;L6GtctLFOG#

or!t!-

e'EGr:E.- -o:o-ii e

o

=*,tECro(!5*o- i;GELUGCL

'Lr^E='nJoJ6JFLo-u

I l'a;.i

,,r{, ,

n.t

I

:.:.:::

KTIPINGMEDIA

BAOIAil III]IIA$ $EI'DA IIIIBAINGOA

Radar Banwmas ., #qlLrrr%

Selasa Pahing 17 Februari 2015

Distribusi Pupuk BersubsidiTerancam Mandelc

Perbub Tak

Kunjung TurunPURBALINGGA. DiStIi-

busi sejumlah pupuk bersub-sidi Tahun 2015 terancamdihentikan jika sampai Maretmendatang, peraturan bupati(Perbup) tentang AlokasiPupuk bersubsidi Tahun2015 belum turun.

"Kami sangat mengharap-kan dalam bulan Maret me-ndatang perbup tahun 2015itu sudah turun dan kitajadikan pegangan. ]ika belumturun, maka distribusi bisakami hentikan. Saat ini kami

akhirnya berpegangan padaperbup tahun 2014 yangsebenarnya tidak kuat. Na-mun karena menyangkut'petani,

maka pupuk semen-tara ini tetap kita salurkan kedistributor," papar AsistenSupervisor PT PetrokimiaGresik Purbalingga, ErwinWahidin, Senin (16/2).

Perbup itu sebenarnya me-rupakan turunan dari Pera-turan Gubernur terkait pupukbersubsidi. Kabar yang dite-rima perusahaan, draft sudahsiap dan segera disajikan keBagian Hukum Setda Purba-lingga. Namun sampai saatini belum ada kabar lagi.

"Kami sangatmengharapkan dalam

bulan Maret mendatangperbup tahun 2015 itu'sudah turun dan kita

jadikan pegangan. Jikabelum turun, makadistribusi bisa kami

hentikan.

Erwin WahidinAsisten Supervisor PT

Petrokimia GresikPurbalingga

"Tanpa perbup itu kamirawan disalahkan, karenasemua terukur dan ada atu-ran mainnya. Karenanya,kami minta dalam bulanMaret harus sudah ada per-bup itui'tambahnya.

Sejumlah pupuk bersubsidiyang dikeluarkan perusahaandi Purbalingga itu dianta-ranya pupukZA, SP3, Pons-kha dan Petroganik. Ia me-ngaku, stok di produsensangat mencukupi untukmemenuhi kebutuhan Pur-balingga.Namun ironisnya, di lapa-

ngan tidak semua petanimasuk dalam kelompok tani.

Di sisi lain distributor sampai"ke pengecer hanya bisa me-'mberikan pupuk bersubsidikepada kelompok tani me-lalui syarat adanya rencanadefinitif kebutuhan kelom-pok (RDKK).

"ladi jika ada kelangkaanpupuk sebenarnya tidak be-nar. Justru karena petanitidak bisa menunjukkan RD-KK, maka tidak bisa dilayanidi distributor maupun pe-ngecer. RDKK juga seringtelat," tegasnya.

Saat ini juga mekanismedistribusi pupuk juga tidak bisamain- main seperti beberapa

vtahunlalu, r ke hal. 10

BAGIA}i HLIN{AS SETDA KABUPATEN PT]RBALTI.{GGA

a

-l T-

PaSokan Dijamin Cukup

r llistri[ursiSambungan dari halaman 7

mengantongi RDKK. Prin-sipnya kita siap memenuhikebutuhan pupuk sesuaiaturan yang ada," rincinya.

Kepala Bagian Hukum danHAM Setda Purbalingga,Tavip Wurj ono:menjelas-kan, hingga Senin (I612)pihaknya belum menerimadraft perbup itu dari dinasterkait. Jika sudah ada akanlebih cepat diproses hinggaturun menjadi perbup.

"Kalau pekan ini masukdraftnya, maka segera kitaproses dan maju ke bupatimelalui jajarannya di setdaPr.rrbalingga. (amr/bdg)

Alur pupuk bersubsidj dian-taranya saat distributor rnem-bayar atau membeli pupukmelalui purchased order (PO).Kemudian secara online p,ro-dusen akan mengecek darnmemberikan jawaban per''mintaan pupuk bersubsidi inr.

"Saat PO sudah klir, makaakan dikeluarkan DO (De-livery Order). Nantinyaakan didistribusikan sesuaitempat yang sudah ditunjukdan kelompok tani wajib

Anda memiliki unek-unek tentang ber-baoai hal demi perbaikan dan kemajuanPuibalingga yang penting tidak menying-ouno sara dan fitnah.barinya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081 -327'333-778

Air Mancur BerwarnaASSALAMUALAIKUM. Kepada Yth Bupati Purbalin ggq,

kami warqa Purbalingga berharap area Alun-alun sebelah

selatan ianq masih longgar dibuatkan air mancurberwama unilk menghiasi Alun-alun' khususnya. pada

malam hari untuk mewujudkan Purbalingga yang lndan'Terimakasih

NN 087737333354

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ III]I'{A$ $[IDA PUIBAIII{OOA

Radar Ban!rurtas o Selasa Pahing 17 Februari zols

aolce BintanAlhirnyatliseget

Tak Indahkan Selain itu, pengelola terbuktimelanggar Perda No 20 ta-hun 2012 Kabupaten Purba-Iingga, tentang izin gangguandan retibusi izin garrgguan.Pengelola hanya memililEiizin tempat usaha makananminuman, kebugaran sertatour dan travel.

Suroto juga menegaskan,penyegelan yang dilakukanoleh pihaknya sudah sepe-ngetahuan dan izin daribupati. "Kami menutuP danmenyegel tempat karaokeini, hingga pemilik memilikiizin yang diterbitkan oiehKPMPT. Jikaizin sudah ada,pasti kami akan membukasegel yang telah kami Pa-sangi'katanya.

Kepala I(PMPT Purbaling-ga Mukodam mengatakan,pihaknya sebelumnya sudahtiga kali melakukan tegurankepada pemilik untuk me-nutup usaha karaoke terse-but. Yakni melalui surat no-mor 503 I 7 7 O I 2Ol4 tertang-gal 15 Desember 2015, suratnomor 503 /794/2014 ter'tanggal 29 Desember 2015dan surat nomor 503i090/2014 tertanggal 9 Februari2015. "Namun, pemilik ka-raoke tidak mengindahkansurat teguran dari kamii'tambahnya. r ke hal. 4 n

Tiga Kali Surat

TeguranPURBALINGGA - Peme-

rintah Kabupaten (Pemkab)Purbalingga akhirnya ber-tindak tegas terhadap Ka-raoke Bintang di Ialan Kom-isaris Noto Sumarsono.Kemarin (16/2), sekira pu-kul I6.00 \,\IIB, Satuan P.olisiPamong Praja (Satpol PP)

menyegel tempat karaokemilik Agus Purnoto tersebut.

Kepala Satpol PP Purba-Iingga Suroto mengatakan,Satpol PP menyegel seluruhruang karaoke yang ada,karena pemilik tidak me-ngantongi izin usaha tem-pat hiburan tersebut. Pe-nyegelan terpaksa dilakukan,karena pengelola tidak me-ngindahkan tiga kali suratteguran yang dilayangkanoleh Kantor PenanamanModal dan Perizinan Ter-padu (KPMPT).

"Dalam tiga kali surat te-guran tersebut, pengelola di-minta menutup usahanYa,karena tidak memiliki iziniujarnya kepada wartawanditemui di sela-sela operasipenyegelan.

BAGIAN HLIM.A.S SETDA KABUPATEN PURI]ALINGGA

,/\/\a)

Gandeng Penga cara, Somasi IGMPTr lhtao[e

Sambungan dari halaman 7

Dia menjelaskan, sebenar-nya pemilik usaha sudahmengajukan izin usaha ka-raoke ke KPMPT, namunditolak olehnya meskipunsecara adminsitrasi sudahlengkap. Sebab, pertimba-ngannya antara lain, Iokasitersebut tidak memiliki la-han parkir yang memadaikarena berada di pertigaanjalan, sehingga rawan me-nimbulkan gangguan Ialulintas.

"Kemudian, lokasi tersebutterlalu dekat dengan pusatpemerintahan dan sekolah.Sehingga dinilai memilikipotensi gangguan keten-traman dan ketertiban cu-kup tinggi. Selain itu, meskitidak tertulis, masyarakatjuga merasa keberatan de-ngan adanya karaoke terse-buti'jelasnya.Mokodan menambahkan,

penyegelan tersebut bisadiartikan, ini ditutup sete-rusnya. Karena pihaknyamemang tidak akan me-ngeluarkan izin berdasarkanpertimbangan-p ertimba-ngan itu. "Silakan bukausaha karaoke, tapi tidak dilokasi ini," katanya.

Sementara itu, pemilikkaraoke Agus Purnoto tidakbisa dimintai keterangan-nya. Sebab, setelah anggotaSatpol PP membacakan be-

rita acara penyegelan, dialangsung pergi dari tempatkaraoke yang dikelola oleh-nya tersebut.

Bahkan, dia juga menolakmenandatangani berita aca-ra penutupan dan penye-gelan tempat usahanya itu. Iamenyerahkan penandata-nganan itu kepada penga-caranya yang akan datangpada malam hari. Namundemikian, petugas tetap me-lakukan penyegelan meskiberita acara itu tidak ditan-datangani oleh pemilik kara-oke. Ada tujuh ruanganyangdisegel di tempatkaraoke itu.

Sementara itu, Ketua RT1/RW IV Kelurahan Purba-lingga Kidul Amin Muakhormengatakan, warga sudahmenolak sejak awal ber-dirinya tempat karaoke ter-sebut. Bahkan warga sudahberembuk akan menggelaraksi agar tempat karaoke ituditutup.

Dalam penyegelan terse-but, Sapol PP didampingioleh KPMPI Polsek Purba-lingga, Koramii Purbaling-ga, Pemerintah KecamatanPurbalingga, PemerintahKelurahan Purbalingga Ki-dul, dan tokoh masyarakat.Pelanggan di salah saturuangan karaoke sempatkaget ketika mereka dimintakeluar oleh petugas.

Sebelum disegel Satpol PP,

ternyata pengelola KaraokeBintang telah melakukan"perlawanan" terhadap Pe-

rnerintah Kabupaten (Pem-kab) Purbalingga. Pengelolamenggandeng pengacaraPairotma Butar-Butar SH,

untrrk memberikan suratsomasi kepada Kantor Pena-naman Modal dan Perizi-p2rr J6rrpadu (KPMPT).

Melaltri pengacaranya, pe-ngeiola tempat karaoke me-minta kepada KPMPT untukmeralat atau mencabut ke-mbali surart teguran Yangpernah dikirirnkan kepadaAgus Purnoto H, selakupengelola karaoke. Merekamemberikan batas waktukepada KPMP',| untuk me-ralat atau pemr:abut suratteguran terseb,rrt, Palinglambat I9 Februari men-datang. Hal itu tertuangdalam surat bernomor 012/PBB /lI/ 2015, tertanlggal 12

Februari laiu.Pahotma Butar-Butarr ke-

pada Radarmas mengatarkan,alasan dikirimkannya strratsomasi tersebut, karenamenganggap kliennya tiditkpernah meflerima suratpenolakan al.as permoho-nan izin. Sesuai dengansurat kesanggrp an p engeloladan pemantauan lingku-ngan hidup (SPPL), ter-tanggal 10 Okotober 2014.

"Klien saya juga tidak me-lakukan pelanggaran yangdituliskan dalam surat tegu-ranyang dikirimkan kepadaklien saya," ujarnya ditemui|umat (13/2) malam.(tyalbdg)

_rr...--

13ElE5loE,)Itslir1.5l<ol.lclvILto| -a--

otr(E

d)

=(Eoo-

GJEoo-

(6

6).o@

G-t-vs.E

(E

Eo

ootr'.CGEol<oL

-'aqdC'

iro

Lo(E

{uY6R_di-9:BroP

.tr tt

.)< (!rs,Eo-o

OGCLJG'Go.gt

!Ii:i c6iIU(gaao;

q" *-.ts

.:*: \r;d*t* ffi

Ir : ritL]i' ,:;,,1i! r;

-": sii - :1"i, ,- '!?:'',,'q

'lkjfr,L':::dS

, . tfi,j

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUII|A$ $[IDA PINBALNOGA

Bartgumas Setasa Parring 17 Februari zirts

-fun[nuucGREItsPBEs- ]

Sepi Peminat, Pend aftzr anDiPerPanjang

KARANGREJA-Pedaftaran calon Kepala dusun 3'

Grumbul Krete, Desa Siwarak temyata kurang disambut

antusias mas.varakat Karena itu, Panitia Pelalcsana Seleksi

Perangkat Desa Siwarak memperpajang pendaftaran

calon iadus hingga Rabu (IB/2). Diharapkan, sampai

batas waktu t"tt.tr..t sudah ada pelamar agar bisa

mengi\uti tes pada 23 Febuari mendatang'feiaiu Desa Siwarak Suratman S Ag mengatakan'

perpanlangan itu hariya untuk Kepala Dt''sun Krete'

i'asatnya, pelamar yang masuk tid-ak Iolos.secara

. admiitiasi. "Pendaftar ada tapi tidak lolos di syarat

pendidikan minimal SMA/' jelasnya' -

Suratman menambahkan,' dari lima lowonganperangkat desa, hanya satu yanflbelum terisi''S

ehl n{ga, p anitia rm emutuskan melakukan mem-

p".puiia"g pencalonan khusus pendaftar perangkat

busun 3, Grumbul'Krete.'Lebih lanjut Suratman mejelaskan, nantinya. tes

perangkat desa akan dilaksanakan pada tanggal 23'f"Urruil. "Tes tertulis, iterview, tes pidato dilakukan

sehari, sore langsung pengumuman," jelasnya'

Pela'ksaanarit"t iilu* sehari dilakukan utukmeminimalisir kecurangan antara panitia dan

peserta. Selain itu, sejak pernbuatan soal nan-iinya alat komunikaii panitia juga akan di-kumpulkan.

'AIat komunikasi maupun calon akan diisolasidahulu agar tidak ada kecurangani' tambahnya'

Suratmin berharap, penjaringan perangkat desa

tersebut mampu menghasilkan perangkat yang mau

bekerja untuk^masyatukut. S"hittgga, kemajuan dan

kesej ihteraan masllarakat bisa cepat terwujud'Pemerintah Desa Siwarak membutuhkan lima

perangkat desa guna mengisi kekosongan pe-

iangkat. Formasi tersebut antara lain, 3 orangkepita dusun, satu kaur kesra dan satu orang kaurp emban gunan. (i ok/bdg)

EaciaN lrwras sETDA IIABUPATEN PURBALINGGA

KLIPINGMEDIA

BAOIN II[]IIA$ $[IDA PI]RBINCOA

Bqdgt Banyumas o selasa lgfr^g 1? F*t@ NF

Menata Desa

Iadi Lebih Alami ,

DESA sebagai ujung tom-bak pemerintahan harusbisa berdikari. Sehingga akanmenopang struktur di atas-nya. Berbagai upaya dilaku-kan desa untuk mewujudkandesa yang mandiri seperti diDesa Tunjungmuli Kecama-tan Karangmoncol.

r ke hal. 10 PUTUT/RA

Bangkitkan Gotong Royong

I MCNAH Guna mewujudkan Tun-jungmuli berhias, setiapdusun di Tunjungmuli jugamedap a&an tanggungj awabwilayah. Sehingga, lebihterkordinir dan warga me-nyadari tugas dan tanggungjawabnya.

"Setiap minggu di DesaTujungmuli ada gotong ro-yong yang diumumkan lewatpengeras suara di mushala-mushalai' tambahnya.

Terwujudnya Tujungmuliberhias tersebut juga menjaditanggung j awab masyarakatterhadap lingkungan dantempat lahir. Masyarkat yangnyaman dan aman juga bisamenekan angka urbaisasidan menumbuhkan masya-rakat membangun desa.(j ok/bds)

Sambungan dari halaman 7

"Masyarakat Tunjungmulijuga sudah sepakat dan barusaja mendeklarasikan Tu-nungmli Berhias singkatandari bersih, hijau, indah,aman dan sejahtera," tuturKades Tunjungmuli, JokoPranoto.

Joko juga menambahkan,desa yang bersih, hijau,indah, aman merupakanelemen menuju masyarakatsejahtera. Masyarakat akannyaman berusaha, bekerjabila lingkungannya bersih,hijau, indah dan aman.

"Secara psikologi, orang'akan fokus bekerja dan se-nang berusaha," jelasnya.

T}AGIAN HUMAS SETDA ILABLTPATEN PL]RBALINGGA

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIUI}{A$ SMA PURBAIINOOA

RadarBarryffmas o Selasa Pahing 17 Februari 2015

-PURBIIIII GGA EKSPRES-

Anggota Kodim lkuti UiiPerorangan

PURBALINGGA- Komplek Markas Kodim 0702

Purbalingga, Senin (16i2) berbeda dengan hari se-

belumnya. Ratusan anggota Kodim nampakberkum-pr:l dan menghadap meja tim penguji dari masing-

masing seksi yang ada. Hari itu, anggota kodim

^"rrglt rti kegiatan Uli Trampil Perorangan (UTP).

Dandim Purbalirigga, Letkoi Inf Agustinus Sinaga

melalui Kasdim Mayor Kav Hariyono menj elaskan,

UTP dilakukan setahun sekali untuk melihatkemampuan setiap personel TNI. Melalui timpenguji yang ada, anggota TNI AD itu dimintamenunjukkan kemampuan personal mereka.

Anggota di Seksi Intelijen misalnya, dimintamaju ke depan menjawab pertanyaan penilaitentang berbagai hal pengetahuan intelijen danmateri lain. Lalu Seksi Teritorial, semua angSota

Koramil dan lainnya. UTP itu digelar szelama duahari ke depan. r ke heil. 10

Jalan di Kawasan Pabrik ButuhPelebaranKEPADA dinas terkait, lolong jalan di kawasan pabrik rambutyang ada di Kalikabong dilebarin dan dipasang nama Jalannya.Terimakasih

NNo857274zas4T

CAHYO

DIUJI : Personil TNI dari koramil sedang diujiketrampilan perorangan secara bergantian di depantim penguji di Kodim 0702 Purbalingga.

Asah Kemampuan Personal

r [ng$0m mengulang kembali sampaibisai'paparnya.

Dasar penilaian itu bisadigunakan saat ada mutasiatau penempatan seoTangpersonel TNI. Sehinggaakan lebih mendukung ki-nerja saat di pindah ke Seksilain atau bagian lain diKodim. "Dasar- dasar ke-militeran dan materi militerlainnya juga harus mampudikuasai anggota TNI saatuji itu," tambahnya. (amr/bdg/opl)

Sambunglan dari halaman 7

"Prinsipnya mereka di-nilai untuk mengasah kem-bali kemampuan personalmereka.

Misatrnya bagian tata usahadilihat cara nrembuat lapo-ran kegiatan dan lainnyaterkait adrninistrasi. Begitujuga Seksi yang lain. Jikatidak bisa menjawab per:-tanyaan penilai, diminta

BAGIAN HI Ih.'I.,\S SETD,A. K,A.BI.TPATEN PLIRB.A'LINGCA

KLIPINGMEDIA

BAGIAI{ III[{A$ SIIDA PIIRBAIffOOA

8aO

DITEGUR:Direktu r

Cinema LoversCommunitY

(cLc)mendaPat

teg uranKapolres

Purbalinggasaat

menggelar aksidi Taman Kota

' UsmanJanatin,kemarin

116t2).

Tal(Berizin, Aksi CLC Ditegur lfupolresPURBALINGGA - Aksi da-

miri #Save KPK dan #Save ln-donesia, yang dilakukanoleh para pegiat film Purba-lingga, yang tergabung dalamCinema Lovers CommunitY(CLC) di Taman Kota Usman

fanatin, kemarin (16/2), di-tegur Kapolres PurbalinggaAKBP'Anom Setiadji. Sebab,

aksi bertajuk, sapu koruPtor,satu padu lawan koruPtor itu,tidak mengantongi izin dan

pemberitahuan secara resmikepada Polres Purbalingga.Aksi yang dimulai Pukul

06.00 WIB itu, didatangilangsung oleh KaPolres sekirapukul 07.00 WIB. KaPolresyang datang bersama angSo-

tanya, memberikan teguranlisan secara langsung kePadakoordinator aksi, Bowo Lek-sono.

Kapolres meminta kePadaBowo jika menggelar aksi,

harus memberitahukan mak-simal tiga hari sebelum ke-giatan dilakukan. "MenYam.paikan pendaPat di mukaumum diperbolehkan. Na-mun, harus sesuai denganaturan yang adai' kata KaPol-

res kepada Bowo.Kepada Radarmas KaPolres

menj elaskan, PihalorYa membe-

rikan toleransi kePada CLC, un-tuk tetap menggelar alai damai

ihrhingga selesai. r ke hal. 10

vBAGIAN HUMAS SE,TDA KABTIPATEN PURBALINGGA

,,,\L\ r^

Datangi Markas CLCr lal(Beridn,

Sambungan dari halilman 7

"Kali ini, kami berikantoleransi. Bisa saja kamimenghentikan aksi ini,"katanya.

Sekira pukul 10.00 WIB,Kapolres kemudian menda-tangi base camP CLC di]alan Puring Keiurahan Pur-balingga Kidul, KecamatanPurb'alingga. KedatanganKapolres ke base camP CLCitu, dilakukan untuk menYa-makan persepesi antara Pol-res Purbalingga dan CLC.

Sebab, selama ini KaPolresmelihat ada miss komuni-kasi antara Polres dan CLC'Sehingga, selama ini adabeberapa kegiatan CLC,

termaslrk kegiatan kemarinpagi, yang dianggaP Ka-polres kurang ProPorsional.

Kapolres juga mengatakan,pihaknya tidak alergi terhadaP

lcitik atau pun aksi damai atau

demo di KabuPaten Purba-Iingga. Namun, dia memintakegiatan tersebut digelar sesuai

aturanyang ada.Bowo sendiri mengaku,

menyambut dengan ter-buka apa yang dilakukanoleh Kapolres tersebut. Ke

depan Bowo mengaku akaniebih intens berkomunikasidengan Polres Purbalingga,agar tidak terjadi kesalahP a-

haman iagi.Dia mengakui, kegiatan

yang dilakukan di Tamankota Usman lanantin, tidakmemilik izin atau Pun tidak

memberitahukan kePadaPolres. Bowo berkilah, aksi

tersebut digelar sPontan,karena pihaknYa menerimapemberitahuan dari koor-dinator aksi nasional sangatmepet dengan Pelaksaankegiatan.Dalam aksi Yang digelar

serentak di seluruhtanah airtersebut, CLC menolakPen-calonan Komjen Budi Wa-seso sebagai calon KaPolri.Serta mengusut tuntas se-

gaia dirgaan tindak Pidanakorupsi di Purbalingga. Da-lam aksinYa tersebut, CLC

membawa orang-orangansawah yang terbuat dariierami. Mereka juga mem-'bunvikan

kaleng, Yang berf-ungii seperti pengusir bu-rung di sawah. (tyalbdg)

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIU[{A$ $[IDA PURBAIil{OOA

Radar Banyumas o Selasa Pahing 17 Februari 2015

Pelen Ini, Hasil Peniefuaaa :

IapanganTunrnKasusAmbruknya

TKPembinaPadamara

PURBALINGGA - Pekanini, hasil pemeriksaan lapa-ngan yang dilakukan oiehtim ahli teknik sipil terha-dap kasus TK Pembina Pa-damara, Kecamatan Pada-mara, yang ambrukbeberapawaktu lalu akan turun. Se-hingga, pekan depan sudahbisa dilakukan gelar perkara.

Hal itu diungkapkan olehKapolres Purbalingga AKBPAnom Setiadji melalui KasatReskrim Polres PurbalinggaAIG Djuanedi, kepada warta-wan, di sela-seia kunjunganKapolres dibase camp CLC diJalan Pr.ring kemarin (16/2).

"Saya sudah menghubu-. ngi semarang (tim ahli tek-nik sipil, red). Bahwa pekanini hasil pemeriksaan lapa-ngan terkait ambruknya TKPadamara akan turun. Se-lanjutnya pekan depan akankami gelar perkaranya,"jelasnya.

Da menjelaskarl sebelumnyatim ahii dari Semarang sudah

melaklkan pemeriksaan lapa-ngan di TK Padamara. "Biasa-nya harus menunggu lamauntuk mengetahui hasil pe-meriksaan. Namun, ini bisadiketahui lebih cepat. Hal inimempermudah kami untukmelanjutkan penyidikan, agarbisa secepatryra selesaij' jelasnya"

Dia menjelaskan, banyakhal yang harus dilakukan oiehpolisi, untuk menyelidiki kasusambrulorya TK Pembina Pa-damara tersebut. "Termasukmendatangkan saksi ahli.Sebab, keterangan merekasangat penting untuk me-nemukan apakah ada tindakpenyimpangan terkait am-burknya TK tersebut atautidaki'ujamya.

Seperti diberitakan sebe-lumnya, tim saksi ahlitekniksipil dari Semarang baru-baru ini turun untuk mem-bantu proses penyelidikanpolisi terhadap dugaan pe-nyimpangan anggaran pe-mbangunan TK PembinaPadamara yang ambruk pa-da bagian atapnya Februaritahunlalulalu. r ke hal. 10

- Tunggu Hasil Audit BPK

r Pcfian lokasi untuk mengambilcontoh material yang digu-nakan untuk membangunatap TK tersebut.

Polisi juga masih menung-gu hasil audit dari BadanPemeriksa Keuangan (BPK)untuk bisa mengetahui ada-nya kerugian negara atautidak, karena dana pem-bangunan TK itu berasaldari APBN. Selain mengusutkasus ambruknya bangunanitu, polisi juga mengusutdugaan penyimpangan da-lam tukar guling tanah lo-kasi bangunan TK itu. (tyalbdg)

Sambungan dari halaman 7

Dalam pemeriksaan awalsaks::i ahli tersebut, merekamelakukan orientasi secaraadministrasi baik dari bestekmaupun bentuk fisik ba-ngunarl. Orientasi tersebutdilakukarn untuk mengecekdan menentukan aPakahada perbedaan atau tidakantara beritek dengan ba-ngunan riiirrya. Setelah Pro-ses tersebut dilakukan, ren-cananya Senin depan, timsaksi ahli akan kembali ke

BAGI.{N HUMAS SETDA KABUPATEN PURBAIINGGA

KLIPINGIIMDIABAOIAN IIU[{A$ $[IDA PIJRBAIil{GOA

Radaf BarfSrumaS o Setasa pahing 17 Februari 2O1S

Im otrg, Manajemen Dituntutb

Peduli Nasib Pemain

PIIRBALINGGA - Per-sibangga Purbalingga ber-hasil menaham imbangPersip Pekalongan dalamlaga ujicoba pra musimKompetisi Divisi Utama,yang digelar di Stadion Go-entoer Darjono Purbaling-ga, kemarin (to/z) sore.dalarn laga tersebut, Per-tandingan berakhir denganskor sama kuat 0-0 (0-0).

Dalam laga tersebut, Per-sibangga yang dari materikalah kelas dibandingkanPersip, tarnpil dengan per-mainan yang keras. hal itu,membuat Persip tampil Ie-bih berhati-hati untuk me-nghindari cedera.

Persip sebenarnya bisamemenangkan laga kontraPersibangga. Namun, ek-sekusi penalti yang dila-kukan oleh Galih "Londo"Tri Handoko, berhasil di-bendung oleh penjaga ga-wang Persibangga alas Pur-balingga Wetan, MuazizSyafii.

Hasil imbang kontra Per-sip, yang diperkuat olehmantanpemain timnas EllieAboy itu, menurut.koordi-nator tim Persibangga Mar-toyo sangat menggembi-rakan. Sebab, skuad yangsembntara ini dilatih olehduet Bambang dan AIif I-mam ini, bermaterikan pe-

main lokal."Anak-anak sudah ber-

main sangat bagus. Merakaberhasil menahan imbangPersip, yang bermaterikanpemain yang berada satulevel di atas kami. Apalagi,Persip diperkuat oleh pe-main-pemain yang berpe-ngalaman di Divisi Utamadan ISL," jeiasnya kepadaRadarmas seusai laga.

Dia berharap hasil positifyang diraih oleh Persibang-ga, dalam beberapa lagaujicoba pra musim bisa membuka hati komisioner PTPersibangga Sportama, un-tuk memperhatikan nasibskuad Persibangga. Sebab,

selama ini tak ada samasekali kePedulian Pengurustehadap nasib Persibangga'

"Selama ini, kami memilih.r' patungan untuk memper-

iiapkan tim. Namun, untukmengikuti komPetisi kamitidak mungkin hanYa meng-andalkan dana Patungansaja. Kami ingin komisonerP'i Persibangga Peduli,dengan mencarikan danauntuk tim ini," bebernya.Dia juga mengaku ber-

terima kasih dengan ke-pedulian Braling Mania,kelomPok suPorter Persi-bangga. Sebab, selama inisuPorterlah Yang Pontang-panting mencari dana un-

tuk menghiduPi tim, Yangsedang melakukan Persi-aDan.'sementara itu, PelatihPersip Gatot Barnowo me-neaku tidak kecewa denganhlsil imbang Yang diraiholeh skuad besutannYa'Sebab, target utama timpelatih adalah mencari Pe-main pelaPis Yaug staPdiandalkan dalam kom-oetisi. "selain itu, kamijuga tampil berhati-hatiunluk menghindari cedera'Sebab, saya kecewa dengankepemimPinan wasit Yangmembiarkan Pemain Iawanbermain keras," ujarnYa'(tya/uie)

(1----j./

BAGIAJ HLTN{.A.S SETDA KABI IPA'fi1N PURBAI-INC{}.\

5l<d(EEO

EEoo

-6t@

trtsEo

dE"o);EG.ct

o-ococ,oLQ'otrooc,

.91'(I,

at,

Ec(gctltr-e6.v,o,o-

.g.,oo-IE

oli(Eolo,Eoofo-(EEtlrtcc,Pooo-('(g

(lllEttoo

sE"(gJ

=oU'O2or=tr<PtrE

KTIPINGMEDIA

BAOIAil IItIlfi$ $[MA PIIIBAIil{OGA

SUARA MERDEKA

SELASA, 1 7 FEBRUARI 201 5

Segera Selesailrurt

LKPIp-tmuAl.Ncca-PPno

Purbalingga meminta BuPatiPurbalingga segera menYele-

saikan LaPoran KeteranganPertanggungiawaban AkhirMasa Jabatan (-KPJ AMJ), kare-

namasa jaba-tanbuPd$anna-bis

27Juni mendatang.

Ketua DPRD Purbaling ga,

Tongat dalam konferensi Pers dikantornya, Senin (16/2)' menga-

takan sesuai Undang-Undang

SM/RYan Rachman

KONFERENSI PERS : Ketua DPRD Purbalingga

Tbngat (tengah), menggelar konferensi pers di kantomya

Senin(162I(5i)

rvorirorf

-ranunzoo+Gtang-Gngaimenegaskanpihffi

ttPemerintahan Daerah, minimal akanobjektifmenfkryilKPJiu.enam bulan sebelum akhir masa "Mana program pembangu-jabatan, bupati harus sudah nanyangterlaksana, manapro-menyampaikan laporan pertang- g1am yang tidak terlaksana. Yagunglawaban. disebutkansaj4"katanya

"Bupatiharus segerame- Sementaraiu:.pihakekselnrtif

nyelesaikannya (LKPJ), sebab saat ini masih mengebut penyele-

pada 27 Februari ini LKPJ itu saian LIGJ. I-KPJ yang biasanya

harus dibacakan melalui sidang selesai Maret ini, dipercepat pada

paripuma, Jikakurang dari enam Februari.Haliniunnrkmengantisi-

bulin, maka akan lebih baik. pasi pertangungiawaban akhirSayayakin,saatinipihakekseku- masaJabatanBup*iPwbalinggatif sedangmengebut yang akanberakllir2T Juninanti.

laporan itu," katanya.Me4iadiDasar

Sekretaris Daerah Purba-lingga, Imam Subijaldo, menga-

Ll(PJbupatitersebut,menjadi takan LKPJ dari masing-masing

dasarurftrkmenilaikinerjaBupari SKPDnantinyadisatukanmenja-pada masa pemerintahan 2010- diLKPJBupati."Kamiberkomit-2OtS. pari t-lef iur akan terlihat men LKPJ AMJ Bupati 2010-pelak traan program sesuai ren- 2015 bisa berjalan sesuai jadwal

iana p.rmbangunan jangka pan- yang telah ditetapkan,' tambah-jangdaerah$PJPD)Rubalingga nya"(1182-63)

BAGIAN HTTI\{AS SETDA KABLTPATEN PLIRBALINGGA

KTIPING ilIEDIA

$HLA$A, 17 FEBRUAIqI 2015

PURBALINGGA - Polres

Purbalingga,akan meningkatkanstatus kasus dugaan penYimPan-

gan pemba-ngunan TK Pembina

Padamara dari penyelidikanmenjadi penyidikan, minggudepan. Polres menung$u hasilpenyelidikan tim.ahli dariSemarang, yang direncanakandiserahkan pekan ini.

'ContoJr material sudah diam-

bil untuk diteliti. Kami sudahmenghubungi tim ahli konstul<si

dan dikabarkan hasilnya akanselesai pekan ini,'r kata KePalaSatuan Reserse dan Kriminal(S atreskrim) Polres Purbalingga

Ajun Komisaris Djunaidi kepada

wartawan, ketika mengunjungimarkas Cinema Lovers Com-munity (CLC) di Jalan PuringPurbalingga, Senin (1 612).

Polres akan segera mengge.

1ar hasil penyelidikan oleh Polridan tim ahli, untuk mengetahui

apakah ada penyimpangan atau

tidak. Dengan demikian' kasus

ini akan ditingkat dari penye-lidikan rnenj adi penyidikan.Secara otomatis, tersangka juga

akan ditetapkan. Tetapi Djunaidibelum bersedia menyebutkansiapa calon tersangkanya.

Unit Tindak Pidana Korupsi(Tipikor) Satreskrim PolresPurbalingga, telah memanggil15 saksi untukdimintai keteran-gan, masing-masing dari Panitiapembangunan, Dinas Pendidik-an (Dindik) Purbalingga danpihak sekolah. Mereka dimintaiketerangan soal proses pem-ban-

gunan TK tersebut.

"selain itu, kamijuga telahmenyita tujuh bendel dokumenmeliputi proposal, petunjuk

lelang, LPj pembangunan sertP

sertifikat lisensi konstmksi baja

ringan. Kami ingin kasus inisecepatnya ramPung, tidakberl arut-larut, " katanya.

Kasus tersebut bermula keti-' ka 1 9 Febru ari 2Ol4 lalu ataP

gedung TK Negeri PembinaPadamara arnbuk. Padahal ban-

gunan tersebut baru selesaidibangun pada 2012. Akibatkejadian tersebut, tiga ruangkelas, yakni kelas A2, 81, dan

82 serta satu unit gudang rusakparah.fidakNlasukAkal

Anggaran yang digunakandalam pembangunan TK Pem-bina Padamara RP 580 juta dan

dikerjakan secara swakeloladengan Surat Perintah MulaiKerja (SPMK) tertanggal 27Oktober 2Q11, serta waktu Pe-laksanaan mulai 28 November20ll fungga 28 Februmi 20 1 2.

Sebelumnya, DPRD Pur-balingga meyakini jika Pemban-gunan TK Pembina Padamarayang ambruk Februari tahunlalu, tidak dibangun oleh orangyang profesional.

Ketua Komisi III AchmadSabani mengatakan, jika dilih4tdari bentuk fisik bangunan dan

kualitas material yang diPakai,dengan dana hanya sebesar RP

5 80 juta dinilai tidak masuk akal'"Jika dilakukan oleh kon-

traktor, maka untuk membangunTK Paldamara yang saat ini adapaling tidak.dibutuhkan di atas

Rp 1 miliar. Jikamelihatkondisibangunan sebelum ambruk, bisadikatakan pembangunan inipembangugn sosial," katanya.(H82-63)

BAGIAN HI,\{AS SETDA KABUPATEN PLTRBALI].{GGA

KLIPINGMEDIA

BAGIN II[IIIA$ $ffDA PUIBAINOGA

SUARA MERDEKA

SELASA, 1 7 FEBRUARI 201 5

$alahGtrnafan lzir,lhraoke Ilisegel

PURBALINGGA - Satuan Polisi Pamong Praja

(Satpol PP), Senin (1 6/2) menyegel Karaoke

Bintang milikAgus Purnoto di pertigaan Jalan

Komisaris Noto Sumarsono Purbalingga,

karena pemiliktidak mengantongi izin usaha

tempat hiburan tersebut.

Kepala Satpol PP Purba-lingga Suroto, mengatakanpenutupan dan penyegelan tem-pat karaoke tersebut karenapemilik terbukti melanggarPerda Nomor 20 tahun 2012 ten-targizirr gangguan dan retibusiizin gangguan. Adapun pemilikhanya memiliki izin tempatusaha makanan rhinuman, ke-bugaran, dan tour ffavel.

"Izin itu disalahgunakan. Disini tidak ada tempat berjualanmakanan, tapi tata ruangnyauntuk karaoke. Tempat ini ile-gal, karena itu sebagai penegakperda, kami rnenutup dan me-nyegelnya, hingga pemilikmemiliki izin yang diterbitkanoleh KPMPT (Kantor Penana- '

man Modal dan PerizinanTerpadu)," katanya.

Dalam penyegelan tersebut.Sapol PP didampingi oleh

KPMPT, Polsek Purbalingga,Koramil Purbalingga, Peme-rintah Kecamatan Purbalingga,Pemerintah Kelurahan Purba-lingga Kidul, dan tokoh masya-rakat. Pelanggan di salah saturuangan karaoke. terlihat kagetketika mereka diminta keluarolehpetugas.

"Selain sebagai bentukpenegakan perda, juga mennm-pung aspirasi masyarakat yangmenolak adanya tempat karaokeini. Segel boleh dibuka, setelahizin terbit. Jika segel itu didapatirusak dan operasional karaokedilanjutkan, maka kami akanmenindaknya ke ranah hukum,"tegasnya.

Kepala KPMPT Purbaling-ga, Mukodam mengatakanpihaknya sebelumnya sudahtiga kali menegur pemilik untukmenutup usaha karaoke terse-

but, Oktober lalu. Tetapi olehpemilik, teguran itu tidak diin-dahkan dan ushha karaoke itutetap beroperasi.

"Sebenamya pemitk usahasudah mengajukan izin usah4karaoke ke KPMPT, tetapi dito.lak meskipun secara adminsi-trasi sudah lengkap," katanya.

Pertimbangan penolakanitu, karena karaoke tersebuttidak memiliki lahan parkfu yangmemadai dan tepat di pertigaanjalan. Kondisi demikian dapatmengganggu arus lalu lintas.PemilikMenolak

Lokasi tersebut juga terlaludekat dengan pusat pemerintah-an dan sekolah, sehingga meng-ganggu ketentrarnan dan ketert-iban. Selain itu, masyarakat jugamerasa keberatan denganadanya karaoke tersebut.

"Bisa diartikan, ini ditutupseterusnya karena kami me-mang tidak akan mengeluarkanizin berdasarkan pertimbangan-pertimbangan itu. Silakan bukausaha karaoke, tapi tidak di lo-kasi ini," katanya.

Sementara itu, pemilikkaraoke Agus Pumoto menolakmenandatangani berita acarapenutupan dan penyegelan tem-pat usahanya itu. Dia menye-

BAGIAN HLIMAS SETDA KABL,IPATEN PURBALINGGA

pq

DISEGELSATPOLPP : Satpol PP Purbalingga' Senilt

Tiinl *r"yegel Karaoke Biniang milikAgu;s Purnoto' di'perti'gaan" Jilan Komisaris Noto Sumarsono Purba-' lin g g"a, karenn p emilik tidnk men gantongi izin us aha t em-

p at hiburan t e r s ebut. ( 5 3 )

rahkan penandatanganan itu tan sudah pergi' Hanyabeberapa

kepada pengacaranya, yang ktryryq.di lokasi dengan raut

atin Oating pada malam hari. wajahkebingungan'

Wuf* a"rrltian, pbrugas tetap Sementera itu, Ketua RT 1

menyegel, .netki betita acuri RW 4 Kelurahan Purbalingga

tidak dltandatangani pemilik Kidul, Amin Muakhor' menga-

iluraot". eaa tuJuh *uttgun takan sejakawaltempatkaraoke

yangdisegel. tersebut beridir, warga sudah'--i!ot"t"rdiri belum bisa menolak' Batrkan warga sudah

dikon-firmasi oleh wartawan. berembuk tkan menggelar aksr,

Hal itu karena sebelum penye- agar tempat karaoke itu ditutup'

gelan selesai, yang bersangku- (H82-63)

SM,fryan Rachman

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIt]IilA$ $HIDA PIIIBAIil{OOA

SUARA MERDEKA

SELASA, 17 FEBRUARI 2015

Malam\rAbntine,BNNKGelarTes Urlne''i, Pemakai Diminta Melapor

PURBALINGGA - BadanNarkotika Nasional KabuPaten(BNNK) melakukan tes urine di

beberapa tenrpat hiburan diPurbalingga. Kegiatan ilu dilak-

sanakan pada malam Valentine

fi4n).Kedatangan rombongan

yang dipimpin Kepala BNNK,

Edy Santosa sempat menge-jutkan pengunjung. Petugasmeminta mereka menjalani tesurine.

"Dari beberapa temPathiburan itu, total da 58 orangyang kamites urine. Tes kami

lakukan ditemmt hiburan itu,"kata Edy usai kegiatan.

Dia menambahkan, dafi 58 l

or:ang yang menjalanites urine,

terdapat4 orang yang hasiltmmenunjukkan indikasi Positif.Keempat orang ini kemudiandibawa ke Kantor BNNK.

"Dari hasil pemeriksaan,

ada yang karena merqonsum-si obat-obatan, ada pula Yangsamar:samar rnengindikasikanmengandung gania. TetaPikami tidak nenemukan barang

bukti di situ," katanya.Dia mengatakan, tuiuan tes

urine yang dilakukan Pukul21.00-24.m itu, dalafi rangka

lndonesia darurat narkoba.Sehingga berbagai uPaYa

dilakukan untuk mencegahperedaran nar4<oba.

"Karena itu sasaran kamiadalah tenrpattemPat hiburan.

Terlebih malam Valentinedikhawatirkan banYak Pihakdisalahgunakan oleh muda-mudi,"tutumya.

Edy menyatakan Puasdengan operasi mendadak itu.

Sebab rencana itu tidak samPai

bocor sehinggajumlah merekayang menjalani cek urinebanyak.

"lndonesia sekarangsudah darurat narkoba. Kami

kembali mengimbau agarpemakai na*oba untuk mela-por ke kami untuk menialanirehabilitasi dan tidak diPen-jara," ujamya.

Dia mengatakan, Prosesrehahilitasi itu tidak diPungutbiaya. Jika ringan bisa men-jalani rehabilitasi di Semarang.

Jika sudah berat akan dikirimke pusat rehabilitasi BNN diLido, Bogor.(F10{3)

BAGIT\N IILI]VIAS SETDA KABLIPATEN PTTRBALTNGGA

BAGIAI{ IIUI'{A$ SIIDA

KLIPINGMEDIA

SELASA,17 FEBRUARI 2015

PURBALINGGA -Aksidukungan terhadap .KomisiPemberantasAn KoruPsi(KPK) dari segenap elemenmasyarakat Indonesia terusmengalir. Bertepatan denganputusan Praperadilan KomjenBudi Gunawan (BG), Senin(L612), Cinema Lovers Com-munity (CLC) Purbalinggamenggeiar aksi Satu PaduLawan Koruptor (Sapu Ko-ruptor) di salah satu sudut Ta-

man Kota Usman Janatin Pur-balingga.

Koordinalor aksi yang juga

DircktuCLCRntalingg4Bo-wo Irksono, mengatakan aksi

senrpa digelar secara serentali diseluruh lndonesia. Aksi yang

diinisiasi Koalisi MasyarakatSipil Antikorupsi ini, untukmenolak BG menjadi Kapolridan rnenolak pelemahan KPKlewatrevisi UUKPK.

"Dengan carakami, ini aksiyang kesekian kali sebagaiwujud dukungan terhadapKPK atas pemberantasan ko-rupsi yang jelas-jelas merugi-kanrakyat," katanya.

Aksi Sapu Koruptor yangdilakukan CLC Purbalinggadengan membawa orang-oran-gan sawah dari batang padi,replika tikus, dan sapu lidisebagai simbol untuk member-sihkankoruptor.

Dalam aksi itu, beberapapeserta duduk di antara orang-

orangan sawah, sembarimenarik tali agar timbul bunyi-bunyian agar tikus-tikus disawah pergi tidak memakanpadi milikpetani.JadiKorban

Salah satu peserta aksi,

masuk dari CLC untuk bisabersama-sama mendidik ma-syarakat, ini menyamakanpersepsi, dan pengetahuan ten-

anghukum.Anom juga meminta agar

video yang diunggah ke you-t ub e terfiang pemberantasankorupsi, yang berisi komen-tarnya diperbaiki, sebab ba-nyak perkataarmya yang dita-yangkan tidak utuh, sehingga

menimbulkan salah persepsi dimasyarakat yang menonton-nya. (!182-63)

kriminalisasi komisionerKPK, membatalkan pelan_tikan BG sebagai Kipolri,menolak pencalonan KomjenBudi Waseso sebagai caionKapolri, meminta agar pemili_han Kapolri harus melibatkanKPK, PPATK, dan publik,serta mengusut tuntas tindakpidana korupsi di p. urtalingga.

_ ,Sementara itu, fepitaP-olres Purbalingga AjunKomisaris Besar Anom Setya_dji yang menemui merei.a,mengatakan bahwa pihaknya

CLC GelarN-si SaPu KoruPtorNanki Nirmanto, mengatakantema petani tersebut diangkatsebagai materi aksi, untukmenunjukkan bahwa petaniadalah bagian dari ralryat kecilyang menjadi korban koruptor."Aksi ini sebenamya menjadisalah satu media, karena adamedia ikutannya berupa karyavideo seperti pada aksi-aksisebelumnya," ungkapnya.

Peserta aksi juga mem-bagikan selebaran yang berisituntutan Sapu Koruptor, yaitumenghentikan selunrh proses

mempersilakan CLC untukmelakukan aksi tersebut.Walau begitu dia menyayang-kan, karena aksi itu dilahkantanpa izin terlebih dahulukepada pihak benrajib.

"Silakan melakukan aksi,karena aksi menyampaikanaspirasi itu dilindungi olehundang-undang. Tetapi tentusaja harus sesuai dengan tatacara yang baikjuga, harus adaizinnya"" katanya.

Selain itu, Anom inginmerangkul semua kalangan, ter-

RAGIAN HUh,IAS SETDA KABI.JPA IEN PURBALI}iGG.A,

FR=.srE*E\:

>AES

=s-'tsNd

\Nsds.E --..BN?\o=-a\*4. !

t36^$s,$sssrlsO.+)b;SSTA.

L- t\i:!{tiNSL)S'-.%.R':SNit .\.)S r\<

rY i3YSrF:that\s

s%.. .:s

g.s<l-sqs\s{

\J riFEi tsL)Na

KTIPINGMEDIA

BAGIN IItilNA$ $SI'DA PI]ABAIilGOA

suffime ffirHffiwBtffil

SELASA,.17 FEBRUARI 2015

CEOfiltIJNA

Sebagian orang memperingati .

April Mop dengan berbohong danmembuat lelucon untuk orang lain.Tapi bagi DodiTriwibowo, hiri itu tepatsatu tahun yang lalu, mungkin akan iake.nang sebagai titik awal perjalanan'kariernya sebagai CEO perusahaan TlRintisan, X.Dev (CrossDev). Dan inisama sekali bukan lelucon.

enama lima rekannya yaituAristides Fariz,Akbar Nugraha,Fanidia Nur Utarni,Anish

Dameria Cluistina, danAnisaEka Utami,mahasiswa S 1 Sistem Komputer Undiprm membangun X-Dev yangbergerak dibidang jasa pembuatdn aplikasi.

Ide ini muncul setelah Dodi,Aristides. danAkbar berdiskusi dengansalah seorang dosen.

4_YBAGIAN HLMAS SETDA KABLTPATEN PLTRBALINGGA

4+

"Beliau bilang usaha seperti ini diSemarang belum banyak dan bisa jadi

pegangan juga ketika nanti sudah lulus.

Semangat pun makin terpacu setelah

kamiikut seminmbisnis di kampus. Lalusetelah itu kami memutuskan untukmerelcut tiga teman yang lain dan aktrir-

nyaterbentukX-Dev," ungkap lelaki asal

Purtalinggaini.X-Dev menyediakan jasa Pembuatan

aplikasi seperti webbase applicaion,deshop applicaflon, danmobile applica-

tion.P uu y angdituju adalah perusaha-

an, lembaga, atau pun perorangan yang

memang butuh aplikasi spesifik.' Tlingga kini udah ada sekitar enam

kiien yang pakai jasakami. Masih dari

lingkup kecil sih, dosen dan teman. Thpi

sekarang X-Dev juga lagi mengerjakan

proyekuntukperusatraandi Kalimantan.

Kami diminta untuk membuat beberapa

fitur aplikasi sistem informasi mereka."Dodi mengungftapkan untuk masa-

lahharga, adabeberapafaktoryang ber-

penganrh, seperti jurnlah fitur, tingkat

kompleksitas, dan waktu pengerjaan'

"sebagai contoh, aplikasi semacam situs

profil perusahaan biasanya kitapatok Rp5 jutake atas.Atau sistem informasi per-

usahaan itu bisa sekitar Rp 40 juta."

OrangTbaPenetuan harga Pun sebenamYa

sudah melalui proses diskusi dengan sang

dosen agar angka yang ditawarkan pantas

dan sesuai. Tetapi masih saja adakonsu-

men yang menawar dengan harga yang

tidakmasukakal.'\N'aktu itu kami kasih harga Rp 8

juta, eh dia nawarRp 600 ribu. Tentu

karni tolak. Nggak lama ada teman lainyang ngenalinke satu klien, dianawar Rp

1 juta, eh temyata masih orarg Yangsama. Ya, kami tolaklagi !" kenanguya

Walaupun masih perusahaan rintisan,

Dodi menjelasan X-Dev tidakbisa mem-

berikan hargamidng. "Kalaukamikasih

murah hanya karcna kami mahasiswa,

bisa jadi nanti harya pasar perangkat

lunakakanjatuhJ'Dodi mengaku kecintaanya Pada

dunia bisnis dipengaruhi oleh figurkeduaorang tuanya yang juga wirausahawan."Merekainr anutanku.Akukagum sama

pe{uanganmerekauntukbangkitlagikayak sekarang setelah sempat bangkrut

ketikalaisis moneter dulu. Merpka

suportif banget sama X-Dev. Bahkan

sempatmau dibikinin PT sendiri.Tapi

alar merasa belum sanggup dan buttth

belajarlebihbanyak."klaki kelahiran 16 Mei 193 ini Pun

menjadikan X-Dev sebagai tempatuntukmengasah sol sftrll-nya. Sebagai CEO, ia

diruntut un[k mampu memimPin Para

anggota dengan latarbelalcang danpan-

dangan yang befteda agar menjadi satu

dalam tim. Selain itu iajuga harus selalu

jeli melihatdan mengasah potensi yang

ada dalam diri tiap anggota tim, termasuk

dirinya. "Aku jadi tahu apa yang nggak

aku dapatketikakuliah. Karena adayang

bilang ketika kuliah f,rh kamu cuma

dapatkulinrya aja. Jadi, aku betharap

lewatX-Dev ini,kamiberenam bisaber-

kembang bersama," pungkasnYa. (62)

PutriSarasvati

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIII[{A$ $[IDA PIIRBAIilOGA

Jelang Akhir Masa Jahatan, Prl?.n PrTl ll'lt rerkumpulLebih dari 51814 luta

ffi*lly*Imffii

, : P,UREAfitrI{.€S*iliB,tlffi ,,,, .,,' ::;

Dana Pt"lI kali ini berhasil

mengumpulkan lebih dariRp 518,4 juta. Uang ini akanOiserantan terimakan kepada

Pengurus Palang MerahIndonesia (P[UI), naUu (tal2)di Operation Room KomplekPendopo Dipokusumo.

"Bulan dana PMI inidilaksanakan selama tigabulan yaitu mulai 1 lulihingga 30 September 2014,"jelas Ketua Bulan DanaPMI Tahun 2014 Agust!nui

1: S-tnag e; yang, 1'u 1iA,K$rn qnda fl iKodim 0702 Purbalingga.

Sebanyak 90,72 pers€nperolehan dana berasaldari kupon yang beredardi tengah masyarakat.

Dinas/Instansi VanS

List, souverir dan kotak.Secara rinci perolehandana diperoleh dari kepalakeluarga {Rp 177,7 )uta),siswa sekolah (Rp 118,5Juta), anggota TNI/Polri(Rp 5,5 Juta), anggota

1. K0ff , (Rp. 3*,j06' *lta);: *le*,,pengusaha (Rp 174,4 Juta),dan lain-lain (Rp 8,17 Juta).

Sesuai KeputusanPengurus Daerah PMI

Jawa Tengah tanggal 26Februari 2014 Nomoro t32 / BD / til iir + t"niu n g

PenEumpulan SumbanganBulasn Dana PMI Daerahjawa Tengah, dari jumlahitu telah digunakan untukkeglatan operasional PMI

senilai lebih dari Rp 51.8Juta. Edaya opera5iohalitu mencakup pencetakan

kupoh':dah : ffi ; etat:iu{iS

PURBALINGGA- DPRD mengirimkanr suratkepada Bupati Sukento Rido Marhaendrianto.Surat tersebut dilayangkan terkait akanberakhirnya masa jabatan bupati pada 27 Julimendatang. DPRD juga meminta agar bupatisegera menyampaikan Laporan KeteranganPertanggungjawaba n (LKPJ) akh ir tah un ang garandan LKPJ akhir masa jabatan. "Surat tersebutsudah kami layangkan akhir Januari lalu," kataKetua DPRD Tongat.

Dijelaskan prosedur pengiriman surat kepadabupati menjelang akhir masa jabatan tersebutmenurutnya mengacu pada Peraturan Pemerintah(PP) Nomor 3 Tahun 2007. Dalam aturan tersebutdisampaikan bahwa LKPJ akhir tahun anggarandisampaikan paling lambat tiga bulan setelah tahunanggaran berakhir, "Sedangkan LKPJ akhir masajabatan disampaikan paling lambat 30 hari setelahpemberitahuan DPRD perihal berakhirnya masajabatan kepala daerah yang bersangkutan, sesuaidengan ketentuan peraturan perundang-undangan,{'paparnya.

Tongat juga menjelaskan bahwa nantinyadalam LKPK bupati diminta menjelaskan mengenaiarah kebljakan umum pemerintahan daerah.Selain itu juga pengelolaan keuangan daerahsecara makro, termasuk pendapatan dan belanjadaerah. Kemudian juga penyelenggaraan urusandesentralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuandan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

"LKPJ yang terdiri dari LKPJ akhir tahun anggarandan LKPJ akhir masa jabatan disampaikan dalamrapat paripurna dewan," terangnya.

PembahasanSetetah LKPJ disampaikan, nantinya secara

internal DPRD akan melakukan pembahasan.Berdasarkan hasil pembahasan, DPRD akanmeneta pkan keputusa n DPRD. Keputusan tersebutdisampaikan paling lambat tiga puluh hari setelahLKPJ diterima. "Keputusan DPRD disampaikankepada bupati dalam rapat paripurna istimewa.Keputusan itu menjadi rekomendasi bagi bupatiuntuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahandaerah ke depan," tandasnya.

Tongat menegaskan bahwa sesuai jadwal, bupatiakan menyampaikan LKPJ pada rapat paripurnadewan, Jumat(2712) mendatang. Pihaknya akanmengkaji dan menganalisa LKPJ tersebut secaraobJektif, Menurutnya, LKPJ tahun 2014 memiliki nilaistrategis. "Pasalnya bupati masa jabatannya akansegera berakhir dan yang bersangkutan juga akanbersaing di Pilkada 2015," imbuhnya. (pr-06)

kantor dan administrasi,

kupon dan lrst, monitoringdan evaluasi, jerih lelahpanitia dan petugaspelaksana seda pembuatanlaporan,"pengadaan danpendistri busia n.

"Jadi setelah dikurangibiaya operasional PMI,hasil bulan dana bersihsenilai lebih dari 456,5 jutarupiatr. tni yang akan kamiserahkan hari Rabu besok,"

lumlah Rp 518,4 jutamemang baru 85,10 persen

l':i,dari,}:an9,d,it.arg$kall': Fihak,lpanitia sudah melakukan

dengan menerbitkan kupon

. ;ii . $dffi .a:i;

Rp, :liigCI.0t rfi p: 200 0;

.;,, i

,,:::RP:,25.0"Q: h,itl ggri ft P . 3 i0CI.0:.,:. l

yang dibagikan kepadapara siswa dari SD hingga

.:,,.Sfil8,,seder,?jatr, lt6Svaia ka!, :

umum, masyarakatpenerima jasa, dan lain-lain,

Setiap instansipemerinlahan termasuk

sumbangan ini. Rapatpanitia juga dilakukansecara rutin iintukmengevaluisi UerJalJnnyakegiatan !nir Parapengusaha dan karyawanswasta juga menjadi targetdari kegiatan ini. "Kamihanya mampu berusaha

,i:,.sefi a&sifi alimullg:kin1rft pi..::

kami juga menyadari bahwahasil betum sesuai harapan,

keterbatasan, kekurangan

i]iidahft tj$ak,$er,trEutHaah,t:.',,pungkasnya, 1pt-oo1

BAGIAII HUIVIAS SETDA KABLII'}ATEN PURB.{LINGGA

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIII[{A$ $[I'DA PIIIBAIJNOOA

ffiBany*;{fr*5Selasa, 17 Februari 2075

Karaol(e TekBenzln

Suroto mengatakan,penutupan dan

karaoke tersebut karena Pemilikterbukti melanggar Perda No

20 tahun 2012 tentang Izin

Gangguan dan Retibusi Izin

Gangguan. AdaPun Pemilikhanya memiliki izin temPat

usaha makanan minuman,

kebugaran, dan tour travel'"Izin itu disalahgunakan.

Seperti dilihat, di sini tidak ada

ternpat berjualan makanan, taPi

tata ruangnya untuk karaoke.

Tempat ini ilegal, karena itu

sebagai penegak Perda, kami

menutup dan menYegelnYa

hingga Pemilik memiliki izin

yang diterbitkan oleh Kantor

Penanaman Modal dan Perizinan

Terpadu (KPMPT)," katanYa.

Dalam PenYegelan tersebut,

Sapol PP didamPingi oleh KPMPI,

Polsek Purbalingga, Koramil Pur-

balingga, Pemerintah Kecamatan

Purbalingga, Pemerintah Kelura-

han Purbalingga Kidul, dan tokbh

masyarakat. Pelanggdn di salah

satu ruangan karaoke sempat

kaget ketika mereka diminta ke-

luar oleh petugas.

PURBALINGGA- Satuan Polisi PamongPraja (Satpol PP), Senin (16t21pukul 16.00

menyegel Karaoke Bintang milik AgusPurnoto yang berlokasi di pertigaan Jalan

Komisaris Noto Sumarsono, karena pemiliktidak mengantongi izin usaha tempat hiburan

tersebut.EPALA SatPol PP "Selain sebagai beniuk

penegakan pqrda, jugamenampung aspirasi masyarakat

penyegelan temPat

yang menolak adanYa tempat

karaoke lni. Boleh dibuka

seoelnya kalau izinnYa sudah

teibit.'Namun kalau didaPati

segel itu rusak dan oPerasional

kaiaoke dilanjutkan, maka kami

akan meninijaknYa ke ranah

hukum," tegasnya'

Tiqa KaliKepala KPMPT Mukodam

menoatakan, PihaknYa

sebeiumnYa sudah tiga kali

melakukan teguran kePada

oemilik untuk menutuP usaha

[araoke tersebut sejak Oktober

lalu. Namun oleh Pemilik, teguran

itu tidak diindahkan dan usaha

karaoke itu tetaP beroPerasi'

"sebenarnYa Pemilik usaha

sudah mengajukan izin usaha

karaoke te fPUPf, namun ditolak

olehnYa meskiPun secara admin-

sitrasi sudah lengkaP," katanYa'

PertimbangannYa ahtara

lain, lokasi tersebut tidak

memiliki lahan Parkir Yang

memadai karena berada tepat di

pertigaan jalan, sehingga rawan

oanq-ouan lalu lintas' Kemudian'

LtJsi terseout terlalu dekat

dengan Pusat Pemerintahandan-sekolah, sehingga dinilai

oanoquan ketenteraman

iun-t-.tuttitrun cukuP tinggi'

Selain itu, meski tidak teftulis'

*-{|;,-

BAGIAN HUM.AS SETDA I'ABUPATEN PURBALINGGA

q

SATPOL PP, Senin (16/2) pukul 16.00 menyegel Karaoke Bintang milik Agus Purnoto di pertigaanJalan Komiiaris Noto Sumarsono, karena pemilik tidak mengantongi izin usaha tempat hiburantersebut.

masyarakat juga merasakeberatan dengan adanyakaraoke tersebut. . i

"Bisa diartikan, ini ditutupseterusnya karena kami memangtidak akan mengeluarkan izinberdasarkan pedimbangan-pertimbangan itu. Silakan bukausaha karaoke, tapi tidak dilokasi ini," katanya.

Tolak Tanda TanganiSementara itu, pemilik

kar4oke Agus Purnoto menolakmenandatangani berita acara

Benutupan dan penyegelan

tempat usahanya itu, Dia

menyerahkan penandatangananitu kepada pengacaranya yang

akan datang pada malam hari.Namun demikian, petugastetap melakukan penyegelan,meski berita acara itu tidakditandatangani oleh pemilikkaraoke, Ada tujuh ruanganyang disegel.

Agus sendiri belum bisa

dikonfi rmasi oleh wartawan,Sebab belum sempat acarapenyegela,n sElesai, yang

bersangkutan sudah pergi

meninggalkan tempat usahanya.Hanyq beberapa karyawan yang

berada di lokasi dengan rautwajah kebingungan.

Sementara itu, Ketua RT 1/RW 4 Kelurahan PurbalinggaKidul Amin Muakhormengatakan, warga sudahmenolak sejak awal berdirinyatempat karaoke tersebut.Bahkan warga sudah berembukakan menggelar.aksi agartempat karaoke itu ditutup.(SMNetwork/h82-06)

KLIPINGMEDIA

-BAOIAN II[][{A$ $[IDA PI]RBAIffOOA

ffiB_anyHm*?sSelasa, 17 Februari 2015

-til,,,i.i fi

PURBALTI{GGA- Sebanyak7Q Aparatur: Sipil Negara(ASN) pemkab akanmengikuti ujian kenaikanpangkat penfeiuaian Uazah

"Sefain bertujuan untuk, mengetahui atau mengukur

tingkat kemampuan sertakompetensi yang dimilikioleh setiap ASN dalambekerja, UKPPI merupakan

: upaya pemerintah untukmemberikan kesempatanbagiASN yang memilikiijazah, baik sebelumdiangkalt maupun gesudahmenjadiASN," kata

1

Pelaksana Tugas (Plt) (epala. Badan Kepegawaian Daerah

(BKD) Kodadianto, Senin(16t21.

.. Dengan UKPPI tersebut,kata Kodadiantg, ap6bilapeserta dinyatakan lulusakan mendapatkan Sertifi kat

tersebut dapat digunakanunhJk mengajukan kenaikanpangkat penyesuain ijaTahberdasarkan ilaiah yang

dimitikrtya untuk naik

9o!ongan lebih tinggi."syarat peserta ujian di

antaranya berstatus ASN.Memunyai ijazah yang

dikeluarkan oleh pendidikanbaik negeri atau swastayang terakreditasi B darilembaga berwenang baiksebeJum, maupun sesudahmenjadi ASN. Sedangkaniincian jumlah AStl pesertaUKPPI terdiri atas t7 oranguntuk tingkat I, tingkat IIsatu orang, dan tin$kat III58 orang, sehingga jumlah

seluruhnya 76 pesefta,"terangnya:

Koda menbmbahkan,peserta akan mengikutiujian tertulis di GOR latidiriSemarang pada 25 Februari

mendbtang. Materi yang

diuJikan .untuk tingkat l,II, III, dan IV berupa ujiantertulis, Materi tes untuktingkat III dan IV ditambahdengan materi praktik/karya tulis, serti karya tulisdipresentasikan. Dah untuktingkat IV karya tulis akandiujikan melalui wawancara.

"Tes yang diujikanadalah meliputi aoalkompetensi dasar (TKD)yang terdlri tei wawasankebangsaan, intetegensiaumum, dan karateristik

dihaiapkan mengikutiUKPPI dengan sebaik-baiknya," pintany-a.

Karena selain untukmengukur kemampuanASN, selaku abdimasyarakat, hasil dari ujiantersebut diharapkan selainmeningkatkan jenjanggolongan ASN lebih tingqidari sebelumnya, juga

masyarakat dengan

sebaik-baiknyal )'Dengannaikhya golongan setingkatlebih tinggi, maka darisigi penghasilannya jugaakan semakin meningkat,walaupun tidak tidak; tapiitu merupakan prestasitersendiri, sehingga dapatmemacu ASN mengabdikepada masyarakat lebih

baik lagi," ujarnya. 1pt-oe)

BAGIAN HUMAS SETDA IId'BUPATEN PURBALTbIC,GA

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIII[{A$ $[IDA PURBAINOOA

Selasa, 17 Februari. 2015

14lbu Meninggol sool Melohirkq+PURBALINGGA- Selama 2014, jumlah

ibu yang meninggal saat melahirkan

sebanyak 14 orang' Jumtah ini menurun

dibandingkan tahun 2013 sebanyak 25

0rang."lumlah kematian ibu melahirkan ini

disebabkan 2 hal, yakni yang be.rhubungan

dengan pioses kehamilan dan di luar

proses kehamilan,'r kata Kepala Dinas

Kesehatan dr Nonot MulYono.

Penyebab Yang berhubungan dengan

proses kehamilan misalnya hipeftensi

saat hamil atau perdarahan setelah

melahirkan. Sedangkan yang tidak .

berhubungan dengan kehamilan misalnya

penyakit jantung atau tifus.

Nonot menuturkan, PihaknYa telah

melakukan uPaYa Perbaikan dengan

meningkatkan kualitas pemeriksaan ibu

hamil. Kemudian pelatihan bidan untuk '

asuhan persalinan.'!uga penanganan

kedaruratan persalinan, Penanganan

sebelum pasien dirujuk khususnya untuk

kasus hipertensi sudah lebih baik," katanya'

Penangjanan kasus hipeftensi sebelum

dirujuk ini telah menurunkan angka

risiko tinggi melainkan juga ibu hamil

normal. Sebab Yang normal Pun bisa

beralih menjadi risiko tinggi' 'Ada pula

pemantauan ibu hamil risiko tinggi oleh

dokter spesialis kandungan dan bidan

desa diajak diskusi penanganan ibu

hamil," tuturnYa,Nonot mengatakan, uPaYa itu

akan ditingkatkan lagi di tahun 2015.

Diharapkan dengan upaya itu jumlah, kematian ibu melahirkan selama tahun

ini turun dibandingkan tahun 2014.(SMNehrorUfl0-06)

kematian ibu melahirkan dari 6 orang

pada tahun 2013 menjadi hanya 1 orang

pada 2014.Nonot menambahkan, uPaYa lain Yang

dilakukan adalah peningkatan gizi ibu

hamil, meningkatkan sistem rujukan,pemeriksaan ibu hamil risiko tinggi di

puskesmas. "sekali dalain satu persalinan

dilakukan pemeriksaan terhadap mereka.

Ibu hamil risiko tinggi dikumpulkan untuk

diberi masukan," katanYa,

Ada juga kelas ibu hamil untuk saling

berbagi pengalaman, tidak hanya yang'

RAGIAN HT IMAS SETDA IIABLTPATEN PURBALINGGA

KLIPINGhMDIABAOIN III][{A$ $frI'DA PURBAIilOOA

Selasa, 17 Februari 2015

RAGIAN HL]}4AS SETDA KABUPATEN PIIRBALINGGA

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{A$ $MDA PURBAINGOA

ffiBanylmf,SSelasa, 17 Februari 2015

CLC Gelar Al$i Sapu KonrPtors: ti

,ffi;,Sy-

PURBALINGGA- Aksi dukunganterhadap Komisi Pemberantasan

Korupsi (KPK) dari segenaP elemen

masyarakat Indonesia terusmengalir. Senin (16/2) bertepatandengan putusan Praperadilan Komjen

Budi Gunawan (BG), Cinema Lovers

Community (CLC) menggelar aksi

Satu Fadu Lawan KoruPtor (SaPu

Koruptor) di salah satu sudut Taman

Kota Usman Janatin,Koordinator aksi Yang juga

Direktur CLC Purbalingga.BowoLeksono mengatakan, aksi seruPa

digelar secara serentak di seluruhIndonesia. Aksi yang diinisiasi Koalisi

Masyarakat Sipil AntikoruPsi ini

dimaksudkan sebagai Penolakanterhadap BG menjadi Kapolri selain

isu terakhir yang mulai santerberupa pelemahan KPK lewat revisiUU KPK.

"Dengan cara kami, ini aksiyang kesekian kali sebagai wujuddukungan terhadap KPK atas'pemberantasan korupsi yang jelas-jelas merugikan rakyat," katanYa.

Aksi Sapu KoruPtor Yangdilakukan CLC dengan membawa

orang-orangan sawah yang terbuatdari batang padi dan boneka tikus

dengan sapu lidi sebagai simbol

bersih-bersih koruptor. Sementara

beberapa peserta aksi duduk-dudukdiantara orang-orangan sawah

sembari menarik tali agar timbulbunyi-bunyian agar tikus-tikus di

sawah pergi tidak memakan Padimilik petani.

Salah satu peserta aksi, Nanki

Nirmanto mengatakan, mengangkattema petani dalam material aksinya

sebagai simbol bahwa Petanimewakili rakyat kecil yang menjadikorban tindakan para koruptor. "Aksi

ini sebenarnya menjadi salah satu

media, karena ada media ikutannYa

berupa karya video sePerti Padaaksi-aksi sebelumnya," ungkaPnYa.

Selain itu, peserta aksi jugamembagikan selebaran yang

isinya tuntutan SAPU KoruPtoryaitu menghentikan seluruhproses kriminalisasi komisioner '

KPK, membatalkan pelantikan

BG sebagai Kapolri, menolakpencalonan Komjen Budi Waseso.sebagai calon KaPolri, memintaagar pemilihan KaPolri harusmelibatkan KPK, PPATK, dan Publik,serta mengusut tuntas tindakpidana korupsi di Purbalingga.

Tanpa lzinSementara itu, Kepala Polres

Purbalingga Ajun Komisaris Besar

Anom Setyadji yang menemuimereka mengatakan bahwapihaknya mempersilakan CLC untukmelakukan aski tersebut, namun

demikian ia menyayangkan karena

aksi mereka tanpa izin terlebih dulu

kepada pihak yang berwajib."silakan melakukan aksi, karena

aksi menyampaikan asPirasi itudilindungi oleh undang-undang.Namun tentu saja harus sesuai

dengan tata cara yang baik juga,

harus ada izinnya," katanYa.

Selain itu, Anom ingin merangkulsemua kalangan, termasuk dari

CLC untuk bisa bersama-samamendidik masyarakat dalam hal

ini menyamakan persePsi danpengetahuan tentang hukum.Anom juga meminta agar videoyang diunggah keYoutube tentangpemberantasan koruPsi Yangberisi komentarnYa diPerbaiki,sebab banyak perkataannYa Yangditayangkan tidak utuh, sehingga

menimbulkan salah PersePsi di

masyarakat yang menontonnYa.(SMNetworUh32{6)

RAGiA}J HI.IL{AS SETDA KABLIPATEN PI RBALINGGA

KLIPINGMEDIA

BAOIA}I IIIIIIA$ $[I'DA PIIIBAIilOOA

WBBnyH.tIrRtSelasa, 17 Februari 2015

Persibangga Ditahan lmbang PelgipPURBALINGGA - Persibangga

Purbalingga bermain tanPagol dengan Persip Pekalongan,

dalam partai uji sesama timDivisi Utama, di Stadion

Goentoer Darjono, Purbalingga,

kemarin. Latih tandingitu yang kedua, sepekan

sebelumnya kedua tim bertemudi Pekalongan, tuan rumah

menang 2-0.Pertandingan kemarin

berjalan kurang menarik dalam

tempo sedang, Persibangga

menumpuk pemain di sektorbelakang, begitu mendapatbola langsung menyerang

balik. Laskar Kalong menguasaipermainan, namun tak mamPu

membongkar peftahanan tuanrumah.

Laga itu praktis sepefti satu

nj,:taig1 ' :1 i

i,il -. iX. .s &,tii:'1;,i il 1 il . d&l il.i.: :.1

ffiBEREBUT BOLA: Pemain Persibangga (kiri) dan Persip berebutbola dalam uji coba, kemarin.

tim berlatih bertahan, tim lain di pertahanan, dua kali skuad

berlatih menyerang, Meski fokus Laskar Soedirman mampu

membUat dua peluang emas,namun gagal karena lemahdalam penyelesaian akhir,

Sementara itu, meskimengurung hingga 213lapangan, nyaris tak adaserangan membahayakan daritim besutan Gatot Barnowo.Peluang emas hanya saatmendapat penalti, namun bolatembakan Gali Tri bisa diblokkiper Muazis.

Caretaker pelatihPersibangga Alip Imammengakui sengaja memasangstrategi bertahan. Pasalnya,skuadnya belum diberi materilatihan menyerang. "Yangdiberikan baru bertahan danmenyerang balik," terangnya.Selain itu, pemain jugakelelahan karena baru beruji

coba di Jepara, Sabtu (1412).

Anak-anak baru tiba Minggu

siang setelah melakukanperjalanan jauh. Pemain danpelatih bergantian menjadipengemudi.

Pelatih Persip Gatot Barnowo

mengatakan di laga itu hanYa

ingin mencoba komposisipemain. Karena itu di babakI memasang pemain laPis ILBaru di babak II coach itumemasukan Elie AiboY dan

Wahyu Tri Haryanto. Pemain

t?mpil tak terlalu bernafsu untukmenang karena kePemimPinan

wasit kurang jeli. "Untuk aPa

memaksakan menang, tetaPimalah dapat cedera, Kalau

mau memaksakan anak-anakmampu menang," ungkaPnYa.(SMNetworUbd-07)

RAGI AN Hl.rN,I-A.S SETD.q. KABTTPATEN IlLrRIl,\LINGGA

KTIPINGMEDIA

BAOIAil III][,iA$ $frIDA PIIRBAIII{OOA

SArnlttP0stSELASA PAHING,I 7 FEBRUARI 20I 5

PernkahaTA

Iegeoke Star

PIJRBALINGGA, SATELII-POST - Tim gabungan dariPemkab Purbalingga me-nyegel temPat karaoke Starvini berlokasi di Pertig,aaniala"n Komisaris Noto Su-'*u.rot,r., Purbal ingga, Se-

nin(1 6 /2). TemPat karaoke inidiseeel karena melanggarperdi dengan menYalahgu-nakan izin.

"lzin yang diberikan untuknusat (ebugaran, toko Pa-tcaian, toko makanan danminuman, dan iasa tour andfravel, bukan untuk karaokeseperti ini," kata KePala Kan-toi Penanaman Modal danPerizinan TerPadu (KPMPT)Purbalingga, Mukodam SE'

Mukoii6m mengatakan,oenveselan didahrrlui surat't"g.it;" sebanYak tiga kali'Namun. ketiga surat teguralloemkab tak d-iindahkan. Pun-laknva, pemkab melalui Sat-pol P"P .ti n KPMPT menYegeltempat hiburan tersebut'

KLpala SatPol PP Purba-Iinse'a, Suroto, mengatakan,peiiegelan dilakukan hinggaizin u-=saha karaoke diter-bitkan. Namun, izin usahakaraoke Yang sebelumnYasempat dialulian ditolak KP-MPf. "Artinva ini ditutuPuntuk seteruinYa," kata Su-

roto.Penolakan didasari iokasi

karaoke yang dinilai tak te-

pat. Selain blrada tak lauh

iuei akan disegel karerla takn#mpedtrlikan tiga kali te-gurah pemkab. ([email protected])

m fummffiffiffitr ffiww#m

ffim&mhffitu*ffiffikffisft $m$m

QQ lzin yang diberikan untuk Pusat: [eougaian, toko Pakaian,.toko

makanan dan minuman, dan jasa four

and travel, bukan untuk karaokeseperti ini' ??

MUKODAM SEKepala KPMPT

dari pusat Pemerintahan dansekolah, temPat hrburan ma-lam ini iugi tak memilikilahan paiki-r Yang memadai'"Ini atan mengganggu lalulintas, karena lokasinYa tePatdi pertigaan. Potensi gang-guin kamtibmasnya Iugaiinegi," uiar dia.

Ditambah lagi, izin gartg-suan ke masyarakat sekltari"uea belum ilikantongi Pe-*Ilik. Mu.yarakat sendirikeberatan dengan karaokeini. Amin Muakhor, ketua RT

setempat mengatakan wargahamoir menqgelar aksi demomenLntan g

"k*eberadaan hi-buran malam ini. Namun,setelah dialog, Pemilik karao-ke diberi waktu sebulan un-tuk menutuP. "Karni keberat-an karena selain suaranYamenggang€lu, Potensi gang-

",rai"tairiiUmas dan lalu

ii.,trtt''1,u iuga tinggi," ujar

tl-.\'-

dia.Sementara Pengelola ka-

raoke Star, Agus Purnoto'menolak menandatanga niberita acara PenYegelan' labersikukuh meminta tenggat'waktu tambahan sebelumdituhlp. Namun, SatPol PP

enggan diaiak kortPromi'Agir*s kemudian Ps1gl txt-nif,ssalkan temPat karaoke'PetIEas akhirnYa menYegelsetiai pintu ruang karaokedan membubuhkan stemPelpada segelnYa.

Selairi Star, luga ada satu

-nat Lar:nke laei di Me-tempat karaoke lagi di Me-tempat karaoKe lagl ol tvle-

iasein yang menYalahguna-tan izih. P-in Yang diberikansemula hanYa restoran,.na-mun berkembang meniadimun berl(emDang rnerrldqltempat karaoke. Karaoke.ini

RAGIAN HLTMAS S ETD.A. K.{}lt IP,'\TEN Pt rI{ts:\LINGtiA

--'--1 l*

i(66O)o

c)

(6(U.a(6

U)c(u

.a0-co(u

)(!YTL(L

6o-(6a)o(U

:loo_C(6<nco:o($I

{)

_c(Eo)€{)

c=fi-an

=cr)

j(s

ao-v.

GadIT

f

UJq-

2o

olEbot&F

KTIPINGMEDIA

BAOIN II[][,IA$ $[IDA PIIIBAIINOOA

SarnltrPq:;'srSELASA PAHING,I 7 FEBRUARI 2OI 5

ilamara Didug&Tak

ffi ttt'um,sttgmm* ffimfum$xmym ffimmffimffiffiffi

LINGGA, SATELIT-

Diduga materiai yang di-gunakan dalam pembangu-nan geciung'XK Padamara dibalr.,ah standar. Nain.un hasilpasti akan diketahui seteiahtim ahli selesai .melakukankajian. "Misainya besi yangsemestinya berstandar SNI,ini yang dipakai di barvahSNi,'r ujar Kasat ReskrirnPolres Purbaiingga, AKP Dlu-naidi, St'nin {17 i2).

Dengan demiklan, prena-nganan kasus ini semakin

TK Pa

POST-Penyelidikan TK Pem-bina Padamara akan rnema-suki babak baru. Pekan ini,hasil kajian tirn ahli kons-truksi bangtinan akan di-serahkan. Hasil kajian iniakan menentukan bangunandibangun sesuai standar ataujustru scbalilcnl a.

dekat pada tefsangka yangbertanggungjawab dalampembangunan gedung TK.Polres Purbalingga akanmenin6;katkan status kasusdugaan penyimpanganpembargunan TK PembinaPadamara dari penyelidikanmenjadi penyidikan begitupenetapan tersangka dila-kukan. Namun Djunaidienggan menyebutkan siapacalon tersangkanya. "Kitatunggu saja hasil pe+ye-Iidikannya," ujar dia.

Sementara DPRD Pur-baiinl,,ga berpendapat lain.Komisi III DPRD Purba-lingga melakukan pantauanke TK Padamara yang arn-bruk setahun ialu. Dari hasilpantauan ini, mereka me-nyimpuikan penyebab ro-bolnya gedung TK karena

ai Sfandar

bangunan tidak dibangundengan perhitungan yangtepat. Mereka meyakinipembangunan TK FembinaPadamara tidak dibangunoleh orang yang profesional.

"Temboknya kokoh, ma-terial rangka baja ringankuaiitasnya bagus, gentingsoka yang dipakai juga ba-gus. Kemungkinan ini di-bangun bukan oleh pro-fesional," kata Achmad Sa-'bani, Ketua Komisi III yangberlatar profesi sebagai kon-traktor.

Seperti diketahui, atapgedung TK Negeri Pada-mara ambruk pada Rabu(19/2) seitar pukul 09.30WIB. TK tersebut memilikilima ruang kelas. Sedang-kan atap yang runuh terdiridari tiga ruang kelas, ruang

penjaga, dan kamar kecil"Sementara dua ruang kelaslainnya dan satu ruang gurumasih utuh.'

Gedung TK Negeri Pem-bina Padamara Purbalinggadibangun pada 2011 danmulai digunakan untuk ke-giatan belajaY mengajar pa-da Juli 2012. Gedung itudibangun dengan dana hi-bah pemerintah pusat de-ngan swakelola oleh DinasPendidikan.

TK Pembina KecamatanPadamara dibangun di atastanah kas desa Padamaraseluas 1.600 meter persegi.Pembanguna menggunakandana'yang bersumber dariAPBN sebesar Rp 580 jutadan dari APBD KabupatenPurbalingga tahtrn anggaran2012 senilai Rp 58 juta. (gan)

Setn

ATAP gedung TK Negeri Padamara, Purbalingga yang ambruk, Rabu (191212014):o*''"*'ot'

BAGIAN HI ]MAS SETDA K.{BLTPATEN PTIRBAI-INGGA

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIt]lI{A$ $[IDA PIJRBAIil{OOA

Sermltr$:tix"x-**:*@

SELASA PAHING,l---i7-irsRuARl zotsi

CLC Kembali Serukan Save KPKPURBALINGGA,SATEI"ITPOST-CinemaLovers Commrrnity (CLC)Prrrhaiingga kcmbalr nre-nggelar ak'si simpatik men-clirkung KPK di halamanTarnan Kota Usman Janatin,Senin (15i 2). Aksi digelarpada ja;r' padat. puku106.00sa.mpai 08.00 WIB denganati'ibut orang-orangan sa-r,t,ah,

Akci ini rcensi-indang per-hatian pengguna jalan yangmelirrtas taman kota. Bah-kan, Kapoires Purbalinggaturun menemui dernons-tran. Kapolres kemudianmenegrlr koord.inator aksikarena tak ada pemberita-huan sebelumnya.

Direktur CLC Purbali-ngga, Bon,o Leksono, men-Ral,;k,rrr, aksi ini sebagaiorr,i r.r!. drrktrrrgan terhatlapKPK yang tengah rneng-

hadapi goncangan dari ber-bagai pihak. Aksi juga ditu-jukan untuk mahasiswa danelemen masyarakat sipiliain, khususnya yang fokuspada isu korupsi, namun taksedikit pun memberikandukungan. "leran irri se-benarnya yang kami ambilalih dari organisasi massadan elemen masyarakat,"kata dia.

Sebelum aksi digeiar, sem-pat ada ormas kcr:rahasis-waan yang menyatakan du-kungan. Namun, saat aksihendak digelar, mereka takjr.rga muncul. Aksi akhirnyadiikuti awak CLC.

Kapolres Purbalingga,AKBP Anom Setiadji, me-ngatakan, polisi tak mela-rang aksi unjuk rasa mas-yarakat. Menurutnva, me-ngemukakan pendapai dimuka umum merupakan

hak masyarakat yang dilin-d ungi undang-undang. "Te-tapi iuga harus diikuti etika,harus sesuai aturan," ujardia saat berkunjung ke mar-kas CLC di JI Puring.

Kunjungan ini, kata dia,sebagai ajang silaturahim.Menumtnya, kapolres seba-gai pejabat publik, wajibmenjalin hubungan baik de-n6ian semlra pihak. "Untukmenjga kamtibmas, semuapihak harus dirangkul dankomunikasi dijaga denganbaik," ujar dia.

Sebelumnya, aksi saveKPK sempat digelar seba-nl ak dua kali. Aksi pertamadan kedua dikemas dengangaya street arf. Aksi pertamasempat keperok polisi lalulintas dan diminta berhenti.Aksi kedua dikemas dengantema fiksi, yakni pocongbela KPK.(gan)

LKPJ DipaparkenBersam aAMJ Bupatioariourna der.t'an, " ka tanva' se'telah LKIJ ctisarnpaikan, rranti-nva secara internal DPRD akan meia-kukan Dembahacan. Ber.iasari.,lthasil pdmbalr.tsan, DPRD :rk;rr r:rc

netapian keput,usan LrirliD. (t'Prr

PURBALINGGA, SATELITPOST-Laporan Keterangan Pertanggung-iawaban (LKPJ) Bupati Purbalingga'akan dibarengkan dengan Akhir Masa

Jabatan (AM|) bupati. Ini karena pen-yampaian t-KPJ bertePatan denganberakhirnya masa jabatan bupati yangterhihurg enam bulan sebelum pemi-lukada dimulai.

Hai ini diungkapkan Kettra DPRDPurbalingga, Tongat SH. DPRD Pur-balinegaiuga mengirirnkan surat kep-ada Buoati Sukento Rido Marhaen-drianto'. Surat tersebtrt dilayangkanterkait akan berakhirnya masa jabatanbupati pada 27 ]uli mendatang- DPRDirria meminta agar buPati segerah6nvampaikan LKPI akhir tahunu.,egura.t dan LKPJ akhir masaiab"a[an. "Surat tersebut sr-rdah kamiiayangkan akhir Januari lalu," kataKetua-DFRD Tongat SH'

Diir'lasi<a:t pr,rsed ur pertgii'imansurat kepada liuPati menjelang akhirmasa iabatan tersebut melltrrutnyamengacu padr Peraturan l)emerirtah

(PP) Nomor 3 Tahun 2007. Daiamaturan tersebut disampaikan bahq'aLKPJ akhir tahun anggaran disam-paikan paling lambat tiga bulan se-

ielah tahun anggaran berakhir. "Se-dangkan LKP| akhir masa jabatandisa"mpaikan paling Iambat 30 harisetelah pembeiitahuan DPRD perihalberakhirnya masa iabatan kePaladaerah yang bersangkutan, sesuajdengan ketentuan Peraturan Per-undang-undangan," ti ia rnYa.

Toniat iuga-menielaskan dalamLKPK-bupali diminta menielaskanmengenai arah kebijakan umum Pe-merintahan daerah. Selain itu jttgapengelolaan keuangan daerah secarainaliro, termasuk PendaPatan danbelania daerah. Kemudian juga Penye-lenggaraan urusan desentralisasi,periy6lenggaraan tu gas pembantuandan penyelenggaraan tugas umumrrt:rnerintahan.' "LKPJ yang terdiri dari LKP] akhirtalrur anggaran <lan LKPJ akhir rnasajabatan disampaikan dalam raPat

tusair tersebirt disampaikan palinglambat tiga ptrluh lrarr sett'l.lli l.Ki'Jditerima.-"Keputusrn D!-RlJ C i,.r nr-paikan kepada birpati d,,ianr ralraiparipurna-istirncr,r'a. Keputu:arr ituhenjadi rekomendasi bagi hrriatitrntul. pcr':.rik.rn i,':'''.'lctlqsaraanpemerintahan daerrh ke dePan,"katanva.

Tongat menegaskan bahwa scsuai

iadwa'[, br-rpati akan menyampaikanLKPJ pada rapat pariPurna dewanJvmat' 127 / 2) inendatahg. Pihaknvaakan mengkaji dan menganalisa LKI'Jtersebut secara obiektif. MenurutnyaLKP] tahun 2014 memlliki nilai stra-tegis. " Pa sa.! I' v a l' r.lp,'i ti rn.r';t ;.rba l'.t n-nria akan segcra r'e; -rkliii- "larr r anSb6rsangkutan juga ;rkan bcrs tirrg..liPilkadi tahun 201 5"" ujarnya. (gan)

BAGIAN Ht r\.'{AS Slr'f DA K:\Bl-jPATEN PtIRIIALINCi(iA

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IIIIINA$ $X[DA }IIRBililGOA

eeffi&%",;ksffigB-

t

I Selasa Fahing, 17 Februari 2015

_-

E-PR m Xiriffiilra i m B u P a tiPURBALINGGA-DPRD Purbalingga mengirimkan syaft "oudu

Bupati Sukento Rido Marhaendrianto' Surat terseDut

ilffi;;-i;,".[i ^t," berakhirnya masa iabatan bupati

oada27 Iuli mendatang'""6rii d

"i" sl

-r-'"

"-' r #, a gar bupa ti-::a:'.'

. **{iTti]LT

LKPJ akhir"tahun anggaran dan LKPJ akhir masa labatan'7io*rt"rt"Uut sudah fimi layangkan akhir ]anuari lalu"' kata

Ketua DPRD T,ongat SFI, Senin (1'6/2)'""pli"frttu., pro"s"d,' pengiriman surat kepada bupati men-

ielani akhir misa jabatan tersebut menurutny,a-men*acu paqa

i;;;;;";; Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2007'';J; ui.r.uo'tersebut disampaikan LKP| akhir tahun

"";;;; Jiru*puitut paling lambat tiga bulan setelah tahun

anggaran berakhir.*'""8;J;";kan LKPI akhir masa jabatan disamPaikan paling

hmu;i 5if hari setlhh pemberitahuan DPRD perihal be'

;d;"y; *uru prutut' L"pala daerah y,ang bersangkrljan'

;,.,ui;'";g;; Li"t t,u" petit"utt p"t"ttdang-undangani' pa-

o'Hf,;", iuea menjelaskan bahwa nanbinya d'alam LKPK bu-

,u,i aifiil"tr"menjelaskan mengenai arah kebijakan umum Pe-

merintahan daerah'"'"S"dil*l"iu p""g"rolaan keuangln a1"ll! secall makro'

tb;;;k tdr,f,uputu"" dan belanja daerah' Kemudian juga

oenvelensqaraan utusan desentralisasi, penyelenggaraan tuga?

Fil#i-,#; Jr" f""y"r"nggaraan tugas umum pemerintahan'

W ST-ad

RAGIAN HIJMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

KIIPINGh{EDIABAOIN II[]IIA$ $EI'DA PI]IBAINOOA

Selasa Pahing, 17 Februari20'15

Siswa SMK Buat Fi [mKritisi Retribusi Parki rPURBALINGGA- Sedikitnya 10pelajar jurusan Multimedia dariSMK Karanggayam Kebumensedang Praktik Kerja Industri(Prakerin) di Cinema LoversCommunity (CLC) Purbalingga.Salah satu tempat menarik yangtak luput dikun jungi yaitu Alun-alun Purbalingga yang jaraknyamemang hanya beberapa rafusmeter dari markas CLC.

"Ada yang lucu, setiap kalikami ke alun-alun, membayarparkir tidak pernah ada kem-balian. Padahal di seputaranalun-alun ada beberapa plangyang menyebutkan retribusipllki. untuk sepeda motor Rp500," ungkap Parno Ridho Sf-putro, salah satu sisrva.

Dari situlah, Ridllo dan te-'man-temannya bersepakatmemfilmkan praktik penyim-pangan parkir di Purbalinggadalam bentuk iklan lavaninmasyarakat (ILM) kareia ter-nyata penyimpangan ini sudahberjalan lama di hampir semua

wmwffisffim I

lokasi parkir di Purbalingga.Pada Sabtu (14/2) dengan

fasilitasi dari CLC Purbalingga,siswa Prakerin memproduksiILM berjudul Ora jujul lan orajujur (tidak ada kembalian dantidak jujur) yang mengambillokasi di salah satu sudut Alun-Alun Purbalingga.

Iklan layanan ini berceritatentang seorang petugas resmiparkir di alun-alun yang tidakjujur dengan menjawab tidakada recehan ketika ditanyawarga yang habis parkir sepedamotor. Saat petugas parkir me-masukan uang ke dalam taspinggangnya, tiba-tiba uangrecehan jatuh ke jalanan.

*S Citizen fournalismMenurut sutradara Fahrizal

Rohman Muqirom, ia dan te-man-temannya berusaha mem-buat produk film dari penga-Iaman mereka serrdiri yang ju-ga pengalaman orang lain. "Inisesuai dengan teori yang kami

terima dari Prakerin, mem-filmkan sesuatu yang dekatdengan masyarakat," tuturnya.

Keberadaan plang tarif re-tribusi parkir di tepi jalanumum berdasarkan perda Ka-bupaten Purbalingga belumlahlama. Dipasang setelah adanyavideo citizen journalism ber-judul Purbalingga kota parkir

'yang dibuat oleh pelajar SMAKarangreja Purbalingga yangsempat menjadi nominasi diajang Anti-Corruption FilmFestival (ACFFest) 2074 laht.

Direktur CLC PurbalinggaBowo Leksono mengatakan,siswa Prakerin tidak hanya be-lajar teknik membuat iklan la-yanan masyarakat sebagai sa-lah satu produk dalarn Pra-kerin. "Tapi bagaimana mem-buat iklan yang juga mem-punyai pesan kuat bagi masya-rakat, bahwa praktikpenyim-pangan tarif parkir itu meru-gikan masyarakat dan harusdilar,r,an," tuturnya.ffi ST-skh

RAGI.AN HLTM.{S SETDA KABLIPATEN PURBALiNGG:\

rrffi;,W%ffiffi

;#i.i i4

. ,.-:

pRoDtIKSI EILM: sisroa sMK Karanggayam Kebtrmevt seclang memproduksi film lklan Layanan

tttrwiiiiUlM) di alun-alun Purbaliigga'Y''f; Foto: f oko Santoso

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IITIII{A$ $[IDA PIIIBAINOOAI}1'aWASan i Selasa pahing, i 7

:lFebruari 20.l5

ara-gara Penalti Gagal,ip Tanpa GolPersihangga-Pers

PURBALINGGA - Persibang-ga (.Purbalingga) bermain tanpagol dengan Persip (Kota Peka-longan), dalam uji coba di Sta-dion Goentoer Darjono,Purbalingga, Senin (16 / 2). Uiicoba itu yang ke dua, sepekansebelumnya kedua tim bertemudi Pekalongan, tuan rumahmenang 2-0.

Pada pertandingan kemarinberjalan dalam tempo sedang,sehingga kurang menarik. Se-cara teknik Laskar Kalong men-guasai permainan, namun takmampu membongkar perta-hanan tuan rumah. Persibang-ga sendiri menumpuk pemaindi sektor belakang, begitu men-dapat bola langsung meny-erang balik.

Laga itu praktis seperti satutim berlatih bertahan, tim lainberlatih menyerang. Meskifokus di pertahanan, dua kaliskuad Laskar Soedirman mam-

pu membuat dua peluangemas, namun gagal karenalemah dalam penyelesaianakhir.

Sementara itu, meski men-gurung hingga 2/3 lapangan,nyaris tak ada serangan mem-bahayakan dari tim besutanGatot Barnowo. Peluang emashanya saat mendapat penalti,namun bola tembakan Gali Tribisa diblok kiper Muazis.

ffi Sengaja BertahanCaretaker Pelatih Persi-

bangga, Alip Imam, mengakui,sengaja memasang strategibertahan. Pasalnya, skuadnyabelum diberi materi latihanmenyerang. "Yang diberikanbaru bertahan dan menyerangbalik," katanya.

Selain itu, pemain juga kele-lahan, karena baru beruji cobadi Jepara, Sabtu (14/2). Anak-anak baru tiba Minggu (15/2)

siang setelahmelakukanperjalanan jauh.Pemain danpelatih bergantianmenjadi penge-mudi.

Terpisah PelatihPersip Catot Barnowomengatakan, di lagaitu hanya ingin men-coba komposisi pemain.Karena itu di babak Imemasang pemain lapis II.Baru di babak II Catot mema-sukan Elie Aiboy dan WahyuTri Haryanto.

Pemain, tambahnya, tampiltak terlalu bernafsu untukmenang, karena kepemimpinanwasit kurang jeli. "Untuk apamemaksakan menang, tetapimalah dapat cedera. Kalau maumemaksakan anak-anak mam-pu menang," tegasnya. $iffi

SMNetutork-diil

RAGIAN HUMAS SETDA II{BUPATEN PTIRBAIINGGA

KLIPINGMEDIA

BAGIN II[]INA$ $[IDA PURBAIil{OGA

REPUBIIKA sENtN, l6 FEBRUARI20ls

Tiga Pendaki TersesatDitemukan Selamat

I EkJwidiyatno aari tig" pendaki tersebut dalam ke-adaan lemas dan mengalami cukuPbanyak luka lecet di bagian lengan dankaki. Sedangkan seorang di antaranya,sudah dalam kondisi eukuP Parah.

Korban yang kondisinYa cukuPparah bernama Airlangga Virgianto{zo;. Setringga saat hendak dibawa tu-run ke Pos Bambangan Yang ber-sangkutan harrs ditandu. Dua lainnya,nonafa Oict<y (20) dan Zanuar Renaldo(19) masih bisa berjaian sendiri.

"Korban yang keadaannYa sudahcukup parah semPat kita beri ban-tuan oksigen saat kita temukan. Ka-

PTIRBAIINGGA - Tiga Pendakiyang dinyatakan hilang di GunungSlamet, akhirnya ditemukan dalamkeadaan selamat. Ketiganya ditemu-kan di hutan Gunung Malang Yangmasuk wilayah Desa Serang Kecama-tan Karangreia KabuPaten Purba-Iingga.

';Ketiganya ditemukan sekitarpukul 15.30'WIB," jelas Humas PosBasarnas Cilacap, Saifu1, Ahad (15/2).

Menurut dia, saat ditemukan, dua

lauterlambatsebentarsaia,mungkin Disebutkan, ketiga pendaki di-

;;;;h;;iii;ertolong l"gi,'; k*taiyr. temukan di sekitar Gunung Malang

Oleh ttn SAR eru*rd; v""g-;;- oleh warga yang hendlk melcari kavu

bawa twun, semua korban langsung uat<ar seletah mengetahui ada pendaki

dilarikan ke puskesma, ii"r""'sr"rr] dalam kondisi cukup parah, warga itu

Dari pemerit rr"r, *"aii;;;;fu langsung melaporkan ke"kepala desa

dinilai tidak ada masalah dengan yalg kemu{lan memberikan laporan

kondisi kesehatanny":-N;;;t;;e laaitimsar gabungan vang sedang

;;;;; i;gt;rangsung di*iul< ke nsu melakukan pengarian'

i/I;igoi; S-"i,k"tdjoPrrwokerto 'Pada Ahad ini' tim dari SAR ga-- --liroru"r,

yarrgtrerrr"ma Airlangga bungan memang menf okuskan penca-

tiaa[ Jiru:ui r.Jnsup i*u;ii"EE" rian"cliwilayahGunungMalang.Yaitu,;;;fti;;iik ke RSU wl".So"o s6""- di jalur pendakian dari Pos 5, yang

kr-{.;d;;" p"ir"pu"i"g?"""yu"g kemudianbercabangmenuju jalurpos

.Sr'tLL;"t,"tatanya. penclakian dari Pulosari Kabupaten

Pemalang. Namun uPaYa Yang kamiIakukan belum membuahkan hasil,sampai kemudian ketiga- korbantersebut ditemukan warga, " katanya.

Seperti diketahui, tiga pendaki yang

merupakan mahasiswa Fakultas Geo-Iogi Iiniversitas Pernbangunan Nagrolal

6lPt'q Veteran Yogyakarta ini, melaku-kan pendakian di Gunung Slamet pada

Sabiu (?/2) 1alu. SebenarnYa, Pihakpemkab melarang aktivitas pendakianinengingat aktivitas Gunung Slametmasih status Waspada Qevel tr). Namunketig pendaki tetap nekad melakukan.pendakian. I ed: Yusuf assidiq

RAGI AN HTIMAS SETDA K ABLPATEN PT]RBAI,INC'GA