Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

of 43 /43
KTIPINGMEDIA BAGIA}{ IIUMA$ $[I'DA PIJRBAINOOA $UARA MEROEKA JUMAI 13 FEBRUAR :015 Kelompok Sadar Wisaia DeSa f edungbenda Dibentuk PURBALINGGA - Dinas Kebudayaan pariwisara pemuda dan O-lahraga @inbudparpora) Purbalingga memfasilitasi pembentukan Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon, Rabu (11/2). Pokdarwis yang disepakati dengan nama pesona Ling_ gamas itu akan mempromosikan ikon jembatan Linggamis yang menghubungkan Desa petir, Kecamatan Kalibagor, Ba_ nyumas. Kepala Desa Kedungbenda, Tosa mengaku, pembentukan P- okdarwis Pesona Linggamas sebelumnya didahului dengan diskusi dengan Bidang Pariwisata Dinbudparpora purbalingga. pihak desa mengaku tertarik dengan pengembangan desa wisita di wilayah kecamatan lain. "Saya langsung menyempatkan diri untuk melihat-lihat Desa ' Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, dan Desa Tanalum, 59:*lJun Rembang. Setelah kunjungan iru dan befiemu dengan kades di dua desa tersebut, aktrlrnya tami memantapkan unrhrk me.mbentuk kelompok sadar wisata. Kami berharip, dengan Pokdarwis ini akan mengantarkan Desa KedungUenOa men3-adi desa wisata berbasis wisata sungai dan kampung nelayan,,'kata Tosa. Tosa mengatakan, wilayah Desa Kedungbenda semula berada di bagian ujung selatart Kabupaten purbalingga. Namun, dengan sele_ sailla.pgmbangunan jembaran, seolah-olah Desa Keduigbenda malah jadi berbalik 180 derajat menjadi wajah purbalingga dari sisi selatan. Sambut Positif _ Masyarakat Banyumas yang hendak bepergian ke arah B_anjarnegala atau Wonosobo mulai banyak- yang melewati Kedungbenda Begitu juga dari arah Banjamegara yang hendak ke purwo_ kerto, mereka cenderung melewati jembatan Linggamas di Ke_ dungbenda. _ Tosa menyebutkan, pembentukan pokdarwis dan desa wisata itu, karena saat ini sudah ada dua perahu wisata. Dengan tarif Rp 5.000 untuk sekali berputar sekitar l5 menit. banyak pengunjung yang menyukainya. - , Selain itu, dari Dinas Petemakan dan perikanan (Dinakkan) juga akanmendukung lokasi tempat penjualan ikan sungai. "Kami ingin menangkap peluang ini, agarbesa Kedung_ benda mampu menjadi desa wisata pada masi mendatang,,,kaia Tosa. Kepala Dinbudparpora purbalingga Subeno menyambut positif pembentukan Pokdarwis Pesona Linggamas. Setetatr dibentuk, diharapkan membenahi sumber daya manusia (SDM) agar sadar Sapta Pesona Pariwisata. "Kami akan memfasilitasi peningkatan kualitas SDM pok= darwis me.lalui sejumlah pelatihan, seperti pelatihan pembuatan pa_ ket wisata. pelatihan pemandu wisata, pelatihan mengelola fumes_ /a;y, dan pemasaran wisata. Yang penting, sepanj ang rnisyarakat ber_ semangat, kami akan memfasilitasi dan mendukungnya,,' kata Subeno. (K35-55) BAGIAN HLIMAS SETDA LABUPATEN PURBALAIGGA

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIA}{ IIUMA$ $[I'DA PIJRBAINOOA

$UARA MEROEKA

JUMAI 13 FEBRUAR :015

Kelompok Sadar Wisaia DeSa f edungbenda DibentukPURBALINGGA - Dinas Kebudayaan pariwisara pemuda dan

O-lahraga @inbudparpora) Purbalingga memfasilitasi pembentukanKelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Desa Kedungbenda,Kecamatan Kemangkon, Rabu (11/2).

Pokdarwis yang disepakati dengan nama pesona Ling_gamas itu akan mempromosikan ikon jembatan Linggamisyang menghubungkan Desa petir, Kecamatan Kalibagor, Ba_nyumas.

Kepala Desa Kedungbenda, Tosa mengaku, pembentukanP- okdarwis Pesona Linggamas sebelumnya didahului dengan diskusidengan Bidang Pariwisata Dinbudparpora purbalingga. pihak desamengaku tertarik dengan pengembangan desa wisita di wilayahkecamatan lain.

"Saya langsung menyempatkan diri untuk melihat-lihat Desa' Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, dan Desa Tanalum,

59:*lJun Rembang. Setelah kunjungan iru dan befiemu dengankades di dua desa tersebut, aktrlrnya tami memantapkan unrhrkme.mbentuk kelompok sadar wisata. Kami berharip, denganPokdarwis ini akan mengantarkan Desa KedungUenOa men3-adidesa wisata berbasis wisata sungai dan kampung nelayan,,'kataTosa.

Tosa mengatakan, wilayah Desa Kedungbenda semula berada dibagian ujung selatart Kabupaten purbalingga. Namun, dengan sele_sailla.pgmbangunan jembaran, seolah-olah Desa Keduigbendamalah jadi berbalik 180 derajat menjadi wajah purbalingga dari sisiselatan.

Sambut Positif

_ Masyarakat Banyumas yang hendak bepergian ke arahB_anjarnegala atau Wonosobo mulai banyak- yang melewatiKedungbenda

Begitu juga dari arah Banjamegara yang hendak ke purwo_kerto, mereka cenderung melewati jembatan Linggamas di Ke_dungbenda.

_ Tosa menyebutkan, pembentukan pokdarwis dan desa wisata itu,karena saat ini sudah ada dua perahu wisata. Dengan tarif Rp 5.000untuk sekali berputar sekitar l5 menit. banyak pengunjung yangmenyukainya.

- , Selain itu, dari Dinas Petemakan dan perikanan (Dinakkan) juga

akanmendukung lokasi tempat penjualan ikan sungai."Kami ingin menangkap peluang ini, agarbesa Kedung_

benda mampu menjadi desa wisata pada masi mendatang,,,kaiaTosa.

Kepala Dinbudparpora purbalingga Subeno menyambut positifpembentukan Pokdarwis Pesona Linggamas. Setetatr dibentuk,diharapkan membenahi sumber daya manusia (SDM) agar sadarSapta Pesona Pariwisata.

"Kami akan memfasilitasi peningkatan kualitas SDM pok=darwis me.lalui sejumlah pelatihan, seperti pelatihan pembuatan pa_ket wisata. pelatihan pemandu wisata, pelatihan mengelola fumes_/a;y, dan pemasaran wisata. Yang penting, sepanj ang rnisyarakat ber_semangat, kami akan memfasilitasi dan mendukungnya,,' kataSubeno. (K35-55)

BAGIAN HLIMAS SETDA LABUPATEN PURBALAIGGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIIIIIA$ $EI'DA PUIBAIII{OOA

SUARA MERDEKA

JUMAT, 13 FEBRUARI 2015

Pernrkah Siapkan$tudr t&mdlngffi Regulasi Penambangan Batu Mulia Sebenamya; lanjut Tongat,

Purbalingga sudah memiliki reg-ulasi tentang hal itu. Namun,menurutnya, belum terperinciterkail penarnbangan batu mulia.

. "IJntuk membuat regulasitentang penambangan di sungai,

memang dilalorkan olehprovinsi.Namun saya berharap Pemkabbisa menjalin komunikasi de-ngan provinsi, untuk mengatasipenambangan bap $lai4ringyangberlebihan""katanya,. :

WakilBupaliTasdimeng usangat mendukung programekonomi kerakyatan terkaitpengembangan banr akik klaw-ing. Program yang digulirkansesuai dengan visi dan misiBupati Purbalingga tahun 2010 fl2015, pilar pengembangan eko-nomikerakyahn.

. Wabupberpesankepadama-syarakat, terutama para pelakudan perajin batu akik, untukbersama menjaga kelestarianal am, sehingga kemanfaatarmyadapat dikembangkan, namunkelestarian alamnya juga harusrctap rerjaga.SI0-55)

PURBALINGGA- Bupati Purbalingga Sukento

Rido Marhaendrianto mengungkapkan,

Pemkab akan secepatnya membuat regulasi

terkait penambangan dan distribusi batu

mulia dari Sungai Klawing

Dalam waklu dekat ini,pihaknya akan studi banding keAceh. Sebab, Aceh merniliki reg-ulasl terkait hal itu sehinggaPurbalingga perlu mencontohregulasi di Aceh. agar potensibatu Sungai Klawing bisa tu-rjagu.

Selain itu, harga batu,muliaSungai Klawing juga bisa lebihtinggi, sepeni di Acelr.

"Kalau sekadar rnembuatregulasi mungkin kita bisa mintakopinya lewat email. Namun kitrajuga perlu mengetahui penerapa-

nya di lapangan seperti apa,sehingga harus datang ke sana,"ujar Bupati.

Bupati mengungkapkan,pihtrknya mepgiriinkar proposal

ke Pemerintah Pusat, untukmeminta bantuan dalam meng-kaji seluruh potensi batu mulaiSungai Klawing di KabupatenPurbalingga.iVlembuat Regulasi

Ketua DPRD PurbalinggaTongat menrinta Pernkab Pur-balingga segera membuat regu-lasi, terkait penambangan batumulai dari Sungai Klawing yangakurdijadikan baru aHk.

"Sebab, jika dibiarkan tanparegulasi yang baik, dikhawatir-kan potensi batu mulia di SungaiKlawing akan ditarnbang tanpakontrol, yang berakibat hilang-nya potensi banr akik tersebut,"krtanya.

BAGIAN HUN,{.A.S SETDA IiABL]?ATEN PURBALINGGA

Page 3: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III][{A$ $ffDA PIIIBAIil{OOA

SUARA MERDEKA

JUMAI 13 FEBRUARI 2A15,

Susah MerehabilitasiPemakai lr{arkoba

PURBALINGGA - Seba-gian besar masyarakat masihmenganggap pemakai narkobairu aib keuarga yang halus dinr-tupi. Hal ini justru rnenyulitkanupayapenyembuhanuya.

"Pemakai narkoba di JawaTengah pada 2014 sebanyak493.533 orang. Namun yangdilaporkan ke panti rehabilitasihanya 198 orang," ujar KepalaBadan Narkotika Nasional Ka-bupaten t BNNK I PurbalinggaEdy Santosa.

Dia rnengemukakanhal itu disela-sela seminar pemberdayaanmasyarakat yang diadakanBNNK di aula Kelurahan Kali-kabong. Kamis tl72t- Kegiaranitu dalarn rarrgka antisipasiIndonesia dan rat nmkoba.

Ecly menyebutkan, taliun iniPemerintah Pusat menargetkanrehabilitasi I 00.000 pemakai nar-koba. Dengan junrlah pemakai5,6 juta orang, membutuhkanwaktu 56 tahun iurtuk merehabil-itasi semua. "Tiehun depan targetdinaikkan menjadi 400.000pemakai yang akan direhabilitasi,sehingga membutuhlizn waktuI5 tahun.'' ujardiad.dam semiraritu.

Namun, kendala di lapangantidak mudah rnencari pemakainarkoba untuk direhabilitasi.

Sebab, orang tua pemakai narko-ba masih menganggap merekasebagai aibkeluarga.Gratis

"Pemakai narkoba malahdisembunyikan. Jangan sampaiorang lain tahu. Kami di Purta-lingga mencari 10 pemakai nar-koba saja untuk direhabilitasisusahbukanmain

Karena itu, kly mengimbaumasyarakat yang memilikianggota keluarga pecandu nar-koba untuk melaporkan keBNNK Purbalingga di jalanlir,gkar selakn depan PemadamKebakaran.

' Masyarakat di furtalinggaBanyurnas, Banjamegara yangingin anggota keluarganya sem-buh agar menghubungi kami.Seluruh proses rehabilitasipemakai narkoba adalah gratis,"tegas$ya.

Dia menyebutkan, pencega-han dan pemberaritasan peredar-an gelap narkoba membutuhkanperan seluruh elemen ma-syarakat. BNN tidak bisa berdirisendiri untuk melakukannya.

"Hal itu sesuai dengan InpresNomor i2 Tahun 201i tentangpencegahan dan pemberantasannarkoba. Karena itu, kami men-gajak masy'arakat aktif rnelaksa-nakannya," imbuhnya. 1F 1G57)

il--:.- ''

BAGIAN HLIN,IAS SETDA K.A.BL]PATEN PUIIBALI^NIGGA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

Prji:rr.?i.e

'd

I

tliti :

.il.

SAMPAIKA,NT PATANA+T : KCPAIA BNI:IK Ediiiny o,np otkn n p ap aran up ay a p emb e r antas an nalrn b 7dalam i emina.r p emb e iday aan ma sy ar akat' Kami s

(122). (57)

Baznas DitingkatkanPURBALINGGA - Semua

target Penyaluran zakat infak

""d'efan di Baznas akan diting-

katkan pada tahun ini dibanding-

kan tahun sebelumnYa.'Taroet sasaran Program ren-

ovasi rlmah tidak laYak huni

tahun ini 1 80 dengan indeks ban-

tuan RP 2,5 iuta," ujar PengurusBaznas Purbalingga Herwanto'

.

Pada tahun lalu, lembaga int

merenovasi 178 rumah dengan

indeks bantuan RP 2 juta setiaP

rumah. Target baniuan Pen-diOit<an siswa tahun ini RP 66 iutauntuk 100 siswatak mamPu"

"Penvaluran tahun lalu RP

zl.ZqSlOO untuk 52 siswa jen-

iano TK-SMA-Perguruan tinggi'

erituan diberikan setahunsekali," uiamYa'--

sinfuanOuafa ditarget untuk

100 orang sebesar RP 40 juta'

oanti asuh-an 11 Panti sebesarRP

bs ir-., rx.i""PattanggaP (ACT)

sebanYak 150 rumah dengan

6intua'n Yang ciisiaPkan RP 1 27'5

iuta.' "Bantuan ACT ini diberikan

keoada korban musibah ben-

cana alam, kebakaran' Penderesvino iatuh dariPohon'Tahun lalu

hcf lioerixan xePada 142orang

sebesar RP 73 juta," PaPamYa'Zakat Produktif

Henrrranto mengungkaPkan,taroet untut<.zakat produktif Rp 97;ruti

untuk 120 orang. Pemberian

tantuan untuk ustadz, imam

masiid, dai selama Ramadan RP

173iuta.'Tahun lalu kami mener-

ima'zakat infak sedekah RP

i.ezo.gt o.sss' Dan, jumlah itu

vano Paling besar adalah zakat

ho i.zzz.ssa.639. semua dis-

aiurfan FtP 1'233'200'302'"papamya.' '

Herwanto menYadari, bantu-

an yang diberikan selama2014itu'malin kecil. Belum bisa

memenuhi haraPan masYaral<at'

Namun, untuk saat ini PihaknYa

baru bisa memberikan bantuan

.unetut itu. "Karena itu kami

berfraraP, Pada tahun ini makin

banvak orang Yang menyer-afrkin zaf<at, infat<, dan sedekah

[e traznas," imbuhnYa' (F1 0-57)

Page 5: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIIJINA$ $UIDA PURBAINOOA

SUARA MERDEKA

JUMAT, 1 3 FEBRUARI 201 5

a'ngin Ribut, DaPur Rumah

WargaRobohKARANGMONCOL-Da- warga RT 2 RW 11 Desa Tun-

jungmuli, Kecamatan Karang-moncol roboh akibat diterjangangin kencang disertai huj an lebatpurrurnah milik Muhyidin (45),

puau iurrit 1ttlZl Oini trari'Berunnrng tak ada korban jiwapada kej adian tersebut.

"Kejadian sekitar Pukulsetengah dua dini hari. Saat ituhujan lebat angin kencang. Karni

sedang tidur, tiba-tiba terdengar

suara brakkkk ... dari belakangrumah. Ternyata daPur sudahroboh," ujar pemilik rumah.

Adapun dapur yang robohtersebut berukuran 4 x 6 meterberupa bang;unan semiPetmanen'

Dindingrya kayu. Lima Penghu-ni rurnah selamat, taPi kerugianmateri ditaksir Rp 15 jua.TakBisaDiprediksi

Kepala Polsek Karangmoncol

Ajrm Komisaris Siswanto menge-

mukakan, pilralsnya sudah berlro-

ordinasi dengan Pemerintah Desa

Tunjungmuli dan Pihak-Pihakterkait serta merninta warga agar

tetap waspada tertradaP kemung-

kinan adanya bencana seruPa

tSaaiini curah huj;m rnasih

tinggi. Kemungkinan angin ributjuga masih bisa te{adi. Karena

itu, karni minta warga tetap was-

pad4"ungkapnya.Kepala Seksi Kedaruratan

dan Logistik Badan Penanggu-

langan Bencana Daerah GPBD)Purbaiingga Muhsoni menge-

mukakan, pihaknYa segera

mengecek ke lokasi tersebutuntuk mengetahui tingkatkerusakan yang dialami warga-

Dia mengungkaPkan, hamPir

sernua wilayalr di KabuPafen Pur-

balingga rawan bencana angin ri-

but Sebab, pergerakan angin tidak

bisa diprediksi di titik mana $a""Semua wilayah bisa saja

terkena tergantung Pada kondisi

di titik itu. Tidak bisa selalu di titikkecamatan atau desa tertentu.Kami tidak menakuti, taPi agar

masyarakat saat ini tetap waspa-

da"papamla, (H82-57)

-Jl--,*\./"

RAGIAN HUMAS SETDA LABLIPATEN PLIRBALINGG:\

Page 6: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

DAPUR ROBOH : Dapur rumah mitik Muhyidin (45), warta RT 2 RW I l, DesaTuni wngmuli, Kecamntan Karangmoncol roboh akibat diterj ang a. ryin l<encang dis ertaihwjanlebatpadn Kamis (11/2) dinihari. (57)

Page 7: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KALINIANAH - Limapuluh tiga kendaraan yang terbuk-ti melanggar aturan lalu lintaslangsung mendapat tindakantegas dan sidang di tempat. Mere-ka te{aring dalam sebuah operasigabungan yang digelar di per-batasan Purbalingga-Bariyumas,tepaftya di depan Pos PolisiJompo, Kecamatan Kalimanah.

- KegiaanErsebutmelibatkanbertagai unsut yaitu Satuan tr,aluLintas (Saflanas) Polres Purba-lingg4 Patoli Jalan Raya @JR)Bahrraden Polda Jateng, SatuanReserse (Sates) Narkoba polresPubalingga Dinas PerhubunganKomunikasi dan Informatika(Dinhubkominfo) Purbalingga,Kejaksaan Negeri (Kejari) purta-lingga, dan Pengadilan Negeri@N)Purbalingga.

Kepala Satlantas Polres pur-balingga Ajun Komisaris Sudar-

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIIINA$ ffiTDA PIIRBAIil{OOA

SUANA MERDEKA

JUMAT,13 FEBRUARI 2015

OpCrasiGahungansono mengemukakan, Aaam rc- lirtu, utiUut Lelebihan muatan

. giatan ini, semuapelanggar lang- etaupun penyaratan teknik yang

ryngmengkutisidangditernpat. ridak sesuai dengan sra;da;Sedikifrrya50personel gabungan Kegiatan operasi gabungan initerlibat dalam kegiatan yang merupakan langtifr peilapanberlangsungselamaduajamitu. Operasi Sirnpaiik yang bakal

Tidak saja kendaraan angku- bergulirmulaipekandepan.h! u,*u*, tapr juga kendaraan Sementara itu, Kepala Din_pelathitamataukendaraanpribadi hubkominfo purbalingga Jona_dihentikaq dan diperilrsa keleng- flran Eko Nugroho men$urgkapkapannya, termasuk kendaraan karr, kegiatan operasi g-aUu;lganroda dua. Semua kendaraan ini rutin bersama lintal sektorai.pg$yr barang digiring masuk Di samping menekan angkanke Subterminal Jompo untuk kecelakaan ialu lintas, jugi ardiperiksabatasmuatan/angkutan. kendaraan angkutan ieiutailaPersiapan Simpatik barang fldak .rot"Uif,i kapasitas

-'Tynluh pelanggarannya fi_-A€ffiamataupunbebanjalan.kasusdenganperincian32dikenf Sernuakendaraanangkutansurat bukti pelanggaran (tilang) barang yang melalui wilayaholeh polisi dan 2l oleh Dinhub. p,rbaringga tidak merebihi bitasSebanyak 23 sudah disidang dan kemampuan kendaraan ataupunduabelunl"katanya. jalan. Dengan demikian, jalan

Tirjitan dari kegiatan ini untuk akan rnarnpu bertahan lama-tidakmenekan angka kecelakaan lalu mudahrusak. ({g2-57)

OPERASI GABUNGAN : Kendarao* yrr:;':;;;;::#:.dihentikan polisi saat operasi gabungan di"ilepan posPolisi Jompo, Kecanuttan Kalirnanah, Kamis ( ti/2). (57)

BAGI AN HUM:\S SUf DA KABUP.{TEN PLTRBAI,INGCi.\

Page 8: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IIA$ $[IDA PI]RBAIffOGA

SUARAMERDEKA

JUMAI 13 FEBRUARI 2015

KadesPadamaru

PADAMARA - Ratusan warga Desa Padamara Pada pukul ZZ.ZO vargiKarangjambe berkumpul dirumah Mulyati dan memintaagar Karsan keluar untuk diadilioleh warga, Akhirnya untukmenghindari hal-hal yzmg tidakdiinginkan atau amuk massa,Karsan kemudian diamankan kePolsek Padamara.

Hingga berita ini dituliskan,warga masih berkumpul diKecamatan Padamara. Merekaberaudiensi dengan IVfuspika.Ratusan aparat keamanan dariunsur Polri. TM, dan Satpol PPmelakukan penjagaan di lokasitersebut.

Sementara itu, Kad.es Pada-mara Karsan Parto Suwitobelum bisa dimintai konfirmasikarena tidak dihadirkan di Keca-matan Padamata. Saat SuaraM e nJeka mencoba rnendatangiPolsek Padamma, dia tidak bera-dadi tempatitu. (H82-57)'

mendatangi kantor Kecamatan Padamara,

Kamis (1212)sore. Mereka menuntut agar

Kades Karsan Parto Suwito mundur darijabatannya karena diduga melakukan tindakan

asusila.

Pada pagi hari, wargajugamendatangi balai desa. I\utrereka

melakukan aksi dengan menem-pelkan pos{er yang,bertuliskantuntuta0rryalga t&rSebut,

'Masyarakat merasa malumemiiiki seorang pernimpinyang melakukan tindakan asusi-la. Karena itu, kami memintakepada Bupati Purbalinggauntuk memberi hukuman sesuaidengan pgrundang-undanganderigan, memberhentikanKades," tqndas koordiantor aksi

WahyuSugiarto.- Dariketeranganyangdihim-

pun, dugaan tindakan asusilayang dilakukan oleh Kadestersebut diketahui pertarna kalioleh warga Desa Karangjarnbe,Kecamatan Fadamara.DiamankandiPolsek

Pada Rabu (11/2) sekitarpukul 22.30, Kmsan diankr olehsalah seorang perangkat desapergi ke rumah Mulyati yangnotabene jand4 warga RI 3 RW2, Desa Karangjambe.

BAGIAN HUMAS SETDA I'ABUPATEN PURBALINGGA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

*

Page 10: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

4,EcG

E

=b

R3s)

-q

\c.n

4.j

N<

".ip

&!

tjl.)q,

vs.

s!_rc

OO

€c0

p:t

*s!

tl-

aO^

Ni>

F{\l

FI)vrN11

F{A\

.";:;F,&;it

.d*- ".,

.ffi + r'",&

-*t:

t#ii

.;rtl;, t

Page 11: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IITII{AS $[IDA PI]RBAIil{OOA

,,KEDAULATAN RAKYAtr"

JUMAT pON 13 FEBRUART 2015 (I3BAKDAMULUD 1948)

Perlu Pasar MusGffiBa=-tuKlawirPURBALINC,GA(KR) - Kalaagan pe-

rajin, batu akik meminta pemerintahIGbupaten (Pemkab) Purbalingga menye_diakan pasar batu akik agar pemasar_6nnya dapat terpusat di satu tempat.

"Untuk mendongkrak pemasaran, se_baiknya ada pasar batu untuk komuni-tas. Soal tempat terserah pemkab," kataBay"u, perajin batu akik kepada warta_wan, Rabu (1V2).

Pemilik shoru room batu akik Klawingdi Desa Kembangan Kecamatan BukatejaPurbalingga itu juga mengusulkan agarpasar batu dilengkapi museum batuKlawing. Keberadaan museum akan lebihmenarik perhatian pecinta batu, sehinggamereka akan berkunjung sekaligus men_

jadi pembeli batu akik Klawing.Balrr merupakan pengusaha dan pera_

jin batu Klawing yang menjadi salah saturujukan bagi para perajin baru di wilayahPurbalingga. Bahkan tidak sedikit pera_jin batu dari Purwokerto dan Baqjarne,garuyanghulaka,n bahan batu Klawing dibengkelnya.

Ketua Paguyuban Pecinta dan pelestariBatu Akik Klawing, Cahyono, antusiasmendukung rencana pengadaan sentrapenjualan batu Klawing. Sentra itu urrtul<memberikan pasar bagi para perajin batuakik yang kini bermunculan dimana_mana. "Sekarang ju:nlaturya melonjak ta_jam. Dari awalnya hanya tiga ratusan pe_rajin, sekarang sudah mencapai ribuan,,,

ujar Cahyono"Kamidari paguyuban juga berupaya

menangkap peluang pemasaran di ting-kat nasional, dengan adanya tawaran pe_ngelola pasar Permai Koja, Jakarta Uta-ra. Sudah ada 38 perajin yang siap meng-isi dari 40 kios yang ditawarkan dan ren-cananya akan launching mulai 1g Fe_bruari mendatang," ujarnya.

Jojo melanjutkan, Jakarta Klawing'Centre yang berada di Pasar permai BlokB Lantai 3 Koja, Jakarta Utara, merupa-kan terobosan pemasaran oleh paguyu-ban. Upaya tersebut mendapat dukunganpenuh Bupati Sukento dan dinas terkaitseperbi Dinperindagkop dan Bappeda.

(Rus)-a

B,{GIAN HLMAS SETDA KABLP,{TEN PLBBALINGGA

Page 12: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIU}I{A$ $[I'DA PUIBAINOOA

Jumat Pon, 'r3 Februari2015 I wawas&nt

&ffimffike$hoSeffi3f;tuduhKadss ffi}frtuxffi&wffi

MutrBdurPURBALINGGA- Warga Desa PadamatatKecamatan Padamara, Kamis (12/2) melakukanaksi menduduki kantor balai desa setempat.

Aksi itu dilakukan untuk menuntut agar KepalaDesa (Kades) Karsan Parto Suwito mundurdari jabatannya.

l'asalnya, yang bersang- menempeli kantor balai desa

kutan dituduh telah melakukan dengan tulisan yang isinya me-perbuatan tidak senonoh de- minta kades mundur.ngan selingkuhdanbermalam "Kamiberhasilmenangkap!.dlrumah s6orang wanita yang ngankadessaatsedangberadadibukan istrinya.

- Warga juga rumah seorang wanita di. Desa

Karangjambe pada Rabu (11l2)malam. Kami laiu meiaporkan-nya kepadapetugas diPolsek Fa-damara. Atas perbuatannYa ter-sebut kami minta agar kades di-copot dari jabatannya," kata Per-wakilan warga, Wahyr Budiarto'

Pihaknya juga menyamPai-kan laporan tertulis kePada bu-pati,ketua DPRD dan Pihakkepolisian. Wahyu mengatakanpada Rabu (11l2) malam kadesdatang ke rumah wanita terse-but sekitar pukul 22.30 dengan

dffit trrrh satu Perdn6Kdtdesa. MenurutnYa kades terse-

but memang selama ini dite-nearai menialin hubungankfir.rtr'rt dengan warga RT 03

RW 02 DesJKarangjambe Ke-

camatan Padamara berinisiaiM. "Wanita tersebut memangberstatus janda," ungkaPnYa'

lfu* Dibawa ke PotsekMensetahui Perbuatan sang

kades, ivarga lilu mendatanginrmah warllta tersebut. Mereka

lalu meminta agar kades keluar'

SelanjutnYa kades lalu dibawa ke

Mapolsek Padamara dan dimintamemperta n ggun giawabkan Per-buatannva.

;kami lalu datang ke

balai desa Pagi harinYa dan.me.

minta agai kades segera diber-

hentikan,' laniutnYa'

Camat Padamara Panal SSos

dan Kapolres Purbalingga AKBPAnom Setiajdi lalu melakukandialog dengan warga yang me-nuntut kades mundur. Kapolresmeminta agar warga tetaP me-ngedepankan asas praduga takbersalah. Jika memang ditengaraiada pelanggaran hukum, makapolisi akan melakukan penyeli-dikan. "jangan main hakim sen-diri," ujarnya.

Pandi menambahkan me-ngenai sanksi yang akan dibe-rikan kepada kades tersebut,menurutnva menunggu Proseshukum yang berjalan. Jika me-mang terbukti menyalahia[uran maka akan ada sangsisesuai dengan afuran yang ber-Iaku. sE ST-li

B.A.GIAN HI-WIAS SETDA KABLIPATEN PURBALINGG..\

Page 13: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

#Er:

ii$.1ls,i.rd I

Wffiffi ,tla'*s*,1'',;{ '@ffi@i:Gr:tffiDIIEMPELIrtu'tsAN :KantorBataioesapaaamiiif ,*:fy:'::.:'*:y:::.P::!rtllit!!;#i.i,f;lr:)"ri;#;;7;;rifiiffi),;i;'ii*nto xoau *riiii aliii iabatannya. Pasatnya peiabat desa tersebut dit

duh telah melakui<nn perbiatan tidak senonoh' Foto : loko Santoso-rl

T#fist{i{*f{

Kgpe# #H$efqq$'#'ry

=l;:s#:-;;;ffi;;;lli

Page 14: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIA}{ IIUll{A$rd.

},&r&&&'ffimmgx

$EI'DA PIIIBAIil{OOA1

I Jumat Pon, 13 Februari 2015

ffifumrmemreum fu*&mBm

ffi&Kffi

ffiffiPURBALINGGA- Dinas Pendidikan (Dindik)Kabupaten Purbalingga belum bisa menggunakananggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus(DAK) Pendidikan Tahun 2013-2074. Padahal danatersebut sedianya untuk pengadaan peralatanlaboratorium sekolah. Namun karena terkendala aturanlelang, maka dana itu tak kunjung dicairkan.

Demikian dikatakan oleh Tri Gunawan menegaskan, llas. Melainkan adanya petun-Kepala Dinas Pendidikan (Ka kondisi itu terjadi bukan kare- juk teknis dari KementerianDindik) Purbalingga, Tri Guna- na kegiatan itu tidak laku dile- yang menyebabkan Unit Laya-wanSetiadiMH,Kamis (72/2). lang ataupun kesengajaan di nan Pengaclaan (ULP) atau

ffi&mffikffiffi ffiffi&

ffir

tempat lelang online tidak ber-sedia melelang.

"Imbasnya, dindik hanyabisa menerima keadaan ini de-ngan tetap mendasarkan padajuknis yang ada. Pihaknya ti-dak mau melanggar aturan ma-in itu. Karena sebenarnya se-mua sudah ada batasannya dandari pusat memang harus se-perti itu,"ungkapnya.

Tri Gunawan mengakui, be-lum terlaksananya lelang itumengakibatkan minimnya pe-raiatan laboratorium di sekolahbersangkutan. Sekolal'r atau gu-ru terpaksa harus mengguna-kan peralatan yang lama, secara bergantian.

"Jadi kegiatan laboratoriumtetap jalan. Toh tidak mungkinpada saat bersamaan semuaperalatan itu digunakan semua.Tentunya bergantian karenafungsinya berbeda," rincinva.

Meski begitu, pihaknya sa-ngat ingin kondisi ini tidak ter-jadi lagi hanya karena tidakbisa masuk lelang. Pihaknyaberencana bersurat ke pusatuntuk meminta solusi dari per-soalan ini.

ilii Studi BandingKetua Komisi III DPRD Pur-

balingga, Achmad Sa'bani telahmemanggil dinas pendidikanke dewan. Ia tidak menya-

lahkan siapapun karena ma-sing- masing institusi meme-gang aturan namun belumklop" Di sisi lain jika masihkaku-kakuan terus pada aturanitu, kondisi yang sama akanterulang di tahun ini.

"Kami mengajak dilrdikmencari referensi atau studibanding ke tingkat pusat men-cari solusi persoalan ini. Jaditidak ada yang dikorbar-Lkandan dana segera bermanfaatserta tepat sasaran. Kasihan se-kolair yang sudah membutuh-kan, namun belum menerima,"ungkapnya.;*l

ST-skh

BAGIAN HUM;\S SETDA K,{BIIPATEN PLTRB.A.LINGGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAflll{ HIIIilA$ ffilDA HIlBAIiltti0A

BACIAN HIIMAS SETDA KABLIPATEN PIJRBALINGGA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN III[{A$ $[IDA PIIRBAIilGGAi

Wm$e'&SffiX? i :rr"t Pon, 13 Februari2ol5

BPR Purbalingga TetapFokus Kredit UMKMPURBALINGGA- PD BPR/BKK Kabupaten Purbalingga di 2015akan tetap fokus pada pemberian kredit bagi usaha mikro kecildan menengah (UMKM). Tahun 2014 jumlah dana kredit yangjumlahnya mencapai Rp 272.803.700.000, sebanyak 67%-nya ter-serap kalangan UMKM.

"Kami menargetkan hingga 2017 serapan kredit bagi UMKMmencapai 707a dari total dana kredit yang kami sediakan," kataDirektur Utama (Dirut) BPR BKK Purbalingga, Supriyono, Kamis(1,2121.

Dia menyampaikan bahwa pemberian kredit merupakan bagiandefi upaya peqlbsrday4an UMKM. Dipaparftan juga, di tahun2014, pihaknya mampu menghim-pun dana masyarakat sebesarRp 266.273.082.000. Dari tahun ke tahun jumlah dana masyarakatyang berhasil dihimpun menga-lami peningkatan. Hal ini me-nunjukkan tingkat kepercayaan nasabah dan masyarakat kepadaPD BPR BKK semakin baik. "Kami berterima kasih atas keper-cayaan tersebut," tuturnya.

Terkait hal itu pada Sabtu (21. /2) mendatang, pihaknya akanmelakukan penyaringan hadiah untuk nasabah. K-egiatan digelardi_ Gedung Pertemuan Bale Apoeng, Kecamatan Bojongiari.Pihaknya menyediakan'sejumlah hadiah, di antaranyi friaianutama berupa satu unit mobil Isuzu T i20 SS serta safu buah motorroda tiga. Hadiah lainnya masing-masing 15 unit sepeda motor, 12unit lemari es serta tabungan. W ST-Ct

53 Pelanggar Terjaring0perasi GabunganPURBALINGGA- Sebanyak 53 kendaraan terjaring dalam sebuahoperasi gabungan yang digelar di depan Pos Polisi |ompo Ke-camatan Kalimanah. Operasi gabungan melibatkan jajaran sa-tuan lalu lintas (Satlantas), PJR, Satnarkoba, BNN, Dnhubko-minfo, serta Kejaksaan dan Pengadilan Negeri:

Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Sudarsono mengatakan,dalam kegiatan ini, semua pelanggar langsung mengikuli sidangditempat. Sedikitnya 50 personil gabungan dari Satlantas, PJ&Satnarkoba, BNN, Kejaksaan, Pengadilan dan Dinhubkominfttterlibat dalam kegiatan yang digelar selama dua jam.

"Dalam kegiatan ini tidak saja kendaraan angkutan umum,namun juga kendaraan plat hitam atau kendaraan pribadi dihen-tikan dan diperiksa kelengkapannya, termasuk kendaraan rodadua," ungkapnya. *E S7-7i

BAGI.AN HUM.{S SETDA K.ABLTPATEN PL]RRAI,INGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IItlIilA$ SIIDA PIIRBAIil{OOA

SarBltrF,rS,s-e

. ^JVMAT PON,I 3 FEBRUARI 20 I 5

zaman sekarang yang memiliki idenfitas tas atau sepatubranded.

Coba tengok sekeliling Anda, maka banyak ditemukanpria-pria yang melingkaiijaxinya dengan cincin akik, baikmuda atau paruh baya. Bisa satu, dua, atau lima. Ataujika malas melihat ke kanan atau kiri, maka bukalahFacebook atau beranda di BBM, maka akan terlihat riuhrendah orang yang memajang gambar batu akik.

Fenomena ini sebenarnya sudah mulai terlihat seiaktahun 2014. Kaia itu, telah inlurcul bibit-hibit obrolan s'oalbatu akik. Yang awalnya hanya berawal dari perbin-cangan ringan, lantas menyebar, menularkan 'demam'batu akik pada barqrak kalangan. Meruntuhkan para-digma, batu akik identik dqngan 'perhiasan'pria tua.

Jika dulunya.penjual batu akik dikerubungi pria-priatua yang berumur danberkumis, kini deretan anak mudai*ga tampak mengantre, mengasah bakal calon batu akik.|ika dulunya, batu akik hanya dibicarakan di gardu rond a,sekarang muncul di kantin kampus atau kafe, termasukkegiatan saling tukar-menukar, lihat-meiihat batu akikmilik lalvan bicara. |ika dulu, nyaris tak ada pameranbatu, kini hampir tiap bulan atau pekan, helatan inidiadakan.

Batu Akik

NYA.RI$taka{a9r_alSfalgtakmem- W#" .,**1,

P'-r:!r:b,::1t: B:y.:!Ii",T9r % *qbahan obrolan semua kalangan,Menja-di gema di gedung-gedung tinggi,cl1 gema fl gedung-gedung fi1891/tempat parkir, pusa t perbelanjaan, emperan toko, tempatmakan berkelas, warung pinggiran, rapat RT ata'u semi-nar nasional, dan media sosial. Batu akik juga mmjadipemulai obrolan atas dua orang yang tak saling kenalhingga lantas meajadikan mereka bak sahabat yangterpisa} puluha n tah un.

Pernbahasan ini sama ramainya dengan,berita-beritasoal kisruh Polri vs KFK, Jokowi dengan:.Froton*nya, atausoal BBM. Bisa jadi, batu akik msniadi penyelarirat pal-ing manjur kaia orang terlalu jengai dengan obrolankasus korupsi, polah Jokowi, serta naik turun harga BBM.

Batu akik juga telah menjelma simbol kekinian kaumlaki-laki. Mereka bangga kala jarinya melingkar cincinbacan doko. Ya, seolahtakmau kalah simbol kaum Hawa

Hal ini j u ga ditam U afr a enfatl polensi latu mulia y an]ada di Indonesia. Negeri ini begitu kaya dengan bebatuandan tersebar dari Aceh hingga Papua. Kecuali DKIJakarta; di semua provinsi di tanah air ditemukan batumulia. Seperti Nangroe Aceh Darussalam yang tenardengan batu giok, Riau atas batu intan, Jawa Barat denganbatu pancawarna, Garut batu hijau botol bir, batukecubung dari Kalimantan, dan lainnya.

Termaiuk Pu rbal ingga. Ka bu pa ten ir,i 1, gu menyimpanpotensl yang sungguh luar biasa terkait batu akik. Sungai{F*i.g yang L,erhulu di Gunung Slamet dan mengalirdi sepanjang Purtralingga hingga menyatu menjadi KaliSerayu menjadi sentra bebatuan yang disebut akikKlawing. Moncernya sudah kemana-maira. Dalam datayang pernah ditulis SafefifPosf, nogosui, pancawarna,pancalvarna ktmbang $etaman, dan pancawarna telor_kodok adalah beberapa batu khas Klawing. Harganya,bisa. menyentuh angka yang faniastis, hingga miliaianrupiah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga pun ikutmemaksimalLan pemasaran bafu akik agar makin tenar,yakni mewajibkan seluruh PNS meageriakan baiu akik,entah daiam beuLuk cincin atau kalung.

Namun, ada hal yang patut dikritisi tentang batu akik,yakni soal penambangan atau eksplorasinya. Tak cumadi Purbalingga, namun di seluruh pelosok Indonesia.Karena banyak orang yang mulai mengincar maka prosespenambangan atau pengambilan batu akik pun dilakukansecara sembrono. Tidak memperhatikan kondisi alamlantas 'membabi buta' membongkar tanah rinfuk mencaribatu akik demi sebuah keuntungan. Sungguh, jangansampai membuat alam'marah'

Perlu kesadaran dari para penambang dan pencintabatu akik. Juga perhatian dan pengawasan pemerintahsetempat terkait hal ini. Mungkin denga-n menerbitkanlarangan wilayah mana saja yang tak boleh digali atauusaha yang harus dilakukan pasca penggalian. Pemdaharus segera membuat aturan iebelum kerusakan makinparah. jangan sampai, ketika pamor batu akik telahmenurun malah meninggalkan kerusakan lingkunganyang mendatangkan keruglan masyarakat sekitir. Salam.{[email protected]}

RAGIAN I II'\{:\S SE.f D,\ K. \ll1 rp-.\TE\ t l,ilt l j,\Li\GCi. \

Page 18: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIt]lNA$ $ffDA PIIIBAIil{OOA

SATELITP#HT.JUMAT PON, I3 FEBRUARI 2OI5

KnalpotPurbalingga

I1A5+Ikn41p ot bi!ry.anPurbalingga, ditilang di purbaling-ga, ini gimananya?I4inta penielasXinya pat iotisi, tiaprazlaknalpot juga gak diukur tingkat keblsineannva. Haiusnva,fll dl.yk". dulu tingkat kebisingannya. Ii4otoi 150 cc seriigkena hlang, tapi motor 250 cc kok jaring banget ya. Mohofipenlelasannya. Terimakasih.NN,08190336212

Purbalingga 1

Kabupaten Purbalingga ber-geliat memasuki hajat limatahunan berupa pemiiuda.Format dan modei koalisimulai digalang pun strategipemenangan dirurnuskan.Lepas dari hal diatas, sadar-kah elit parpol di daerahbahwa pertama koalisi besartidak secara otomatis meng-garansi kemenangan, keduaapapun bentuk format dannama untuk menyebut pemi-lihan-pemilihan langsunglewat rakyat maka figurlahyang menentukan. Figurlahpenentu kemenangan, apasiapa dan bagaimana figurakan menjadi bahasan pokokbagi konstituen/rakyat. Ko-

munilkasi politik sifigur dankomunikasi politik parpol /koalisi tedihat pertama apayang dikatakan/ speaking /tata bahasa/kemampuan di-plomasi, kedua apa yangdikenakan/ciri khas pakai-anlsimbol ideologi, ketigaapa yang dilakukan / action/tindakan. Figur dan koalisiharus berusaha menang tan-pa duit sogok/ swap / blackcampaign sebab ini akanmenciptakan blunder potitikyang merugikan semua pi-hak. Setelah terpilih menjadipemimpin daerah, ingat bah-wa loaden is loden/memim-pin itu jalan menuju pen-deritaan.Sugiyantoro SAg,085725073124

BAGIAN HUMAS SF]TDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAflAil III][{A$ $[I'DA P1IRBAINOOA

SarrlnX:nsrJUMAT PON-r3 FEBRUAnT zois

&ncani Janda,fuAcles-Digerebelc

ffi Wmu.rym fuX$m€a KmrmreG

Suw$** ffi$pemmtPURBALINGGA, SATELN-POST-Ratusan warga DesaPadamara menggelar aksidemonstrasi di balai desasetempat, Kamis (1212). Mas-sa mendesak kepala desamundur dari iabatannva sete-lah tertangkap hasih ber-malam di rumah seorangjanda war&a Desa Karang-jambe Rt 3 Rw 2, KecamatanPadamara pada Rabu malam.

Karsan Suw,ito, Kades pa-dam-ara, tak berkuiik setelah

t? Kami nnemohon kepada pakBupati Purbalingga agar memberisanksi tegas kepada kades. Kami

minta kades diberhentikan. l?

WAHYU SUGIARTO SAGPenruakilan Warga

warga menangkapnya,di rrr- ke Maporsek prdamar.r de- iikan," kata dia yang iugamah Muilati,sanliandaber- ftgan i.awaia,r warg4. .'Is- o"*pitmenradirrvarsaipen-lnak.$!!. Mahmud, Kasi trrnva kades rnemang"se.iang .ri.'rl"'iil j?r'p#;#.=;;Trantib. Desa Karangiamlre, sakil. Tetapi kaliLr menu,gg.. Februari 2013 lalu ini.mensatakan, Karsan kerap rg".*gg.u,I ya rarnr. kita EIn -t

*.*ot itrn "rryu

Jit*rir.,,bermalamdirumah&lLrlyati. tidak i!'hu'kapan istrinya camat hersama unsur Mus-Karena nreresahkan. warga meninggar,"rrtr'ai".'"''- ;it.":r;g Iain. selain itumoerencanakan menangkip Aksi'ini sempat digerar k;;.i;;;"p"ruatin.qga aan

F u k ur. 22 3 0 wr B, K 1

r s ap f:fl 3il,i:i,gil:A-il,T,r,'i f ;j;,,n::,,*: T*:l,iii La:{a!,ang .ke. ygmah N.{ulyati. agar kades r"g;., mundur. kilir aura Kecamatan pada-Padapukul23.30wrB,wirga K"ertas direm;ci ai urgi, ;;;;;, h;prr audie^si ber.bersiaga d.i-pintu depan ctin {gran kantoi ["prtu a?ir. i;i!il;. Daram audicnsi irri.beiakang'Karsan vansmulai A[si kernudian 6ubar dan aspirasi-r,r'arga diterirna dancemas.dengan iehxdiran g11.1.;1rir* '"i" [.rrrr'1qffi "i5[liJrr.rn perimbanganwarga, berencana kabur. Na_ WIB d"r,go, meniba;; [ti[ ;;l;;r;_;;i;k;;*p";_mun ia tak bisa lari karena banyak #arga. soalan ini.rumah belah diiaga ketat se- sit, ai an"tara perwakilan ,,Irada prinsipnya, wargakitar 50 orans. "Kami tidak warga,wahv" s"'girit"-SA;, u*r,rii'.laku-[#r"ilk;:mendobrakrumah,kamime.- men"gutrr.un, warga.meng- sa, kami mengapresiasi. Te-nangkapdiap,asmaukeluaq," ingirikan Kades" tioo-oi, trpf r.rii juga bertanggungkata Mahmud diiopot. IMenurutnya, warga jai^,ab menjaga ketertibanKarsan kemudian dicecar merisa *at,, me#riitip?: 'Jr" i"u*urru.,. Jadi kami:*";"^?::T:y:.:n oieh war- T1*p* yangmelakukan iin_ ;;p;;k;;, sirakan ,r,r,poi_q1 6.:pada \4'arga, Karsan dakan pezinaan. "Kami me- kan'aspirasi, narnun tdtrofflS naru menlabat ctu.3 t3. I"f"l kepada pak Bupari jaga kciertibarr dan keamulll:.T:"9:,liakanrnenitahi

purba.tingga agar rnembcri nJn,,, krto Kapoires prit,o,rvrulyafi serelah rstnnva me- sanksi tegas kepati.a kades. lingga, AKBP An.,* sctiadiininggal.Ia kemudian dibawa Kami min"ta malr Jiu".r,"* sii€it"ril-sr@y"i,;r:;;i''

BAGIAN HLIMAS SETDAK.\BUP,\TEN PURBALTFiGGA T I

Page 20: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

ci

(6

c

::(sc

(oI{,o)

{uY

oCnl_voo)

;.c{

.aE(6:(d(gE

ILc(s(d

Eooo)Z

C6:c

i:sd

'j;(E

a6

t:0C

44twE

zc

a=

o

E]

:P.,';]

i ffi o

ffi- *-; '\ rj

il rf.

w:_-.-"&8

,s}6;s'

Page 21: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIIIiIA$ $[IDA PIIIBAIII{OOA

SarelrrE:q:rsuJUMAT PON,

I3 FEBRUARI 20I5

,*$*ru: f*5W* W'$mgrymmt*r*r:,&ffi,

Wirapygla Furbalrngga

BAGIA\ HLT\,IAS SETD.A. K.A.BLIPATEN PLTRBA]-INGG.A

Page 22: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN II[]IIA$ $[tDA PUIBAINOOA

SarrcIITP,#STJUMAT PON,I3 FEBRUARI 2015

Diduga Palsukan ljazah,Kadus Dipoflislkan

ruararruu-*r;a,s,qrnr.rrposi-i* Kepada Vtatctryati, orang ini rn*m-pala Dusun lli Desa Banjarkerta,Kecamatan Karanganyar, Sugeng Ri-

',-adi, dia<.irrkan ke Polres Fr"rrbalinggadengan tuciuhan pemalsuan ijazahS&'lA. van"t riigi:nakan sebagai per-svar;]-tan irr:nc;ili:t-.;.i, larl us Deserrber?014 riiiri" fika rerbukti, Sugeng tidaksaja teri:r:e a.li lengsez ri.ari posisikadus, n$*llu1 jng:r a,1;: sanksi pidanakarena rnemalsukan dokumennegara.

Sugeng dilaporkan Makhyati (42),u/arga Banjarkerta Rt 1 Rw 3, Ke-camatan Karanganyar, tanggal 2 Feb-ruari. l,aporan iuga disertai bukti-bukti berupa surat pernyataan darisekoiah vang fir-cnyatakan ijazah atasnarna Sugeng l?.ivadi adalah palsu.Surat ini kini di tangan penyidikPoLrr: s Pr,r rbe,ii;r gge.

pertanyakan periha1 keilutu^san I,i,r^nitia seleksi ydng tetap mrloloskanSugeng meskipun merebak dugaanberijazah palsti. "Saya memang ber-niat melapor, tetapi sava belum adabukti." kata rlia.

Makhyati kernrrdian m*mher; n r k ondiri berangkai ke oekoiai'. yang !.ftenge-luarkan ijazah untuk mengkiarifikasilangsung di ]akarta" Namun, setelahdicek di data alumni, kata dia, sekolahmenyatakan ijazah itu palsu karenatidak terdapat siswa bernama SugengRiyadi. "Baru melihat tanda tangan diijazah kepala sekolah sudah bilangpalsu. Katanya itu tanda tangannya,padahal tahun 1993, ketika Sr"rgenglulus, kepala sekolahnya bukan dia,"kata dia"

Kasus ini kini ditangani SatreskrimPolr:es Purbalingga. Kasatreskrimmeialui Kani.t I, Iptu Manggala Agung,mengatakan, id sudah memanggilsejumlah pihak untuk Cimintai ke-terangan. Mereka di antaranya panitiaseleksi dan teriapor. "\4asih karnitanS;ani, beberapa pihak sudah kamimintai keterangan," ujar dia" {gan}

''Krnii iranl,a irgirr mengungkapkehcnar ,i.i 1'',:ia. :i,t,rk ada maksr.rdlainn.va," kata Makh.,ati -rang juga ri-r.atr pacla L.ernilinair kadus III bersamaSugeng dar: lJari,ati di Balai Wartau,anLrrirtr aiingga. Kamis t12/2).

Sebeiir:rnya, Ivlal.hvati sempat di-rlatangi {rirai-ig yang mengaku poiisi.

MAKHYATI menunjukkan suratpernyataan ciari pihak SMA Dewi Sartikayang menyatakan ijazah SIrIA Kadus lllDesa Banjarkerta. KecarnatanKaranganyar palsu, Kamis (1212).

tsAGI^{N' HUMAS SETD.A. KABL'IPATEN PURB.{LINGG.4.

Page 23: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]I}{A$ $[IDA PUIBAII'IOOA

Saret-rrP#s:r'IUMNT PON, I3 FEBRUARI 2OI5

Awms Narkoba Menyasar Pelajan

T,UKBAI.INGC]"q, SA'f ELM.Pffi'I--lleredaran nackoiika cianobat-obatan beri:aha1'a (Nar-koba) menyasar r-roia produktif,khuousnya peiaiar. Narkobabahkan dii:r dikaslkan masukke se-1.clah Ci pelosr.rk daerah.

Hal ini mr:tgemuka dalamSeminar Pemberdayaan Mas-varakat Mct rgzurh:.ii'asi indo-hesia Dan,rti Narkuba diLingkungan Peridii{.ikan diaula Balai ,*.u 6-1]iLaL:ong,Kecanraia.n (aiinralrah, Ka mis

{72/2'J. Kepaia Badan Nar-kotika Nasi*:nal (Bl'iN) Pur-iralinggi;-, AKBP Edi Santosa,nren ca i.lX..nrr, t'c mhcrantasaniralkobi, hair.1s n r:lihatkanmasyaraka';. "Kita tidak bisasendiri. perlu peren s*rta mas-r.,rrrakdt,"' kata- ciia.

Namun, kata dia, panda- PurbalingEa

*11,[H5ff'*ffi,H*#:? ?? Kita tidak bisa sendiri, perlu perannarkoba, pura per,yulahgur'ta Sefta fnasyafakat. ttharus direhabilitasi. Sebab, re-habilitasi bisa menyembuh-kanketergantLurgan,sehingga AKBP EDI SANTOSA

n gan negatif masyaralat yan grnen ganggap penyalah guna suna na_rkoba.narkoba sebagai'aib, mer,n- " "Masyarakat tidak perlubuat mereka_"lag.1 mela- pLu*otir atau takut. IJapor-porkan ke BNrl-. Edi menga- kan saia, kami akan mere-takan,.peryg{}fr P14.f". habilitasi untuk menghilang-nargetkan 100 ribu rehabililasi kan ketergantungani gratiJ"penyalahguna pada tahun kaid dia.2015. Setiap orang dianggar- Kepala Dinas Pendidikankan Rp 4,5 juta urrtuk reha- Purbiii:reea, Tri Gunawan,bfitasi. Masyardkatbisa mela- meng,:tafin, dampak ke*r-porkan jika ada lgg.otu ke-sakai akibat narkoba sangailuarga yang menjadi PenS-mempri1-'atrnkan. ta rncng-

waspada. Warga sekolah dim-inta rnemperhatikan lingku-ngan sekolah agar tidak adaruang bagi peredaran nar-koba di sekolah. "Kami men-

ffiSr,,ta

ffis,yffiL* *m Rarffiilirlgkwl:

KH&F&LA BNN Purbalingga meniadi narasumbel

Balai Desa Kalikabong, Purbalingga, Kamis (12l2)'

SATELIJPOST/RUDAL AFGANi

Seminar Pemberdayaan Masyarakat di Aula

imbau sekolah-sekolah agar

gimbar"r fungsi pembinaandan pengawasan sekolah dijalankan. Sa'ra berharap tidakala pel-ajar Purb-aiingg3 ir.angala pelajar Purbaiingga vangmeajadi pecandu rrarkoba,"kata dia.(gan)

BAGIAN HLIil4.{S SETDA KABLTPATEN PL]RBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPNGMEDIABAOIA}{ III]IIAS SIIDA PURBAIT{OOA

73 Februari 2O75

I Bermalam di Rumah JandaPADAMARA- Warga Desa Padamara,

Kecamatan Padamara, Kamid (2121menduduki kantor balai desa setempat,

menuntut agar Kepala Desa (Kades) KarsanParto Suwito mundur dari jabatannya.

Pasalnya, yang bersangkutan dituduh telahmelakukan perbuatan tidak senonoh dengan

bermalam di rumah seorang wanita yangbukan istrinYa.

IAK hanya menyuarakan "Kami berhasil menangkap

I tuntuta, warga juga tangan kades saat sedang

I menempeli kantor balai berada di rumah seorang

I desa dengan tulisan yang wanita di Desa Karangjambe,isinfa meminta kades mundur, Rabu (11/2) malam' Kami lalu

Kecamatan Padamara berinisialM. "Wanita tersebut memang

berstatus janda," ungkaPnYa ;

Mengetahui perbuatan sang

kades, warga lalu mendatangirumah wanita tersebut. Mereka

lalu meminta agar kades keluar.

Selanjutnya kades dibawa ke

Mapolsek Padamara dan dimintamempertanggungjawabkanperbuatannya. "Kami lalu datangke balai desa pagi harinya dan

meminta agar kades segera

diberhentikan,' lanjutnYa.

DialogCamat Padamara Pandi dan

Kapolres Purbalingga AKBP

Anom Setiadji lalu melakukan

melaporkannya kepada Petugasdi Polsek Padamara. Atasperbuatannya tersebut, kami

minta agar kades dicoPot darijabatannya," kata Perwakilanwarga, Wahyu Budiarto.

Pihaknya juga menyamPaikan

laporan tertulis kepada buPati,

ketua DPRD, dan pihak kePolisian,

Wahyu mengatakan, PadaRabu (11/2) malam kades

datang ke rumah wanitatersebut sekitar pukul 22.30dengan diantar salah satuperangkat desa. MenurutnYa,

kades tersebut memang selama

ini ditengarai menjalin hubungan

khusus dengan warga RT 03/RW 02 Desa Karangjambe,

dialog dengan warga yang

menuntut kades mundur.

Kapolres meminta agarwarga tetap mengedePankan

asas praduga tak bersalah.

Jika memang ditengarai adapelanggaran hukum, maka Polisiakan melakukan PenYelidikan."Jangan main hakim sendiri,"ujarnya.

Camat Pandi menambahkan,mengenai sangsi yang akandiberikan kepada kadestersebut, menurutnYa,menunggu proses hul(um Yangberjalan. Jika memang terbuktimenyalahi aturan, maka akan

ada sanksi sesuai aturan Yangberlaku. (pt-oo)

BAGIAN IIT]},4.A.S SEf'DA KABLTPATEN PL]RBALINGGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGI\,IEDIA

BAOIN HI][{A$ $[IDA PIJIBAIfr{OOA

WBinvHmPsJumat, 13 Februari )2015

BAGIAN HLMAS SETDA KABUPATEN PLTRBALTFiGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAN III]II{A$ $X[DA PUIB]IJI{GOA

ffiBanyHmpS,umat, 13 Februari 2015

Tiap Hrfi;Lebih 100 Pemohon Akta Kelahiran

PURBALINGGA- Sejak beberapa tahun

terakhir, kesadaran mengurus Akta'Kelahiran mulai nampak di Purbalingga.

Padahal sebelumnya'hanya muncul saat

musim tahun ajaran baru, musim haji,

umrah, dan lainnya. ImbasnYa, rata-

rata sehari pemohon Akta Kelahiran

bisa mencapai 100 orang di Dinas

Kependudukan dan Catatan SiPil

(Dindukcapil).Kepala Dindukcapil Nur Hamam

menjelaskan, setidaknya kesadaran yang

tadinya minim kemungkinan disebabkan

susahnya mengurus akta. Misalnya harus

melalui penetapan pengadilan negeri

setempat, dan syarat lainnya. Namun

saat ini semakin mudah dan tidak melalui

penetapan pengadilan. Jika beberapa

tahun sebelumnya dalam 60 hari belum

mengurus akta, maka harus melaluipenetapan pengadilan, Namun saat ini

lebih mudah dan tidak ada batasan usia'

"Saat ini usia beraPa Pun jika

menginginkan Akta Kelahiran, kita layani.

Yang penting syarat tercukupi. Biasanya

yang sudah berusia tua mengurus akte

untuk keperluan umrah, Perbankan,dan lainnya. Kita tetap layani, Minimal

sehari 100 pemohon. saya tandatangani

dokumennya," jelasnYa.

Pihaknya menyadari jika pelayanan

yang diberikan harus prima dan tidakmenyulitkan, Selama Pemohon Akta

Kelahiran mencukupi persyaratannya,

,iruf nyu fotofopi surat nitcaff ffP kedua dokumen kependudukan, termasuk Akta

Kelahiran."Kita sudah merencanakan turun di

30 desa tahun ini, Sebagai upaya jemput

bola agar pelaYanan semakin dekat

dengan masyarakat yang membutuhkan,

Itu baru rencana dan realisasinYa

menunggu kendaraan atau mobil keliling

itu turun," paParnya.

Semakin tingginYa kesadaran itu,

dinilai Nur Hamam sangat membantu

ketertiban administrasi kependudukan

secara umum. Selain itu ketatnYa

persyaratan perbankan, sekolah, dan

persyaratan lainnYa terus memicu

meningkatnya kesadaran mengurus Akta

Kelah i ra n. (SMNetworUhs2-06)

orangtua, formulir pengantar dari desa;

dan sejumlah syarat Yang.ada, akan

dilayani."Kita juga memaksimalkan tenaga

yang ada untuk pelayanan catatan sipil

dan dokumen kependudukan lainnya.

Biasanya yang paling ramai pemohon

setiap Senin, karena usai libur kantor,"

tambahnya.

MobilKelilingSementara itu, untuk menunjang

pelayanan, tahun 2015 ini dinas yang

dipimpinnya bakal menerima mobil

pelayanan keliling. Nantinya akan

digunakan sebagai tempat melayani

RAGIAN HL]MAS SE'|DA KABUPATEN PTiRBALINGGA

Page 27: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

z=I

z

9-O

=(EQc,)>6+(!-Y

EoGE(EooYc,o(E

=(,,(ua(Uooo'6(U

d)n(5(5aoo(L

s:.,g-

a

cL

o,c(U-oEo(L'tr(E

GU)oa(5

E

6!

olzfEf!oo_o-vco)EJooIf,o)oE

o_(EJoiJx(E

r1(sa3<qY!UPdE€O. -o

:W,;*:e6.qiffi;":.ruffik:ilt#ffi*dffi',ilffi;,rffi,€e* iffi*!"i

Page 28: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPNGMEDIA

mengungkapkan, pemkab akan secepatnya membuat

reguiasi terkait penambangan maupun distribusi batu mulia

Calo* peserta KB MOW lTiX[::'[f#;:;,?ili[.X*i: :':1t ,:] ::::::::t a t Menurut infornasi, Aceh memilik regulasi terkait hal itu,

Padamara AntrePADAMARA- Calon peserta KB dengan atat kontrasepsiMedis Operasi Wanita (MOW) di wilayah KecamatanPadarnara harus antre menunggu giliran dilakukan operasitubektomi. Sedikitnya ada 15 calon akseptor MOW yang

saat ini menunggu dilakukannya operasi di RSU GuthengTarunadibrata,

Kepala UPT Badan Keluarga Berencana danpemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kecamatan PadamaraWahyu Jumartono membenarkan animo calon'akseptorKB MOW di wilayahnya sangat tinggi, bahkan mereka relamasuk dalam daftar tunggu pelaksanaan operasi. PelayananMOW di RSU Gutheng Tarunadibrata sangat terbatas."Pelayanan MOW di RSU Gutheng tarunadibrata hanyadilakukan tiap Rabu. Ini pun dibatasi maksimal 7 akseptorKB," katanya, l6mis (L212).

Dijelaskan Wahyu,'program KB di Padamara padadasarnya berjalan baik, dan animo KB MOW Timol sangattinggi. Bahkan pelayanan MOW Timol ini, baru'akan diiayanisetelah Maret. MOW Timol (Tubektomi Anastesi Lokal) inisangat digemari, karena peserta KB ini dapat langsungpulang ke rumah, tanpa harus menunggu sadar daripengaruh obat bius.

Dari data di UPT BKBPP Padamara, selama Januari 2015,peserta KB baru tercatat 66 akseptor dengan rincian 3 peseftaMOW 1 MOP, 7 IUD, B Implan, dan 47 suntikan. Sedangkanpeserta KB aktif sampai Januari tercatat 6.492 akseptor.

Alat kontrasepsi idola masih berupa suntikan denganjumlah peserta aktif yang menggunakan KB suntik 4.196,urutan kedua pil sebanyak 790, urutan berikutnya MOW 608,IUD 405, lmplan 309, dan kondom 124 akseptor. {pt{6)

sehingga Purbalingga perlu mencontoh, agar potensi batu

mulia-iungai Klawing bisa terjaga, Setain itu, harga batu

mulia Sungai Ktawing juga bisa lebih tinggi, seperti di Aceh'

"Kalau iekadar mernbuat regulasi, mungkin kita bisa minta

cop|:nla lewat email. Namun kita juga perlu mengeJahui

p"n.rupunnyu di lapangan seperti apa, sehingga harus datanq

k* ,.ni," ujar bupati sJat wawancara denEan sejurnlah

wartawan televisi, beberapa hari ini.

Sepedi diketahui, booming Batu Akik Klawing yang

diawati dengan imbauan bupati agar PNS di Purbalingga

menggunalian Batu Akik Klawing, menarik perhatian sejumlah

tehvls-i. Hingga kini sedikitnya telah ada tujuh stasiun tv yang

menayangkin treil batu akik Purbalingga ini.

eada liesempatan yang sama, bupati mengungkapkan,

pihaknya bakal mengirimkan proposal ke pemerintah pusat,

untuk meminta bantuan dalam mengkaji setur:uh potensi

batu mulia Sungai Klawing, "Proposatnya sudah jadi, tinggal

dikirimkan saja," tegasnya'Terpisah, Ketua DPRD Tongat, rfleminta kepada pemkab,

segera membuat regulasi, terkait penambangan batu mulia

dari Sungai Klawing, yang akan dijadikan batu akik' Sebab,

jika dibiaikan tanpi regulasi yang baik, dikhawatirkan

potensi batu mulia di Sungai Klawing akan diiambang ..

ianpa kontrol, yang berakibat hitangnya potensi batu akik

tersebut. (pt-06)

Jumat, 13 Februari 2015

I:] \(iI..\N HI ;l\'l-{S SF,-1 1):\ K-\IIUPATh\ Pt TtB-\LIN(;Ci.\

Page 29: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]I}{A$ $[IDA PURBAIffiGOA

ffig,invHmns53 Pelonggor TerjoringOperosi GqbungonPURBALINGGA' SebanYak 53

kendaraan terbukti melanggar

aturan lalu lintas langsung ditindak

dan siding di temPat. Mereka

terjaring dalam sebuah oPerasi

gabungan yang digelar di perbatasan

Purbalingga-Barryumas, tepatnya di

depan Pos Polisi JomPo Kalimanah,

Kamis (1212). Dalam kegiatan

tersebut, terlibat berbagai unsur

seperti Satlantas, PJR, Satnarkoba,,

BNN, Dinhubkominfo, sefta

Kejaksaan dan Pengadilan Negeri.

Kasatlantas Polres AKP

Sudarsono mengatakan, dalam

kegiatan.ini, semua Pelanggarlangsung mengikuti sidang di

tempat. SedikitnYa 50 Personelgabungan dari Satlantas, PJR,

Satnarkoba, BNN, Kejaksaan,

Pengadilan, dan Dinhubkominfoterlibat dalam kegiatan Yangdigelar selama dua iam.

"Dalam kegiatan ini tidaksaja kendaraan angkutan umum,

namun juga kendaraan Plat hitam

atau kendaraan prlbadi dihentikan

dan diperiksa kelengkaPannYa,

termasuk kendaraan roda dua,'f

kata Sudarsono.Dijelaskan AKP Sudarsono,

semua kendaraan angkutan barang

digiring masuk ke subterminal

Jompo untuk diPeriksa batas

muatan/angkutan, sedangkanjumlah pelanggarannya mencapai

53 kasus,5

Sesuai StandarTujuan dari kegiatan ini adalah

untuk menakan angka kecelakaan

lalu lintas akibat kelebihan muatan,

maupun persyaratan teknik Yangtidak sesuai standar. Kegiatan

operasi gabungan tersebut

merupakan langkah PersiaPanOperasi Simpatik Yang bakal

digelar mulai Pekan dePan,

Sementara KadishubkominfoYonathan Eko Nugroho

mengungkaPkan, kegiatan oPerasi

gabungan ini rutin dilaksanakan

bersama lintas sektoral, Di samping

menekan angkan kecelakaan

lalu lintas, juga agar kendaraan

angkutan, khususnYa barang tidak

melebihi kaPasitas armada maupun

beban jalan.

"Semua kendaraan angkutan

barang yang melalui wilaYah

Purbalingga diharaPkan tidakmelebihi batas kemamPuan

kendaraan mauPun jalan, sehinggajalurjalan di Purbalingga akan

mampu beftahan lama dan tidakmudah rusak," katanYa. 6t'os;

RAGIAN Tfl-lI,IAS SETDA KABTIPATEN PTIRBALINGGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIt]lt{A$ $[IDA }UIBfuSOA

usum' -r#nBanyumasJumat, 73 Februari 2O15

Distribusi PuprrhdanMasa Tanam Tak SinkronPURBALINGGA- Persoalan pupuk

sangat kompleks dan membutuhkanpenanganan menyeluruh. Termasuk soal

ketersediaan dan adanya upaya petaniharus mendapatkan pupuk pada saat yang

tepat; Namun sayangnya sampai saat ini

masa tanam dan distribusi pupuk yang

dibutuhkan tidak selaras.Hal itu didapatkan jajaran Komisi II

DPRD saat melakukan kunjungan kerjake distributor pupuk, Selasa (1012).Masa tanam biasanya Oktober-Maret,sedangkan masa distribusi biasanya di

mulai Januari.Ketidakselarasan pupuk dengan masa

tanam itu, kata Ketua Komisi II DPRD

Purbalingga Aris Widiarso, akhirnyamemaksa petani mencari ke daerahlain atau wilayah distributor di luarwilayah mereka, Sehingga kelangkaanpupuk semakin terasa. Apalagi saat ini

banyak yang beralih ke usaha pertanian

hortikultura seperti pepaya California dan

lainnya."Saat kunjungan kerja kemarih,

distributor juga mengeluhkan masih

banyak petani yang tidak memiliki RDKK

untuk pembelian pupuk bersubsidi itu,Padahal stok masih mencukupi dan

seharusnya bisa terealisasi semua asalkan

ada RDKK itu," katanya.Penyebab lain susahnya mencari

pupuk bersubsidi yaitu tidak semuapetani masuk dalam kelompok tani.Sehingga mereka tidak memiliki rencana

defi nitif kebutuhan kelompok (RDKK).

Padahal RDKK mutlak sebagai syaratmembeli pupuk bersubsidi.

Seperti diketahui, tahun ini Kabupaten

Purbalingga mendapatkan alokasi pupuk

bersubsidi total 33.351 ton. Dari jumlah

tersebut, alokasi paling banyak yakni Urea

sebesar 16.200 ton, kemudian 2A2,650ton, SP-36 2.400 ton, NPK 6.800 ton,dan pupuk organik 5.301 ton. Sedangkan

alokasi pupuk subsidi meliputi pupuk

untuk sektor partanian dengan subsektortanaman pangan dan hoftikultura,perkebunan, peternakan dan perikanan.

Proses HukumSementara itu soal perkara yang

sedang diusut (ejaksaan, yaitu dugaanpenyimpangan pupuk bersubsidi, Aris

mengatakan, pihaknya akan tetapmengikuti proses hukum di lapangan.

Kasus tersebut menurutnya harus menjadipelajaran untuk pengelola dan instansi

terkait untuk masa sekarang.

"Kita dukung langkah kejaksaan.Namun yang lebih penting, apa yang

terjadi di tahun sebelumnya bisa dijadikanpelajaran berharga semua elemen

masyarakat," tegasnya.Untuk diketahui, Kejaksaan Negeri

(Kejari) saat ini masih melakukanpenyelidikan perkara dugaanpenyimpangan pupuk bersubsidi jenis ZA

dan NPK untuk sektor perkebunan tebutahun 20 1 1-20 12. (sMNetworuhs2-06)

BAGIAN HI,\4AS SETDA LABUP.A.TEN PLRBALINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IITI[{A$ $[XDA PUIBAIINOGA

Radaf Ban5nfmaS o Jum,at pon 13 Februari 2n.rc

DidugaBerbuatCabKadesDihinta Itftmdur

PADAMARA-Ratusan warga RW 02 Desa Karangjambe, Ke-DesaPadamaramenuntutKepala camtanPadamara. WargasekitarDesanya, Karsan Parto Suwito yang curiga dengan kedatanganmundur dari jabatnya. Irri meru- kades yrang diketahui telah bebe-pakanbuntut setelah KepalaDesa rapa kali ke rumah Janda tersebutPadamara tersebut tertangkap langsung berkumpul di rumahbasah berada di rumah saiah MLL Sekitar pukul 23.30 \MB,seorang janda hingga tengah warga Karangjambe mengepungmalam. Kejadian ini terjadi pada rumah janda MLL Saat sudahRabu malam (11/2)pukul 22.30 terkepung Kades Padarnara Kar-\MB. Saat itu, Kepala Desa Pa- san yang keluar dari pintu bela-damara perg ke rumah seorang kang rumah MLI langsung di-iandaberinisialMLlwargaRT03 tanggkap olehwarga. Kemudian,

warga malu memiliki pemlmpln)Engberbuat asusila. "Mau dibawakemana anak cucu kit4 turunkanKades Padamara sekarag juga,"katanya. Penr,,akilan aksi lainTeguh megatakan sudah lamawarga muak dengan perbuatankades yang dinilai otoriter dalarnmenjalankan tugasnya. Bahkan,menurutn),? bukan hanya masa-lah tersebut, daiam kebijakaruryaKarsan dinilai banyakyangmeru-gikanmasyarakat. )kehalt0

Kades tersebut langsung dige-landang ke Mapolsek Padarnara.Tak butuh waku lama, beritateriagkapnya Kades PadamaraKarsan membuat warga DesaPadamara geram. Sehingga ratu-sanwarga menunnrt Kades mun-dur dari jabatannya. Salah saturvarga RT 03 RW 01 Desa Pa-damara, Rojak saat mediasi de-ng€rn unsur muspika, Muspida,''fNI dan Polisi di aula kecamataKamis (1212) mengatakan, jika

Dilaporkan ke BupatiIIidilgaSarnbungan dari hal 5

I

"Seperti pengisian pe-rangkat yar:g memihak.Kalau bukan kroni pakKades, tidak boleh masukjadi perangkat, tidak t.rolehberjualan di Padamara,"rrngkapnl'a.

Sementara itu Camat pa-damara Pandi S Sos meng-atakan, jika dirinya tidakrnemiliki kewenangan pe-mberhentian peragkat de-sa yang diduga telah ber-selingkuh. "Camat hanyamenampung aspirasi na-tinva akan diberikan ke-pada Bupati Purbalingga, "Katanya.Pandi menambahkan,

saat ini proses dugaantersebut masuk dalam pe-

nyelidikan polisi. Ia me-minta agar warga Pada-mara bersabar dan meng-ikuti prosedur yang ada,"Kades dipilih berdasarundang-undang, dan ber-henti juga melalui aturanudang-undang, " tegasnya,

Sementara itu, KapolresPurbalingga AKBP AnomSetyadji SIK yang turunmenenanngkan masya-rakat megatakan, bila adalaporan pasti akan diprosessecara hukum. Masyarakatbisa mengawasi langsungproses ini. "Tetapi kamimeminta agar masyarakattetap mengikuti aturanyang ada di negara ini.Masyarakat tidakboleh me-lakukan anarkis, sehinggakantibmas dan aturan yangada akan tetap terjaga,"himbaunya. (Iok/uje)

BAGI.AN HIJMAS SETDA K.ABLIPATE,N PURBAL1NGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

/GMEDIASI: WargaDesa Padamara

menuntutKepala Desanya

mundur darliabtannYa,

kemarin (12l2)

Page 33: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGilMDIABAGIN II[I[{A$ $[IDA PUIBAIilCIGA

Radar Barrytrmas o Jumat Pon 13 Februari2015

Kekosongan Iabatan KadesBertamhah

PURBALINGGA - Keko-songan jabatan kepala desadi Kabupaten Purbalinggabertamabah. Hal ini me-nyrrsul meninggalnya KadesKaranggambas, KecamatanPadamara. Nantinya akandiikutkan dalam penyeleng-garaan Pemilihan I(epalaDaerah (Piikades) serentakdi Kabupaten Purbalingga,

tahun ini Hal itu, diung"kapkan Kepala Bagian TataPemerintahan Setda Pur-balingga Imam Hadi kepadaRadarmas, kemarin (12/2)."Kepala Desa Karanggambasbaru saja meninggal dunia.Sehingga, terjadi kekoso-ngan posisi kepaia desa didesa tersebut," ujarnva' di.temui di ruangkerjanya. Dia

menambahkan, pihaknyabakal mernasukkan DesaKaranggambas menjadi desayang ikut Pilkades serentaktahun ini. 'Akan kami ma-sukkan agar tidak terjadikekosongan posisi kepaladesa terlalu lama," imbuh-nya.

Selain bakai bertambah-nya jumlah desa yang akan

mengikuti Prlkades serentaktahun ini, Imarn juga meng-ungkapkan hingga saat ini,pihaknya masih menungguin struksi bupati terkait tang-gal pelaksanaan Pilkadesserentak.

Instruksi beium turun,karena ada sedikit perma-salahan.

"Kami akui saat ini masih

ada sedikit kendala dalamhal pendanaan. Rencanakami; Pilkades akan digel4rmenggunakan ADD (Alo-kasi Dana Desa, red). Na-mun, dalam Permendagriterbaru, pendanaan Pilka-des harus menggunakandana APBD yang dialo-kasikan khusus, " jelasnya.

Okehal 10

2A hbatan l(ades l(osongr l(eftosofl$fln fioi::?^Y:,';P.::'31r

Sambungan dari hal 5

masa purna tugas. Dan satuKades meninggal dunia. Se-

Jerkait hal itu, menurutnyasebenamya tidak ada masalahyang berarti. Sebab, dana ADDjuga berasal dari ApBD Ka_buparen Purbaiingga.,'Namun,lebih jelasnya kami menungguinstrulsi bupad termaukkajiLdalam hai pendanaan. Kami(Bagian lata pemerintahan,red), hanya bertindak sebagai

49la$ana. Iadikapanpun kamicumnta men ggelar kami siap, "bebemya.

Seperti diberitakakan se-belumnya, jumlah kekosongankepaia desa di KabuparenPrubalingga terus bertambah.Setelah rahur lalu, dipastikanI 6 jabatan kepala desa kosongtahun ini bertambah tiga deslyangkepala desanya memasuki

hingga, tahun ir4 total ada 20desa mengalami kekosonganjabatankepaladesa.

Pada akhir 2014 terdapat 16kepala desa yung rrrrsu laba-tannya sudah habis. Memasukibulan Maretmen datang adati ga kepala desalangmemasukiakhir jabaran. Tambahan tigadesa yang baka.l mengalami ke-kosongan jabaun kepala des4yakni di Desa Babakan Ke-camatan Kalimanah, DesaGemuruh Kecamatan pada-mara dan Desa KarangjambuKec.amatan Karangjambu. Mengat.asi kekosongan jabatankepaiiz desa, pemkab telah me-ngisi jabaran kepala desadengan pejabat (pj) Iiepala desa.Rencananya sejumlah desaakan menggelar pilkadesserentak tahun ini. (tya)

BAGIAN HU\4AS SETDA KABUPATEN PL]]RBALINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III[{A$ $X[DA PIIIBAIil{GOA

Radar Banyffmas o Jumat Pon 13 Februari 2015

_--}UN BRI.III GGI EI(SPH E$

Bupati lamin Ketersediaan PuPulc

PURBALINGGA - Kelangkaan pupuk bersubsidi' yang

N:Hj*rt*fi [t'il**,m':'*:*.,f,*pupuk pada tahun 20I5'

Buoati menzunglopxan, target tersebut diduk"rng alokasi

" ;#[il ilB]ia-i "ii"r.

p " rtlni an ta naman p an gan d a n

t;"*kil;;;,-fi;;ots.^ruputurea-sebesarl2'150ton'ououk ZA 1.855 to.r, pup,lk SP -36 l'B7zton' pupuk NPK's.gba tot, pupuk organik 4'IB7 ton'";";;;;.iiJminai ketersediaan pupuk' kita juga

.n ""n"uffi

u'ri p." a "ts t" *o d itas p an gan-sep e rti p adi

r.[.t"i p"a" tahun 2015 sebanyak 234'A97^ton' ja-gulg

;;il;[ ;r2is ior, au" ttdelai seb anvak 27 7 ton"' uiat

buoati."s[i"r" menjamin ketersediaan quguk' P"pti j-"q1

;"".ilil'Pemkab-telah menvediakan dana Rp 5'36

-iriui vans akan digunakan untuk reh.abilitasi

ir'"^" g" "

I ;^ ;"^ " . a r t u

""i tl ga s i p e rb a i ka n ru t i n i r i ga s i'

;;;;';;t"t data dari Dirias Fertanian Perkebunan

;;;k;h"irnan, dana tersebut digunakan untuk

;;;;;;;;"an dam pa'it ti paket' embuts I paket'dan iriga"si air permukaan 2 paket' '

Okehal 10

P e mkab H aiu s i adiFaiitritat o ril BuPati Indaru menambahkan,

dibutuhkan tan gan-tangannegara untuk menjaminketersediaan PuPuk, sehin g-

ga rakyat tidak Periu me-mikirkan pupuk. "Keter-sediaan pupuk di masYa-rakat menjadi Penting da-lam suksesnya pogram dau-lat pangan," ujar Pria Yangjuga menekuni bidang Per-tanian ini.

Pemkab menurut Indaru,juga harus menjadi fa silitatorbagi para petani. Sosialisaidan komunikasi dertganpetani wajib dilakukan agarproblem yang ada di Petanibisa dipecahkan solusinYa."sehingga kedePan bukanhanya pepaya california sajayang berkembang, tetapiiusa tanaman hortikulturay#g lain," katanya. (tYa)

Sambungan dari hal 5

PURBAII]IGOA24IIM

Anda memiliki unek-unek tentang berbagai hal demiperbaikan dan kemajuan Purbalingga yang penting tidakmenyinggung sara danfitnah.

Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Sambut Pilkada PurbalinggaKabupaten Purbalingga bergeliat memasuki hajat limatahunan berupa pemiluda. Format dan model koalisi mulaidigalang pun strategi pemenangan dirumuskan. Lepasdari hal diatas, sadarkah elit parpol di daerah bahwapertama koalisi besar tidak secara otomatis menggaransikemenangan, kedua apapun bentuk format dan namauntuk menyebut pemilihan-pemilihan langsung lewatrakyat maka figurlah yang menentukan. Figurlah penentu.kemenangan, apa siapa.dan bagaimana figur akanmenjadi bahasan pokok bagi konstituen/rakyat.Komunikasi politik sifigur dan komunikasi politik parpol/koalisi terlihat pertama APA YANG DIKATAKAN/speaking/tata bahasa/kemampuan diplomasi, kedua APA YANGDIKENAKAN/ciri khas pakaian/simbol ideo!ogi, ketiga APAYANG DILAKUKAN/action/tindakan. Figur dan koalisiharus berusaha menang tanpa DUIT SOGOK/SUAP/BLACK COMPAIGH sebab ini akan menciptakanBLUNDER POLITIK yang merugikan semua pihak.Setelah terpilih menjadi PEMIMPIN DAERAH, ingat bahwaLOADEN lS LODEN/memimpin itu jalan menujupenderitaan. (Sugiyantoro, S.Ag).

085725601 31 24Sementara itu, DirekturInstitut Negeri Perwira In-daru Setyo NurProjo ber-harap, Pemkab bisa mem-buka peluang kerja bagitenaga kerja laki-laki dibidang pertanian. Sebab, diPurbalingga selama ini,lapangan kerja untuk lak-laki masih terbatas, di-bandingkan lapangan kerjauntuk perempuan. Selainmembuka peluang Peker-iaan bidang ini, menu-rutnya penyediaan iaPa-ngatt kerja Iaki-laki di bi-dang pertanian juga dalamranska mendukung Pro-gram pemda herdaulat Pa-ngan di tahun 2015.

BAGIAN HTJ]VIAS SETDA KABUPATEN PI-TRB.A,LINGGA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGIUEDIA

BAGIN IIWA$ $I[DA PIJRBAIilOOA

Radar Banyumas r Jumat Pon 13 Februari 2015

Meubetair di SD ButuhPerhatian

punneuNccA- PdIenS'kapan pendukung sekolah diKabupaten Purbalingga sam-pai saat ini masih mem-butuhkan perhatian. Pasl-anya, banyak meubelair Yanghingga kini kondisinYa msakdan tidak mulus. MisalnYaMeja, kursi, lemari Yang ku-rang nyaman saat digunakansiswa serta ruangan guru dankelas memburuhkan lemariyang digunakan untuk me-nyimpan buku.'Ka.rri berharap DAK (da-

na alokasi khusus) Pen-didikan di tahun- tahun

mendatang le6ih banYakyang untuk mebelair itu.Karena semakin kedePanfisik bangunan ruang kelasdan sekolah akan semakinbaik. Maka anggaran DAKbisa dialihkan ke mebelairdan fisik lainYa selain ge-

dungi' papar KePala DinasPendidikan Purbalingga, TriGunawan Setiadi, kemarin.Kondisi itu, ungkaPnYa

biasanya terjadi di tingkatsekolah dasar (SD). Karenaiumlah sekolahnYa lebih'banyak

dan masih ada Yangmenggunakan mebelair Ia-

ma. Ia kembali mencon-tohkan, saat kunjungan ke

SD pernah mendaPatkanbuku- buku di kelas, ruangzuru minim ruang PenYim-fian. Minima] ada lemariyang memadai dan enakdipandang.

"Kalau lemari mauPun rakbuku di perpustakaan jelas

sudah mencukuPi, namunlemari di ruang guru dankelas kadang masih mem-prihatinkan. Kalau diPan- '

dang juga tidak nYaman," '

tambahnya.Pihaknya juga tidak me-

maksakan harus DAK tahunini. Namun kedepan jikaalokasi DAK masih turundan bangunan sekolah su-dah bagus semua, maka me-belair akan semeakin do-minan di alokasikan.

"Kami tidak bisa memas-tikan semua bangunan se-kolah mencapai kondisibagus semua. Namun saatini sudah banyak yang ter-tata bagus dan memadai.

. Nantinya jika sudah tidakada sekolah rusak maka kitaarahkan ke mcbelail" tam-bahnya.

Selain kondisi meubelair,lingkungan sekolah sepertitembok keliling sekolah danhalaman juga masih mem-butuhkan penataan. Tu-juannya agar tembok kelilingbisa mengamankan sekolahdari pencurian yang selamaini kerap terjadi. .

l)ata dari Dindik Purba-Iingga, DAK Pendidikan ta-hun 2015 yang diterima Din-dik tahun ini Rp 21 miliar.Dana tersebut sudah termasukluncuran tahun sebelumnYaberupa pengadaan PeralatanIaboratorium. (amr)

BAGIAN HI,IMAS SETD.A. KABUPATEN PLTRBALINGGA

Page 36: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN III]II{A$ $[IDA PI]fiBAINOOA

Radaf Ban!rumaS o .lumat pon ta februari 2O1S

BerbaurDengan

MasyarakatBERBAUR dengan ma-

syarakat menjadi kunciKapolsek I(emagkon, AKPSuharsono dalam men-jalankan tugasnya. Bagidia dengan mengenai langsung masyarakat, makaakan mamapu mengeta-hui masalah yang ada didaiamnya. aketrat tO

Bermitra Dengan Wargar Ber[aur masfarakat.

Suharsono menambahkan,polisi merupakan mitra ma-syarakat yang sudah semes-tinya tidak ada jara diantarakeduanya. Kerjasamar dan ke-akraban harus terjalin denganbaik sehingga katibmils bisaterjaga dilingiaurgan dan ma-syarakat akzur aman.

Ia juga menceritakan, peranmenjaga iingkungan mel'u-pakannrgas bersama sehingg,aharus ada kemitraan yang baikalltara masyarakat dan poiisi.-(Iok/uie)

Sambungan ddri hal 5

"Dari mengenal langsungnantinya akan lebih dekatkemudian bercerita tentangkeluhanlangmereka rasakan, "katarya.

lebih lanjut ia menuturkanjika ada masukan dari ma-syarakat bisa menjadi saranr"ntuk segera diperbaiki. Selainig dengan mengenal masya-rakat juga akan mempereratsilaturahmi dan kedekatan ke

BAGIA}i HUN,{AS SETDA KABUPATEN PLTRBALINGGA

Page 37: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]il{A$ $[IDA PUIBAIilGOA

Radar BanyumaS o Jum',at Pon 13 Februari 2015

53P ggar Terja-ingOperasi Gabungan

TR) Baturraden Polda Ia-i"ne, Satuan Reserse (Sat-

res)"Narkoba Polres Pur-

tuti,rggu, Dinas. Pe.rhu-uunsi,i Komunikasi daninfoim atitca (Dinhubko -

*info) Purbalingga, Ke-

i;il;;;" Negeri (Kej ari)'Purbalingga dan Penga-clilan Negeri (PN) Pur-balingqa.

KasII Latas Polres Pur-

balingga AKPs Sudarsonomen{itakan, dalam ke-giatan oPrasi ini, Paraielanggar iangsung me-ngikuLi sidang di temPat'.sEaitit"vu 5o Personilgabungan terlibat dalam

-digelar se-

e[-an

XAl,rnAaNnH-Tidak ku-

rang 53 kendaraan ter-bukii melanggal aturant"1., tiotut langsung di-tinclak dan sidang di tem-,ut' fanautaan tersebuti*iiutins dalam sebuahooerasi gabungan Yangdigelar diPerbatasan Pur-

b a-lingga-B anyumas' te -

p"tty"idi dePan Pos Po-

iiri jomPo, KecamatanKalimanah.

I(esiatan oPrasi gabu-ngu,i it'ti juga melibatkantEttugai unsur sePertiSatuari Lalu Lintas (sat-lantas) Polres Purbaling-ga, rairoti ialan RaYa (P-

kegiatan YangIama dua iam.Tidak saja kendaraan

anekutan umum, namuniuia kendaraan PIat hitam'.1iu r..oauraah Pribadiaiir""titan dan diPeriksakelengkaPannya, terma-r"t i.Jnaitaan roda dua'Semua kendaraan ang-krrtun barang digiringr"*irr. ke sulterminali;;p" untuk diPeriksabatas muatan/angkutan'

" J umlah PelanggarannYa*lt,.upul 53 kasus de-.rean rincian 32 ditilang.,i'efr potisi dan 2I ditilangnteir'Pintlub' 23 sudah

_--,,a-

airia""s J"" z b'ium'" [- il11r"'o--,**:fgff,i!:'Tlli;r""o menambah- tu*u tintu* sektoral' Di-

kan, tujuan ttegiutaiini samp'ing menekan angka

adalah untuk *tnuftun kecelaliaan--lalu Iintas'

H;ili.;;i;aan tatu tiir- juga agar kendaraan ang-

tas- akib ar keleb i ira n"mir''tt"iun-tttlutt.rsnya b arang

atan, maupu" pt"ou'u- tidak melebihi kapasitas

tan teknik yu"g tiaJiii- urmua" maupun beban

suai standa't' r"gi;;; tuiut'' s"*uakendaraan

operasi gabungarr*ter- Lngkutan 'barang yang

.ubl.rt m"r,,pakan tangt"ah *"'tut"i' 'wilavah Purba-

nersiapan op""'i'8i'il- ii"[[" git''"rapkan tida\

il:ii'i,I-i; ;;ili di;;r;' ffi:X'1i.,b,?:i'" ffriT;

mulai Pekan dePan'Sementara Kepala Din- iaian' sehit'gga ialur jalan

hi;il#;; p"it"ii"ss" hi Purbalingga akan mam

Ionathan erto N"gtl"ri; ;Y bertahin Iama dan

mengungkapo",,''i;;; iiiu[ *"aur.' rusak' (lok)

BAGI.AN HLT\,{AS SETDA KABUPATEN PLIRBALINC,GA

Page 38: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

Eo

5o 6IN

cfilEc)v!;ft,E

tr

ao(EEro,c(,.o

(L

.\Io(I,

fi,Ilo

EGo.9|Eol(l

(l,gt

:,.cl.Etr'6a6

oCLo(,{tlofit.F6L'

o)tr,ift,'-6)

trfi,NfitE6)l.(Y)rol<,(E

(g-o6'U'

U'

TLuto-o

Page 39: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ III]IIA$ $EIDA PURBAIilOOA

Radar Banynurmas e Jumat Pon 13 Februari 2015

JOffiAOABMAS

ROBOH: Dapur milik warga RT 2 RW 11 Desa Tuniungmulirohoh akitrat angin kencang, Kamis (12l2) dini hari

Angin KencangRobohkan Rumah WargaKARANGMONCOL- Hujan lebat yang disertai angin

kencang pada Kamis (I1/2) dini hari membuat saturumah warga RT 2 RW I 1 Desa Tunjungmuli, KecamatanKarangmoncol roboh. Beruntung hanya bagian dapur,sehingga tidak mengakibatkan adanya korban jiwa.

"Utung robohnya malam sekitar pukul setengah duamalam. Jadi tidak ada aktivitas di dapur,"kata pemilikrumah Muhyidin (45)"

Ia rneceritakan, saat hujan deras yang disertai anginnyakencang tersebut, tiba-tiba terdengar suara benda jatuhdari dapur Hal itu membuat dirinya beserta keluargaterbangun. "Setelah dilihat ternyata dapurnya sudahroboh," tuturnya.

Kepala Desa Tunjungmuli Joko Pranoto megatakan,adapun dapuryang roboh tersebut berukuran 4x6 metertrerupa bangunan semipermanen dimana dindingnyatlerupa ka1.u. Lima penghuni rumah selamat, namunkerugian materi ditaksir mencapai Rp I5 juta.

Semetara itu, Kapoires Purbalingga AKBP AnomSetyadji melalui Kapolsek Karangmoncol AKP SiswantoSIP mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi denganpemerintah desa dan pihak-pihak terkait dan memintai{,arga agar tetap waspada teriradap kemungkinan adanyabencarra serupa yang terjadi.

"Saat ini curah hujan masih tinggi. Kemungkinanangin ribut juga masih bisa terjadi. Karena itu kamirninta lvarga tetap r,vaspada," himbaunya.I(epala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan

Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PurbalinggaMuhsoni menambahkan pil-raknya segera mengecek kelokasi lersebut untuk mengetahui tingkat kerusakan yangdiaiamir,varga.

Ia menambahkan, hampir semua wiiayah di KabupatenPurbalingga rawan bencana angin ribut. Sebabpergerakan angintidakbisa diprediksi di titikmana saja."Semua rriiayah bisa saja terkena, tergantung kondisi dititik tersebut. Tidak bisa selalu dititik kecamatan tertentuatau desa tertentu. Kami bukan menakuti, namun agarnursyarakat saat ini tetap waspada," jelasnya.(Iok/uje)

BAGIAN HLTMAS SETDA KABI]?ATEN PURBALI}JGGA

Page 40: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAil III][{A$ $EXDA PURBAIil{OOA

_ladar Barqrumas . .,rr'rr pon 13 Februari 201i

NasibBi"f#mr*h.

MANGKRAK: Bangunan produksi Broetanot o?"iitT?iiiltDesa Arenan maslh belum Jelas na$ibnya

PURBALINGGA- Kebe-radaan bangunan unit pro-duksi Bioetanol di RT 2 RW5 Dusun Ciluwek GunungTukung, Desa Arenan, Ke-camatan Kaligondang kiantak jelas. Mengingak sejak rakIagi beroperasi dari 2010silam belum ada kejelasanakan ditangani atau dikelolakembali.Di sisi lain, pemerintah

desa tidak bisa berbuat ba-nyak atas bangunan ban-tuan Kementerian ESDMpusat itu. Paslanya selainbelum ada serah terima daripihak Pemkab, juga takjelaskoordinasi dan penangananyangharus dilakukan.

"Kami hanya biarkan saja

tig,a hal yang harus diperbaikiyaitu pada mesin press, pe-raiatan fermentasi dan pe-ralatan destilasi (penyuii-ngan). Menurutnya, seiamamasa percobaan produksi,ketiga proses tersebut dinilaitidakmaksimal.

Artinya dengan bahan ba-

dan tidak ada penanganansamasekali. Karena kamihanya ketempatan sertatidak dipasrahi apapun. Jadibangunan sampai kemarinmasih tetap seperti tahun20L0, ada bekas peralatandan mesin yang sudah takpernah digunakani' ungkapKepala Desa Arenan, EstiDwi Hartaiiti, Kamis (LZ/2).Seperti diketahui, proyeksenilai Rp 900 juta itu mang-krak sejak 2010. Sejak di-bangun pada 2009, bangu-nan itu hanya berproduksisekitar enam bulan. praktissetelah itu tidak lagi ber-produksi hingga saat ini.Penyebab berhenrinya

operasional itu karena adaku 4 ton batang sorgum, alattersebut seharllsnya mampumemproduksi 400 liter bio-etanol dalam sekali pro-duksi. Namun pada ke-nyataannya aiat itu hanyamampu memproduksi 150liter dengan jumlah bahanyangsama. ake hal 10

Sambungan dari hal 5

."Kabarnya dulu sedangdiusulkan untuk perbaikaimelalui revitalisasi, namunsampai saar ini nlhili, tam_bahnya.

Misalpun pemerintah desasaat ini diminta mengelola,

Tak AdA Biaia

erawatan

r Mangftrafi

P

ia.ridak berani. Sebab, se-rarn rnembutuhkan tenaga;uga biaya yang tidak sedilirs,erta banyak yang harusorkom unikasikan.-,,Ca rn_Pangnya, jika saat iiri disuruhmenjaga dan merawat ba_ngury, yang sudah ada sajamemburuhkan biaya. Apa.lafisampai menghidupkankem-

3al 9Perasionalnlra,', regas_nya. (amr/uje)

BAGIAN I]LTN,{AS SETDA KABLIP.A.TEN PI ]RBA]-IN(}GA.

Page 41: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIti[{A$ $[MA PURBAIil{OOA

Radar Ban5ftfmas o Jum'at Pon 13 Februari 2015

[Jntuk Menjaga Batu Klawing

r Sia[kan-

Dia meniel*ku,, regulasiperlu dibuat agar nilai batu

klawing bisa semakin me-

ningkat dan mamPu men-sei ahterakan masYarakatfurbalingga. Sclain itu, re-

eulasi juga dibuat untukirelindungi kelestarian Po-tensi batu Klawing. "Ini agar

oenambangarr batu Klawingtisa lebih bertanggung ja-

wab," tegasnYa, Pada ke-

semPalan Yang sama, BuPati

iusf meniungkaPkan, Pi-i,u"t

"yu bakai mengirimkan

oron"osal ke Pemerintahtusit, untuk meminta ban-iuan dalam mengkaji selunrhpotensi batu mulai Srrngai

klawing Yang ada di Ka-buuaten Purbalingga' "Pro-

poialnYa sudah jadi, tinggal

Sambungan dari hal 5

Menurut informasi, Acehmemilik regulasi terkait halitu sehingga Purbalingganerlu mencontoh regulasiirane ada di Aceh. Agar Po-i"rrii butu mulai SungaiKlawing bisa terjaga. Selainitu, harga batu mulia SungaiKlawing juga bisa lebihting-gi, seperti di Aceh.- "Kalau sekedar membuatreguiasi mungkin kita bisami-nta coPl^Ya lewat email'Namun kita iuga Perlu me-ngetahui peneraPanYa dilapangan sepertl aPa, se-

hinegi harus datang ke-sanai' uiar bunati.

B.,\GIAN HLIN,I.A.S SETDA K.,\BUPATEN PLTRBALINGGA

Page 42: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

dikirimkan saj a, " tegasnYa. t"lt"gg" gAiat"y" dita"g"frioleh?kyat. ArtinYa akikTerpisah, Ketua DPRD

Purbalingga Tongat, me-minta kePada PemerintahKabupaten (Pemkab) Pur-balingga, segera membuatregulasi, terkait Penam-bangan batu mulai dariSungai Klawing, Yang akandijadikan batu akik. Sebab,

iika dibiarkan tanPa regulasiyang baik, dikhawatirkanpotensi batu mulia di Sungaiklawing akan ditambangtanpa'kontroI, Yang ber-akibat hilangnYa Potensibatu akiktersebut.

berkembang rakyat senangi'

Tongat menambahkan,sebenarnya Purbaiinggasudah memiliki regulasitentang hal itu, Namun,menurutnya belum terPe-

,rinci, terkait Penambanganbatu mulia. "Untuk mem-buat regulasi tentang Pe-nambangan di sungai, me-mang dilakukan oleh Pro-vinsi. Namun, s3lra ber-harap Pemkab bisa menjalinkomunikasi dengan Pro-vinsi, untuk mengatasi Pe-nambangan batu Klawingyang berlebihan," katanYa.'

Sementara, Wakil BuPatiTasdi mengaku sangat men-dukung program ekonomikeralcyatan terkait Pengem-bangan batu akik Klawing.Program yang digulirkan,ujarnya, sesuai dengan VisiMisi Bupati Purbalinggatahun 2010 - 2015 Pilarpengembangan ekonomikerakyatan.

"Saat ini, batu akik Pur-

katanva.Menurut d.ia, ada tuiuh hal

vans harus dilalui agar batuutitktu*it g daPat semakinberkembang. Yang Pertamasoal regulasi yang mengaturekploifasi, pemasaran dandampak lingkungannYa."lni iedang liita siaPkan,"ielasnva.'Kemudian langkah ber-ikutnya menyangkut kelem-bagaan harus jelas siaPayang menangani, SDM Yangberpengetahuan cukuP, sa-

rana prasarana yang men-dukung, serta anggaran Pembinaan dan menejemenharus ditata'

"Yang ketujuh jangan sam-pai kiti iupabahwa alam inidiciptakan untuk dijaga.Jangan samPai evoria batuaki[ rlawing menjadi ber-lebihan. Yang kita lakukandi sungai jangan samPaikedepairnya merugikan' Jadiharus kita jaga bersama-sama," ielasnYa.Wabtip berPesan kePada

masvarakat utamanya Parapelaicu dan Perajin batu akik,

untuk bersama menjagakelestarian alam Yang ada,sehingga kemanfaatanYadapat dikembangkan na-mun kelestarian alamnYajuga harus tetaP terjaga''' Jangan sekali-kali meram-bah iitus situs bersejarahyang ada di Purbalingga,"pungkasnya. (tYa)

Page 43: Kliping Berita Tanggal 13 Februari 2015

.=- s: ::1 Ol=.-=== tr

[*c;(,lo.

(a

==

optcoc).!a

=u,Eoo

65

ErEo-

Et

{J

=FgI